Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
10.1K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Jess
Jess
Agustus 29, 2022 3:31 pm

4. Tuan A baru memohon NPWP pada tahun 2022, namun dia memiliki tanah yang diperoleh ditahun 2013 senilai Rp.2.000.000.000 dan memperoleh obligasi senilai Rp.1.000.000.000.jika tuan A ingin mengikuti PPS, maka kebijakan berapa yang harus diikuti dan berapa tarifnya?
5. Tuan B sudah pernah mengikuti program pengampunan pajak ditahun 2016,dia masih memiliki deposito Rp.2.000.000.000 yang dimasukkan ke bank X pada tahun 2015.saat ini bilyet deposito merupakan bilyet yang diperbaharui pada tahun 2017 dengan nominal yang sama. Tuan A harus mengikuti program PPS dengan kebijakan berapa?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Jess
Agustus 31, 2022 2:52 am

semangat mengerjakan soal

subhan saori
subhan saori
Agustus 29, 2022 9:49 am

selamat sore Om, saya mau tanya om kalo kementrian/lembaga mengadakan kegiatan acara seperti fullboard/fullday/halfday untuk pajak PPh 23 itu di pungut sama bendahara kementrian/lembaga tidak?

Last edited 27 days ago by subhan saori
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  subhan saori
Agustus 30, 2022 10:52 am

pph 23 dipotong oleh pihak yg membayar jasa

Menik
Menik
Agustus 29, 2022 7:06 am

Siang om…skrg kn ada PMK 58. Dimana transaksi dg sekolah wajib melalui mitra yg ditunjuk seperti siplah. Dimana saya selaku CV yg biasanya buka faktur dan byr PPN sdh tdk lg. Krn sdh pihak siplah yg buat faktur sederhana dan yg byr PPN ny. Bhkan siplah yg mungut PPh 22ny. Yg saya ty kn, sy selaku CV melaporkn omset ny bagaimana kan tidak buka faktur. Mhn pencerahan nya om
Tx

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Menik
September 1, 2022 7:13 am

selaku penjual wajib melaporkan omset dalam SPT Masa PPN pada kolom penyerahan yang PPN nya dipungut oleh pemungut PPN

WhatsApp Image 2022-08-29 at 21.20.43.jpeg
Aruna Divadlo
Aruna Divadlo
Agustus 28, 2022 11:51 am

Selamat berbahagia om, saya mau tanya, saya sekolah dan kerja di LN dan akan kembali ke Indonesia sebentar lagi untuk waktu yang lama (lebih dari 1 tahun). Perusahaan tempat saya kerja part time tetap menginginkan saya bekerja remote dari indonesia (kontrak akan diganti menjadi semacam kontrak freelance). Apakah saya harus bayar pajak di indonesia kalau saya menghasilkan uang dari LN? Terima kasih.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Aruna Divadlo
Agustus 30, 2022 10:50 am

jika anda berdomisili di indonesia namun menerima penghasilan dari luar negeri maka wajib melaporkan SPT Tahunan Orang pribadi, dan jika atas penghasilan luar negeri sudah dipotong oleh pemberi kerja, maka tidak perlu menyetorkan pajak atas penghasilan di Indonesia

Wina
Wina
Agustus 27, 2022 9:41 am

Malam om, saya mau tanya cara membuat laporan pajak tahunan kalau kasusnya seperti saya bagaimana ya? Sy kan baru membuat npwp, dan surat ijin dagang, karena mau memasukan no npwp ke gojek, jika tidak punya npwp tidak bisa… Sy tidak bekerja, dan setiap bulan saya d kasih 10 juta untuk keperluan anak2 sekolah dan orang tua dan membayar hutang tiap bulan, jadi setiap bulan itu selalu habis uangnya bahkan kurang, nah kerjaan untuk tambah2 penghasilan itu berjualan online kadang sebulan laku 500 rb atau kurang itu masih hitungan kotornya… Jadi bagaimana cara membuat laporan pajak tahunan untuk kasus seperti saya… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Wina
Agustus 29, 2022 7:35 am

pemberian uang bulanan sebesar 10 juta oleh siapa? uang 10 juta bisa termasuk hibah (non objek pajak) bisa juga termasuk penghasilan. yang harus dilaporkan dalam SPT Tahunan adalah harta yang dimiliki, nilai utang serta penghasilan yang diterima pada tahun tersebut

Wina
Wina
Reply to  Om Pimpa
Agustus 29, 2022 7:41 am

Sama suami pak uang bulanan untuk keperluan rumah… Saya kan tidak bekerja pak, makanya sy buat ijin umkm sama npwp buat jualan online .. jadi bagaimana buat laporannya pak?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Wina
Agustus 30, 2022 10:51 am

atas penghasilan yang diterima dari suami dapat dilaporkan pada SPT Tahunan sebagai hibah (non objek pajak), sebelum melakukan pelaporan SPT dapat melakukan registrasi pada DJP Online terlebih dahulu dan mengajukan EFIN ke KPP terdaftar untuk melakukan registrasi DJP Online

Wina
Wina
Reply to  Om Pimpa
Agustus 30, 2022 10:54 am

Ok makasih pak

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Wina
September 2, 2022 10:57 am

sama-sama

Agus
Agus
Agustus 27, 2022 7:44 am

Malam Pak, Perusahaan saya bekerja baru berdiri juli 2022 dan omzet <4,8 tetapi mau pakai perhitungan 31e apakah harus mengajukan permohonan ke KPP ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Agus
Agustus 29, 2022 7:35 am

iya benar

Agus
Agus
Reply to  Om Pimpa
Agustus 29, 2022 9:39 am

boleh tahu dasar hukumnya pak
Terima kasih pak

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Agus
Agustus 30, 2022 10:51 am

dapat dicek pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 99/PMK.03/2018

Sugiarto
Sugiarto
Agustus 27, 2022 12:58 am

Pagi Pak mau bertanya, untuk PPN Masukan dan Keluaran masuk dalam laporan keuangan apa saja ya? Apabila ada lebih bayar dan kurang bayar apakah masuk dalam laporan keuangan juga? Terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Sugiarto
Agustus 29, 2022 7:37 am

jika pada akhir tahun terdapat Lebih bayar (Pajak masukan > Pajak Keluaran) maka PPN masukan akan dicatat pada laporan keuangan neraca, jika pada akhir tahun ada kurang bayar PPN maka akan dicatat sebagai utang PPN pada laporan neraca

Sugiarto
Sugiarto
Reply to  Om Pimpa
Agustus 29, 2022 7:52 am

Bila mengalami lebih bayar dicatat sebesar lebih bayar nya saja atau keseluruhan PPN masukan nya Pak?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Sugiarto
Agustus 30, 2022 10:51 am

nilai yang tercatat pada neraca adalah nilai Lebih Bayar di akhir tahun

Popi Arpiroka
Popi Arpiroka
Agustus 26, 2022 12:26 pm

Malam pak, mau nanya pak misalkan perusahaan A mengirimkan barang melalui ekspedisi. Apakah transaksi tersebut di potong pph 23 ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Popi Arpiroka
Agustus 29, 2022 7:34 am

benar, jasa ekspedisi merupakan objek pajak PPh 23

navisha
navisha
Agustus 26, 2022 4:20 am

siang om, mau tanya saya ada transaksi dengan lawan dinas pendidikan (pemungut ppn). apakah saya hrus buat ebilling, jika iya jenis pajak dan setorannya apa? tlong jelaskan teknisnya om. terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  navisha
Agustus 27, 2022 2:37 am

jika lawan transaksi sudah melakukan penyetoran sendiri maka tidak perlu buat billing

navisha
navisha
Reply to  Om Pimpa
Agustus 27, 2022 3:58 am

apakah perlu saya minta buktinya om?

navisha
navisha
Reply to  navisha
Agustus 27, 2022 4:06 am

yang buat billingnya saya ataukah pihak dinas?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  navisha
Agustus 29, 2022 7:36 am

tidak perlu meminta bukti, pihak lawan transaksi akan melakukan penyetoran sendiri sehingga kita tidak perlu membuat billing

Mulyana
Mulyana
Agustus 26, 2022 3:49 am

Selamat pagi Om.. maaf mau tanya saya ngambil KPR rumah seharga 315.000.000 selama 15 tahun perkiraan jadi Rp. 600 jutaan, yg saya mau tanyakan ketika laporan SPT tahunan yan akan datang harga nya yang mana yang dimasukan…dan ka sekarang bulan agustus ada beberapa bulan berarti di laporan hutang KPR itu sudah berkurang yah Om..
Tks…

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Mulyana
Agustus 27, 2022 2:36 am

nominal total yang dikeluarkan untuk memperoleh rumah tersebut dan untuk pelaporan utang sesuai kondisi akhir tahun pelaporan

MiftahRachma
MiftahRachma
Agustus 26, 2022 3:21 am

Selamat pagi Om Pimp, maaf mau tanya mengenai PPh 21.
Untuk PPh 21nya di tanggung perusahaan. Lalu misalkan 7orang pada posisi akhirnya (Desember) Lebih Bayar total 6Juta, dan ada 2 orang pada posisi akhirnya Kurang Bayar 2jt.
Bisakah LB 6juta tersebut di kompensasikan atas KB 2jt tersebut ?
Terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  MiftahRachma
Agustus 27, 2022 2:36 am

bisa-bisa saja melakukan pembetulan dan dikompensasi

Nur
Nur
Agustus 25, 2022 9:10 am

Siang, pak mau nanya mengenai per 11 pj 2022, conto kasusnya seperti apa saya masih kurang paham.🙏 terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nur
Agustus 25, 2022 10:10 am

apakah sudh dibaca secara lengkap Per 11 Pj 2022 tersebut?

Ina
Ina
Agustus 25, 2022 2:11 am

Om, mau tanya.
Jika Yayasan Pendidikan Swasta membeli asset dengan Dana Bos apakah asset tersebut dilakukan penyusutan?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Ina
Agustus 25, 2022 10:09 am

ya

Ina
Ina
Agustus 25, 2022 1:17 am

Om, mau tanya. Kalau yayasan pendidikan membeli aset menggunakan Dana Bos. Apakah asetnya bisa dilakukan penyusutan ? Jawab ya om ganteng

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Ina
Agustus 25, 2022 10:09 am

ya

Michael
Michael
Agustus 24, 2022 5:40 am

selamat siang om Pajak, izin bertanya.
perusahaan tempat saya kerja ini masih terbilang baru, dan saya belum begitu paham tentang pajak, jadi perusahaan tempat saya bekerja ini bergerak dibidang penyedia jasa konstruksi dan lagi melakukan pembangunan di daerah jawa barat. terus saya disuruh buat perhitungan pajaknya. kira yang dihitung itu pph berapa ya om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Michael
Agustus 25, 2022 9:56 am

bagaimana detail transaksinya? pajak jenis apa yang dimaksud?

Rista
Rista
Agustus 24, 2022 5:18 am

Selamat siang om pajak, izin bertanya untuk penyetoran pajak saham pendiri yang dimiliki oleh perorangan mekanismenya seperti apa ya? Apakah emiten menyetorkan pajak atas nama perorangan tersebut dan emiten memberikan bukti potong kepada si pemilik saham?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rista
Agustus 25, 2022 9:56 am

bukti potong atas apa aya?

ula
ula
Agustus 24, 2022 4:52 am

selamat siang, maaf om mau tanya untuk mengurus NPWP cabang Badan syarat dan prosesnya seperti apa ya?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  ula
Agustus 25, 2022 9:55 am

silahkan tanyakan pada KPP terdaftar

Siska
Siska
Agustus 24, 2022 4:50 am

Selamat siang Om, ijin bertanya , tentang PER-11/PJ/2022 perihal penulisan alamat NPWP pembeli , kalau pembeli tdk masuk ke dalam kawasan tertentu berarti menggunakan alamat npwp yang mana ya om? mohon pencerahannya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Siska
Agustus 25, 2022 9:55 am

NPWP Pusat

Rian
Rian
Agustus 24, 2022 4:25 am

Halo, ada yang mau saya tanyakan terkait PPN.
Apabila Perusahaan A dapat pekerjaan dari Perusahaan B, dan dikenakan PPN.
Lalu, untuk kebutuhan pekerjaan tersebut membeli material/barang dan ada beberapa pekerjaan yg di sub kan ke Perusahaan lain dan keduanya kena PPN.
Apakah Perusahaan A bisa mengajukan Restitusi untuk PPN material dan subkon tsb?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rian
Agustus 25, 2022 9:55 am

jika lebih bayar dapat mengajukan restitusi ataupun kompensasi

Jea
Jea
Agustus 24, 2022 2:24 am

Selamat Pagi Om Pajak
ingin bertanya, jika pembeli membuat nota retur pajak masukan apakah penjual perlu membatalkan faktur pajak tersebut?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Jea
Agustus 25, 2022 10:16 am

faktur pajak normal? ya tidak dibatalkan

Indah
Indah
Agustus 23, 2022 1:00 pm

Om pimpa, tolong pencerahannya:” Jadi saya salah upload PM pakai database lama (database di tgl 20 Agustus 2022) lalu saya sadar bahwa saya masih pakai database lama. Lalu saya ganti database ke yg terbaru saat ini di tgl 23 Agustus 2022. Dan saya cek di propulated PM2 yg saya sudah upload pakai db lama itu sudah tidak ada. Lalu saya cek di daftar pm, fp fp tsb tidak ada juga:” Dan saya coba upload ulang manual, tetapi tdk bisa ada keterangan “faktur pajak masukan sudah dikreditkan/terupload” jadi pm pm tsb hilang di database saat ini, tp kalau saya pakai db… Read more »

Last edited 1 month ago by Indah
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Indah
Agustus 25, 2022 10:09 am

akan ada di efaktur web, silahkan dicek

John
John
Agustus 23, 2022 12:52 pm

Om mau tanya dong, misalkan teman saya meminta ktp/npwp dan nomor rekening saya untuk dia menerima fee event (dibawah 1jt nominalnya) dikarenakan dia tidak mempunyai rekening pribadi. Apakah uang yg masuk teraebut akan mempengaruhi spt saya? Atau ada selisih dan hal lainnya? Terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  John
Agustus 24, 2022 2:25 am

jika terkait penerimaan penghasilan maka akan mempengaruhi pelaporan SPT, terutama jika lawan transaksi membuat bukti potong atas fee tersebut

Fathian Al Farizi
Fathian Al Farizi
Agustus 23, 2022 8:58 am

Hallo om, saya mau tanya, saya punya perkumpulan dan sudah memiliki NPWP badan sejak September 2021, Tapi sampai bulan Agustus 2022 belum lapor pajak, jika saya mulai ingin lapor pajak, apa harus lunasi pajak dari september 2021 atau hanya bayar bulan ini saja?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Fathian Al Farizi
Agustus 24, 2022 2:23 am

Dari sejak npwp trdaftar

Puthe kurnia
Puthe kurnia
Agustus 23, 2022 8:38 am

Maaf, mau bertanya mgkn ada yang bisa membantu menjawab.
Apakah papan billboard yang mencantumkan nama perusahaan serta logo dikenakan pajak reklame??

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Puthe kurnia
Agustus 24, 2022 2:23 am

Pajak reklame adalah jenis pajak daerah, tdk dibahas disini

jemi
jemi
Agustus 23, 2022 6:32 am

Om mau tanya seputar PER-11/PJ/2022.

Jika perusahaan kami tidak termasuk perusahaan dengan kategori :

  • Kawasan Berikat
  • Kawasan ekonomi khusus, dll

Jika faktur pajak yang kami terima dengan tanggal 01/04/2022 sampai dengan 31/08/2022 yang menggunakan data alamat sesuai SPPKP apakah faktur pajak tersebut termasuk faktur pajak yang sesuai kategori pada Pasal 38A.

Terima kasih

Jemi

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  jemi
Agustus 24, 2022 2:23 am

tidak termasuk

jemi
jemi
Reply to  Om Pimpa
Agustus 24, 2022 2:32 am

Koq tidak termasuk Om.

Pada pasal 38 A kan diberikan dispensasi

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  jemi
Agustus 25, 2022 9:54 am

karena pasal 38A untuk penyerahan BKP/JKP kepada Pembeli BKP/Penerima JKP yang melakukanpemusatan tempat PPN/PPnBM terutang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat(7) PER-03/PJ/2022

jemi
jemi
Reply to  Om Pimpa
Agustus 25, 2022 10:14 am

Dan Pasal 6 ayat (2) atau ayat (3) sesuai SPPKP Om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  jemi
Agustus 27, 2022 2:36 am

Ga paham ini gmn ya?

John
John
Agustus 23, 2022 6:21 am

Min, mau tanya. Misalkan ktp/npwp saya di pake untuk penerimaan fee event org lain.dikarenakan org tersebut tidak mempunyai rekening. Jadi harus pake ktp/npwp dan rekening saya untuk masuk fee nya. Apakah akan berpengaruh dalam laporan spt? Atau ada selisih atau lain hal nya? TerimKasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  John
Agustus 24, 2022 2:22 am

jika terkait penerimaan penghasilan maka akan mempengaruhi pelaporan SPT, terutama jika lawan transaksi membuat bukti potong atas fee tersebut

Yuli
Yuli
Agustus 22, 2022 10:32 pm

Izin tanya om, faktur pajak terbit pada bulan maret, ternyata dari 4 item ada 1 item yang salah harga, jadi 1 item di retur dan di buatkan faktur pajak pengganti untuk penagihan 3 item pada bulan juni, saat ini bulan agustus, apa faktur pajak tersebut masih bisa di proses atau sudah exp?
Terima kasih om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuli
Agustus 24, 2022 2:21 am

untuk faktur pajak pengganti masih dapat diupload di bulan agustus

Devi
Devi
Agustus 22, 2022 11:06 am

Om mau tanya , kan bulan depan per 1 september 2022.. mulai berlaku perturan per 11 pj 2022,
Ini itu untuk pembeli yg npwp pusatnya BKM aja , atau setiap perusahaan yg berkawan berikat alamatnya harus alamat bkp/jkp yg diserahkan ?
Karena saya bingung ada juga yg perusaan berkawasan berikat tapi npwp pusatnya tidak terdaftar di kpp BKM ..

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Devi
Agustus 24, 2022 2:21 am

menurut Pasal 6 ayat 6b PER-11/2022, untuk penerimaan BKP/JKP di kawasan berikat, alamat yang digunakan adalah alamat penerima BKP/JKP di kawasan tertentu yang bersangkutan

Devi
Devi
Reply to  Om Pimpa
Agustus 24, 2022 2:28 am

Yg npwp pusatnya terdaftar di kpp pratama juga pakai alamat terima barang berati ya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Devi
Agustus 25, 2022 9:55 am

iya

Warto
Warto
Agustus 22, 2022 9:16 am

Selamat sore Om Pimpa, izin bertanya
Saya bekerja di perusahaan trading, kami membeli barang dari luar negeri dan didalam tagihan/invoice itu ada biaya barang dan juga biaya freight, yang ingin ditanyakan bagaimana perlakukan pph untuk freight yang tercantum didalam tagihan/invoice tersebut, mohon sarannya ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Warto
Agustus 23, 2022 8:42 am

kalo pph 22 atas impor perhitungannya tarif (2,5% API dan 7,5% non API) x nilai impor, freight ya semua terkait dengan angkutannya

rizky
rizky
Agustus 22, 2022 7:44 am

om mau tanya nih, jdi PT saya ini menyewakan Jasa untuk penyediaan tempat dan waktu dalam media masa (Termasuk objek pjk 23), tetapi saya memiliki customer orang pribadi, untuk perlakuan pajaknya gimana ya om, apakh tetap dipotong pph 23,dan apakah boleh dibayar include pph 23nya tetapi pt saya yg memotong dan melaporkannya?dan untuk ppnnya gimana ya?karna dia orang pribadi apakah harus dibuatkan fp?, terimkasih.

Last edited 1 month ago by rizky
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  rizky
Agustus 23, 2022 8:39 am

untuk orang pribadi tidak melakukan pemotongan PPh 23 atas jasa yang diterima, jika sudah PKP maka wajib menerbitkan faktur pajak untuk lawan transaksi jika ada penjualan

misen
misen
Agustus 22, 2022 4:51 am

izin tanya om
saya menerbitkan faktur keluaran di bulan maret 2022,ternyata salah npwp lalu uang juga sudah masuk,karna peraturan pajak upload setiap tgl 15 jadi tidak bisa untuk buka di maret,untuk solusi gimna yah om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  misen
Agustus 23, 2022 8:38 am

dapat dilakukan pembetulan untuk SPT PPN Masa Maret, dan faktur pajak keluaran untuk bulan maret dapat dibatalkan

Justina
Justina
Agustus 22, 2022 3:50 am

Izin tanya om.
PT A dan PT B adalah perusahaan afiliasi. PT A melakukan peminjaman dana ke Bank namun menjaminkan Aset PT B, secara Perbankan di ijinkan selama PT B membuat persetujuan.
Namun untuk beban bunga pinjaman yg diberikan oleh Bank ke PT A apakah boleh di biayakan? atau hrs di koreksi fiskal ya?
saya cari peraturannya belum ketemu tertuang dimana.
Tlg dibantu penjelasannya om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Justina
Agustus 23, 2022 8:39 am

dapat dibiayakan

Justina
Justina
Reply to  Om Pimpa
Agustus 23, 2022 9:11 am

om, tlg dibantu peraturannya ada tercantum dmn? krn menurut AR kami harus koreksi fiskal. Nilainya lumayan besar sayang klo hrs dikoresi fiskal.Tp mau debat sm AR nya ga bs krn ga tau dasar peraturan pajaknya ada dmn.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Justina
Agustus 24, 2022 2:23 am

Cb aja dl tanya ke AR rujukan aturan dia apa, br nanti dianalisis lg

Justina
Justina
Agustus 22, 2022 3:47 am

adit, salah cantumin email

Last edited 1 month ago by Justina
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Justina
Agustus 23, 2022 6:06 am

maksudnya apa ya?

yoji
yoji
Agustus 21, 2022 7:42 pm

Pagi Om, kalau saya pedagang eceran yang sudah PKP apakah bisa menerbitkan faktur pajak yang diisi lengkap data pembeli sehingga dapat dikreditkan oleh pembeli tersebut?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  yoji
Agustus 23, 2022 6:06 am

iya, jika sudah PKP, atas penjualan yang dilakukan wajib menerbitkan faktur pajak, dan faktur pajak tersebut dapat dikreditkan oleh pihak lawan transaksi yang merupakan PKP juga

Renald
Renald
Agustus 20, 2022 3:45 pm

Selamat Malam om,
Mohon maaf menganggu,
Saya Ingin bertanya,
Jika ada karyawan saya yang sudah bekerja 3 tahun, di tahun 2022, beliau memutuskan resign dibulan 10, tentu saja saya akan melakukan perhitungan kembali pph 21 atas karyawan tsb dan melakukan pengembalian pph21 jk lebih bayar. Yg menjadi pertanyaan, jika pada bulan 5 2022, beliau menerima THR dan dipotong pph 21, apakah pph 21 atas THR jg di lakukan perhitungan ulang dan dilakukan pengembalian?

Mohon jawabannya Om 🙏
Terima kasih banyak

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Renald
Agustus 21, 2022 5:45 am

iya bsa melakukan pembetulan dan dikompensasi atas lebih bayar tersebut

Rachma
Rachma
Agustus 20, 2022 5:47 am

Selamat siang Om Pimp, saya mau bertanya mengenai PPH 21. Jadi ada karyawan yang masa kerjanya tidak utuh satu tahun. Misal karyawan A masa kerja 4bulan – saat ini sudah resign, gaji bulanannya 6.000.000 (TK/0) sudah diatas PTKP, jadi ada potongan PPh 21 untuk setiap bulannya. 1. Ini apakah harus dibuatkan bukti potong Om ? Karena 4 bulan x 6.000.000 hanya 24.000.000 masih dibawah PTKP 54Jt dan kalau dibuatkan bupot pajak terutangnya 0. 2. Atas kary A tadi dipot pph 21nya setiap bulan itu seharusnya 60ribu Om, tetapi baru dipotong dan dilaporkan 50ribu, jadi ada kurang bayar 10.000 x 4… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rachma
Agustus 20, 2022 9:24 am

1. tetap dibuatkan bukti potong walaupun karyawan sudah resign
2. dapat disetorkan Kurang Bayar tersebut, dan melakukan pembetulan SPT Masa PPh 21

MiftahRachma
MiftahRachma
Reply to  Om Pimpa
Agustus 20, 2022 9:30 am

Om maaf saya masih bingung, kalau penghasilan 1 tahun 24Juta (masa kerja 4bulan) ini kurang dari PTKP apakah jadinya lebih bayar (atas pajak pph 21 yg sudah disetor 4bulan) ? dan apakah perusahaan wajib mengembalikan ke karyawan atas pph yg sudah dipotong ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  MiftahRachma
Agustus 21, 2022 5:55 am

iya akan lebih bayar dan dikembalikan oleh perusahaan atas yg sudah dipotong

Nisa
Nisa
Agustus 19, 2022 11:12 am

Selamat sore om,, ijin mau bertanya..
Kalau saya lapor spt tahunan badan pph 25/29, nah pajaknya itu sudah di bayarkan, tp ketika lapor di bukti lapor masih tercantum kurang bayar itu bagaimana ya om?
Terimakasih om🙏

IMG_20220819_180916.JPG
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nisa
Agustus 20, 2022 8:25 am

pada BPE itu hanya merupakan status dari SPT saja, yang penting PPh terutang sudah dibayarkan

ida
ida
Agustus 19, 2022 3:54 am

mau tanya om, sy ada transaksi penjualan dan pembelinya membeli dgn cara KPR,
tiba2 notaris meminta no efin dan password sy katanya unt pembayaran pajak penjual dan pengurusan AJB,
nah… apakah aman om no efin dan password sy berikan ke notaris?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  ida
Agustus 19, 2022 11:10 am

efin bersifat rahasia, ya kalo mau kasih silahkan saja

Anon
Anon
Agustus 18, 2022 6:41 pm

Om mau tanya kalo bukti potong pajaknya beda dari gaji yg didapat gimana om? Jd di bukti potong gaji saya lebih kecil daripada di slipnya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Anon
Agustus 19, 2022 11:10 am

ini lebih kecil karena apa? adakah perbedaan rincian? silahkan komunikasikan dengan kantornya

Yana
Yana
Agustus 18, 2022 1:27 pm

Tanya om, Apakah sudah benar tata penerbitan faktur pajak berikut, mohon koreksi nya dan bimbingan om 🙏🏻 Nuhun Contoh : PO: AFL0098 *Detail :* Raket nyamuk 30,000 Pcs @15,000 *DPP = 450.000.000* *Vat in= 49.500.000* 1. terima dp30% = 149.850.0000 Pengakuan sebagai DP *Terbit FP uang muka* Nilai penjualan _DPP = 450.000.000_ _PPN. = 49.500.000_ Uang muka = 135.000.000 PPN. = 14.850.000 2. Kirim 10.000 (tagih 70%) Pengakuan sebagai penjualan *Terbit FP uang muka* Nilai penjualan _DPP = 450.000.000_ _PPN. = 49.500.000_ Uang muka = 105.000.000 PPN. = 11.550.000 3. Kirim 20.000 (tagih 70%) Pengakuan sebagai penjualan *Terbit FP pelunasan*… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Yana
Agustus 19, 2022 11:09 am

ya

DEVI
DEVI
Reply to  Om Pimpa
Agustus 19, 2022 11:58 pm

Om mohon pencerahannya,untuk ppn gunggung apakah bisa di netoff dengan PPN masukan untuk PKP
Terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  DEVI
Agustus 20, 2022 8:26 am

di netoff seperti apa yang dimaksud?

Eka
Eka
Agustus 18, 2022 9:17 am

Jika kita melakukan pemindahbukuan pph krn salah input tanggal, apakah pelaporan spt-nya ada perlakuan khusus?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Eka
Agustus 18, 2022 10:59 am

tanggal apa yang dimaksud?

Rara
Rara
Agustus 18, 2022 6:05 am

Om izin bertanya mengenai kode 07 untuk kawasan berikat..
Jika penyerahan barang tersebut ke kantor cabang yg mempunyai SK pemusatan dan Kawasan berikat maka NPWP dan ALAMAT siapa yang kita cantumkan di FP?
Dan jika penyerahan barang tsb ke kantor cabang namun tidak merupakan Kawasan berikat maka NPWP dan ALAMAT siapa yg tercantum di FP?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rara
Agustus 19, 2022 4:28 am

alamat ngikutin BKP/JKP diserahkan, silahkan baca lebih lengkap pada PER-11/PJ/2022

Budijaman
Budijaman
Agustus 18, 2022 4:31 am

Pagi Oom mau tanya, saya seorang karyawan persh swasta di awal bln okt 2022 ini akan pensiun, setelah itu tidk mendapat penghasilan tiap bulannya, sekarang berpenghasilan dari 3 perusahaan swasta dimana saya juga lapor SPT pribadi.
Pada Spt pribadi saya ada bayar pph 25 tiap bulan, apakah setelah pensiun tsb di bln Okt, Nop dan Des masih membayar pph 25 pribadi? sedangkan di bulan tsb sdh tidak berpenghasilan/tidak mendapatkan gaji. Lalu bagaimana caranya menonaktifkan NPWP krna sdh tidak mempunyai penghasilan

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Budijaman
Agustus 18, 2022 10:59 am

dapat melakukan permohonan pengurangan angsuran PPh pasal 25, untuk menghapus NPWP atau jika akan membuat NPWP menjadi non efektif dapat menghubungi KPP terdaftar

maudy
maudy
Agustus 18, 2022 4:03 am

halo om mau nanyak nih kemaren kan waktu di SPT tahunan 2021 PPH 25 nya 18.019.323 trsu ada dapat insentif covid 50%, berarti jdi 9.009.661 kan om. trus kemaren yg masa pajak bln 5 dan 6 saya buat angka 9.009.661 di insentifnya tpi, kan disana 9.009.661 itu dikalikan lagi jdi 50%, harusnya yg saya buat 18.019.323 itu kan om, nah waktu itu masih peraturan PMK 3-2022 kan om, ini saya mau melakukan pembetulan tpi, sudah peraturan baru PMK 114-2022 apakah masih bisa pembetulan masa 5 dan 6 itu om ? kalau pun tidak bisa, saya mau buat lapor PPH 25… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Agustus 18, 2022 10:58 am

dapat melakukan pembetulan

maudy
maudy
Reply to  Om Pimpa
Agustus 18, 2022 1:48 pm

ketika pembetulan angka yg dibuat tetap angka 18.019.323 om ?
tpi, kan waktu masa 5 dan masa 6 nya saya buat angka yg 9.009.661 itu om, jdi di tabel angkanya jdi 4 jt an setelah dikalikan 50% dari angka 9.009.661 om
tetap dibuat angka 18.019.323 atau dibuat sisa dari angka yg 4 jt an yah om ?

maudy
maudy
Reply to  Om Pimpa
Agustus 18, 2022 4:04 pm

saya mau nanyak lagi om kalau sudah melakukan pembetulan apakah kena denda kah om ?
soalnya dari masa 4 sampai masa 6 om salah buat angka lapor insentif
tpi, kalau buat billingnya memang 9.009.661 itu om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Agustus 19, 2022 11:10 am

pembetulan dengan nominal yg benar, tidak ada denda atas pembetulan tersebut jika tidak kurang bayar

Raju
Raju
Agustus 17, 2022 8:09 pm

Apakah perak batangan dikenakan pajak ppn?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Raju
Agustus 18, 2022 10:59 am

Iya objek ppn

Alba
Alba
Agustus 17, 2022 7:20 pm

Pagi, saya seorang freelancer, dengan penghasilan <4,8M setahun.
Pertama, setelah saya coba cari tau, saya bisa menggunakan NPPN untuk perhitungan pajak saya. Namun ketika dihitung, untuk Netto dari penghasilan saya kurang dari PTKP. Kalau demikian, apakah tetap wajib melaporkan SPT dan seperti apa jadinya PPh finalnya?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Alba
Agustus 18, 2022 11:00 am

apakah sudah mengajukan NPPN? jika penghasilan dibawah PTKP maka tidak wajib melaporkan SPT Tahunan

xiaa
xiaa
Agustus 16, 2022 6:36 am

Siang. Ingin bertanya mengenai laporan pajak Orang Pribadi yang melakukan usaha UMKM (omset setahun <4.8M) Bagaimana tata cara pelaporan SPT Masanya (untuk lapor omset perbulan)? Apa melalui DJP Online atau membutuhkan aplikasi perpajakan? Terima kasih.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  xiaa
Agustus 16, 2022 10:59 am

membayar PPh final umkm setiap bulannya dengan membuat billing melalui DJP Online

Imam A.F
Imam A.F
Agustus 16, 2022 4:59 am

Siang Om,

Berapa besaran nilai untuk Jasa Informan yang kena pajak ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Imam A.F
Agustus 16, 2022 10:59 am

bagaimana detail transaksinya? siapa pihak yang terlibat pada transaksi tersebut?

Nur Wahyudi
Nur Wahyudi
Agustus 16, 2022 1:18 am

Pak saya ingin bertanya mengenai e-bupot..
Di suatu kasus, awalnya setiap tanggal 1 atau 2, pihak perusahaan selalu melaporkan pajak PPh masa 21, namun suatu hari setelah melaporkan pajak PPh masa bulan Juli yang dilaporkan tanggal 1 Agustus, namun di tanggal 10 Agustus terjadi transaksi yang mengharuskan perusahaan tersebut menerbitkan bukti potong atau melaporkan PPh 23 (E-Bupot)..

Pertanyaan nya
1. Apa yang harus dilakukan jika ingin membuat e-bupot di tanggal 10?
2. Bagaimana cara melaporkan e-bupot tersebut sedangkan PPh pasal 21 nya sudah di lapor di awal bulan

Terimakasih pak, mohon jawabannya 🙏🏻

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nur Wahyudi
Agustus 16, 2022 10:58 am

transaksi pada tanggal 10 agustus akan masuk masa pelaporan PPh Agustus tidak ada hubungannya dengan PPh 21 Juli tersebut.
1. melaporkan PPh 23 melalui ebupot Unifikasi masa Agustus atas transaksi tersebut
2. tidak ada hubungannya

Renaldi
Renaldi
Agustus 15, 2022 3:41 pm

Malam Om,

Apakah web-efaktur memang sedang ada kendala ya? sudah dicoba akses ganti2 browser dan koneksi masih ngga bisa dibuka

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Renaldi
Agustus 16, 2022 10:57 am

iya bisa jadi sedang error

10.1K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x