Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
melsi
melsi
Maret 21, 2021 4:36 am

selamat siang om, jadi diawal tahun 2021 kemaren perusahaan tempat saya bekerja telat melakukan pembuatan nomor seri faktur pajak baru dan dibuat pada bulan februari. setelah datang ke KPP terdekat disarankan untuk yang januari dilaporkan nihil dan dibuat pada masa pajak februari. pada saat maret yang akan melaporkan SPT Masa PPN februari mendapatkan kendala di menu POSTING SPT. dengan PK : 2 dan tidak bisa diposting karena ada 2 masa pajak yang sama. keterangannya “harus menghapus data posting yang lama terlebih dahulu” pertanyaannya, apakah tidak masalah menghapus postingan yang lama? atau ada cara lain yang bisa saya lakukan untuk masalah… Read more »

Melsi Febrianti
Melsi Febrianti
Reply to  admin
Maret 30, 2021 2:02 pm

Untuk yang diweb based nya gmna om? Kan yang masa pajak 02 yg untuk penjualan januari dibikin jdi masa 02 juga nihh, dan untuk penjualan februarinya gmna? Apa dibikin pembetulan ke 1 nya?

Dany Gunawan
Dany Gunawan
Maret 21, 2021 12:13 am

Om Pimpa…saya selama ini memanfaatkan insentif pajak PPH Final UMKM 0,5% dan lapor setiap bulan di E-Reporting. Namun karena satu dan lain hal untuk pelaporan bulan pajak Feb yg seharusnya 20 Maret kemarin terakhir blm saya laporkan. Saya mau laporkan hari ini tidak bisa. Bagaimana ya caranya supaya bisa tetap dapat insentif tersebut? Terima kasih

EpHi
EpHi
Maret 20, 2021 11:06 pm

Om, maaf mau tanya.. saya kan dftr npwp sekitar th 2017, gaji saya smpai skrng msh dibawah PTKP, nah sampai skrg blm dpt efin. Lalu dlu pernah tnya ke TU apa saya wajib lapor SPT, katanya tdk perlu. Trs saya skrg kepikiran trs, kira2 saya kena denda brp ya? Trs mengurusnya bgaimana?

Irul
Irul
Maret 20, 2021 2:41 pm

Malam om, saya mau tanya
Sya bekerja di sebuah umkm dbidang retail, ada pernah melakukan retur bkp nah dari penjualnya diterbitkan nota retur dan meminta pengembalian ppn atas bkp, klo bgtu kita sbgi umkmnya wajib melaporkan retur tsb saat lapor pajak sebagai pajak masukan atau tidak?
Posisi tmpat kerja saya umkm yg mendaftar kan diri sbgai pkp

Terima kasih sebelumnya.

Vin
Vin
Maret 20, 2021 2:10 pm

Hallo Om… sy sudah daftar NPWP pribadi secara online dan eRegistrasi diterima beserta no NPWP telah dikeluarkan.. pertanyaannya 1. Ketika sy buka lagi ga bisa login n muncul keterangan npwp saya non efektif, padahal saya baru bikin 1 hari, minta solusinya gimana om, terima kasih…

Yohanes ezra
Yohanes ezra
Maret 20, 2021 2:09 pm

selamat malam om, untuk pekerjaan bebas contoh saya sebagai youtuber apakah harus lapor pajak bulanan dan kalau iya bagaimana ya om saya dari tadi browsing belum ada jawaban tolong bantuannya terima kasih:)

Operator
Operator
Maret 20, 2021 9:39 am

Apkah sertifikasi dan TKD di setahunkan?

Operator
Operator
Maret 20, 2021 9:36 am

Ass….saya mau nanya nih jika seorang guru penerima sertifikasi dan TKD gimana cara lapor di SPT?

Kesya aryani
Kesya aryani
Maret 20, 2021 4:49 am

Mau tanya om ,suami saya WP op 0,5% tapi blm pernah lapor,status NPWP aktif dari tahun 2018,gimana cara lapor nya dan cara bayar 0,5% nya??

munfaati
munfaati
Maret 20, 2021 1:28 am

tanya lagi ya om, misalkan di tahun 2020 WP pribadi dengan usaha industri rokok kretek dan omzet pada saat itu sd 5 M tetapi karena sesuatu hal.. di tahun 2021 mau pailit, otomatis omzet turun drastis.. sementara kalau ajukan non PKP kan harus tahun 2021 berjalan dulu.. perlakukan terhadap pph 25 masa gimana ya om? sekiranya tidak memberatkan.. bolehkan cuma bayar sepersekian persennya (atau dibawah pengurangan intensif pajak yg 50%)?

munfaati
munfaati
Reply to  admin
Maret 23, 2021 4:14 am

disediakan formulir permohonannya gak om? dan syarat atau data- data pelengkap untuk menunjang permohonan tersebut apa saja ya, om?

munfaati
munfaati
Reply to  admin
Maret 23, 2021 8:16 am

makasih om, atas pencerahannya..

Tian
Tian
Maret 19, 2021 5:17 pm

Malam Om, Saya punya usaha kedai makanan dirumah (gofood dan grabfood) sejak akhir tahun 2019 setelah resign (sebelumnya saya karyawan dan selalu isi SPT,terakhir isi SPT lapor pajak yg 2019). Yang ingin saya tanyakan sbb : 1. Saya bingung dan ga tau caranya mau lapor pajak / isi SPT yg thn 2020 karena usaha saya tidak berjalan lancar, apalagi sejak adanya Covid. Sehari omsetnya ga lebih dari 10x transaksi, malah kadang ga ada yg beli dan itu berlangsung sampe sekarang. Sedangkan saya ga ada penghasilan lain. Apakah saya harus tetap isi SPT sedangkan pendapatan aja ga ada? Besar pasak daripada… Read more »

Kha Kha
Kha Kha
Maret 19, 2021 9:03 am

selamat sore om

mau bertanya mengenai honor sebagai pembicara seorang dokter, dimasukan sbagai penghasilan apa di SPT 1770 lampiran 2 nya??

mohon dibantu om, terima kasih

Kha Kha
Kha Kha
Reply to  admin
Maret 22, 2021 1:11 am

maaf om tanya lagi ya,,NPPN sebagai dokter praktik dengan NPPN sebagai pembicara berbedakah,, untuk NPPN sebagai dokter praktik sudah diajukan..

Kha Kha
Kha Kha
Reply to  admin
Maret 24, 2021 7:48 am

di daftar persentase norma lampiran 1 per 17 pj 2015 nilai persentase norma untuk jasa pembicara masuk KLU no berapa ya om ?

Kha Kha
Kha Kha
Reply to  admin
Maret 25, 2021 2:25 am

narasumber seminar om diperusahaan obat om

Kha Kha
Kha Kha
Reply to  admin
Maret 26, 2021 1:49 am

terima kasih banyak ya om

Kha Kha
Kha Kha
Maret 19, 2021 8:48 am

Selamat sore om..
ijin tanya ya om,,

dokter yang memiliki penghasilan lain sebagai pembicara, maka penghasilan sebagai pembicara yang sudah dipotong pph 21 oleh pihak penyelenggara seminar pada laporan spt tahunan OP dimasukan sebagai penghasilan apa??
bila dimasukan ke pekerjaan bebas,, terikat dengan harus mengajukan NPPN, bila dimasukan sebagai pegawai kan kurang pas,, betul tidak bila dimasukan pada bagian D penghailan lainnya??

mohon bantuannya om
terima kasih

ika
ika
Maret 19, 2021 8:37 am

Om, mohon info…
jika di SPT tahun sebelumnya sudah memasukkan harta berupa tabungan dengan nominal 2 juta, sedangkan di akhir tahun 2020 ada peningkatan saldo menjadi 8 juta. Apakah cukup dengan mengedit jumlah/nominal hartanya saja, atau menambahkan harta baru, dan harta lama dihapuskan?
untuk tahun perolehan tabungan tsb bagaimana? apakah perlu di update juga atau tidak ya?

Welmen
Welmen
Maret 19, 2021 3:29 am

Selamat pagi pak…mau nanya
Kami ada pekerjaan catering, mempunyai 3 pekerjaan dlm setahun, mempunyai kewajiban yg sdh dibayar lunas pajak finalnya (0,5%) dan kami tdk ada pemasukan/pekerjaan lain. utk SPTnya apakah kami masih ada pajak pasal 29nya, terima kasih atas bantuannya.

Hendrawan
Hendrawan
Maret 19, 2021 3:21 am

Selamat Siang Om Pimpa, izin tanya :
kalau saya dapat penghasilannya hanya dari ayah yg punya CV/Persekutuan komanditer, yg labanya didapat dari pengambilan prive dan pajak penghasilan CV nya sudah dibayarkan. Misalkan laba 50jt/bln, saya dikasih 10jt/bln atau 20% dari laba tersebut, apakah saya harus bayar pajak juga? bayar pajaknya bagaimana? dan lapor SPT nya juga bagaimana ya om?
Terima kasih.

iwank
iwank
Maret 19, 2021 1:21 am

Hallo Om… sy sudah daftar NPWP pribadi secara online dan eRegistrasi diterima beserta no NPWP telah dikeluarkan.. pertanyaannya 1. apakah sy sudah menjadi wajib pajak walaupun phisik NPWPnya belum diterima ? 2. apakah sy bisa mengajukan untuk mendapatkan EFIN secara online? sementara phisik NPWP dan Surat Ket Terdaftar belum diterima… mkasih Om bantuannya…

iwank
iwank
Reply to  admin
Maret 19, 2021 2:46 am

makasih om

erwanto
erwanto
Maret 18, 2021 10:04 pm

Selamat pagi, saya mau tanya min. Saya mau lapor pajak tahunan umkm dan setelah dihitung saya kurang bayar untuk pajak final 0,5 % nya. Kalau saya mau bayar , apa kode pajak yang harus saya bayar min ? Terima kasih min

erwanto
erwanto
Reply to  admin
Maret 19, 2021 2:28 am

masukkin bulan berapa om ?

Julsz
Julsz
Maret 18, 2021 10:06 am

Halo om, saya WP OP dengan pph final 0,5%, tapi saya tidak pernah lapor SPT masa, kalo boleh tahu dendanya nanti gimana? untuk perbaikannya gimana? terimakasih

Awi
Awi
Maret 18, 2021 3:21 am

Hallo om, kalau kita mau lapor pph OP suami istri penghasilan di gabung, Suami nya sebagai pemilik CV, dan istrinya sebagai direktur, nah untuk Laporan keuangan perusahaan dua²nya dilampirkan ? Trus prive nya melebihi laba perusahaan bolehkah? Trus prive nya melebihi ptkp juga? Bagaimana prive yg melebihi ptkp tsb? Apakah dikenakan pajak?

Yolanda
Yolanda
Maret 18, 2021 3:02 am

terjadi kesalahan dalam menginput faktur pajak, jadi yang seharusnya tidak diinput malah di input di efaktur. bagaimana solusinya ya?

Yolanda
Yolanda
Reply to  admin
Maret 20, 2021 2:33 am

adakah syarat khusus pak untuk pembatalannya?

hengky
hengky
Maret 18, 2021 2:25 am

tlg tanya syarat WP Non efktif badan apa sj ya.. TQ

iwank
iwank
Maret 18, 2021 1:46 am

Pagi Om….
Mau tanya soal laporan pajak… Apakah Wajib Pajak OP saat mendaftar pada tahun berjalan sudah harus lapor SPT?
misalnya saat pendaftaran bulan Maret 2021 apakah sudah harus melapor pajak atau laporannya nanti pada tahun berikutnya (2022) …. Maksih OM…

Asep
Asep
Maret 17, 2021 4:00 pm

PTKP saya tertera 54 juta pas apakah wajib melaporkan? Karena atasan bilang bakal ada potongan yg lebih besar kalo tidak lapor

Asep
Asep
Maret 17, 2021 3:49 pm

Saya mau tanya, no npwp saya pake nik ktp dan alamat yg lama, bisakah merubah nik lama ke nik ktp yg skrg beserta mengganti alamatnya? Dan bagaimana caranya?

Reta
Reta
Maret 17, 2021 7:52 am

Hallo, mau tanya saya sudah menjadi ibu Rumah tangga sejak des 2019 dan belum ada niatan untuk bekerja lagi, jadi di rumah sambil trading saham. Nah itu lapornya gimana? Karena masih di minta surat potong, dan saya belum mau hapus no npwp. Thanks om pajak

Nani Suryani
Nani Suryani
Maret 17, 2021 6:32 am

Om, atasan sy sbg WP-OP punya tanah dan bangunan kemudian disewakan ke badan/CV. Pemotong CV, atasann sy dpt bukpotnya. (ttl misal 50 jt (5 juta bukpot/ CV trf ke atasan sy: 45 jt)) Untuk pengisian SPT Tahunan OPnya sy input di bagian A penghasilan yg dikenakan PPH Final…jns penghasilan: sewa tanah dan bangunan..diklm DPP 45 jt…Pph terhutang 5 jt.
Mhn koreksinya, apakh itu sdh benar Om..?. Tmksh…

Mia
Mia
Maret 17, 2021 4:26 am

Selamat siang,Om Pimpa
Saya adalah WP pribadi dengan income tidak pasti,karena kerja part time dan dulu kerja di Luar Negeri. Pandemic menjadikan saya pasif income ,sedangkan due SPT segera,apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

Mia
Mia
Reply to  admin
Maret 22, 2021 2:03 am

terimakasih,sangat membantu

iwan
iwan
Maret 17, 2021 2:33 am

Saat beberes rumah, saya nemu NPWP pribadi yang ternyata saya pernah buat dan selama ini sudah punya, karena itu saya selama ini belum pernah melaporkan SPT, bagaimana yang mesti dilakukan?

Herry
Herry
Maret 16, 2021 1:56 pm

Saya punya CV dibidang konsultan ISO. Misal saya dapat proyek di perusahaan client. Pajak yang timbul untuk client dan CV saya apa ya dan berapa besarannya bila client nanti melakukan pembayaran jasa konsultan tsb…

xxx
xxx
Maret 16, 2021 8:29 am

jika ada umkm baru berdiri september 2018 dan baru lapor pajak maret 2020. Bagaimana perhitungan setelah berlakunya uu cipta kerja?

ziska
ziska
Maret 16, 2021 7:22 am

om tanya dong, tahun januari tahun 2021, saya jual rumah/vila yang di bogor (ada di daftar harta spt). uangnya saya belikan tanah/rumah di jakarta. bagaimana laporan spt tahunannya? apakah daftar harta di SPT bisa langsung di tukar guling saja? karena jatuhnya saya nambah uang. atau gimana? mohon penjelasan

ony
ony
Maret 16, 2021 6:44 am

Untuk freelance marketing real estate klu 68200 berapa cara perhitungan dan tarif pajak yg digunakan? SPT apa yg hrs dilaporka terimakasih

bejo
bejo
Maret 16, 2021 6:07 am

Om, pimpa mau tanya soal transaksi forex, semisal tgl 01 okt 2020 buka akun no 1 , 100 dolar misal Rp 1.420.000 , dapat di akun no 1 sebesar $ 100 , melakukan transaksi dapat rebate dengan sudah rupiah Rp 250.000 ditransfer, juga wd $10 ditransfer Rp 140.000,- Buka akun lagi no 2 100 dolar misal Rp 1.400.000 dapat rebate Rp 225.000 , perjalanan waktu sampai tgl 31/12/2020 akun no 1 rugi akhirnya close. sedangkan akun no 2 masih jalan dengan sisa $ 75 . yang jadi pertanyaan saya, bagaimana dengan transaksi diatas yang harus dilaporkan di spt tahunan, bagaimana… Read more »

Yoko Dwi Putra
Yoko Dwi Putra
Maret 16, 2021 3:33 am

Pagi Om, tolong tanya, kalau misalkan saya WP OP pengguna SK-PP23 omzet 0,5% , dimana saya memiliki usaha UMKM lain juga dengan status WP Badan yang sama2 menggunakan SK-PP23. Kemudian saya mendapat gaji juga dari usaha saya selaku pemilik usaha, dimana gaji saya setahun masih kurang dari 200jt. Apakah atas gaji saya tsb boleh menggunakan DTP PPh 21 ditanggung pemerintah, padahal atas usaha yang menempel pada WP OP saya pun juga menggunakan SK-PP23 omzet 0,5%? Mohon pencerahannya ya Om. Trims

Setiyo Bardo
Setiyo Bardo
Maret 16, 2021 3:09 am

Selamat pagi mamu tanya utk berkas permohonan penetapan wajib pajak non efektif apakah diperbolehkan dikirim via pos ? Terima kasih

Mujiman
Mujiman
Maret 16, 2021 2:56 am

Pagi om, mau tanya kalo mulai 2020 rek an pemilik perusahaan dipakai untuk transaksi perusahaan 100%, dilaporkan di SPT OP atau di SPT Badan?

Nurul aini
Nurul aini
Maret 16, 2021 2:51 am

Om mau tanya,klo faktur pajak dp dibuat sesuai tanggal pembayaran dp,klo faktur pajak pelunasannya apakah sesuai tanggal pembayaran jg atau tidak.mohon penjelasnnya ya om

Nurul aini
Nurul aini
Reply to  admin
Maret 25, 2021 2:47 am

Ok.terima kasih ya om.

Setiyo Bardo
Setiyo Bardo
Maret 15, 2021 5:38 pm

Malam mau tanya apakah boleh berkas permohonan penetapan wajib pajak non efektif dikirim via pos ?

Herry
Herry
Maret 15, 2021 1:35 pm

Saya mendirikan CV bidang training. Hasil pendaftaran peserta training, dilakukan bagi hasil dengan pembicara. Apakah ada pajak yg terkait….

inita sahlimar iswari
inita sahlimar iswari
Maret 15, 2021 7:49 am

hari ini saya isi spt th 2020, seblm selesai isian saya sdh byr pajak by inet banking bank mandiri
pilihan saya masukkan pph21 kode map 411121 pph psl 21. ternyata stlh isin spt yg muncul kode map 411125 pph 21 sehingga no NTPN yg saya dptkan tdk bisa saya link-kan dg formulir
mohon bantuan utk pemindahbukuannya

Jeje
Jeje
Maret 15, 2021 2:28 am

Saya mau tanya, jika pegawai tetap menerima tunjangan berupa beras, minyak, gula itu masuk penghasilan bruto apa tidak ya?

Syahrir said
Syahrir said
Maret 15, 2021 1:41 am

Apakah pajak tahun 2020 sudah dilaporkan?

Andre
Andre
Maret 14, 2021 3:19 pm

Tanya dong Om.
Saya bekerja secara remote(WFH) di sebuah perusahaan di Swedia. Apakah saya perlu membayar pajak di Indonesia atau negara yang bersangkutan? Terimakasih om

Mikael
Mikael
Maret 14, 2021 1:08 pm

Malam om….sy umkm jualan mainan produk sendiri dr kayu.Penghasilan tdk menentu.Tahun 2020 per bulan penghasilan kadang ada kadang tidak.Pertanyaan sy: – Klo per bulan penghasilan nol apakah harus setor dan lapor pajak sblm tgl 15? – Klo ada pendapatan 1 jt dlm bulan Oktober 2020.Dan sy tdk setor pajak di bulan November 2020?Tapi nanti setor di kurang bayar SPT 2020 apakah boleh?Atau sy tetap setor dan berakibat didenda? – Pada bulan Agustus sy mendapat pesanan diluar jualan yg biasanya yaitu memperbaiki meja bekas.Nilainya sktr 140 jt.Sy laporkan di SPT sbg apa?Apakah sbg pekerjaan bebas?Jenis apa dan norma perhitungannya bgmn? Trm… Read more »

Mikael
Mikael
Reply to  admin
Maret 15, 2021 12:05 pm

Terima kasih om…maaf tanya lagi:
01.Terkair pertanyaan sebelumnya.Klo pph final 0,5% masa bulan tertentu tidak dibayar krn lupa tapi kemudian dilaporkan di peredaran bruto, apakah akan kena sanksi?Apa sanksinya?
02.Sy ada usaha menyewakan tempat ada yg bulanan ada yg tahunan.Misal sewa 3 bulan atau sewa 2 tahun.Utk pph finalnya betul 10% ya?Itu dibayarkan kapan?
03.Bbrp tahun lalu ada penyewa tempat selama 1 thn, lalu sy masukkan di laporan SPT tahunan.Kemudian muncul kurang bayar.Klo yg bulanan misal dibayar pd bulan april.Apakah di SPT tahunan perlu dilaporkan lagi ?Apakah tdk akan dobel?
Trm ksh…om

Mikael
Mikael
Reply to  admin
Maret 20, 2021 6:33 am

Terima kasih Om

Juna
Juna
Maret 13, 2021 6:15 am

Permisi om maaf saya ganggu waktunya, saya mau bertanya om soal pajak.seandainya di rumah punya usaha mebel pribadi pajak apa saja om yang harus di bayarkan? terimakasih

Budiprabowo
Budiprabowo
Maret 13, 2021 12:21 am

Pagi om
Saya mitra dari sebuah expedisi (kurir) dapat upah dari pekerjaan yang saya lakukan dengan rincian sebagai berikut total yg dibayar misal 10 juta tapi saya harus sewa mobil 3.5 juta dan harus mengeluarkan biaya BBM 4 juta bagai mana perhitungan pajaknya
Terima kasih

Rince
Rince
Maret 12, 2021 3:02 pm

Bgmn cara lapor waris orang tua yg waktu itu tdk ada di SPT pewaris . Pembagian waris baru tahun 2021. Ahli waris ada 3:
-salah satu ahli waris sdh pensiun dan penghasilan dibawah PTKP.
-Bgmn kalau masuk ke SPT ahli waris yg pernah ikut TA .
– ahli waris ke 3 adalah karyawan

Terima kasih Om

Marlon Lewakabessy
Marlon Lewakabessy
Maret 12, 2021 10:26 am

Bagamana jika di pelaporan SPT PPH 21 salah memasukan NPWP Pemotong atau masih memakai NPWP Pemotong Yang lama

Nani Suryani
Nani Suryani
Maret 12, 2021 6:52 am

OM, selamat siang…
kantor sy sewa tanah dan bangunan ke orang pribadi (brutto=90 jt….81 jt trf ke OP ybs/ 9 jt ke negara)..utk satu tahun di tahun 2020
pertanyaan:
1> kantor berencana bayar utk sewa tsb di tahun 2021/ lunas tapi nanti utk transaksinya dimasukan di tahun pajak 2020. Apakah bisa OM…?
2> utk pembuatan bukpotnya, kantor sy yg eksekusi…idealnya bgmna yaa
2.1 kntr sy setor pph psl 4a2 ke negara tgl berapa?
2.2 kntr sy lapor pph psl 4a2 ke negara tgl berapa?
Tmksh Om bantuannya…

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x