Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
syaa
syaa
Februari 8, 2021 1:23 am

om mohon maaf ingin bertanya, jika selama ini sebuah CV mendapatkan omzet dibawah 4,8 M dan membayar pph ps.4a2, namun pada tahun 2020 terdapat pendapatan yang tidak rutin sehingga omzet melebihan 4,8M. untuk tahun 2021 apakah tetap memakai ps 4a2 atau harus ps 25 ya om? bagaimana cara perhitungannya ya om jika dikenakan ps 25

syaa
syaa
Reply to  admin
Februari 15, 2021 1:25 am

khusus untuk pph 25 bulanan tahun pertamanya masih bisa dihitung 0 itu mksudnya gimana ya om? dan jika pada tahun ini omzet kembali menjadi dibawah 4,8 M, apakah Cv tersebut masih bisa kembali ke ps 4a2 om ?

syaa
syaa
Reply to  admin
Februari 23, 2021 4:24 am

Berarti untuk tahun 2020 lapkeu nya masih bentuk pph pas 4a2 yaa om? dan untuk tahun 2021 ini kita ambil angsuran pph 25 itu (pkp x tarif ps 25) yang diambil dari lapkeu 2020? gitu kan ya om?

Hana
Hana
Februari 8, 2021 12:44 am

Cara mengisi SPT tahunan melalui handphone

bejonan
bejonan
Februari 7, 2021 1:57 pm

maaf Om Pimpa mau tanya, saya ikut koperasi 3 th tiap bulan 300rb , di th 2020 cair dapat 150rb, ini di laporan spt tahunan di isi bagaimana, apa kena pph, kalau kena bayar berapa? terima kasih

septiana
septiana
Februari 6, 2021 3:24 am

Selamat pagi om… Om saya ada beberapa pertanyaan, sebagai berikut : 1. sebelum pelaporan spt tahunan yang tahun 2020 itu kan ada batas waktu sampai 30 april 2021. Utk januari 2021 sd April 2021 itu spt nya dilaporkan nihil saja kah? 2. Spt tahun 2019 sudah terlaporkan semua dan rupanya ada pembetulan di bulan 12 tahun 2019. Sudah pembetulan dan dikompensasikan di tahun 2020. Dan rupanya ditahun 2020 ada beberapa bulan yang spt nya perlu pembetulan karena pajak masukannya tertinggal untuk dilaporkan. Jadi pembetulan dilakukan pada beberapa spt di tahun 2020 jadi lebih bayar. Utk spt bulan desember 2020 sudah… Read more »

Yusuf
Yusuf
Februari 6, 2021 1:34 am

Om Pimpa
tanya boleh, Saya Yusuf dari Batam,
maaf Om, minta pencerahan
kalau SPT nihil apa perlu bayar Pajak
lalu kalau harus bayar pajak nya, sebelum atau sesudah ya
makasih om’

sari
sari
Februari 4, 2021 7:05 am

om mohon maaf ingin bertanya, bagaimana cara membatalkan faktur pajak yang telah dilaporkan? karena terjadi double faktur dan terlanjur dilaporkan. Terima kasih

evan
evan
Februari 4, 2021 6:31 am

halo om pimpa, saya karyawan swasta dengan usaha umkm, saya juga mendapatkan komisi dari freelancing sales.

saya mau tanya untuk komisi yg saya terima di 2020 apakah termasuk insentif, jika ya DMK yg mana dan berapa besar potongannya jika ada?

terima kasih!

ri gunawan
ri gunawan
Februari 4, 2021 4:59 am

begini om saya baru slese membuat npwp beberapa hari lalu untuk keperluan kartu kredit..nah karena saya juga baru memulai sebagai freelance graphic design jadi apakah saya wajib lapor SPT Masa dan SPT Tahunan? mengingat penghasilan belum pasti.. apakah tinggal lapor pajak nol atau?

Gunawan
Gunawan
Februari 4, 2021 3:19 am

Om, mau tanya seputar pajak pulsa. Saya punya usaha jualan pulsa, ambil dari server (distributor kedua), omset tahun kemarin sih sampe 4.8M. Profit yg saya ambil tidak sampai 0.5%, sedangkan di aturan baru kemarin dikenakan pajak 0.5%. Jika saya daftar pkp, maka Profit saya saja tidak cukup untuk bayar pajak. Apakah ada solusi lain selain meningkatkan Profit lebih dari 0.5% yg mana akan berdampak ke harga jual?

Edi Susilo
Edi Susilo
Februari 4, 2021 2:33 am

untuk PMK No.9 th 2021 berlaku surut januari sementara gaji sudah di bayar itu gimana

mamad
mamad
Februari 4, 2021 2:16 am

halo, saya (perorangan) menjual barang/jasa ke customer saya, harga penawaran sudah saya includekan PPN 10%. jadi misal harga barang 10jt, harga penawaran 11 jt (disebutkan bahwa 1jt adalah ppn10%), apakah betul seperti itu?
lalu setelah transaksi selesai, cara pembayaran ppn dan pelaporannya bagaimana ya?

suyanto
suyanto
Februari 4, 2021 2:00 am

om mau tanya fasilitas pajak covid19 bebas pajak masih berlaku? / diperpanjang? trimakasih

Puspita
Puspita
Februari 3, 2021 10:16 pm

Om saya mau tanya. Jadi kasusnya begini, seorang karyawan pada bulan Juli kena potongan pph 21 karena gajinya diatas ptkp. Pada bulan juli tsb potongan pajaknya sudah disetor dan dilaporkan sebesar 5rb. Karena gajinya selama satu tahun fluktuatif maka diakhir tahun setelah ditotal ternyata gajinya kurang dari ptkp jadi hasil perhitungan pph 21 nya 0. Nah yg saya tanyakan saat saya buat bukti potongnya dibagian poin 18 dan 20 apakah saya isi 5rb atau dibiarkan tetap 0 otomatis? Terima kasih sebelumnya om

Dja
Dja
Februari 3, 2021 4:31 pm

Om mau nanya, sekolah kami pada awal berdiri dibawah naungan yayasan cabang. Dan kami punya NPWP sekolah. Lalu pd th 2015 pengelola sekolah berlepas diri dr yayasan tersebut dan mendirikan sendiri yayasan baru. Kemudian pihak yayasan memberikan kembali NPWP sekolah yg baru. Akibatnya kami punya 2 NPWP. Sejak th 2015 kami tdk lagi memakai NPWP lama. SPT Tahunan lembaga kami selalu dilaporkan oleh pihak yayasan. Lalu th 2020 lalu kantor pajak merilis nama2 sekolah yg belum melaporkan SPT tahunan. Dan sekolah kami termasuk di dalamnya. Tp yg tertulis adalah NPWP yg lama. Gimana caranya Om supaya NPWP yg lama itu… Read more »

Dja
Dja
Reply to  admin
Februari 5, 2021 11:45 pm

Kalo kami mau menghapus NPWP lama kami, dimana NPWP tsb status nya bagian dr Badan/yayasan yg sdh tdk aktif lagi, dokumen apa saja yg diperlukan utk penghapusannya om

Nisa
Nisa
Februari 3, 2021 3:03 pm

Om, saya mau tanya om…krna no efin lupa, bisa gk om mintanya melalui online??

Firman Hidayat
Firman Hidayat
Februari 3, 2021 2:16 pm

Cara LA po ran taunan pajak om gmn

Hartono
Hartono
Februari 3, 2021 9:16 am

Mohon maaf ingin bertanya mengenai kewajiban perpajakan untuk Penerima Hibah Tanah dari Mertua dan Warisah Rumah dari Saudara Kandung. Apakah selain kena BPTHB pada saat balik nama, juga kena PPh Progresif Orang Pribadi setelah dikurangi PTKP sebagai penghasilan lainnya (1770-I bagian D)?

Jika iya, apakah berarti penerima hibah/waris tersebut menjadi kena pajak 2 kali, BPHTB dan Pajak Progresif?

Terima kasih Bapak/Ibu

Hartono
Hartono
Reply to  admin
Februari 4, 2021 4:17 am

Selamat siang Admin,

Terima kasih atas penjelasannya.

Mohon maaf pertanyaan saya masih belum terjawab.

Maksud saya dari sisi sebagai penerima hibah dari mertua (tidak ada hubungan darah) dan warisan dari saudara (hubungan darah tidak 1 derajat), sudah kena BPHTB pada saat balik nama. Apakah di SPT Tahunan penerima hibah ini akan dimasukkan sebagai penghasilan dalam negeri lainnya lagi sehingga pada akhirnya setelah dikurangi PTKP akan kena PPh Pasal 17 lagi? Jika demikian, apakah berarti penerima hibah/warisan tersebut menjadi kena 2 kali pajak (double tax) yaitu BPHTB dan PPh Pasal 17?

Mohon pencerahannya, Terima kasih.

Hartono
Hartono
Reply to  admin
Februari 6, 2021 6:06 am

PPh Final Pengalihan tanah/bangunan dengan tarif 2,5% bukannya dikenakan ke Pemberi Hibah ya Min?

Hartono
Hartono
Reply to  admin
Februari 8, 2021 8:39 am

Kalau Penerima Hibah kena pajak apa saja ya Min? Selain BPHTB saat balik nama, apakah kena PPh tarif 17 dengan DPP senilai tanah/rumah di SPT Tahunan?

Hartono
Hartono
Reply to  admin
Februari 9, 2021 5:14 am

Terima kasih Min atas perhatiannya. Berarti bisa dikatakan kena pajak 2 kali ya Min? BPTHB dan PPh Pasal 17. Jadi double tax ya Min?

Puspita
Puspita
Februari 3, 2021 7:42 am

Om saya mau nanya. Jadi kasusnya yaitu pada bulan juli seorang karyawan kena potongan pajak karena penghasilannya bulan itu lebih besar dari 4,5jt. Potongannya yaitu sebesar 10rb dan sudah dibayar dan dilaporkan. Namun saat pengisian bukti potong A1 ternyata penghasilannya selama 1 tahun masih dibawah ptkp sehingga pph 21nya kan 0. Nah pertanyaan saya, saat pembuatan bukti potong dibagian poin 18 dan 20 apakah diisi jumlah pajak yang telah dibayarkan oleh perusahaan yaitu sebesar 10rb yg sudah dibayar dan dilaporkan dibulan juli? Atau tidak diisi dan tetap 0?

Puspita
Puspita
Reply to  admin
Februari 4, 2021 7:06 am

Terimakasih

sal
sal
Februari 3, 2021 7:14 am

halo om izin bertanya, saya staff finance baru di sebuah perusahaan dan tahun ini adalah tahun pertama saya menghitung dan melaporkan spt tahunan, pertanyaan saya macam-macam spt yang saya harus laporkan itu apa saya ya om? terima kasih sebelumnya

sal
sal
Reply to  admin
Februari 4, 2021 7:35 am

halo om, terima kasih untuk jawabannya, untuk transaksi perusahaan saya sendiri itu meliputi ppn masa yang setiap bulannya saya bayar dan laporkan, lalu ada bukti potong pph pasal 23 yang saya terima setiap bulannya dari customer, hanya itu om

vina
vina
Februari 2, 2021 9:52 am

sy isi gaji bruto di e spt pph 21 masa malah gaji disetahunkan. ada pengaruh apa gak ya?

Hadi
Hadi
Februari 1, 2021 2:34 pm

Om, ini tahun pertama saya lapor pajak. Status pekerja bebas, nah di bagian harta kan ada tabungan, deposito, motor dll. Saya ada deposito dan motor tp pembukaan depo dan pembelian motor tidak di tahun 2020 (thn 2017 dan 2019).

1. Deposito dan motor tetap dimasukkan sesuai nilai awal kan?
2. Saya juga ada motor lain a.n saya tapi dulu dibelikan ortu sdh lama (2004an) dan dicari sdh tdk ada harga belinya. Gmn ya?

Terima kasih

Sulung
Sulung
Februari 1, 2021 1:01 pm

Om, saya aads transaksi dengan BUMN dan menerbitkan FP 030. Setelah 6 bulan, saya blm dapat SSP atas PPn tsb dan saya sedang diperiksa pajak. Apakah PPn tsb akan dibebankan ke saya dan didenda karena telat bayar? Thanks om.

annas
annas
Februari 1, 2021 10:01 am

om mau tanya kalau lapor pajak spt masa badan via e filing harus upload e-spt juga ya? dan pada form NPWP penandatangan itu diisi oleh siapa?

annastasya wulandari
annastasya wulandari
Februari 1, 2021 8:53 am

halo mau tanya, saya sedang magang di sebuah perusahaan diminta untuk lapor spt masa, tahapannya bagaimana ya?

Panda
Panda
Februari 1, 2021 2:11 am

Halo om, mau tanya kalau punya usaha (menengah) tapi hanya mendapat gaji sebagai karyawan itu untuk lapor spt tahunan pribadi menggunakan formulir yg mana ya? Dan apa saja yg perlu dipersiapkan. Terimakasih

Panda
Panda
Reply to  admin
Februari 4, 2021 3:03 am

Baik, terimakasih om atas bantuannya

Alvan
Alvan
Januari 31, 2021 1:42 pm

Mau tanya Untuk spt tahunan apa laporan keuangan yqng dilaporkan untuk penjualan ppn saja dan pembelian ppn saja yang tertera diefaktur selama satu tahun

Singgih
Singgih
Januari 31, 2021 7:37 am

Om,status npwp saya NE(non efektif) misalkan di aktifkan apakah nomer npwp nanti beda atau berubah?

Lia
Lia
Januari 30, 2021 2:26 pm

Selamat malam om, mau tanya gimana caranya mengubah status wajib pajak NE menjadi Aktif. Saya baru membuat NPWP online rabu kemarin. Lalu hari ini saya dapat surat dari kpp status WP NE. Kartu fisik npwp belum saya dapat baru email saja. Mohon berikan respons secepatnya untuk pemberkasan cpns. Terimakasih

Anna
Anna
Januari 28, 2021 11:55 am

Halo Om, mau tanya mengenai kompensasi PPn lebih bayar. Contoh kasus:
LB JUNI : 10jt
PK JULI : 8jt
PM JULI : 2jt
KB JULI : 6jt
Kompensasi dari JUNI : 6 jt , berarti ada sisa 4 jt
Apakah LB JUNI 4 jt ini masi bisa dikompensasikan ke bulan Agustus?
Terima kasih Om.

Nani Suryani
Nani Suryani
Januari 28, 2021 7:30 am

Om, belakangan ini kode verfikasi/Kode token utk Lapor di DJP OL terutama pengguna web browser GMAIL, tokennya ngadat terus yaa,,,ada solusi Om?? Slain ganti email…(krn kode verifikasi nope dipegang ama bos dan bliau tdk mau ganti hp/ lama kasih info tokennya)…hub kring pajak 1500-200 via chat slow respon (pernah di chat: server sdng sibuk.., masa sibuk pe 3×24 jam/ 3 hari kemudian token bau muncul diemail sy)…
Tmksh
Mhn solusinya Om

Toto
Toto
Januari 28, 2021 7:03 am

Selamat sore om.. mohon penjelasannya.. Teman saya bulan juni kemarin di phk..dan hanya mendapat pesangon yang tidak seberapa. Singkat cerita, dia di ajak temannya yang sudah mempunyai usaha ( UMKM ). Dengan syarat dia menyetor modal sebesar 50 juta. Kemudian usahanya itu dibentuk PT oleh temannya..di notaris. Temannya menjadi komisaris dan dia di jadikan direktur.. Karena tidak paham teman saya mengiyakan saja. Selang 3bulan kemudian ada masalah.. teman saya mundur dari usaha itu.. dengan kesepakatan modal teman saya di kembalikan sekian persen. Dari awal pembentukan PT mereka belum pernah sama sekali lapor atau melakukan registrasi ke dirjen pajak. Pertanyaannya: adakah… Read more »

nadir
nadir
Januari 28, 2021 2:26 am

Om Mau nanya, saya mau urus PBB baru, tetapi di lingkungan saya tidak ada yang punya PBB, apakah fotocopy PBB tetangga itu wajib diserahkan saat pembuatan PBB baru?

Sinta
Sinta
Januari 27, 2021 11:20 pm

om saya mau tanya kalau orang tsb baru ada npwp di bulan april 2020 dimana setelah pelaporan spt tahunan op, apa perlu lapor tahun 2019 apa langsung tahun 2020? untuk spt nihil

Munir
Munir
Januari 27, 2021 4:10 pm

Om, saya memiliki usaha start up di bidang IT dan Industri Kreatif yang sudah berbentuk CV dan sudah memiliki NPWP. Saat ini jumlah karyawan 6 orang, semua penghasilannya masih di bawah PTKP. Selamat setahun terakhir ini kami tidak ada pendapatan yang ada pajaknya di dalamnya. Nah jika kasusnya seperti itu, saya selaku owner harus bagaimana ya? Laporan seperti apa yang harus saya lakukan? Karena semua karyawan saya tidak ada yang memiliki NPWP.

Wulan
Wulan
Januari 27, 2021 7:00 am

Hallo om, mau tanya jika kita jual barang kepada wajip pajak luar negeri namun pengiriman baranngya langsung di serahkan kepada customer WPLN tersebut di dalam negeri. Faktur pajak yang saya terbitkan tetap faktur pajak biasa kepada 01 namun NPWP nya 00000000 atau transaksi ini dianggap sebagai impor ?
Terimakasih om

Firman
Firman
Januari 27, 2021 6:59 am

Siang Om, mau tanya donk, beberapa waktu lalu saya menerima email yg berisi himbauan terkait bukti potongan PPh untuk karyawan kami, sementara karyawan kami adalah harian lepas, bagaimana cara melaporkannya? dan untuk pelaporan pajak terkait perusahaan yg non PKP itu bagaimana ya Om?
Terimakasih om sebelumnya, mohon untuk direspon

Salman
Salman
Januari 27, 2021 4:24 am

apakah bisa lebih bayar spt pph 25 badan yang sudah dilaporkan, kita biarkan saja? jadi perusahaan tidak mengajukan restitusi. mohon bantuannya

syaa
syaa
Januari 27, 2021 4:00 am

Om mohon maaf,ingin tanya mengenai peraturan Terbaru untuk Materai tahun 2021. Apakah Invoice atas penjualan dibawah 5juta tidak dikenakan materai ?

syaa
syaa
Januari 27, 2021 3:52 am

Om mau tanya, Dengan peraturan terbaru untuk Materai tahun 2021, apakah untuk Invoice dengan nominal dibawah 5 juta tidak memakai materai ?

Paula
Paula
Januari 25, 2021 1:02 am

Apa kah istri bisa memakai nomor npwp suami

Nani Suryani
Nani Suryani
Januari 24, 2021 3:21 pm

Om,mhn pencerahannya ..
sy sdh isi daftar potong pajak 1721-1 satu tahun pajak (emang seeh smua kartapnya msh dibawah PTKP). Sy mengisi poin B saja yg otomatis di klm C langsung ngelink nilainya lalu saya cetak dan save.
Saat sy lht SPT INDUK klm D, utk kotak no 2 (form 1721-satu tahun pajak) nya kok tdk otomatis ceklist muncul yaa..? pdhal sy sdh isi nilaI 1721-1 satu tahun..biasanya langsung muncul tanda ceklist dan angka 1.
Mhn pencerahnnya Om,
tmksh…

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Januari 25, 2021 7:36 pm
Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Januari 26, 2021 7:09 pm
Kurniawan
Kurniawan
Januari 24, 2021 1:53 pm

Boleh nanya perihal pajak usaha makanan?
Apakah untuk usaha makanan ini pembayaran pajak dilakukan sebanyak 2x?

tiwie
tiwie
Januari 22, 2021 6:22 am

om mau tanya,, ditempat saya bekerja ini setatusnya sdh mau ditutup, tetapi masih harus tetap melapor PPN karena masih punya sisa stock, nah dalam pelaporan PPN itu kan rumusnya Penjualan – Pembelian, dikasus kita ini sdh tdk boleh ada pembelian karena kita mau abisin stock,hanya bisa jual jual saja dan kita jual barang nya juga secara ecer,
untuk pemotong PPN nya nanti bagaimana ya?

Nani Suryani
Nani Suryani
Januari 21, 2021 10:40 am

Om, sy ada kasus di kntr. Mhn pencerahannya…Ktr dari Jan sd Agust jmlh kary 15. Jan sd Des jmlh kary 13 (krn ada yg resign di bln Sept= 2 orang; kary ber NPWP; gaji dibwh PTKP) Jjr saat itu sy lupa mbwtkan bukpot utk 2 kary yg resign. Untk di bln Des’20 ini, apkh boleh sy buatkan bukpot ukt 2 kary itu di bln des’20 juga?…tp dg masa kerja dari jan sd agust..?. Mhn pencerannya Om. Tmksh…

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Januari 23, 2021 2:58 am

Baik Om, tmksh pencerahannya.

endang.kurnianingsih22@gmail.com
endang.kurnianingsih22@gmail.com
Januari 21, 2021 4:29 am

Selamat Pagi Pak, mau tanya kalau stelah saya dapat Bukti Pemotongan Pajak Penghasilan dari Perusahaan lalu saya harus daftarkan dimana ya secara online

Akmal
Akmal
Januari 21, 2021 3:33 am

Mau Tanya Om, Berapa besaran pajak yang dikenakan terhadap Jasa Audit yang diterima perorangan bukan lembaga, ini terjadi di Auditor Pemda, juga aturannya ya Om ?

Akmaludin
Akmaludin
Reply to  admin
Januari 21, 2021 7:33 am

Pemotongan PPh atas jasa audit individu

Akmal
Akmal
Januari 21, 2021 2:57 am

Pajak apa yang harus dikenakan terhadap jasa audit perorangan yang diterima oleh Auditor Pemda, dan berapa besarannya ?

Nani
Nani
Januari 20, 2021 11:09 pm

ijin bertanya, kami telah memperoleh sertifikat tanah (Hak Pakai) dari Bappeda, selanjutnya untuk nilai pajaknya apakah kami bisa ke kantor pajak setempat ?

kemudian untuk online pajak mengapa antri terus/penuh terus, sy tidak bisa daftar

mohon penjelasan

Kamar rizal
Kamar rizal
Januari 20, 2021 4:30 pm

Om saya mau tanya om saya kan kerja di kpp cabang tapi saya terdaftar di kpp pusat gimana mau pindah nya om

Kamar rizal
Kamar rizal
Januari 20, 2021 4:27 pm

Om saya mau tanya saya kan baru ni saya daftar di kpp pusat tapi saya kerja di kpp cabang gimana cara pindah nya om

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x