Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Bekti wahyudi
Bekti wahyudi
Februari 22, 2021 3:55 am

NPWP saya terdaftar KPP Pontianak timur dengan status NE ..gimana cara aktifasi NPWP sedang saya sudah domisili Jogja sejak THN 2012

abdul muiz
abdul muiz
Februari 22, 2021 3:53 am

mau merobah nama badan dengan penambahan kalimat di belakanya, apakah akan berubah no NPWP nya

abdul muiz
abdul muiz
Februari 22, 2021 3:31 am

perobahan ini dikarenakan berobahnya akte pendirian. ini tentang nama yayasan

abdul muiz
abdul muiz
Februari 22, 2021 3:26 am

apakah bisa merobah nama atau menambah nama dalam kartu pajak, dan pakah ada pengaruhnya kepada laporan akibat dari perobahan ini

Bagus
Bagus
Februari 22, 2021 12:30 am

Saya sudah punya npwp, pajak kan biasanya dibayar kantor, tapi saya juga punya penghasilan sampingan dari adsense, pelaporannya bagaimana ya ?

anna
anna
Februari 20, 2021 10:23 pm

Halloo Om,

Mau tanya donk. saya kan punya 2 sertifikat tanah yang saling bersebelahan. nah di di atas 2 sertifikat itu saya bangun rumah kaya di gabung gitu. apa memang saya mendapatkan pajak hanya 1 saja? mohon bantuannya

aya
aya
Februari 20, 2021 8:14 am

Om punya sumber tertentu yang menjelaskan mengenai latar belakang pphop dan sejarah hadirnya pph op di indonesia?

aya
aya
Februari 20, 2021 8:09 am

saya mau bertanya sebenarnya apa latar belakangnya makanya diberlakukan pengenaan pajak atas orang prnibadi

Fenny
Fenny
Februari 19, 2021 10:59 pm

Mau tanya , PPh 25 itu menyetor dan melaporkan lewat Pusat atau cabang ya ? Jika sudah di bayarkan atas NPWP cabang bagaimana ya ?

Mohon bantuannya terima kasih

bingungpajak
bingungpajak
Februari 19, 2021 1:11 pm

Zulfikar adalah karyawan tetap pada PT. Energy, selama tahun 2018 memperoleh gaji Rp. 9.000.000 setiap bulan, telah menikah dan memiliki 1 anak kandung. Atas penghasilan selama tahun 2018 telah di potong PPh 21 oleh pemberi kerja. Sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi, Zulfikar harus menyampaikan laporan SPT PPh Orang Pribadi tahun 2018.
Diminta :
a) Hitunglah PPh Orang Pribadi tahun 2018.
b) Kapan batas akhir Zulfikar melakukan pelaporan SPT PPh OP, agar tidak terkena sanksi ?

Feni
Feni
Februari 19, 2021 11:32 am

Apa saya persyaratan pembebasan PPH pasal 23?

Feni
Feni
Februari 19, 2021 11:30 am

@kring_pajak bagaimana solusi apabila ada invoice yang belum diterbitkan faktur pajak, namun nomor seri faktur pajak susah habis, dan juga udah lewat tahun. Sedangkan mau di catat sesuai masa pajaknya.. mohon penjelasan.. Krn saya tlp di kring pajak tapi gak ada tanggapannya.

FENNY PUTRI HANAFI
FENNY PUTRI HANAFI
Februari 19, 2021 10:13 am

sore mau tanya..?

jika Pembayaran PPH 25 itu harus dilakukan oleh cabang atau pusat , jika sudah di bayarkan atas NPWP cabang bagaimana ya ?

Arra
Arra
Februari 19, 2021 9:39 am

Om, Peraturan potongan pajak penghasilan untuk tenaga ahli pada saat covid ini, gimana ya?
Tetap di potong pajak atau di nihilkan?
Lalu untuk kantor konsultan menejemen, PPh 21 karyawan tetap, saat covid pajak masa nya nihil/tetap kena potongan?

Didik
Didik
Februari 19, 2021 8:59 am

Tanya pak saya sdh isi laporan pajak
Spt tahunan tetapi belum Verifikasi
berarti termsuk Belum laporan Ya ?

Ryan
Ryan
Februari 19, 2021 5:28 am

Mau tanya, sy pny mobil atas nama saya dan sudah sy laporkan di kolom harta pada laporan spt tahunan. Rencananya saya ingin menghibahkan mobil tersebut ke ayah saya. Ketika pelaporan spt tahunan, artinya harta mobil sy tidak dilaporkan? Atau gimana yah?

Apa konsekuensinya jika sy menjual mobil tersebut ke org lain? Apakah sy akan dikenakan pph utk penjualan mobil tsb?

Ryan
Ryan
Reply to  admin
Februari 19, 2021 10:54 am

Thank you bgt infonya. Sy masi pny pertanyaan lain: Nah misalnya saya beli mobil tsb tahun 2013 seharga 100jt. Dan skrg sy jual seharga 60jt. Artinya saya rugi, tp itu tetep saya kena pajak pph yah? Terima kasih sekali lg yah.

Nani Suryani
Nani Suryani
Februari 19, 2021 5:27 am

Om mhn pencerahannya ttng pph psl 21
Atasan sy di bln Jan’21 sdh menikah yg td nya TK/O (54 jt) menjadi K/0 (58,5 jt)..Otomatis hal tersebut akn merubah pd tarif PTKP yg diterapkn pd masa2 berikutnya. Apkh dalam perubahan stts ini sy selaku TO hrs meminta semacam bukti/ boleh dikatakan Surat Nikah kemudian dilampirkan di pelaporan bln selanjutnya sebg penunjang adanya perubahan status tsb..Intinya perlu/ tdk sy menginfokan dan melampirkan bukti tentang perubahan sts tsb. Tmksh Om, utk pencerahannya.

Monika sebentina
Monika sebentina
Februari 18, 2021 9:16 am

Sore om mau tanya, jadi perusahaan saya blm menyetor pon bulan Juni dan Juli 2019 . Dan karena itu vendor mendapat surat dari kantor pajak untuk klarifikasi ppn tersebut. Sedangkan alasan kami belum setor karena sistem pelaporan sekarang tidak bisa dipilih seperti dulu. Bagaimana solusinya ya om tolong bantuannya karena saya masih awam masalah pajak.
Dan bagaimana saya harus klarifikasi ke kantor pajak dan vendor kami.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Monika sebentina
Februari 18, 2021 3:36 pm

intinya apapun kondisinya kewajiban pelaporan PPN tetap harus dijalankan, apalagi jika memang uang PPN dari pembeli juga sudah diterima, jadi memang harus dilakukan untuk mencegah hal seperti tadi

Tini
Tini
Februari 18, 2021 8:19 am

Sore Om, mau nanya, kalau pengusaha UMKM (menggunakan pencatatan), perlu isi nilai stok barang ga di SPT Tahunan OP nya?

Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tini
Februari 18, 2021 3:36 pm

stok barang dagangan ya maksudnya? perlu diisikan nilainya di bagian harta

Tini
Tini
Reply to  Om Pimpa
Februari 19, 2021 2:56 am

Iya om stok barang dagang, kode harta berapa ya om? Nilainya kalau usaha toko kan jarang diadministrasi dengan baik seperti pembukuan om, jadi untuk nilainya diisi bagaimana ya om?

Nani Suryani
Nani Suryani
Februari 18, 2021 5:12 am

Om tanya dunk… kntr sy sdh lapor utk satu tahun pajak pph psl 21 dan juga sdh mendistribusikan bukpot 1721a1 kepada ybs/para karyawan. Tp ada hal yg msh menganjal yaitu mengenai pencatatan THR…Stlh beberapa hari kemarin sy lapor utk SPT tsb diatas. Sy menemukan berkas yg slama ini sy cari dan saking lupa nyimpennya “sdkit” sy abaikan yaitu daftar transfer THR dibulan Mei utk karyawan lepas (smuanya di bwh PTKP dan tdk ber NPWP) dan kartap (ada yg berNPWP dan sebagian tdk berNPWP)..Pertanyaan sy, 1. apakh sy perlu melakukan Pembtulan SPT Masa di Mei dg alasan jumlah THR ini tdk… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Februari 18, 2021 3:35 pm

sebelum menjawab poinnya, Om tanya dulu apakah THR yg dimaksud ini sudah diperhitungkan dalam bukpot 1721A1? Jawaban ini akan mempengaruhi semua poin jawaban berikutnya.

1. perlu jika jumlah THR juga blm masuk pada 1721A1
2. perlu membuat pembetulan SPT Desember hanya pada sisi angka2 pada 1721A1 tanpa akan mengakibatkan berubahnya status KB

apa yg dilakukan saat ini sebenarnya tergantung dari kondisi yg sudah dilakukan

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  Om Pimpa
Februari 19, 2021 1:27 am

Om,
utk THR yg dimaksd blm sy perhitungkan didlm bukpot 1721A1, ya karena tadi slip trf berikut dg rekapannya baru sy temukan stlh sy melakukan pelaporan dan pendistribusian bukpot tsb.
Baik Om, point 1 dan 2 sngt jelas. Tmksh pencerahannya…

Benny Adrian
Benny Adrian
Februari 18, 2021 2:12 am

Met pagi kalau saya ditanya user id direktorat pajak itu apa yah

Benny Adrian
Benny Adrian
Reply to  admin
Februari 18, 2021 12:54 pm

Ya pada saat pengajuan pinjaman ditanya user id pajak sy

Diyanah
Diyanah
Februari 18, 2021 2:11 am

Djp eror, tdk ada respon 2 hari belakangan ini?

Abdul Rahman Siregar
Abdul Rahman Siregar
Februari 17, 2021 9:31 am

Izin tanya om
Saya kan mantan karyawan swasta 3 tahun 3 bulan kerjannya,dan gaji saya juga gak kena pajak.dan sekarang saya Masuk kerja intansi pemerintaj dan wajib lapor spt.spt saya waktu kerja swasta gimana ya om.mohon penjelasan nya om

Tania
Tania
Februari 17, 2021 7:35 am

Selamat siang, Om. Saya mau tanya. Saya bekerja di Indonesia, namun dengan gaji USD. Perusahaan berdomisili di luar Indonesia dan memberikan gaji dalam bentuk gelondongan. Saya bertanggung jawab melaporkan dan membayar pajaknya secara pribadi. Bagaimana pelaporan pajak penghasilannya ya?

Casandra Tania
Casandra Tania
Reply to  admin
Februari 18, 2021 9:40 am

Siap. Terima kasih untuk responnya

indah
indah
Februari 17, 2021 6:26 am

om kalau cara pelaporan pajak kode 030 gimana ya? contoh A buat pajak untuk B dan si B bilang kamu aja A yang bayar jadilah si A yang bayar, kira2 pelaporan pajaknya gimana ya?

anthy
anthy
Februari 17, 2021 2:54 am

om mau tanya kalau mau buat invoice pembayaran jasa dari PT ke Pt supaya saat pembayaran pajak yang tanggung hanya 1 pt yang bayar?

awang
awang
Februari 17, 2021 2:48 am

Pagi om, saya bertanya jika seseorang merupakan pelaku usaha UMKM dan melaporkan SPT tahunan secara badan. dan bagaimana perhitungan pelaporan pribadi nya ? menggunakan perhitungan apa?

Cristo
Cristo
Februari 16, 2021 11:48 am

Jika saya dengan gaji 5.000.000/bln Bekerja di PT. A. Lalu mempunyai penghasilan lain dari menjual barang ke PT. B. PT. B memotong pph 21 sebesar 2.5% untuk barang tersebut.

Bagaimana saya melaporkan SPT tahunan saya?
Apakah saya perlu membayar pph final setiap bulannya?

Terima kasih

Wily
Wily
Februari 16, 2021 8:32 am

Om saya mau tanya..
Saya penjual online di marketplace..
Dengan profit kurang dri 5%
Jika tahun ini saya sudah mencapai omset Rp 4.8m di bulan Agustus..
Jadi saya harus memungut PPN 10%
bagaimana untuk tahun berikut nya..
Apa saya harus memungut PPN 10% lagi dri bulan Januari..?
Atau punggut PPN 10% setelah omset sudah di atas Rp 4.8m di tahun berikutnya?

Surya
Surya
Februari 16, 2021 4:41 am

Om. Alamat email KPP Depok Cimanggis apa om… Mau bikin efin online

Firman
Firman
Februari 16, 2021 3:37 am

Selamat Sore Om,
Mau tanya kalo saya sudah buat e-billing masa september tapi tidak dilaporkan atau dibayarkan karena salah, apakah ada pertanggungjawabannya atas e-billing yang udah d buat.

jo jo
jo jo
Februari 15, 2021 11:47 am

Mau tanya, Bagaimana cara melihat isi spt tahun – tahun sebelumnya? Terima kasih

Tini
Tini
Februari 15, 2021 9:25 am

Selamat Sore Om,

Kalau Orang Pribadi membeli tanah 600 m2, kemudian tanah tersebut dipecah menjadi 3 Sertifikat Hak Milik masing2 200 m2 dan dibangun rumah masing2 luas rumahnya 100 m2. Apakah kena PPN membangun sendiri ya Om?

Tini
Tini
Reply to  admin
Februari 15, 2021 11:32 am

Tapi luas rumah masing2nya cuman 100 m2 Om (belum mencapai 200 m2), apakah termasuk Om?

Tini
Tini
Reply to  admin
Februari 19, 2021 3:07 am

Berarti maksud om, syarat PPN KMS yang luas keseluruhan 200m2 itu dilihat juga sertifikat sempadannya pemiliknya sama atau tidak ya?

Jika sertifikat sempadannya pemiliknya sama, maka luas bangunan yang dibangun sendiri diakumulasi (100×3 = 300m2) walaupun bangunannya terpisah begitu ya Om?

Andra
Andra
Februari 15, 2021 4:08 am

Selamat siang Om.
Mau tanya, kalau sebuah perusahaan melakukan pengadaan barang dan jasa untuk pemakaian/kepentingan perusahaan tersebut tetapi menggunakan nama pribadi mulai dari penawaran, purchase order, sampai invoice, demi menghindari pajak, itu bagaimana ya om? lalu perusahaan tersebut meminta kepada vendor untuk tidak dikenakan ppn. apakah melanggar hukum?

Terima kasih Om.

Rani
Rani
Februari 15, 2021 3:10 am

Selamat pagi, Min.
Mau tanya. Semisal sudah tidak bekerja lagi sejak Juli 2018, lalu setelah itu tidak pernah lapor pajak SPT lagi sampai skarang, itu harus gimana yah?
Apa harus ke kantor pajak terdekat untuk ngeberesin persoalannya?

Trus satu lagi, apakah hal ini berkaitan dan akan menyulitkan saat mau melakukan penjualan tanah atas nama saya suatu hari nanti?

Mohon bantu jawab & trima kasih sblumnya, Min.
Slamat pagi.

Purwanto banu
Purwanto banu
Februari 14, 2021 10:11 am

mau tanya ,pada bulan desember 2020 sy kluarin invoice dan
faktur pajak seri 030 untuk BUMN, hingga bulan ke 2 th 2021 invoice tersebut blm dibayar termasuk BUMN tersebut blm setor pajak yg kami pungut berdasarkan no seri 030. pada saat kami Lapor SPT tahunan badan hutang pajak tersebut muncul dan kami kesulitan mendapatkan no seri faktur pajak tahun 2021. gimn solusi nya ya

yadi febriana
yadi febriana
Februari 14, 2021 2:27 am

mau tanya mau bikin npwp tp pas daftar di keterangan nya no nik anda sudah terdaftar.. padahal belum pernah membuat npwp gmn ya solusinya?

Vera
Vera
Februari 13, 2021 3:58 am

Selamat siang om Pajak..
Kami dari CV.xxx
Mau bertanya apakah ebilling / setoran pajak bisa keluar setiap transaksi? Atau setiap faktur pajak yg kami keluarkan utk rekanan?
Karna biasanya kami membayar setoran secara keseluruhan, per SPT bulanan, ebilling perbulan lah istilahnya om kami minta.
Itu gimana om? Soalnya ada rekanan kami minta faktur bserta bukti setoran pajak, per transksi mereka saja. Gak mau nunggu spt bulanan kami..
Terima kasih om pajak..

Vera
Vera
Reply to  admin
Februari 15, 2021 7:45 am

Terima kasih atas jawabannya Om Pajak..
Lalu saya ingin bertanya lagi om, apakah utk mendapatkan ebilling kita harus kekantor pajak? Bisakah online buat sndri sperti kita membuat faktur om?

Tini
Tini
Februari 10, 2021 9:18 am

Selamat Sore Om,

Mau nanya, kalau orang pribadi kerjaannya beli tanah/rumah/ruko kemudian untuk dijual dengan mendapatkan keuntungan, masuk KLU berapa ya Om?

Terima kasih

Maryam
Maryam
Februari 10, 2021 4:07 am

Suami berstatus kawin mempunyai dua tanggungan yaitu anak kandung dan mertua dari suami. Lalu status istri yaitu MT membayar kewajiban pajaknya sendiri.

lalu Apakah PTKP Suami tetap K/2 atau K/1?

Siti maryam
Siti maryam
Februari 10, 2021 3:53 am

Suami berstatus kawin mempunyai 2 tanggungan yaitu anak kandung dan mertua. Namun istrinya berstatus MT. Maka berapa PTKP suaminya ini?

Apakah PTKP K/2 ataukah K/1?

lusiana peni
lusiana peni
Februari 10, 2021 3:37 am

tanya soal pembuatan e billing untuk sewa bangunan ( pph pasal 4 ayat 2 final ) dimana pemilik gedung dan penyewa merupakan orang pribadi ( bukan sebagai pemungut pajak )

Esa
Esa
Februari 10, 2021 2:02 am

Selamat pagi. Mau tanya:
1. Apakah perusahaan penjual jasa periklanan yg kenap PP23 (dipotong PPh 0.5% dari pendapatan bruto) juga kena PPh pasal 23 terkait jasa periklanan (dipotong 2% dari pendapatan bruto)? Jadi kena PPh 2 kali total 2.5%?
2. Apa keuntungan perusahaan non-PKP memgajukan jadi PKP walau belum mencapai omzet 4.8 M? Apa saja manfaat jika perusahaan bisa memungut PPN?
Terima kasih.

Dwi
Dwi
Februari 10, 2021 1:58 am

Kalau sudah pengajuan pph 23 atas pbk di KPP yang berstatus lebih bayar dan dikompensasikan di masa selnjutnya, tpi pada masa selanjutnya lupa untuk dikurangi pembayarannya. nah itu apakah bisa di pbk.n lagi ke masa berikutnya ya?

Tiara
Tiara
Februari 9, 2021 8:28 am

Om saya cpns 2019 dan pemberkasan cpns bulan 12 tahun 2020 salah satu syarat pemberkasannya adalah wajib memiliki npwp dan pembuatan npwp saya bulan 12 2020. Pertanyaan saya apakah saya sudah berkewajiban melaporkan spt tahunan?
Mohon infonya 🙏🙏

bayu
bayu
Februari 9, 2021 6:10 am

mau tanya, bisa ga sih orang pribadi ngeluarin faktur pajak? Jadi gini saya ada jual barang ke PT, dimana barang itu sebenernya saya beli sudah include ppn. Berhubung saya mau jual ke PT jadi saya harus siapkan faktur pajak nya. Gmn ya

Adi
Adi
Februari 9, 2021 12:38 am

Saya ingin bertanya ttg PBB
Misalnya sepran wp memiliki tanah bangunan serta lahan pertanian pangan berkelanjutan.
Misalnya NJOP tanah bangunannya 100jg
Misalnya njoptkp nya 12jt
NJOP lahan pertaniannya 800
Untung menghitung PBB terutangnya bagai mana ya?

Hasri Aini
Hasri Aini
Februari 8, 2021 12:50 pm

Pada Mei 2016, sebuah bank BUMN melakukan transaksi berikut ini:
a. Membeli makanan siap saji dari sebuah restoran secara tunai untuk keperluan rapat seharg Rp5.000.000,00;
b. Membeli bensin dari SPBU Pertamina untuk keperluan kendaraan dinas seharga Rp4.000.000,00 dan membeli benda-benda pos sebesar Rp3.000.000,00 dari kantor pos; dan
c. Membeli secara tunai ATK sebesar Rp30.000.000,00 (belum termasuk PPN) dari CV Jaya
Diminta:
Hitunglah PPh Pasal 22 atas transaksi di atas!

Deday
Deday
Februari 8, 2021 6:57 am

Assalamualaikum, mau tanya pada aplikasi espt badan 2009 kenapa muncul pesan “prj17712009
Object variable or With block variable not set”. Apakah ada solusi nya? Terima kasih.

fani
fani
Februari 8, 2021 5:26 am

om, maaf mau tanya..mengenai ketentuan materai terbaru, apakah faktur pajak dikenakan materai 10 ribu? implementasi nya apakah biaya materai tsb tertera di faktur pajak?
terima kasih om

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x