Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Moses
Moses
Maret 30, 2022 7:52 am

Halo Om, mau tanya cara memberitahu kepada Direktur Jenderal Pajak seperti yang tertera dalam Pasal 14 ayat (2) UU Pajak Penghasilan yang menyebutkan:

Wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang peredaran brutonya dalam 1 tahun kurang dari Rp4.800.000.000, boleh menghitung penghasilan neto dengan menggunakan Norma Penghitungan Penghasilan Neto dengan syarat memberitahukan kepada Direktur Jenderal Pajak dalam jangka waktu 3 bulan pertama dari tahun pajak yang bersangkutan.

Caranya bagaimana ya? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Moses
Maret 30, 2022 1:07 pm

mengajukan NPPN melalui web DJP Online, terdapat di menu layanan, bagian info KSWP lalu pengajuan NPPN, cetak BPS

Anastasia
Anastasia
Maret 30, 2022 7:45 am

Om, apakah saldo JHT dan Dana Pensiun yang belum dicairkan dilaporkan sebagai harta pada SPT tahunan ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anastasia
Maret 30, 2022 12:31 pm

tdk perlu, klo mau dilaporkan jga tdk apa”

Anastasia
Anastasia
Reply to  Om Pimpa
April 1, 2022 11:39 pm

Om, alasan/pertimbangan kenapa saldo JHT & Dana Pensiun yg belum dicairkan tidak dilaporkan sebagai harta SPT itu apa ya? Thanks om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anastasia
April 2, 2022 1:16 pm

karena memang bukan harta, ketika dicairkan baru berbentuk harta.. tpi klo mau diakui sebagai harta ya silahkan saja

Jhon brener
Jhon brener
Maret 30, 2022 7:36 am

Saya mau isi spt tahunan secara online.. Tapi tidak bisa.. Ga tau kenapa.. Apa bisa dibantu. Sy pph 25 orang pribadi lapornya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jhon brener
Maret 30, 2022 12:41 pm

kenapa tdk bsanya? apakah DJP onlinenya sedang down? atau terkait cara pengisian?,, kl blm jelas diceritakan kondisinya ya ga akan bisa dijawab

yuliss
yuliss
Maret 30, 2022 7:06 am

Siang Om.. up load e faktur direject dengan keterangan ” Bukan Merupakan Dokumen Penyerahan BKP”. sebelumnya di doc BC bagian C “Tujuan Pengiriman” isinya “Dukomen Lainnya”. lalu saya konfirm ke lawan transaksi untuk konsult ke Bea Cukai dan sudah diganti dengan “Tujuan Pengiriman” “Penyerahan BKP”, setalah sudah diganti tapi kok masih direject???

Om Pimpa
Editor
Reply to  yuliss
Maret 30, 2022 12:43 pm

Jenis transaksinya apa dan yg dientry apa?

yuliss
yuliss
Reply to  Om Pimpa
Maret 30, 2022 1:36 pm

Kawasan berikat om yang dientry juga kawasan berikat

yuliss
yuliss
Reply to  yuliss
Maret 31, 2022 1:05 am

070 Penyerahan PPN tidak dipungut

Om Pimpa
Editor
Reply to  yuliss
Maret 31, 2022 11:04 am

silahkan komsultasikan teknisnya ke KPP

Resa
Resa
Maret 30, 2022 7:01 am

ijin bertanya om,

no dokumen PPBJ itu apa yah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Resa
Maret 30, 2022 12:43 pm

nomor PPBJ adalah pemberitahuan perolehan BKP atau JKP, atau pengeluaran/pemasukan BKP yang bukan penyerahan BKP oleh pengusaha di KPBPB, silahkan klik link tersebut untuk informasi lebih jelas https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/

Kiki Widjaja
Kiki Widjaja
Maret 30, 2022 5:06 am

Siang Oom. Perusahaan baru berdiri Sep 2021. Ada bbrp biaya spt konsultan yg dikeluarkan sebelum Sep2021, sehingga tdk dipotong PPh23. Yg jadi pertanyaan bgm perlakuan thd biaya ini. Apakah bisa dimasukkan, tapi nanti di koreksi positip, sehingga biaya ini hilang secara fiscal dan laba jadi naik. Jadi tetap ada data history antara laba rugi komersial dgn fiscal. Atau biaya ini tdk dimasukkan sama sekali dalam laba rugi komersial / fiscal (jadi tdk ada koreksi positip) tapi efeknya tdk kelihatan data perbedaan historynya antara komersial dan fiscal. Mohon sarannya. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kiki Widjaja
Maret 30, 2022 1:06 pm

Dapat jd biaya dan akan dikoreksi positif

Arisone Charles
Arisone Charles
Maret 30, 2022 4:27 am

Salam om,

Saya mau bertanya nama saya dipakai untuk pembukaan rekening di BCA yang dananya murni untuk menampung iuran warga perumahan saya krn saya salah satu pengurus.
apakah saldo BCA tersebut dilaporkan di SPT harta ?
Terima kasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arisone Charles
Maret 30, 2022 12:30 pm

iya karena atas nama Anda

sony
sony
Maret 30, 2022 2:30 am

untuk wanita sudah menikah, anak 2
karyawati gaji sdh diatas PTKP (tiap bulan sdh dipotong pph21 oleh kantor)
blm punya NPWP (utk perhitungan pph21 nya menggunakan NPWP suami)
– apakah wajib Lapor SPT tahunan sendiri ato ikut SPT suami (PNS) ?
– klo ikut SPT suami, apakah utk perhitungan potongan pph21 yg oleh kantor dihitung nonNPWP ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  sony
Maret 30, 2022 12:31 pm

1. ikut SPT suami
2. penghasilan dari istri diakui sebagai penghasilan final di SPT suami

Om icron
Om icron
Maret 30, 2022 2:15 am

Halo Om,

Kalau pembagian dividen, perlu buat RUPS ga?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Maret 30, 2022 12:32 pm

iya

Andi
Andi
Maret 30, 2022 12:46 am

Mau tanya dong kak Misalkan nih dlm setahun kmren saya pindah kerja sebanyak 3x Lalu saat mau lapor saya masukin semua no SPT dari 3 perusahaan tersebut, tapi jd nya saya kurang bayar misalkan kurang bayarnya 1 jt. Kurang bayar ini karena di masing2 SPT pengahasilan neto nya kurang dari 54 jt jadinya kan ga di potong pph. Tapi kalo di gabung pengahsilan netto nya itu katakanlah 64jt. Misalkan saya sudah di potong pph setiap bln dr perusahaan, apakah saya statusnya tetap kurang bayar? Case 2 katakan saya sudah terlanjur bayar nih pajak terhutang saya yg 1 jt, tapi Karna… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Andi
Maret 30, 2022 12:33 pm

1. Kurang bayar adalah hal yg wajar, memang benar seperti itu dengan menjumlahkan semua penghasilan dan dikurang PTKP hanya sekali, maka akan kurang bayar
2. mengacu pd point 1
3. akan ditanyakan oleh KPP karena isi spt jd tidak lengkap

Desi frestiana
Desi frestiana
Maret 29, 2022 10:29 pm

Pagi om,mau tanya saya kan beli mobil d bln maret dengan dengan Dp 270 jt namun sdh terbayar 100 jt sisa yg 170 jt akan saya berikam d thl 10 April,apakah saya akan kena aturan pajak baru 11%?bagaimana mensiasati agar sya ttp masuk dgn pajak lama10% dengan Term payment Dp saya d atas,Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Desi frestiana
Maret 30, 2022 9:58 am

Cek dl ke penjual kpn penerbitan faktur pajaknya

Cynthia Apriliani
Cynthia Apriliani
Maret 29, 2022 5:38 pm

Halo om, bagaimana cara perlaporan harta rumah di spt kalau rumah atas nama ber3 ya? Sy, kk & adik saya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cynthia Apriliani
Maret 30, 2022 9:44 am

Bs diakui di 3 orang dengan nilai dibagi 3

Pia
Pia
Maret 29, 2022 4:48 pm

Om saya mau tanya, saya baru pindah tempat kerja dan mendapatkan gaji diatas ptkp namun tidak mendapatkan bukti potong dari perusahaan dikarenakan masih belum pkp

Om Pimpa
Editor
Reply to  Pia
Maret 30, 2022 9:45 am

tdk ada hubungannya dengan PKP, jika dipotong pajak maka ada bukti potongnya

Pia
Pia
Reply to  Om Pimpa
Maret 30, 2022 10:15 am

Tidak dipotong, makanya saya tdk dapat bukti potong juga. Maka dr itu om utk thn selanjutnya bagaimana cara saya lapor pph 21 saya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Pia
Maret 30, 2022 1:04 pm

melakukan penyetoran sendiri atas pajak terutangnya, jangan lupa bedakan lingkup jenis pph 21 dengan pph tahunan pribadi

Pia
Pia
Reply to  Om Pimpa
Maret 30, 2022 1:14 pm

Om saya minta proses caranya dong

Om Pimpa
Editor
Reply to  Pia
Maret 31, 2022 10:00 am

cara membayar? atas pajak yg terutang, buat kode billing pd menu DJP online

Cynthia Apriliani
Cynthia Apriliani
Maret 29, 2022 4:13 pm

Halo Pak, mau tanya. Kalau rumah saya atas nama ber3, cara lapor spt gimana ya? Sebelumnya belum ada diantara kami yang lapor di spt. Mohon pencerahannya. Trima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cynthia Apriliani
Maret 30, 2022 9:44 am

Bs diakui di 3 orang dengan nilai dibagi 3

Tik
Tik
Maret 29, 2022 12:29 pm

Selamat malam. Saya mau nanya nih. Kami menjual laptop ke sekolah kena pph pasal 22. Apakah kami membuat bukti potong atau sekolah yg membuat bukti potong? Kemudian apa langkah selanjutnya pak? Terimakasih 🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tik
Maret 30, 2022 9:43 am

Pph 22 bukti pungutnya dibuat oleh bendahara pemerintah selaku pembeli

erna
erna
Maret 29, 2022 12:00 pm

sy mo tanya, kl pajak pph 21 bukan karyawan, siapa yg lapor pajaknya, yg bkn karyawan atau pemberi kerja

Om Pimpa
Editor
Reply to  erna
Maret 30, 2022 9:41 am

terkait pph 21 pemberi kerja yg melaporkan..
jangan lupa bedakan lingkup jenis pph 21 dengan pph tahunan pribadi

Mia
Mia
Maret 29, 2022 7:45 am

Ijin tanya Om, saya dapat surat imbauan dr djp untuk ikut pps krn ditemukan ada perbedaan di bagian harta yang diinvestasikan dan memang lupa dilapor di spt 2020 saya, apakah sy perlu ikut pps atau sebaiknya buat pembetulan spt? tks om atas pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mia
Maret 29, 2022 12:22 pm

ya bebas saja

Dekan
Dekan
Reply to  Mia
Maret 30, 2022 2:29 pm

Saya juga mempunyai permasalahan yg sama. Dampak masing2 bagaimana ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dekan
Maret 31, 2022 11:04 am

nah semua pilihan tentunya ada plus minus, buat menjelaskan ini butuh sesi webinar tersendiri dan ga bs dijelaskan semua disini, silahkan simak terus forum ini untuk mengetahui acara2 yg kami selenggarakan

jaka
jaka
Maret 29, 2022 7:32 am

Selamat siang Om, mau nanya kalau lupa lapor harta yang dibeli dari pinjaman terus baru ketahuan setelah dapat surat himbauan PPS, apakah harus ikut pps atau cukup dikoreksi pembetulan SPT aja ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  jaka
Maret 29, 2022 12:22 pm

ya bebas saja, bisa memilih antara kedua hal tersebut

Kei
Kei
Maret 29, 2022 7:17 am

Siang om mau tanya kami kan ada tagihan untuk biaya edi pib itu tidak bisa dikenakan ppn ya? karena menurut SE – 22/PJ.52/2003 EDI PIB dipersamakan dengan faktur pajak standar, betul begitu om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kei
Maret 29, 2022 12:21 pm

Tampilan dokumennya sprti apa?

Kei
Kei
Reply to  Om Pimpa
Maret 30, 2022 10:27 am

untuk lampiran dokumen tagihan biaya edi pibnya berupa kwitansi biasa om, tetapi disertakan dengan pib dan billing djbc

Last edited 4 months ago by Kei
Om Pimpa
Editor
Reply to  Kei
Maret 30, 2022 1:04 pm

Dapat dikonsultasikan lebih lanjut ke kpp

Kei
Kei
Reply to  Om Pimpa
April 1, 2022 5:08 am

Siang, om yang perihal edi pib itu kan dapat dikenakan ppn, tapi saya sudah terlanjur tidak dikenakan ppn di tagihan sebelumnya karena masih ragu dengan peraturan pajak tsb dan saya mau kenakan ppn ditagihan edi pib berikutnya, akan bermasalah tidak ya untuk tagihan sebelumnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kei
April 1, 2022 12:06 pm

ya bermasalah, silahkan melakukan pembetulan sesuai peraturan seharusnya

Lucy
Lucy
Maret 29, 2022 5:36 am

Pak, mohon bantuannya. Saya sudah menetap di luar negri sejak 1 Mar 2020 dikarenakan pindah kerja, status pekerjaan adalah permanen. SPT thn 2020 terlapor dengan nilai nihil dengan potongan gaji bulan Jan dan Feb oleh kantor di Indonesia. Saya sdh menjadi subjek pajak di luar negri dengan kepindahan saya ini. Saya mendapatkan email dari kantor pajak mengenai selisih laporan harta di SPT tahun 2020 dengan data di DPJ per tgl 1 Maret 2022. Pertanyaan saya sbb: 1. Apakah saya masih subjek pajak dalam negri dengan kepindahan saya? 2. Apakah saya harus tetep melaporkan SPT tahun 2021? 3. Bagaimana solusinya dengan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lucy
Maret 29, 2022 12:20 pm

1. Substansinya sudah menjadi LN tp perlu membereskan administrasi dengan menonefektifkan npwp
2. Tidak harus
3. Tidak masalah

April
April
Maret 29, 2022 3:50 am

Halo om, sebelumnya saya telat lapor spt saya dari perusahaan tahun lalu karena bukti potong hilang. Pernah dapat surat teguran dari kantor pajak untuk segera melaporkan SPT. Sekarang saya mau laporkn tetapi statusnya sudah nihil dan sudah dilaporkn pada tahun lalu pdhl saya belum melaporkannya. Apakah saya perlu laporkn ulang dengan pembetulan?

73441EB7-C9B0-42AF-89D2-402C182AFA74.jpeg
Om Pimpa
Editor
Reply to  April
Maret 29, 2022 12:19 pm

silahkan cek isian SPT 2020 tersebut, jika sudh sesuai ya tdk perlu pembetulan.. saat ini hanya perlu melaporkan SPT Tahun 2021

April
April
Reply to  Om Pimpa
Maret 29, 2022 2:16 pm

Untuk ceknya gmna ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  April
Maret 30, 2022 9:40 am

menu efiling, bagian aksi lalu cek SPT

Mia
Mia
Maret 29, 2022 2:54 am

Pagi om, mau tanya. kalau unrealized selisih kurs dapat dibiayakan atau tidak? Dasar hukumnya apa? Terima Kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mia
Maret 29, 2022 12:19 pm

kalo masih unrealized belum bisa dibiayakan, pasal 6 dan 9 pph

Made
Made
Maret 29, 2022 2:17 am

Apabila suatu PT dalam akta pendirian modal dasar 10M, modal ditempatkan dan disetor penuh 10M, tetapi dalam kenyataannya tidak disetorkan sebesar itu, dan PT belum beroperasi. Apakah bermasalah jika dalam laporan SPT Badan pada neraca tidak menyebutkan 10M?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Made
Maret 29, 2022 12:19 pm

tetap diakui di neraca sebagai modal disetor dan diakui sebagai piutang pemegang saham jika memang kondisinya belum disetor

Made
Made
Reply to  Om Pimpa
Maret 30, 2022 4:08 am

Tapi om, memunculkan piutang pemegang saham di neraca bukankah akan dianggap ada bunga? Ada yang bilang seperti itu, mohon diklarifikasi om, saya bingung harus buat neraca seperti apa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Made
Maret 30, 2022 12:30 pm

Tidak selalu akan begitu kok

Made
Made
Reply to  Om Pimpa
Mei 13, 2022 8:01 am

Ada aturan pinjaman tanpa bunga saya lupa pmk nomor berapa. Kalau misalnya piutang itu kita anggap sebagai kas dan setara kas bagaimana ya om? jadi modal 10 M dianggap sudah disetor pad kas dan setara kas

Om Pimpa
Editor
Reply to  Made
Mei 13, 2022 12:21 pm

Iya bisa aja

Muhidin
Muhidin
Maret 29, 2022 12:37 am

Selamag pagi.. mau tanya saya sudah melakukan potong pajak atas kegiatan belanja jasa. Tapi ternyata nominal pajak yg saya masukan salah alias kurang dari yg seharusnya dan sudah di setorkan ke pajak. Apa tidak apa apa saya buat bill pajak lg untuk yg sisianya.. jadi untuk satu kali giat belanja ada dua bukti pembayaran pajak, isinya setengah setengah..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Muhidin
Maret 29, 2022 12:18 pm

gapapa

Fera
Fera
Maret 28, 2022 11:48 pm

Selamat Pagi Om…mau tanya
1. Harta atas nama anak dan istri apakah dimasuk ke dalam laporan SPT tahunan juga
2. Harta yg terkena PPS jilid 2 apakah juga dimasukkan ke dalam laporan SPT Tahunan
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fera
Maret 29, 2022 12:18 pm

1. ya jika istri dan anak tdk memiliki NPWP, serta menjadi tanggungan Anda
2. ya

tanjung
tanjung
Maret 28, 2022 5:53 pm

pagi om,

mau tanya, jadi saat saya lapor spt pake efiling, ada keterangan kurang bayar, padahal di bukti potong pph21 yg saya dapat dr kantor sudah ada keterangan telah dipotong dan dilunasi. mohon pencerahannya om..
untuk nilai pph21 di efiling n bukpot sama.
terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  tanjung
Maret 29, 2022 12:17 pm

mungkin saja terjadi kekeliruan pengisian, silahkan perhatikan kembali mengenai tanggungan dll

dewi
dewi
Maret 28, 2022 11:44 am

min mau tanya, ini tugas dari kampus hehehe, ada wajib pajak tenaga ahli bekerja di 2 perusahaan, tahun 2018 wp trsebut menggunakan pencatatan, lalu setelah akhir tahun trnyata brutonya sudah lebih dari 4,8m, jadi kan harus pembukuan. jadi trjadi lebih bayar. nah itu termasuk pajak yang seharusnya tidak terutang atau pajak yang kelebihan bayar? lalu kalau terjadi lebih bayar itu salahnya siapa yaa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dewi
Maret 29, 2022 12:16 pm

ya bukan salah siapa”.. lebih bayar terjadi ketika pajak dipotong lebih besar daripada pajak yg terutang..

dewi
dewi
Reply to  Om Pimpa
Maret 29, 2022 1:12 pm

tapi kalau lebih bayarnya akibat perubahan dari pencatatan ke pembukuan itu bagaimana yaa?

dewi
dewi
Reply to  dewi
Maret 29, 2022 1:26 pm

kan pemotong pajaknya motong berdasarkan pencatatan karena wp menggunakan pencatatan, trnyata akhir tahun brutonya lebih dari 4,8 jadi kan harusnya pembukuan. nah itu berarti penyebab lebih bayarnya karena apa ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dewi
Maret 30, 2022 12:56 pm

karena pajak dipotong/dikreditkan lebih besar daripada pajak yg terutang

Adrian
Adrian
Maret 28, 2022 11:30 am

Izin bertanya mengenai pengisian SPT pph 21 pribadi , hal aset rumah warisan yg telah dijual pada Agustus 2021 bagaimana cara pelaporannya di SPTdan apa yg perlu dilampirkan di SPT nya
Rumah tsb ada di daftar asset SPT dan
Waktu penjualan sudah dibayar pph nya..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adrian
Maret 29, 2022 12:14 pm

tdk dilampirkan lagi pada aset, atas penjualan dimasukkan ke SPT bagian penghasilan final dan atas warisannya jg diakui sebagai non objek pajak

adrian
adrian
Reply to  Om Pimpa
Maret 31, 2022 5:14 am

ok om setelah dimasukkan ke SPT bagian penghasilan final, apa surat setoran pajak nya perlu dikirim ( kalau perlu gimana cara summit nya secara online ) atau tidak perlu karena otomatis fiskus ada record pembayaran pph tsb?

Om Pimpa
Editor
Reply to  adrian
Maret 31, 2022 11:14 am

klo bagian terkait final, tdk perlu memasukkan NTPN

Adrian
Adrian
Maret 28, 2022 11:22 am
Om Pimpa
Editor
Reply to  Adrian
Maret 29, 2022 12:15 pm

apa nih?

Mona
Mona
Maret 28, 2022 10:06 am

Sore Om, mau nanya. Apakah Perusahaan Jasa Konstruksi berbentuk CV omset dibawah 4.8M boleh menggunakan tarif pph final 0,5% ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mona
Maret 28, 2022 3:44 pm

jika terkait jasa kontruksi tdk bisa pakai final PP 23 0,5%, tapi final sesuai dengan kualifikasi usaha nya

Rindy
Rindy
Maret 28, 2022 8:40 am

Selamat siang om mau ijin bertanya. Ini kan saya upload faktur keluaran (07) tapi reject dengan keterangan ETAX-API-10031:Nomor Dokumen PPBJ Tidak Boleh Kosong. Solusinya gimana ya ?
Terimakasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindy
Maret 28, 2022 3:44 pm

silahkan update efaktur versi terbaru dan isi nomor PPBJ tersebut

Rindy
Rindy
Reply to  Om Pimpa
Maret 29, 2022 1:50 am

Ini sudah saya download aplikasi etaxinvoice versi terbaru, dan backup an data lama juga sudah saya copy di file 3.1. Tapi setelah saya buka apliaksi 3.1 kok ada tulisaannya “Data base tidak dapat dijalankan. Pastikan database ada dan aplikasi yg berjalan di komputer anda hanya satu aplikasi saja. Versi database dan aplikasi tidak sama”. Mohon solusinya om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindy
Maret 29, 2022 12:18 pm

Jalankan etaxinvoiceupd

Ran
Ran
Maret 28, 2022 8:35 am

izin Om,
saya Ran, ada yang mau saya tanyakan terkait bagaimana perlakuan pajak pada karet?apakah saya hanya kena PPh 22 atau ada potensi PPN?
Mohon pencerahannya om. Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ran
Maret 28, 2022 3:44 pm

Karetnya yg gmn dl spesifiknya? Bs jd ada ppn karena spesifik jenis barangnya

Amel
Amel
Maret 28, 2022 6:41 am

izin tanya om,
sewa kantor agar tidak dikenakan pph final jd yg bayar sewa nya itu di rektur (pribadi), apa itu ga jd masalah?
kalau kasusnya seperti itu, jd yg bayar utk pph finalnya pihak yg menyewakannya ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amel
Maret 28, 2022 3:43 pm

ya bsa aja, tpi seharusnya mengikuti kondisi real kalo lawan transaksinya sama PT ya harus dipotong pph final karena memang aturannya bgtu

huda
huda
Maret 28, 2022 5:54 am

om tanya,, saya baru mendirikan CV pedagang eceran, apakah setiap bulan harus membayar pajak? kl iya, jenis pajak apa itu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  huda
Maret 28, 2022 3:41 pm

tergantung kondisinya, contohnya jika pembayaran karyawan melebihi PTKP, maka terutang pph 21 dan disetor tiap bulan, terkait pengjualan ada pph final yg disetor tiap bulan dan sebagainya

Hana
Hana
Maret 28, 2022 4:19 am

Om mau tanya, saya awam pajak. saya lapor spt tahunan pribadi, pengahasilan pertahunnya diatas 60jt berarti itu masuk ke 1770s ya? terus kemarin saya mau coba lapor via efilling, ada kolom bukti potong yang wajib diisi. saya tanya ke perusahaan tidak ada bukti potong pph. apa saya bisa melanjutkan pelaporan spt tahunan pribadi saya? saya bingung ga ada bukti potong

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hana
Maret 28, 2022 3:41 pm

1770 S hanya untuk pegawai yang memiliki bukpot 1721-A1

Hana
Hana
Reply to  Om Pimpa
Maret 29, 2022 7:29 am

jadi saya masukinnya 1770ss om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hana
Maret 29, 2022 12:21 pm

1770 SS itu untuk pegawai yang memiliki bukti potong 1721-A1 dengan penghasilan bruto tdk lebih dari 60jt dalam 1 tahun pajak

Pratito
Pratito
Maret 28, 2022 4:04 am

Selamat siang om. Saya mau tanya tntg MT suami istri sama2 punya NPWP, saya usaha kedai makanan dgn neto yg kecil pertahun hanya sekitar 5jt, kemudian istri saya pegawai bank yg gajinya sudah dipotong PPh21 final tiap bulan. Apakah pada saat lapor SPT bs menggunakan perhitungan MT om? Karena kalo memang bisa, kemungkinan istri saya bs lebih bayar. Terima kasih om sebelumnya 🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Pratito
Maret 28, 2022 3:41 pm

Kl salah satunya udah final maka ga bisa pakai MT

Om icron
Om icron
Maret 28, 2022 3:39 am

Halo Om,

Kalau ada penghasilan luar negeri, isi ke SPT 1770 jumlah bruto atau netto ya?

Boleh minta peraturan nya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Maret 28, 2022 3:40 pm

bruto, PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR PER – 06/PJ/2020

Om icron
Om icron
Reply to  Om Pimpa
Maret 30, 2022 2:29 am

pasal berapa om di Per 06 2020 yang bilang bruto.
Saya tidak ketemu

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Maret 30, 2022 12:31 pm

oiya netto

Om icron
Om icron
Reply to  Om Pimpa
Maret 31, 2022 12:50 am

kalau netto , liat darimana peraturannya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Maret 31, 2022 11:01 am

halaman SPT Tahunan di bagian induk

DEWI RETNO ALBEKTIARANI
DEWI RETNO ALBEKTIARANI
Maret 28, 2022 2:15 am

slamat pagii..
saya mau tanya, kalo perusahaan MLM apakah bisa memotong pph 23 untuk member?
dan berapa tarif yang harus digunakan?
pemotongan atas bonus

Om Pimpa
Editor
Reply to  DEWI RETNO ALBEKTIARANI
Maret 28, 2022 3:40 pm

bisa, potong PPh 21

ROBIN
ROBIN
Maret 28, 2022 1:16 am

Jika WP OP seorang karyawan swasta (KLU 96304) yang juga memiliki usaha online shop (omset dibawah 4.8M), bolehkah pakai tarif 0.5% (PP23) untuk usaha online shop nya tanpa mengubah KLU? Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  ROBIN
Maret 28, 2022 3:40 pm

iyaa

jane
jane
Maret 27, 2022 4:07 pm

Selamat malam Om, saya mau tanya lagi.. pelaporan pajak masukan saya lebih besar dari pajak keluaran (pajak masukan sudah ter upload).. sehingga pada kolom PPN Kurang/Lebih bayar saya menjadi – (minus) kelebihan.. solusinya bagaimana ya ?

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  jane
Maret 28, 2022 3:39 pm

dapat dikompensasikan di masa berikutnya

Lauren
Lauren
Maret 27, 2022 3:18 pm

halo om, saya ingin bertanya. apakah pengenaan pajak utk perusahaan besar itu lebih besar dr perusahaan kecil? atau sebenarnya pengenaan tarifnya meningkat juga seiringan dengan masing2 labanya?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lauren
Maret 28, 2022 3:36 pm

umumnya tarif meningkat seiring dengan meningkatnya penghasilan, namun tergantung tarif yg digunakan

Rudi
Rudi
Maret 27, 2022 11:36 am

Om,kalau badan usaha omset lebih dari 50M setahun,kena pajak berapa ya ?dari total omset atau total profit

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rudi
Maret 27, 2022 1:08 pm

menggunakan tarif normal dari total profit dengan tarif 22%

Jane
Jane
Maret 27, 2022 6:21 am

Selamat siang om, saya mau tanya.. saya mau tutup buku bulan 2, kalau saya sudah melaporkan(upload) faktur pajak masukannya.. dan sekarang saya mau ubah itu ke masa 3 apa bisa ya ?

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jane
Maret 27, 2022 1:09 pm

klo sdh sukses upload tdk bsa di ubah lagi

Triono
Triono
Maret 27, 2022 2:03 am

Om, sy usaha sy jual beli rumah (beli rumah lalu dijual kembali/beli tanah, dibangun rumah lalu dijual (usaha pribadi bukan Badan). Setiap transaksi penjualan rumah tsb dibayarkan Pph sebesar 2.5% dr harga jualnya, yg sy tanyakan :
1.       Apakah harus lapor masa?
2.      Apakah Form SPT yang digunakan 1770?
3.      Pada form SPT tsb bagian mana yg sy harus isi terkait penghasilannya ya? / apa aja yg diisi
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Triono
Maret 27, 2022 1:07 pm

1. lapor pada SPT Tahunan, namun setor setiap terjadi transaksi
2. iya 1770
3. bagian penghasilan yang bersifat final dari pengalihan tanah dan bangunan

Calvin
Calvin
Maret 26, 2022 12:45 pm

Selamat malam om, mau bertanya, untuk SPT pribadi apakah boleh dilihat orang lain?
Semisal atasan saya mau mengecek SPT saya apakah itu boleh secara hukum?
Karena setahu saya SPT itu privasi tiap orang.
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Calvin
Maret 27, 2022 12:54 pm

memang privasi, namun bole saja selama Anda mengizinkan

Nellica
Nellica
Maret 26, 2022 6:21 am

Saya mau input ppbj
Setelah input nilai transaksi di rincian, angka di belakang koma langsung hilang, harus saya edit dulu baru mau ada koma nya
Sebelumnya tidak perlu di edit koma nya masih ada
Bagaimana solusi nya ya?
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nellica
Maret 26, 2022 11:33 am

tdk masalah

Indra
Indra
Maret 25, 2022 4:16 pm

Om saya mau tnya status npwp saya non efektif, tetapi saya punya cicilan KPR rumah…rencana mau sy aktifkan kembali npwpnya…apakah cicilan kprnya nanti harus sy laporkan juga di SPT?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indra
Maret 26, 2022 11:24 am

iya cicilan dan harta atas utang tersebut dilaporkan di SPT

Indra
Indra
Reply to  Om Pimpa
April 19, 2022 2:31 pm

Apa saya juga perlu melaporkan spt2 tahun sebelumnya mengingat sy tidak pernah lapor spt semenjak mebuat npwp?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indra
April 20, 2022 1:20 pm

jika penghasilan thn” sblumnya diatas PTKP maka wajib melaporkan

Dini
Dini
Maret 25, 2022 10:42 am

Halo om.
Saya ingin tanya.
Saya punya kasus begini :
Saya buat faktur pajak (070) tanggal 21 maret 2022. Sementara dokumen BC 40 tanggal 14 maret 2022.
Apakah tidak apa-apa?
Apakah tanggal faktur pajak wajib sama dengan tanggal BC 40?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dini
Maret 25, 2022 3:06 pm

ga apa”

Hana
Hana
Maret 25, 2022 10:13 am

Saya mau tanya

Misalnya si A seorang Konsultan punya PT XYZ namun si A dapat client dari 2 type yg berbeda:

Type 1: Transaksi a/n pribadi (PPH21) si consultan ke perusahaan berbadan hukum (PT).

Type 2: Transaksi a/n PT (PPH23) si consultan ke perusahaan berbadan hukum (PT)

Pada saat pelaporan pajak pribadi si A, bagaimana cara pelaporannya karena dia punya 2 type sumber penghasilan yg berbeda.

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hana
Maret 25, 2022 3:06 pm

mengabungkan kedua penghasilan tersebut, menggunakan SPT Eform 1770

Dini
Dini
Maret 25, 2022 9:41 am

Halo.
Saya ingin tanya.
Saya punya kasus begini :
Saya buat faktur pajak (070) tanggal 21 maret 2022. Sementara dokumen BC 40 tanggal 14 maret 2022.
Apakah tidak apa-apa?
Apakah tanggal faktur pajak wajib sama dengan tanggal BC 40?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dini
Maret 25, 2022 3:05 pm

Tdk apa2

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x