Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Elli
Elli
Maret 21, 2022 4:16 am

Pagi om mau tanya, kalau perusahaan (berbentuk PT) menyewa kamar hotel guna pembuatan konten perusahaan dan penyewaannya melalui traveloka apakah tetap dikenakan pajak ya? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Elli
Maret 21, 2022 4:49 pm

Kl ini cm biaya hotel ga ada pph potputnya

Hans
Hans
Maret 21, 2022 4:04 am

Selamat Siang Om Pimpa,

mau tanya nih, pada tahun 2019 saya membeli apartemen dengan cara cash keras cicilan 60x ke developer, dan dari pihak developer mengundang saya untuk menandatangani adendum karena ada perubahan tarif PPN 11% di bulan April 2022 nanti sehingga harga cicilan per bulan saya akan mengalami kenaikan, tidak ada invoice per bulan atau apapun yang saya terima hingga saat ini dari developer sejak awal saya tanda tangani perjanjian di awal..

Pertanyaan saya apakah saya boleh menolak perubahan harga cicilan dikarenakan perjanjian harga awal yang sudah saya tanda tangani?

Terima kasih sebelumnya sudah dibantu jawab.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hans
Maret 21, 2022 4:48 pm

Ya dikomunikasikan aja gmn nanti kesepakatannya

Violita Natasya
Violita Natasya
Maret 21, 2022 4:00 am

Kalo spt normal lebih bayar trus ada pembetulan SPT (krna ada penjualan yang belum dilapor), kenapa lebih bayar nya selalu jadi pengurang di spt pembetulannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Violita Natasya
Maret 21, 2022 4:48 pm

SPT jenis apa yg ditanyakan?

violita natasya
violita natasya
Reply to  Om Pimpa
Maret 25, 2022 12:42 pm

SPT masa PPN

Om Pimpa
Editor
Reply to  violita natasya
Maret 27, 2022 1:11 pm

memang seperti itu, karena adjust berdasarkan yang sudh dilaporkan

Violita Natasya
Violita Natasya
Reply to  Om Pimpa
Maret 27, 2022 1:35 pm

Kalau bagian lebih bayar spt normal itu di nol kan, apakah ada dampak lain selain di kurang/lebih bayar di spt pembetulannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Violita Natasya
Maret 28, 2022 3:39 pm

ya tdk bisa

Om icron
Om icron
Maret 21, 2022 1:36 am

Pagi Om,

ada cara isi eform lampiran khusus 2a tidak?

saya isi eform tahun 2021,
isi angka di sebelah kiri kolom 2020 , tp kok di sebelah kanan (2022(tahun berjalan)) tidak ada jumlahnya ya?? apa memang 0?
lalu saya cek di Induk lanjutan, lampiran e. tidak tersilang

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Maret 22, 2022 4:31 pm

ini maksudnya sedang mengisikan kerugian fiskal tahun 2020? perhitungan mennggunakan PPh final atau tarif umum?

Jessy
Jessy
Maret 21, 2022 12:40 am

Halo om, saya awam dalam pengisian spt tahunan op. Tahun 2021 br buat npwp karena kemarin syarat untuk masuk kerja. Jadi gini om, saya mau isi spt tahunan, gaji saya di bwh 60 jt/ thn. Saya dapat hibah rumah dari orang tua, di atasnamakan nama saya dan kakak saya. Nanti perlaporan spt tahunan op saya muati gimana y?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jessy
Maret 21, 2022 4:47 pm

dapat dilaporkan sebagai hibah pada SPT Tahun menerima hibah tersebut

widya
widya
Maret 21, 2022 12:09 am

Om, izin bertanya. Tahun lalu ayah saya membelikan saya mobil atas nama saya. Bagaimana pelaporan dalam spt tahunannya ya? baik itu di spt tahunan saya maupun ayah saya.
Terima kasih Om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  widya
Maret 21, 2022 4:47 pm

di SPT anak bisa dilaporkan sebagai hibah, di SPT Ayah mengurangi harta atas pembelian mobil tersebut, misal dibeli dari tabungan, maka mengurangi nilai tabungan pada Harta SPT Tahunan ayah

Mega Utami
Mega Utami
Maret 20, 2022 7:47 pm

Halo kak mau tny klo ada WP OP yang membeli rumah KPR tp lupa dimasukkan ke harta spt tahunan op sedangkan utang kpr nya sudah masuk ke spt op dan penghasilan untuk beli harta berupa tumah itu sudah dikenai pemotongan pph 21 dari perusahaan itu klo pembetulan di spt op nya aja gpp kan kak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mega Utami
Maret 21, 2022 4:46 pm

iya bisa pembetulan

ninna
ninna
Maret 20, 2022 3:42 pm

Tom Artomo adalah seorang pria lajang dengan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Ia mulai bekerja di negara Indonesia yaitu di PT Mobil Bekas Sejahtera pada 1 September 2022. Di perusahaan tersebut, ia mendapat gaji $ 10.000 per bulannya. Berapa PPh yang harus Tom bayarkan perbulan selama tahun 2022?

Gaji dibayarkan setiap tanggal 25

Bulan November Tom Artomo mendapatkan THR satu kali gaji.

mohon bantuannya, terima kasih

Last edited 4 months ago by ninna
Om Pimpa
Editor
Reply to  ninna
Maret 21, 2022 4:46 pm

Semangat mengerjakan

hikmah
hikmah
Maret 20, 2022 2:23 pm

Selamat malam Om,, ijin bertanya lagi
terimakasih sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelumnya..
Jika pada tahun-tahun yang lalu saya melaporkan harta berupa asuransi unitlink ke dalam kode harta 019, barusan saya baca-baca artikel masuknya ke kode harta 039. Jika tahun ini saya rubah ke kode 039 apakah perlu melakukan pembetulan di SPT tahun-tahun sebelumnya?
atau saya abaikan saja tetap menggunakan kode 019.
Bagaimana baiknya menurut Om?
Terimakasih..

Om Pimpa
Editor
Reply to  hikmah
Maret 22, 2022 4:29 pm

dibetulkan ataupun tidak, dalam konteks ini tidak masalah

Richard
Richard
Maret 20, 2022 11:51 am

Om, mau nanya bagaimana ya pelaporan harta kalo ada saham US yang di perdagangkan di brusa efek seperti apple, microsoft. Apakah lapor harta nya dalam usd ato idr ya? Terus bagaimana dgn dividen saham us kan ada kena pajak ya mengingat ada tax treaty us indo sbesar 15%. Apakah itu nanti kena pajak lagi ga ya di indo. Cara pelaporan dividennya di spt itu gimana ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Richard
Maret 22, 2022 4:29 pm

harta dituliskan dalam SPT dalam rupiah, semua penghasilan akan diperhitungkan kembali di SPT Tahunan dan kredit pajak (hasil pemotongan oleh pihak lain) akan mengurangi pajak terutang menjadi hasilnya Kurang Bayar atau Lebih Bayar, jadi ada kemungkinan akan ada pembayaran yg dilakukan sendiri jg

nurhasanah
nurhasanah
Maret 20, 2022 11:49 am

Malam om, saya baru kali ini urus pajak pkp badan, mmang bulan 9 kami telat lapor spt efaktur sehingga kami kena denda ( karena kami kurang tau mngenai wajib lapor perbulan ), setelah kami bayar denda ttap tidak bisa lapor dan mencetak BPE dan muncul notif Etax web 50008, mohon solusinya om, terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  nurhasanah
Maret 22, 2022 4:29 pm

apakah kewajiban PPN terutang sudh dilunasi?, cek lg isian SPT nya dengan lebih teliti

Miss Panda
Miss Panda
Maret 20, 2022 7:46 am

Halo Om Pimpa, mau tanya mengenai hak pihak negara dalam pajak? Apakah sama dengan hak fiskus ya? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Miss Panda
Maret 22, 2022 4:28 pm

maksudnya apa ya? negara dalam hal ini diwakili oleh pegawainya yaitu fiskus

dayu
dayu
Maret 20, 2022 6:10 am

Halooo Om saya mau lapor pajak badan nihil, setelah melakukan pengiriman pelaporan “gagal membuat bukti penerimaan elektronik BPS SPT sebelumnya belum ada” maksudnya apa ya

Om Pimpa
Editor
Reply to  dayu
Maret 20, 2022 3:11 pm

cek draft eform lalu menghapus draft yang sudah ada dan memastikan tidak ada BPS SPT lain

Rina sinaga
Rina sinaga
Maret 19, 2022 1:35 pm

Hallo om….mau tanya, untuk honor pelaksanaan kegiatan di Lingkungan badan pemerintahan, Honor di bawah 1jt apa tetap dikenakan pajak PPh 21 ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rina sinaga
Maret 20, 2022 3:11 pm

iya bsa saja

Om icron
Om icron
Maret 19, 2022 8:52 am

Halo Om,

Mau tanya untuk biaya administrasi bank pada SPT tahunan, apa tidak dikoreksi positif?
ada dasar hukumnya tidak?

terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Maret 19, 2022 10:17 am

kenapa dikoreksi? silahkan dilihat pasal 6 dan 9

hendy
hendy
Maret 19, 2022 6:57 am

bertanya jika saya mau membayar kurang pajak dari pekerjaan dokter saya , bayarnyaa pakai 411125 kode 200 atau 411129 kode 200 ? mohon pencerahan

Om Pimpa
Editor
Reply to  hendy
Maret 19, 2022 10:17 am

411125 kode 200

Christine
Christine
Maret 19, 2022 5:14 am

Di npwp lawan transaksi ada tanda baca titik dan waktu membuat faktur keluaran tanda baca titik nya tidak diketik. Apakah ini salah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Christine
Maret 19, 2022 10:16 am

memang formatnya seperti itu

Andri
Andri
Maret 19, 2022 2:25 am

Hallo, saya mau tanya, terkait strategi perpajakan, apa yang dimaksud dengan strategi materil dan defensif ya? Dan contohnya itu seperti apa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Andri
Maret 19, 2022 10:16 am

strategi apa ini maksudnya? siapa yg membuat istilah itu? bukan om pastinya, jadi ya ga bisa jawab

Julian
Julian
Maret 19, 2022 1:18 am

hallo saya mau tanya om pimpa terkait sktd, cara membuat sktd untuk docking kapal yang harus di siapkan apa saja ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Julian
Maret 19, 2022 10:15 am

surat permohonan surat keterangan tidak dipungut (SKTD), dokumen pendukung lainnya dan lebih lengkapnya silahkan tanyakan kepada KPP Terdaftar

Balqis Lubis
Balqis Lubis
Maret 19, 2022 1:11 am

Bagaimana pajak dapat mempengaruhi kestabilan perekonomian?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Balqis Lubis
Maret 19, 2022 10:23 am

pajak adalah sumber terbesar APBN, ga ada pajak ya jelas jadi ga stabil, coba ada lagi pertanyaan yg lebih susah ga?

Alois
Alois
Maret 19, 2022 12:57 am

Om Pimpa saya ingin bertanya, saya sebagai salah satu karyawan swasta, npwp saya didaftarkan sebagai staff karyawan di perusahaan tersebut, kemudian saya hendak mendirikan PT dan otomatis saya adalah direktur, saya juga harus mendaftarkan NPWP PT dan NPWP pribadi saya sebagai direktur untuk keperluan administrasi/pembukaan rekening dari PT yg saya buat dll…

Pertanyaan saya, apakah 1 NPWP pribadi atas nama saya bisa digunakan secara bersamaan?

sebagai karyawan di perusahaan lain sekaligus direktur di perusahaan saya sendiri.. atau saya harus membuat NPWP baru atas nama pribadi sebagai direktur perusahaan milik saya? Mohon pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Alois
Maret 19, 2022 10:14 am

1 NPWP untuk 1 orang, apapun penghasilan orang tersebut

Alois
Alois
Reply to  Om Pimpa
Maret 19, 2022 11:11 am

Om Pimpa, maaf saya masih kurang mengerti maksudnya, apakah 1 NPWP itu bisa saya gunakan walaupun saya memiliki 2 pekerjaan?

Atau

apakah saya harus berhenti dulu dari karyawan swasta kemudian baru membuat PT dan menjadi direktur di PT tersebut?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Alois
Maret 20, 2022 3:11 pm

1 NPWP itu bisa saya gunakan walaupun miliki lebih dari 1 Pekerjaan

Yanti kiel
Yanti kiel
Maret 18, 2022 2:35 pm

1. Tom Artomo adalah seorang pria lajang dengan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS). Ia mulai bekerja di negara Indonesia yaitu di PT Mobil Bekas Sejahtera pada 1 September 2022. Di perusahaan tersebut, ia mendapat gaji $ 10.000 per bulannya. Berapa PPh yang harus Tom bayarkan perbulan selama tahun 2022?

Gaji dibayarkan setiap tanggal 25

2 Bulan November Tom Artomo mendapatkan THR satu kali gaji.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yanti kiel
Maret 19, 2022 10:14 am

semangat mengerjakan soal..

Zainuddin
Zainuddin
Maret 18, 2022 12:30 pm

Saya mau tanya om Pimpa
Terkait laporan spt 2021, klu di akhir tahun ( 2021) ternyata bukti laporan spt 2021 pajak pph pasal 21 terutang nol rupiah ( 0) apakah saya tetap harus melaporkan ( ada 2 spt yg 1 penghasilan pensiun dan 1 lagi dipekerjakan kembali di perusahaan yg sama (rehire).
Zainuddin

Om Pimpa
Editor
Reply to  Zainuddin
Maret 18, 2022 1:53 pm

satu SPT, dengan mengabungkan kedua penghasilan tersebut

Dyan
Dyan
Maret 18, 2022 11:43 am

Halllo, saya ingin bertanya.. jika pengahsilan sebulan itu di atas Ptkp perbulan tapi akumulasi setahunnya tdi melebihi ptkp org pribadi itu dipotong pajak atau tidak ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dyan
Maret 18, 2022 12:01 pm

Trgantung jenis penghasilannya, pph 21 ada banyak variasi hitungan

Asep
Asep
Maret 18, 2022 9:59 am

Selamat sore Om. Mau tanya tentang status pajak yang harus dibayarkan. Statusnya seperti ini: NPWP suami dan istri sudah digabung, anak 3 (PTKP 126juta) Suami bekerja dari sewa kontrakan rumah yang besarnya 25 juta/tahun dan bagi hasil dari penjualan makanan (karena menanam modal di sana) sebesar 500rb/bulan. Istri bekerja sebagai PNS dengan penghasilan 170jt/tahun. Yang saya pahami, jika penghasilan istri digabung, maka penghasilannya masuk ke dalam penghasilan yang dikenakan pajak final kan, karena dari instansinya sendiri sudah dipotong. Berdasarkan pph 21, penghasilan suami ada di bawah PTKP. Tapi berdasarkan jenis usahanya, sewa kontrakan, berarti tetap harus membayar pajak final? Jika… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Asep
Maret 18, 2022 1:38 pm

Ini di awal mesti dibeda2kan dl tiap jenis penghasilannya krna prlakuannya akan beda2, jd di SPT jg ga akan dituliskan di 1 tmpat, nah mau yg mana dl yg dibahas?

Asep
Asep
Reply to  Om Pimpa
Maret 18, 2022 2:18 pm

Maaf masih awam pajak. Baru buat npwp dan digabung dengan istri. NPWP lama istri dihapus dan gabung ke suami. Jadi pajak yg harus dibayar yg mana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Asep
Maret 19, 2022 10:17 am

perhitungan di SPT merupakan gabungan atas penghasilan suami dan istri, dihitung semua dan dibayar semua

rika rauf
rika rauf
Maret 18, 2022 8:48 am

siang om.
saya mau nanya, apa pembelian bibit jagung itu dikenakan pajak apa saja?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rika rauf
Maret 18, 2022 12:16 pm

Trgantung detailnya tp ini adalah barang non PPN

rika rauf
rika rauf
Reply to  Om Pimpa
Maret 18, 2022 12:17 pm

kalau pph kena gak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rika rauf
Maret 18, 2022 1:54 pm

tergantung detail transaksinya, misal pembelian tersebut pakai jasa angkut, maka dikenakan PPh 23

Saipullah
Saipullah
Maret 18, 2022 7:28 am

Om saya mau tanya, saya punya badan usaha tapi usahanya belum pernah jalan. Apakah saya wajib membuat pajak tahunan

Om Pimpa
Editor
Reply to  Saipullah
Maret 18, 2022 11:54 am

tetap wajib melaporkan SPT Tahunan Badan

Saipullah
Saipullah
Maret 18, 2022 7:27 am

Tanya pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Saipullah
Maret 18, 2022 11:55 am

ya?

Dea
Dea
Maret 18, 2022 7:05 am

Selamat Sore Om
Pertanyaan tentang PPS Kebijakan II:

WP ingin melaporkan Aset Apartemen dan Utang (atas pembelian apartemen) di PPS 2. Apartemen tsb dicicil dari 2019 – 2021, dengan total nilai 600 juta. Pada 31 dec 2020, sisa cicilannya adalah 200 juta.
Bagaimana Perhitungan Harta Bersih untuk PPS 2 tsb?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dea
Maret 18, 2022 1:54 pm

hartanya sesuai dengan nilai perolehan dan utangnya jg pada kondisi akhir 2020

Nani Suryani
Nani Suryani
Maret 18, 2022 6:14 am

Selamat siang Om, izin bertanya soal bukti potong..
Sy sllu bingung soal bukti potong ini dikarenakan info yg sy beroleh sllu simpang siur. Contohnya hari ini:
Kntr sy mendptkn bukpot pph ps 23 datanya sbb:
masa pajak: 12-2021/ tgl dokumen: 31-12-2021/ identitas pemotong pajak tgl :19-01-22

Pertanyannya:
a. apakah bukpot pph ps 23 diatas bisa dikreditkan di tahun pajak 2021..?
b. daluarsa bukpot tsb sd bln brapa..?. Semisalkann kalau PM di faktur pajak berdaluarsa utk tiga bulan kedepan
Dmkian Om, terimakasih banyak atas pencerahannya…

Last edited 4 months ago by Nani Suryani
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Maret 18, 2022 1:54 pm

a. Bisa
b. Masa atau tahun pajaknya match dengan spt tahunannya

Ocky
Ocky
Maret 18, 2022 4:30 am

Om, saya kan mau input PPN, nah database nya ke copy jadi 2,
nah, Database PPN 1,yg update,database PPN 2 yg saya copy,tp barusan saya bikin nota retur di database PPN 2,dimana database tersebut tidak Update, bagaimana cara saya memindahkan nota retur tersebut ke database yg update om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ocky
Maret 18, 2022 12:15 pm

Ekspor impor data

melan
melan
Maret 18, 2022 3:45 am

om pimpa, mau tanya jika kita sebagai pkp terus sewa kontrakan dan kendaraan kepada orang pribadi apakah kita sebagai pkp harus potong pph 23. jika tidak seharusnya di pembukuannya seperti apa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  melan
Maret 18, 2022 11:56 am

tergantung dari sisi pihak yg membayar atau si penyewa

upik
upik
Maret 18, 2022 1:33 am

om izin lagi, klu sudah pps uang tunai itu masuk di cahsfollw thn ini apa tahun depan?
tpi klu masuk tahun ini di masuk sebagai daftar apa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  upik
Maret 18, 2022 1:47 pm

logika simplenya masuk mulai tahun ini, diakui sesuai dengan betuk hartanya di SPT

Zainuddin
Zainuddin
Maret 18, 2022 1:05 am

Selamat siang om
Mau tanya laporan spt 2021
Saya punya bukti potong pajak yg isinya PPH Pasal 21 terutang = 0 ( ada 2 bukti spt) apakah saya harus melaporkan spt saya atau tdk

Last edited 4 months ago by Zainuddin
Om Pimpa
Editor
Reply to  Zainuddin
Maret 18, 2022 12:06 pm

melaporkan

Zainuddin
Zainuddin
Reply to  Om Pimpa
Maret 18, 2022 12:45 pm

Sdh coba buat laporan spt di djp online, namun hasilnya malah lebih bayar

Om Pimpa
Editor
Reply to  Zainuddin
Maret 18, 2022 1:55 pm

penghasilannya sudh diinput semua?, ya bs aja jd LB memang, semua trgantung gmn ngisinya jg

Mahen
Mahen
Maret 17, 2022 3:04 pm

Malam om kalo saya usaha umkm jualan online shop , apakah kalo saya sudah bayar pajak usaha umkm saya , saya masih harus bayar pajak penghasilan pph untuk pribadi lagi ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mahen
Maret 18, 2022 12:04 pm

tidak, jika penghasilan atas UMKM sudh dibayarkan, hanya perlu melaporkan saja di SPT Tahunan (ini asumsi ga mendirikan perusahaan lagi ya)

Hestri
Hestri
Maret 17, 2022 1:50 pm

Tanya om, katanya gaji yg diterima pemilik cv yg modalnya tdk terbagi atas saham bukan merupakan objek pph 21, nah dari jan 2021 atas gaji yg diberikan ke pemilik dipotong pph 21 dan lapor seperti karyawan lainnya. Apakah atas kesalahan itu, pjk pph 21 yg sdh dibayar bisa di pbk kan ke pajak lain di th 2022 ini. Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hestri
Maret 18, 2022 12:06 pm

klo sifatnya gaji tetap kena pph 21, yg non objek itu bagi hasil CV

mici
mici
Maret 17, 2022 11:55 am

Izin bertanya Om Pimpa, berdasarkan PP 29 tahun 2020 di BAB IV mengenai Tambahan Penghasilan yang Diterima atau Diperoleh Sumber Daya Manusia di Bidang Kesehatan, pada pasal 8 ayat 2 disebutkan bahwa untuk tambahan penghasilan dari Pemerintah berupa honorarium atau imbalan lain yang diterima atau diperoleh dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan untuk menangani COVID-19 pada fasilitas pelayanan kesehatan dan institusi kesehatan, maka tambahan penghasilan tersebut dikenai pemotongan PPh Pasal 21 yang bersifat final dengan tarif sebesar 0% dari jumlah penghasilan bruto yang diterima atau diperoleh. Berdasarkan PP ini apakah berarti jasa medis untuk dokter terkait pelayanan covid-19 tidak dipotong pajak… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  mici
Maret 18, 2022 10:05 am

dalam konteks ini ada 2 pandangan, yaitu:

1. fasilitasnya hanya tidak dipotong pph 21, tetapi tetap akan jadi objek di SPT Tahunan individunya dan jadi si individu yg akan bayar sendiri, kl ini artinya fasilitasnya hanya ada pada saat waktu pemotongan
2. fasilitas berlaku pada saat pemotongan dan pada SPT tahunan individunya, intinya jadi non objek PPh

dari kedua poin ini, om pimpa ga bs mengatakan yg mana yg pasti benar, tp bagi om pimpa sendiri lebih condong memilih poin 1

Mici
Mici
Reply to  Om Pimpa
Maret 18, 2022 10:09 am

Baik, terima kasih atas responnya Om Pimpa.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mici
Maret 18, 2022 1:48 pm

sama-sama

Helmy
Helmy
Maret 17, 2022 10:29 am

Permisi om.. Begini ada warung yang belum mempunyai NPWP badannya.. Apakah bisa membayar pajak tanpa NPWP tersebut ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Helmy
Maret 18, 2022 9:56 am

Pajak apa yg ditanyakan?

Helmy
Helmy
Reply to  Om Pimpa
Maret 18, 2022 6:13 pm

PPN Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Helmy
Maret 19, 2022 10:18 am

membayar PPN dalam konteks dia sebagai pembeli ya bisa, tapi tidak bisa melakukan pemungutan PPN saat melakukan penjualan

Erni
Erni
Maret 17, 2022 10:27 am

Sore om pajak…

Mau tanya Cara mengisi form pdf pph 1770S 2021 SPT pph pribadi direktur PT misal aset perusahaan (deposito)diatasnamakan nama direktur itu nnt di kolom harta SPT pph 1770S pribadi direktur dimasukan atau tidak? Karena di SPT badan PT aset tersebut sudah dicatat.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erni
Maret 18, 2022 9:56 am

tdk perlu klo kenyataanya aset PT, tp sebaiknya nama kepemilikan disesuaikan dengan riilnya

Widya
Widya
Maret 17, 2022 10:05 am

Selamat sore mau tanya.. ini ada case kesalahan pengisian jumlah netto seharusnya 710.600 tetapi yang salah sudah terlanjur dibuatkan kode billing dan sudah dibayar sejumlah 710.100 sehingga ketika mau lapor kembali dan mengisi ntpn wajib pajak tidak bisa mengirim spt karena jumlah kurang bayar dan yang dibayarkan tidak sesuai.. bagaimana cara mengatasinya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Widya
Maret 18, 2022 9:55 am

buat billing lagi atas kekurangannya

Pius sutrisno
Pius sutrisno
Maret 17, 2022 5:14 am

Kalau ada potongan PPh 21 tahun lalu tidak dilaporkan, bagaimana cara melaporkan krn pendaptan nya juga baru diterima tahun ini ?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Pius sutrisno
Maret 17, 2022 10:00 am

maksudnya gmn ?

Surya
Surya
Maret 17, 2022 4:53 am

Selamat siang om. Saya mau tanya, jika seorang direktur sekaligus pemilik cv yg tidak mendapat gaji dari perusahaan tapi mendapat bagian laba atau prive sebesar 100juta , Yang dimana bukan merupakan objek pajak tapi kenapa di eform atau efilling mengharuskan kita menginput bukti potong padahal bukan objek pajak. Jadi mohon pencerahanya. Apa jenis spt yg harus saya gunakan. Jika memang prive tersebut bukan objek pajak.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Surya
Maret 17, 2022 10:00 am

ga ada yg mengharuskan, pastikan formulir yg dipilih itu benar dan pemahaman pajaknya benar

MiftahRachma
MiftahRachma
Maret 17, 2022 4:05 am

Om Pimpa, saya mau bertanya. Jadi perusahaan kami membeli barang pada PKP, kemudian PKP tersebut mengupload faktur pajak keluaran mereka, tetapi tidak email ataupun memberikan lembar fisik fakturnya kepada kami, bisakah kami tetap mengakui dan upload atas pajak masukan tersebut ?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  MiftahRachma
Maret 17, 2022 9:59 am

jika pada saat prepopulated data FPM tersebut ada, ya bisa aja

MiftahRachma
MiftahRachma
Reply to  Om Pimpa
Maret 17, 2022 12:36 pm

Terimakasih Om, hehe mau nanya lagi. Misal kami menyewa ruko kepada OP untuk 3 tahun dan sudah dibayar s.d 3 tahun juga total 100juta, bisakah pph 4 ayat 2 atas sewa 10jt tersebut di bayarkan bulanan ? atau apakah wajib dibayar langsung 10jt ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  MiftahRachma
Maret 18, 2022 1:48 pm

10jt sesuai dengan pembayaran langsung sewanya

Lies Ertanti
Lies Ertanti
Maret 17, 2022 3:36 am

Apakah jasa Rohaniwan Pelantikan dikenakan PPh?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lies Ertanti
Maret 17, 2022 9:59 am

detailnya sperti apa yg ditanyakan?

Lies Ertanti
Lies Ertanti
Maret 17, 2022 3:11 am

Biaya rohaniwan saat pelantikan apakah dikenakan pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lies Ertanti
Maret 17, 2022 9:59 am

detailnya sperti apa yg ditanyakan?

tina
tina
Maret 17, 2022 3:10 am

Om, kalau saya dapat warisan mobil dari paman dengan harga pasar 800 juta, apakah akan dikenakan pajak? kalau iya, berapa persen ya?
Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  tina
Maret 17, 2022 9:58 am

iya, tarif progresif pasal 17

tina
tina
Reply to  Om Pimpa
Maret 17, 2022 11:43 am

kemudian bagi penerima mobil , pajaknya apa bisa jadi kredit pajak?

Last edited 4 months ago by tina
tina
tina
Reply to  tina
Maret 17, 2022 12:16 pm

kalau harga perolehan mobil dan harga pasar sama-sama 800 juta, tetap dikenakan pajak ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  tina
Maret 18, 2022 9:53 am

ini misskonsep tentang pajaknya banyak banget nih, simplenya gini karena mendapatkan penghasilan maka akan dipajaki (PPh), sumbernya yg dari warisan bisa aja ga ada PPh jika diperolehnya dari keluarga hubungan darah lurus 1 derajat, kalo dari paman ya ga masuk syarat itu, lalu ini ga ada hubungan dengan pngkreditan pajak

theresia riani
theresia riani
Maret 16, 2022 8:29 pm

bagaimana si wajib pajak tau kalau dia lebih bayar pajak? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  theresia riani
Maret 17, 2022 9:58 am

terkait pajak apa yg ditanyakan?

Ahmad
Ahmad
Maret 16, 2022 2:43 pm

Om mau tanya, Kalo sy bantu mewakili lapor spt tahunan pribadi orang lain scr manual (gak ada akun djp online), apakah bisa?
dg kondisi sdh ditanda tangani oleh wajib pajak yg bersangkutan. (status sy karyawan bkn konsultan)

Kalo bisa, dokumen apa aja yg hrus disiapkan saat sy datang ke kpp?

Mohon pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ahmad
Maret 17, 2022 9:57 am

Call ke kpp aja dl, bs jd malah ga akan diterima lg yg laporan manual

Haikal
Haikal
Maret 16, 2022 1:52 pm

Slmt MLM om.kalau sudah rajin bayar PPh setiap bulan,ada harus ikut pps

Om Pimpa
Editor
Reply to  Haikal
Maret 17, 2022 9:57 am

tidak ada hubungannya rajin bayar PPh sama ikut PPS, klo ada harta yg belum dilaporkan pd SPT Tahun sebelum”nya maka dapat mengikuti PPS

Gatoo
Gatoo
Maret 16, 2022 1:34 pm

Malam oom, maaf mau tanya, saya kan ganti database efaktur, karena database yang lama sudah terlalu banyak datanya dan berat. export dari database lama gagal, jadi kami minta data dari KPP kami, namun kenapa setelah di import, faktur yang sebelumnya sudah approve, sekarang ada sebagian jadi belum approve ya? misalnya tanggal 14 ada 100 faktur, 40 faktur belum approve, 60 faktur approve sukses. padahal di db lama, 100 faktur tsb sudah approval sukses. terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Gatoo
Maret 17, 2022 9:56 am

silahkan cek efaktur web based apakah faktur tersebut sudh terupload atau belum

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x