Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fery Sagitariawan
Fery Sagitariawan
Mei 4, 2021 5:05 am

Hallo om,izin bertanya,kepada siapa saya harus melakukan wawancara mengenai pajak daerah senagai data primer penelitian saya??
terimakasih

Fery Sagitariawan
Fery Sagitariawan
Reply to  admin
Mei 6, 2021 3:41 am

keseluruhan jenis2 pajak daerah kabupaten

Abdullah
Abdullah
Mei 3, 2021 10:16 pm

Halo om, saya adalah orang yang baru mengenal pajak.
Begini sebelumnya, saya bekerja ditempat orang lain.tidak pernah ditanyakan npwp.
Baru² ini ditempat kerja saya yang baru…
Ditanyakan,
Apa kamu punya NPWP? Saya bilang tidak.
Lalu ditanyakan :
kamu pilih…
UMKM pajak final / UMKM PTKP?
Saya pilih UMKM PTKP.

Yang jadi pertanyaan saya,bisakah
UMKM PTKP,yang saya pilih
Diubah.
Menjadi UMKM pajak final….

Nani Suryani
Nani Suryani
Mei 3, 2021 7:16 am

Om mhn pencerahannya, bgini…kntr sy sdh PKP didlmnya ada peg.tetap dan peg.lepas. Smua pegawai itu gajinya dibawah PTKP. Berdasarkan peraturan yg pernah sy baca/ tapi lupa nomor payung hukumnya. Mhn koreksi jk saya keliru Om…(intinya: jk perusahaan diperhitungan PPH psl 21 bernilai NIHIL/ karyawan dg upah dibawah PTKP tdk ada kewajiban utk lapor SPT masa dari bln Jan sd Nop, tapi di bln Des tetap diwajibkan lapor dg cara merangkum keseluruhan biaya gaji yg sdh dikeluarkan selama di thn tsb) Kantor tetap lakukn pelaporan SPT MASA PPH psl 21 setiap blnnya. Nahhh…awalnya sy diintruksikn oleh atasan lapor sart di bln… Read more »

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Mei 4, 2021 6:50 am

alhamdulillah baik Om..tmksh…

Febriza
Febriza
Mei 3, 2021 6:45 am

Om mau tanya, jika saat pengisian format file di excel npwp dan alamat salah bagaimana ? Sedangkan sudah di lapor dan sudah lewat jatuh tempo

abi lisya
abi lisya
Mei 3, 2021 4:19 am

saya guru PAI swasta yang dapat tunjangan sertifikasi dan sudah inpasing gol 3a. kalau secara gaji pokok untuk penerimaan selama 1 triwulan adalah 3 x 2,5 juta = 7,5 juta rupiah. namun saat masuk rekening hanya sekitar 7,3 jutaan. artinya saya yakini itu karena sudah dipotong pajak.
Akan tetapi pihak kemenag kota yang mengelola administrasi pemberkasan hingga pencairan meminta pengumpulan pajak lagi sekitar 390 ribuan untuk dikumulatifkan setorannya bersama guru2 swasta lainnya.
Yang saya tanyakan:
1. apakah pungutan pajak itu memang seperti itu seharusnya?
2. kalau iya jenis pajak apa saja yg harus saya bayar tsb?

Happy
Happy
Mei 2, 2021 11:26 pm

Selamat pagi om.. Mau tanya mengenai pajak ppn om.. Dalam PT ada kerjasama dengan pihak Pemerintah daerah..mau menanyakan untuk pembayaran PPN nya bagaimana prosedurnya ya dan apa yang harus disiapkan terima kasih

HAPPY CHRISTALINA
HAPPY CHRISTALINA
Reply to  Happy
Mei 3, 2021 11:11 am

Jadi om mereka menitipkan saya untuk membayarkan atas kerjasama tersebut jadi apa yang harus saya lakukan..dan bagaimana tata caranya..Ppn tersebut pembayarannya atas nama npwp perusahaan ya? Atau bagaimana?

Fitri Wahyunita Sari
Fitri Wahyunita Sari
Mei 2, 2021 8:16 pm

Maaf om mau tanya…kmren saya sdh lapor SPT tahunan orang pribadi utk tahun 2020..setelah lapor baru tau klo masa pajak di pembayaran PPh final ada yg salah, harusnya masa Januari 2020 tercetaknya masa Januari 2019…jadi sy harus bagaimana apa bisa klo di PBK sedangkan SPT tahunan sdh terlapor…trimakasih om mohon pencerahannya

Amar
Amar
Mei 2, 2021 4:14 pm

om mau tny. kalau tahun buku dimulai dari april 2021, untuk menghitung pph 21 karyawan, penghasilan bruto dikalikan 9 (april-des) atau dikali 12 bulan?
NB: untuk keperluan lapor spt masa bulan april 2021. nuhun

HERLINA SINAGA
HERLINA SINAGA
Mei 1, 2021 12:51 pm

Om Pimpa, saya mau tanya apakah barang yang dibeli oleh Pemerintah desa yang didanai oleh dana desa pada apbdes tahun 2020 dibebaskan dari pajak pph. 22 dan ppn? Mohon jawabannya 🙏🙏🙏

rimavt
rimavt
Mei 1, 2021 6:54 am

om mo nanya lagi.siapa tempe om tahu juga. om gima ya mo instal aplikasi espt? semua setting sudah diikuti ,semuanya udah dilakukan ttap aja muncul notif ubah seting ke bahsa indonsia.mkasi om

rimavt
rimavt
Reply to  admin
Mei 4, 2021 2:17 am

udah juga om. semuanya udah bahasa Indonesia.tpi ttap muncul notif nya om

rima tololiu
rima tololiu
Mei 1, 2021 6:47 am

holla om pimpa .hallo epribadehhh heheh semangatttt ngurusin pajaknyaa walaupunn bikin puyengg. yukk bisa yuk

rimavt
rimavt
Reply to  admin
Mei 4, 2021 2:19 am

hehehehehe.. saya juga bangga ada manusia seperti om yg baik hati dan tidak sombong.. GOD BLESS U OM

Andy
Andy
Mei 1, 2021 3:20 am

Om mau tanya tentang pengajuan PKP.NPWP BU kami terdaftar di kota A dan statusnya belum terdaftar sebagai PKP, seluruh dokumen BU kami hilang krn kebakaran kantor beberapa waktu yg lalu. Saat ini kami akan memulai kegiatan usaha di kota B dan saat ini sedang dalam proses pengajuan perizinan dari instansi di kota B (akta perubahan,SK KEMENKUMHAM, NIB,SKTU,SIUP,dll). Pertanyaan kami apakah proses pengajuan PKP BU bisa kami lakukan di kota B dengan perizinan yg kami miliki seperti yg kami gambarkan di atas? Atas penjelasanya kami ucapkan terima kasih

Oviyanti
Oviyanti
April 30, 2021 10:25 pm

Om pajak mau tanya dong, kalau lupa bayar ppn akhir bulan april apa bisa bayar bulan mei ? Dan denda berapa ya ? Mohon dijawab terimakasih

zakka
zakka
April 30, 2021 7:17 pm

Om Pimpa,
Saya memiliki perusahaan yang PKP dan akan melaporkan SPT Tahunan Badan th 2021. Yang ingin saya tanyakan terkait laporan keuangan untuk lapor pajak tersebut. Bila saya ada menerbitkan invoice dan faktur pajak ke klien bulan desember 2020, dan saya juga membayar pajaknya pada januari 2021.
Sedang customer sendiri baru membayar tagihan invoice tersebut di bulan feb 2021.
Nah untuk invoice & faktur pajak di desember 2020 tersebut dimasukkan ke dalam pendapatan th 2020 ataukah masuk ke tahun pajak 2021, mengingat customer baru membayarkan tagihan invoice berikut pajak ppn pada feb 2021.

Ryu
Ryu
April 30, 2021 6:22 pm

Om mau tanya selamat malam apakah kalo gaji di bawah 2 juta kena pajak PBB

Gulo
Gulo
April 30, 2021 2:19 pm

3. Jelaskan kode dan nomor seri FP dibawah ini:
a. 011.001.19.65788779
b. 070.001.19.65788780
c. 091.001.19.65788781

HERLINA SINAGA
HERLINA SINAGA
April 30, 2021 1:45 pm

Saya mau tanya, apakah barang yang dibelanjakan desa untuk pencegahan covid di desa seperti masker, desinfektan, vitamin dll dibebaskan dari PPh. 22 dan PPn?
Dan apa ada dasar hukum mengatur itu?

Dee
Dee
April 30, 2021 4:19 am

Om pajak, mau tanya dong seputar PPN (Faktur Pajak) yang berhubungan dengan Barang bonus/gratis/sample/garansi /barang dipakai sendiri boleh ?: 1. di Perusahaan kami setiap customer beli barang mesin akan mendapatakan bonus barang x,y yang masih terkait dengan mesin tersebut. Pengiriman barang bonus tersebut menjadi satu dengan pengiriman mesin tersebut. Apakah boleh untuk invoicenya dijadikan satu ? contoh : PT M (jakarta) mesin a 1 unit Rp. 1.000.000 (menggunakan harga jual) brg x 1 pcs Rp. 500.000 (menggunakan harga jual) brg y 1 pcs rp. 200.000 (menggunakan harga jual) total invoice Rp. 1.700.000 discount Rp. 700.000 Total inv stl disc Rp.… Read more »

Dee
Dee
Reply to  admin
Mei 3, 2021 6:38 am

Terima kasih Om Pajak atas arahannya.

sriwaluyo
sriwaluyo
April 30, 2021 4:02 am

Selamat siang om pimpa alahayum gambreng..om saya sri waluyo mau tanya terkait dgn Undang Undang (UU) Cipta Kerja mengecualikan dividen dari objek pajak penghasilan (PPh) apabila diperoleh wajib pajak (WP) orang pribadi dalam negeri dan badan dalam negeri, sepanjang dividen tersebut diinvestasikan di Indonesia dalam jangka waktu tertentu (min 3th). pertanyaannya saya mempunyai perusahaan dan saya pemegang sahamnya..dari perusahaan tersebut ada deviden yg dibagikan kepada pemegang saham nah deviden tersebut tdk kena pajak kan ya om, kalau seandainya hasil deviden itu saya investasikan di dalam negeri dgn dibelikan produk obligasi/reksadana di bank persepsi berarti akan bebas pajak ya om selama… Read more »

sriwaluyo
sriwaluyo
Reply to  admin
Mei 3, 2021 2:30 am

Terimakasih atas jawabannya om, berarti untuk melakukan laporan realisasi investasi di djponline dari deviden yg di investasikan dari rekening perorangan di tahun 2021 ini harus segera di laporkan sebelum batas baktu PELAPORAN berakhir ya om.?

Ardyan
Ardyan
April 30, 2021 1:32 am

Om sy mau tanya. Kalau perusahaan mengalami rugi, apakah tetap dipungut PPh final badan untuk PP 23? Lalu bagaimana pelaporan SPT masa PPh final badan yg merugi?

Maria neti sofyan
Maria neti sofyan
April 30, 2021 1:02 am

Assalamualaikum wr, wr. Saya bertanya masalah pajak fotocopy, sekolah kami memfotocpy soal ujian sekolah sebesar 20.808.000 berapa pajak.yg harus.kami.keluarkan

Ahmad Yazid
Ahmad Yazid
April 29, 2021 10:19 pm

Mau tanya, saya selaku bendahara bos di sekolah negeri melakukan pembelian besi hollow untuk pembuatan kanopi dengan nominal 20 juta apakah harus membayar pajak pembelian ? Terima kasih

ryanto putra
ryanto putra
April 29, 2021 9:26 pm

Om saya mau tanya, Virtual Expatriates yang tidak bertempat tinggal di negara perusahaan apakah terkena Subjek Pajak Luar Negeri? terima kasih om

Danny
Danny
April 29, 2021 2:43 pm

Halo, saya mau tanya.
apabila paman saya mau menghibahkan sebidang tanah kepada saya,setelah saya memenuhi kewajiban membayar PPH dan BPHTB, Untuk pelaporan SPT tahunan apakah perlu memotong nilai kas saya atau merupakan objek non pajak?

Terima Kasih

Danny
Danny
Reply to  admin
April 30, 2021 11:53 am

Iya saya mengerti, kondisi tersebut merupakan objek PPH. Tapi apakah perlu mengurangi kas untuk menambahkan tanah tersebut di kolom harta pada laporan SPT tahunan?
Seumpamanya tanah tersebut nilainya 100 juta rupiah, apakah kas saya harus dikurangi 100 juta? Sementara pada praktiknya tidak.
Terima kasih

dee dee
dee dee
April 29, 2021 8:29 am

mau nanya om, untuk agen pertamina, itu kami dikenakan tarif 22 Final saat pembelian bbm pertamina. Maka dari itu, seharusnya pph 25 kami nihil dan spt tahunan juga final..

tapi disini, kami juga membeli bbm dari PT. B (penjual bbm bukan pertamina). Apa efek dari transaksi tsb dan bagaimana cara menghitung spt tahunan kami?

dan kami juga ada penghasilan non final (misal: penghasilan sewa kapal). Bagaimana cara menghitung spt tahunan kami?

iqbal
iqbal
April 29, 2021 5:31 am

Om saya mw bertanya seputar skema Akunting atas Hak Tagih (metode perbankan) perusahaan Agen Properti, yg mengandung elemen (Pokok, Bunga, Denda, Biaya, Pelunasan Debitur, Pelunasan lelang, Pelunasan dengan Surat Kuasa Menjual)

*Contoh 1: Hak Tagih 1M (Total Pokok, Bunga dan Denda), yang dibeli dengan harga 600jt, Saat dibukukan dicatat sebagai apa?

*Contoh 2: Kasus Contoh #1 – kemudian ditebus oleh Debitur senilai 1,1 M, dicatat bagaimana?

iqbal
iqbal
April 29, 2021 5:13 am

Om untuk perusahaan Agen Properti, bagaimana metode Peningkatan Valuasi asset (jurnal & pajak)

Contoh: beli 650 juta, nilai pasar 1,5M bagaimana pencatatannya agar diakui dalam laporan keuangan?

Rohyan nardo
Rohyan nardo
April 29, 2021 4:59 am

Jelaskan kode dan nomor seri FP dibawah ini:
– 011.001.19.65788779
– 070.001.19.65788780
– 091.001.19.65788781

nela
nela
April 29, 2021 3:46 am

siang,mau tanya untuk laporan realisasi dividen WPOP apakah dapat dibetulkan

nela
nela
Reply to  admin
April 29, 2021 9:36 pm

bagaimana cara pembetulannya ya,karena di sistem djp online tidak diatur mengenai pembetulannya

Bela
Bela
April 29, 2021 2:09 am

Kegiatan Ekspor Impor termasuk kedalam SPT, Bagaimana pencatatannya dalam SPT?
Bagaimanakah jika ada koreksi + atau – dalam SPT tersebut?
Bagaimana penjelasan detailnya?

Kezia
Kezia
April 28, 2021 10:05 am

Om gimana caranya agar pajak tenaga ahli yg lbh dr 4,8 M, pajaknya tidak terlalu besar?

Jennie
Jennie
April 28, 2021 7:55 am

Apakah ada tips agar pajak youtuber diatas 4,8M tidak terlalu besar?

Sherryl
Sherryl
April 28, 2021 6:56 am

Om mau tanya untuk tarif pajak seorang youtuber dengan penghasilan bruto tiap tahunnya lbh dr 4,8M brp ya?

rima tololiu
rima tololiu
April 28, 2021 6:53 am

om buat pendapatan usaha di rugi laba, yg di isi nilai kontraknya apa niali cairnya ? soalnya baru 20% yang cair sampe akhir kontrak

rimt
rimt
April 28, 2021 5:58 am

sore om pimpa yang baik hati dan tidak sombong
mo nanya lagi ya maaf nanya mulu.hehe

gini kan ada proyek dgn nilai kontrak 4 m. trus yg cair baru 20% d potong pajak jadi 800jutaan

nah .kan mo bikin laporan rugi laba untuk spt badan , otomatis pendapatann usahanya 800 jutaan. tapi biaya pengeluarannya lebih banyak ddari itu. gimna ya om bikin laporannya. aku bingung. makasih om

Sherly
Sherly
April 28, 2021 5:07 am

Om saya mau tanya sekarang ada peraturan kalau toko yang punya npwp haru ada nik tapi kalo tokonya belum di kasih terus kita harus lapor spt bisa tidak di buatkan pembetulan untuk faktur pajak yang belum ada nik

Kha Kha
Kha Kha
April 28, 2021 3:14 am

Selamat pagi om,,

mau bertanya,, kami ada potong pph 23 atas jasa.. lalu sudah kami setorkan dan kami laporkan SPTnya ternyata vendor kami tsb tidak mau dipotong PPh 23 karena mereka punya SKB,, dan baru diberikan setelah kami proses potong,, lalu saya membuat pembetulan PPh 23, atas lebih bayarnya mau saya ajukan PBK,, tapi dari KPP mengatakan itu tidak bisa di proses PBK karena PPH 23 yang dipotong bisa dikreditkan,, tapi vendornya kan ga mau dipotong dan mereka punya SKB,, menurut om apakah dengan kondisi seperti diatas benar tidak bisa di PBK atas lebih bayar PPh 23nya??

terima kasih

Angel
Angel
April 28, 2021 3:13 am

Selamat pagi Om pajak saya mau nanya dong om. • . Tn. Khomaruddin yang berstatus belum menikah adalah seorang pegawai pada PT. Nusantara Mandiri di Jakarta. Sejak tanggal 1 Juni 2019 dipindah tugaskan ke kantor cabang di Surabaya dan pada tanggal 1 Oktober 2019 dipindahkan lagi ke cabang Samarinda. Gaji Tn. Khomaruddin Sebesar Rp. 20.000.000,- dan membayar iuran pensiun yang dibayar sendiri sebesar Rp. 200.000, selama bekerja di PT. Nusantara Mandiri Tn. Khomaruddin hanya menerima penghasilan berupa gaji. • Diminta : • Tentukan Pajak penghasilan yang sudah dipotong di Kantor Pusat Jakarta • Tentukan Pajak penghasilan yang sudah dipotong di… Read more »

Kha Kha
Kha Kha
Reply to  admin
April 29, 2021 5:45 am

baik om,, terima kasih untuk jawabannya

Alpian
Alpian
April 27, 2021 6:58 pm

Malem om, mao tanya soal perpajakan dong
Saya kan baru mulai kerja freelance diumur saya 22 tahun, dan belon punya NPWP rencana mao bikin.

Saya kerja di situs freelance Fiverr, nah apakah pajak saya akan teritung dari umur 18 atau dari gaji pertama saya.

Saya sempet ngobrol bareng teman sesama freelance, freelance itu ga kena pajak karena waktu cairin duid dari Paypal ke rek bank sudah dipotong pajak, gimana tuh om?

mohon bantuannya hehe~

Alpian
Alpian
Reply to  admin
April 28, 2021 2:54 pm

saya sendiri masih tinggal bersama orangtua, sebelumnya udah diskusi juga kalo orangtua membayar pajak PBB (Pajak Bumi Bangunan) , berarti saya hanya mengurus PPh saja kan?

Juga saya masih bingung, ada beberapa teman saya yang terlebih dahulu bekerja atau memiliki penghasilan namun tidak memiliki NPWP hingga saat ini. bagaimana dengan kasus tersebut? soal penghasilan mereka yang tidak kena pajak.

fendri
fendri
April 27, 2021 5:42 pm

selamat malam om,mohon bantuan pencerahanya,saya ingin bertanya soal program pajak pembelian rumah baru alias pajak 0%.singkat cerita di akhir tahun 2019 saya membeli sebuah rumah dengan sistem cicil dp.dan baru di april 2021 ini saya baru akad kredit di bank. apakah saya bisa termasuk bisa menerima program pemerintah pajak nol persen? terimakasih sebelumya om,dan mohon pencerahanya…

fendri
fendri
Reply to  admin
April 28, 2021 5:49 pm

trimakasih penjelasan nya om….

rimaVT
rimaVT
April 27, 2021 9:29 am

Sore om. saya ketemu soal begini
si A K2 Penghasila brutonya rp 3.500.000
si B K2 Penghasila brutonya Rp 3.650.000
si c tk Penghasila brutonya rp. 3.150.000
si d tk Penghasila brutonya rp 3.150.000
trus peredaran bruto spt masa pph pasal 21 nya rp.73.800.000
dpt darimna ya pak jumlah pph 21nya ?
trima kasih

rima tololiu
rima tololiu
Reply to  rimaVT
April 27, 2021 9:46 am

gak jadi nanya pak. udah ketemu hehehehe

rima tololiu
rima tololiu
Reply to  rimaVT
April 28, 2021 6:00 am

Rp. 73.800.000 nya di dapat dari laporan biaya gaji pph masa 21 yg yg di lapor selama tahun berjalan. tapi hanya beberapa masa saja yg di lapor trus ada kenaikkan gaji di masa tertentu. mkasi

Risma
Risma
April 27, 2021 6:35 am

Om saya ingin bertanya untuk kode dan nomor seri faktur pajak.
a. 011.001.19.65788779
b. 070.001.19.65788780
c. 091.001.19.65788781
Untuk arti nya itu apa ya? Terimakasih

Lasmaria
Lasmaria
Reply to  admin
April 29, 2021 5:16 am

Saya ingin bertanya Om
Boleh dijelaskan untuk kode dan nomor seri faktur pajak nya ?

alex
alex
April 27, 2021 3:03 am

Om, saya bukan mau bertanya. Hanya mau tanya kabar om bagaimana? semoga baik-baik saja.
Terima kasih atas diskusinya beberapa waktu yang lalu ya om…
sukses selalu ya om

Sri Wahyuni
Sri Wahyuni
April 27, 2021 2:07 am

Om, mw tanya dong.. bisa jawab g? yg dimaksud masa pajak itu apa sih? contoh ni, kalau kegiatan dilakukan bulan Januari trus baru dilaporkan pajaknya bulan Maret masa pajaknya Januari atau Maret?

Sri Wahyuni
Sri Wahyuni
Reply to  admin
April 27, 2021 3:10 am

Saat terutang pajak itu pada saat pajak sudah dilaporkan?

Rindi
Rindi
April 26, 2021 3:38 pm

Ibu Warda (K/1) bekerja pada PT Terang dengan memperoleh gaji sebulan Rp 10.000.000, tunjangan Rp 5.000.000 dan membayar iuran pensiun Rp 100.000, serta subsidi iuran pensiun dr perusahaan Rp 200.000, Hitung PPh 21 yang dipotong oleh PT Terang

rimt
rimt
Reply to  Rindi
April 28, 2021 6:01 am

tanya pada brainly

Krismonika Rizkiyah
Krismonika Rizkiyah
April 26, 2021 7:57 am

Mohon tanya, jika sudah punyae EFIN itu apakah sudah mempunyai sertifikat elektronik?

Efin dengan sertifikat elektronik itu beda atau sama

Nesya
Nesya
April 26, 2021 6:18 am

om tanya om,
kklo misalkan kita sudah lapor SPT tahunan 2020 dan ternyata ada FP keluaran yg didesember harus dibatalkan ? dilaporan SPT tahunan ini bagaimana ya om? dan kita harus bagaimana?

Anggi
Anggi
April 26, 2021 4:58 am

Selamat Siang, ijin bertanya.. Perusahaan kami baru berdiri bulan Oktober 2020 dan pada tahun pajak 2020 tidak setor SPT. Kemudian tahun 2021 perusahaan mendaftar sebagai PT dan NPWP badan terdaftar sejak 29 Maret 2021. Kasusnya adalah, kami belum memiliki dasar omzet tahunan karena perusahaan belum genap berdiri 1 tahun dan jika dilihat dari pendapatan perbulan, bisa diasumsikan sebagai perusahaan dg omzet tahunan di bawah 4.8 miliar. Status perusahaan kami adalah NON PKP (menurut djponline.pajak.go.id) Pertanyaannya adalah : 1. Bagaimana kewajiban perpajakannya untuk tahun pajak 2020 dan 2021? Apakah perusahaan harus membayar pajak kurang bayar di tahun 2020? 2. NPWP terbit… Read more »

Anggi
Anggi
Reply to  admin
April 27, 2021 4:37 am

Kalau NPWP terbit 29 maret 2021, dasar perhitungan SPT masa dari maret atau april om?
Berarti untuk kasus nomor 2, PPh final atas PP 23 (0.5%) tidak dibayarkan perbulan melainkan di akhir tahun 2021 ya krn nunggu omset setahun dulu?
Sy masih bingung utk skema pelaporan PPh final badan yg belum genap 1 tahun. Mohon informasinya om..

Anggi
Anggi
Reply to  admin
April 28, 2021 1:15 am

kalo PPh masa pasal 21 dan pph final badan om?
siap om, thanks infonya.

Ririn
Ririn
April 26, 2021 3:22 am

Om mau nanya ni, bagaimana cara lapor SPT Tahunan perusahaan yang belum berjalan sama sekali selama 3 tahun terakhir ? tolong informasinya min …..

Ririn
Ririn
Reply to  admin
April 26, 2021 8:02 pm

berarti untuk laporan keuangannya gimana ya om ? karena belum ada pengeluaran ataupun pemasukkan yang tercatat.

ririn
ririn
Reply to  admin
April 27, 2021 2:49 am

nihil gitu ya om ?

rima tololiu
rima tololiu
Reply to  ririn
April 28, 2021 6:03 am

laporan keuangannya seperti laba rugi di isi nihil. neracanya sesuaikan

Ririn
Ririn
April 26, 2021 3:08 am

hallo min, mau nanya min
kalau mau bikin lapor SPT tahunan perusahaan yang belum berjalan sama sekali selama 3 tahun terakhir, itu gimana ya min ? tolong informasinya min…..

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x