Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
10.1K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Om icron
Om icron
Agustus 15, 2022 6:11 am

Siang Om,

kalau invoice dengan nilai 5.000.000 atau lebih
wajib pakai meterai 10.000 ya?

Cek/biliet giro juga?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Agustus 16, 2022 2:29 am

untuk invoice dengan nilai diatas 5 juta menggunakan tarif bea materai 10.000, begitupula dengan cek/bilyet giro

Mickey
Mickey
Agustus 15, 2022 4:09 am

Selamat siang pak. Saya bikin NPWP WP pribadi tahun 2015 waktu itu. Kondisinya lagi kerja tapi gaji dibawah UMR. 2.500rb kalau ga salah. Waktu itu tempat saya bekerja belum ada npwp juga. Jadi ga ada potongan dari kantor juga. Tahun 2016 bln februari saya setelah keluar kerja sudah mulai usaha baru, dan omsetnya dibawah 4.8M tapi kena pajak. Akan tetapi pada saat itu belum pernah lapor & bayar pajak dan lapor SPT sampai sekarang. Dan status terakhir sampai 2020 di NPWP itu non efektif. Sudah saya aktifkan lagi tanggal 8Agustus 2021 sampai hari ini dan belum bayar dan lapor SPT… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Mickey
Agustus 16, 2022 2:27 am

karena NPWP baru diaktifkan tanggal 8 Agustus 2021, maka dapat melapor SPT Tahunan Orang Pribadi 2021 dan melaporkan harta yang dimiliki pada SPT Tahunan

Pupung
Pupung
Agustus 15, 2022 3:24 am

pagi om, mau nanya. untuk format surat permohonan perubahan status SPPB seperti apa ya?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Pupung
Agustus 16, 2022 2:27 am

silakan cek pada lampiran Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-26/BC/2016

rahmwati
rahmwati
Agustus 15, 2022 2:11 am

Pagi om mau tanya, kalau perusahaan transaksi dengan op (terkait pemberian jasa) pengenaan pajak nya ke pph 21 wapu, atau pph 23?

kalo dari UU No.36 tahun 2008 pasal 23 1(a) hanya tertera tidak ber NPWP dikenakan 100% lebih tinggi. jadi mau OP mau badan asal punya NPWP 2% rekan.

rahmwati
rahmwati
Reply to  rahmwati
Agustus 15, 2022 2:29 am

Jasa nya terkait jasa pemeliharaan inventaris,

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmwati
Agustus 16, 2022 2:26 am

jika bertransaksi dengan OP, maka terutang PPh 21

Venika
Venika
Agustus 15, 2022 2:09 am

Halo om, mau tanya nih. di format impor bukti potong unifikasi pph 23 kan ada bagian nomor telp. boleh gak kalau dikosongin dengan dikasih tanda “-” atau angka “0”?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Venika
Agustus 16, 2022 2:25 am

diisikan dengan angka 0

Mickey
Mickey
Agustus 15, 2022 1:18 am

Selamat pagi pak. Perkenalkan nama saya Mikky. Saya bikin NPWP WP pribadi tahun 2015 waktu itu. Kondisinya lagi kerja tapi gaji dibawah UMR. 2.500rb kalau ga salah. Waktu itu tempat saya bekerja belum ada npwp juga. Jadi ga ada potongan dari kantor juga. Tahun 2016 bln februari saya setelah keluar kerja sudah mulai usaha baru, dan omsetnya dibawah 4.8M tapi kena pajak. Akan tetapi pada saat itu belum pernah lapor & bayar pajak dan lapor SPT sampai sekarang. Dan status terakhir sampai 2020 di NPWP itu non efektif. Sudah saya aktifkan lagi tanggal 8Agustus 2021 sampai hari ini dan belum… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Mickey
Agustus 16, 2022 2:28 am

sebelumnya apakah sudah memiliki akun DJP Online? Jika belum silakan melakukan registrasi pada DJP Online terlebih dahulu. Sebelum melakukan registrasi pastikan sudah mengajukan EFIN ke KPP terdaftar. jika sudah, maka dapat melakukan pelaporan SPT menggunakan formulir 1770 (e-form) karena pekerjaan anda sebagai wiraswasta

Mickey
Mickey
Reply to  Om Pimpa
Agustus 16, 2022 3:01 am

Apakah ada sanksi jika laporannya tahun 2021 tapi sudah ada sebagian harta dari hasil omset penjualan pada saat non efektif itu?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Mickey
Agustus 16, 2022 10:59 am

penghasilan seharusnya dilaporkan berdasarkan tahun penghasilan tersebut diterima, ada sanksi telat setor dan telat lapor.

Mickey
Mickey
Reply to  Om Pimpa
Agustus 16, 2022 11:04 am

Jadi langkah baiknya saya laporin yang pada saat NE itu juga 2017-2021?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Mickey
Agustus 17, 2022 10:07 am

saat NPWP berstatus NE maka WP tidak memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan, WP dapat melakukan kewajiban perpajakannya jika status NPWP efektif

Ben
Ben
Agustus 14, 2022 10:47 pm

Halo om Pimpa. Apakah bisa membuat bukti potong PPh 21 sedangkan setorannya sudah dibayar sebelum bukti potongnya dibuat?

Sebenarnya bagaimana urutannya ya om? Karna saya masih baru di dunia perpajakan. Terimakasih sebelumnya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Ben
Agustus 16, 2022 2:23 am

sebelum lapor SPT Masa PPh 21, langkah pertama adalah dengan melakukan entry bukti potong (penghasilan untuk karyawan tetap dan tidak tetap), kemudian mengisi tanggal SPT pada bagian Induk. jika ada PPh 21 Kurang Bayar, maka Kurang Bayar tersebut disetorkan terlebih dahulu

cikcik
cikcik
Agustus 14, 2022 11:24 am

PT. ASecure merupakan perusahaan penyedia tenaga kerja untuk keamanan (satpam). PT. ASecure mendapat kontrak penyediaan tenaga kerja satpam sebanyak 20 orang dari PT. DWcana. Tenaga kerja satpam tersebut merupakan pegawai tetap di PT. ASecure. Dalam Kontrak disepakati bahwa pembayaran atas penyerahan jasa oleh PT. ASecure dengan rincian tagihan berupa gaji untuk 20 orang satpam per bulan sebesar Rp. 40.000.000 dan imbalan atas jasa penyediaan satpam per bulan sebesar Rp. 4.000.000 (Ada bukti pendukung, seperti daftar pembayaran gaji dan kontrak kerja atas rincian tagihan di atas dan juga menyertakan NPWP). Berapa PPh Pasal 21 yang terutang? a. Rp. 880.000 b. Rp.… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  cikcik
Agustus 16, 2022 2:22 am

semangat mengerjakan soal yaa

Erlyn
Erlyn
Agustus 14, 2022 8:16 am

Sore om.. Ijin bertanya, metode apa yang dpt digunakan utk menyusutkan aset dalam pajak lebih lambat dari penyusutan scr akuntansi? Terimakasih..

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Erlyn
Agustus 15, 2022 2:38 am

metode penyusutan yang diakui secara pajak adalah metode penyusutan dengan garis lurus dan saldo menurun, jd ya trgantung akuntansinya mau pilih yg metode apa dulu nih

shane
shane
Agustus 12, 2022 8:14 am

halo om pimpa..
apakah bisa membuat pajak keluaran masa januari-juni 2022 kalau sama sekali belum upload atau lapor ppn masa januari-juni 2022? apakah pajak di bbulan tersebut juga bisa dikreditkan? mohon sarannya
terima kasih om pimpa

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  shane
Agustus 13, 2022 1:03 pm

tidak bisa membuat faktur pajak keluaran dibulan tersebut (jan-jun), untuk faktur pajak masukkan dapat dikreditkan paling lama 3 masa pajak setelah berakhirnya masa pajak saat faktur pajak dibuat.

shane
shane
Agustus 12, 2022 7:51 am

halo selamat siang,
saya mau tanya, misalkan wajib pajak badan belum lapor ppn dari januari 2022 sampai juli 2022, apakah bisa membuat faktur pajak keluaran dibulan januari-juni? dan apakah pajak masukan januari – juli masih bisa dikreditkan?
kalau tidak bisa bagaimana solusinya?
terima kasih

Last edited 1 month ago by shane
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  shane
Agustus 13, 2022 1:03 pm

tidak bisa membuat faktur pajak keluaran dibulan tersebut (jan-jun), untuk faktur pajak masukkan dapat dikreditkan paling lama 3 masa pajak setelah berakhirnya masa pajak saat faktur pajak dibuat.

Shane
Shane
Reply to  Om Pimpa
Agustus 13, 2022 9:40 pm

Jadi misalkan ada pajak masukan dibulan januari apakah tetap harus diupload/lapor ketika akan lapor ppn masa januari? sedangkan sekarang sdh lebih dr 6 bulan

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Shane
Agustus 15, 2022 2:38 am

faktur pajak masukan masih dapat dikreditkan untuk pelaporan SPT PPN Masa Januari. masa januarinya lakukan pmbetulan

joe
joe
Agustus 12, 2022 4:30 am

Assalamualaikum, perusahaan saya untuk tahun ini mengalami penuruna omzet sd 70% , jadi omzet hanya 30% dr tahun lalu. sehingga akan ada kelebihan bayar angsuran pph 25, gimana solusinya biar tidak restitusi dan diperiksa? tmks.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  joe
Agustus 13, 2022 1:03 pm

Ajukan permohonan pengurangan pph 25 ke kpp

joe
joe
Reply to  Om Pimpa
Agustus 15, 2022 6:28 am

seberapa besar potensi di setujui om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  joe
Agustus 16, 2022 2:29 am

Kl om yg ngajuin ya bs jd disetujui, semua itu akan kasuistis, sama aja dengan tanya apakah tahun ini akan banjir? Ya banyak hal yg akan berpengaruh sblm bs disimpulkan jawabannya

devi
devi
Agustus 12, 2022 4:03 am

haloo om, Saya mau tanya , di bulan juni 2022 kemaren saya ada pembetulan faktur pajak untuk faktur bulan mei 2022, tapi karena belum tanggal 15 saya menggunakan tanggal faktur pajak normal .. dan bisa terupload .. apakah tidak masalah ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  devi
Agustus 13, 2022 1:03 pm

Pmbetulan faktur kok pake faktur pajak normal?

devi
devi
Agustus 12, 2022 4:02 am

saya mau tanya dan minta tolong responya , contoh : pt.A kirim barang ke pt.B tgl 2 agustus, karena pt.B kawasan berikat untuk pembuatan BC40 berdasarkan invoice .. invoice dan surat jalan tgl 2 agustus , sedangkan barang dtang di pt.B tanggal 3 agustus karena jarak yg jauh .. dan faktur pajak harus sesuai tanggal bc 3 agustus karena harus memasukan no sppb..

Apakah pt.A menerbitkan faktur pajak terlambat karna pt A mengikuti tgl bc 40 di tgl 3 agustus .. sedangkan invoice dan surat jalan tgl 2 agustus ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  devi
Agustus 13, 2022 1:02 pm

Tidak masalah

Devi
Devi
Reply to  Om Pimpa
Agustus 15, 2022 1:39 am

Jadi tidak masalah ya om invoice, surat jalan dan faktur pajak beda tanggal

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Devi
Agustus 16, 2022 2:24 am

iya tidak masalah

Devi
Devi
Agustus 11, 2022 9:12 pm

Hai om saya mau tanya dan minta tolong responya , contoh : pt.A kirim barang ke pt.B tgl 2 agustus, karena pt.B kawasan berikat untuk pembuatan BC40 berdasarkan invoice .. invoice dan surat jalan tgl 2 agustus , sedangkan barang dtang di pt.B tanggal 3 agustus karena jarak yg jauh .. dan faktur pajak harus sesuai tanggal bc 3 agustus karena harus memasukan no sppb..

Apakah pt.A menerbitkan faktur pajak terlambat karna pt A mengikuti tgl bc 40 di tgl 3 agustus .. sedangkan invoice dan surat jalan tgl 2 agustus ?

Mohon pencerahanya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Devi
Agustus 13, 2022 1:02 pm

Tidak masalah

Devi
Devi
Agustus 11, 2022 8:21 pm

Saya mau tanya , di bulan juni 2022 kemaren saya ada pembetulan faktur pajak untuk faktur bulan mei 2022, tapi karena belum tanggal 15 saya menggunakan tanggal faktur pajak normal .. dan bisa terupload .. apakah tidak masalah ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Devi
Agustus 13, 2022 1:02 pm

Pmbetulan faktur kok pake faktur pajak normal?

Devi
Devi
Reply to  Om Pimpa
Agustus 15, 2022 1:36 am

Karna costumer minta disesuaikan dengan tanggal faktur pajak normal .. apakah ini akan kena sanksi

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Devi
Agustus 16, 2022 2:24 am

tidak ada sanksi

cecilia
cecilia
Agustus 11, 2022 5:53 am

Assalamualaikum ompimpa..
saya mau bertanya, perusahaan saya sebagai vendor, kami mengeluarkan FP kepada klien dengan kode 030… tetapi klien kami menyetorkan PPN itu kepada kami, yang seharusnya mereka sendiri yang menyetorkan pajak tersebut. Bagaimana solusinya ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  cecilia
Agustus 11, 2022 11:00 am

ya tinggal disetorkan saja PPNnya

Merry
Merry
Agustus 11, 2022 2:03 am

pagi om, apabila terjadi kesalahan pembayaran pada pph 4 ayat 2 dengan menggunakan jasa konstruksi sehingga mengakibatkan kesalahan kekurangan bayar itu gimana? apa saya harus menghapus terlebih dahulu atau tinggal mengubahnya? tetapi cara melakukan pembayaran ulang nya gimana?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Merry
Agustus 11, 2022 11:00 am

melakukan pembayaran atas kekurangannya

merry
merry
Reply to  Om Pimpa
Agustus 15, 2022 3:22 am

Baik Om, Makasih info ny

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  merry
Agustus 15, 2022 10:35 am

sama-sama

Merry
Merry
Agustus 11, 2022 1:42 am

Pagi om, mau tanya apabila saya salah dalam pembayaran pajak pph 4(2), sehingga mengakibatkan kurang bayar, itu gimana?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Merry
Agustus 11, 2022 11:00 am

membuat billing tambahan, mksdnya kurang bayar itu bukan keterangan di BPE kan?

merry
merry
Reply to  Om Pimpa
Agustus 15, 2022 1:10 am

iya bukan om, kalau untuk lampiran bukti potong nya tinggal kita edit saja kah om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  merry
Agustus 16, 2022 2:24 am

iya benar, disesuaikan dengan nominal yang sebenarnya

Fahrur
Fahrur
Agustus 10, 2022 9:27 pm

Halo om mau cerita+ mau nanya hehe

Ayah saya punya tanah lumayan luas terus ayah saya bikin rumah di tanah paling ujung, terus kan dulu ada sungai kecil sekarang sungainya melebar bahkan memakan tanahnya ayah saya tetapi pajaknya dan ukurannya tetap ayah saya yang bayarin.
nah pertanyaannya begini om apa pajaknya bisa di bebaskan dan apakan bisa pengajuan ke negara untuk membangunkan tameng agar sungainya tidak melebar 😥

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Fahrur
Agustus 11, 2022 10:59 am

silahkan tanyakan kepada pemerintah daerah terkait. kl tentang PBB ga dibahas disini

Rose
Rose
Agustus 10, 2022 2:24 pm

Om mau nanya, apakah pajak yg masyarakat berikan direalisasikan untuk kemajuan teknologi, seperti akses belajar mudah, akses komunikasi dikembangkan hingga semakin mudah dan cepat, mudahnya mengakses informasi, dan melakukan transaksi semakin mudah

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rose
Agustus 11, 2022 10:59 am

bisa jadi

Supriyadi
Supriyadi
Agustus 10, 2022 1:11 pm

Hallo om,
Mau tanya mengenai pembuatan faktur pajak. Berikut ini ilustrasinya :
Pengiriman barang tgl 29 Juli 2022, pembuatan invoice dan faktur pajak di bulan agustus 2022.
Apakah bisa tgl di fakturnya dibuat tgl 29 Juli 2022 ?

Terima kasih om atas jawabannya.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Supriyadi
Agustus 11, 2022 10:49 am

ya bisa aja tanggal faktur pajak sama dengan tanggal surat jalan/pengiriman

Ratih
Ratih
Agustus 10, 2022 9:43 am

halo om , mau tanya mengenai eror pada aplikasi efaktur tidak dapat melakukan backup java.io.IOException:Data eror(cyclic redundancy check ) itu kenapa yaa , dan bagaimana solusinya , terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Ratih
Agustus 10, 2022 10:38 am

silahkan cek kembali device yang digunakan untuk menyimpan file tersebut

ady
ady
Agustus 10, 2022 9:06 am

sore, jika beli rumah tunai pakai pinjaman dari kantor bukan lewat Bank. bagaimana saya lapor spt tahunan? karena uang tunai saya tidak cukup di spt.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  ady
Agustus 10, 2022 10:38 am

melaporkan harta dan utang kepada perusahaan

Venika
Venika
Agustus 9, 2022 9:31 am

Halo om, mau bertanya mengenai NIK dan NPWP nih. Kita sebagai PKP Penjual artinya harus menanyai PKP Pembeli kita satu persatu dong yaa apakah mereka sudah mengubah NPWP mereka menjadi NIK atau belum, karena pembuatan faktur pajak harus sesuai dengan identitas mereka yang terbaru kan ya Om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Venika
Agustus 10, 2022 4:26 am

pembuatan faktur pajak masih menggunakan NPWP

maudy
maudy
Agustus 9, 2022 6:43 am

halo om
mau tanya kalau untuk isi data di aplikasi pph 21 yg bagian tidak final
misalnya dia tidak punya NPWP kan bisa memakai NIK KTP nya
tetapi kalau misalnya dua2nya tidak ada hanya 00000 di aplikasi untuk di npwp dan KTP itu tidak apa2 om ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Agustus 10, 2022 4:26 am

Harus ada nik

maudy
maudy
Reply to  Om Pimpa
Agustus 10, 2022 6:23 am

terima kasih om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Agustus 10, 2022 10:37 am

sama-sama

Abri
Abri
Agustus 9, 2022 6:02 am

Om, kalo revisi alamat faktur pajak yang sudah dilaporkan dan dibayar di bulan Mei 2022 apakah bisa dilakukan di bulan Agustus 2022 ini?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Abri
Agustus 10, 2022 4:26 am

bisa, untuk SPT PPN yang sudah dilaporkan dapat dilakukan pembetulan dan sepanjang belum ada SP2 (Pemeriksaan)

Nurthi Prasetyawati
Nurthi Prasetyawati
Agustus 9, 2022 4:08 am

siang om, nanya dong kenapa import data ke efaktur riject terus ya kode 20001 padahal npwp sudah 15 digit tapi efaktur ngebaca nya 9 digit, mohon pencerahannya, thanks

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nurthi Prasetyawati
Agustus 10, 2022 4:24 am

silakan dicek kembali penulisan NPWP, penulisan NPWP tidak memakai tanda baca dan cek jg format cell nya

Herman
Herman
Agustus 9, 2022 3:38 am

Selamat Pagi Om,

Saya ingin bertanya tentang pembuatan Faktur Pajak atas Aktiva

contoh : Penjualan 1 Unit Mobil , Apakah menggunakan Kode Faktur 010. atau 090

Terima kasih Om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Agustus 10, 2022 4:24 am

Usahanya jualan mobil bukan?

herman
herman
Reply to  Om Pimpa
Agustus 10, 2022 4:27 am

bukan om,, klu perkebunan dan pengolahan minyak sawit

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  herman
Agustus 10, 2022 10:37 am

090 atas pengalihan aktiva

alif
alif
Agustus 9, 2022 3:30 am

Pagi kak.aku mau tanya. Aku menjual produk ke salah satu agency untuk sebuah event. Kemudian ketika jatuh tempo pembayaran, mereka minta diinfokan NPWP nama penerima pembayaran (Perorangan). Apakah betul pembayaran tersebut akan dipotong pajak? Mohon info. Terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  alif
Agustus 10, 2022 4:23 am

detail transaksinya seperti apa yaa? apakah produk yang dimaksud berupa jasa atau barang?

alif
alif
Reply to  Om Pimpa
Agustus 10, 2022 5:01 am

berupa produk makanan om. jadi brand ku partisipasi di sebuah event. dan dari pihak agency (EO) memesan produk dr brandku. nominal transaksi diatas 10 juta. ketika invoice ingin dibayarkan, pihak agency meminta informasi npwp penerima pembayaran atas nama perorangan.

alif
alif
Reply to  Om Pimpa
Agustus 10, 2022 6:09 am

produk nya makanan. brand kami support di sebuah event. pihak agency (EO) memesan sejumlah produk ke kami. sebelum memproses invoic, mereka meminta diinfokan npwp penerima pembayaran untuk pemotongan pajak.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  alif
Agustus 10, 2022 10:38 am

Silahkan ditanyakan pemotongan pajak jenis apa yang dimaksud?
jika atas jasa bisa dipotong pph 21 untuk orang pribadi

vin
vin
Agustus 8, 2022 2:42 am

Pagi Om mau tanya Om mengenai PPh 4(2) dengan kode pajak 28-423-01 yang menggunakan tarif 0,5 % (pp 23) setelah unifikasi yang harus membuat kode biling dan melaporkan apakah pihak PT sebagai penyewa jasa atau pihak yang disewa?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  vin
Agustus 9, 2022 2:28 am

Penyewa

Zah
Zah
Agustus 7, 2022 7:10 am

Halo om, mau tanya. Jika bendahara pemerintah melakukan transaksi misal pembelian ATK kepada non PKP. Untuk perlakuan pajaknya bagaimana ya? Apakah hanya memungut pph 22 saja atau bagaimana? Terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Zah
Agustus 7, 2022 9:12 am

iya, batas pph 22 yang dipunggut jika harga barang melebihi 2jt

Dona
Dona
Agustus 6, 2022 7:26 am

Halo om, mau tanya. Kalo pekerja lepas terima upah setiap bulan hanya 300rb tapi berkesinambungan. Apakah wajib dipotong pph 21?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Dona
Agustus 6, 2022 8:52 am

ya, pemberi kerja wajib memotong PPh 21 atas fee yang sudah diberikan

vitha
vitha
Agustus 6, 2022 1:44 am

pagi om, saya mau tanya terkait aplikasi e-faktur. pada saat saya akan upload FP masukan di prepopulated data pas di get data loading lama dan muncul “etax-10004 data tidak ditemukan java.lang.NullPointerException” itu kenapa yaaa? mohon dibantu ya om, terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  vitha
Agustus 6, 2022 8:51 am

silakan coba diupload kembali, kemungkinan ada gangguan server untuk efaktur nya

andy
andy
Agustus 5, 2022 10:10 am

Om, saya mau bertanya. Apakah piutang pemegang saham dikenakan bunga ?

Jika dikenakan bunga, mohon share peraturan pajak,thanks

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  andy
Agustus 5, 2022 10:43 am

bisa ya ataupun tidak

andy
andy
Reply to  Om Pimpa
Agustus 6, 2022 2:00 am

Om, kenapa bisa dan kenapa tidak ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  andy
Agustus 6, 2022 8:52 am

ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, dapat dicek pada PP 94 Tahun 2010 Pasal 12 ayat 1

ichsanudin
ichsanudin
Agustus 5, 2022 9:05 am

Sore,..
Untuk Faktur Pajak Gabungan, apakah diperbolehkan menerbitkan lebih dari satu faktur pajak untuk satu NPWP di satu satu masa, namun berbeda-beda alamat sesuai NPWP cabang

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  ichsanudin
Agustus 5, 2022 10:43 am

ga bsa

ichsanudin
ichsanudin
Reply to  Om Pimpa
Agustus 8, 2022 2:09 am

Apa yg sebaiknya dilakukan, bila ada pembeli berbeda beda alamat cabang, namun NPWP terpusat?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  ichsanudin
Agustus 9, 2022 2:28 am

menggunakan alamat NPWP pusat

Surya
Surya
Agustus 5, 2022 3:40 am

Mau nanya om, untuk seorang freelancer, bayar pajak nya bulanan apa tahunan?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Surya
Agustus 5, 2022 10:43 am

bisa keduanya tergantung kondisi, contoh bayar pajak bulanan atas angsuran PPh 25

Leo
Leo
Agustus 5, 2022 3:31 am

Siang Om, mau nanya terkait faktur pajak 07. Kami ada menerbitkan 2 buah Faktur pajak A&B untuk perusahaan yang sama. Faktur pajak A telah kami submit sebulan lalu, tapi kami baru sadar salah input nomor sppb nya dimana nomor sppb nya yang diinput seharusnya untuk FP B. Beberapa hari kemudian, kami ingin menerbitkan FP B namun nomor SPPB nya tidak bisa dipakai lagi berhubung muncul pesan error nomor sppb sudah digunakan. Kira kira bagaimana solusinya ya? Apakah bisa kami buat FP pengganti untuk FP A tersebut dengan mengubah nomor sppb nya?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Leo
Agustus 5, 2022 10:42 am

membuat faktur pengganti sesuai dengan SPPB yang sebenarnya

Navisha
Navisha
Agustus 5, 2022 2:29 am

Om, pembuatan faktur pajak dg NIK (tdk punya NPWP) diperbolehkan, dari sisi pembelinya dia dpt faktur pajak masukan. Cara dia melaporkannya gimana om? Apakah dia kena pajak

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Navisha
Agustus 5, 2022 10:27 am

dia ini siapa? apakah PKP?

Navisha
Navisha
Reply to  Om Pimpa
Agustus 5, 2022 2:30 pm

Tidak PKP

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Navisha
Agustus 6, 2022 8:51 am

jika bukan PKP maka tidak berkewajiban untuk menyetor dan melaporkan SPT PPN Masa

Syaefudin
Syaefudin
Agustus 4, 2022 9:05 am

Halo Om, Selamat sore
Jika ada tenant yang sudah membayar booking fee, sudah melakukan cicilan yg kesekian kalinya, tapi ditengah cicilan, tenant tersebut melakukan pembatalan atas unit apartmen yang sudah dia cicil selama ini. Bagaimana perlakuan atas pajak yang sudah tenant bayarkan ?
a. Apakah saya sebagai developer harus membatalkan FP yang sudah di buat ?
b. apakah Pajak seperti PPhTB, PPN dll harus saya PBK, atau saya batalkan juga atau bagaimana ?

Note : Unit apartmen masih atas nama developer. Unit apartmen akan menjadi atas nama pembeli saat pembayarannya lunas.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Syaefudin
Agustus 4, 2022 11:15 am

a dan b, iya

Syaefudin
Syaefudin
Reply to  Om Pimpa
Agustus 5, 2022 2:34 am

Apakah untuk cicilan yang sudah dibayarkan, tidak bisa kita akui pendapatannya sebagai pendapatan lain2.
Bagaimana jika misalnya faktur pajak tersebut sudah lewat diatas 3 tahun ? Jika seperti itu bukannya akan mempengaruhi SPT 1771 yang sudah di lapor.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Syaefudin
Agustus 5, 2022 10:42 am

melakukan pembetulan SPT Tahunan

Husni
Husni
Agustus 4, 2022 9:04 am

Om mau tanya.
jika istri sudah bikin npwp sendiri dikarenakan ingin pisah harta untuk pelaporan spt tahunan pribadi nya gimana ya om, atau apakah perlu pengajuan terlebih dahulu, atau ada aturan nya

Terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Husni
Agustus 4, 2022 11:15 am

tidak ada, namun berkewajiban melaporkan SPT PH/MT jadi akan ada spt suami dan spt istri

mput
mput
Agustus 4, 2022 8:39 am

Sore om, mau tanya dong.. BUMN mengeluarkan PO untuk CV saya diatas 10jt, tapi pengiriman barangnya parsial sehingga kalau membuat tagihan sesuai kirim barang maka nominal faktur pajaknya dibawah 10jt. Lalu saya harus membuat faktur pajak dengan kode 010 atau 030 ya om ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  mput
Agustus 4, 2022 11:14 am

jika diatas 10jt maka 030

mput
mput
Reply to  Om Pimpa
Agustus 5, 2022 2:25 am

meskipun nominal faktur pajaknya menjadi dibawah 10jt tetap 030 yaa om ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  mput
Agustus 5, 2022 10:21 am

jika dibawah 10jt maka 010

mput
mput
Reply to  Om Pimpa
Agustus 9, 2022 3:33 am

Jadi patokannya nominal faktur pajaknya ya om ? bukan nominal di PO ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  mput
Agustus 10, 2022 4:23 am

Seluruh transaksi bukan yg dipecah2

Akram
Akram
Agustus 4, 2022 5:00 am

Siang Om Pimpa, mau tanya
Apakah kelebihan pembayaran pajak bisa restitusi?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Akram
Agustus 4, 2022 11:14 am

ya bisa aja, pajak jenis apa yang ditanyakan?

evi
evi
Agustus 4, 2022 2:19 am

halo saya mau tanya,
kami perusahaan jasa pembuatan website dan perangkat lunak, kami sudah buat faktur pajak ppn 11% apakah kami dikenaka pajak pph 23 lagi?
mohon bantu info ya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  evi
Agustus 4, 2022 11:13 am

PPN dan PPh merupakan jenis pajak yang berbeda, PPh 23 dipotong oleh lawan transaksi

Nafiz
Nafiz
Agustus 4, 2022 12:46 am

Izin tanya Pak, STP denda telat lapor SPT tahunan wp op sudah lewat tgl jatuh tempo pembayaran.. apa yg harus dilakukan Pak?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nafiz
Agustus 4, 2022 11:13 am

membuat kode billing lagi sesuai dengan nomor STP

Nafiz
Nafiz
Reply to  Om Pimpa
Agustus 5, 2022 4:00 am

terkait hal tsb tidak perlu menunggu surat paksa ya om.. dikarenakan jatuh tempo yg ada trtera disurat STP nya sdh lewat..

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nafiz
Agustus 5, 2022 10:43 am

ya

diri
diri
Agustus 3, 2022 9:58 am

om mau tanya,
untuk penerbitan faktur pajak keluaran , apakah npwp lawan transaksi(npwp badan ) diisi dengan 16 angka atau tetap 15 angka seperti biasa ?
makasih om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  diri
Agustus 3, 2022 11:16 am

masih 15

dian
dian
Agustus 3, 2022 7:43 am

om pimpa, mau tanya kalau surat pencabutan PKP hilang bagaimana ya? , dan klo perusahaan di likuidasi yang akan di periksa tahun berapa saja?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  dian
Agustus 3, 2022 11:16 am

silahkan tanyakan kepada KPP terdaftar

Bintang
Bintang
Agustus 3, 2022 7:33 am

Jika ktp saya bandung tp plat motor bekasi bisa ga saya bayar pajak motor d bekasi dengan ktp bandung

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Bintang
Agustus 3, 2022 11:14 am

silahkan tanyakan pada daerah terkait, kami tdk membahas pajak daerah disin

Ni Made Widiyasmini
Ni Made Widiyasmini
Agustus 3, 2022 4:47 am

Hallo Om. Mau tanya. Suami saya rekanan sekolah sudah PKP. Pengadaan lewat Siplah Blibli. Sesuai aturan baru PMK 58 tentang pajak , PPN dan PPh 22 dipungut dan dilaporkan oleh pihak ketiga/marketplace/Blibli. Terus suami saya selaku penjual di marketplace, apakah perlu buat faktur pajak lagi?
Lalu bagaimana nanti cara lapor di web efaktur?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Ni Made Widiyasmini
Agustus 3, 2022 11:13 am

Status pkp atau bkn?

Ni Made Widiyasmini
Ni Made Widiyasmini
Reply to  Om Pimpa
Agustus 3, 2022 10:14 pm

Status suami saya PKP

Ni Made Widiyasmini
Ni Made Widiyasmini
Reply to  Ni Made Widiyasmini
Agustus 4, 2022 2:20 am

Info terakhir, Marketplace Siplah Blibli sudah PKP juga.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Ni Made Widiyasmini
Agustus 4, 2022 11:13 am

Dapat membuat faktur pajak atau melaporkan pajak digunggung

Veronika
Veronika
Reply to  Om Pimpa
Agustus 12, 2022 8:52 am

Kalau membuat faktur pajak ,, bukti setor pajaknya gmna pak ? Karna yg memungut dan menyetorkan pembayaran pajak dsni dari pihak marketplace nya .. mohon bantuan jawabannya pak .

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Veronika
Agustus 13, 2022 1:02 pm

Bisa dengan setor sendiri dan bukti setornya disimpan sendiri

Om icron
Om icron
Agustus 3, 2022 3:34 am

Selamat pagi om,

kalau saya Badan Usaha PKP mau jual pompa udara dan tabung oksigen ke SMK Negeri (Kop Surat nya kementerian pertanian – SMK Negeri),

DPP 11.795.000, PPN 1.297.450

  1. Kode faktur pajak yang dibuat 010 atau berapa Om?
  2. Apa saya perlu potong pph atau saya dipotong pph ? PPh pasal berapa?

Terima kasih om sebelumnya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Agustus 3, 2022 11:11 am

1. 030
2. Kl barang akan dipungut pph 22 dan kl ada jasa akan dipotong pph 23

Om Icron
Om Icron
Reply to  Om Pimpa
Agustus 3, 2022 2:15 pm

1. Barang om. Yang pungut sekolah negeri nya ya? Atau penyedia barang?

2.Lalu seandainya jasa, yang potong sekolah negeri nya?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Om Icron
Agustus 4, 2022 11:12 am

pihak yang membayar yang memotong PPh

10.1K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x