Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rahmadani
Rahmadani
April 18, 2021 2:50 am

Saya kontrak kerja periode 1 Januari s.d. 31 Desember 2020 pangkat golongan IIIA/d, pada pembayaran bulan Maret 2021 saya dapat kenaikan pangkat pengabdian golongan IV/a
Pertanyaan
Berapa persen pengenaan pajak terhadap penghasilan yang saya terima
Terimakasih

Any
Any
April 18, 2021 1:02 am

Om mohon maaf saya ingin bertanya karna saya tidak paham mengenai pajak
Pertanyaan saya
Jika tidak pernah malakukan pelaporan dan pembayaran PPh 23 krna jasa expedisi yang digunakan tidak ada NPWP atau tidak memberikan NIK ini bagaimana ya? Apakah bisa lakukan pelaporannya menggunakan NPWP kita sendiri? yang berarti potongan 2% maupun denda keterlambatan pelaporannya kita sendiri yang tanggung

Alvin
Alvin
April 17, 2021 11:29 am

Tuan Budi telah ber-NPWP dan memiliki usaha toko tekstil di Surabaya, omzet penjualan tahun 2018 setelah dihitung di akhir tahun sebesar Rp.3,6 milyar dengan total biaya-biaya yang dikeluarkan sebesar Rp.3,2 milyar. Tn. Budi memiliki kebingungan di akhir tahun untuk memilih memakai tarif Pasal 17 atau PP 23 tahun 2018 untuk tahun pajak 2019. Sebagai konsultan pajak, berikan pendapat terbaik anda kepada Tn.Budi untuk memutuskan tarif mana yang akan digunakan disertai dengan simulasi perhitungan sederhana

Ivand Verona
Ivand Verona
April 17, 2021 8:16 am

Om mau tanya
Ini kan saya ada transaksi pembuatan sertifikasi ISO.terus saya terima invoice DP
Tapi saya lupa potong PPh 23 nya ., itu bagaimana yah om?
Apa nanti pas saya terima invoice pelunasannya itu saya potong dri total nya apa bagaimana?

Riany
Riany
April 17, 2021 8:03 am

bagaimana cara menghitung pbb dengan data : tanah luas 20.000/m2 harga jual/meter 24 jt, klas 97. Bangunan apartemen 100.000m harga jual 6jt klas 32. Luas bangunan efektif dpt dijual 79.200m, luas satuan unit bangunan yg d jual 36m. Berapa pbb nya pak?

Muamar
Muamar
April 17, 2021 2:27 am

Mw tanya apabila pemerintah Desa menggandakan barang berupa kertas di toko nilainya lebih dari 2 jta itu perhitungan pajaknya bagaimana y?

Edy R.
Edy R.
April 16, 2021 1:24 pm

Om Pimpa yg baik mohon pencerahannya. Kalau usaha umkm yg penghasilannya dari jasa dan pph final 0,5% selalu dipotong oleh pemberi kerja.laporan bulanannya bagaimana?.terus pembayaran oleh pemberi kerja selalu beda bulan dengan catatan penjualan bulanan usaha umkm, bagaimana pengaruhnya terhadap perpajaknnya. Tks.

nadira
nadira
April 16, 2021 12:36 pm

Assalamualaikum wr wb Pak saya ingin bertanya.Jika wajib pajak melakukan upaya keberatan dan kemudian banding atas utang pajak tahun 2010 yg akhirnya seluruh banding wajib pajak ditolak maka terhadap wajib pajak dikenakan sanksi apa? jelaskan dan sebutkan dasar hukumnya

badang
badang
April 16, 2021 11:33 am

saya adalah pedagang toko pak, saya ingin bertanya; kl ceritanya panjang, apa bisa disini? Saya mendapat surat panggilan mengenai pembayaran pajak yg dinilai tidak wajar. dgn data yg diperoleh. pada tahun 2018 & 2019. dan saya kena pph final yg 2018 1% dari setengah jumlah total pajak pertahun dan 0.5% setengah jumlah total pertahun. data yg diperoleh 2019 adalah 0.5% pertahun dari omset yg artinya total semua pembelian + brpa persen keuntungan saya (juga ada perbedaan yg saya bilangdgn yg mereka tafsir, dan mrk tidak percaya dgn yg saya bilang). sampai dikantor pajak saya sudah mau membayar kekurangannya walaupun agak… Read more »

Mona
Mona
April 16, 2021 11:16 am

Selamat malam min. Saya mendapat bukti potong 1721-VI sebagai karyawan tidak tetap. Kalau mau lapor spt menggunakan formulir yg mana ya min?

Herni Diantari
Herni Diantari
April 16, 2021 8:07 am

Assalamualaikum wr wb Pak saya ingin bertanya tentang pajak 411128-402. Saya memiliki rumah pemberian ibu saya, masalhnya saat itu Ibu saya tdk thu klw saya memiliki NPWP shg kode NPWP yg tertera pd sertifktnya adlh 00.000.000.0-***.00. Rumh trsbut dijual dan hrs membyr pajak penjualannya. 1. Apakah saya hrs mengganti NPWP terlbh dahulu sebelum melaporkan dan setor pajak saya atw tetp menggunakn NPWP yg ada d sertifikat? 2.Saat memiliki rumah tsb saya blm menikah dan tgl dgn ortu, saat ini sdh dgn suami. Apakh perlu perbaikan data alamat pada NPWP dn diverifikasi dulu sblm saya gunakan utk membuat laporan pajak ataupun… Read more »

darmanto
darmanto
April 16, 2021 7:26 am

kalau kita bayar vendor lupa memotong PPh23, apa dampak dan bagaimana solusi sesuai peraturan perpajakan?

Dwi
Dwi
April 16, 2021 3:14 am

Tanya pak…untuk laporan tahunan 2020terkait PPh final tarip 0,5% berati laporan tahunan sudah ga perlu bayar pph lagi kan ya pak. kebetulan perusahaan omset dari oktober sd desember sudah ada dan cost selam 3 bln tidak terlalu banyak sehingga muncul Laba tinggi. intinya saya ada 2 pertanyaan
1. apa laporan tahunan nihil terkait sudah bayar pph final 0,5%
2. penyajian laba rugi yg keliatan besar pengaruhnya ada ga untuk laporan tahun depan

M Nora B
M Nora B
April 16, 2021 2:51 am

Apakah bawa hp iphone 11 dari luar negeri akan kena pajak? Berapa pajaknya? Hp pribadi, bukan dijual.

M Nora B
M Nora B
Reply to  admin
April 16, 2021 9:05 am

Terimakasih

Rarra
Rarra
April 16, 2021 2:27 am

Selamat pagi om, mau minta pencerahannya…
Kantor representative kan sebenarnya tidak bisa terima pendapatan. tapi kebetulan ada client yang tidak mau bayar dalam USD dan melakukan transfer ke bank account luar negri.
apa bisa bank account yang di indonesia menerima uang tersebut, convert ke USD dan langsung ditransfer ke bank account luar negri? Jadi hanya sebagai transit saja…
Terima kasih sebelumnya, om pimpa

rahmawati
rahmawati
April 16, 2021 1:50 am

selamat pagi om, mau tanya misal saya belum lapor tahunan op, dari tahun 2018, 2019 dan 2020, tahuna tersebut saya telat lapor semua, yang saya tau kalau telat lapor ada dendanya 100 rb, perhitungan denda nya 100rb ini bagaimana? apakah lapor lewat tgl 31 maret kena denda telat lapor tersebut? untuk yang tahun 2018 dan 2019 nya juga seperti apa?

Dewi
Dewi
April 15, 2021 1:37 pm

Pak perusahaan saya di bidang ekspor dan pajak ekspor 0 , kewajiban pajak saya apa saja ya pak ?

Yana
Yana
April 15, 2021 8:56 am

Selamat Sore om, mau tanya perusahaan saya memebuat fp (untuk BANK BUMN) dengan kode 030,dengan nominal lebih dari 10 juta, saat pembayaran tagihan dari pihak bank dibayarkan secara full dengan tagihan yang kita buat tanpa adanya potongan dari pihak bank tersebut, pertanyaannya, apakah pada saat kita akan bayar pajak bulanan kita harus membayar Pajak dari tagihan tersebut, sedangkan kode 030 adalah faktur pajak yang menandakan telah dilakukannya pemungutan faktur pajak

Dwi
Dwi
April 15, 2021 6:27 am

dana yg 60 juta tersebut sebagian terpakai untuk biaya biaya pendirian perusahaan, sewa kantor dll

Dwi
Dwi
April 15, 2021 6:25 am

pak tanya,, perusahaan kami modal dasar 1000,000,000 dan ditempatkan dan disetor sesuak akte pendirian 600 juta
dan kenyataan dari 600 jt tersebut baru terkumpul ri sebagai dana cash 60jt (20jt x3 orang pemilik saham)

pencatanan di neraca awal gimana bos

Tris
Tris
April 15, 2021 4:16 am

Tanya om, penurunan tarif PPH badan apakah berlaku untuk pasal 17 dan 31E ?

Tris
Tris
Reply to  admin
April 15, 2021 7:10 am

tarif tersebut mulai berlaku pada angsuran pph bulan April 2020, sedangkan di laporan SPT Tahunan 2019, saya masih memakai tarif angsuran 25%, apakah saya harus melakukan pembetulan tarif angsuran om? jika begitu akan muncul angsuran PPh 25 yg lebih kecil. dan angsuran PPh 25 yang terlanjur terbayar dengan tarif 25% tersebut apakah tidak bermasalah? bisakah total angsuran tersebut langsung masuk di Induk SPT Tahunan Badan nomor 10C?

Roro
Roro
April 15, 2021 3:29 am

Om jika Hotel A kerjasama dengan PT B dan melakukan penjualan voucher. Voucher itu bisa ditebus oleh pelanggan PT B untuk menikmati fasilitas seperti Kamar, Makanan & Minuman, Spa. Implikasi pajak atas penjualan voucher tersebut apa saja ya om? Lalu ketika pelanggan PT B melakukan redeem voucher, apakah ada implikasi pajaknya? Terimakasih

Roro
Roro
Reply to  admin
April 15, 2021 5:28 am

(1) PPh atas penghasilan disini maksudnya, masuk sebagai penghasilan dalam perhitungan PPh Badan Hotel A? Atau dikenakan Pajak Hotel karena vouchernya terkait pelayanan hotel? Lalu ketika voucher di redeem oleh konsumen PT B ke Hotel, tidak ada implikasi perpajakan karena dianggap sebagai potongan/diskon? Dan sudah dikenakan Pajak Hotel saat voucher dijual ke PT B? Atau dikenakan Pajak Hotel disini, ketika penjualan tidak.

(2) Dalam hal vouchernya tidak di redeem berarti masuk ke Penghasilan Lain-lain di perhitungan PPh Badan Hotel A kah?

(3) Kemudian, untuk implikasi PPN tidak ada ya om?

Roro
Roro
Reply to  admin
April 15, 2021 10:35 am

Kenapa kenanya di PPh Badan om bukan Pajak Hotel? Terus misal ketika di redeem utk pesan kamar lalu nominalnya exceed dari voucher yg ada, nominal exceed nya itu nanti kena Pajak Hotel atau di PPh Badan juga?

Cici
Cici
April 15, 2021 1:39 am

Om Pajak, saya mau tanya. Saya mau lapor SPT Tahunan PPH Badan, saya input SSP tapi tanggan ssp hanya mentok di 31 Des 2020, sedang saya bayar di April 2021, mohon solusinya
Terimakasih

Nani Suryani
Nani Suryani
April 15, 2021 1:37 am

Om, banyak literarur yg saya baca mengenai perhitungan PPh psl 21 atas gaji dan THR, tp sy msh bingung. Intinya A. Apakah benar dalam perhitungan PPh psl 21 atas gaji dan THR itu petugas pajak di sebuah kantor harus membuat dua kertas kerja yg berbeda yaitu: 1. Kertas kerja atas perhitungan gaji disetahunkan dan THR 2. Kerhitungan hanya utk gaji disetahunkan saja Kemudian dicari selisih dari penjumlahan no 2 + no 1…maka hasilnya merupakan PPh pasal 21 yg terhutang/ yg hrs di setor/lapor ke kas negara B. Jika memang pola perhitungannya seperti itu maka, Jika seseorang berNPWP,sbg pegawai lepas, tk/0,… Read more »

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  Nani Suryani
April 15, 2021 4:55 am

Pegawai tetap Om, mhn maaf sy ralat. Tmksh…

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
April 15, 2021 4:46 pm

Baik, sy otw ke payung hukumnya. Tmksh Om jd saya skr punya pegangan. Haturnuhun atas arahannya…

Kraken
Kraken
April 15, 2021 12:52 am

Om mau tanya permasalahan pajak, jika PT FARRAS (bernpwp) merupakan perusahaan Jasa Teknik. PT FARRAS mendapat kontrak peneltian produk lampu hemat dan pelatihannya dari PT FAWWAZ (bernpwp). Dalam Kontrak disepakati bahwa pembayaran atas penyerahan jasa oleh PT FARRAS terdiri dari gaji untuk 6 orang trainer dan 3 peneliti sebesar Rp27.000.000, material untuk sample produk Rp20.000.000,00 dan imbalan atas jasa penelitian dan pelatihan sebesar Rp15.000.000,-. A.Berapa PPh Pasal 23 yang terutang berdasarkan rincian tersebut? B.Berapa PPh pasal 23 yang harus dipotong apabila tidak ada perincian dalam kontrak maupun tagihannya?

Pt Ferkan
Pt Ferkan
April 15, 2021 12:05 am

Mau tanya pak , kalau sudah lapor pph23 melalui djp online tapi bpe tidak muncul di arsip dan di email gmna ya pak?

DAVID
DAVID
April 14, 2021 9:40 am

kasus penjuala Konsinyasi
[07.19, 14/4/2021] David tax: Misal pt A titip ke PT B
[07.20, 14/4/2021] David tax: Apakah A terbitin fsktur pajak ke B? B terbitin faktur gunggung di SPM dia sendiri? Pk A jadi PM B
[07.21, 14/4/2021] David tax: Ato skema kedua PT A gunggung laporan penjualan B karena B jual ke end user sehingga B tidak terima Pajak Masukan?
[16.23, 14/4/2021] David tax: gimana ya?
[16.23, 14/4/2021] David tax: Thx

Wahyu
Wahyu
April 14, 2021 8:22 am

OM mau tanya tentang Pajak.
antara efaaktur dan web efaktur ada selisih angka pajak masukan, ini disebabkan apa, dan bagaimana solusinya.
Demikian terimakasih

Yossy
Yossy
April 14, 2021 7:03 am

Om mau tanya, saya bayar pajak pph 23 kelebihan dri pph terutangnya. Alhasil untuk kirim ada notif error bps exception bagaimana solusinya ya?

Nia
Nia
April 14, 2021 3:45 am

Om mau tanya, bagaimana cara mengisi modal CV yang tidak terdiri dari saham di transkrip kutipan elemen keuangan?

richter
richter
April 14, 2021 3:04 am

tanya om, tante saya sudah lama menetap di luar negeri selama -+ 5 tahun dan tidak akan kembali lagi ke Indonesia dan sekarang sedang mengajukan permanent citizen di negara tempat dia tinggal sekarang. Agustus lalu dia baru bikin NPWP disini. status perpajakannya jadi bagaimana ya om? apakah mengajukan Non Efektif/penghapusan NPWP? terima kasih.

richter
richter
Reply to  admin
April 15, 2021 7:11 am

makasih atas responnya om. alasan tante saya bikin NPWP, karena suaminya meninggal dunia. maka tante saya berinisiatif buat NPWP takut diperlukan saat pengurusan pembagian warisan/urusan lainnya yang terkait dengan almarhum suaminya, namun ternyata semua warisan diserahkan ke anaknya, jadi NPWPnya pada akhirnya tidak digunakan. demikian om.

ridwan
ridwan
April 13, 2021 1:32 pm

badan/perusahan yang sudah terdaftar namun belum mimliki pkp, apakah sudah dapat mengikuti pelelangan kegiatan pemerintah daerah

Anz
Anz
April 13, 2021 7:49 am

om mau nanya , misalkan ada mau retur FK di DJP untuk bulan april tapi retur nya pake FK bulan januari bisa ? dan bagaimana menurut om ?

DAVID
DAVID
April 13, 2021 6:29 am

Om mau download/cetak Butong di Ebupot yg ud terkirim bagaimana ya?

novia
novia
April 13, 2021 6:20 am

om mu tanya , untuk perubahan tahun buku format contoh surat pengajuannya seperti apa ya?

Yuli
Yuli
April 12, 2021 2:41 pm

Perlakuan akuntansi pajak atas perolehan aktiva tetap berwujud dibebankan

Rahfa
Rahfa
April 11, 2021 8:56 am

Om mau nanya, kan dalam laporan perubahan modal perusahaan ada Prive. Nah dalam pengisian form Spt prive tersebut di masukkan di mana yaa om ?

Febri
Febri
April 10, 2021 11:00 am

salah 1 syarat pegawai pajak adalah berpendidikan diploma III, lalu bagaimana dengan lulusan pajak Stan diploma I? apakah mereka tidak dapat dikatakan Sebagai pegawai pajak (jika bekerja di DJP/Kemenkeu)? lalu bagaimana langkah yang harus mereka tempuh agar dapat menjadi pegawai pajak?

Siska
Siska
April 10, 2021 10:59 am

Berdasarkan PMK No 1/PM.3/2007 TENTANG KODE ETIK PEGAWAI DJP, definisi Pegawai DJP adalah CPNS dan PNS yang bekerja pada DJP. Lalu apakah PNS yang bekerja di bidang perpajakan tp berada di kantor pemerintahan selain DJP tidak tergolong pegawai pajak?

roganda
roganda
April 10, 2021 9:07 am

om….
bagaimana mengurus pajak perusahaan yang NPWP nya tidak berlaku karna tidak membayar spt tahunan pph.
langkah apa saja yang harus dilakukan pertama dan selanjutnya lalu apa saja yang akan di minta perpajakan yang harus saya persiapkan?

Wilis
Wilis
April 9, 2021 12:00 pm

Malam om mau tanya dong
Aku ada case, di tempat aku kerja sekarang kan ada 80 pegawai nah 20 pegawai itu terkena potongan pph 21 dan yg 60 nya itu masih di bawah PTKP, Yg jadi pertanyaan yg 60 pegawai itu apakah ikut dimasukan ke dalam espt pph 21 atau tidak ya om

Wilis
Wilis
Reply to  admin
April 12, 2021 9:12 am

Dimasukannya pada laporan bulanan januari-november yg di formulir 1721-1 ya om

Abdurahman
Abdurahman
April 9, 2021 9:00 am

Mau tanya lagi om, jika status dari bukti penerimaan atas ppn masa di bulan terakhir sudah nihil. Apakah artinya sudah tdk ada hutang ppn lagi? Atau itu hanya menunjukan status ppn masa di bulan tersebut saja?

Abdurahman
Abdurahman
April 9, 2021 8:55 am

Om mau tanya, untuk ppn masa yg dibayarkan itu harus dari sejumlah total faktur yg di terbitkan bulan tersebut, atau dari yg sudah di bayarkan saja?

Contoh: Bulan Maret nerbitin 3 faktur penjualan beserta fp. Tp sampai di akhir batas penyetoran ppn masa bulan maret, penjualan yg dibayarkan baru 2 invoice saja. Jadi kita hrs setor ppn masa nya yg baru dibayar saja, atau hrs semua sejumlah total penjualan

Tia
Tia
April 9, 2021 4:44 am

om mau tanya, saya ada pembayaran masuk bulan Oktober 2020, tetapi baru saya buatkan faktur saat penyerahan barang di bulan Maret 2021. Bagaimana nanti perlakuannya di SPT Tahunan Badan 2020? apakah dianggap omset atau utang?

Tia
Tia
Reply to  admin
April 13, 2021 2:28 am

saat terima uang dianggap pembayaran dimuka om.

Tia
Tia
Reply to  admin
April 14, 2021 2:49 am

nah ini saya baru menerbitkan faktur saat penyerahan barang om, bukan saat penerimaan uangnya. apakah ini akan terhitung omset 2020 atau utang? kalau masuk omset nantinya gak sesuai dengan pelaporan PPN Masa. kalau masuk utang, penerimaan tersebut harusnya terutang PPN di th 2020 hanya saja fakturnya terbit di th 2021.

Nani Suryani
Nani Suryani
April 9, 2021 2:20 am

Om mhn info serta arahannya..
Apakah eSPT Badan Tahunan ada versi terbarunya? saya masukkan SSP tp kok tanggal setor terakhir 31 Desember 2020?.
Tmksh Om..

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  Nani Suryani
April 9, 2021 8:08 am

Intinya Om, sy mau lapor dg tgl SSP di bln sekarang tahun 2021. Nahh, saat klik 2021 tdk ada tahunnya mlhnan mentok di tahun 2020..mhn arahannya Om. Tmksh…

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
April 10, 2021 10:16 am

Oooh bgtu yaa Om, baiklah smga sj atasan sy bisa sy bujuk deeh. Soalnyakn beliau yg entry datanya. Posisi sy hanya sbg suppporting data sj. Tmksh bnyk Om utk sarannya. Selamat sore..

Mohammad Iqbal
Mohammad Iqbal
April 8, 2021 6:20 pm

Om kalo penghasilan atas komisi jual beli properti apakah kena pajak PPh Final Omset (0,5%) juga selain PPh 23 (2%)?

DAVID
DAVID
April 8, 2021 9:01 am

Om; kalo PP23 2018 untuk PT berakhir Des’2020 atau Juni 2021 ya? karena kan PP23 mulai Juli’18 Thx

Diriyanti
Diriyanti
April 8, 2021 8:07 am

Om , untuk pengisian spt tahunan badan dgn pph final DTP..untuk yg DTP dan pph yg dibayar sendiri diisi dikolom yg mana..omzet dimasukan semua atau bagaimana ?

Diriyanti
Diriyanti
Reply to  admin
April 8, 2021 12:05 pm

Pada spt 1771 , apakah pph yg dibayar sendiri di masukkan di lamp IV bag A, dan pph DTP dimasukkan di lamp IV bag B ..bener ga om ?

Diriyanti
Diriyanti
Reply to  admin
April 9, 2021 11:15 am

Iya pp23..makasih om sukses selalu

diri
diri
April 8, 2021 7:16 am

om nanya dong..pph final umkm badan DTP harus dibuat jurnal nya?..kalau iya seperti apa ya om ?

Martini
Martini
April 7, 2021 12:15 pm

Maaf mau tanya, dilaoran spt badan tahun lalu nihil, knp di tahun yg skrng bisa timbul kurang bayar pph pasal 29, padahal pengisian ga jauh beda sgn tahun yg lalu

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x