Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
10.8K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Apian
Apian
Agustus 3, 2022 1:27 am

Halo om pimpa
Mau tanya perhitungan Pph terutang jika PT menyewa kendaraan dengan biaya 10jt miliki pribadi

Om Pimpa
Editor
Reply to  Apian
Agustus 3, 2022 11:16 am

tarif 2% jika memilki NPWP atau 4% non NPWP

anisa
anisa
Agustus 2, 2022 8:44 am

halo om pimpa
ijin bertanya, bagaimana solusi nya jika database PPh 21 hilang dikarenakan pc saya burn out dan database tidak ter back up
terimakasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  anisa
Agustus 3, 2022 2:40 am

database yang sudah terhapus tidak dapat dikembalikan lagi

dian
dian
Agustus 2, 2022 2:28 am

halo om, ijin bertanya klo kita beli tanah dan sudah bayar booking fee/DP tapi ternyata tidak jadi beli apakah PPN yang sudah dibayarkan bisa kembali? Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  dian
Agustus 3, 2022 2:40 am

untuk mekanisme returnya sesuai dengan kesepakatan dengan pihak penjual

maudy
maudy
Agustus 2, 2022 2:18 am

haloo om pimpa.
mau nanyak kemaren waktu buat SPT Tahunan 2021 PPH 25 nya 18.019.323, trus karna dapat insentif dikalikan 50% jdi 9.009.661
ketika mau lapor insentifnya angka yg dimasukkan untuk buat lapor insentif itu angka 9.009.661 atau yg 18.019.323 yah om??
makasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Agustus 3, 2022 2:40 am

angka 9.009.661

maudy
maudy
Reply to  Om Pimpa
Agustus 3, 2022 3:50 am

trus ketika waktu lapor angka yg dimasukkan 9.009.661 trus muncul pengurangan angsurannya dikalikan lagi 50% om dari 9.009.661 menjadi 4.504.830 om
berarti angka pengurang angsurannya jdi 4.504.830 yah om ?
seperti itu yah om ?

WhatsApp Image 2022-08-03 at 10.48.21.jpeg
Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Agustus 3, 2022 11:12 am

PPh terutang nilai angsuran PPh 25 yang seharusnya (sebelum dikurangi insentif)

maudy
maudy
Reply to  Om Pimpa
Agustus 4, 2022 1:28 am

harusnya 18.019.323 yah om yg angka di PPH 25 SPT Tahunan 2021 ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Agustus 4, 2022 11:12 am

iya

maudy
maudy
Reply to  Om Pimpa
Agustus 4, 2022 12:09 pm

jdi kalau udah salah gtu gimana yah om
soalnya dari bulan 5 om sama bulan 6
angka yg dibuat 9 jt an itu om

Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Agustus 5, 2022 10:21 am

melakukan pembetulan realisasi

dian
dian
Agustus 2, 2022 2:17 am

Permisi ijin bertanya, jika kita beli tanah dan sudah bayar DP/Booking fee lalu batal beli mekanisnya returnnya bagaimana? padahal kita sudah bayar PPN dan apakah PPN yang sudah kita bayar bisa kembali?. Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  dian
Agustus 3, 2022 2:39 am

untuk mekanisme returnya sesuai dengan kesepakatan dengan pihak penjual

Aditya
Aditya
Agustus 1, 2022 3:54 pm

Mau Tanya Om, Kalau sebelumnya kita OP Usahawan yang menggunakan tarif Progresif lalu ingin memindahkan seluruh penghasilan tsb ke Badan Usaha PT (Agar pakai tarif badan) itu gimana ya om ?

Apakah lsng tidak perlu bayar progresif di OP-nya dan hanya bayar dengan tarif Badan PT-nya saja ? (Tanpa ada pemberitahuan ke Kantor Pajak dll)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aditya
Agustus 3, 2022 2:38 am

Tergantung yg dimaksud dengan “memindahkan” itu mau gmn?

Aditya
Aditya
Reply to  Om Pimpa
Agustus 3, 2022 3:56 am

Maksudnya adalah pemindahan penghasilan yang selama ini diterima OP akan menjadi penghasilan Badan Usaha om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aditya
Agustus 3, 2022 11:13 am

Konsep pemindahan penghasilan itu ya ga ada, siapa subjek yg brtransaksi yg menerima penghasilan harus sudah ditentukan dr awal

Prmta
Prmta
Agustus 1, 2022 8:58 am

Permisi om, mau tanya. Jika kita lupa memotong PPH 23, harus bagaimana ya? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prmta
Agustus 1, 2022 1:04 pm

Ya silahkan dilakukan pemotongan

A.N
A.N
Agustus 1, 2022 8:13 am

permisi mau tanya, apakah penyewaan gedung asrama haji (departemen agama) dikenakan pajak seperti sewa gedung pada umumnya (PPN+PPh final)?

Om Pimpa
Editor
Reply to  A.N
Agustus 1, 2022 1:04 pm

Cek lg apakah itu dikelola oleh pemerintah, atau lewat BLU, atau lewat apa? Semua bs aja akan beda prlakuannya, misal bs jg akan dikenakan PNBP

A.N
A.N
Reply to  Om Pimpa
Agustus 1, 2022 1:56 pm

Barusan dikonfirmasi dikelola oleh Kementerian Agama om, kalo begitu seperti apa ya perlakuan pajaknya? Kami bingung mau pungut/potongnya apakah seperti biasa aja?

Om Pimpa
Editor
Reply to  A.N
Agustus 3, 2022 2:35 am

Ada PPh final dan PNBP

A.N
A.N
Reply to  Om Pimpa
Agustus 3, 2022 2:46 am

Brarti PPNnya nggak ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  A.N
Agustus 3, 2022 11:10 am

tidak ada

Rama
Rama
Agustus 1, 2022 2:09 am

Om mau tanya, jika kita melakukan pembetulan SPT Tahunan lalu ada kurang bayar. Nah kurang bayarnya ini lebih besar dari pelaporan SPT Tahunan normal. Bagaimana perlakuannya? Apakah kita mengikuti PPh pasal 25 yang pembetulan atau yang pelaporan yang normal. Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rama
Agustus 1, 2022 1:04 pm

dapat menyetorkan kembali PPh Kurang Bayar yang belum disetor sebelumnya. PPh 25 mengikuti pembetulan

dhe
dhe
Juli 31, 2022 1:58 am

misi om, mau tanya. tetangga saya penjual sayur di pasar, mau buat npwp. Nah pada saat pembuatan npwp online, di sumber penghasilan termasuk jenis pekerjaan apa ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dhe
Juli 31, 2022 9:42 am

sesuai dengan pekerjaan yang sebenarnya

Henry
Henry
Juli 30, 2022 8:41 am

Selamat siang om

Saya mau bertanya, kenapa pada kontrak pembayaran beserta pph 23 biasanya angka tidak bulat ya? Contoh kontrak 30 juta jadinya 30.612.244. Saya kira pph 23 itu 2%?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Henry
Juli 30, 2022 9:39 am

nilai DPP untuk PPh 23 sudah di gross up

Henry
Henry
Reply to  Om Pimpa
Juli 30, 2022 12:35 pm

Cara hitungannya gimana ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Henry
Juli 31, 2022 9:42 am

30jt berarti sudah termasuk pemotongan PPh 23, cara mencari DPP 30jt nya dibagi 98%

vin
vin
Juli 29, 2022 9:13 am

sore Om,

Mau tanya apakah ada kewajiban jika faktur kode 070 untuk kawasan berikat jumlah barang nya sesuai dengan yang tertulis di SPPB BC 4.0

Om Pimpa
Editor
Reply to  vin
Juli 29, 2022 4:46 pm

iya BC 4.0 yang dibeli seharusnya sama dengan faktur yang akan dibuat penjual, silahkan baca lengkap mekanisme pada https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/ bagian implementasi BC 4.0 pada faktur pajak 070

Herman
Herman
Reply to  Om Pimpa
Agustus 9, 2022 4:15 am

Maaf Om Numpang Gabung,

Apakah menganut Sistem CIf ya jika seperti ini, Karna sebagai contoh untuk komiditi cair seperti CPO yang mana barang yang fluktuatif.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Agustus 10, 2022 4:25 am

Iya bisa dan memungkinkan adanya revisi2 ke depannya

herman
herman
Reply to  Om Pimpa
Agustus 11, 2022 9:22 am

Jika penyerahan nya di bulking bukan secara fob penjual gimana om,sedangkan tujuan nya ke Kaber. otomatis kan invoice mengikuti penyerahan di fob tapi untuk form b.c nya sesuai terima di kaber. untuk selisih itu nanti gimana om yng dipakai yang mana, selaku penjual pasti secara fob kan

Om Pimpa
Editor
Reply to  herman
Agustus 12, 2022 10:27 am

Pada praktisnya ikuti stndar penyerahan yg udah diatur oleh pajak dan BC, dokumen lain bs mengikuti

Chan
Chan
Juli 28, 2022 2:25 pm

Selamat malam Om, ijin bertanya, misalnya PT ABC sebagai pemotong PPh menyewa mobil ke CV Berkah, CV Berkah tidak mempunyai NPWP atas nama CV Berkah . Yang dilampirkan adalah NPWP pribadi pemiliknya. Apakah pengenaan Pph 23 sewa tarifnya 2 % karena melampirkan NPWP pribadi pemiliknya atau karena tidak ada NPWP atas nama CV Berkah dilampirkan eKTP pemiliknya dan kena 4%? Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chan
Juli 29, 2022 4:44 pm

terutang PPh 21 karena transaksinya dengan identitas orang pribadi. Ini CV Berkah mah tetangga rumah om nih, dia ga punya mobil yg disewakan tuh

purba
purba
Juli 28, 2022 9:04 am

Sore Om Pimpa,
Mau nanya Om, perusahaan kami sedang menggunakan jasa freight forwarding untuk pengiriman barang, dan dari pihak forwardingnya menerbitkan faktur pajak PPN. Atas PPN Masukan dari forwarder ini apakah bisa dikreditkan atau tidak ya Om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  purba
Juli 28, 2022 11:10 am

faktur pajak 050? bisa dikreditkan

purba
purba
Reply to  Om Pimpa
Juli 29, 2022 1:38 am

iya Om, kode faktur pajak 050 dan sudah kita kreditkan.
Lalu untuk PPH 23 nya bagimanya ya Om, yang membuat bukpot dan yang membayarkan PPH 23 adalah dari si forwarder nya kan Om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  purba
Juli 29, 2022 4:45 pm

yang membuat bukti potong adalah pihak yang membayar

Herman
Herman
Juli 28, 2022 8:50 am

siang om…kantor beli inventaris genset (BKP (?)) dikenakan PPN 11 %, apakah tarif ini bisa dikreditkan pajaknya.?.(kantor kami bank perkreditan rakyat)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Juli 28, 2022 11:10 am

bisa aja, jika PKP

Herman
Herman
Juli 28, 2022 7:21 am

siang om…mau tanya perihal pembelian bkp (genset) kantor beli genset kena ppn 11 % dibebankan kantor..apakah bisa jadi kredit pajak bagi kantor. kantor kami, bank perkreditan rakyat (tidak ada kewajiban lapor PPN)..terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Juli 28, 2022 11:09 am

jika tdk ada pelaporan PPN maka tdk dapat dikreditkan, namun bisa dibebankan pada laporan keuangan fiskal

Herman
Herman
Reply to  Om Pimpa
Juli 29, 2022 8:50 am

terima kasih om..atas pencerahannya..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Juli 29, 2022 10:15 am

sama-sama

Sifa
Sifa
Juli 28, 2022 7:08 am

Hai om mau tanya, perusahaanku membeli barang dari surabaya untuk dijual kembali. barang yang dibeli sudah ada faktur pajaknya. nah setiap pembelian barang itu kita mendapatkan bonus. bonusnya itu mau kita jual lagi tapi di faktur pembelian barang bonus itu tidak masuk. itu bagaimna? kita jual sesuai harga atau kita jual ke konsumen dengan memungut pajak dari konsumen tersebut? mohon pencerahannya om, terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sifa
Juli 28, 2022 11:09 am

tetap memungut PPN

Agus Antonyus
Agus Antonyus
Juli 28, 2022 5:24 am

Halo om… mau tanya apakah pekerja wajib membayar PPH 21 kalau bekerja belum genap 1 tahun? (gajinya di potong oleh perusahaan setiap bulan buat PPH 21 sy).

Kalau karyawan tidak diwajibkan membayar pajak sebelum 1 tahun, apakah pajak yang dipotong perusahaan bisa dikembalikan oleh perusahaan?

Mohon jawaban nya om karena sy berharap pengembalian uang PPH 21saya yg bs sy mamfaatkan buat keperluan hidup. Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Agus Antonyus
Juli 28, 2022 11:09 am

jika penghasilan diatas PTKP maka akan dipotong PPh 21, dipotong oleh pemberi kerja.

Agus Antonyus
Agus Antonyus
Reply to  Om Pimpa
Juli 29, 2022 12:17 am

Maaf om maksudnya penghasilan diatas PTKP ? walau belum 1 th serta perhitungannya seperti apa Om, tolong jelaskan om sy tak mengerti dan jawaban om akan menjadi pertanyaan sy ke pihak perusahaan,

Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Agus Antonyus
Juli 29, 2022 4:44 pm

penghasilan melebih PTKP (penghasilan tidak kena pajak) maka dipotong PPh 21 oleh pemberi kerja, untuk detail perhitungkan silahkan cek PER 16 PJ 2016

David Sitanggang
David Sitanggang
Juli 28, 2022 4:41 am

hai om mau tanya, untuk retur faktur pajak masukan apakah tanggal returannya harus sama dengan tanggal di faktur normalnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  David Sitanggang
Juli 28, 2022 11:08 am

Sesuai nota retur / tanggal retur tersebut

David Sitanggang
David Sitanggang
Reply to  Om Pimpa
Juli 29, 2022 6:48 am

kalo faktur normal nya di masa Juni udh lapor spt terus returannya di masa juli, spt ppn di masa juni perlu di lakukan pembetulan apa engga om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  David Sitanggang
Juli 29, 2022 4:45 pm

tidak perlu, retur itu ga brsangkut dengan masa pajak faktur yg diretur

David
David
Reply to  Om Pimpa
Agustus 1, 2022 3:13 am

oh berarti untuk pembetulan masa spt ppn sesuai masa di faktur returan nya ya om, bukan berdasar pada masa faktur normal nya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  David
Agustus 1, 2022 1:03 pm

iya, benar

Dino
Dino
Juli 27, 2022 12:51 pm

Halo om, kalo olshop yang daftarin cv kena pph final 0,5% sampai kapan ya om? bolehkah dipakai seterusnya selama omset tahunannya belum 4,8m? kalau gaboleh kenanya tarif yang mana ya om jika non PKP

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dino
Juli 28, 2022 11:08 am

terhitung sejak CV didirikan dan maksimal digunakan selama 4 tahun untuk CV, ketika sudah lewat dari 4 tahun maka akan menggunakan perhitungan tarif normal

valkyrie franklyn
valkyrie franklyn
Juli 27, 2022 11:02 am

Permisi om mau tanya setelah sppb keluar tanggal 01 april dan saya sebagai pkp baru terima sppb tgl 16 mei dan upload faktur di tanggal 01 mei (upload berhasil).. Apakah bermasalah?

Last edited 4 months ago by valkyrie franklyn
Om Pimpa
Editor
Reply to  valkyrie franklyn
Juli 28, 2022 11:07 am

kapan detail transaksinya? pembuatan faktur pajak apakah sesuai tanggal invoice atau dokuemen terkait?

valkyrie franklyn
valkyrie franklyn
Reply to  Om Pimpa
Juli 28, 2022 11:11 am

Tidak om dikarenakan setelah tgl 15 mei sudah tidak bisa upload faktur pajak untuk bulan april jadi saya buatnya di 01 mei

Om Pimpa
Editor
Reply to  valkyrie franklyn
Juli 29, 2022 4:43 pm

berarti ada sanksi keterlambatan menerbitkan faktur pajak, ya memang akan begitu resikonya

Palembang
Palembang
Juli 27, 2022 5:07 am

Halo om mau tanya,
saya lihat Daftar faktur PM Prepopulated a/n PT Bank central Asia Tbk, tapi fisik ny tidak ada, saya juga tanya dengan orang PT BCA gak ada yang tau juga perihal itu. jadi biasany faktur pajak yang dikeluarkan PT BCA itu kenapa bisa muncul di perusahaan kami ya pak ??
Mohon jawaban nya om, soalny baru kali ini saya melihat Bank BCA mengeluarkan faktur pajak.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Palembang
Juli 27, 2022 9:28 am

Silahkan tanyakan pihak terkait (PT BCA) tersebut, jika tdk ada transaksi dan tidak ada hubungannya dengan kegiatan usaha maka, FPM tdk perlu dikreditkan.

Palembang
Palembang
Juli 27, 2022 5:06 am

Halo om mau tanya,
saya lihat Daftar faktur PM Prepopulated a/n PT Bank central Asia Tbk, tapi fisik ny tidak ada, saya juga tanya dengan orang PT BCA gak ada yang tau juga perihal itu. jadi biasany faktur pajak yang dikeluarkan PT BCA itu kenapa bisa muncul di perusahaan kami ya pak ??
Mohon jawaban nya, soalny baru kali ini saya melihat Bank BCA mengeluarkan faktur paja.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Palembang
Juli 27, 2022 9:27 am

Silahkan tanyakan pihak terkait (PT BCA) tersebut, jika tdk ada transaksi dan tidak ada hubungannya dengan kegiatan usaha maka, FPM tdk perlu dikreditkan.

yanti
yanti
Juli 27, 2022 3:14 am

Selamat pagi om
mau tanya , perusahaan daerah dapat hibah berupa jaringan pipa air dari swasta/pihak ketiga, aturan perpajakannya bagaimana ? bagi yang memberi maupun yang menerima

Om Pimpa
Editor
Reply to  yanti
Juli 27, 2022 9:27 am

tergantung detail transaksinya dan pihak terkait

maudy
maudy
Juli 27, 2022 2:58 am

halo om mau tanya
setelah kita mengambil no. seri faktur pajak di enofa
apakah kita langsung merekam no. seri faktur pajaknya di aplikasi efaktur programnya om ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  maudy
Juli 27, 2022 9:28 am

iya

Caca
Caca
Juli 27, 2022 1:45 am

Selamat pagi om

Saya mau bertanya, kalau lawan transaksi adalah bendaharawan pemerintah berkode 02 namun ppn nya kita yang bayarkan itu bagaimana? Sedangkan nomor ntpn nya nanti saat pelaporan ppn tidak bisa dimasukkan.
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Caca
Juli 27, 2022 9:26 am

Bs aja kita yg setorkan ppn nya, ntpn nantinya memang g prlu diinput ke spt

Caca
Caca
Reply to  Om Pimpa
Juli 27, 2022 10:13 am

Untuk kode ppn nya apakah tetap 100-masa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Caca
Juli 28, 2022 11:07 am

bukan 100, namun kode billing untuk pemungut PPN

fitri
fitri
Juli 26, 2022 8:20 am

halo om, mau tanya dong, saya punya projek dari kantor, dan saya bekerja sama dengan salah satu toko elektronik, jadi kantor saya akan transfer ke toko elektronik tersebut lalu toko elektronik tersebut akan transfer kembali ke saya dengan potongan pajak 25 – 30% om, kalau boleh tau apakah seperti itu ? karena tokonya mencapai omzet tertentu katanya, jadi pemotongannya bisa segitu. apakah itu benar om ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  fitri
Juli 27, 2022 2:38 am

detail transaksi seperti apa? dan pemotongan atas pajak apa yang dimaksud?

jauhar
jauhar
Juli 26, 2022 5:53 am

Siang Om, ada pengalihan saham dari 2 pemegang saham misal @750 jt, menjadi 3 pemegang saham @500jt, dengan nilai pengalihan saham yang sama tersebut apakah pengalihan tersebut ada kewajiban perpajakan (WPDN pada perusahaan tertutup)

Om Pimpa
Editor
Reply to  jauhar
Juli 27, 2022 2:37 am

tergantung dari capital gain, jika ada maka akan terutang pph

Muhammad Qomarudin
Muhammad Qomarudin
Juli 26, 2022 4:52 am

Siang om, saya udin, saya ingin bertanya mengenai pembuatan faktur pajak. apakah bisa di lakukan saat kita menerima pembayaan termin 3bulan setelah BKP kita serahkan ke penerima BKP.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Muhammad Qomarudin
Juli 27, 2022 2:37 am

tidak bisa

ula
ula
Juli 26, 2022 4:04 am

pagi om, kantor saya memiliki akan segera memiliki cabang yang berada diluar wilayah KPP kantor pusat saya, maka dari itu kantor saya akan membuat NPWP cabang untuk kantor baru tersebut. pertanyaan saya, apa saja kewajiban pajak yang harus dilaporkan di NPWP cabang tersebut?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ula
Juli 27, 2022 2:36 am

tergantung jenis transaksi apa yang dilakukan oleh cabang

ula
ula
Reply to  Om Pimpa
Juli 29, 2022 7:10 am

kami perusahaan dagang yang menyewa sebuah bangunan di daerah yang sama dengan kantor pusat kami (1 wilayah KPP) sedangkan kantor kami akan dipindah ke kota lain (1 wilayah beda KPP) sehingga pusat operasiolnya akan berpindah kesana juga, namun owner menghendaki untuk membuat NPWP cabang untuk kantor baru tersebut om. pertanyaan saya, apakah sebaiknya benar dibuat NPWP cabang atau ada solusi lain ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ula
Juli 29, 2022 4:45 pm

Bisa membuat baru yg cabang ataupun yg baru malah jd pusat (pindah npwp) dan yg lokasi lama jd cabang

ula
ula
Reply to  Om Pimpa
Juli 30, 2022 7:09 am

jika yang baru dipindah menjadi pusat, lalu untuk pelaporan pajak atas sewa tempat yang lama nya bagaimana ya om? tetap ikut npwp pusat atau pindah ke npwp lokasi lama yang menjadi cabang tsb?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ula
Juli 30, 2022 9:43 am

Npwp pusat dan cabang masing2 akan punya jenis kewajiban pajaknya sendiri2, jika atas membedakan ini msh blm paham maka sblum ada npwp cabang bs banyak2 konsul dl ke kpp tentang plus dan minusnya

ula
ula
Reply to  Om Pimpa
Juli 30, 2022 3:19 pm

baik om, terimakasih pencerahannya🙏🙏

Fenny
Fenny
Juli 26, 2022 3:29 am

Selamat pagi Om, mau tanya apa bedanya pengurusan bagian Freelance & Pekerjaan lebih dari satu pada fitur FlazzTax untuk SPT pribadi? krn kalau freelance biasanya dpt job lebih dari satu juga, terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fenny
Juli 27, 2022 2:35 am

untuk penjelasan lebih lanjut dapat langsung menghubungi nomor admin yang tertera pada website

dika
dika
Juli 26, 2022 2:14 am

Siang Pak.. mau Bertanya Apakah Pembelian Pakan Ikan Terkena Pajak? Dan Bila Kena Pajak , Pajak Apa Saja Yang Dikenakan ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dika
Juli 27, 2022 9:25 am

tergantung detail transaksinya dan pihak terkait. kl dr sisi PPN akan dpt fasilitas

pama
pama
Juli 26, 2022 12:38 am

Selamat pagi om, saya mau tanya, mengacu pada aturan PER-11/PJ/2015 Pasal 1 ayat 3: “Hadiah sehubungan dengan kegiatan adalah hadiah dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diberikan sehubungan dengan kegiatan yang dilakukan oleh penerima hadiah” yang mau saya tanyakan, apakah pemberian souvenir berbentuk barang/voucher kepada semua peserta kegiatan dipotong pph 21?jika dipotong apakah jika peserta kegiatan berjumlah 2000 orang lebih harus dibuatkan bukti potong satu2 peserta kegiatan?terima kasihh

Om Pimpa
Editor
Reply to  pama
Juli 26, 2022 2:45 am

jika hadiah terkait dengan undian maka PPh 4 ayat 2, jika hadiah terkait penghargaan atau atas suatu kompetisi dengan penerimanya adalah orang pribadi maka PPh 21

Popi Arpiroka
Popi Arpiroka
Juli 25, 2022 12:05 pm

Malam pak, mau nanya pak. Misalkan perusahaan X menyewa angkutan dari Bapak Y. Mestinya kan perusahaan X memotong transaksi tersebut dengan potongan pph 23 2 persen pak. Namun Bapak Y memiliki surat keterangan bahwa Bapak Y mendapatkan fasilitas pp 23 tahun 2018 tentang pph final 0,5 persen. Jika perusahaan X tetap melakukan transaksi sewa angkutan pada bapak Y, berapa potongan transaksi tersebut ? Apakah perusahaan X memotong transaksi tersebut tetap dengan potongan pph 23 atau dengan tarif pp 23 tahun 2018 sebesar 0,5 persen pak ? Mohon bantuannya pak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Popi Arpiroka
Juli 27, 2022 2:39 am

memotong 0,5% PP 23

pama
pama
Juli 25, 2022 9:34 am

Selamat pagi om, saya mau tanya, mengacu pada aturan PER-11/PJ/2015 Pasal 1 ayat 3: “Hadiah sehubungan dengan kegiatan adalah hadiah dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diberikan sehubungan dengan kegiatan yang dilakukan oleh penerima hadiah” yang mau saya tanyakan, apakah pemberian souvenir berbentuk barang/voucher kepada semua peserta kegiatan dipotong pph 21?jika dipotong apakah jika peserta kegiatan berjumlah 2000 orang lebih harus dibuatkan bukti potong satu2 peserta kegiatan?terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  pama
Juli 26, 2022 2:45 am

jika hadiah terkait dengan undian maka PPh 4 ayat 2, jika hadiah terkait penghargaan atau atas suatu kompetisi dengan penerimanya adalah orang pribadi maka PPh 21

Vicky Kamil
Vicky Kamil
Juli 25, 2022 4:58 am

Halo om,

Mau tanya saya ada investasi reksa dana di bibit, tapi nilainya masih kecil apakah perlu lapor di spt tahunan ?

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vicky Kamil
Juli 26, 2022 2:44 am

silahkan dilaporkan

Sri Sumarni
Sri Sumarni
Juli 25, 2022 4:25 am

Untuk pph terutang atas tanah bisa nol persen ga ya soalnya dari saya urus tahun kemaren sampai pertengahan tahun tidak ada biaya untuk itu , karena hanya ibu rumah tangga

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sri Sumarni
Juli 26, 2022 2:46 am

PPh terutang seperti apa yang dimaksud? apakah atas transaksi penjualan tanah?

Prada
Prada
Juli 25, 2022 4:11 am

Selamat Pagi Om,

Mau tanya om, sy masih awam. sy ada melakukan pembetulan PPh 21 di espt. Kurang bayar 20 juta, di SPT Normal. ketika melakukan pembetulan jumlah pajak terutangnya jadi nihil kenapa ya om ? memang si yg saya revisi hanya perubahan nama & alamat saja, tidak mempengaruhi nominal. tapi kan seharunya tetap kurang bayar 20 juta saa seperti di PPN dan PPh lainnya om.

mohon dibantu om, apa saya salah dimana

Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prada
Juli 26, 2022 2:42 am

sudah benar tidak ada masalah jika pembetulannya tidak menyebabkan tambahan KB

fela
fela
Juli 25, 2022 3:14 am

Selamat pagi om, saya mayu tanya
saya mau proses lapor pajak badan perusahaan Om, tapi selalu muncul tulisan ” An Error occurend during the submit process. Uknown failure” ini kenapa ya om?

tolong di bantu om terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  fela
Juli 26, 2022 2:42 am

biasanya sedang ada error dari server DJP online, silakan dicoba kembali

fela
fela
Reply to  Om Pimpa
Juli 26, 2022 2:52 am

Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  fela
Juli 26, 2022 10:31 am

sama-sama

Sri Sumarni
Sri Sumarni
Juli 25, 2022 2:56 am

Bisa tolong di bantu
Untuk pph terutang atas tanah bisa nol persen ga ya soalnya dari saya urus tahun kemaren sampai pertengahan tahun tidak ada biaya untuk itu , karena hanya ibu rumah tangga

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sri Sumarni
Juli 26, 2022 2:41 am

PPh terutang seperti apa yang dimaksud? apakah atas transaksi penjualan tanah?

annisa
annisa
Juli 25, 2022 1:27 am

selamat pagi om,,
mau bertanya kalau di restoran ada namanya pajak restoran dan biaya service charge, apabila omset di bawah 4,8 milyar kan tidak kena pkp,
tp apabila omset nya di atas 4,8 :
1. Apakah restoran wajib mendaftarkan diri sebagai pkp? 
2. Jika harus PKP berarti harus terbitkan faktur pajak ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  annisa
Juli 26, 2022 2:40 am

1. makanan minuman yg disajikan di restoran bukan objek PPN
2. tidak ada kewajiban PKP jika poin 1 terpenuhi

annisa
annisa
Reply to  Om Pimpa
Juli 29, 2022 7:58 am

Apakah kebijakan di atas berlaku juga untuk usaha hotel ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  annisa
Juli 29, 2022 4:46 pm

iya

annisa
annisa
Reply to  annisa
Agustus 16, 2022 1:22 am

selamat pagi om, mau tanya lagi nihh,, kalau seumpama orang pribadi/ perorangan itu punya usaha selain restoran ada usaha yang lain seperi penjualan barang, dan klo yg restauran ini omset 4,8 m itu kan tidak pkp, tapi kalau omset penjualan nya yg lain ini omsetnya 1 M misalnya sebagai perorangan yang punya 2 usaha restaurant dan penjualan barang ini kena pkp tidak ya om??
terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  annisa
Agustus 16, 2022 10:58 am

tidak, selama objek pajak daerah atas restoran kewajibannya terpenuhi dan penjualan barang dagang tersebut tdk melebihi 4,8M

Novita
Novita
Juli 24, 2022 1:36 pm

Om mau tanya di 2020 kantor kami ada keluarkan faktur sdh bayar jg, sy lupa sdh kasih fakturnya ke klien atau blm, untuk cek apa fakturnya sdh mereka kreditkan atau blm caranya gmn ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Novita
Juli 26, 2022 2:40 am

yg menjadi urusan lawan transaksi tidak dapat dicek oleh penerbit

Bia
Bia
Juli 24, 2022 12:30 pm

Halo om, mau tanya. Saya suatu waktu keliru dalam mengurus faktur ppn keluaran, alih-alih ‘mengganti’ saya malah melakukan ‘pembatalan’ faktur pajak dan saya membatalkannya sebelum faktur pajak diberikan kepada PKP lawan transaksi, selang beberapa menit saya langsung membuat faktur pajak kembali dan faktur pajak itu yang diserahkan ke PKP lawan transaksi. Kalau seperti ini, bagaimana ya solusinya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bia
Juli 26, 2022 2:40 am

tidak ada masalah

ulfi
ulfi
Juli 24, 2022 2:36 am

Selamat pagi om 🙂

Mau tanya, terhitung tgl 02/11/2020 UU 112 tentang Cipta Kerja kan Dirjen Pajak menegaskan bahwa ketentuan penerbitan e-faktur bagi PKP Penjual harus mengisi identitas pembeli dgn lengkap & benar. Jika tdk sesuai ketentuan itu PKP akan kna sanksi administrasi denda 1%.

Case, bila kita menerbitkan Faktur Pajak keluaran tetapi NPWP dan NIK kita isi 000/CASH (karena Pembeli tdk ingin identitasnya dituliskan), utk hal begitu apakah tdk masalah bagi PKP Penjual? Krn kita jd tdk mengikuti sesuai UU, tdk lengkap mengisi Faktur Pajaknya.

Mohon pendapatnya rekan². Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  ulfi
Juli 24, 2022 11:10 am

harus mengisi identitas lawan transaksi jika menerbitkan faktur pajak keluaran atau faktur pajak digunggung jika tdk memiliki identitas lawan transaksi

James
James
Juli 24, 2022 2:28 am

Halo om
Saya, seorang mahasiswa, saat ini juga bekerja sebagai part time dan pihak kantor meminta saya untuk membuat npwp karena jika tidak membuat akan terkenapa potongan gaji sesuai peraturan yang berlaku. Perlu diketahui dalam hal kerja atau pemasukan saya hanya dari pekerjaan parti time ini saja. Saya sebenarnya ingin bertanya mengenai tindakan selanjutnya, ketika saya sudah punya npwp apa saja yang harus saya lakukan dan bagaimana saya melakukannya? Saya masih sangat awam mengenai hal ini, jadi saya tidak tau harus bagaimana. Saya harap ada langkah langkah yang bisa dibantu jelaskan secara detail juga. Terima kasih ^^

Om Pimpa
Editor
Reply to  James
Juli 24, 2022 10:29 am

melaporkan SPT Tahunan ketika penghasilan sudah diatas PTKP dalam satu tahun pajak. skarang pnghasilannya udah melebihi ptkp blm?

Vicky Kamil
Vicky Kamil
Reply to  Om Pimpa
Juli 25, 2022 4:57 am

Kalau masih dibawah ptkp berarti tidak perlu lapor spt tahunan ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vicky Kamil
Juli 26, 2022 2:43 am

iya benar

Puspa
Puspa
Juli 24, 2022 12:45 am

Halo om mau tanya
Cobtoh soal : seorang non PKP, ingin menyewakan tanah dan bangunan kepada PT X Dengan harga sewa 250jt/10thn. Gimna perhitungan pajknya om? Dan berapa harga sewa bersih yg didpt?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Puspa
Juli 24, 2022 10:28 am

pajak sewa tanah dan bangunan pph pasal 4(2) tarif 10%

Prada
Prada
Reply to  Om Pimpa
Juli 25, 2022 4:16 am

kalau Non PKP tidak pakai NPWP, apa bisa pakai KTP bosnya langsung untuk pelaporan unifikasi nya om ? 20 persen jadinya kan om kalau pakai KTP bos nya ? tapi kalau dia pakai NPWP pribadi si bos tersebut tetap 10 % kan om ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prada
Juli 26, 2022 2:43 am

SPT unifikasi pihak mana yang ingin dilaporkan?

Prada
Prada
Reply to  Om Pimpa
Juli 26, 2022 3:37 am

Kita yang laporkan om sebagai pemotong. jadi kita ada melakukan sewa tanah, yang punya tanah nya ini orang pribadi non pkp tapi memiliki NPWP Pribadi, jadi kita sebagi perusahaan hendak menyewa tanahnya untuk keperluan perusahaan. Jadi kita sebagai penyewa melakukan pemotongan PPh final begitu om. apa pakai NPWP pribadi tetap jadi 10% ? atau 20% ya om krn tidak pakai npwp perusahaan ? jikalau ada kesalahan dalam memberikan pertanyaan mohon dibantu direvii om. terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prada
Juli 27, 2022 2:36 am

pemotongan tetap dilakukan oleh pihak pemotong dengan mencantumkan npwp atau identitas NIK, tdk ada perbedaan tarif di pemotongan pph jenis ini

andre
andre
Juli 23, 2022 5:51 am

Siang pak..
Mau tnya soal pajak kripto.
Saya sedang inves kripto.. ada beberapa koin yang sdh saya beli dan total koin yang saya beli bernilai 50jt rupiah.
Apa saya perlu lapor ke kantor pajak terkait aset kripto saya??
atau ketika saya mendapatkan keuntungan dari aset saya dan ingin di cairkan, bru saya lapor??
mohon pencerahannya.
Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  andre
Juli 24, 2022 10:28 am

harta dan penjualan dilaporkan pada SPT Tahunan

ahan
ahan
Juli 22, 2022 10:26 am

Saya penyedia dari siplah untuk merchant pkp.
Kan sekarang ada penyetoran pajak langsung dari siplah blibli berdasarkan keputusan pmk no 58
Pertanyaan saya untuk pembuatan efaktur pajak untuk pembeli
untuk bendarahawan pemerintah dan swasta
Dana BOS kan otomatis untuk pemerintah kan masih menggunakan npwp dinas untuk diisikan di faktur pajak pembeli, sedangkan untuk swasta rata rata menggunakan npwp yayasan yang merupakan non bendarahawan pemerintah
apakah untuk pembeli faktur pajak diisikan tetap menggunakan npwp yayasan tersebut dengan kode 020 atau 010 terimakasih atau memang harus diganti ke npwp dinas yang wajib pungut pajak menggunakan 020 terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  ahan
Juli 22, 2022 11:16 am

tergantung lawan transaksinya

Iwan
Iwan
Juli 22, 2022 10:11 am

Selamat sore
Saya karyawan punya anak dua di suatu perusahaan dg upah per bulan Rp. 3,125.000 dapat THR per tahun sama dengan upah sebulan dan bulan ini dapat bonus Rp. 7.593.000. Bonus saya dipotong pph 21 sebesar Rp. 232.091.
Apakah pemotongan pph 21 oleh perusahaan sudah sesuai aturan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Iwan
Juli 22, 2022 11:16 am

silahkan cek acuan perhitungan PPh 21 pada PER 16 PJ 2016

Shely
Shely
Juli 22, 2022 7:43 am

Mau tanya pak,
Jadi misalkan mau bayar PPn masa, yg biasanya kita bayar sendiri,
Di bulan ini ada 1 FK yang Wapu atau kode 030,
Jadi untuk setoran ppn nya gimana ya pak ,
Tidak di ikut kan kah pak yg 1 FK wapu ini ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Shely
Juli 22, 2022 11:15 am

tidak perlu setor PPN atas faktur pajak 030, karena PPN sudah dipungut. Silahkan posting aja dl SPT nya nanti jg akan trlihat nilainya ga ikut ke jumlah KB

10.8K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x