Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Reza
Reza
Februari 17, 2022 12:43 pm

Om, bagaimana jika kita salah pilih tahun pada menu e filling. Kita mau lapor tahun pajak 2021. Tapi saya pilih tahun pajak 2019. Bagaimana cara menggantinya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Reza
Februari 18, 2022 2:43 pm

membuka ulang untuk efiling untuk 2021, efiling 2019nya bsa dihapus (dengan kondisi masih berbentuk draft)

Harry
Harry
Februari 17, 2022 10:23 am

Om ijin tanya om, Faktur pajak masukan apakah ada kadaluarsanya jika tidak/belum dikreditkan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Harry
Februari 18, 2022 2:44 pm

bukan disebut daluarsa, ga ada istilah ini sebenernya, yg ada adalah ketentuan masa pajak untuk melakukan pengkreditan, dapat dikreditkan di masa yg sama atau di 3 masa pajak selanjutnya

Rike
Rike
Februari 17, 2022 7:18 am

Om,mau tanya untuk kode jenis faktur 07 Kawasan Bebas PP nomor 41 tahun 2021 itu di efaktur kok ndak ada pilihanya,padahal untuk e-faktur sudah diupdate jadi versi yang 3.1 .
Yang ada hanya yang kawasan bebas (ket :Pajak pertambahan nilai tidak dipungut berdasarkan pp nomor 10 tahun 2012). Jadi saya juga bingung, sama faktur yang sudah ada nomor ppjb terus saya upload selalu reject keterangan nya ETAX API 10031 (nomor ppjb tidak ditemukan). Padahal saya sudah masukkan nomor ppjb sesuai dokumen ppjb yang dikasih sama costumer.
Mohon dibantu itu kenapa yaa om?

Last edited 5 months ago by Rike
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rike
Februari 17, 2022 8:34 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan. https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/ dan silahkan cek link mengenai PPJB

Last edited 5 months ago by Om Pimpa
Rike
Rike
Reply to  Om Pimpa
Februari 17, 2022 8:51 am

siyapp,makasih Om

Riska
Riska
Reply to  Rike
Maret 14, 2022 7:12 am

Hai ka, masalah aku juga sama nih..
Apakah sejauh ini sudah ketemu solusinya?

RIKE APRILIA
RIKE APRILIA
Reply to  Riska
Maret 14, 2022 11:49 am

Hai juga mba,
Sekarang udah bisa mba,kemarin Ppbj yang lama saya minta batalin ke costumer terus minta di terbitin ulang nomor Ppbj yang baru.tanggal di nota yang mw di buat faktur pajak di sesuain sama tanggal Ppbj yaah baru nnti di upload mba,insha Allah sukses mba.

Riska
Riska
Reply to  RIKE APRILIA
Maret 16, 2022 2:25 am

Terima kasih banyak mba untuk jawabannya..
Apakah untuk Keterangan Tambahannya tetap pakai yang “berdasarkan pp nomor 10 tahun 2012” saat input ulang?

RIKE APRILIA
RIKE APRILIA
Reply to  Riska
Maret 21, 2022 1:22 pm

Hallo mba,sorry baru balas,untuk keterangan tambahannya y Pakai “Kawasan Bebas PP nomor 41 Tahun 2021” yaah. Kalau efakturnya sudah di update ke versi 3.1 cara supaya muncul si keterangan tambahan kawasan bebas PP nomor 41 tahun 2021 itu ada di menu referensi terus pilih sinkronin kode cap nya nnti otomatis muncul di keterangan tambahan yang pas kita biasa mw ubah faktur pajak nya mba. Nnti setelah mba udah pilih keterangan tambahan yg “Kawasan Bebas PP nomor 41 Tahun 2021” terus pas mw nulis nomor Ppbj itu untuk nomor Ppbj itu ditulis di kolom pendukung mba dan untuk penulisannya nomor Ppbj… Read more »

Lani
Lani
Reply to  RIKE APRILIA
Mei 9, 2022 9:32 am

Saya sudah coba langkah yg kakak info tp tetap tidak berubah no PP nya….masih menggunakan PP yg lama

RIKE APRILIA
RIKE APRILIA
Reply to  Lani
Mei 9, 2022 12:21 pm

https://youtu.be/Xx6kj1nHlUU,coba mba lani lihat tutorial yang lengkap terkait singkronisasi kode cap nya,Masalnya kemarin saya jelasin di tulisan atas kurang detail jadi lebih baik mba ikuti langkah langkah yg ini yaa mba,semoga berhasil mba😊

ahmad
ahmad
Reply to  RIKE APRILIA
April 20, 2022 7:05 am

halo ka,
maaf saya kok tetap tidak bisa ya walau saya input tgl faktur pajaknya sesuai tgl ppbj nya ya itu kenapa ya ka mohon bantuannya

RIKE APRILIA
RIKE APRILIA
Reply to  ahmad
Mei 9, 2022 12:15 pm

Coba kakak samain DPP sama PPN yang di e-faktur dengan nominalnya yg ada di Ppbj kak.

rnf
rnf
Reply to  Rike
Februari 19, 2022 6:45 pm

Bantu jawab,
coba rekan pilih yang Tempat Penimbunan Berikat ( jika sppb bc.04)

Adisti
Adisti
Reply to  Rike
Maret 21, 2022 2:14 am

hai kak masalah aku juga sama nih terkait keterangan tambahan tidak sesuai itu solusi nya gimana kak?

RIKE APRILIA
RIKE APRILIA
Reply to  Adisti
Maret 21, 2022 1:26 pm

Untuk keterangan tambahan sendiri khusus FP 070 itu sekarang pakainya yg “Kawasan Bebas PP nomor 41 Tahun 2021” yaah. Kalau efakturnya sudah di update ke versi 3.1 cara supaya muncul si keterangan tambahan kawasan bebas PP nomor 41 tahun 2021 itu ada di menu referensi terus pilih sinkronin kode cap nya nnti otomatis muncul di keterangan tambahan yang pas kita biasa mw ubah faktur pajak nya mba. Nnti setelah mba udah pilih keterangan tambahan yg “Kawasan Bebas PP nomor 41 Tahun 2021” terus pas mw nulis nomor Ppbj itu untuk nomor Ppbj itu ditulis di kolom pendukung mba dan untuk… Read more »

faisal
faisal
Reply to  RIKE APRILIA
Juni 17, 2022 6:53 am

mantap kak, terimakasih penjelasannya

Mansur
Mansur
Februari 17, 2022 6:05 am

Sy mau tanya om. Sy pengelola sekolah, beli printer seharga Rp. 3.000.000 di Toko yg tdk punya NPWP dengan menggunakan dana BOS. Bagaimana cara membayar pajak atas pembelian barang tsb. Kalo misalnya sy bayar pajak berapa nilai uang yg sy harus cantumkan di LPJ sekolah sy, apakah harga barang ditambah nilai pajak??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mansur
Februari 17, 2022 8:28 am

kalo transaksinya dengan non PKP dan tdk dipunggut pajak brarti nilai barangnya tetap 3jt ya

Surjati
Surjati
Februari 17, 2022 6:04 am

Om, kalau saya bekerja di LN dan sekrang pensiun dan tinggal di DN, dapat uang pensiun spt Jamsostek gitu dari LN. Apakah boleh tidak membuat NPWP dan SPT di Indonesia, karena tidak ada penghasilan sama sekali dari sini?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Surjati
Februari 17, 2022 8:21 am

jika WNI dan berdomisili di Indonesia maka berkewajiban memiliki NPWP dan melaporkan SPT Tahunan jika penghasilan tersebut diatas PTKP

Surjati
Surjati
Reply to  Om Pimpa
Februari 18, 2022 1:55 am

Jumlah tabungan disana juga harus dilapor yah om. Kalau sudah lapor, jadi boleh transfer kesini tanpa masalah yah? Sebaiknya lapor di SPT dulu baru transfer, atau transfer dulu sebelum lapor di SPT boleh? Makasih banyak Om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Surjati
Februari 18, 2022 2:41 pm

tdk masalah ats hal tersebut, acuannya harta yg kita miliki dilaporkan di SPT Tahunan

Surjati
Surjati
Reply to  Om Pimpa
Februari 27, 2022 7:22 am

Om, maaf tanya lagi, apakah benar kalau hanya penghasilan pensiun dari LN sudah dipajaki dan lapor pajak disana, dan tidak ada penghasilan dari DN, SPT nya hanya pelaporan saja dan tidak kena pajak di DN?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Surjati
Februari 27, 2022 10:19 am

penghasilan tetap dilaporkan pd SPT Tahunan, lalu jika sdh dipajaki diluar negeri dapat dikreditkan pd SPT Tahunan..

Surjati
Surjati
Reply to  Om Pimpa
Februari 28, 2022 3:15 am

teman saya WNA, juga tidak berpenghasilan disini dan tinggal disini. Dia tidak perlu NPWP/SPT, benarkan begitu OM?

Surjati
Surjati
Reply to  Om Pimpa
Maret 19, 2022 8:29 am

Maksudnya dikreditkan pada SPT Tahunan gimana yah Om? kan tidak ada penghasilan di DN dan tidak bayar pajak di DN?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Surjati
Maret 19, 2022 10:18 am

jika penghasilan semata2 dari LN semua dan sudah dipajaki disana maka tidak akan ada lagi pajak yg dibayarkan, tp kondisi ini harus dengan benar dituliskan di SPT

Surjati
Surjati
Reply to  Om Pimpa
Februari 28, 2022 3:14 am

teman saya WNA, juga tidak berpenghasilan disini dan tinggal disini. Dia tidak perlu NPWP/SPT, benarkan begitu OM?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Surjati
Maret 1, 2022 4:54 am

tinggal di Indonesia? Jika tinggal di Indonesia lebih dari 183 termasuk subjek pajak dan berkewajiban melaporkan SPT

Putri
Putri
Februari 17, 2022 5:47 am

Om izin bertanya, untuk faktur pajak kode 070 yg sdh dibuat & dilaporkan saat itu pilih keterangan tambahannya “Kawasan Bebas” lalu sehrsnya pilih “lainnya” itu hrs dibetulkan atau gmn Om? Krn sy liat di SPT Masa & Faktur Pajak tidak ada notif ttg keterangan tambahan tersebut siy..Mohon pencerahannya Om, Terima kasih sebelumnya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Februari 17, 2022 8:13 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

Putri
Putri
Reply to  Om Pimpa
Februari 17, 2022 8:21 am

Ok, makasih Om

Nani Suryani
Nani Suryani
Februari 17, 2022 5:08 am

Om izin bertanya lagi soal efaktur…bgini.. Efaktur sy sempat corrupt di bln Okt’21..alhasil sy ke KPP meminta salinan FK..Saat ini sy bermaksd akn melakukan SPT pembetulan utk PNN… Diketahui: 1. di SPT Normal terctt fmasukan sejumlah 250 fm…(asumsi: dpp= 720 jt, ppn=72 jt) 2. saat sy create SPT Pembetulan jlmnya sama 250 fm tp ada 8 faktur pajak pengganti/011 bernilai nol (saat sy cek di form b2 nya)..otomatis dari jlm fm utk dpp dan ppn nya..menjadi selisih kurang jk disandingkan dg SPT Normal 3. Disaat sy melihat di daftar faktur pajak masukan 8 faktur pajak tsb ada sdg stts diganti/011 dan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Februari 17, 2022 8:28 am

cek hasil posting di efaktur web gmn, acuannya untuk data SPT adalah apa yg tertera di efaktur web

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  Om Pimpa
Februari 18, 2022 1:17 am

Selamat pagi Om..
Mhn maaf pertanyaan sy diatas slh ketik Om…ternyata data yg selisih itu di efaktur bln Nop thn 2019. Kn saat thn tsb blm ada efaktur web…bgman yaa Om…solusi agr FM tsb sinkron antara data efaktur FM di form B2 dg data efaktur di daftar faktur pajak masukan (tdk terjadi selish).?.

note:
utk data efaktur yg corruptnya benar terjadi di bln Okt’2021. Sblmnya mhn maaf Om dan trimakasih atas pencerahannya

Last edited 5 months ago by Nani Suryani
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Februari 18, 2022 2:43 pm

jika sudah cukup teknis begini baiknya bs ke KPP lg untuk dibantu lebih detail, om bisa bantu tp harus lihat langsung jg datanya jd ga memungkinkan terselesaikan di forum ini

Putri
Putri
Februari 17, 2022 4:40 am

Hallo Om mau tanya. jika saat upload FP 070 (kawasan bebas) Reject : ETAX-API-10031 Keterangan Nomor Dokumen PPJB Tidak Boleh Kosong, Padahal udah upload pertama sejumlah 6 faktur dg cara yg sama berhasil, lalu mau upload kedua sejumlah 8 faktur muncul notif tersebut, Mohon pencerahannya Om

Putri
Putri
Reply to  Putri
Februari 17, 2022 5:20 am

Eia Om ganti pertanyannya hehehe : FP 070 yg sdh dibuat, diupload & dilaporkan dg keterangan tambahan sebelumnya dipilih “Kawasan Bebas”, Lalu sehrsnya pilih “Lainnya”…itu perlu dibetulkan atau tidak Om? Krn sy liat di SPT Masa maupun di Faktur Pajak yg terbit tidak ada keterangan tambahan tersebut.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Februari 17, 2022 8:17 am

berikut jawaban dari salah satu rekan kita, yang sudh menghubungi email dari kring pajak :
Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”. pada saat rekam faktur 07
setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.

indri
indri
Februari 17, 2022 4:15 am

om mau tanya,

saya salah input nomor SPPB terus jg salah input nomor FP nya sedangkan saya sudah berulang2 kali upload gagal terus solusinya gimana ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  indri
Februari 17, 2022 8:39 am

melakukan input lagi yg benar

Indri
Indri
Reply to  Om Pimpa
Februari 19, 2022 1:59 am

Udh om tp nmor sppb nya cuma bisa sekali pakai dan saya harus ke kpp apa kira2 status sppb kembali ke belum digunakan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indri
Februari 19, 2022 12:00 pm

silahkan hubungi kpp terdaftar terkait hal tersebut

Sisilia
Sisilia
Februari 17, 2022 4:00 am

Om mau tanya, efaktur status nya reject karna dokumen ppbj tidak ditemukan, itu kenapa ya ? padahal nomor ppbj sudah dimasukan dikolom yg tersedia
dan e faktur juga sudah di update ke versi 3.1

mohon solusi nya om
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sisilia
Februari 17, 2022 8:36 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan. https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/ dan silahkan cek link mengenai PPJB

rnf
rnf
Reply to  Sisilia
Februari 19, 2022 6:49 pm

Bantu jawab,
Jikau yang rekan pegang adalah sppb bc.04,
Saat rekam faktur 07, pilih keterangan yang Tempat penimbunan berikat,
jangan pilih yang kawasan bebas.
Sebab saya juga seperti itu kasusnya, dan berhasil

widi
widi
Reply to  Sisilia
Februari 22, 2022 5:59 am

nomor pbbj yang dimasukkan dimulai dari kolom ke 4

Ayu
Ayu
Februari 16, 2022 9:11 am

om mau tanya , kalau invoice di bulan januari, bc40 nya di bulan februari. apakah bisa d terbitkan faktur 070? karena supplier saya bilang kalau tidak bisa terbit faktur karena bulan BC40 berbeda dengan invoice.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ayu
Februari 16, 2022 3:50 pm

bisa

dapid
dapid
Februari 16, 2022 8:50 am

om pipa, jika pada pengisian nomor sppb (faktur 070) terjadi kesalahan saat pengisian dan sudah di upload, terus mau bikin faktur penggantinya (071), apakah pada kolom pengisian nomor dokumen sppb bisa di edit ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dapid
Februari 16, 2022 3:50 pm

bisa

Harry
Harry
Februari 16, 2022 6:32 am

Ijin tanya oM, kalau bidang usaha pengerukan, apa dikenakan pph 23 atas jasa? Jika tidak/bukan, kena pph apa dan berapa tarifnya ya? Trrima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Harry
Februari 16, 2022 3:51 pm

PPh 23 itu tergantung jg brtransaksi dengan pihak siapa, dalam PPh itu ada 2 macam yaitu PPh yg dipotong pihak lain dan PPh yg dibayar sendiri, jenis PPh 23 itu masuk di kategori yg dipotong pihak lain jd tergantung dengan siapa lawan transaksinya

Mia
Mia
Februari 16, 2022 4:31 am

om mau tanya, kalau pajak masukan malah masuk ke dokumen lain pajak masukan itu masalah tidak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mia
Februari 16, 2022 3:52 pm

“masalah” itu maksudnya gmn ya? yg jelas yg dilakukan itu keliru

Yani
Yani
Februari 16, 2022 4:17 am

Om, mau tanya…
Kalau keterangan ETAX-API-10040: keterangan tambahan tidak sesuai, seharusnya Kawasan Bebas PP nomor 41 Tahun 2021 itu kenapa ya, padahal saya sudah pilih keterangan tambahan Kawasan Bebas? Dan solusinya bagiamana ya om?
Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yani
Februari 17, 2022 8:12 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

Yani
Yani
Februari 16, 2022 4:06 am

Om mohon info mengenai upload FP Batam 070 selalu Reject dengan keterangan ETAX-API-10040: keterangan tambahan tidak sesuai, seharusnya Kawasan Bebas PP nomor 41 Tahun 2021. padahal saya sudah pilih keterangan tambahannya Kawasan Bebas, atau rekan-rekan disini bisa bantu memecahkan masalah. Terima Kasih

Vira
Vira
Reply to  Yani
Februari 17, 2022 2:42 am

bisa menggunakan sinkronasi data cap kak. di menu referensi kemudian pilih sinkron kode cap

Adisti
Adisti
Reply to  Vira
Maret 21, 2022 2:29 am

lalu setelah itu gimana ka? soalnya masalah ku sama dengan pertanyaan di atas

santi
santi
Reply to  Adisti
Mei 18, 2022 9:53 am

setelah sinkronisasi data cap, “kawasan bebas” diganti jadi “Kawasan Bebas PP nomor 41 Tahun 2021″ kemudian coba appload ulang

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yani
Februari 17, 2022 8:12 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

Ayu
Ayu
Februari 16, 2022 3:09 am

Om, mau tanya kalau pt yg mau melaporkan penghasilan perusahaanya itu lapornya dimana ?
mengingat pph final umkm dtp tahun ini tidak diperpanjang, jadi untuk pt yg masih menggunakan pp 23 tahun 2018 lapornya dimana ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ayu
Februari 16, 2022 3:55 pm

ini subjek yg lapor adalah pihak yg menerima penghasilan bukan? jika iya maka laporannya dilakukan di spt tahunan dan pada tiap bulannya hanya dilakukan pembayaran

Ayu
Ayu
Februari 16, 2022 3:01 am

Pagi Om,
Mau nanya, kalo lapor pajak dari penghasilan perusahaan itu lapornya dimana ?
mengingat pph final umkm dtp tidak diperpanjang, jadi pt yg masih menggunakan pp 23 tahun 2018 lapor penghasilannya dimana ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ayu
Februari 16, 2022 3:52 pm

ini subjek yg lapor adalah pihak yg menerima penghasilan bukan? jika iya maka laporannya dilakukan di spt tahunan dan pada tiap bulannya hanya dilakukan pembayaran

Leony Putri
Leony Putri
Februari 16, 2022 2:57 am

Om, mau tanya kalau satu dokumen BC4.0 apa bisa di gunakan di FP Pengganti DP (tahun 2021) dan FP Pelunasan (tahun 2022)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Leony Putri
Februari 16, 2022 3:49 pm

bisa

rnf
rnf
Februari 16, 2022 2:51 am

Om, mohon info mengenai BC 2.6.2 saat upload faktur selalu reject dengan keterangan ETAX-API-10025 : Nomor SPPB tidak ditemukan, itu kenapa ya om ?
atau rekan-rekan disini bisa bantu memecahkan masalah , thanks before

Om Pimpa
Editor
Reply to  rnf
Februari 16, 2022 3:56 pm

silahkan hubungi bea cukai, kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

fatimah
fatimah
Reply to  rnf
Mei 17, 2022 4:45 am

mohon info ya rekan. problem yang bc 2.6.2 sudah ada solusi nya belum ??

acha
acha
Februari 16, 2022 2:04 am

Maaf ijin bertanya, saya melakukan pengadaan barang nilainya 1.411.200 apakah kena ppn dan pph ?
Mohon dijawab

Om Pimpa
Editor
Reply to  acha
Februari 16, 2022 3:54 pm

tergantung pd jenis barang tersebut, lalu apakah anda sudah PKP? barangnya jg barang apa?

Chris
Chris
Februari 15, 2022 6:54 am

Om, kolom “Harta Baru” itu bagaimana pengisiannya? apakah harta kita yang sekarang, dikurang harta tahun lalu? atau jumlah keseluruhan harta? dan tahun nya diisi tahun berapa kalau akumulasi? contohnya saham

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chris
Februari 15, 2022 11:43 am

ini sedang mengisi apa? silahkan ceritakan konteksnya dengan lebih jelas

sulthon
sulthon
Februari 15, 2022 5:45 am

om mohon bantu saya yang masih newbie
saya ada supplier yang FP 070 nya salah. FP dan dokumen BC 40 nya terbit di Bulan Desember 2021
nah sekarang di Bulan Februari mau dibuatkan pengganti atas FP yg salah tersebut, apakah bisa memakai nomor referensi dokumen BC 40 yg terbit di bulan Desember itu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  sulthon
Februari 15, 2022 11:43 am

bisa

adryani ruru
adryani ruru
Februari 15, 2022 1:55 am

siang om..mau tanya..kalau kegiatan tahun lalu oleh perusahaan n pas tahun ini mau dibuat pajaknya apa bisa..thanks

Om Pimpa
Editor
Reply to  adryani ruru
Februari 15, 2022 11:42 am

jenis pajak apa yg ditanyakan?

Irfan
Irfan
Februari 14, 2022 5:12 pm

Om mau tanya. Nomer bc 04 yang di input yang mana ya. Om
Nomer surat yang ada wbc..?
Atau
A. nomer pengajuan
B. No pendaftaran

Om Pimpa
Editor
Reply to  Irfan
Februari 15, 2022 11:41 am

Nomor BC 04 ats transaksi tersbut

rnf
rnf
Reply to  Irfan
Februari 16, 2022 8:51 am

bantu jawab, misal : “000000/WBC.08/KPP.MP.01/2022”

Chris
Chris
Februari 14, 2022 4:10 pm

Om, untuk kolom “Harta Baru/New Asset”itu total harta yang kita punya, atau khusus tahun pajak saja?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chris
Februari 15, 2022 11:46 am

ni sedang mengisi apa? silahkan ceritakan konteksnya dengan lebih jelas

Chris
Chris
Reply to  Om Pimpa
Februari 18, 2022 12:58 pm

Sedang mengisi SPT online om, terus ketemu kolom pelaporan harta, tulisannya “Harta Baru / New Asset”

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chris
Februari 19, 2022 12:02 pm

melaporkan seluruh harta yg dimiliki sampai dengan akhr tahun..

Chris
Chris
Reply to  Om Pimpa
Februari 19, 2022 12:36 pm

kenapa judulnya harta baru ya pak? jadi agak bingung hehe

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chris
Februari 21, 2022 6:27 am

bole di screenshot yg dimaksud?

Chris
Chris
Reply to  Om Pimpa
Februari 26, 2022 2:55 pm

seperti ini om Pimpa,
oh ya saya mau tanya, misal saya beli saham dari tahun 2020 – sekarang, itu kan musti di update ? tahun peroolehan apakah tetap 2020 atau jadi 2021?

Screen Shot 2022-02-26 at 21.47.27.png
Om Pimpa
Editor
Reply to  Chris
Februari 27, 2022 10:19 am

menambahkan harta lainnya yg akan dilaporkan pd SPT Tahunan.. 
thn perolehannya bisa mengikuti tahun 2020, namun nilainya sesuai kondisi akhri tahun..
ini yakin ya ga keliru pilih jenis form?

Chris
Chris
Reply to  Om Pimpa
Februari 27, 2022 10:43 am

harusnya ga salah sih om, saya pake form dgn panduan, jadi tahun perolehan taun 2020, tapi nilai nya tetap naik gitu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chris
Maret 1, 2022 4:45 am

nilai harta memang bs jadi seperti itu, untuk pilihan jenis form ini apakah memeiliki bukti potong 1721 A1? jika tidak punya maka bs jadi keliru pilih form

Chris
Chris
Reply to  Om Pimpa
Maret 1, 2022 6:12 am

itu bukti potong yang dari perusahaan ya Om? (saya karyawan), kalau iya, sudah ada Om. Oh berarti sampai tahun berapapun di masa depan, kalau saya tetap punya saham publik, maka tahun perolehan tetap 2020 ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chris
Maret 1, 2022 1:35 pm

mau dipisah per tahun pembelian juga bole, tetap nilainya mengikuti kondisi akhr tahun

Kidos
Kidos
Februari 14, 2022 3:45 pm

Om nanya lagi, Jika menerima komisi pekerja lepas dari suatu perusahaan apakah terkena ppH, jika iya Dan perusahaan tersebut tidak potong ppH apakah yang menerima komisi harus mengeluarkan pajak ppH?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kidos
Februari 15, 2022 11:46 am

intinya semua penghasilan jika tidak ada pemotongan maka akan dilakukan pembayaran sendiri pada saat akan menyampaikan SPT Tahunan PPh

Aul
Aul
Februari 14, 2022 3:39 pm

Om mau nanya, kakak saya tidak pernah lapor SPT sejak tahun 2010 karena tidak mengerti mengenai Hal ini. Dia karyawan perusahaan, saat minta keperusahaan tidak ada bukti potong. Dia mau taat pajak saat sekarang ini. Bukti potong hanya ada tahun 2019 dan 2020. Bagaimana solusinya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aul
Februari 15, 2022 11:45 am

untuk awalan bisa laporkan saja dulu di tahun pajak yg tersedia bukti potongnya, tahun yg lainnya silahkan cari dulu bukti potongnya

Turis Hadi
Turis Hadi
Februari 14, 2022 2:54 pm

Saya Turis Hadi, sedang mengerjakan laporan pajak SPT Tahunan dengan e-form. namun ketika akan mengisi tidak dapat mengedit karena dijelaskan bahwa versi acrobat reader tidak sesuai. bagaimana solusinya Om Pimpa???

Om Pimpa
Editor
Reply to  Turis Hadi
Februari 15, 2022 11:35 am

menguduh aplikasi reader PDF yg disediakan DJP online, silahkan baca petunjuk yg tersedia di halaman menu eform

Adi S
Adi S
Februari 14, 2022 1:07 pm

Halo, izin tanya terkait pengisian SPT Tahunan Pribadi. Saya karyawan di perusahaan A dan sudah mendapatkan form 1721 – A1. Selain itu saya juga mendapatkan pendapatan lain sebagai freelancer (one time) sebagai konsultan management di perusahaan B dan mendapatkan bukti potong PPH 21 tidak final (Formulir 1721 – VI) dengan tarif (5% * 50% * Penghasilan Bruto). Ketika mengisikan SPT Tahunan Pribadi, pendapatan sebagai freelancer di Perusahaan B dan juga bukti potongnya saya isikan di mana ya? Saya sudah coba isikan bukti potongnya dan juga pendapatan di Perusahaan B sebagai pendapatan Dalam Negeri lainnya, namun muncul Kurang Bayar yang cukup… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adi S
Februari 15, 2022 11:28 am

pertama2, jenis form SPT yg digunakan itu haruslah 1770, sudah benar memilih jenis form blm?

Adi S
Adi S
Reply to  Om Pimpa
Februari 15, 2022 12:41 pm

Saya terdaftar sebagai karyawan (SKT), bukannya seharusnya 1770S? anyway sudah dapat pencerahan, yang diisikan di pendapatan dalam negeri lainnya hanya sejumlah DPP (50%*Bruto freelancer). Tetap muncul kurang bayar karena tarif berlapis. Benarkan demikian?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adi S
Februari 16, 2022 3:48 pm

Acuan memilih jenis form adalah penghasilan apa yg sedang diterima pada tahun trsebut, jd bs aja tiap tahun berbeda jenis form. Dengan kondisi penghasilan sprti yg diceritakan harus dengan form 1770. DPP yg td ada 50% hanya dpt digunakan jika dulu pernah mengajukan penggunaan NPPN. Status KB adalah hal yg wajar jika penghasilan dr berbagai jenis sumber.

Sulaiman
Sulaiman
Februari 14, 2022 1:02 pm

Setiap tempat usaha wajib bayar pajak,

Jadi kenapa kalo makan&minum di warung makan dikenakan pajak 10% kepada pelanggan/org yg makan?

Seolah olah para pemilik warung memberatkan kepada konsumen./mempraktekkan tax avoidance,

Mohon penjelasannya kenapa pemilik usaha mewajibkan pelanggan bayar 10% pajak, trimakasih

Karena masih kurang paham

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulaiman
Februari 15, 2022 11:22 am

berikut merupakan pajak restoran / FB1 dan merupakan pajak Daerah, memang regulasi seperti itu dan tidak dibahas disini silahkan konsultasi ke pemerintah daerah setempat ya

cayli
cayli
Februari 14, 2022 10:03 am

mohon dibantu,, kalau nomor ppbj tidak ditemukan bagaimana ya

Om Pimpa
Editor
Reply to  cayli
Februari 14, 2022 10:48 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

rnf
rnf
Reply to  cayli
Februari 15, 2022 6:18 am

bantu jawab, saya dapat email dari kring pajak :
Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”. pada saat rekam faktur 07
setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.
semoga bermanfaat :))

cayli
cayli
Reply to  rnf
Februari 15, 2022 6:47 am

terimakasih gais, faktur saya sudah bisa di upload

rnf
rnf
Reply to  cayli
Februari 15, 2022 6:53 am

sama2 guys :>

Nani Suryani
Nani Suryani
Februari 14, 2022 8:24 am

Om mhn pencerahannya dunk..
Di Jan’22 ini sy sdh bwt idbilling dan sdh setor semisal 2 jt. Tp saat hitung ulang pake excel ternyata tarif progresifnya blm dirubah msh 50 jt (layer 1) hrsnyakn 60 jt (layer 1= sesuai dg UHPP). Jk dihitung di excel angkanya menjadi 1.500.000 (jdnya ada lb=500k).Posisi eSPT PPh ps 21 blm lapor…Saat diinput di eSPT nya nilai LB nya tdk muncul. Bgmna Om petunjuk teknis agr nilai LB muncul dipelaporan eSPT PPh ps 21 normal sy..?. Tmksh Om..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Februari 14, 2022 11:02 am

di SPT yg sudah dilaporkan apakah nominal KB sudah benar? jika sudah benar dan pembayaran yg dilakukan itu lebih maka selisih lebihnya dapat dilakukan PBK

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  Om Pimpa
Februari 14, 2022 11:59 am

Sdh benar Om…kok bisa di PBK Om..?. Bknnya PBK itu utk nominal keseluruhan. Asumsi sy, jk di PBKkn yg 2 jt itu lalu sy bwtkn idbill baru 1,5 jt..otomatis kntr sy bkln telat setor, inikn sdh melewati tgl 10 Om..?..Msh blm phm Om, mhn maaf…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Februari 15, 2022 11:26 am

selisihnya saja yg di PBK, tidak harus semua PBK

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  Om Pimpa
Februari 17, 2022 5:24 am

Ohh bgtu Om..Baik sy coba Om..tmksh advicenya…

David
David
Februari 14, 2022 8:11 am

Halo om, mau tanya untuk 0,5% orang pribadi, kalo status npwp masih pegawai apa bisa mendapatkan fasilitas yg gratis omset 500jt?

Om Pimpa
Editor
Reply to  David
Februari 14, 2022 11:02 am

saat ini blm ada aturan teknis untuk penggunaan aturan tersebut, silahkan ditunggu dulu

David
David
Reply to  Om Pimpa
Februari 14, 2022 12:05 pm

Jd lbh baik dibayar untuk jan ini atau tidak dibayar dulu ya om? Mohon solusinya

Om Pimpa
Editor
Reply to  David
Februari 15, 2022 11:26 am

dibayar saja dulu

Nissa
Nissa
Februari 14, 2022 7:12 am

om izin bertanya, untuk faktur pajak kode 070 kawasan bebas (batam) sudah saya masukan nomor ppbj nya di kolom refrensi tapi masih di reject dan di keterangan nya tertulis nomor ppbj tidak ditemukan kenapa ya om? mohon solusinya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nissa
Februari 14, 2022 11:02 am

apakah efaktur sdh diupdate ke versi terbaru? silahkan hubungi bea cukai dan kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

rnf
rnf
Reply to  Nissa
Februari 15, 2022 12:50 am

bantu jawab, saya dapat email dari kring pajak :
Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”. pada saat rekam faktur 07
setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.
semoga bermanfaat :))

Ria
Ria
Februari 14, 2022 6:50 am

Halo pak, mau tanya saya istri yang bekerja tidak punya NPWP, untuk pemotongan pph 21 boleh tidak saya menggunakan NPWP suami. Mohon penjelasannya. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ria
Februari 14, 2022 11:01 am

bisa menggunakan nomor NPWP suami dengan identitas istri

iqbal
iqbal
Februari 14, 2022 6:35 am

misi pak, mo nanya,,
klo kita upload efaktur 070 (kawasan berikat) gagaal melulu, solusinya gmn ya pak, untuk keterangan error: nomor SPBB tidak di temukan. silakan cek portal BC …. mohon penjelasanya pak
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  iqbal
Februari 14, 2022 11:02 am

apakah efaktur sdh diupdate ke versi terbaru? silahkan hubungi bea cukai dan kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan, No SPPB hanya bsa untuk 1 faktur pajak
https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/ dan silahkan cek link mengenai SPPB

rnf
rnf
Reply to  iqbal
Februari 15, 2022 12:51 am

bantu jawab, saya dapat email dari kring pajak :
Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”. pada saat rekam faktur 07
setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.
semoga bermanfaat :))

somat
somat
Februari 13, 2022 9:21 am

mau tanya om apakah pemerintah suatu daerah berhak menarik pajak pekerja yang besarannya sama dengan Pph.undangnya bisa dikasih tau om karena berat untuk para pekerja disini

Om Pimpa
Editor
Reply to  somat
Februari 14, 2022 9:19 am

Pajak Daerah tdk berhubungan dengan PPh

Jenx
Jenx
Februari 13, 2022 5:18 am

permisi kak, saya mau tanyaa

setiap transaksi/pemindahan barabg udh pasti dikenakan pajak penjualan gak ya kak?? ada nggak barang” yg gak kena pajak penjualan kak?? kalo ada kenapa yaa kak bisa gak kena pajak penjualan?? Apakah yang membedakan barang tersebut dikenakan pajak penghasilan dan tidak dikenakan pajak penjualan?

makasihh kak sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jenx
Februari 14, 2022 9:19 am

Kl yg namanya pajak penjualan ya ga ada, adanya PPN dan didalamnya ada ketentuan detail mana aja yg akan terutang dan mana aja yg tdk terutang

Sumi
Sumi
Februari 12, 2022 12:31 pm

Saya bekerja di luar negeri(LN) sudah 4 tahun sebagai karyawan dan masih bekerja. Perusahaan saya bekerja tidak ada hubungan dengan Indonesia. Sumber pendapatan hanya dapat gaji. Setiap tahun saya melaporkan SPT dan hanya isi kolom harta dan bayar pajak di LN. 1. Saya ada rencana mau beli rumah di Indo secara tunai. Pajak apa yg akan dikenakan tuk saya? 2. Jika saya membeli rumah tunai, tidak balik nama, dan dijual kembali. Pajak apa yang akan dikenakan? 3. Keluarga saya mau membuat akte waris dikarenakan Ayah meninggal dan rumahnya mau dijual, disisi lain saya ada SPLN. Pajak apa yang akan dikenakan?… Read more »

Last edited 6 months ago by Sumi
Om Pimpa
Editor
Reply to  Sumi
Februari 14, 2022 9:20 am

Ini poin 1 sampe 3 jawabnya yg pasti kena BPHTB semua..
Tp buat PPN, PPh 22, PPnBM, bs jadi ada bs jadi ga ada

Sumi
Sumi
Reply to  Om Pimpa
Februari 14, 2022 3:07 pm

Om. Saya lupa infokan rumah bekas yg akan dibeli.
1. Kenapa kena PPN/PPH 22?
2. Saya baca artikel SPLN, jika SPLN sewakan rumahnya, maka akan kena 20% pajak. Apa ini berlaku jika saya menjual rumah seken yg baru dibeli?

Mantap. Om. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sumi
Februari 15, 2022 11:47 am

1. yg jual siapa? PKP bukan? nilainya brapa? blm bs dijawab kl blm detail
2. ya intinya itu saat disewakan bukan berasal dari mana dibelinya

Sumi
Sumi
Reply to  Om Pimpa
Februari 15, 2022 11:53 am

1. Yg jual rumah ke saya, perorangan/pribadi. Harga jualnya sekitar 4M IDR. Om sampaikan ke saya bahwa kena PPN/PPH22. Saya tanyakan kembali ke om, kenapa bisa dikenakan ke saya? Sy hanya seorang karyawan di LN.
2. Saya hanya ingin beli rumah bekas lalu sy jual kembali. Apa saya kena pajak 20% dari harga jual?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sumi
Februari 17, 2022 8:14 am

1. PPN atau PPh 22 acuannya ke subjek penjualnya, jika subjeknya begitu maka tidak ada jenis pajak trsebut
2. maksudnya 20% atas jenis pajak apa?

Sumi
Sumi
Reply to  Om Pimpa
Februari 17, 2022 11:51 am

Saya baca artikel pajak di bawah ini. Dalam contoh, jika SPLN sewakan rumah maka akan kena pph 20%. Saya rencana mau beli rumah bekas individual dan jual kembali. Apa sy akan dikenakan pph 20% juga?

Ayah sdh meninggal dan keluarga mau jual rumah pakai akte waris, sedangkan sy SPLN. Apa akan dikenakan pph 20% atau ada pajak pph khusus yg akan dikenakan ke sy?

Thanks, om.

Screenshot_20220217-194733_Chrome.jpg
Om Pimpa
Editor
Reply to  Sumi
Februari 18, 2022 2:43 pm

lagi2 jangan dilihat dari asalnya harta, misal apakah waris ataukah beli rumah bekas, intinya jika memang melakukan kegiatan yg menghasilkan uang maka ada potensi pajak yg harus dibayar (soal tarif nanti dl), disitu dl dipisahkan dari transaksi2 atau kejadian yg sebelum itu, jadi melihatnya itu per transaksi dl ya

di sisi lain jika SPLN menyewakan harta maka ada potensi pemotongan PPh 26 jika bertransaksi dengan pihak yg merupakan subjek pemotong PPh, ini akan cukup panjang lagi penjelasannya

Sumi
Sumi
Reply to  Om Pimpa
Februari 18, 2022 4:28 pm

Om Pimpa. Pertanyaan saya sederhana saja. Sy SPLN ingin membeli rumah bekas dan menjualkan kembali sehingga mendapatkan keuntungan. Bgm perhitungan pajak pph?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sumi
Februari 19, 2022 11:58 am

Mengikuti aturan yurisdiksi negara sesuai si subjek, itu sederhananya

steven
steven
Februari 12, 2022 12:18 pm

Hallo Om mau tanya. jika saat upload FP 070 (kawasan bebas) Reject : ETAX-API-10040 Keterangan tambahan tidak sesuai, seharusnya Kawasan Bebas PP nomor 41 Tahun 2021 . harus bagaimana ya ? padahal sudah versi 3.1.0.0

Om Pimpa
Editor
Reply to  steven
Februari 13, 2022 9:21 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

Leony putri
Leony putri
Februari 12, 2022 2:13 am

Hallo om , saya kan dapet dokumen BC4.0 daru customer saya , nah saya udah coba masukin no surat , no pengajuan, dan no pendaftaran , di coba 3 3 ny , tapi semua reject om ,
ada keterangan etax API no sppjb tidak di temukan
Itu kenapa yah om ??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Leony putri
Februari 12, 2022 10:43 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

rnf
rnf
Reply to  Leony putri
Februari 14, 2022 4:40 am

bantu jawab, coba diganti untuk keterangannya, pilih yang Tempat Penimbunan Kawasan Berikat, jangan yang Kawasan Bebas. Karena jika dokumen yang saudara pegang adalah SPPB , kata kring pajak : “seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”.” -semoga membantu

Leony putri
Leony putri
Reply to  rnf
Februari 14, 2022 6:25 am

Berarti masuk ke kode 070 atau 080 ka ?

Leony putri
Leony putri
Reply to  Leony putri
Februari 14, 2022 6:37 am

Karena yang saya coba dan selalu reject 070 ka

rnf
rnf
Reply to  Leony putri
Februari 14, 2022 6:45 am

kalau saya tetap 07, cuma untuk keterangannya pilih yang tempat penimbunan berikat, bukan yang kawasan bebas saat melakukan rekam faktur. untuk lebih jelasnya mending tlfn kring pajak saja 🙂

Leony Putri
Leony Putri
Reply to  rnf
Februari 16, 2022 2:56 am

wah bener ka di ubah di keterangannya baru bisa, makasih banyak ka Infonya… hehe

rnf
rnf
Reply to  Leony Putri
Februari 16, 2022 2:58 am

senang bisa membantu :))

RVLS
RVLS
Reply to  rnf
Februari 14, 2022 8:55 am

makasih banyak infonya. works !

rnf
rnf
Reply to  RVLS
Februari 16, 2022 2:58 am

senang bisa membantu :))

Dewi
Dewi
Februari 12, 2022 1:04 am

Om, kalau
Daftar Harta di SPT kan inputnya harga perolehan.
Apakah nilainya memang tidak sama dengan Total aktiva di neraca? Karena neraca ada penyusutannya sedangkan di harta SPT tidak. Apakah memang seperti itu atau nilai perolehan turun untuk barang yang didepresiasikan setiap tahunnya?

Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Februari 13, 2022 9:20 am

Sama aja di neraca itu ada nilai aktiva dan ada nilai akumulasi penyusutan (angka negatif), kedua akun itu perlu ditampilkan semua dan ga bs langsung jadi angka yg nett, jadi ya ga ada yg namanya nilai aset turun

Gigi Dubois
Gigi Dubois
Februari 11, 2022 9:41 pm

Selamat Pagi Om, saya ada pertanyaan yang cukup njelimet, semoga Om Pimpa yang bijaksana bisa memberikan pencerahan…… Saya sudah tidak tinggal di Indonesia selama 14 tahun. Sejak tahun 2008-2022, saya bekerja dan berpindah-pindah negara, dan saat ini bertempat tinggal di Amerika. Nah pada tahun 2016, saya diberikan sejumlah uang oleh suami saya yang sama-sama bekerja di Luar Negri, uang tsb di transfer kan ke rekening bank saya di Indonesia. Di tahun itu pula saya kembali ke Indonesia dan menetap selama 2 bulan di rumah orang tua. Lalu saya membuat NPWP agar bisa membeli Apartemen di Indonesia karena NPWP adalah salah… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Gigi Dubois
Februari 13, 2022 9:20 am

Sblm menjawab pertanyaannya maka ini silahkan prhatikan bahwa: 1. Saat 2016 tdk perlu membuat npwp dan beli apartemen tdk prlu ada npwp 2. Jika sudah trlanjur ada npwp maka dpt saja diubah menjadi non efektif baik krna tidak tinggal di indonesia ataupun krna hal lain 3. Kewajiban pajak bukan berdasar pada kewarganegaraan tp pada tmpat domisilinya 4. Minggu lalu diberi tahu kemungkinan ada tunggakan pajak itu gmn detailnya? Siapa yg memberi tahu? Kl masih cm kemungkinan lalu gmn pastinya? Tunggakan jenis pajak apa? Jawaban pertanyaan: 1. Tunjukan passpor atau visa atau dokumen sejenisnya 2. Dari kondisi cerita, anda bukan subjek… Read more »

R. Nugroho M
R. Nugroho M
Februari 11, 2022 3:14 am

mohon pencerahan; tentang pengertian penghasilan sebagai tambahan ekonomis yang diterima Wajib pajak.

contoh kasusnya : ketika seseorang akan memperbaiki rumah , maka sumber pembiayaan yang disediakan

  1. Dari hasil sewa sawah yang dimilikinya
  2. Dari simpanan yang telah disimpannya beberapa waktu lamanya

Pertanyaannya : yang disebut penghasilan sebagai tambahan ekonomis dari dua sumber diatas yang nomor 1 atau nomor 2.

terima ksih

Om Pimpa
Editor
Reply to  R. Nugroho M
Februari 11, 2022 1:03 pm

point 1

Verus
Verus
Februari 11, 2022 2:28 am

Saya mau bertanya company saya bukan pengusaha kena pajak. Melakukan transaksi jasa dengan perusahaan pkp. Dasar pengenaan pajak pph 23 itu atas total nilai dengan ppn apa sebelum ppn ya pak? Kemudian atas ppn tersebut apakah bisa kami biayakan include di harga atau tidak bisa kami biayakan sebagai non pkp?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Verus
Februari 11, 2022 1:03 pm

DPP sebelum PPN.. bisa include dihaga karena diakui sebagai harga perolehan

Ifa
Ifa
Februari 11, 2022 12:29 am

pagi om, mau tanya.. kenapa saya error etax api 10031 terus ya? padahal no PPBJ nya sudah keluar dan ditulis di efaktur..
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ifa
Februari 11, 2022 1:03 pm

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

hasan
hasan
Reply to  Ifa
Februari 12, 2022 4:24 am

sama kak permasalahan belum ketemu pencerahan,,

rnf
rnf
Reply to  Ifa
Februari 14, 2022 4:42 am

bantu jawab, coba diganti untuk keterangannya, pilih yang Tempat Penimbunan Kawasan Berikat, jangan yang Kawasan Bebas. Karena jika dokumen yang saudara pegang adalah SPPB , kata kring pajak : “seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”.” -semoga membantu

Fitri
Fitri
Reply to  Ifa
Februari 16, 2022 8:58 am

kak.. untuk kasus ini apakah sudah ada solusinya?

pdew
pdew
Februari 10, 2022 6:38 pm

Malam. Mau tanya om .. di SPT tahunan untuk Harta berupa tabungan .. tahun perolehan di isi tahun waktu pertama kali di bukanya rekening di bank ? Atau tahun SPT (jadi klo mau lapor SPT Tahun 2021 .. maka di tulis tahun perolehan 2021 kah ?
Dan jika dalam 1 bank yg sama memiliki 2 nomer rekening .. di pelaporan SPT nya apa di gabung saja nilai perolehannya ?

Makasih banyak sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  pdew
Februari 11, 2022 1:02 pm

thn pertama buka rek dengan kondisi nilai per akhr thn 2021, pelaporannya dipisah berdasarkan masing-masing jenis harta tersebut

Dewi
Dewi
Februari 10, 2022 6:03 pm

Izin tanya lagi ya om. Sebagai contoh, saya kerja di OP yang sudah PKP, pas TA sebelumnya sudah mencatat adanya persediaan usaha senilai 400juta. Namun di SPT 2017, 400 juta tersebut tidak dicantumkan dalam harta akibat keteledoran, namun langsung masuk neraca saja sebagai persediaan yang akhirnya menambah nilai total aktiva, begitu juga tambahan persediaan setiap tahunnya, itu ada dilaporkan, tapi dalam bentuk neraca balance sheet. Jadi secara teknis, ada dilaporkan, tapi pencatatannya salah, hanya masuk di neraca dan tidak di harta padahal sudah ada dalam laporan harta TA 2016. Nilai harta jadinya lebih kecil dari nilai aktiva neraca (neraca balance,… Read more »

Last edited 6 months ago by Dewi
Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Februari 11, 2022 1:04 pm

1. PPS itu tidak harus, bs aja pilih pembetulan SPT

2. Pembetulan SPT sesuai dengan tahun2 yg ada kelirunya, bkn cm di tahun terakhir

3. Aktiva lancar lainnya atau sejenis itu

4. Tidak wajib PPS

Dewi
Dewi
Februari 10, 2022 5:01 pm

Om, bagaimana kalau persediaan usaha sudah masuk di laporan TA yang lalu, namun salah pencatatan dimana persediaan hanya dicatat di neraca balance sheet yang dilampirkan dan dilaporkan dengan SPT sebagai aktiva, namun tidak tercatat di daftar harta. Apakah harus ikut PPS lagi? Atau tinggal ditambahkan saja ke laporan daftar harta untuk SPT yang akan datang?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Februari 11, 2022 1:04 pm

PPS atau pembetulan SPT itu pilihan, silahkan dipertimbangkan

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x