Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
hamdan
hamdan
Maret 4, 2021 2:39 am

halo om, saya akhir desember 2019 resign dari kantor, lalu 1 januari 2020 – 31 januari 2021 saya freelance dan tidak bayar pajak karena tidak paham pajak. Mulai februari 2021 ini saya kembali bekerja di perusahaan.

Penghasilan saya selama freelance 1jt-3jt/bulan. Apakah sekarang saya harus bayar pajak untuk masa freelance saya tahun lalu itu?
Jika iya, bagaimana caranya?

Terima kasih sebelumnya.

Nova Nurdiana
Nova Nurdiana
Maret 3, 2021 12:15 pm

Gimana cara lagi untuk Laporan Realisasi DTP PPh 21 Tahun 2020 akibat Pembetulan yg blm sempat dilaporkan padahal SPT Masanya sudah dibetulkan

Putu maryani
Putu maryani
Maret 3, 2021 9:18 am

Om tanya.. Perusahaan kami tdk pkp, mada menyewakan gudang, pajak apa aza perusahaan kami kena? Makasi

munfaati
munfaati
Maret 3, 2021 8:28 am

om, mau tanya untuk usaha tambang pasir yang wajib melaporkan pajak apa saja? dan dasar pengenaan tarifnya apa saja jika tambang tersebut masih non PKP? beserta jenis akun pada pengisian billingnya nanti? terimakasih..

munfaati
munfaati
Reply to  admin
Maret 5, 2021 12:34 am

saat ini jual pasir saja.. npwp terdaftar akhir 2020.. WP badan..

munfaati
munfaati
Reply to  admin
Maret 6, 2021 1:28 am

bisa minta tolong dijelaskan juga mengenai jenis pajak yang konteksnya bukan jual beli?
dan klo pph final PP 23 tarif 0,5% nanti jenis akun di billingnya 411128 420 ya? apa beda lagi?

munfaati
munfaati
Reply to  admin
Maret 20, 2021 1:20 am

baik om, kalau bayar gaji sudah paham om.. yang ga paham untuk sewa truk, bisa tolong dijelaskan om?

munfaati
munfaati
Reply to  admin
Maret 23, 2021 4:39 am

baik om, makasih banyak infonya..

Yosi
Yosi
Maret 3, 2021 4:54 am

Kenapa harus punya NPWP klo mau lamar kerja, emang gajinya berapa ya klo punya npwp

Mohammad Iqbal
Mohammad Iqbal
Maret 3, 2021 4:43 am

Siang om,

Mw tanya untuk pendaftaran efin harus ke kantor pajak atau bisa via online?

Anonim
Anonim
Maret 2, 2021 12:07 pm

Rudi adalah karyawan kantor Pajak. Dia menyembunyikan informasi data dari PT X, yang sedang dilakukan pemeriksaan. Hal ini dia lakukan karena dia telah menerima sejumlah uang tertentu, sehingga pajak yang dibayar oleh PT X kurang dari yang seharusnya. Apa sanksi perpajakannya?

Adi.G
Adi.G
Maret 2, 2021 9:30 am

Sore om.. izin bertanya, klo ada transaksi jasa di periode pertengahan tahun lalu yg baru di tagihkan pada tahun ini apakah ada implikasi nya terhadap Pajak?
Apakah Pajak merefer pada tgl transaksi atau tgl invoice?
Misal transaksi jasa di bulan may 2020 baru di tagih di bulan maret 2021..

Mohon bantuannya om,
Terimakasih

Adi.G
Adi.G
Reply to  admin
Maret 5, 2021 2:26 am

Implikasi Pajak yg di maksud apakah secara laporan pajak nantinya kami akan di anggap telat lapor krna transaksi nya terjadi di tahun lalu..
Ini tidak kami catat sebagai piutang krna kurang tagih dari vendor ini baru saja diketahui belakangan.
Kira2 bgitu om
Matur suwun ya om

Adi.G
Adi.G
Reply to  admin
Maret 8, 2021 7:36 am

Maksudnya invoice dan faktur pajak yg jg di terbitkan di tahun ini padahal transaksinya terjadi di tahun lalu.. apakah ini akan ada implikasi terhadap performance pelaporan pajak krna di anggap sebagai terhutang pajaknya..
Maaf ya om Klo pertanyaannya kurang jelas, soalnya saya jg masih awam sekali nih 😅

Dewi
Dewi
Maret 2, 2021 8:48 am

om, mohon penjelasannya.perusahaan kami mengalami peralihan perhitungaan pajak dr PP 23 ke PPH 25 karena omset perusahaaan kmi yg lebih dr 4,8 M. Apakah perusahaan kami tidak bisa masuk dlm kategori Wajib Pajak Baru yg PPH 25 nya bisa Nihil (karena peralihan tersebut)

Dewi
Dewi
Reply to  admin
Maret 3, 2021 12:49 pm

Kalau pph 25 nihil,berarti tidak perlu lapor kan om? Lalu apakah perusahaan kami masih perlu membayar pp 23 lagi di tahun 2021? Dan apakah perlu ada pengajuan kalau pph 25 kita nihil? Apakah nnt orang pajak tidak curiga kok kita tidak membayar pph 25 nya,karena omset kita 2020 yg sdh melebihi 4,8 M.

Dewi
Dewi
Reply to  admin
Maret 4, 2021 3:17 am

Perusahaan saya barbentuk CV om. Karena belum habis masa tenggang pp23. Tp karena ada kenaikan omset yg lebih dr 4,8 M oleh orang pajak di minta untuk ke Pph 25

Dewi
Dewi
Reply to  admin
Maret 5, 2021 1:37 am

Jadi sudah tidak perlu bayar pp 23 0,5% ya om,kalau perusahaan saya memilih pph 25 nihil. Atau masih perlu bayar pph lain yg mungkin muncul kalau pph 25 nya nihil.
Mohon penjelasannya… terima kasih

saliyo
saliyo
Maret 2, 2021 5:59 am

pak kami tahun 2017 mau membayar pajak tetapi no id pelanggan kami di atm kok sudah tdk aktip lagi sehingga sd tahun 2020 kami belum membayar pajak , bagaimana untuk mengaktipkan no id pelanggan pbb p2 tersebut lalu bagaimana cara membayarnya luas tanah kami 50m persegi biasanya kena biaya hanya dibawah 25rb /tahun mhn petunjuknya. karna petugas desa menarik pajak pbb p2 ngga masuk ke cash daerah mhn pencerahannya

Nani Suryani
Nani Suryani
Maret 1, 2021 9:14 am

Om, mhn bantuan infonya..PPN DN sy KB..pas mau upload pdf SSP ada notif ETAX-WEB-50008: SPTSERVICE-00046. Tmksh Om…

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Maret 3, 2021 1:10 am

saat pas lapor Om (25 sd 28 Feb’21), tp pas tgl 01-03-21/ last minutes sorenya sdh bisa Om, wlpn kondisi KB tdk bisa upload pdf SSP..sy lapor Normal dulu lalu SPT Pembetulan baru deeh bisa upload pdf SSPnya.Dmkian Om, tmksh…

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Maret 4, 2021 6:51 am

Baik Om, sama2 yaa….amiiinn…

panji restu fanani
panji restu fanani
Maret 1, 2021 1:38 am

mau tanya, seandainya spt tahunan sudah keluar, akan tetapi saya lupa tidak menginputkan NPWP yang bersangkutan selama setahun lebih. apakah bisa di revisi untuk SPT ybs tanpa melakukan pembetulan?

Elsa
Elsa
Februari 28, 2021 2:26 pm

Selamat malam,ijin bertanya. Saya bekerja sebagai jasa servis elektronik dirumah dan telah memiliki NPWP pribadi (dg penghasilan dibawah 60 jt). Namun seringkali mendapatkan pesanan barang kena pajak dan ketika barang tersebut kami jual beberapa tahun lalu pajak dibayar sendiri oleh pembeli. Akan tetapi waktu lalu ada pembeli yang meminta untuk membuatkan faktur pajak.Padahal pernah saya baca bahwa faktur pajak dikeluarkan oleh badan usaha. Apakah didalam pembuatan faktur pajak boleh menggunakan faktur pribadi ? Lalu apakah NPWP yang telah kami miliki harus diganti dengan NPWP badan usaha ? Karena usaha yang kami lakukan adalah membeli produk secara online dan menjual kembali… Read more »

Arief Budiman
Arief Budiman
Februari 28, 2021 9:27 am

selamat sore om…saya penghasilannya di bawah 60 jt, masuk ke 1770 ss, istri saya bekerja dan pajaknya dilaporkan ikut laporan pajak suami, mengenai harta di 1770 ss cuma aset nominalnya doang ya om yang dilaporkan ke pajak? klo di 1770s terinci yah asetnya apa aja

Sigid Riswanto
Sigid Riswanto
Februari 28, 2021 4:31 am

Hallo om pajak, mau nanya nih. Saya punya usaha biro perjalanan wisata. Sebagai pribadi saya punya npwp dan usaha saya juga punya npwp. Apakah saya perlu laporan 2 spt? Spt pribadi dan spt badan? Selanjutnya untuk pengenaan pajak keduanya seperti apa karena penghasilan pribadi saya sekaligus penghasilan usaha saya tersebut. Dengan omset kurang dari 1 milyar, usaha saya kena pph pasal brp? Terima kasih om sebelumnya

Fachmi
Fachmi
Februari 28, 2021 4:25 am

Tanya om…
saya bergerak dibidang Event organizier…langsung tanya ya om..
Saya PKP biasa terbitkan faktur..tetapi karena ada satu lain hal…untuk event ini saya tidak dpt terbitkan faktur ke klien saya..
apakah bisa klien saya sendiri yg memotong dan membuatkan faktur pajaknya?

Teddy Kurdi
Teddy Kurdi
Februari 28, 2021 3:01 am

Apakah Penyewa bangunan yg berbadan hukum dan mempunyai NPWP secara otomatis berhak memotong pajak atas sewa sebesar 10% dari penyewa kemudian diberi bukti potong dan disetorkan kepada rek bedahara negara walaupun belum ada penunjukan dari Kantor DJP ?

Dermawan
Dermawan
Februari 27, 2021 8:48 pm

Selamat pagi om..
Saya baru saja merubah data dan KLU untuk data wp badan tempat saya bekerja..
Pertanyaan saya, apakah SPT PPN yang sudah dilaporkan bulan-bulan sebelumnya harus dilakukan pembetulan agar data KLU yang baru bisa berubah atau biarkan saja mengikuti KLU yang lama?

Akya
Akya
Februari 27, 2021 2:12 pm

Malam om, saya baru saja bikin npwp untuk daftar magang tp sampai skrg belum magang. Itu saya ttp harus lapor pajak gk ya? Dan caranya gimana bisa tolong dibantu

Dimas Adi
Dimas Adi
Februari 27, 2021 12:13 pm

Om permisi mau tanya, bagaimana solusi jika ada perbedaan data (pajak masukan) di E-faktur dekstop dan E-faktur web based. Di E-faktur dekstop sudah approval sukses tapi di E-faktur web based tidak muncul. Terima kasih

May Mn
May Mn
Februari 27, 2021 10:00 am

Om, mihon infonya
Seharusnya BKP atas PIB Masterlist dikenakan PPN tidak ya? Mengingat di PIB sudah dikenakan PPN, jika pembelian barang dikenakan PPN lagi. Apakah tidak double PPN?

May Mn
May Mn
Februari 27, 2021 8:39 am

Om, tanya Pajak International (Jasa Konstruksi)
Untuk bebas PPN & PPh harus ajukan apa saja / dokumen apa yg perlu diusur? Selain SKD LN
Dan pembelian barang Indonesia untuk LN PPN bisa dikreditkan?
Atas penagihan, terbitkan faktur pajak?

vivi zulfiana
vivi zulfiana
Februari 27, 2021 5:34 am

selamat siang pak,
saya vivi, saya ingin menanyakan terkait ID billing, jadi kasusnya itu saya merupakan pemegang CV (badan) PKP, dan terdapat transaksi dengan Sekolah Swasta, untuk pembuatan ID billingnya menggunakan jenis pajak dan jenis setoran apa ya? terima kasih.

Annisa
Annisa
Februari 26, 2021 6:38 pm

Salam, Om. Mau nanya… sekarang saya lagi gak kerja karena lagi nerusin kuliah. Tapi saya masih ada pendapatan dari ST dan sukuk (2 tahun lalu sempet beli). Saat itu juga sempet beli emas 500g. Nah saya bingung saya masih harus lapor pajak saat ini kah?

Albert
Albert
Februari 26, 2021 4:35 pm

selamat malam om, mau nanya , saya tinggal di luar negeri dan kerja di luar negri , saya membayar pajak di luar negri dan tinggal diatas 183hari diluar indonesia , menurut yg saya baca , saya tidak wajib memiliki npwp dan tidak wajib melaporkan SPT , cumanya saya ada berinvestasi saham di indonesia dan mendapatkan penghasilan melalui saham (dari dividen ataupun dr capital gain) , kalo kek gini saya wajib lapor pajak gak ya?
thankyou

Diana
Diana
Februari 26, 2021 3:39 pm

selamat malam om mau tanya penusunan NPWP dan NPPKP gimana ?

Arief Budiman
Arief Budiman
Februari 26, 2021 9:29 am

Selamat sore om…bapak saya sudah tidak ada pendapatan karena sudah sepuh, namun ibu saya ada pendapatan dari sewa condotel yang pajaknya sudah dipotong oleh pihak hotel..bagaimana cara ngisi laporan SPT nya ya om. kondisinya pajak istri gabung sama pajak suami

susi
susi
Februari 26, 2021 9:18 am

selamat sore oom, mau tanya nih, apabila kita bayar premi asuransi pendidikan secara pribadi (bukan kantor ya) apakah dimasukkan kedalam Harta atau tidak pada saat pelaporan SPT Tahunan?
Tolong infonya ya…trm ksh

Aji Rianto
Aji Rianto
Februari 26, 2021 8:59 am

Selamat sore oom, mau tanya nih. Anak saya telah memiliki NPWP tapi belum.pernah lapor pajak, sekarang kerja dan mau lapor SPT tahunan, namun penghasilannya dibawah PTKP pertanyaannya. Apakah tetap lapor SPT meskipun penghasilannya di bawah PTKP, itu yang pertama. Dan yang kedua. Apakah untuk mengurus e-fin sekarang harus ke KPP, dan ketiga..apakah perlu formulir 1770SS sebagai bukti potong dari pemeberi kerja untuk lampiran SPT tersebut. Terima kasih

deki artanto
deki artanto
Februari 26, 2021 8:11 am

Selamat sore Oom,,,Mau tanya nih terkait Interest , kebetulan kami menagaih AR ke pihak ketiga , nah apabila terlambat kami bebankan sebagai interest , apakah beban interest ini dikenai PPN atau tidak ya Oom,,,kalau iya peraturan no berpa ya,,,?

Terima Kassih sebelumnya,,,

susi
susi
Februari 25, 2021 9:27 am

numpang tanya Oom…apakah premi asuransi pendidikan yang dibayar pribadi perlu dilaporkan sebagai harta pada SPT Tahunan Pribadi?

susi
susi
Reply to  admin
Februari 26, 2021 9:25 am

asuransi pendidikan tersebut diambil saat anak sudah masuk sekolah, apakah itu termasuk investasi?
karena setahu saya asuransi yg bukan investasi adalah asuransi kecelakaan, jika tdk terpakai sifatnya hangus…
Apakah asuransi pendidikan ada yg sifatnya non investasi? alias hangus jika tidak dipakai?
tolong infonya oom

erny
erny
Februari 25, 2021 7:35 am

permisi om mau tanya mengenai masalah pajak
1. jika terdapat sumbangan uang dari temen temen untuk keperluan pengobatan di thn 2018 dgn nilai yang cukup besar dan di awal thn 2019 sudah melakukan pengobatan.. tetapi uang sumbangan tidak kita laporkan dalam spt tahunan. itu bagaimana ya kita harus menjelaskan ke kantor pajak?

erny
erny
Reply to  erny
Februari 25, 2021 7:43 am

mohon info ya om. uang sumbangan kita tidak kita laporkan dalam spt tahunan 2018 dikarenakan sumbangan dari temen untuk pengobatan apakah bisa kita menjelaskannya ke kantor pajak dengan lampirkan surat pengobatan yang terjadi ???

erny
erny
Februari 25, 2021 7:08 am

permisi mau tanya om. 1. jika kita di kasih sumbangan dari temen temen buat berobat dengan nilai yang lumayan besar di thn 2018 tapi kita melakukan operasi di thn 2019, nah spt tahunan 2018 kita gak melaporkan sumbangan yg di terima sehingga terdapat selisih uang antara spt yg kita masukan dan fisik uang di bank. apakah kita bisa melakukan klarifikasi ke kantor pajak bahwa uang itu bener ntuk pengobatan dan klarifikasi bagaimana yang harus kita lakukan ya mohon masukannya 2. kalo kita sewa ruko kecil buat usaha dan kita sewa sesama orang terdekat jadi gak ada transaksi pajak . apakah… Read more »

NIAR
NIAR
Februari 25, 2021 4:28 am

APAKAH FORMULIR PENONEFEKTIFAN NPWP BADAN SAMA FORMULIRNYA DENGAN NE ORANG PRIBADI??

adhelia
adhelia
Februari 24, 2021 3:53 pm

permisi mau tanya, bagaimana Perlakuan beban dan biaya selama masa pandemi? tolong dibantu jawab om

adhelia
adhelia
Reply to  admin
Februari 25, 2021 8:13 am

beban dan biaya yang umum selama pandemi om

Rino novaldo
Rino novaldo
Februari 24, 2021 10:53 am

Om, saya mau tanya.. Saya mau bikin perusahaan ada kerjaan ngesub salah. Tp partai nya besar, untung nya kecil.
Apa kewajiban perusahaan saya dengan pajak?
Takut nya untung sudah dikit, potongan pajak besar.. Malahan rugi saya
Mohon infonya, mksh om

adhelia
adhelia
Februari 24, 2021 9:27 am

permisi mau tanya, bagaimana perlakuan beban dan biaya selama masa pandemi?

Indah puji rahayu
Indah puji rahayu
Februari 24, 2021 5:48 am

Haloo om pajak,, izin bertanya,, jika kita membeli beras dengan kelompok tani apakah di kenakan PPN dan Pph pasal 22?

Indah puji rahayu
Indah puji rahayu
Februari 24, 2021 5:35 am

Pagi,, saya mau bertanya apakah pembelian beras di kelompokk tani di kenakan pajak PPN dan PPH 22?

Indah puji rahayu
Indah puji rahayu
Reply to  admin
Februari 25, 2021 6:05 am

Bendahara pengeluaran pemerintah membeli beras untuk operasi pasar dalam rangka stabilisasi harga,, apakah dikenakan PPN dan Pph pasal 22

Ditdit
Ditdit
Februari 24, 2021 5:05 am

Hallo saya mau tanya untuk pembuatan faktur pajak keluaran ppn yang dibayarkan pemerintah , cara merubah no seri faktur pajaknya bagaimana kak di etax , dan itu masuknya ke kode 030 atau 031 atau kode no seri brp yah kak

Amel
Amel
Februari 24, 2021 3:25 am

Pagi, saya mau tanya mengenai pajak.
Saya bekerja di perusahaan jasa konstruksi. berskala kecil. dan sudah mempunyai Sertifikasi. Untuk kegiatan usahanya, perusahaan tsb tidak menjual jasa/membangun sebuah gedung/civil tp lebih ke menjual barang utk bikin interior. Apakah kena pajak PPh final (2%)?

Amel
Amel
Reply to  admin
Februari 24, 2021 4:58 am

Soalnya saya sedikit rancu, ini kan perusahaan merupakan jasa kontruksi dan utk di sertifikasi nya juga jasa konstruksi tp utk kegiatan di lapangannya sendiri itu lebih ke interior. Jd ini berarti ga harus di potong 2% atas jasa konstruksi ya? Baik, terimakasih banyak

Amel
Amel
Reply to  Amel
Februari 24, 2021 8:19 am

Pak saya mau tanya lg ini mengenai PPN. Perusahaan saya itu sudah PKP. Apabila client tidak mau diterbitkan Faktur pajak itu bagaimana ya pak?

mayu
mayu
Februari 24, 2021 2:30 am

Pembiayaan cabang perusahaan yang pendapatannya menjadi obyek pajak bertarif tinggi dapat usahakan agar mendorong terciptanya pengurangan biaya bunga dan pembayaran dividen semaksimal mungkin?
tolong jelasin om

Sandy Johanes
Sandy Johanes
Februari 24, 2021 2:24 am

Salam sehat om, om mau nanya, bagaimana apabila saya baru mau buka usaha warung makan kecil kecilan, apa saya sudah wajib pajak? Trus ketentuan wajib pajak usaha bagaimana yah om? Mohon bantuannya.
Terima kasih om sebelumnya.

Sandy tulis
Sandy tulis
Reply to  admin
Februari 24, 2021 8:39 am

Belum ada om dua-duanya. Aturannya bagaimana yah om??

coki
coki
Februari 23, 2021 8:48 am

apakah oenjualan BKP kpd non PKP harus menggunakan nomor dari sistem e faktur?

yuanita
yuanita
Februari 23, 2021 8:28 am

boleh tau ngga bentuk laporan pajak untuk pembayaran pajak perusahaan ??? apa saja yang harus dipersiapkan? dan bentuknya bagaimana?

galih
galih
Februari 23, 2021 7:15 am

Hallo Om Pajak, saya mau tanya kalau pengenaan pajak badan usahanya ada yang kurang di SKT, untuk penambahannya/pembaharuan harus di KPP dimana npwpterbit atau tidak?
soalnya kantor pusat management ada di jakarta dan kantor operasional di kendari, npwp terdaftar di kendari

mohon arahannya terima kasih

Lisa
Lisa
Februari 23, 2021 4:47 am

Apakah Orang tua yang sudah pensiun diwajibkan membayar pajak jika memiliki anak seorang pengusaha?

prihadi
prihadi
Februari 23, 2021 2:45 am

Om, tanya dong. Kakak saya beli mobil menggunakan KTP saya, otomatis mobilnya atas nama saya. Saya akan lapor pajak, apakah mobil tersebut dimasukkan ke dalam harta saya? atau tetap menjadi laporan pajak kakak saya?

Elvi
Elvi
Februari 22, 2021 7:43 pm

Salam pajak. Bagaimana cara mendpatkan keadilan bagi WP yang telah terhutang pajak kira- kira Rp.2 M yang menyebabkan terjadinya hutang pajak sbb : 1.WP di PKPkan dengan cara di datangi kerumah oleh pihak DJP. 2.Setelah PKP ternyata WP tidak paham atas kewajiban yang harus ia lakukan. 3.WP tidak mendpatakn SPPKPnya setelah di PKPkan..SPPKP didapat setelah terjadinya masalah terhutang pajak atas transaksi penjualan buah sawit ke PT.yang menampung buah sawit tersebut. 4.WP bisa dikatakan minim pengetahuan tentang perpajakan dan tanggungjawabnya sbg WP orang pribadi yang telah di tetapkan sbg PKP. Sehingga terjadi kesalahan fatal setiap transaksi tidak pernah menerbitkan faktur pajak.tidak… Read more »

Ayu
Ayu
Februari 22, 2021 8:52 am

saya mau nanya om, saya ganti faktur pajak keluaran di bulan 12 tahun 2020, setelah saya upload faktur penggantinya saya baru liat kalau periodenya bukan periode bulan 12 tapi periode bulan ini, lalu saya batalkan faktur penggantinya, itu solusinya bagaimana om?

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x