Lompat ke konten

Tanya-Jawab Pajak Terbaru

  1. Penyedia barang / penjual om dengan status pajak non pkp

  2. sy wp op pkp tapi mulai th 2022 seluruh transaksi sy alihkan ke cv yg sy dirikan dan sy selaku…

  3. mau tanya om,mulai 1 Juli 2022 kan di berlakukan PMK Nomor 58 Tahun 2022 saya penyedia di mitra siplah blibli…

  4. Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor PER-03/PJ/2022 membahas terkait Faktur Pajak

  5. karena pembayaran fee kepada individu, maka sebagai instansi akan memotong PPh Pasal 21. PPh Pasal 21 kl ga ada npwp…

  6. Halo om, saya dan suami sudah menjadi warga jakarta lebih dari 2 tahun. pada saat membeli rumah pertama (atas nama…

  7. Hi Om, maaf sebelumnya, saya seorang pemula untuk soal pajak, saya ingin menanyakan bagaimana membedakan kalau suatu badan yang nggak…

  8. Hi Om, Saya ingin bertanya terkait Per PJ.03/022 apakah berlaku untuk PIB/PIBK Thanks Om,

  9. bagaimana detail transaksinya? faktur pajak atas BKP atau JKP apa?

  10. referensi untuk membuat faktur pajak, contohnya nomor invoice atau lainnya

  11. sore pak saya mau tanya. saya membuat faktur seperti biasa tetapi di keterangan ada tulisan “Bukan merupakan Dokumen Penyerahan BKP…

  12. pagi om mau tanya kalau di efaktur program ketika kita buka faktur pajak dibagian referensi faktur apakah wajib diisi om…

  13. Fiskal, bisa diakumulasikan kerugiannya selama 2017-2021? Atau satu tahun saja?

  14. jika mengalami kerugian fiskal dapat dikompensasikan tiap tahunnya/ ketahun berikutnya jadi itu tadi angka kerugian fiskal atau komersial?

  15. PPN tetap 11%, hanya saja untuk 050 menggunakan DPP nilai tertentu 10% sehingga tarif menjadi 1,1%, silahkan cek PMK 71…

  16. latar belakang dilakukannya pemeriksaan itu tidak secara spesifik karena pindah, namun bisa saja hal ini secara kebetulan terjadi

  17. status NPWP DE tidak dapat digunakan, maksudnya dikembalikan? awalnya yg memberikan saran seperti itu siapa ya?

  18. om izin tanya saya nginput no sppnya di fp 07 tpi ternyata no nya salah dan gk bisa dirubah menjadi…

  19. Halo om om saya mau tanya misal kita terima invoice tertanggal bulan April dengan Faktur Pajak bulan April (010) ,…

  20. Selamat siang Mohon bantuannya, kemarin saya mencoba untuk mengupload faktur pajak normal pengganti pada tanggal 27 mei 2022 untuk masa…

  21. pelaporan PPN dilakukan sejak PKP saja, jika sebelum PKP maka tdk perlu dilaporkan

  22. tidak bisa online, namun bisa mengirimkan dokumen yg dibutuhkan melalui pos tanpa datang ke KPP

  23. tergantung detailnya. penjelasan tersebut akan panjang dan tdk bisa dibahas disini. yg bs dijawab dan dibahas disini terhadap hal yg…

  24. silahkan cek kembali nomor BC tersebut, jika sudah benar namun tetap reject, silahkan hubungi KPP terdaftar

  25. dapat memilih salah satu dari kedua opsi tersebut, walaupun masih kredit tetap dilaporkan dan juga melaporkan utangnya atas pembelian harta…

  26. tarif progresif tetap sama, silahkan cek PER 16 PJ 2016

  27. faktur pajak sebagai dokumen pendukung pemotongan pph? ya bole aja silahkan direvisi sesuai dokumen pendukung tersebut

  28. jika nilai transaksi tidak melebihi 10jt maka kode faktur 01 dan penyetoran PPN seperti mekanisme umum, jika melebihi 10jt maka…

  29. siang om.. mau tny kalo misal kita msh ada hutang ppn bln april nilainya ckp besar blm kita bayarkan krn…

  30. maaf mau tanya, jika perusahan dari tahun 2017-2021 mengalami kerugian, dan pada tahun 2022 mengalami laba.. Atas kerugian yang terjadi…

  31. Hallo om bisa bantu saya Saya bekerja di salah satu perusahaan ekpedisi yang menyediakan jasa angkutan kendaraan bermotor barang umum dimana…

  32. Pagi om, om mau tanya kalo pindah KPP emgnya akan ada pemeriksaan ya? Kalo iya, pemerriksaan spt apa ya om?

  33. Selamat malam om, apakah NPWP dengan status DE masih bisa digunakan? Karena sebelum saya bayar pph final peralihan hak atas…

  34. Maksudnya gimana om? bukannya kalau belum PKP ga dapat mengggunakan aplikasi e-faktur

  35. Selamat siang om, mau tanya, apakah kita bisa melakukan PBK secara online

  36. Selamat siang Om.. ijin bertanya.. Jika kami akan mendirikan badan usaha yang bergerak dibidang jual beli logam mulia (emas batangan),…

  37. selamat sore om, saya upload nomor sppb dr customer 070 tempat penimbunan berikat. namun ter-reject ETAX-API-10030-Bukan Merupakan Dokumen Penyerahan BKP…

  38. Om pajak mau tnya seputar PPS Rumah dan kendraan harus dilaporkn di SPT? Apakah jika ikut pps akn kena pjk…

  39. siang om, saya mau tanya untuk tarif yang digunakan di PPh 21 gross up itu berapa ya ? soalnya saya…

  40. Siang Om Pajak, saya ingin bertanya mengenai tenaga kerja lepas pada suatu perusahaan, upahnya di potong pph 21 dan di…

  41. Pagi om mau tanya kalau semisal nomor faktur pajak yg tertera di bukti potong tidak sesuai dengan faktur pajak keluaran…

  42. Pajak apa yg ditanya? PPh? Subjeknya masuk pp 23 bkn? PPh bs ada 2 acuan, bs omset tp bs jg…

  43. Ya pake 1770, kl untuk 1721 acuannya atas ada atau tidaknya pmbayaran penghasilan dr CV ke individu

  44. ada yang di atas 10jt ada yang di bawah 10jt om

  45. Selamat Sore Om, ijin numpang bertanya, apakah usaha tatarias pengantin dan penyediaan cateringnya dikenakan pajak? terima kasih.

  46. Terimakasih banyak Om

  47. silahkan melakukan pencatatan sesuai dengan standar akuntansi, modal yg akan dilaporkan OP sekutu B adalah nilai penyertaan modal CV per…

  48. Jadi meskipun ft copy cmn habis 25 rb tetep bayar PPh 23 ya? Soalnya sy baca2 ada yg menyebutkan jika…

  49. Om tanya, Jika dalam CV ada sekutu aktif dan sekutu komanditer (tercatat di akta). Apakah benar SPT op sekutu2 tsb…

  50. Om, apakah nilai prive dimasukkan ke formulir 8A kutipan elemen neraca bagian ekuitas lain-lain? Atau yang seharusnya bagaimana?

  51. Selamat malam om saya mau tanya lagi, jadi semisal saya memiliki modal 2 juta, lalu saya belanjakan 1.8 juta dan…

  52. Blm Om krn satu dan lain hal blm di daftarkan wkt itu

  53. transaksi crypto dipotong pajak sejak 1 Mei 2022 mengacu pada PMK nomor 68 tahun 2022. sebelum tanggal tersebut, Anda harus…

  54. Modal secara umum di perusahaan yg sudah berjalan akan terdiri dari 2 jenis, yaitu modal awal dan akumulasi modal dari…

  55. Tidak ada pencatatan pembagian laba. Hanya ada kompensasi gaji untuk Sekutu A(aktiv), sekutu B tidak ada sama sekali. Tetapi pengeluaran…

  56. jika menggunakan jasa Orang Pribadi, maka dilakukan pemotongan PPh 21 atas penghasilan yang diberikan

  57. bisa atau tidak ikut PPS harus mempertimbangkan aspek-aspek lain lagi, tidak bisa hanya melihat 1 sisi. kalo hanya sekedar boleh…

  58. nama sesuai dengan yg ada di akte, baik siapa yg ditulis pada tabel pengurus ataupun siapa yg ditulis pada tabel…

  59. Modal secara umum di perusahaan yg sudah berjalan akan terdiri dari 2 jenis, yaitu modal awal dan akumulasi modal dari…

  60. Modal secara umum di perusahaan yg sudah berjalan akan terdiri dari 2 jenis, yaitu modal awal dan akumulasi modal dari…

  61. alasan penolakannya apa ya? kl dr sisi pengkreditan masih bisa aja dikreditkan

  62. Waktu lalu sudah ikut amnesti pajak Om. Apa ada solusi lain selain PPS? Mohon inputnya om 🙏

  63. Halo om saya mau tanya, Jadi saya memiliki hobi mengoleksi game-game secara digital, karena saya punya beberapa salinan legal dari…

  64. Selamat pagi…..saya mau tanya, madrasah saya harus mengeluarkan PPh 23 atas jasa foto copy dan catering, minimal pemotongan dalam 1…

  65. Om, mau tanya Tahun 2009, berdiri CV dengan 2 orang sekutu. Sekutu A tidak masuk modal, sekutu B masuk modal…

  66. Om, mau tanya Tahun 2009, berdiri CV dengan 2 orang sekutu. Sekutu A tidak masuk modal, sekutu B masuk modal…

  67. Selamat malam pak, saya ingin bertanya. Jadi ada tanah yang dibeli di tahun 2020 tapi tanah itu tidak dilaporkan di…

  68. pajak apa yang dimaksud? jika terkait pajak daerah tidak dibahas disini

  69. jika ingin mengubah pengkreditan masa pajak, dan apabila sudah approval maka tidak dapat diubah lagi

  70. Apakah dulu ikut amnesti pajak? Tdk semua problem blm lapor harta itu solusinya adalah pps saja

  71. Pmbetulan apanya? Mau mengubah masa pajak pengkreditannya? Jika sudah approval ga bs diubah

  72. Om tanya donk, tentang PER 03/PJ/2022.. saya ada kasus tentang Alamat Faktur Pajak, yg dimana Penjual menolak revisi alamat faktur…

  73. 1. tdk wajib PKP, bisa menggunakan pajak final (jika masih memenuhi persyaratan PP 46/23 Tahun 2018), Bisa aja PPS jika…

  74. Om, mau tanya Tahun 2009, berdiri CV dengan 2 orang sekutu. Sekutu A tidak masuk modal, sekutu B masuk modal…

  75. Om, kalau CV ada 2 sekutu, sekutu aktiv tidak masuk modal, sekutu komanditer masuk modal. Apakah nama keduanya dimasukkan di…

  76. Selamat pagi Om mau tanya, kantor saya menyewa alat berat excavator kepada misal PT C 5.000.000, lalu untuk biaya mob…

  77. Halo om mau tanya saya punya saham pt 500juta dan saya udah lapor spt tahun 2020 tapi, saya lapor ini…

  78. halo om, mau tanya dong. kalau kita menggunakan jasa percetakan untuk buku tahunan tapi NPWP pemberi jasa nya OP bukan…

  79. Mau tanya etax api 10030

  80. mau tayak saya g bisa bayar pajak rumah kontrakan saya tahun 2022 gara tahun 95,96 dan 2002 sampai 2008 belum…