Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
faizalbakrie
faizalbakrie
Maret 12, 2021 6:23 am

Om mau tanya dong, saya ada transaksi dengan google ireland ltd, ada yang tau npwp google ireland ltd di indonesia ?

faizalbakrie
faizalbakrie
Reply to  admin
Maret 15, 2021 3:29 am

iyah betul om, waktu itu sih udah pernah tanya ke KPP Badora tapi gak dikasih tau. huhu

riandy
riandy
Maret 12, 2021 3:35 am

halo om. saya awam nih untuk pengisian spt tahunan 1770 pribadi. saya sudah berkeluarga dan memliki anak. untuk pengisian pengeluaran saya sendiri dan istri serta kebutuhan lainnya itu masuk di isi di bagian mana om ? terima kasih om jika di jawab 🙂

Riandy
Riandy
Reply to  admin
Maret 15, 2021 2:27 am

Berarti untuk pengeluaran pribadi itu gak tertulis ya om. Berarti itungannya langsung ke harta ya. Makasih om

Halid Pakaya
Halid Pakaya
Maret 12, 2021 1:56 am

Tanya dong Om.
Saya terima 2 SPT dari instansi yg berbeda. Apakah sy buat laporan SPTnya masing2 atau sekaligus dlm 1 SPT?
Terima kasih.

Halid
Halid
Reply to  admin
Maret 12, 2021 10:50 pm

Betul Om. Saya terima 3 bukti potong dari 3 instansi yg berbeda. Apakah sy membuat laporan sebanyak 3 SPT, atau digabungkan dlm 1 SPT saja?

Shanty
Shanty
Maret 12, 2021 1:53 am

untuk transaksi dana BOS tentangg jasa cetak atau penggandaan apa kena PPN dan PPH 23?atau hanya kena PPh 23 ssaja

Rismawanto
Rismawanto
Maret 12, 2021 12:18 am

Om kalo kita belanja barang obat trus nominal pajak nya kelebihan bayar.. mau menarik kembali kelebihan bayarnya gimana

Peter Sutikno Tansil
Peter Sutikno Tansil
Maret 11, 2021 2:53 am

Om tolong tanya, orang tua saya memiliki sebuah tanah bangunan yang kemudian disewa oleh sebuah bank plat merah, karena orang tua saya bukan PKP, pihak bank hanya mengenakan pajak PPH sebesar 10%. Kemudian surat bukti potong dan uang sewa setelah dipotong pajak diserahkan ke orang tua saya. Kemudian orang tua saya menyerahkan uang sewa tersebut kepada saya. Pertanyaan saya, apakah timbul potensi pajak terutang setelah uang sewa itu diterima oleh anak nya? mohon penjelasan nya, terima kasih

Dwi
Dwi
Maret 10, 2021 4:39 am

Om, wp harus membayar PPh 21 jika WP tersebut mempunyai tahap 4.500.000 atau lebih per bulannya. Bagaimana jika WP tersebut merupakan seorang marketing atau pedagang yang penghasilannya tidak menentu?

Sean
Sean
Maret 10, 2021 4:18 am

Dalam kasus anak angkat yang telah memiliki tahapan sendiri, namun keluarga kandungnya masih hidup dan dibiayai olehnya, apakah dia termasuk dalam tanggungan anggota keluarga angkat dalam K / I? tolong alasannya juga. terima kasih

Clarine
Clarine
Maret 10, 2021 4:16 am

pasangan suami istri yang memilih terpisah akan lebih baik pasangan suami-istri yang menggunakan NPWP tunggal. Apa yang menyebabkan suami istri untuk melaksanakan kewajiban perpajakan secara terpisah? dan pasangan suami istri ingin menggabungkan kewajiban perpajakan bagaimana langkah yang dilakukan?

Ryan
Ryan
Maret 10, 2021 4:03 am

Mau nanya om, saya berhenti bekerja bulan januari 2020. Dan skrng hidup dibiayai orang tua, apakah uang yang diberikan orang tua harus dilaporkan si SPT?

Vin
Vin
Maret 10, 2021 3:58 am

Om, izin bertanya. Kalo saya ada penambahan aset berupa saham perusahaan yang sifatnya pemberian. Jadi ceritanya teman saya buka PT dan saya dimasukan dalam akta sebagai salah satu pemegang saham. Dalam pelaporan pajak tahunan, nilai saham tersebut kan harus dimasukkan dalam kolom harta, sementara kalau dilihat dari income tidak sesuai dengan jumlah perolehan saham tersebut. Saya harus gimana ya melaporkannya? Mohon masukannya. Terima kasih.

Ardian
Ardian
Maret 9, 2021 4:01 pm

Om mau tanya, berkaitan dengan kebijakan pemerintah tentang penghapusan ppn untuk rumah dibawah 2 milyar, developer bilang itu hanya berlaku untuk calon konsumen yg setor tanda jadi setelah 1 maret, sedangkan saya setor tanda jadi 25 februari, dan baru akan akad kredit akhir maret, apakah saya berhak minta potongan harga 10% dari harga dpp rumah tsb, karena ppn nya kan dihapuskan oleh pemerintah… terima kasih

Yusuf
Yusuf
Maret 9, 2021 1:22 pm

Malam pak, saya karyawan swasta dengan pendapatan diatas 60jt/tahun (diatas ptkp), tapi juga seorang fotograper dan guru frelance. Honor frelance biasa nya sdh dipotong pph21/23 dari pemberi order.
Untuk pelaporannya pakai Norma atau tidak?
Untuk spt nya 1770s atau 1770?
Terimakasih🙏

Rika sari
Rika sari
Maret 9, 2021 11:57 am

Om..izin mw tanya…
Saya usaha catering kecil kecilan di desa, 2 bulan lalu saya buat NPWP untuk keperluan pinjaman kredit..gimana untuk pelaporan pajak saya ya om? Penghasilan saya tidak tetap? Mohon bantu jawab ya om..terima kasih

Dessy
Dessy
Maret 9, 2021 10:20 am

Om mau tanya, untuk transaksi dengan PMSE, karena PMSE sudah ada kewajiban memungut, menyetorkan dan melaporkan VAT ke Kantor Pajak Indonesia, VAT yang sebelumnya dipotong dari Pihak Perush yang menerima Jasa, sekarang sudah PMSE laporkan sendiri ya? Bukti Dokumen VAT dilaporkan apakah sama Faktur Pajak juga atau dokumen sejenis lainnya, atau Perush pengguna jasa bisa menggunakan dasar Invoice, atau Perush Pengguna jasa tahu darimana VAT tersebut disetorkan ke Negara.Terima kasih

Mulyana
Mulyana
Maret 9, 2021 6:32 am

Om mau tanya saya punya KPR kurang leubih 3 tahun yang lalu dan tahun ini mau di over kreditkan apakah harus dimasukan ke laporan SPT tahunan.. terima Kasih

lulu
lulu
Maret 9, 2021 4:34 am

om, apabila terdapat pembelian barang dengan total 2.188.000, pajak apa yg dikenakan?

ati
ati
Maret 9, 2021 4:33 am

om,apabila terjadi pembelian barang dengan nilai tagihan Rp 2.100.000 dikenakan pajak apa saja?

yulaaa
yulaaa
Maret 9, 2021 4:00 am

om permisi mau tanya. apa perbedaan PPh potput badan dan PPh potput orang bribadi ?

Harimurti Widyasena
Harimurti Widyasena
Maret 9, 2021 3:31 am

apakah perlu lapor PPh25 Badan ? Atau setor pajak berarti sudah lapor.

deren
deren
Maret 9, 2021 2:54 am

om mau tanya dong,, perlakuan UU PPh terhadap pemajakan Multy National Corporation dan Trans National Corporation

Anita
Anita
Maret 8, 2021 12:35 pm

Om mau bertanya, bagaimana jika penghasilan netto di bawah PTKP. Sedangkan oleh perusaahan tempat saya kerja, sudah memotong pajak tiap bulannya (ada bukti potong pajak). Laporan SPT nya bagaimana ya? Karena penghasilan dibawah PTKP, sedangkan ada sejumlah pajak yg sudah disetorkan oleh perusahaan atas nama saya.. apakah ini menjadi Nihil atau lebih bayar?

Yana supriyana
Yana supriyana
Maret 8, 2021 12:32 pm

Selamat malam, nama saya yana saya mau menanyakan masalah npwp saya yg terdaftar di perusahaan sekarang npwp yg lama dan saya pernah daftar ke dinas pajak ketika saya keluar kerja ternyata yang sekarang aktif adalah npwp yg saya daftarkan ketika saya tidak kerja, karena saat itu saya tidak sempat mengurus nengurusnya lagi harus kerja ke surabaya dan di susul covid jadi baru sekarang ada waktu, bagaimana cara mengurus npwp agar tidak double

Agnes
Agnes
Maret 8, 2021 8:48 am

Om mau tanya misalnya direksi perusahaan mau tarik deviden dan sebagian dari hasil penarikan deviden itu akan disetorkan kembali untuk menambah modal kerja apakah perlu rups lagi?
Berapa persen pajak untuk penarikan deviden? Terima kasih

Agnes
Agnes
Reply to  admin
Maret 9, 2021 6:45 am

Jadi om untuk deviden apakah sudah di bebaskan dari pajak atau seperti apa om? Terima kasih om 🙏

Agnes
Agnes
Reply to  Agnes
Maret 9, 2021 6:56 am

Boleh minta link referensi UU citapkernya om? Terima kasih om 🙏

Agnes
Agnes
Reply to  admin
Maret 9, 2021 1:56 pm

Terima kasih banyak om 🙏

aswar febrianto
aswar febrianto
Maret 8, 2021 7:39 am

mau tanya om pajak. apakah pajak pph 22 untuk badan yang omsetnya tidak sampai 4.8M bisa di pindah bukukan untuk membaya pph final

Sala
Sala
Maret 8, 2021 4:56 am

om mau tanya ditempat saya bekerja mengajukan insentif pph 21. Namun, ada karyawan yang memenuhi kriteria ada yang tidak. Lalu untuk pembuatan ebilling nya haruskah dibuat dua? Atau bagaimana ya? Mohon bantuannya om terima kasih

Gunawan
Gunawan
Maret 8, 2021 4:18 am

klu UNTUK PEKERJAAN BEBAS APA YA

Rico
Rico
Maret 8, 2021 1:13 am

Om, mau tanya, misalnya pada saat pembayaran pesangon kita potong 5 juta utk pph lalu kita setor ke kantor pajak, pada saat akhir tahun hitungan spt tahunan ada salah hitung harusnya 4 juta, nah yg 1 juta itu bisa kita jadikan kredit pajak ga om? Terima kasih

Rico
Rico
Reply to  admin
Maret 9, 2021 6:44 am

Thx om

Halasson
Halasson
Maret 7, 2021 4:31 pm

Om tanya untuk penceramah agama/ pendeta itu dikenai pajak tidak om?
Jika iya dasar pengenaan pajaknya berapa ya om?

Kim
Kim
Maret 7, 2021 2:27 am

Om, saya mau tanya. Saya baru saja membuat npwp. Karena awam pada saat pengisian sumber penghasilan saya isi 3 jenis dari 4 yang ada, namun penghasilan saya hanya dari 2 sumber yaitu sebagai karyawan swasta frelancer. Namun pada saat pengisian saya hanya mengisi lengkap pada bagian pegai swasta beserta KLUnya, sisanya hanya mengisi jenis usahab tanpa mengisi KLU? Peretanyaanya status saya ini sebagai orang pribadi yang tidak memiliki usaha atau usaha bebas atau orang pribadibyang memiliki usaha atau pekerja bebas ya?

Daniel oswari
Daniel oswari
Maret 7, 2021 12:03 am

Saya ada beli ruko th 2017 dari perseorangan profesinya lawyer, kemudian saya di somasi 2021 dengan alasan dia dinyatakan kurang bayar ppn 10% dan denda atas penjualan ruko th 2017. Dan sekarang dia menuntut saya untuk membayar ppn dan dendanya. Dalam hal ini saya menolak karena Ajb yg kita buat merupakan kesepakatan awal transaksinya person to person dan dia tidak menyatakan bahwa aset ini walaupun an pribadi tapi ternyata dimiliki ole PT. Apakah tindakan saya benar secara perpajakan dan hukum?

Bernardinus
Bernardinus
Maret 6, 2021 11:13 am

Om.izin tanya saya kpr rumah dan uang dpnya diberikan orang tua.jika rumah dilporkan sebagai harta dan sisa nya kpr dianggap hutang .apakah nantinya uang dp yang diberikan org tua kesaya akan dikenakan pajak juga.terima kasih

anggi
anggi
Maret 6, 2021 4:15 am

Om mau tanya, perbedaan pph potput orang pribadi dgn potput badan apa yah? Tugas kuliah. Terimakasih

safril tanjung
safril tanjung
Maret 6, 2021 4:14 am

kalau lupa menuliskan pph ditanggung pemerintah pada pembuatan kode billing, solusinya bagaimana ya

Nabillah
Nabillah
Maret 5, 2021 11:13 pm

Om mau nanya, peraturan di 20/PMK.010/2021 ttg pembelian mobil baru bebas ppnbm. Syaratnya beli mobil baru atau beli mobil yg pembuatannya terbaru di 2021?

Inar
Inar
Maret 5, 2021 4:38 pm

Om, saya kan mau setor ppn bulanan. Waktu saya cek spt kenapa 0 semua ya? Padahal saya ada buat 3 faktur. 2 untuk ke swasta, 1 untuk bendaharawan negara.
Apa aplikasi efaktur saya eror?

indra
indra
Maret 5, 2021 1:26 pm

Saya indra mau bertanya. Yang dimaksud dengan semi-dual income tax itu apa ya? dan bagaimana penerapannya?

Siska
Siska
Maret 5, 2021 7:44 am

om mau tanya, kl misalnya saya dibelikan kendaraan oleh ortu & atas nama saya, berarti di laporan pajak saya akan mencantumkan sebagai harta.
kalau disisi ortu apakah ada hal kusus om?

Tututari
Tututari
Maret 5, 2021 9:03 am

Om tanya tentang Update terbaru Dividen yang dibebaskan dari Pph Final, kalau Perusahaan dalam Negeri, Pemegang sahamnya mau ambil dividen syaratnya yaitu dividen tersebut diinvestasikan kembali selama 3 tahun, dan peraturan ini berlaku sejak UU cipta dikeluarkan yaitu November 20,
Pertanyaan saya.. November 20 ini dalam arti Penyetorannya pajaknya atau Pengambilan dividennya? misal dividen diambil di bulan okt 20 — pajak disetor di november, atau dividen diambil nov 20 dan pph final setor des20?? mohon pencerahannya, terimakasih

Roxy
Roxy
Maret 5, 2021 8:58 am

Om, numpang nanya, status npwp saya non-efektif sejak 2018. Dan sudah saya aktifkan kembali untuk pelaporan SPT dari tahun 2018-2020. Untuk pelaporan nya bagaimana ya om? Berhubung saya penghasilan saya tidak di potong pajak dan tidak ada bukti potong. Penghasilan diatas 60juta pertahun. Dan apakah saya harus bayar denda untuk pelaporan SPT tahun 2018, dan 2019?

Roxy
Roxy
Reply to  admin
Maret 5, 2021 11:53 am

Baru aktif bulan ini om. Dan untuk pelaporan nya gimana ya om? Karena tidak ada bukti potong. Apakah menggunakan formulir 1770?

wahyu
wahyu
Maret 5, 2021 7:30 am

perkenalkan saya wahyu karyawan swasta. Saya mau tanya mengenai Peraturan Menteri Keuangan No. 21/PMK.010/2021 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Rumah Tapak dan Unit Hunian Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021 (PMK 21/2021).saat ini saya memiliki dua rumah kepemilikan atas nama isteri. awal tahun kami ada pembelian ruko baru ready unit ke developer dan dijanjikan serah terima di Agustus 2021. Apakah ruko tersebut dapat berlaku bebas PPN? Terima kasih

Wahyu
Wahyu
Reply to  admin
Maret 5, 2021 4:44 pm

Terima kasih penjelasan nya. Sesuai PMK 21/PMK.010/2021 yg mendapat insentif adalah rumah tapak dan rumah susun. Kalau RUKO bagaimana? Apa tetap dapat insentif karena dapat dikategorikan rumah susun?

mardiyansyah
mardiyansyah
Maret 5, 2021 3:23 am

selamat pagi, izin bertanya. di dalam form 1721 A1 untuk pegawai. tunjangan pph terhadap pph terutang. apakah nominalnya harus sama atau beda.
karena ada tunjangan pph > pph terutang dan ada juga tunjangan < pph terutang.
mohon penjelasanya. jika terjadi seperti otu

Mardiyansyah
Mardiyansyah
Reply to  admin
Maret 6, 2021 2:52 am

Untuk kasus di atas, tunjangan pph 21 yang di tanggung seluruh sama perusahaan.

Itu bagaimana jika di dalam bukti potong 1721 A1
Tunjangan pph 21 > pph terutang
Tunjangan pph 21 < pph terutang

Irfan
Irfan
Maret 4, 2021 4:13 pm

Om Admin, saya dan istri sama sama bekerja (peg swasta). NPWP nya sama (kecuali 3 digit terakhir, sy 000 istri 999. Pertahun 2020, npwp istri jd sama persis nomornya dengan saya krn info dari perusahaan istri no npwp lama sdh tdk ada saat proses penyetoran. Anehnya tdk spt tahun tahun sebelumnya, pelaporan pajak saya di 2020 ini tidak nihil. apakah ada hubungan dengan penyesuaian no npwp?
Disatu sisi sptnya mustahil perusahaan istri dan perusahaan saya salah hitung/setor pajak. Atau ada perubahan kebijakan perhitungan pajak utk suami istri bekerja dan tidak pisah harta?

Fadly
Fadly
Maret 4, 2021 8:53 am

Om numpang tanya, bisa tolong berikan contoh perhitungan sederhana PPH21 untuk karyawan yang gaji nya berbeda.
misal pada bulan jan-mar 2020 gaji nya 15 juta, pada bulan april sampai juli di potong 50% akibat pandemi, setelah itu di bulan agustus-Des di normalkan kembali jadi 15 juta.
pada Bulan mei mendapat THR sebesar gaji normal 15juta. informasi tambahan karyawan memiliki NPWP dan mempunyai tanggunagn 3 anak (K/3)
terima kasih

Meliana
Meliana
Maret 4, 2021 8:22 am

Om, saya memiliki NPWP, namun sudah menganggur sejak pertengahan 2019, apakah tahun ini sebaiknya tetap lapor pajak tahunan dengan formulir 1770ss atau registrasi Wajib Pajak Non Efektif?

Meliana
Meliana
Reply to  admin
Maret 4, 2021 10:27 am

Makasih om jawabannya.

Erik Nurawan
Erik Nurawan
Maret 4, 2021 7:12 am

om tanya, kalau dari custommer kita titip uang ke perusahaan untuk pembayaran PIB,apakah perusahaan kita kena pajak atas titipan uang tersebut?

terima kasih

Herry
Herry
Maret 4, 2021 7:11 am

Tanya om, sy baru buka CV bergerak di jasa training. Sistem bagi hasil dg pembicara.
Kena pajaknya apa saja ya om…
Trus bayar pajaknya kemana ya…maaf masih pendatang baru

Hadi
Hadi
Maret 4, 2021 4:44 am

Pak-Bu,saya sudah lama tidak lapor Pak karena nol penghasilan Dan bergantung dari pemberian saudara- saudara.
Pertanyaanya- apakah bisa lapor sekarangkah dimana tidak Ada penghasilan alias pasif.
Mohon pencerahan.

Hadi
Hadi
Reply to  admin
Maret 5, 2021 8:08 am

Trims pencerahan ya🙏

Ryan
Ryan
Reply to  Hadi
Maret 10, 2021 4:09 am

Apakah pemberian dari saudara2 perlu kita laporka sebagai ‘harta’ pada SPT?

Dinu
Dinu
Maret 4, 2021 4:11 am

Halo Om, untuk perusahaan baru dan belum ada transaksinya apa saja kewajiban perpajakan yang perlu dilaporkan ya?

Dinu
Dinu
Reply to  admin
Maret 5, 2021 3:23 am

Terima Kasih Om

Roro
Roro
Maret 4, 2021 2:40 am

Halo mau nanya.. jika PT A (transferor company) melakukan merger dengan PT B (surviving company). Metode depresiasi yg digunakan oleh 2 perusahaan tersebut berbeda, PT A Garis Lurus dan PT B Double Declining. Terjadi pengalihan harta dari PT A ke PT B, nah untuk metode penyusutan yang dilakukan setelah merger apakah aset yg sebelumnya dari PT A tetap disusutkan menggunakan metode Garis Lurus? atau mengikuti metode penyusutan PT B (double declining)? Jika PT A tetap menggunakan metode GL, apakah memungkin dalam pelaporan SPT PPh Badan terdapat 2 metode penyusutan yg digunakan? mohon pencerahannya

Roro
Roro
Reply to  admin
Maret 4, 2021 10:05 am

Setelah merger ini perusahaan yg tetap berdiri (surviving company) adalah PT B dengan metode penyusutan double declining. Berarti aset yang dialihkan dari PT A ke PT B perhitungan penyusutannya menggunakan metode si surviving company ya om? apakah ada dasar hukumnya mengenai hal ini?

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x