Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Sari
Sari
Januari 13, 2022 8:55 am

selamat sore om, saya mau validasi pph secara online melalui website djp untuk penjualan unit apartemen. disitu kan perlu mengisi luas tanah dan bangunan, untuk apartemen apakah luas tanahnya diisi 0 atau luas tanah & bangunannya mengikuti luas netto & semi gross unit apartemen?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sari
Januari 13, 2022 10:38 pm

luas unitnya

Nani Suryani
Nani Suryani
Januari 13, 2022 7:02 am

Selamat Siang Om, mhn pencerahannya terkait dg bukpot 1721 A1, bgini… utk pelaporan pph psl 21…kntr sy lapor menggunakan kode 001/ kode cabang ke KPP Pratama (periode jan’21 sd juli’21) utk pelaporan ppn dn…kntr sy lapor menggunakan kode 000/kode pusat ke KPP Madya di bulan mei’21..ada himbauan utk pph psl 21 hrs lapor menggunakan kode 000/ pusat ke KPP Madya baru krn ada peralihan antar KPP Madya termasuk kntr saya (periode agust’21 sd saat ini) Om, mon maaf ini seeh asumsi sy pribadi (mhn koreksi jk saya keliru) melihat pelaporan pph psl 21 tsb diatas…sy pikir kntr hrs bwtkn dua… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Januari 13, 2022 10:37 pm

betul, akan perlu dibuat 2 bupot untuk tiap karyawannya, mengikuti masa pajak perpindahannya tadi, semua bupot dicetak di dalam masa pajak desember baik di 001 ataupun di 000

Emma
Emma
Januari 13, 2022 6:41 am

Om izin tanya
saya barusan upload Faktur Pajak tapi keterangannya “Reject”Null pointer” itu maksudnya apa ?
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Emma
Januari 13, 2022 10:37 pm

ulangi lagi

diri
diri
Januari 13, 2022 6:22 am

Om mau tanya
Utk penjualan tanah warisan ortu yg belum di bagi , pajak2 apa saja yg perlu d bayarkan ?
Apakah selain BPHTB waris , PNBP , penjual harus bayar pph juga ? Berapa persen om pph nya ? Mohon pencerahan om

Om Pimpa
Editor
Reply to  diri
Januari 13, 2022 10:36 pm

tergantung dulu dengan saat ini seperti apa history perpajakan yg sudah dilakukan atas harta ini, kl secara umum akan ada PPh, BPHTB, PBB, namun bisa jadi ada tambahan lainnya, jenis2 pajak yg akan dibahas di forum ini hanya yg terkait pajak pusat dan di kondisi jual beli tanah akan banyak jenis pajak yg masuknya jenis pajak daerah

Hikmah
Hikmah
Januari 13, 2022 4:24 am

Selamat pagi Om. Ijin bertanya..
Badan Usaha Milik Desa itu pemungut PPN atau bukan ya? saya sering bingung klo transaksi dengan kelurahan, merekanya juga ngga paham sebagai pemungut PPN atau bukan..
terimakasih Om..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hikmah
Januari 13, 2022 10:34 pm

tidak termasuk dalam pemungut PPN seperti instansi pemerintah dan BUMN atau pihak lain yg ditunjuk

Hikmah
Hikmah
Reply to  Om Pimpa
Januari 23, 2022 10:44 am

Maaf Om, tapi klo di NPWP atas nama Desa/kelurahan itu termasuk pemungut PPN? kalau dibuatkan faktur 020 tapi mereka tidak setor PPNnya bagaimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hikmah
Januari 25, 2022 11:46 am

Mereka bukan pemungut dan kewajiban PPN antar pihak itu berbeda jd lakukan dalam koridor masing2

Adri
Adri
Januari 13, 2022 4:22 am

Om izin bertanya, saya punya toko, kalau saya jual item yg kena ppn (contoh roti) dan supplier saya tidak bisa keluarkan faktur pajak, apakah berarti ppn saya yang tanggung? Bila saya jual roti untung 8% (harga incl ppn) berarti saya jual rugi ya karna mesti tanggung ppn 10%?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adri
Januari 13, 2022 10:33 pm

kalau tidak menerbitkan Faktur pajak, maka tdk ada PPN yang terutang. ini tokonya PKP bukan?

Adri
Adri
Reply to  Om Pimpa
Januari 13, 2022 10:53 pm

Toko saya PKP om, Kalau suppliernya NPKP tapi itemnya BKP, berarti toko saya yg tanggung PPNnya kah om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adri
Januari 14, 2022 1:18 pm

jika tokonya sudah PKP maka tiap penjualan yg terutang PPN akan dibuat faktur, tidak ada acuan dari bagaimana pembeliannya dilakukan

Harry
Harry
Januari 13, 2022 4:04 am

Halo salam kenal om, ijin tanya, penghasilan dari pendapatan sewa (dalam hal ini sewa kapal) dipotong final pph psl 15,
Diakhir tahun pendapatan sewa tersebut kan tidak dikenai pajak lg, bagai mana dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan penghasilan tsb (biaya antar, bahan bakar, crew, dllnya) apa dikeluarkan juga dari perhitungan biaya di akhir tahun.?
Trimksh, salam hormat.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Harry
Januari 13, 2022 10:32 pm

biaya yg terkait dengan penghasilan yg dikenakan PPh final akan ikut dikoreksi fiskal

icha
icha
Januari 13, 2022 2:38 am

selamat pagi, om mau tanya kalau angka di BC 4.0 berbeda nilainya dengan yang ada di faktur pajak bagaimana ya? apakah faktur pajak 070 nya tidak berlaku lagi? ataukah ada aturan jika nilai BC 4.0 lebih besar dari faktur pajak masih dibolehkan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  icha
Januari 13, 2022 10:32 pm

harus sama dan silahkan lalukan revisi yg diperlukan

argo
argo
Januari 13, 2022 2:18 am

om mau tanya nie apakah ada insentif dari pihak pajak untuk admin/ pengelola PKP PPN Produksi perkebunan

Om Pimpa
Editor
Reply to  argo
Januari 13, 2022 10:32 pm

sampai saat ini tidak ada fasiitas yg khusus untuk itu, tp bisa aja jika tax planningnya jeli maka dapat memanfaatkan fasilitas lainnya yg tersedia

Winter
Winter
Januari 13, 2022 1:58 am

Izin tanya lagi om, misak saya beli barang elektronik harga 2,5 jt dari luar negeri. Itu ngitung pajaknya gimana ya om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Winter
Januari 13, 2022 10:31 pm

ada Pajak Dalam Rangka Impor yg isinya ada Bea Masuk, PPN, PPh 22 Impor, untuk bisa itung nilainya maka harus spesifik disebut barangnya apa karena tiap barang akan beda tarif Bea Masuknya

YESSICA
YESSICA
Januari 13, 2022 1:23 am

Om, Bagaiman mengatasi EFAKTUR 3.1 ” Null Pointer id.go.pajak.efaktur.api.ws.endpoint.proxy.FakturProxy.approveFakturPk ” padahal SPPB sudah saya masukan ke kolom dokumen pendukung

Om Pimpa
Editor
Reply to  YESSICA
Januari 13, 2022 10:39 pm

ulangi lagi

YESSICA
YESSICA
Reply to  Om Pimpa
Januari 14, 2022 12:27 am

cara mengisi format csv untuk faktur pajak 070 yang benar gimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  YESSICA
Januari 14, 2022 1:18 pm

isi dengan lengkap sampai kolom dokumen pendukung

Adri
Adri
Januari 13, 2022 12:07 am

Halo Om,
Mau tanya, kalau saya punya toko, jual barang yg kena pajak, contoh saja roti, namun supplier saya tidak bisa terbitkan faktur pajak, itu berarti ppn 10% saya yg tanggung ya? Bila saya ambil margin jual 12%, berarti nettnya saya hanya untung 2% kah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adri
Januari 13, 2022 10:40 pm

kalau tidak menerbitkan Faktur pajak, maka tdk ada PPN yang terutang. ini tokonya PKP bukan?

Firda S
Firda S
Januari 12, 2022 11:31 pm

mau tanya om kalo minta nsfp tahun 2021 padahal sudah tahun 2022 bisa ga ya.. soalnya pas minta nsfp desember 2021 ternyata kurang
terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Firda S
Januari 13, 2022 10:30 pm

tidak bisa minta saat ini untuk tahun lalu

Candra
Candra
Januari 12, 2022 1:51 pm

Om, mau nanya
Faktur yang telah saya terbitkan di tgl 29 oktober 2021 minta dibatalkan oleh pembeli, dan minta dibuatkan kembali di bulan januari 2022. Sedangkan semua SPT masa tahun 2021 sudah dilaporkan dan dibayarkan.
Solusinya gimana yah om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Candra
Januari 13, 2022 10:30 pm

jika dibatalkan, maka harus pembetulan pada Masa terkait, klo jd kurang bayar maka harus dibayarkn lagi, klo jd lebih bayar maka bs dikompensasikan

Astria marengke
Astria marengke
Januari 12, 2022 11:38 am

Mau tnya pak,pajak sttus NE
Untk mngaktfkan kmbli npwp
Apa hrus byr tunggakan slam 2 thun??
Usha macet d jln tp tdk melapor🙏🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Astria marengke
Januari 12, 2022 12:40 pm

mengajukan permohonan untuk mengaktifkan kembali NPWP NE, biasa dengan melaporkan pajak NPWP akan aktif kembali, jika terutang pajak maka harus melunasi

Winter
Winter
Januari 12, 2022 11:37 am

Om mau tanya, kan saya mau d kirim barang sm temen dari luar negeri, ini bukan jual beli om tapi cuma d kirimin barang gitu d kasih. Nah nanti pas masuk indo itu kan ada pajak. Itu saya yg bayar pajaknya atau temen saya ya om. Makasih sebelumnya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Winter
Januari 12, 2022 12:40 pm

standarnya ya yg menerima disini yg akan membayar, jika tidak dilunasi maka barang tidak dapat diambil

Beny
Beny
Januari 12, 2022 9:24 am

Mau tanya om. Perusahaan ada pegawai tetap dan upah harian. Karena ada aturan jika penghasilan karyawan dibawah ptpkp. Maka wajib lapor hanya Des saja. Untuk ngisi upah harian gimana ya om???

Om Pimpa
Editor
Reply to  Beny
Januari 12, 2022 12:04 pm

jika karyawan tetap dibawah PTKP bisa dilaporkan per Des saja, klo ada karyawan harian harus melaporkan per masa untuk membuat bukti potong pegawai harian tersebut kl memang ada pemotongan

rahmawati
rahmawati
Januari 12, 2022 9:03 am

hallo om mau tanya, perusahaan buat bukpot tidak final untuk (tenaga Ahli) yang berkerja di perusahaan, lalu ternyata istri menggunakan NPWP suami, saat melaporkan itu No KTP / NIK nya pakai suami, atau istri?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
Januari 12, 2022 12:04 pm

NPWP suami, tapi data lainnya terkait pegawainya (istri tersebut)

Jefi
Jefi
Januari 12, 2022 8:39 am

Om Mau tanya, efaktur sudah versi 3.1, dokumen SPPB pun sudah diinput dengan benar. tetapi status faktur pajak masih reject dgn keterangan “ETAX-API-10030: Bukan merupakan Dokumen penyerahan BKP atau JKP”, dokumen SPPB nya dari customer jg sudah di SPPD bea cukai . Bagaiman solusinya ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jefi
Januari 12, 2022 12:03 pm

cek kembali nomor SPPB tersebut, hubungi bea cukai

Dion
Dion
Reply to  Jefi
Februari 3, 2022 12:29 pm

Akhirnya solusinya gmn 10030 nya kak jefi?

Jefi
Jefi
Reply to  Dion
Februari 4, 2022 9:20 am

Hallo Dion, Ternyata sistem dari Customer kami belum update untuk BC 4.0 nya, jadi kami batalkan untuk faktur tersebut, dan buat ulang

Tian
Tian
Reply to  Jefi
Februari 5, 2022 3:58 am

Kak jefri, mau tanya.. untuk BC mereka dibatalkan juga gak? Atau hanya faktur saja?

Almi
Almi
Januari 12, 2022 8:30 am

Siang Om, mau tanya saya ada penyerahan dengan perusahaan penimbunan berikat yg artinya memakai kode jenis pajak 07 yang menggunakan peraturan terbaru wajib memasukkan SPPB.
Setalah diisi nomor dokumen SPPB, muncul eror 10030.
Itu bagaimana ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Almi
Januari 12, 2022 12:03 pm

cek isian nomor yg dituliskan

Cindy
Cindy
Januari 12, 2022 7:54 am

Halo om, mw tnya apakah agresivitas pajak legal untuk dilakukan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cindy
Januari 12, 2022 12:02 pm

tergantung bagaimana mengartikan istilah itu

junah
junah
Januari 12, 2022 6:30 am

Pak apakah bpjs kesehatan masuk dalam pendapatan bruto pph 21?

Om Pimpa
Editor
Reply to  junah
Januari 12, 2022 12:02 pm

BPJS yg dibayarkan perusahaan diperhitungkan kedalam penghasilan bruto pegawai (cek lengkap di PER-16/PJ/2016)

Adit
Adit
Januari 12, 2022 3:53 am

om saya ya mau tanya nomor dokumen pendukung yang diisi kan dari dokumen BC 4.0 itu yang dimasukkan nomor pendaftaran atau nomor pengajuan nya ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adit
Januari 12, 2022 12:01 pm

nomer pengajuan

lilis
lilis
Reply to  Om Pimpa
Januari 25, 2022 10:15 am

nomer pengajuannya itu berapa digit ya Om, soalnya aku input masih aja eror 10030

Lia
Lia
Januari 11, 2022 11:47 pm

PPh 21 masa desember ada kelebihana setor apakah bisa di PBK untuk kelebihan setor nya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lia
Januari 12, 2022 12:00 pm

ga bisa di PBK, bisanya dikompensasikan

Arie
Arie
Januari 11, 2022 2:53 pm

Mau tanya untuk perpajakan freelance programmer, perhitungannya seperti apa ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arie
Januari 12, 2022 12:00 pm

hitungan detailnya ya panjang, tp nantinya menggunakan tarif pasal 17

Santoso
Santoso
Januari 11, 2022 12:05 pm

Malam om, tolong tanya , rumah yg dimiliki sejak 20 th yg lalu , di spt 2021 apakah nilai perolehan nya boleh dirubah sesuai harga njop sekarang ?

Bagaimana n apa syaratnya untuk bisa merubah harga perolehan menjadi harga saat ini , dari harta yg telah terlapor di spt sebelumnya.

Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Santoso
Januari 11, 2022 12:51 pm

nilai harta dalam SPT acuannya adalah harga perolehan, udah itu aja dan ga perlu diubah2

yusuf ks
yusuf ks
Januari 11, 2022 11:00 am

mau tanya om..
kalo piutang ternyata sampai 2 th tidak bayar pas di cari perusahaannya sudah tutup
dalam neraca di spt kan di cantumkan Rp 20 jt piutang nya,nah bagaimana ya untuk tahun ini didalam laporan neracanya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  yusuf ks
Januari 11, 2022 12:53 pm

dari sisi akuntansinya ya silahkan dilakukan penghapusan tp akan beda perlakuan kl dr sisi pajak

Dea
Dea
Januari 11, 2022 9:25 am

Om, mohon dijawab, Pelaporan eSPT PPh 21 Masa Desember juga termasuk melaporkan Satu Tahun Pajak. Selama tahun 2021 di perusahaan tersebut terdapat karyawan (penghasilan dibawah PTKP) yang resign atau baru masuk kerja, sehingga jumlah karyawannya berbeda di beberapa Masa Pajak. Lalu, Bagaimana saya mengisi Kolom B pada menu Satu Tahun Pajak? Apakah saya menuliskan jumlah karyawan yang hingga desember masih bekerja saja, atau saya menuliskan seluruh jumlah karyawan yang pernah bekerja selama 1 tahun? di kolom Upah selama tahun 2021, apakah saya harus menuliskan total seluruh upah yang pernah diberikan (termasuk upah kepada karyawan yang telah resign), atau saya hanya… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dea
Januari 11, 2022 12:55 pm

1. pada kolom B merupakan penghasilan karyawan yg dibawah PTKP, pada kolom masa desember menulis karyawan yg bekerja pada saat desember saja, namun pada kolom 1 tahun mencantumkan semua karyawna yg pernah bekerja
2. mengacu pada point 1

Dea
Dea
Reply to  Om Pimpa
Januari 12, 2022 12:04 am

Pada 1 tahun berarti saya masukkan jumlah seluruh karyawan yg pernah masuk dan keluar perusahaan, termasuk seluruh gajinya ya om?

Misal jumlah karyawan (yg dibawah PTKP) setiap bulannya sama yaitu selalu 10 orang , namun orangnya berganti ganti (resign maupun masuk kerja), itu bagaimana ya om? Apakah di kolom B 1 tahun tetap mencantumkan 10 orang? Atau harus sesuai dengan berapa kali karyawan² tsb Gonta ganti orang (misal total karyawan yg keluar masuk 30 orang)?

Mohon dibantu lagi om, terima kasih 🙂 🙂

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dea
Januari 12, 2022 12:00 pm

1. ya
2. seluruh karyawan yg pernah bekerja diperusahaan tersebut

Rahim
Rahim
Januari 11, 2022 9:18 am

memang blm bisa buar faktur 070

WhatsApp Image 2022-01-11 at 16.16.35.jpeg
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rahim
Januari 11, 2022 12:53 pm

makasih infonya

Rahim
Rahim
Reply to  Om Pimpa
Januari 12, 2022 3:51 am

sama2 bossku

UD RIZKA BOXINDO
UD RIZKA BOXINDO
Januari 11, 2022 7:29 am

Om mau tanya ini kenapa ya waktu saya upload faktur (non ppn) kok malah error etax-api-100025? solusinya bagaimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  UD RIZKA BOXINDO
Januari 11, 2022 12:55 pm

faktur pajak non ppn itu apa? kl udah ada faktur pajak ya pasti PPN, beda cerita kl fasilitas PPN tidak dipungut ataupun dibebaskan, itu ga akan disebut jd non PPN jg

Zee
Zee
Januari 11, 2022 7:02 am

Selamat SIang Om saya mau tanya soal isian SPPB,, saya ada kesalahan yang mengharuskan Faktur pajak batal, tapi saat merekam ulang,, terjadi reject karena : Dokumen SPPB Sudah Pernah Digunakan, solusinya bagaimana ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Zee
Januari 11, 2022 12:55 pm

rekam ulangnya setelah pembatalannya sukses?

Zee
Zee
Reply to  Om Pimpa
Januari 12, 2022 2:39 am

rekam sukses,, tp saat upload ada Etax-Api-100025 : Dokumen SPPB Sudah Pernah Digunakan

Om Pimpa
Editor
Reply to  Zee
Januari 12, 2022 12:01 pm

ini blm jawab pertayaan sebelumnya, kapan rekamnya?

Zee
Zee
Reply to  Om Pimpa
Januari 13, 2022 4:55 am

rekam ulang saya lakukan di hari yang sama,, 1 jam setelah pembatalan.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Zee
Januari 13, 2022 10:35 pm

yg ini blm pernah om temui, bisa silahkan hubungi kpp untuk konsultasi lebih lanjut

Justina
Justina
Reply to  Zee
Januari 14, 2022 4:58 am

apakah sudah menemukan solusinya? krn saya jg mengalami hal yg sama. Nomor SPPB ketuker dengan FP yg lain. wkt mau dibuat pembetulan sudah tdk bisa : Dokumen SPPB Sudah Pernah Digunakan

Zee
Zee
Reply to  Justina
Januari 17, 2022 12:47 am

belum kak,, KPP juga bingung dg case ini,, solusi dr mereka adalah minta rekanan ganti no SPPB atau diganti ke 010,, cuma saya masih menunggu kepastian lebih lanjut.

Zee
Zee
Reply to  Justina
Januari 17, 2022 3:48 am

kak,, klo ada solusi info kesaya ya kak,,,,

Justina
Justina
Reply to  Zee
Januari 20, 2022 1:52 am

belum ada solusinya juga kak.

Zee
Zee
Reply to  Justina
Januari 20, 2022 2:27 am

Selamat pagi, kami telah menghubungi kantor pusat terkait kendala ini. Dan memang sudah ada laporan juga dari beberapa Wajib Pajak di wilayah-wilayah lain terkait kendala yang sama. Saat ini pembahasan permasalahan tersebut sedang dikoordinasikan antara bagian layanan sistem dengan bagian peraturan. Untuk sementara kami masih belum bisa memberikan solusi pastinya seperti apa, namun akan segera kami informasikan setelah mendapat penegasan dari kantor pusat kami. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

ini jawaban setelah sy konsultasi dg KPP tempat terdaftar kak..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Zee
Januari 21, 2022 9:45 am

wah siap, terima kasih atas berbagi infonya yaa, kita sama2 ikuti perkembangannya terus

Tama
Tama
Januari 11, 2022 6:17 am

Hallo Om, selamat siang.
Saya mau tanya, untuk skema csv versi app 3.1 untuk kolom Kode Dokumen Pendukung itu letak persisnya disebelah mana ya? saya sangat kesulitan untuk lakukan penyesuaian pada format terbaru 3.1 ini, terima kasih…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tama
Januari 11, 2022 12:58 pm

setelah nomor seri faktur pajak dan muncul saat piihan kode 07, jd ga di semua kode

Erick
Erick
Januari 11, 2022 5:14 am

bagaiman cara mendapatkan SPPB nya ya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erick
Januari 11, 2022 1:04 pm

hubungi bea cukai pak?

dian
dian
Januari 11, 2022 4:54 am

maksud dari notif BPS SPT Sudah Ada Apa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dian
Januari 11, 2022 1:04 pm

maksud pertanyaannya apa?

Nur
Nur
Januari 11, 2022 4:36 am

Om mau tanya aku ko setelah upload tetap reject ya e tax api 10030 bukan merupakan dokumen penyerahan bkp atau jkp padahal no sppb nya udh bnr

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nur
Januari 11, 2022 1:04 pm

data yg udah diinput seperti apa?

linda
linda
Januari 11, 2022 3:51 am

halo Om, mau Tanya beberapa pertanyaan.
Di SPT tahunan tercatat harta d atas nama ayah dan
Tercatat d sekuritas sahan atas nama anak
Pelaporan pajak di spt ayah apa anak ?
Ditahun 2020 saham tidak dilaporkan , tapi harta di isi uang kas apa bisa dibetulkan ?
Saya ada beberapa sekuritas cara mengisi SPT apa satu2 tiap sekuritas atau dijumlah ?
trimakasih Om Mohon dibantu🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  linda
Januari 11, 2022 12:21 pm

1. mengikuti pemilik sebenarnya
2. bisa pembetulan
3. bebas

Oseilla
Oseilla
Januari 11, 2022 3:06 am

permisi min ijin bertanya, saya sudah melakukan perhitungan PPh 21, membayarnya dan melaporkan PPh 21 masa desember ke DJP. namun statusnya tidak nihil melainkan kurang bayar. itu bagaimana ya min? apakah wajar pph 21 bulan desember berstatus kurang bayar? atau haruskah saya membayarnya lagi ya? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Oseilla
Januari 11, 2022 12:26 pm

jika pengisian sudah betul maka status SPT kurang bayar adalah hal yg wajar dan biasa saja

Slamet S
Slamet S
Januari 11, 2022 1:13 am

Met pagi om ….
Mau tanya ttg PPh Badan tahun 2021. Pada UU no. 2 tahun 2020 memakai tarif tunggal 22% (Pasal 5 ayat 1a) dan di UU 36 tahun 2008 pada pasal 31E ayat (1) ada pengurangan 50% lagi.
Apakah tarif tunggal menjadi 11% … ? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Slamet S
Januari 11, 2022 1:05 pm

menjadi 11% jika memenuhi syarat, misalnya jumlah penghasilan bruto kurang dari 4,8M

Linda
Linda
Januari 11, 2022 12:23 am

Hi min mau tanya dong
Dipertengahan tahun ada pegawai yang resign lalu di perhitungan desember ada kurang bayar pph pasal 21. Pertanyaan untuk di formulir 1721 II masa pengisian untuk pegawai yang resign tersebut bagaimana sedangkan dia sudah tidak memiliki gaji tapi memiliki kurang bayar pph. Apakah kolom bruto itu di nolkan saja. Dan untuk di realisasi dtp itu bagaimana.. terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Linda
Januari 11, 2022 1:06 pm

bagaimana ceritanya tidak ada gaji tp masih ada kurang bayar PPh? yakin semua pengisiannya sudah dilakukan dengan benar?

Alvin
Alvin
Januari 10, 2022 8:01 am

Halo Om, mau tanya kalau perusahaan membayarkan biaya kuliah anak pegawai, apakah itu termasuk beasiswa atau penghasilan orang tuanya? Mengingat PMK No. 68 tahun 2020 : Dikecualikan dari ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) “Penghasilan berupa Beasiswa dari subjek pajak dan/ atau bukan subjek pajak yang memenuhi persyaratan tertentu dikecualikan sebagai objek Pajak Penghasilan.” apabila: a. Wajib Pajak badan pemberi Beasiswa mempunyai hubungan usaha, hubungan kepemilikan, atau hubungan penguasaan; b. Pemilik, Komisaris, Direksi, atau Pengurus dari Wajib Pajak badan pemberi Beasiswa memiliki hubungan keluarga baik sedarah maupun semenda dalam garis keturunan lurus dan/ atau ke samping satu derajat; atau c.… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Alvin
Januari 10, 2022 12:40 pm

Anak pegawainya itu ga jd pegawai jg kan di perusahaannya?

Alvin
Alvin
Reply to  Om Pimpa
Januari 11, 2022 10:53 am

Anak pegawai tidak jadi pegawai di perusahaan Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Alvin
Januari 11, 2022 12:51 pm

jd ya sudah jelas perlakuannya, tdk disebut jg dalam referensi aturan yg disebutkan sebelumnya

Alvin
Alvin
Reply to  Om Pimpa
Januari 12, 2022 1:52 pm

Berarti masuk beasiswa ya Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Alvin
Januari 13, 2022 10:30 pm

tidak bisa dikatagorikan sebagai beasiswa

Lanny
Lanny
Januari 10, 2022 4:44 am

Siang pak mau tanya bagaimana caranya kita bisa buka file laporan insentif covid 19 PPh final DTP Krn ada 1 file yg kelupaan saya tumpuki dengan bulan berikutnya Krn saya lupa u/ klik save as

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lanny
Januari 10, 2022 12:41 pm

Hubungi AR

Missarawati
Missarawati
Januari 10, 2022 4:39 am

selamat siang om, saya ingin meminta penjelasan tentang materi perkuliahan mengenai pajak perusahaan dalam industri tertentu

Om Pimpa
Editor
Reply to  Missarawati
Januari 10, 2022 12:42 pm

wah panjang nih, gbsa dibahas disini

rahmawati
rahmawati
Januari 10, 2022 3:31 am

hallo om mau tanya, apakah tahun 2022 insentif dtp pph 21 diperpanjang atau tidak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
Januari 10, 2022 12:29 pm

ditunggu saja infonya

rahmawati
rahmawati
Januari 10, 2022 3:30 am

hallo om mau tanya, dalam perhitungan PPH 21 ada BPJS Kesehatan karyawan dipotong, dan perusahaan membayar, dan BPJS Ketenagakerjaan ada JHT dibayarkan perusahaan, JHT JKK dan JK yang dipotong dari gaji karyawan. kategori yang masuk penambah dan pengurang dalam perhitungan Pajak pph pasal 21, yang mana aja ya om? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
Januari 10, 2022 12:40 pm

yg ditanggung perusahaan sebagai penambah, yg di tanggung karyawan sebagai pengurang perhitungan pph 21, cek kembali di  PER-16/PJ/2016

rahmawati
rahmawati
Reply to  Om Pimpa
Januari 11, 2022 1:46 am

semua yang di tanggung karyawan menjadi pengurang om? termasuk JKK dan JK juga?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
Januari 11, 2022 1:07 pm

silahkan cek kembali di PER-16/PJ/2016

Gunawan
Gunawan
Januari 10, 2022 3:23 am

Misi om mau tanya, Untuk mengurus dokumen SPPB itu syarat dan prosesnya bagai mana yaa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Gunawan
Januari 10, 2022 12:42 pm

Coba hubungi bea cukai

Hendra
Hendra
Januari 10, 2022 12:59 am

Halo saya mau tanya.
Database espt pph21 di komputer saya hilang.
Ada tulisan “of you click continue, the application will ignore this error. If you click quit, the application will close immediately.”

Saya terklik quit, lalu database nya seperti terhapus oleh sistemnya.
Apakah ada cara mengembalikan database nya ?
Mohon bantuannya

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hendra
Januari 10, 2022 6:48 am

Harusnya sih error jenis itu ga ngaruh ke data, Cb minta difotoin gambarnya aja dl

Ave
Ave
Januari 9, 2022 4:29 pm

Halo saya mau tanya, saya bekerja sebagai akuntan di salah satu perusahaan sebagai pegawai tetap, tetapi kadang saya sebagai freelance akuntan juga di beberapa usaha umkm, apakah saya masuk kategori orang pribadi pengusaha tertantu atau saya hanya tinggal memasukkan bukti potong pph 21 dalam SPT PPh orang pribadi saya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ave
Januari 10, 2022 12:39 pm

memasukkan semua penghasilan baik bupot A1 PPh 21 atas pegawai tetap dan juga penghasilan sebagai freelance

Selvcha
Selvcha
Januari 8, 2022 11:17 am

Halo om pimpa Sy ada kendala nih Lebih tepatnya bingung Sebut aja ad perusahaan yang di akhir tahun 2018 sudah tutup. Sudah keluar akta penutupan. Di tahun 2019 awal tetap ad lapor spt tahunan masa 2018 Di tahun 2019, lupa ingat bulan apa, sisa aset d jual mk ny di awal tahun 2020, ada lapor lagi spt tahunan masa 2019 (walaupun sudah tidak ada pengeluaran ataupun omset / cm pendapatan dr jual aset aja) Di pertengahan tahun 2021,terima surat cinta kena denda krn gk lapor spt tahunan 2020… Akhirnya kita bayar dendanya 1jt sesuai yg di minta. Nah stlh itu… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Selvcha
Januari 10, 2022 6:46 am

karena thn 2018 tdk mengurus penghapusan NPWP, maka dianggap perusahaan tersebut masih berjalan..
diinfokan saja kepada KPP kejadian yg sebenarnya

Selvcha
Selvcha
Reply to  Om Pimpa
Januari 10, 2022 6:52 am

Nah nnti apakah bakal di minta om data-data thn 2018 terakhir berjalan ny si perusahaan?
Sy sedikit bingung gmn mnt data ny krn emnng kantor ny gk d sini lgi.

Pun perusahaan itu seingat sy yg prnh krja di situ cm 2 atau 3 tahun aja stlh itu di bubarin/di tutup.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Selvcha
Januari 10, 2022 12:39 pm

Secara kewajiban data2 itu kan memang harus disimpan sampai 10 tahun, ya harus tetap ada, yg bertanggung jawab adalah pengurus, jika kita bukan pengurus ya tdk perlu ikut bingung

Cindy
Cindy
Reply to  Om Pimpa
Januari 11, 2022 3:55 am

kalau begitu om, katakan saja, itu kantor tempat dia nyewa buat perusahaan umkm berbentuk cv ny dia.
nah, sementara kita yang bukan pengurus yang menerima surat tersebut.
perusahaan yg mereka anggap ud selesai karena akta pembubaran sudah keluar, entah uda kemana gitu beserta data-datanya..

bagaimana itu om?
apa kita abaikan saja surat panggilan tersebut ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cindy
Januari 11, 2022 1:08 pm

jika memang surat itu bukan untuk subjek yg dimaksud ya tinggal disampaikan saja sperti itu atau bahwa kita tidak ada kaitannya

Tanto lim
Tanto lim
Januari 8, 2022 7:54 am

selamat siang om, minta saran dan buat tambah wawasan

nama saya Tanto

saya buka usaha di Timor Leste 100% penghasilan saya itu dari luar negeri.
tetapi saya setiap bulan ada membayar pajak di indonesia karena ada membeli rumah dan berbagai macam aset.

pertanyaan saya apa untuk TA jilid II harta ( uang usaha saya ) diluar negeri apa termasuk dalam kategori wajib pajak repatriasi…

sedangkan saya tidak punya penghasilan di indonesia masa saya harus kena bayar repatriasi 18%

mkasih bantuannya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tanto lim
Januari 8, 2022 10:14 am

Ini domisili tinggalnya dmn?

tanto
tanto
Reply to  Om Pimpa
Januari 8, 2022 12:02 pm

saya lebih banyak tinggal ditimor leste

Om Pimpa
Editor
Reply to  tanto
Januari 10, 2022 6:46 am

Jika begitu maka bukan subjek pajak indonesia dan tidak ada kewajiban apajak apapun di indonesia

christiana nining
christiana nining
Januari 8, 2022 7:24 am

hallo om, mau tanya nih. saya kan udah update efaktur 3.1 dan waktu mau impor faktur keluaran muncul eror 30005: kode dokumen pendukung salah. padahal sebelumnya saya upload di versi 3.0 lancar2 saja bahkan upload terakhir di bulan januari ini. kira2 solusinya bagaimana ya? atau adakah skema impor baru untuk versi 3.1

Om Pimpa
Editor
Reply to  christiana nining
Januari 8, 2022 10:14 am

Versi 3.1 ada tambahan kolom untuk dokumen pendukung

Rahma
Rahma
Reply to  Om Pimpa
Januari 9, 2022 2:02 pm

dokumen pendukung itu isi nya gimana itu yaa om ??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rahma
Januari 10, 2022 6:47 am

pada field dokumen pendukung diisi nomor SPPB

Rahma
Rahma
Reply to  Om Pimpa
Januari 10, 2022 7:03 am

Om, yang dokumen pendukung di isi nomor SPPB juga berlaku buat FP non berikat juga yaa ?? soalnya aku impor CSV yg FP non berikat semua, error nya “30005 maping dokumen pendukung salah…” ,

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rahma
Januari 10, 2022 12:38 pm

Faktur kode brapa yg mau diterbitkan?

Rahma
Rahma
Reply to  Om Pimpa
Januari 10, 2022 12:59 pm

kode 01 om…,

Julia
Julia
Reply to  Rahma
Januari 11, 2022 6:39 am

Ini saya mengalami hal yang sama, lalu bagaimana ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rahma
Januari 11, 2022 12:16 pm

saat melakukan impor data, kolom dokumen pendukung diisi apa? jika faktur kode 01 maka ga perlu isi kolom dokumen pendukung

ina.joker
ina.joker
Reply to  Rahma
Januari 11, 2022 5:00 am

cuma mau share info aja. file csv nya ditambah 1 kolom nama nya: KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG. saya coba berhasil setelah csv nya di tambahin kolom itu

Rahma
Rahma
Reply to  ina.joker
Januari 12, 2022 2:22 am

Ok Om, aku coba juga.., terimakasih banyak om informasi nyaa..

Tama
Tama
Reply to  ina.joker
Januari 12, 2022 11:08 am

Hallo, kalau boleh tau letak kolom KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG nya disebelah kolom apa ya pada format csv nya?

ani
ani
Reply to  ina.joker
Maret 7, 2022 8:50 am

kak, mau tanya. mau buka csv nya gimana ya? soalnya saya dpt dr kpp dalam bentuk rar dan pas diklik harus masukan password. itu password apa?

Arif
Arif
Reply to  ina.joker
Maret 22, 2022 5:16 am

saya masih kerepotan dg problem ini, apakah saya bisa hubungi lgs untuk minta bantuan penjelasan yg lebih detail kak? trm ksh sblmnya…

Arif
Arif
Reply to  ina.joker
Maret 22, 2022 5:18 am

dimana penempatan kolom tambahan untuk di csv-nya ya kak?

CAR
CAR
Reply to  Arif
April 3, 2022 2:49 am

iya kalau boleh tau dimana ya, krna saya mengalami hal yg sama pada saat proses import. mapping kode dokumen pendukung salah. itu bagaimana ya?

Tama
Tama
Reply to  Om Pimpa
Januari 11, 2022 6:00 am

Permisi Om, letak kolom dokumen pendukung itu disebelah mana ya om persisnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tama
Januari 11, 2022 12:32 pm

di field dokumen pendukung

WhatsApp Image 2022-01-06 at 22.46.00.jpeg
Tama
Tama
Reply to  Om Pimpa
Januari 11, 2022 1:25 pm

Oke, terima kasih banyak ya Om atas penjelasannya, sangat membantu.

steven
steven
Reply to  Tama
Januari 12, 2022 2:08 am

Halo mau tanya please, untuk di .CSV tambah kolom KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG , posisi nya di sebelah mana ? atau bebas posisinya ?
utk FP 01 , tidak perlu isi apa apa kan ? hanya utk FP 07 berikat yah isi nomor sppb

Tama
Tama
Reply to  steven
Januari 12, 2022 11:03 am

Hallo, sepertinya untuk skema file.csv nya tidak perlu ditambah kolom KODE_DOKUMEN_PENDUKUNG jadi cukup isi nomor sppb diform input yg dilampirkan oleh Om Pimpa, menurut Om Pimpa bagaimana?

Saya Butuh Uang
Saya Butuh Uang
Reply to  steven
Januari 14, 2022 8:54 am

Bantuin ya,
Dipaling belakang kak di bagian headernya.

Jika non 07/08 bisa di kosongkan, tetapi formatnya harus tetap ada ya.

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x