Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nanti
Nanti
April 7, 2021 8:28 am

Om, Sy sdh install ulang aplikai e-faktur di laptop baru tp sy terlanjur register ulang sehingga menggunakan username & password baru, Apakah jika log in dg username & password baru, msh boleh konekin ke database yg lama?

Lalu sy coba upload FaktUR PPN Masukan yg sdh diupload & diapprove statusnya di aplikasi e-faktur laptop lama sebelumnya, Namun di aplikasi e-faktur laptop baru statusnya jd berubah “belum approve” itu gmn ya Om? apakah ada mslh nantinya? sementara siy sy delete dulu Faktur PPN Masukannya di aplikasi e-faktur laptop yg baru.

mohon pencerahannya om..

Sonia
Sonia
April 7, 2021 7:59 am

Hallo Om Pimpa. Saya mau tanya terkait pengisian SPT Tahunan CV. Adanya pengambilan prive, bagaimana cara pengisian di SPT Tahunan yang CV nya om?

daus
daus
April 7, 2021 7:30 am

om aku kan baru buat PT dan NPWP sudah terbit, saya belum melakukan penyetoran modeal awal dan transkasi” lain, apakah wajib lapor pajak? kalo perlu pajak apa yg harus di lapor PT saya?

Hani
Hani
April 6, 2021 2:27 pm

Om, mau tanya apabila mau menerbitkan faktur pajak ppn demgan pihak bumn, untuk kodenya kita harus menggunakan 030 ?

Hani
Hani
Reply to  admin
April 8, 2021 2:36 pm

Jadi gini om, saya ada kerja sama dengan pihak bumn dan dia ketika melakukan pembelian di saya, saya kenakan plus ppn juga. Nah jadi jika menggunakan kode 030 apakah harus saya yg bayarnya? Mengingat saya menerima pembayaran ppn dari pihak bumn

Hani
Hani
Reply to  admin
April 11, 2021 2:54 am

Transaksinya di atas 10 juta. Kalo pihak bumn yang harus bayar ke bank. Lalu pembayaran ppn yg telah saya terima dari pihak bumn itu bagaimana ?

Hani
Hani
Reply to  Hani
April 11, 2021 2:57 am

Kalo pihak penjual yg bayar apakah akan menjadi masalah? Soalnya kemarin saya sempat menerbitkan dengan kode 010 om

Resi Amelia
Resi Amelia
April 6, 2021 12:06 pm

Saya maua nanya, usaha saya sudah berbentuk cv cuma sekarang saya penjualan lewat market place shope dan toped, bagaimana saya bayar pajak nya, apakah saya perlu bikin faktur pajak keluaran nya? Spt yg saya lakukan pada penjualan2 yg bukan market place, apakah perlu ada ppn di penjualan online?

Galih
Galih
April 6, 2021 11:56 am

Om mau tanya, kartu npwp saya dicek statusnya Non efektif, jadi saya mau masuk kerja dan harus memenuhi sayarat harus ada npwp, apa saya harus ubah npwp NE jadi aktif?

astrit
astrit
April 6, 2021 2:43 am

saya dapat surat dari pajak katanya dtp pph final yang dilapor ngak sesuai dengan ppn yang dilapor dari bulan januari – oktober, tapi pas dicek lagi nominal ppn sama pph final penjualannya sesuai, ini gimana ya ? harus bikin surat ke pajak atau biarin aja ngak papa ?

fitri
fitri
April 6, 2021 1:27 am

om mau tanya ni ? apa hubungan pajak penghasilan ( PPH )dengan pajak pertambahan nilai (PPN)
mohon penjelasannya 🙏

fitri
fitri
Reply to  admin
April 6, 2021 2:44 pm

secara umum di persingkat om,

ademarcelina1603@gmail.com
ademarcelina1603@gmail.com
April 5, 2021 6:14 am

om mau nanya ni,gimna cara perhitungan dari contoh di bawa ini : Bambang Yuliawan pegawai pada perusahaan PT. Yasa Buana menikah dan mempunyai satu anak, memperoleh gaji sebulan Rp 8.750.000. PT. Yasa Buana mengikuti program Jamsostek, premi Jaminan Kecelakaan Kerja dan premi Jaminan Kematian dibayar oleh pemberi kerja dengan jumlah masing-masing 0,50% dan 0,30% dari gaji. PT. Yasa Buana menanggung iuran Jaminan Hari Tua setiap bulan sebesar 3,70% sedangkan Bambang Yuliawan membayar iuran Jaminan Hari Tua sebesar 2,00% dari gaji setiap bulan. Disamping itu PT. Yasa Buana juga mengikuti program pensiun untuk pegawainya. PT. Yasa Buana membayar iuran pensiun untuk… Read more »

Ety
Ety
April 5, 2021 4:43 am

Mau tanya terkait pajak utk jasa konsultasi penelitian dan pendidikan. Kena pajak apa dan berapa % ? Terima-kasih

Ety
Ety
Reply to  admin
April 22, 2021 4:20 am

Kan kantor mau ngadain kegiatan yg didalamnya ada Jasa penelitian yg melibatkan konsultan, jd gimana pembagian pajaknya?

DAVID
DAVID
April 5, 2021 4:28 am

jangka Waktu berakhirnya Pp23 untuk PT yg mulai di tahun 2018 kapan?

MULYADI WIJAYA
MULYADI WIJAYA
April 5, 2021 4:11 am

Dear OM Pajak,
Saya ada sedikit permasalahan yang selalu menjadi perdebatan antara bagian pajak kami dan juga bagian pajaknya vendor, pertanyaan saya sbb:
1.Vendor membayar biaya penerbitan sertifikat phyto ke Karantina (Kas Negara) – Nalangin duluan terus mereka menagihkan langsung biaya tersebut tanpa di tambahin biaya PPn dll ke perusahaan kami, dan pihak pajak kami akan melakukan potong PPh atas biaya tersebut namun pihak vendor tidak setuju karena mereka hanya nalangin dan tidak menerbitkan Faktur Pajak (PPn)

Mohon saran atas masalah ini, karena dari dua instansi mempunyai pemahamam yang berbeda atas PPh 23%

DAVID
DAVID
April 5, 2021 2:26 am

[08.46, 5/4/2021] David tax: Pagi
[08.46, 5/4/2021] David tax: Maaf ganggu
[08.46, 5/4/2021] David tax: di Efaktur desktop ada data masukan yg selisih dgn WEb
[08.47, 5/4/2021] David tax: selisihnya saya input ulang + upload di desktop?

Imam Susilo
Imam Susilo
April 4, 2021 4:51 am

Om saya mau tanya, saya ini Bendahara BOS, untuk batasan pemungutan PPn itu berapa ya? saya browsing ada 2 versi menurut PMK 231 paling banyak 2 juta, saya baca di SPL 05 Bendahara BOS lebih dari 1 juta, kohon dijelaskan Om

Angga
Angga
April 3, 2021 1:55 am

PT saya aktif dr 2015 hanya saja hingga 2018 tidak ada transaksi sehingga th 2019 di WP NE, kemudian pada tahun 2018 terbit PP23 yg pajaknya 0,5% dr DPP. di th 2020 Pertengahan PT Saya aktif kembali, yang saya tanyakan :
1. Apakah PT saya di tahun 2020 bs menggunakan PP23?
2. Apakah PP tersebut berlaku mulai 2018, sehingga jika th 2020 operasional PT mulai aktif selama 3th berturut2 hingga 2022 bisa mendapatkan PP23?

Fahmi
Fahmi
April 2, 2021 2:11 pm

Min, kalo mining crypto dapet bayaran crypto currency, trus crypto currency nya ditukar kan ke IDR, kena pajak apa saja min? Let say setahun total bisa dapat 100jt

Bobby taruma
Bobby taruma
April 2, 2021 8:08 am

Saya mau tanya, saya udah puny npwp gaji saya cuma 2 juta dan pph saya udah di bayarkan peusahaan, perlukah saya bikin spt lg

darren
darren
April 2, 2021 3:20 am

om , saya wp non pkp omset umkm dibawah 4.8m dgn tarif 0,5%
saya dapat surat SP2DK , yang berisi ditemukan nya faktur pembelian sebesar 5,5m dgn asumsi perhitungan keuntungan 20 %…
saya di tagih pph final ps 4 kurang bayar 20jt dan PPN sebesar 130jt ..

sedangkan saya tidak memungut ppn keluaran.
mohon solusi , bagaimana cara mengatasi nya ?
terimakasih sebelumnya om.

Vivy
Vivy
April 1, 2021 4:10 pm

Malam, Om. Mau tanya. Apabila ada kenaikan gaji, dan berlaku surut, apakah rapel gaji tsb termasuk dalam penghasilan teratur yang dihitung dalam bruto PPh21 DTP yang disetahunkan? Misal gaji April 7.000.000, rapel 3.000.000 (Jan-Mar), jadi perhitungan bruto dtp (7.000.000+3.000.000)×12= 120.000.000? Terima kasih sebelumnya, Om.

Muchamad
Muchamad
April 1, 2021 3:04 pm

Om mau tanya tentang pbb,
Untuk perhitungan pajak terhutang,
Tahun Sebelumnya 0.105%xNJOP
Saat ini 0.225%xNJOP

Untuk presentasi perkalian dgn NJOP itu di hitung berdasarkan apa om?,kok tahun ini ada perbedaan sehingga total pajak bisa naik lebih 100%,untuk luas tanah & bangunan sama dgn sebelumnya.

Dhita
Dhita
April 1, 2021 7:51 am

om, mau nanya apakah ada batas nominal untuk pemotongan pph 23? terus apakah pemotongan pph 23 ini didampingi dengan PPN jika bruto diatas 2 juta? terimakasih

Dhita
Dhita
Reply to  admin
April 1, 2021 11:41 am

Om, jika kita menggunakan jasa katering untuk konsumsi rapat dengan biaya kurang dari 1 juta, berarti tetap dikenakan pph 23? jika tidak dipotong, apakah tidak masalah om? Terima kasih

Lirej
Lirej
April 1, 2021 7:24 am

hallo min..mau tanya dong, kalo “nominal bayar” lebih besar dari “nominal ppn kurang bayar”, itu kelebihannya bisa dikompensasikan ke bulan berikutnya ga?
jd ceritanya saya lapor ppn keterangannya kurang bayar 95juta, trus saya bayar. nah ketika saya mau ngisi bukti bayar ke web pajak, ada ppn yng dibayar dimuka yang belum ke input, kemudian saya masukin dan setelah saya masukin keterangannya jd kurang bayar 91juta bukan 95juta sedangkan saya sudah bayar diawal 95 juta. itu kelebihan 4 juta nya bisa dikompensasikan ke bulan berikutnya ga min? mohon penjelasannya min..makasih

DAVID
DAVID
Reply to  admin
April 5, 2021 2:34 am

Om Kalo Lebih setornya ratusan Juta gimana?

Nanti
Nanti
April 1, 2021 2:06 am

om om, moon maap mo tanya lg..klo sy punya biaya marketing berupa (pembagian komisi atas jasa yg terjual) itu kena pajak apa aja ya om?
Contoh case : Perusahaan jual jasa interior, lalu ada pihak yang memasarkan jasa perusahaan tersebut & pihak tersebut akan diberikan komisi 10%.

Rikaf
Rikaf
April 1, 2021 1:42 am

Om pimpa aku mau nanya lagi , apa ada peraturan pajak khusus yang menjelaskan tentang jasa perantara atau jasa keagenan yang masih berlaku sampai saat ini, soalnya di PMK 141/PMK.03/2015 tidak ada penjelasan khusus untuk jasa perantara.
Lalu jika tidak ada pengertian jasa perantara itu lebih jelasnya seperti apa ya om pimpa? Terimakasih

Kay
Kay
April 1, 2021 12:14 am

Om saya mau tanya gaji saya 4,4juta mau lapor no efinya hilang emaile juga lupa,apakah misalnya saya tidak lapor kena denda,apakah misalkqn tidak lapor tidak ada masalah?

Nanti
Nanti
Maret 31, 2021 11:22 pm

om pagi, mau tanya kenapa laptop saya tidak bisa download aplikasi e-faktur ya?

Nanti
Nanti
Reply to  admin
April 7, 2021 8:25 am

udah bs om hehehe,,ga jd merepotkan

Laila
Laila
Maret 31, 2021 7:56 pm

Izin tanya om, Saya bayarkan pajak pph final untuk peralihan hak jual beli tanah, saya bayarkan dengan non NPWP tetapi ternyata istri dari penjual mempunyai NPWP. Apakah hal tersebut bermasalah ? Atau saya harus ajukan PBK?

Priyanto
Priyanto
Maret 31, 2021 5:41 pm

Om saya mau tanya cara pengisian spt tahunan badan dgn laporan rugi laba tetapi rugi. Cara pengisian bagaimana? Lalu bayar pajak ps 25, apa tetap bayar? Atau tidak bayar krn rugi. Apakah ada koreksi fiskal juga di isi meningat laporan saya rugi. Makasih sebelumnya

Priyanto
Priyanto
Reply to  admin
April 2, 2021 8:21 pm

Om dlm spt badan induk ada pengisian ps 25, apakah boleh di nol nilainya? Klu diisi hasilnya retusi. Memang saya thn 2020 tiap bulan byr ps 25, tp perusahaan rugi.

tina
tina
Maret 31, 2021 2:58 pm

assalamualaikum, selamat malam, mau btanyakan no efin dengan no npwp 15.476.867.5-803.000

Laila
Laila
Maret 31, 2021 10:37 am

Izin tanya om, jika pembayaran pph final atas peralihan hak jual beli tanah, dibayarkan dengan non NPWP. Tapi istri dari pemilik tanah mempunyai NPWP. Apakah hal tersebut tidak masalah? Atau harus mengajukan PBK? Terimakasih

Nurfaizah
Nurfaizah
Maret 31, 2021 1:38 am

izin bertanya om, bagaimana entry kurang bayar PPh 23 di e-Bupot ya?

Isn
Isn
Maret 30, 2021 3:37 pm

Kenapa spt saya kurang bayar ya om padahal sudah isi sesuai formulir saya juga masih diperusahaan sama cuma saya dipindah ke area lain tadinya dibekasi kemudian pindah ke jakarta apa itu berpengaruh om mohon jawabanya

Kang emus
Kang emus
Maret 30, 2021 2:53 pm

Om mau tanya kalo /bulan pnghsilan kotor usha toko saya nya di bawah 15jt kira” berapa ya kena pajak nya ? Makasih

Aryani
Aryani
Maret 30, 2021 12:52 pm

om ,mau tanya gimana cara pengisian spt tahunan op yg ada bukti potong 1721-VI nya

Ronikeusumaranda
Ronikeusumaranda
Maret 30, 2021 11:21 am

Apakah sewa kantor oleh pemerintah dikenakan pajak ppn

Ronikeusumaranda
Ronikeusumaranda
Reply to  Ronikeusumaranda
April 1, 2021 6:58 am

Jika orang pribadi

Aryani
Aryani
Maret 30, 2021 11:17 am

Hallo Om mau tanya, bukti potong 1721-VI itu inputnya dimana ya untuk spt tahunan dan apakah itu kita harus bayar lagi ?

Aryani
Aryani
Reply to  admin
Maret 30, 2021 12:56 pm

kalau ada bukti potong seperti itu penghasilan brutonya di catat tidak ya ? soalnya ko di halaman induk keterangannya lebih bayar. bisa tolong pansu untuk cara pengisian nya gak om?

Aryani
Aryani
Maret 30, 2021 11:13 am

Mau tanya mengenai bukti potong 1721-VI, itu di input di SPT nya di bagian mana ya? apakah sama dengan input bukti potong 1721 pada umumnya? mohon pencerahannya.. terimakasih

Yayan
Yayan
Maret 30, 2021 10:53 am

Mau tanya . Sejak ada wabah virus corona. Di area saya kerja terjadi pemutusan kerja. Termasuk saya juga kena imbasnya menganggur selama 1 tahun sampai sekarang. Dan saya mendapat @ mail dari pajak tentang bayar pajak tahunan. Sedangkan sudah tdk bekerja.

ossa
ossa
Maret 30, 2021 5:45 am

om izin bertanya nih … bagaimana caranya melihat faktur pajak masukan PT saya yg hilang tanpa harus minta lagi ke importir ? kebetulan pt saya non pkp

nisa
nisa
Maret 29, 2021 1:49 pm

om mau nanya dong ,,seandainya sudah lapor ternyata kurang bayar dan pada kolom kurang bayar sudah dimasukkan nomor ntpnnya namun masih jg belum berhasil tersubmit, kenapa y? boleh saran?

Lucy
Lucy
Maret 29, 2021 12:33 pm

Mau tanya. Saya usaha jasa, suka dapat order dari luar negeri. Tapi ngerjain nya disini. Di spt, omzet dari luar ini apa bisa digabung dgn omzet dalam negeri? Terima kasih

Mike
Mike
Maret 29, 2021 11:52 am

Kalau ada asuransi dimasukan ke investasi lain-lain. Nilai yg dimasukan sejumlah premi yg dibayarkan setiap tahun nya atau nilai investasi/nilai tunai akhir tahun nya?

nely*
nely*
Maret 29, 2021 10:50 am

Om,, setiap mau isi selalu error di langkah pengisian, tahun spt 2020, kemudian normal, setelah di klik selalu error (proses tidak behasil dilakukakan)
kenapa ya?

aldrian
aldrian
Maret 29, 2021 9:36 am

mau tanya mengenai batas waktu pembayaran BPHTB di pasal 11 dan pasal 12 ada tertulis : “Dalam jangka waktu 5 tahun sejak pajak terutang, berdasarkan hasil pemeriksaan terdapat kurang bayar, Direktorat Jenderal Pajak, dalam hal ini Kepala Kantor Pelayanan PBB/KPP Pratama menerbitkan Surat Ketetapan BPHTB Kurang Bayar (SKBKB) ditambah denda 2% per bulan maksimum untuk jangka waktu 24 bulan (48%)”.

apakah maksudnya diberikan waktu 5 tahun sejak pajak terutang, baru setelah itu denda baru berjalan atau denda sudah berjalan jika tidak langsung dibayarkan saat itu juga?

Herry
Herry
Maret 29, 2021 9:11 am

mau tanya, mau buat efin CV bgmn ya….apakah bisa online? persyaratannya apa?

Clauw
Clauw
Maret 29, 2021 8:52 am

Om Mau tanya, kapan batas waktu penerbitan faktur pajak setelah jasa/barang kena pajak diserahkan ? ada beberapa yang bilang maksimal 3 bulan ada juga yang bilang akhir bulan saat barang/jasa diserahkan. Jadi Kasusnya begini om, perusahaan kami bergerak dibidang jasa, atas jasa yang telah diserahkan dibulan januari, kami membuat tagihan dan faktur pajak dibulan februari (pembayaran maret) apa boleh seperti itu apa terkena sanksi telat bayar dan lapor ? Terima kasih.

Samsi
Samsi
Maret 29, 2021 7:58 am

Mau nanya om,berapakah besarnya pajak yg dikenakan untuk perusahaan pengekspor ikan cumi

Kha Kha
Kha Kha
Maret 29, 2021 6:33 am

selamat siang om,,,

izin tanya ya om,, melaporkan spt tahunan WP meninggal dunia untuk harta dan hutangnya diisi dengan nilai harta dan hutang di spt tahun lalu ya om,, mau membuat penghapusan npwp namun di minta surat keterangan warisan yang sudah dibagi, sedangkan belum ada bagi waris

Nani Suryani
Nani Suryani
Maret 29, 2021 5:28 am

Om izin bertanya soal THR dunk..mhn koreksi juga jk pemahaman sy keliru. Bgini… 1. THR merupakan penambah penghasilan yg diberikan oleh pemberi kerja bagi karyawan yg sudah bekerja dg masa 1 tahun ke atas (THR ini berlaku bagi kartap dan kar lepas). Apakah benar..? 2. Jk mendpatkan THR di bulan Mei’2019 maka perhitungan THR tersebut dpt dilakukan diakhir tahun pas dilaporkannya PPH pasal 21 masa Desember’2019 di kolom satu tahun pajak (asumsi: masa Mei’2019 perhitungan biasa spti hitungan gaji dibln2 biasa (tanpa menambah nilai THR). Tapi nanti di masa Des’21, barulah nilai THR dimasukkan dibukpot 1721-a1. Apakah benar…? Soalnya saya… Read more »

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Maret 30, 2021 1:28 am

baik Om terimakasih, tp ada hal yg blm sy mengerti yaitu point 1.
jk yg mendptkn THRnya itu berNPWP otomatis ada penambahan penghasilan nanti ujung2nya bkln dikenakan tarif berlapis/progresif (5%,15%,25%,30%). Pertanyaannya: jk yg mndptkan THRnya itu berstatus sbg Kartap tapi TDK BERNPWP jdnya kena tarif berapa Om…?apakah nanti tarifnya itu progresif juga…?Tmsh Om

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
April 1, 2021 1:14 am

OOOh jd perbedaanya hanya WP itu berNPWP atau tdk….JK berNPWP (maka berlaku tarif progresif/ tarif berlapis SAJA)dan jk tdk berNPWP (slain dikali dg tarif berlapis kemudian dikalikan JUGA dg 120% dan 120% ini berlaku sd tarif berlapis 30%)Intinya dg tdk berNPWP maka pajak terutangnya bakalan lbh tinggi daripada WP berNPWP. Apakah spti itu Om…??

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
April 2, 2021 6:41 am

ok Om, amat sng dimengerti dan mudah dicerna. Haturnuhun atas pencerahannya….Tmksh..tmksh…

faizal
faizal
Maret 29, 2021 5:24 am

pak mau tanya , saya baru menerima npwp akhir bulan maret ini apakah langsung melaporkan spt tahunan dan membayar pajak atau tidak ?

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x