Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Indri
Indri
Maret 25, 2022 7:58 am

Mai isi no. SPPB.
Tapi di kolom pembuatan FK gk ada kolom/keterangan No. Dokumen pendukung.
Gmna solusinya Om?
Apa bisa dibantu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indri
Maret 25, 2022 3:05 pm

silahkan update efaktur versi terbaru

Indri
Indri
Maret 25, 2022 7:56 am

Om ijin tanya, untuk mengupdate app pajak gmna Om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indri
Maret 25, 2022 3:04 pm

aplikasi jenis pajak apa yg dimaksd?

Feli
Feli
Maret 25, 2022 4:42 am

Om, mau tanya nih. Sekarang saya masih mahasiswa dan sudah punya npwp. Nah, saya masih terima uang jajan, modal usaha, uang untuk bayar kuliah dari orangtua.
1.Apakah uang tersebut objek pajak?
2.apakah harus dilaporkan di spt?
3.jika harus dilaporkan, melaporkannya dibagian mana om?

Terima kasih 🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Feli
Maret 26, 2022 11:16 am

Kl blm memperoleh penghasilan melebihi ptkp maka tdk ada kewajiban spt tahunan

Feli
Feli
Reply to  Om Pimpa
Maret 26, 2022 1:30 pm

Kalau uang yang diberikan dari orangtua lebih dri 60jt berarti harus lapor di spt dan dibayar ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Feli
Maret 27, 2022 1:08 pm

pemberian orang tua termasuk non objek pajak

Nur
Nur
Maret 25, 2022 3:27 am

Om,. sy mo tanya:
seandainya saya sudah punya NPWP, tapi penghasilan saya dari kebun/serabutan dan tidak mencapai penghasilan kena pajak, apakah saya tetap melaporkan SPT atau tidak perlu?..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nur
Maret 25, 2022 3:04 pm

jika dibawah PTKP tdk berkewajiban melaporkan SPT Tahunan

Nur
Nur
Reply to  Om Pimpa
Maret 26, 2022 3:40 am

tks atas jawabanx om👍🏼🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nur
Maret 26, 2022 11:33 am

sama-sama

Putri
Putri
Maret 25, 2022 3:25 am

Halo Om, mau tanya.

jika upload faktur pajak bulan maret di bulan april. apa ppn masih mengikuti ppn yang lama?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Maret 25, 2022 3:03 pm

Upload ga masalah

Darma
Darma
Maret 25, 2022 3:11 am

Halo om,

Misal Pembuatan SPT Badan Th 2020 terjadi kesalahan dan di buatkan SPT Badan Pembetulan ke 1, mohon tanya untuk membayar kekurangannya apakah diambil dari Kolom 9 (a) menghitung Pph Yang Harus Dibayar Sendiri (SPT Normal) di kurangi dengan Kolom 9 (a) menghitung Pph Yang Harus Dibayar Sendiri (SPT Pembetulan), mohon infonya, terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Darma
Maret 25, 2022 3:03 pm

iya

Om icron
Om icron
Maret 25, 2022 2:59 am

Halo om,
kalau saya sewa di kios mall. ditagih sinking fund, apa potong pph 4 ayat 2?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Maret 25, 2022 3:02 pm

Ga potong

Dwi Oktaviani
Dwi Oktaviani
Maret 25, 2022 2:54 am

Hallo, mau tanya jika mobil yg statusnya masih kredit apakah kena pajak PPS ya ? Mohon infonya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dwi Oktaviani
Maret 25, 2022 3:00 pm

iya bisa dan dilaporkan juga atas utang mobil tersebut

yessie
yessie
Maret 25, 2022 2:48 am

pagi saya mau tanya om, saya dulu waktu kerja pernah punya npwp, terakhir laporan tahun 2010, sekarang kalo mau laporan lagi mesti gimana ya om, trus pajak yg tahun 2010 sampe skarang mesti digimanain?

Om Pimpa
Editor
Reply to  yessie
Maret 25, 2022 3:00 pm

bisa dilapor dari 5 tahun terakhir saja, Plus urus efin ya

Nindya
Nindya
Reply to  Om Pimpa
Maret 26, 2022 12:33 am

om mau tanya lanjutan kasus di atas, a. nih ada keluarga, seorang WP karna penghasilan tidak mencapai PTKP menurut Formulir 1721-A2 maka mikirnya tidak wajib lapor SPT tahunan. tapi punya bukti potong 1721-VII yg sudah tuntas dibayar, beneran ga wajib lapor SPT utk kasus ini om? b. om lanjut tanya tentang tax amnesty nya om. Akhirnya si WP ga lapor bertahun2 dari 2017 sampai sekarang karna selain lalai, mikir juga tidak wajib lapor karan tidak mencapai PTKP tadi. karna ga lapor SPT termasuk harta ga dilaporin jadinya. kalau dilaporkan dalam SPT, tapi baru lapor semua SPT di tahun ini 2022,… Read more »

Nindya
Nindya
Reply to  Nindya
Maret 26, 2022 2:24 am

ralat #PPS maksudnya bukan tax amnesty

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nindya
Maret 26, 2022 11:30 am

1. menghitung semua penghasilan dari form 1721-A2 dan 1721-VI, jika totalnya dibwah PTKP tdk wajib lapor
2. tdk harus mengikuti PPS

Nindya
Nindya
Reply to  Om Pimpa
Maret 29, 2022 4:22 am

a. owh melebihi PTKP kalau digabung penghasilan 1721 A2 dan 1721 VII.

b. tapi besaran penghasilan yangtercantum dalam form 1721 VII kan sudah dipotong pajak final om jadinya mikir ndak ngaruh ke PTKP. jadi statusnya tetap wajib lapor ya om

c. nah kalau gitu harta2 si keluarga ini sebaiknya tetap ikut PPS om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nindya
Maret 29, 2022 12:20 pm

b. dilaporkan dibagian penghasilan yg bersifat final
c. ya bebas saja

Amel
Amel
Maret 25, 2022 2:40 am

izin tanya om,
direktur setiap bulan mendapat gaji, apakah direktur tsb dpt dikatakan sebagai pegawai tetap dan dikenakan pph 21?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amel
Maret 25, 2022 2:59 pm

Ya jelas

Sulthon
Sulthon
Maret 25, 2022 2:17 am

Halo om
om mau tanya, misal ada 2 supplier berbeda, yg kita sebagai pihak pembeli terbalik dalam mengakui PPN Masukannya,
misal supplier A dibayar bulan Februari dan supplier B dibayar bulan Maret,
PPN masukan yg kita akui di bulan Februari itu ternyata punya supplier B, dan yang diakui di bulan Maret punya supplier A. seperti itu apakah menjadi masalah? untuk nominal PPN nya sama.
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulthon
Maret 25, 2022 2:59 pm

Ga mungkin trjadi sprti ini kecuali dr awal fakturnya salah

Sulthon
Sulthon
Reply to  Om Pimpa
April 4, 2022 2:44 am

maksud saya, dari pihak kita yang salah. lebih jelasnya seperti ini
tgl 14 feb kita transaksi dengan supplier A,dengan FP XXX senilai 20.000
tgl 14 mar kita transaksi dengan supplier B, dengan FP YYY senilai 20.000
kedua faktur sama sama dibuat di bulan februari.

pada SPT masa Februari, kita malah mengakui FP YYY
pada SPT masa Maret, kita mengakui FP XXX

jadi kedua FP tersebut kan pengakuan PPN di SPT Masa PPN nya tidak sesuai dengan transaksi aslinya, nah begitu itu gimana pak? apakah akan menilbulkan sanksi administrasi? atau harus dilakukan pembetulan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulthon
April 5, 2022 3:25 am

Jika ada yg blm sesuai silahkan lakukan pembetulan, resiko krna keliru di penerbitan faktur ada denda di pasal 14 ayat 4

Putri
Putri
Maret 25, 2022 1:17 am

min mau tanya. kalo transaksi di bulan maret ada beberapa yang belum dibuat faktur. apa masih bisa tarif ppn 10% walau kita uploadnya di bulan april?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Maret 25, 2022 2:58 pm

Uploadnya kpn ga masalah

Fel
Fel
Maret 24, 2022 4:59 pm

Om, mau tanya nih. Kalau saya masih dapat uang jajan, uang belanja, uang untuk bayar kuliah, dan modal usaha dari orangtua. Apakah uang tersebut harus dilaporkan dan terkena pajak? Jika dilaporkan, dilaporkan dibagian mana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fel
Maret 26, 2022 11:16 am

Kl blm memperoleh penghasilan melebihi ptkp maka tdk ada kewajiban spt tahunan

Feli
Feli
Reply to  Om Pimpa
Maret 26, 2022 12:01 pm

Kalau uang jajan yang diberikan 1 tahunnya lebih dari 60jt harus lapor dan bayar kah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Feli
Maret 27, 2022 1:08 pm

pemberian orang tua termasuk non objek pajak

Rachma
Rachma
Maret 24, 2022 12:36 pm

Selamat malam Om
Kami (perusahaan) menerima faktur pajak masukan, dimana nama FPM nama direktur sedangkan npwpnya npwp pt, FPM tersebut ada di prepopulated kami, bisakah di kreditkan ? sah atau tidak ya Om ? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rachma
Maret 25, 2022 2:57 pm

Baiknya minta ganti ke pnjualnya

Kalvin
Kalvin
Maret 24, 2022 9:30 am

om, mau tanya soal pajak final konstruksi yang semula 3% menjadi 2,65%
kalau tanggal faktur penagihan sebelum peraturan keluar, kemudian pembayaran dari pihak klien dilakukan setelah peraturan disahkan, maka pajak yang dikenakan menggunakan 3% atau 2,65% ?

Last edited 4 months ago by Kalvin
Om Pimpa
Editor
Reply to  Kalvin
Maret 24, 2022 11:16 am

tarif lama

uci
uci
Maret 24, 2022 8:53 am

halo om mau tanya, kalau saat isi laporan spt tahunan badannya bagian transkrip kutipan elemen laporan keuangan tidak diisi, apakah perlu membuat spt pembetulan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  uci
Maret 24, 2022 11:17 am

ya perlu pembetulan

Fatthiyah Nurul
Fatthiyah Nurul
Maret 24, 2022 5:02 am

om mau tanya, di eform pph tahunan badan lampiran khusus 6A (penghitungan pph pasal 26) itu udah otomatis keisi laba komersil nya, tapi tidak ada pph terutang nya.

itu tidak bermasalah ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fatthiyah Nurul
Maret 24, 2022 11:14 am

gapapa

Indah
Indah
Maret 24, 2022 4:50 am

Selamat siang om,
saya telah melaporkan spt masa ppn juli 2021 dikompensasi ke masa desember 2021,tetapi salah ketik jadi desember 2022.dan saat pelaporan desember 2021 masanya jadi jul 2022.secara nilai sdh benar.apakah diperlukan pembetulan lagi?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indah
Maret 24, 2022 11:14 am

iya perlu pembetulan

huda
huda
Maret 24, 2022 4:38 am

halo Om… mau tanya,, begini kronologinya..
saya dapat proyek dari pemerintah perihal cetak buku. dari tahun ke tahun saya menggunakan CV tetangga, Nah tahun ini saya membuat CV dan ingin menggunakan CV sendiri. yang saya tanyakan apakah CV saya harus berstatus PKP? atau tanpa PKP pun tetep bisa? (secara yg saya pahami, yg memotong ppn pph adalah pihak instansi pemerintah.)

Om Pimpa
Editor
Reply to  huda
Maret 24, 2022 11:14 am

Transaksi ke instansi pemerintah harus pkp

yoana
yoana
Maret 24, 2022 4:23 am

Selamat siang. Saya mau bertanya terkait dengan adanya tagihan pajak mobil atas nama almarhum ayah saya. Tagihan pajak ini baru kami terima hari ini sementara mobil yang dimaksud sudah dijual 20 tahun yang lalu. Dugaan kami saat dijual tidak dilakukan balik nama dan pembeli tidak pernah melakukan pembayaran pajak semenjak ayah saya meninggal di tahun 2013. Apakah pembayaran pajak tersebut harus dibayarkan oleh kami sebagai ahli waris sementara mobil yang dimaksud tidak menjadi milik kami?

Om Pimpa
Editor
Reply to  yoana
Maret 24, 2022 11:13 am

terkait pajak daerah kami tdk bahas disini, silahkan datanya kepada daerah terkait

inggrid
inggrid
Maret 24, 2022 4:07 am

Selamat siang om, saya ingin bertanya mengenai lapor SPT. Jadi saya mulai bekerja september 2021, namun daftar atau buat NPWP nya bulan februari 2022. Ketika ingin lapor SPT, tidak ada data yang tersedia. Apakah saya tetap laport SPT atau tidak om?

Last edited 4 months ago by inggrid
Om Pimpa
Editor
Reply to  inggrid
Maret 24, 2022 11:13 am

tidak ada data yg tersedia maksudnya ?
laporkan SPT 2022

Delvy
Delvy
Maret 24, 2022 3:59 am

Siang om, mau tanya jika kita beli barang dan ada faktu pajak nya, kemudian setelah kita byr ternyata barang nya kualitas nya tdk bagus, hanya saja barang sdh dipakai, jd tdk bs diretur.. Apabila saya buat invoice untuk quality claim nya dan mereka setuju, apa bisa saya menerbitkan faktur pajak atas tagihan quality claim tersebut..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Delvy
Maret 24, 2022 11:12 am

Tdk terutang PPN

Delvy
Delvy
Reply to  Om Pimpa
Maret 24, 2022 11:20 am

Jadi tdk perlu menerbitkan faktur pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Delvy
Maret 25, 2022 2:56 pm

tdk perlu

Delvy
Delvy
Reply to  Om Pimpa
Maret 25, 2022 11:47 pm

Terima kasih om

chrestyan
chrestyan
Maret 24, 2022 3:24 am

Halo om pipa mau tanya
jika seluruh karyawan di suatu perusahaan di gaji dibwah ptkp dan mereka juga gapunya npwp, apakah perusahaan tetap harus lapor pph 21 om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  chrestyan
Maret 24, 2022 11:12 am

iya harus, bisa dilakukan sekali dalam satu tahun pada masa Desember saja

ami
ami
Maret 24, 2022 2:50 am

Om mau tanya,

per tgl 1 april 22 PPN sudah berubah jadi 11% bila ada PO sebelum itu penjualan nya masih hutang barang lau barang kita kirimkan setelah tgl 1 April, untuk pembuatan invoice dan pelaporan pajaknya bagaimana ya karena po itu masih memakai PPN10%.

Om Pimpa
Editor
Reply to  ami
Maret 24, 2022 11:12 am

jika faktur pajak dibuat pada Masa April maka harus menyesuaikan invoice dan pelaporan pajaknya dengan menggunakan tarif terbaru

natalia
natalia
Maret 24, 2022 12:36 am

Hallo Selamat pagi.Mau bertanya, kantor saya menggunakan jasa konsultan pajak dalam pelaporannya selama 10 thn, Tahun ini berencana utk mengelola perpajakan perusahaan kami sendiri tanpa konsultan. Langkah2 apa yang harus saya lakukan bila konsultan pajak kami tidak mau memberikan data log in DJP dan efinnya ?Apakah kami harus membuat dan mendaftar baru ? Mohon infonya karena kami sangat bingung sekali

Om Pimpa
Editor
Reply to  natalia
Maret 24, 2022 11:11 am

silahkan minta efin ke KPP Terdaftar dan reset psword lalu melakukan log in ulang..

April
April
Maret 23, 2022 11:52 pm

Om kalo bukti potong hilang apakah perusahaan pemotong bisa print ulang untuk bukti potong 2 tahun lalu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  April
Maret 24, 2022 11:11 am

ya bisa saja

Nano
Nano
Maret 23, 2022 8:25 pm

Mohon ijin nanya
Apakah pajak versi 3.1 berlaku untuk semua perusahaan?
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nano
Maret 24, 2022 11:10 am

versi 3.1 efaktur?
ya untuk semua jenis perusahaan

Nano
Nano
Reply to  Om Pimpa
Maret 24, 2022 11:20 am

Terima kasih 🙏

Tya
Tya
Maret 23, 2022 2:04 pm

Halo om mau tanya
Mengapa PPN penting bagi negara dan kenapa tidak semua barang dan jasa dikenai PPN?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tya
Maret 24, 2022 11:10 am

Om bukan yg punya negara jd ga bs jawab

Jea
Jea
Maret 23, 2022 10:04 am

Halo Om Pajak
untuk pelaporan SPT Tahunan OP freelance Arsitek apa menggunakan norma penghitungan penghasilan neto ?
Dan jika menggunakan norma apa perlu pengajuan ke KPP atau tidak ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jea
Maret 23, 2022 12:04 pm

bisa jika sudh mengajukannya, dapat mengajukan di DJP Online bagian layanan, info KSWP dan pengjuan NPPN

Jea
Jea
Reply to  Om Pimpa
Maret 24, 2022 2:07 am

pengajuannya setiap tahun atau cukup sekali saja ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jea
Maret 24, 2022 11:11 am

setiap tahun

Jea
Jea
Reply to  Om Pimpa
Maret 25, 2022 9:09 am

kalau umkm PP 23 juga harus pengajuan ke DJP juga seperti NPPN ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jea
Maret 25, 2022 3:05 pm

tidak perlu

diana
diana
Maret 23, 2022 9:33 am

Halo Om, mau tanya.

Penjualan waran apakah dikenai pajak?

Kalau lihat di trade confirmation dari perusahaan sekuritas, penjualan waran tidak dikenakan pajak.

Saya takutnya pajak atas waran ada dan harus disetor dan dilaporkan sendiri secara terpisah oleh Wajib Pajak…..

Jika hanya dilaporkan saja di SPT Tahunan WP Orang Pribadi, dilaporkan di bagian mana ya?

Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  diana
Maret 23, 2022 12:04 pm

diakui sebagai harta dan jika ada capital gain akan ada pajaknya

diana
diana
Reply to  Om Pimpa
Maret 23, 2022 3:53 pm
  1. Apakah ini berarti pajak nya masuk ke penghasilan lain-lain di SPT dan nantinya dikenakan pajak progresif?
  2. Yang diperhitungkan sebagai penghasilan kena pajaknya adalah
  • keuntungan dikurangi kerugian dari penjualan waran (net gain/loss dalam setahun), atau
  • hanya waran yang untung saja ??

Thanks Om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  diana
Maret 24, 2022 11:10 am

ya bisa..
jika ada keuntungan saja

diana
diana
Reply to  Om Pimpa
Maret 27, 2022 2:57 am

Terima kasih Pak 🙏🏽

upi
upi
Maret 23, 2022 5:43 am

halo om kalau belum cukup umur tetapi memiliki pendapatan untuk penyetoran pajaknya seperti apa ya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  upi
Maret 23, 2022 9:11 am

digabungkan dengan penghasilan org tua, dan dilaporkan di SPT Orang tua..

novi
novi
Maret 23, 2022 5:05 am

Selamat siang Om,
Saya punya 1 asset yang saya lupa apakah sudah masuk Tax amnesti jilid 1 atau belum. Takutnya kalo sekarang dimasukan PPS lagi jadi dobel. Nah itu cara ngecek nya bagaimana ya?, soalnya di DJP online gak ada riwayat nya, karena saya baru punya EFIN sekarang. Trus gak lapor SPT beberapa tahun.. Dan arsip TA nya juga ga tau dimana nyimpen nya.

Mohon arahan nya
Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  novi
Maret 23, 2022 9:11 am

Silahkan hubungi KPP terdaftar atas data tersebut

centan
centan
Maret 23, 2022 3:17 am

Halo om Pajak.

Untuk employee stock option, apakah harus dilaporkan juga di SPT? Apakah termasuk dalam harta? Kalau harus dilaporkan dan saya belum lapor dari beberapa tahun yang lalu, apakah saya harus mengajukan tax amnesty?

Last edited 4 months ago by centan
Om Pimpa
Editor
Reply to  centan
Maret 23, 2022 9:12 am

iya dilaporkan sebagai harta, bisa PPS atau pembetulan SPT

Andrian
Andrian
Maret 23, 2022 12:47 am

Tahun 2020 sejak pandemi perusahaan pribadi saya tutup operasional. Sehingga omset nihil di tahun 2021. Sebelumnya saya mengisi form pajak 1770 apakah untuk lapor SPT tahun 2021 bisa menggunakan form 1770 ss ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Andrian
Maret 23, 2022 9:15 am

1770 SS hanya untuk pegawai dengan penghasilan bruto tidak melebihi 60jt

Julius
Julius
Maret 22, 2022 11:21 pm

Hallo Om

1. Misalkan 2020 nilai perolehan saham ada 20jt dan blm dilaporkan SPT (diikutkan PPS). tahun 2021 nilai perolehan saham 50jt. Utk SPT 2021 harta saham diisi brp? 30jt atau 50jt ? Tahun perolehan diisi 2020/2021 om?

2. Bgmana aset dg kendaraan yang sdh dijual ditahun 2018 & 2019 tapi masih belum di keluarkan dari daftar harta SPT 2020?
Terima kasih om🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Julius
Maret 23, 2022 9:15 am

1. nilai perolehan itu ga akan berubah, akan tetap dengan angka awal perolehannya, jika berubah artinya ada harta baru lg
2. bisa pembetulan SPT

Maulid
Maulid
Maret 22, 2022 1:12 pm

Kalau telat bayar dan lapor selama satu tahun PPh 25 itu Masi bisa di angsur juga atau harus dibayar secara langsung

Om Pimpa
Editor
Reply to  Maulid
Maret 23, 2022 9:12 am

langsung pph 29

Indra
Indra
Maret 22, 2022 9:03 am

jika kita lupa isi bruto namun status pajak yang di selesai kan sudah nihil,,apakah perlu pembetulan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indra
Maret 22, 2022 10:15 am

ya perlu

Indra
Indra
Reply to  Om Pimpa
Maret 22, 2022 10:18 am

terima kasih om pimpa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indra
Maret 23, 2022 9:13 am

sama-sama

joed
joed
Maret 22, 2022 9:03 am

siang om. saya ama istri ada pisah harta. saya beli mobil pakai penghasilan saya tapi atas nama istri. bagaima lapor di SPT yah?
harta mobil tersebut itu masuk di SPT istri atau saya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  joed
Maret 22, 2022 10:15 am

SPT Istri, lalu mengakui hibah tersebut dari suami di SPT Istri

joed
joed
Reply to  Om Pimpa
Maret 22, 2022 11:10 am

kalau demikian, apakah nilai si mobil ini akan menjadi objek pajak untuk si istri?

Om Pimpa
Editor
Reply to  joed
Maret 23, 2022 9:12 am

non objek

uci
uci
Maret 22, 2022 6:13 am

Halo Om, ijin bertanya,, kalau pemotongan pph 21 selama 5 bulan dibayarkan jadi 1 di masa desember, apakah saya perlu melakukan pemindahbukuan disesuaikan dengan masa terutangnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  uci
Maret 22, 2022 4:31 pm

seharusnya pemotongan PPh 21 dan pembayarannya disesuaikan dengan masa terutang

Bambang
Bambang
Maret 22, 2022 6:13 am

ijin bertanya om, th 2015 lalu ayah saya menghibahkan tanah (& bangunan) kepada saya, sudah tertuang dalam sertifikat sebagai Hibah. kemudian th 2019 ayah saya meninggal. Asset tersebut belum saya masukkan dalam laporan SPT saya. Berkenaan dengan adanya program PPS 2022 ini, apa yang seharusnya saya lakukan dan apa konsekuensi2 nya. terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bambang
Maret 23, 2022 9:18 am

bisa melakukan pembetulan SPT 2016-saat ini, karena hibah non objek pajak

Lin
Lin
Maret 21, 2022 5:16 pm

Malam om mau tanya,
Penghasilan neto dalam negri lainnya dalam form 1770S, termasuk apa saja ya?
Bisakah dari hasil kerjaan sampingan (jadi gak usah pakai form 1770)?
Terimakasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lin
Maret 22, 2022 10:15 am

Penghasilan dari luar usaha yang diterima, selain yang telah disebutkan pd kolom lainnya, contohny keuntungan karena selisih kurs mata uang asing, penerimaan dari piutang yang telah dihapuskan dll
yg pasti bkn dr kegiatan usaha atau pekerjaan bebas

Diriyanti
Diriyanti
Maret 21, 2022 1:09 pm

Om nanya dong
Pph 25 badan yg sudah di setor , apakah wajib di lapor kan setiap bulannya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Diriyanti
Maret 22, 2022 4:31 pm

tidak lapor setiap bulan, hanya diperhitungkan dilaporan SPT Tahunan sebagai pengurang pajak terutang

Jasmine
Jasmine
Maret 21, 2022 11:34 am

Soree Omm.. mau tanyaa.. saya kan lg ada mengerjakan penelitian tentang pajak agresif. Saya meneliti perusahaan manufaktur. Pertanyaan saya. Sebenarnya alasan perusahaan manufaktur melakukan penghindaran pajak/ agresif pajak itu apa ya? Karna dilihat dari luar saja, manufaktur itu kan perusahaan besar. Tingkat produksi juga besar karn beraneka ragam produknya. Lalu apa alasan nya dari perusahaan sbesar itu ada niat mengecilkan pajak? Pdahal dr tingkat produktivitasnya baik.. mohonn berii pencerahan omm atau siapapunn😂😂

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jasmine
Maret 21, 2022 4:51 pm

Ya siapa sih yg benar2 ikhlas mau bayar pajak? Siapapun jg akan ke arah sana

Luthfiah
Luthfiah
Maret 21, 2022 10:43 am

Om mau tanya,
Kakak saya adalah seorang pengusaha yang baru inimenjalankan usahanya pada Maret 2018,
ketika tiba di bulan Juni 2019 penghasilan bersihnya mencapainya Rp15.000.000,00. Kakak saya belum memiliki NPWP sampai dengan bulan tersebut. Jika Kakak saya memiliki
seorang istri dan dua orang anak serta tinggal bersama ibu kandungnya maka saran apa yang sebaiknya dilakukan untuk pemenuhan kewajiban perpajakannya?

Last edited 4 months ago by Luthfiah
Om Pimpa
Editor
Reply to  Luthfiah
Maret 21, 2022 4:51 pm

jika penghasilan dibawah PTKP tdk berkewajiban melaporkan SPT

Susi
Susi
Maret 21, 2022 10:12 am

Sore om, Mau Tanya… Pertanyaan Saya jika omzet bulan January 10jt lalu ppn 10% jadi 11jt nah yg Mau dikali 0.5% yg 10juta tanpa ppn atau yg 11jt di kali 0.5% iTu yg disetor untuk pajak om? Mohon penjelasasannya terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Susi
Maret 21, 2022 4:50 pm

dari DPP 10jt dikali tarif final

marlik
marlik
Maret 21, 2022 10:05 am

selamat sore,
saya mau tanya untuk e faktur cabang setelah pemusatan. jika pada bulan februari 2022 cabang mau pembetulan masa ppn mei 2021 dikarenakan ada pembatalan faktur pajak dan di efaktur kode aktivasi enofa tidak bisa digunakan. kira-kira penyebabnya apa ya min?
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  marlik
Maret 21, 2022 4:50 pm

Cek tknisnya ke KPP dl ya

Indah
Indah
Maret 21, 2022 8:46 am

Selamat sore om..
Saya mau tanya,
Tom Artomo adalah seorang pria lajang dengan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Ia mulai bekerja di negara Indonesia yaitu di PT Mobil Bekas Sejahtera pada 1 September 2022. Di perusahaan tersebut, ia mendapat gaji $ 10.000 per bulannya. Berapa PPh yang harus Tom bayarkan perbulan selama tahun 2022?
Gaji dibayarkan setiap tanggal 25

2 Bulan November Tom Artomo mendapatkan THR satu kali gaji.

Last edited 4 months ago by Indah
Om Pimpa
Editor
Reply to  Indah
Maret 21, 2022 4:50 pm

selamat mengerjakan soal

Rebecca
Rebecca
Maret 21, 2022 7:36 am

Jika penghasilan di bawah ptkp tapi saya juga main saham dari hasil tabungan yang disisihkan sejak muda, laporan spt nya memakai apa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rebecca
Maret 21, 2022 4:49 pm

1770

Tirza
Tirza
Maret 21, 2022 7:02 am

Saya mau tanya, saya belum menyetorkan modal di perusahaan. Apakah saya tetap melaporkan modal saham saya ke dalam SPT Pribadi saya? Terimmakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tirza
Maret 21, 2022 4:49 pm

ya diakui sebagai harta dan utang pemegang saham

Surya
Surya
Maret 21, 2022 6:32 am

Selamat siang.
Aku mau tanya, Dalam Eform spt pribadi 1770 . Sebelum submit kita harus melampirkan peredaran bruto usaha. Sedangan saya menggunakan 1770 karena saya mendapat laba prive dari CV perusahaan. Tidak ada usaha lain atau bekerja ditempat lain. Lalu apakah kita membuat peredaran bruto sendiri dengan nilai nihil atau kita melampirkan peredaran bruto usaha CV yang memberikan kita prive atau laba usaha. Terima kasih.
Intinya kita pakai peredaran bruto kita yg nihil atau peredaran bruto CV perusahaan yg memberikan kita prive/bagian laba

Om Pimpa
Editor
Reply to  Surya
Maret 21, 2022 4:49 pm

Peredaran bruto yg isinya penghasilan dari prive

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x