Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
8.5K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
avon
avon
Mei 24, 2022 9:16 am

om boleh tanya?

jika kita buat fp keluaran dibulan A tgl 1 dan kemudian dikreditkan pihak lawan dibulan A. Lalu bulan C kita buat fp pengganti dan kemudian kita batalkan. Lalu kita terbitkan faktur baru sebagai pengganti di bulan C.

Pihak lawan minta fp bulan C dibatalkan, karena dia sudah mengkreditkan fp dibulan A. Apa yg harus kita lakukan?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  avon
Mei 24, 2022 4:11 pm

Sebentar ini istilah yg dipake prlu dicek lg nih biar ga miskom, misal faktur yg udah dibatalkan itu ga bs dibuat pengganti, yg ada ya buat faktur baru (faktur normal lg), lalu pembatalan jg akan gagal saat pembeli sudah lebih dl mengkreditkan kecuali pembeli jg setuju lalu klik batal jg di efaktur dia

avon
avon
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 1:40 am

bulan januari saya buat fp no 010.123 tgl 10 dan dikreditkan pihak A dibulan januari.
bulan maret saya buat fp pengganti jadi 011.123 ditgl 20 maret karena fp pengganti di tgl januari sudah tidak bisa berdasarkan peraturan, tp lalu saya batalkan dan saya terbitkan fp normal no 010.456 di tgl 20 maret.

pihak lawan minta fp no 010.456 dibatalkan dengan alasan dia sudah mengkreditkan faktur no 010.123. apa yg harus saya lakukan?

olivia
olivia
Mei 24, 2022 9:10 am

om tanya dong, kalau di formulir 1111 AB Bagian I nilai B dan C beda ini kenapa ya om?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  olivia
Mei 24, 2022 4:11 pm

Yg bagian B point 2, bedanya di penyerahan digunggung

allin
allin
Mei 24, 2022 9:07 am

saya di bidang real estate , saya lapor dan setor PPN di KPP Madya (Pemusatan) saya memiliki proyek di wilayah kerja KPP Pratama wilayah majalaya (Proyek A status cabang dan terdaftar, proyek B tidak ada npwp cabang dan proyek C tidak ada npwp cabang) ke 3 proyek tersebut masih 1 wilayah , terkat per 3 , bagaimana saya mencantum kan alamat jika saya mengirimkan barang ke proyek C?. apakah yang saya cantumkan alamat proyek A karena yang terdaftar cabang hanya proyek A atau mencantumkan alamat yang sebenarnya di proyek C?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  allin
Mei 24, 2022 4:10 pm

Alamat dan NPWP KPP pusat
krna ga ada npwp cabang

allin
allin
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 1:19 am

satu lagi om , jika ada cabang yang memiliki alamat yang sama dengan alamat pusat namun pengiriman barang ke Proyek D (alamat berbeda dengan alamat cabang tersebut) alamat apa yang harus saya cantumkan ?

tata
tata
Mei 24, 2022 9:05 am

ijin tanya om, untuk pemotongan pph 23 atas sewa kendaraan dengan NIK, kode objek pajak nya yg mana ya? lalu untuk NIK saya input valid, tetapi saat mau simpan terdapat tulisan data NIK tidak ditemukan. solusinya seperti apa ya om pimpa?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  tata
Mei 24, 2022 4:10 pm

sewa kendaraan 24-100-02 dengan tarif lebih besar yakni 4%, silahkan cek kembali NIK lawan transaksi tersebut

avon
avon
Mei 24, 2022 9:04 am

om boleh tanya?
jika awalnya kita buat fp di tgl 1 bulan A, dan kemudian pihak lawan sudah mengkreditkan. Lalu kita buat fp pengganti di bulan B tgl 20 dan kemudian kita batalkan dan kita terbitkan fp di bulan C sebagai penggantinya.

Pihak lawan minta fp yg dibulan C dibatalkan, karena dia sudah merasa mengkreditkan fp itu dibulan A. apa yang harus kita lakukan?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  avon
Mei 24, 2022 4:10 pm

Sebentar ini istilah yg dipake prlu dicek lg nih biar ga miskom, misal faktur yg udah dibatalkan itu ga bs dibuat pengganti, yg ada ya buat faktur baru (faktur normal lg), lalu pembatalan jg akan gagal saat pembeli sudah lebih dl mengkreditkan kecuali pembeli jg setuju lalu klik batal jg di efaktur dia

Hilman
Hilman
Mei 24, 2022 8:57 am

Om mau tanya,

Contoh kasusnya seperti ini :
Teman saya berniat jual lahan pertambangan dengan harga 100 Miliar. Dia meminta saya untuk mencari buyer. Dari kesepakatan dengan teman, selisih harga jual boleh saya ambil sebagai fee tapi pajaknya diurus sendiri. Saat bertemu buyer dan negosiasi ahirnya lahan ini terjual 130 Miliar, sehingga selisih 30 Miliar menjadi hak saya.

Pertanyaannya jenis pajak apa saja yang dikenakan terhadap selisih 30 Miliar tadi ? Berapa besaran pajak nya ? dan bagaimana untuk pembayaran pajaknya ? mengingat saya bertindak sebagai perseorangan, bukan sebagai perusahaan

Terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Hilman
Mei 24, 2022 4:09 pm

tarif normal pasal 17 progresif dan melakukan pembukuan

Satria
Satria
Mei 24, 2022 6:25 am

Hallo om
Om mau tanyak dong
Pembelian hewan ternak ( Itik petelur ) kemudian hewan nya di bagikan ke masyarakat untuk di ternak, yg saya tanya kenak pajak gak om untuk pengadaan nya
Soal nya saya baca di pmk menkeu kata nya engga kenak pajak
Mohon pencerahan nya om ya

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Satria
Mei 24, 2022 4:09 pm

Pajak apa?

Acong
Acong
Mei 24, 2022 12:52 am

Om mau tanya.saya pengusaha di bidang transportasi umum.lalu saya dapat tender kerjasama dengan pt B.sedangkan Pt B kerjasama dgn pt a.
Sistem pembayaran pt a membayar ke pt b.lalu pt b membayar ke pt saya.
Apakah pt saya kena wajib pajak 11% per bulan dari nilai transaksi?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Acong
Mei 24, 2022 4:08 pm

pajak apa yg dimaksud?

Frits Tobias Umbu Amah
Frits Tobias Umbu Amah
Mei 23, 2022 11:44 am

Selamat malam, Om. Untuk pembayaran gaji seorang guru honorer sekolah sebesar 900.000/bulan dari Dana BOS, itu kena pajak atau tidak? Jika kena Pajak, itu berapa persen potongannya, Om? Terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Frits Tobias Umbu Amah
Mei 24, 2022 4:08 pm

jika dibawah PKTP maka tdk ada PPh terutang

Nia
Nia
Mei 23, 2022 7:36 am

Om boleh tanya
Untuk pelaporan PPh 22, apakah sebagai pembeli / importir wajib melaporkan spt masa PPh 22 atas sse yang didapat setelah disetor ke Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai pada saat setiap impor?.

Thanks Om

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Nia
Mei 23, 2022 10:51 am

dapat dilaporkan di SPT Tahunan sebagai kredit pajak

Nia
Nia
Reply to  Om Pimpa
Mei 24, 2022 2:40 am

Terima kasih Om, apakah pembeli harus laporkan sebagai spt masa PPh 22 juga di Unifikasi Ebupot?. atau hanya di SPT Tahunan saja?.

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Nia
Mei 24, 2022 4:09 pm

Tidak, lihat jawaban sebelumnya ya

Putri
Putri
Mei 23, 2022 4:53 am

Om mau tanya,

Kalau kita memberikan jasa ke perusahaan luar negeri dan akan menagihkan dalam USD, apakah di invoice akan kena PPN ? Kalau iya, bagaimana dengan faktur pajaknya ?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Putri
Mei 23, 2022 10:46 am

jika perusahaan PKP maka membuat faktur pajak, faktur pajak biasa dengan mata uang idr dan NPWP ditulis nol 000

taem
taem
Mei 23, 2022 2:04 am

halo om pimpa saya mau tanya . jika PT A pada bulan maret terjadi lebih bayar sebesar 10.5 juta . dan di bulan april PT. A tidak ada transaksi . apakah Lapor SPT pada bulan april terjadi lebih bayar dengan nominal 10.5 juta? atau menjadi nihil? saya masih kurang paham mengenai pajak

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  taem
Mei 23, 2022 10:46 am

ini SPT apa yg ditanyakan?

Herman
Herman
Mei 23, 2022 1:10 am

Om Mau Tanya,

Terkait unifikasi Ebupot, Kenapa ya saat download bupot selalu lampiran Zip/Rar padahal saya lapor terdapat ratusan Ebupot , Udah di coba berhari-hari masih aja Kosong , Untuk BPS dan Spt Induk bisa di download. Ini Program Maksa Banget,

Thanks Om

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Herman
Mei 23, 2022 10:50 am

Downloadnya dr menu bupot bukan yg di spt

Herman
Herman
Reply to  Om Pimpa
Mei 24, 2022 1:51 am

Apakah Harus satu persatu om, bukannya dapat dilakukan sekalgus seperti ebupot 23/26 sebelumnya

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Herman
Mei 24, 2022 4:08 pm

Kl yg skaligus download jd resiko error/trouble

Herman
Herman
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 1:15 am

Waduh Om, Saya memiliki ratusan bukpot , makin di update makin nyusahin WP aj ni sekarang, Bukannya mempermudah WP.
Makasih om penjelasannya.

Nadya Elvina Syahar
Nadya Elvina Syahar
Mei 22, 2022 1:38 pm

Om, untuk pengadaan atau pembelian Kolam Bioflok, maka dikenakan jenis pajak apa saja ya? Dan berapa persen besaran kenaan pajaknya? Terima kasih ~

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Nadya Elvina Syahar
Mei 23, 2022 10:51 am

tergantung detail transaksinya, misal itu subjeknya siapa yg brtransaksi

Nia
Nia
Mei 21, 2022 7:24 am

Om boleh tanya
Untuk Nomor Dokumen Pendukung di efaktur untuk kode 080 apa boleh dikosongkan (tidak diisi)?. jika harus di isi, maka diisi apa ya?.

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Nia
Mei 22, 2022 9:31 am

tidak harus selalu diisi, tergantung detil transaksinya

Anggi Meilinda
Anggi Meilinda
Mei 21, 2022 3:59 am

hallo om saya mau tanya pajak dlm bidang usaha jasa konstruksi.
misal A pihak perorangan yg bekerja sbg kontraktor kemudian bekerja sama dengan PT.B sbg badan jasa konstruksi . kemudian PT. B meminta pihak A untuk mengerjakan satu proyek dg nilai kontrak 10 jt belum termasuk PPN dalam jangka waktu pengerjaan selama 1 bulan . lalu PPH pasal brp yang akan dipungut oleh PT. ke pihak A & berapa persen yang akan dipungut oleh PT. B terhadap pihak A ?
mohon bantuannya om .
terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Anggi Meilinda
Mei 22, 2022 9:31 am

tergantung perjanjiannya si PT dengan individu A gmn, misalnya kl dijadikan pegawai ya akan jadi beda perlakuannya, tp kl secara umum akan dipotong pph konstruksi juga

Anggi Meilinda
Anggi Meilinda
Reply to  Om Pimpa
Mei 24, 2022 3:34 am

kesepakatan perusahaan dg individu itu bukan dijadikan pegawai melainkan dengan individu yg bekerjasama . apakah kalo seperti itu dipungut pajak pph pasal 4 ayat 2 om?
mohon penjelasannya kembali om terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Anggi Meilinda
Mei 24, 2022 4:09 pm

iya PT bsa memotong PPh 4(2) kontruksi kepada individu tersebut dengan tarif sesuai kualifikasi usahanya

Anggi Meilinda
Anggi Meilinda
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 4:22 am

baik terimakasih banyak atas responnya om pimpa

Ria
Ria
Mei 20, 2022 2:43 pm

Malam pak, saya mau tanya. Jika saya melakukan pelaporan PPh 23 tapi saya mau betulkan nomer atau tanggal di bukti potongnya saja, tapi karena pembetulannya sudah lewat dari masa lapor apakah kena denda juga padahal tidak terjadi kurang bayar hanya melakukan pembetulan di tanggal bukpot saja?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Ria
Mei 22, 2022 9:32 am

ini SPT Normalnya jadinya sudah lapor blm? jika sudah maka selanjutnya akan melakukan pelaporan SPT Pembetulan dan atas pembetulannya tidak ada sanksi

Sutri
Sutri
Mei 20, 2022 3:06 am

Om izin tanya, customer kami perusahan berikat dan upload faktur 070 tanpa sppb itu bakal ngaruh kedepannya engga ?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Sutri
Mei 21, 2022 3:05 am

Isian faktur kl gitu jadinya tidak lengkap

GRACE
GRACE
Mei 20, 2022 2:00 am

Om saya mau tanya Saat mau upload faktur pajak tgl 22 april tapi di riject , ket Karena melebihi batas waktu Sebagaimana di atur dalam PER-03/PJ/2022

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  GRACE
Mei 21, 2022 3:04 am

yaa pertanyaannya apa?

lina
lina
Mei 20, 2022 1:29 am

ijin tanya om,, terkait pelaporan pph 4 ayat 2 unifikasi jika tidak ada npwp dan ktp bagaimana cara lapornya,, krn saya saya di koperasi dan banyak anggota yang tidak memiliki npwp dan kebetulan memang tidak ada data ktpnya ,, terimksih

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  lina
Mei 21, 2022 3:04 am

terkait pelaporan SPT Unifikasi, wajib memiliki identitas minimal NIK

Riana
Riana
Mei 19, 2022 6:42 pm

Ijin tanya om..
PT. A kirim barang tgl 9 Mei 2022 dan sampai di PT. B tgl 10 Mei 2022.. untuk tgl faktur pajaknya apakah boleh ditulis tgl 10 Mei 2022, karena permintaan PT. B sesuai penerimaannya?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Riana
Mei 21, 2022 3:04 am

Bisa, sepanjang sebelumnya tdk trdapat pembayaran sebelum barang dikirim

Vero
Vero
Mei 19, 2022 11:23 am

Halo min, mau tnya. Jika pph 21 bulan januari sdh bayar dan sudah lapor, kemudian di awal mei diketahui ada kesalahan dan ternyata lebuh bayar ke negara. Apakah masih bsa di jadikan kompensasi? Atau lebih bayar tsb menjadi hangus?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Vero
Mei 21, 2022 3:03 am

untuk SPT pph 21 apakah sudah dilakukan pembetulan?

monika
monika
Mei 19, 2022 10:54 am

halo om pimpa saya mau bertanya PT Sritek mempunyai pph terutang tahun 2016 sebanyak Rp.24.000.000. sedangkan pajak yang sudah terbayarkan(pph pasal 21 Rp.3.000.000 pph pasal 22 rp. 2.000.000 pph pasal 23 rp.2.500.000 pph pasal 24 1.500.000). pph 25 perbulan untuk tahun pajak 2017 berapa ya??

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  monika
Mei 21, 2022 3:03 am

Selamat mengerjakan soal yaaa

Nata
Nata
Mei 19, 2022 10:47 am

Om mau tnya saya salah input sppb ke efaktur pas saya buat fp pengganti sudah tidak dapat diubah apakah ada solusi?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Nata
Mei 20, 2022 10:58 am

batalkan fakturnya dan buat faktur baru yg isiannya benar

purba
purba
Mei 19, 2022 9:09 am

halo om Pimpa, saya mau bertanya tentang pengisian tanggal di bukti potong PPH 23.
Cth kasus : Jika kita memberikan insentif penjualan atas masa Desember, dan bukti potong PPh 23 baru dibuat di Mei, karena pembayarannya baru dilakukan di bulan Mei. Apakah tanggal bukti potong bisa dibuat di bulan Mei sesuai dengan tanggal pembayaran?
Mohon tanggapannya Om,trims 🙂

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  purba
Mei 19, 2022 10:02 am

Sesuai tanggal pmbayaran

Sucipto
Sucipto
Mei 19, 2022 8:41 am

Izin bertanya om, saya ada KPR 15 tahun dari September 2020, apakah wajib PPS?atau pembetulan saja? suratnya masih PPJB, belum AJB, dan masih sertifikat induk

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Sucipto
Mei 19, 2022 10:01 am

bisa pilih salah satu dari kedua opsi tersebut

Sucipto
Sucipto
Mei 19, 2022 8:29 am

Mau tanya jika saya ada KPR 15 THN dari sept 20, status masih PPJB , sertifikat belum di pecah developer apakah harus ikut PPS atau pbetulan saja

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  Sucipto
Mei 19, 2022 10:01 am

bisa pilih salah satu dari kedua opsi tersebut

caca
caca
Mei 19, 2022 2:13 am

halo selamat siang. saya mau nanya mengenai bupot unifikasi. Kalo misalkan bupot tidak ada npwp dan tidak memberikan ktp bagaimana ya? kan kalo dulu masih bisa ya diakalin gitu niknya. nah skrg direct ke dukcapil gitu. jadinya akalu gini kan misal yang harusnya dilapor 100 jadi cuma 90 karna gaada npwp dan nik tersebut, apakah ada cara lain? terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  caca
Mei 19, 2022 10:01 am

harus ada identitas lawan transaksi

lina
lina
Reply to  Om Pimpa
Mei 20, 2022 1:30 am

berarti yang di laporkan jadi ndak sama dengan yang telah di setor om?

Om Pimpa
Om Pimpa(@om-pimpa)
Editor
Reply to  lina
Mei 21, 2022 3:06 am

Tetap harus melengkapi data identitas semua

1 61 62 63