Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
devi
devi
Februari 10, 2022 8:54 am

halo om mau tanya, jika aplikasi PPh 21 terhapus dan database hilang (tidak ada backup) dan akan memberikan bp untuk karyawan, caranya bagaimana ya om? apakah buat database baru, lalu kemudian buat spt baru dari awal? trimkasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  devi
Februari 10, 2022 5:56 pm

iya benar.. buat DB baru sesuai yg pernah dilaporkan

septi
septi
Februari 10, 2022 7:55 am

om izin bertanya, saya hendak import file csf ke dalam pph 21 untuk membuat bukti pemotongan namun ketika hendak di impor selalu ada notif format tidak sesuai, padahal sudah saya sesuaikan beberapa kali dan insyallah benar om, apakah ada solusi atau jalan lain untuk proses impor data pph 21 nya om? terimakasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  septi
Februari 10, 2022 5:57 pm

pastikan kembali format dan isinya benar, om tidak ada masalah soalnya..
klo gbsa import, isi manual aja

Sheila
Sheila
Februari 10, 2022 7:04 am

Om, jika perusahaan mulai beroperasi bln Januari dan NPWP badan baru terbit bln Maret, apakah dari bln Jan-Feb sudah ada kewajiban bayar pph final 0,5% ?

kalau AR kami menyampaikan bhw Jan-Feb blm ada kewajiban bayar pph final.
lalu apakah penghasilan di bln Jan-Feb juga dimasukkan ke SPT tahunan? Mohon pencerahannya Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sheila
Februari 10, 2022 5:55 pm

diakui pada saat NPWP dikukuhkan

Arwan
Arwan
Februari 10, 2022 6:40 am

Om izin Bertanya jika usaha badan sudah PKP yang omsetnya di bawah 4,8 menggunakan tarif PPh berapa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
Februari 10, 2022 5:56 pm

tergantung, masih menggunakan perhitungan tarif UMKM atau tidak, PKP bukan acuan

Dewi
Dewi
Februari 10, 2022 5:29 am

Om mau tanya ni,
Kalau faktur pajak 070 kawasan berikat sudah dibuat kemudian ada revisi apakah kita meminta No BC 4.0 lagi sesuai yg direvisi? Trus BC 4.0 yg sebelunya itu masih berlaku tidak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Februari 10, 2022 5:55 pm

Ada revisinya lg

ayu
ayu
Februari 10, 2022 5:11 am

mau bertanya. agen BRI link di kenakan pajak ppn 10 % . itu kenapa ya? memangnya agen brilink termasuk pkp? mohon pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  ayu
Februari 10, 2022 5:54 pm

Transaksinya apa? Subjeknya siapa aja? Silahkan dijelaskan dl

Rida
Rida
Februari 10, 2022 1:41 am

Ijin bertanya om, sekarang umkm yang omsetnya kurang dari atau sama dengan 500 juta dalam setahun kan bebas dari pembayaran pph final 0.5%. Berarti sekarang tidak perlu bayar pph masa bulanan ya om kalau omset 1 tahun saya tidak sampai 500 jt atau bagaimana om, bingung saya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rida
Februari 10, 2022 5:58 pm

Kita tunggu aturan teknisnya rilis dl ya

Elin Indriani
Elin Indriani
Februari 9, 2022 2:33 pm

Om izin bertanya, seorang mantan bupati sebut si A memiliki 100 hektar kebun sawit lalu dia menjual buah sawit nya ke sebuah CV. Kemudian si A didatangi orang pajak atas temuan kepemilikan 100 hektar kebun sawit dan meminta bukti potong kebun sawitnya. Bagaimana cara menangani nya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Elin Indriani
Februari 10, 2022 5:54 pm

Menangani itu gmn maksudnya? Ya dijelaskan aja

Mulyana
Mulyana
Februari 9, 2022 11:12 am

Om mau tanya kalau punya asuransi yg ada investasinya, dari tahun 2013 dan saya baru punya npwp tahun 2018 saya karena ketidaktauan, sebelumnya kalau lapor spt tidak dimasukan, apakah boleh baru dimasukan pada lapaoran tahun ini..Tks

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mulyana
Februari 9, 2022 5:15 pm

boleh saja tp baiknya dari awal pelaporan SPT yg pertama dl, lakukan pembetulan

nana
nana
Februari 9, 2022 9:22 am

om izin mau tanya,

jadi saya ada salah penginputan dokumen sppb om, seharusnya dokumen sppb tersebut untuk perusahaan A tapi saya input ke perusahaan B, jadinya pas saya mau upload faktur pajak perusahaan A reject karna no SPPB telah digunakan,

jika saya batalkan faktur pajak perusahaan B, apakah dokumen sppb tersebut bisa saya upload ke faktur pajak perusahaan A? atau tetap terhitung dok SPPB telah di gunakan?

mohon pencerahannya, terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  nana
Februari 9, 2022 5:13 pm

nah yg kejadian begini blm pernah ketemu nih, cb hubungi kpp ya

rimaVT
rimaVT
Februari 9, 2022 7:10 am

om mo nanya lagi. kalo perusahaan ada beli kapal LCT. apa harus lapos di pps atau spt tahunan ?
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
Februari 9, 2022 5:16 pm

tidak harus

rimaVT
rimaVT
Februari 9, 2022 7:10 am

om kalo udah ikut tax amnesti petama, trus sampe sekarang gak ada penambahan harta. apa harus ikut lagi ? terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
Februari 9, 2022 5:16 pm

tidak harus

rimaVT
rimaVT
Februari 9, 2022 7:09 am

selamat sore om. salam sehat
om mau nanya dong, kalo ada tanah dan bangunan udah di jual , apa harus lapor di spt tahunan om ? atau harus ada keterangan sudah dijual ? trus uangnya udah habis buat beli kapal… terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
Februari 9, 2022 5:16 pm

harta yg dilaporkan adalah yg pada akhir tahun masih dimiliki/dikuasai

Yudi
Yudi
Februari 9, 2022 5:58 am

Om..izin tanya…

Saya sedang buat FPK di Efaktur Ver 3.1 dengan kode Faktur 07 untuk barang2 penanganan Covid 19 sesuai 226/PMK.03/2021. Sebelum nya di Ver 3.0 kami tdk dimintakan Dokumen Pendukung tp skrg diminta utk isi No dokumen pendukung. No Dokumen pendukung apa yg harus kami isi.

Terimakasih Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yudi
Februari 9, 2022 5:14 pm

mengisi nomor pendukung terkait tersaksi yg dilakukan dengan lawan transaksi

Veronica Agatha
Veronica Agatha
Februari 9, 2022 5:14 am

Selamat siang. Mohon info : A. Bila WP meninggal dunia tahun 2021 mewariskan Fa / CV yang didirikan pada tahun 2007 ( Nilai Perolehan Tahun 2007 Rp. 100 juta ). Posisi Modal, Laba Berjalan dan Laba Ditahan pada Desember 2021 Rp. 4 milyar. Di SPT Pribadi yang menerima warisan berapa nilai Fa/CV yang dicantumkan ? ( sesuai Nilai tahun 2007 ataukah 2021 ? Tahun 2021 tidak ada prive. B. Bila suatu PT bergerak di bidang peternakan mendirikan 4 kandang. Luas masing-masing kandang lebih dari 200M2 ( misal Kandang 1 panjang 20,05M2, lebar 10,25 M2 ). PT tsb membangun sendiri kandang… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Veronica Agatha
Februari 9, 2022 1:48 pm

A. kondisi tahun 2021
B. ada PPN KMS

Veronica Agatha
Veronica Agatha
Reply to  Om Pimpa
Februari 10, 2022 1:59 am

Terima kasih banyak atas jawabannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Veronica Agatha
Februari 10, 2022 9:48 am

sama-sama

ANGGIE
ANGGIE
Februari 9, 2022 4:50 am

Om mau tanya, jika saat uplode efaktur rijek dan keterangannya ” nomor dokumen PPBJ tidak boleh kosong” apa yang harus dilakukan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ANGGIE
Februari 9, 2022 10:17 am

harus mengisi nomor pendukung terkait, apakah sudh update ke versi terbaru?

Erni
Erni
Reply to  Om Pimpa
Februari 15, 2022 10:33 am

Saya sudah ke versi 3.1 tapi masih tetap reject,.gimana solusinya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erni
Februari 17, 2022 8:41 am

silahkan hubungi kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan. https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/ dan silahkan cek link mengenai PPJB

yuly
yuly
Februari 9, 2022 3:37 am

mohon di bantu om saya mau buat faktur pajak tetapi ETAX-API-10031 : NOMER DOKUMEN PPBJ TIDAK DITEMUKAN. kemarin sy sudah tlp ring pajak (ring pajak mengatakan nomer ppbj batal) akan tetapi lawan transaksi sy mengatan tdk batal dan mengirim foto dan pdf no ppbj mereka. ring pajak jg semat mengakatan ke saya nomer ppbj itu ada 13 angka. tetapi lawan transaksi sy memberikan 14 angka sesuai yg di dapat dr sistem ppbj. hari ini lawan transaksi mengeluarkan no ppbj baru dan sudah sy coba dengan no ppbj baru hasil masih reject.. kepala sy sudah mau pecah ini om.. pengiriman mesti… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  yuly
Februari 9, 2022 5:15 pm

dikomunikasikan/hubungi kembali dengan KPP terdaftar atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan

rnf
rnf
Reply to  yuly
Februari 10, 2022 1:35 am

bantu jawab, saya sudah berulang kali upload faktur pajak 07, dan reject dengan keterangan ETAX-API-10031 : NOMER DOKUMEN PPBJ TIDAK DITEMUKAN, setelah saya tlfon ke kringpajak ternyata dapet balesan seperti ini keesokan harinya via email : Nomor SPPB 00xxxx/WBC.038/KPP.MP.01/2022 belum ada di sistem DJP. Kami informasikan bahwa alur validasi SPPB pada aplikasi e-Faktur adalah dari sistem DJP yang sebelumnya berasal dari Bea Cukai. Maka dari itu, kemungkinan besar kedua SPPB tersebut belum dipertukarkan/dikirim ke sistem kami oleh Bea Cukai selaku pemilik data awal. Silakan pastikan kembali ke lawan transaksi dan Bea Cukai. Adapun call center Bea Cukai ada di nomor 1500225. Akhirnya, saya coba telfon… Read more »

Faruq
Faruq
Reply to  rnf
Februari 10, 2022 4:27 am

barusan saya telpon ke call center bea Cukai, terkait kendala yang sama, namun bea cukai tidak tahu masalah ini, dan di sarankan nelpon ke pihak pajak, yang benar yang mana ini

rnf
rnf
Reply to  Faruq
Februari 10, 2022 4:29 am

malah kemarin saya telfon kring pajak , disuruhnya telfon ke bea cukai , kok jadi beda-beda gini ya

rnf
rnf
Reply to  Faruq
Februari 10, 2022 7:36 am

Barusan saya dapat email dari kring pajak :

Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”.

setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.

semoga bermanfaat :))

Faruq
Faruq
Reply to  rnf
Februari 10, 2022 7:43 am

wah benar ternyata, saya langsung upload, dan sudah approve, terimakasih atas informasinya

rnf
rnf
Reply to  Faruq
Februari 10, 2022 7:49 am

baik, sama-sama 🙂 senang saling membantu.

Om Pimpa
Editor
Reply to  rnf
Februari 10, 2022 9:48 am

terimakasih infonya

rnf
rnf
Reply to  Om Pimpa
Februari 14, 2022 4:45 am

sama-sama om

Tari
Tari
Reply to  rnf
Februari 11, 2022 2:27 am

Makasih banyak info nya

PT. Multi Medika Internasional
PT. Multi Medika Internasional
Reply to  rnf
Februari 14, 2022 5:30 am

Siang kak, saya coba cara kk kok tidak bisa ke upload yah, bagaimana ya kak

rnf
rnf
Reply to  PT. Multi Medika Internasional
Februari 15, 2022 12:54 am

coba telefon kring pajak saja

andy
andy
Februari 9, 2022 2:58 am

halo om. bagaimana bila usaha badan sudah pkp membeli barang kepada non pkp. barang yang di beli profitnya hanya 3 persen. bagaimana pelaporan nya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  andy
Februari 9, 2022 1:47 pm

pelaporan di SPT? ya ga ada yg spesial, ada PM yg dpt dikreditkan ya tinggal diakui aja

dhani
dhani
Februari 9, 2022 1:59 am

Pagi Om..
Mau Tanya ketika mau menerbitkan Faktur pajak 070 ada Reject dengan keterangan “ETAX-API-10032: Nomor Dokumen PPBJ sudah diganti atau dibatalkan”, padahal PPBJ nya tidak diganti atau dibatalkan.

minta tolong dibantu Solusinya.
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  dhani
Februari 9, 2022 1:45 pm

hubungi KPP aja

suci
suci
Februari 9, 2022 1:34 am

cara mengatasi etax-api-10031 (dokumen ppbj tidak ditemukan bagaimana ?
padahal sudah update ke versi terbaru 3.1

Om Pimpa
Editor
Reply to  suci
Februari 9, 2022 1:45 pm

menginput dokumen terkait transaksi tersebut

rnf
rnf
Reply to  suci
Februari 10, 2022 7:38 am

bantu jawab, saya dapat email dari kring pajak :

Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”.

setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.
semoga bermanfaat :))

Om Pimpa
Editor
Reply to  rnf
Februari 10, 2022 9:49 am

terimakasih infonya

rnf
rnf
Reply to  Om Pimpa
Februari 14, 2022 4:44 am

sama-sama om

Hasna
Hasna
Februari 8, 2022 10:54 am

Hai om, mau tanya apakah distributor pupuk bersubsidi diharuskan membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN)?

Last edited 6 months ago by Hasna
Om Pimpa
Editor
Reply to  Hasna
Februari 8, 2022 11:11 am

bisa ya bisa tidak

Hasna
Hasna
Reply to  Om Pimpa
Februari 8, 2022 11:17 am

Maaf om bertanya lagi, Dalam hal apa om distributor pupuk subsidi harus membayar PPN?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hasna
Februari 10, 2022 5:59 pm

Atas penyerahan pupuk atau pestisida bersubsidi produksi dalam negeri atau yang berasal dari impor kepada Pemerintah Republik Indonesia, terutang Pajak Pertambahan Nilai 10% (sepuluh persen)

Feby
Feby
Februari 8, 2022 9:58 am

Sore pak, mw tanya nih perihal pengenaan pajak impor yg dikenakan ppn dan ppnbm atas bkp tergolong mewah. Dimana dalam literatur yg saya baca diantaranya bahwasanya dalam menghitung PPN impor itu rumusnya : tarif x (harga barang – ppnbm), pertanyaannya knp ya utk dasar pengenaan pajaknnya atas ppn impor utk harga barangnya harus dikurangi dlu dgn PPnBM? Mohon pencerahannya. Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Feby
Februari 8, 2022 11:11 am

ini dapat dari literatur mana?

Feby
Feby
Reply to  Om Pimpa
Februari 8, 2022 11:20 am

Dari pajak-online.com, om pimpa .. berikut sy lampirkan screencapturenya. Mohon pencerahannya kembali om pimpa..

Screenshot_20220208-181628_Samsung Internet.jpg
Om Pimpa
Editor
Reply to  Feby
Februari 9, 2022 5:19 pm

cara menghitung seperti ini keliru tahapannya (PPnBM itu bisa dihitungnya di akhir), dan baiknya jika menemukan ketidakjelasan pada suatu referensi dapat langsung tanyanya ke sumber tersebut yaa, bisa saja memang keliru

Feby
Feby
Reply to  Om Pimpa
Februari 9, 2022 5:46 pm

Baik, terimakasih ya om pimpa atas pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Feby
Februari 10, 2022 9:49 am

samasama

ani
ani
Februari 8, 2022 9:27 am

untuk perusahaan pembayaran token listrik dikenakan pph enggak ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ani
Februari 8, 2022 11:11 am

PPh apa yg mau ditanya?

Astrid
Astrid
Februari 8, 2022 8:34 am

Siang Om..
Mau Tanya Faktur pajak “Reject” ETAX-API-10031: Nomor Dokumen PPBJ tidak boleh kosong.
faktur pajak menggunakan 070.003.xxxxx
maksudnya bagaimana Ya om..
minta tolong dibantu Solusinya.
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Astrid
Februari 8, 2022 11:10 am

harus mengisi nomor pendukung terkait, apakah efaktur sudh update ke versi terbaru?

Astrid
Astrid
Reply to  Om Pimpa
Februari 8, 2022 12:01 pm

Sudah Om…Versi terbaru 3.1.
Nah, saya bingung tuh…nomor PPBJ isinya di mana, karena di Versi 3.0 tidak pernah ada isi apa-apa

Nadine
Nadine
Reply to  Astrid
Februari 9, 2022 1:52 am

saya juga mendapat masalah yang sama, mau tanya no PPBJ itu dapatnya dari mana ya?

Last edited 6 months ago by Nadine
rnf
rnf
Reply to  Astrid
Februari 9, 2022 2:54 am

Bantu jawab, nomornya berada pas dibawah judul surat, “xxxxxx/WBC.xx/KPP.dst..”
Kasus ini sama dengan saya,
Barusan saya telefon ke pihak beacukai, ternyata memang sistem sedang error, jadi nomor yang kita masukkan , selalu reject dengan keterangan tersebut. Atau lebih pastinya bisa cek call center Bea Cukai ada di nomor 1500225.
Tanyakan juga terkait nomor SPPB BC 4.0 saudara.

PT. Multi Medika Internasional
PT. Multi Medika Internasional
Reply to  rnf
Februari 14, 2022 11:07 am

nomornya yg kode dan nomor ppbj bukan yahh, tapi kok malah saya suruh tlp bea cukai, nomor ppbj tidak ditemukan

rnf
rnf
Reply to  PT. Multi Medika Internasional
Februari 15, 2022 12:44 am

bantu jawab, saya dapat email dari kring pajak :
Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”. pada saat rekam faktur 07
setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.
semoga bermanfaat :))

mari
mari
Reply to  rnf
Februari 15, 2022 3:16 am

sori mengenai status penimbunan berikat/kawasan bebas.bukankah ini tidak bisa sembarang diganti? karena ada status hukum yg terkait dengan si lawan transaksi.dan nanti stempel di fakturny juga berbeda?

rnf
rnf
Reply to  mari
Februari 16, 2022 1:02 am

saya sudah bertanya kepada kringpajak terkait hal itu, tentang apakah tidak akan bermasalah jika sebelumnya selalu memilih kawasan berikat, tiba2 dengan adanya hal baru terkait sppb atau pembaruan sistem 3.1, memilih tempat penimbunan berikat. Kemudian pihak kring pajak membalas pesan saya by email : Dokumen SPPB dikeluarkan atas transaksi ke wilayah Tempat Penimbunan Berikat (TPB). Saudara/i dapat melihat di dalam SPPB. Jika yang Saudara/i pilih adalah Kawasan Bebas maka tidak sesuai dengan transaksi yang sebenarnya.​ Fitur baru e-Faktur 3.1 adalah adanya validasi dalam penginputan dokumen pendukung dalam hal ini adalah nomor SPPB dan jenis transaksi. Maka dari itu Faktur Pajak Saudara/i reject… Read more »

ANGGIE
ANGGIE
Reply to  Astrid
Februari 9, 2022 4:53 am

maav ka apa sudah ada solusinya? kok belum dijawab sama si om nih, saya juga ada kendala yg sama soalnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  ANGGIE
Februari 9, 2022 5:20 pm

nanti akan om carikan beberapa referensi dulu yaa

daru
daru
Reply to  Astrid
Februari 9, 2022 7:12 am

Betul saya juga sama problemnya seperti itu,solusinya gmana ya. ko blom ada balesannya ya.no seri faktur yg baru sudah dimasukin jg,padahal sebelumnya bikin faktur masih bisa ngk ada masalah.

Nadine
Nadine
Reply to  Om Pimpa
Februari 9, 2022 6:23 am

saya juga mendapat masalah yang sama, mau tanya no PPBJ itu dapatnya dari mana ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nadine
Februari 9, 2022 5:19 pm

nanti akan om carikan beberapa referensi dulu yaa

rnf
rnf
Reply to  Nadine
Februari 10, 2022 1:27 am

bantu jawab, dapet dari customer kak, diisikan nomor dokumen  “xxxxxx/WBC.xx/KPP.dst..”
coba minta customer “Surat Persetujuan Pemasuka Barang (SPPB) BC 4.0”
nomor disurat itu yang nanti akan dimasukkan saat rekam faktur, agar nomor PPBJ nya terisi

Om Pimpa
Editor
Reply to  rnf
Februari 14, 2022 10:59 am

terimakasih infonya

Lili
Lili
Februari 8, 2022 7:23 am

Siang, Oom, mau tanya ttg lapis pph 21 thn 2022, apakh msh sama dg thn2 yll?
5%x 50 jt
15%x 50-250 jt
Dst
Tq

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lili
Februari 8, 2022 11:10 am

sudah mengalami perubahan, silahkan cek regulasi perpajakan terbaru dalam RUU HPP

Lili
Lili
Reply to  Om Pimpa
Februari 9, 2022 2:42 am

Makasih responnya, Oom

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lili
Februari 9, 2022 10:35 am

samasama

Lili
Lili
Reply to  Om Pimpa
Maret 8, 2022 3:10 am

Permisi, Oom, mau tanya, untuk pp 46/2013 (0.5% omzet) sdh berakhir thn 2021, utk kelanjutan di thn 2022nya, blm tau pph 25 bayar brp tiap bln, gimana, Oom ? Dan gmn Cara lapornya? Makasih, Oom

revina
revina
Februari 8, 2022 6:34 am

Halo om, mau tanya
Untuk kode faktur apajak 080 pengisian dokumen referensinya menggunakan dokumen apa ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  revina
Februari 8, 2022 11:17 am

tergantung jenis transaksinya, ada banyak variasi 08

Ani
Ani
Februari 8, 2022 4:17 am

Hallo om mau tanya, kalau alat-alat olahraga itu bisa masuk perhitungan SPT ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ani
Februari 8, 2022 11:10 am

perhitungan apa yg dimaksud? SPT jenis apa?

muyo
muyo
Februari 8, 2022 2:54 am

hallo om, mau tanya ditahun 2021 sudah pernah ada pembetulan selama 3 masa pajak atau 3 bulan, jika pada bulan desember ada pembetulan lagi apa jadi masalah dipajak nya nanti om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  muyo
Februari 8, 2022 11:09 am

yg dimaksud masalah itu yg gmn ya spesifiknya?

Muyo
Muyo
Reply to  Om Pimpa
Februari 8, 2022 11:27 am

Maksudnya apa nanti akan disurati oleh orang pajak?atau orang pajak minta penjelasan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Muyo
Februari 9, 2022 5:20 pm

ya kl ada surat tinggal dijawab aja dan dijelaskan, sederhana saja

Muhammad Azmi
Muhammad Azmi
Februari 8, 2022 2:19 am

Selamat pagi saya mau bertanya misalkan ada PPh final pengalihan atas tanah dan bangunan sudah di laporkan pajaknya dan tiba-tiba dirubah diganti masa nya apakah bisa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Muhammad Azmi
Februari 8, 2022 11:09 am

semua pembayaran dimungkinkan dapat diajukan pemindahbukuan

Neneng awaliyah
Neneng awaliyah
Februari 7, 2022 7:42 am

Selamat siang sy buat FP dengan kode 070 (penyerahan yg ppn nya tdk d pungut) karena berada d kawasan berikat. Tetapi ketika d upload reject dengan keterangan 10031 (nomor dokumen ppjb tidak boleh kosong) mohon pencerahan apa yg hrs sy lakukan

Om Pimpa
Editor
Reply to  Neneng awaliyah
Februari 8, 2022 11:05 am

harus mengisi nomor pendukung terkait, apakah efaktur sudh update ke versi terbaru?

niko
niko
Februari 7, 2022 7:12 am

halo om, mau tanya soal pps. istri saya punya harta tapi belum punya npwp. apakah perlu ikut pps atas nama suaminya yg sdh punya npwp?

Om Pimpa
Editor
Reply to  niko
Februari 8, 2022 11:11 am

Yg ikut ya jadinya suami kl gt

Faruq
Faruq
Februari 7, 2022 7:12 am

selamat siang ijin tanya,
saya upload pajak keluaran namun di reject dan ada keterangan ETAX-API-10031:Nomor Dukumen PPBJ Tidak Boleh Kosong, itu kira kira kenapa ya kendalanya,

Om Pimpa
Editor
Reply to  Faruq
Februari 8, 2022 11:05 am

harus mengisi nomor pendukung terkait, apakah efaktur sudh update ke versi terbaru?

Faruq
Faruq
Reply to  Om Pimpa
Februari 9, 2022 3:00 am

masih yang 3.0

Om Pimpa
Editor
Reply to  Faruq
Februari 9, 2022 5:21 pm

bisa di update ke versi yg terbaru, nanti ada field pengisian dokumen tersebut

niko
niko
Februari 7, 2022 6:37 am

siang om, mau tanya soal pps. apakah sy perlu melaporkan harta istri saya tapi istri sy tidak punya npwp. yang punya npwp saya. terima kasih atas penjelasannya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  niko
Februari 8, 2022 11:14 am

Yg ikut ya jadinya suami kl gt

irenne
irenne
Februari 7, 2022 5:56 am

Om, ijin tanya ya..
di efaktur saya keluar keluar tulisan : etax api 10031 : nomor dokumen PPBJ tdk boleh kosong, itu knp ya?
Statusnya reject

Om Pimpa
Editor
Reply to  irenne
Februari 8, 2022 11:14 am

harus mengisi nomor pendukung terkait, apakah efaktur sudh update ke versi terbaru?

alvicky
alvicky
Februari 7, 2022 5:12 am

halo pak mohon bertanya, apakah perusahaan non PKP wajib memungut & memotong pph dan omzey di bawaah 4.8 milyar/tahun ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  alvicky
Februari 7, 2022 6:45 am

yess

Rifai
Rifai
Februari 7, 2022 5:02 am

Om… Mau tanya.. Jika faktur pajak reject.. Kemudian diganti pakai kode 010 normal lagi.. Nah untuk fp yang rejectnya harus diapain om? Dibiarin aja atau di retur?
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rifai
Februari 7, 2022 6:45 am

dibiarkan saja, dihapus jg boleh

Eric
Eric
Februari 7, 2022 4:26 am

Saya mau tanya nih.. Saya mau beli mobil lostrik dari alibaba harga sekitar $3800 nah nanti pajak yg harus saya bayar berapa yaa? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Eric
Februari 7, 2022 6:45 am

kl mau hitungannya pasti maka butuh semua data untuk bs ngitung PPh 22, PPN Impor, Bea Masuk, karena tiap jenis barang beda2 tarifnya

Hendrawan
Hendrawan
Februari 7, 2022 4:05 am

Permisi Mau tanya pak/buk
Saya ambil motor baru tp pajak pertama mati 2 bulan itu kira2 brp denda yg harus di bayarkan ya,,
Trimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hendrawan
Februari 7, 2022 6:45 am

pajak motor adalah pajak daerah dan tidak dibahas disini, silahkan hubungi daerah terkait

Rudy
Rudy
Februari 6, 2022 6:28 pm

Om, mau tanya tentang PPS dan pelaporan di SPT tahunan. Mis saya ikut PPS dg harta tahun 2016-2020 : 1. Deposito 50 jt 2. Tabungan 45 jt Dan dari peraturannya, akan dilaporkan di SPT 2022. Pertanyaan saya : 1. apakah ini benar ya Om dan kalau benar apakah juga datanya dilaporkan sama spt data di PPS ? 2. Sedangkan selama perjalan waktu (sampai 31 Des 2021) ada perkembangan dari data di PPS tsb, yaitu Deposito 50 jt dan tabungan 100jt. Kalau spt ini kondisinya bagaimana dengan data yang akan dilaporkan di SPT 2021 ? 3. Apakah dilaporkan 50jt & 100jt… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rudy
Februari 7, 2022 5:15 am

1. benar bagian apanya yg ditanya?
2. data dengan kondisi yg ada pada akhir tahun SPT
3. cek poin 2

Rudy
Rudy
Reply to  Om Pimpa
Februari 7, 2022 4:40 pm

Poin 1, pertanyaanya adalah apakah untuk pelaporan SPT 2022 juga sama dg yg di PPS yaitu deposito 50 jt & tabungan 45jt ?

Poin 2. Jadi di SPT 2021 dilaporkan deposito 50jt & tabungan 100jt ya Om ?
Misalnya data tsb masih ada sampai 31 des 2021. Maka di laporan SPT 2022 akan muncul 2 data ya Om.
Yaitu data dari SPT 2021 dan data dari PPS.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rudy
Februari 8, 2022 11:07 am

1. jenis hartanya sama, namun nilainya berbeda pada SPT Tahun 2022 mengikuti kondisi akhir tahun 2022
2. yups melaporkan deposito dan tabungan per 31 des 2021. tidak double

Ratih
Ratih
Februari 6, 2022 10:34 am

Permisi om, mau tanya mengenai PPh 23
Saya memiliki CV yg bergerak di bidang arsitektur, apabila rekanan saya tidak melakukan pemotongan PPh23 atas jasa yg CV saya berikan apakah PPh 23 tsb perlu dilakukan penyetoran sendiri?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ratih
Februari 7, 2022 6:43 am

tidak perlu melakukan setoran sendiri PPh 23

Joni
Joni
Februari 6, 2022 1:20 am

Halo om,

Izin bertanya. Jika dari tahun 2020 memiliki aset saham di BEI + Properti KPR + mobil bekas, tapi belum melaporkan di SPT Tahunan.

Apakah jika ingin melaporkan aset tersebut cukup lewat SPT Pembetulan atau ikut PPS ya om?

Terima kasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Joni
Februari 7, 2022 6:43 am

bisa pilih salah satu aja dari kedua opsi tersebut

Nia
Nia
Februari 6, 2022 12:22 am

Selamat pagi,
Ijin bertanya om tentang pelaporan SPT pribadi.
1. Kalau bunga bank dikurangi pajak masih lebih kecil dari biaya admin bank tiap bulan, apakah perlu dilaporkan di penghasilan yang dikenakan PPh final?
2. Kalau besar tabungan lebih kecil dari 7,5 juta dan mendapatkan bunga namun tidak dipotong pajak tetapi nilainya juga lebih kecil dari biaya admin bank, apakah perlu dilaporkan ke penghasilan neto dalam negeri?
Mohon pencerahannya om. Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nia
Februari 7, 2022 6:44 am

1 dan 2 tidak perlu

Sholihah, S.Pd
Sholihah, S.Pd
Februari 5, 2022 12:58 pm

Tanya om mohon untuk di jawab!!! Lembaga Kami terjadi pergantian kepengurusan karena pimpinan pengurus yg lama sudah pensiun, dan untuk merubah data pada npwp maka sy telah mengisi form perubahan data lembaga secara lengkap dan sy jg sdh melampirkan ft copi NPWP lembaga, NPWP Pengurus yg baru, Ijin Operasional, KTP Pengurus yg baru dan jg SK pengurus yang baru. semua dokumen saya kirim lewat pos pada tanggal 31 Januari 2022, kemudian saya coba mendaftar efin dengan data pengurus yang baru pada tanggal 4 feb 2022 namun jawaban email yg sy terima bahwa nama pengurus masih pengurus yg lama, saya harus… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sholihah, S.Pd
Februari 7, 2022 6:44 am

hubungi KPP terdaftar, mungkin sedang diproses

Dea
Dea
Februari 5, 2022 3:40 am

Om, mohon dijawab.
Bagaimana PTKP untuk Wanita yang berstatus Cerai Mati, dan mohon peraturan undang²nya. Terima kasih banyak om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dea
Februari 5, 2022 6:31 am

PKTP tidak kawin dengan tanggungan anak, Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-16/PJ/2016

Tian
Tian
Februari 5, 2022 3:11 am

Om, mau tanya…

Kalau keterangan ETAX-API-10031 itu kenapa ya? Dan solusinya bagiamana ya om?

Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tian
Februari 5, 2022 6:32 am

Error itu muncul saat tahap apa?

Tian
Tian
Reply to  Om Pimpa
Februari 5, 2022 8:38 am

Saat upload faktur pajak di reject dengan keterangan ETAX-API-10031: Nomor dokumen PPBJ tidak ditemukan.
Saya sudah input nomor SPPB dibagian nomor dokumen pendukung dan efaktur sudah update 3.1, tapi masih di reject fakturnya om…

Ariez
Ariez
Reply to  Tian
Februari 7, 2022 1:12 am

Sy memiliki kasus yg sama om,,,knop ya itu,,,?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tian
Februari 7, 2022 6:44 am

silahkan hubungi bea cukai dan kpp atau pantau forum ini dulu ya, nanti ada perkembangan2 lain yg akan dikabarkan, No SPPB hanya bsa untuk 1 faktur pajak
https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/ dan silahkan cek link mengenai SPPB

Tian
Tian
Reply to  Om Pimpa
Februari 8, 2022 3:11 am

PPBJ itu apa ya om? Apakah sama dengan SPPB?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tian
Februari 8, 2022 11:09 am

ini maksudnya dokumen yg adanya saat transaksi apa ya?

Tian
Tian
Reply to  Om Pimpa
Februari 9, 2022 2:26 am

Dokumen penjualan barang om.. Saya upload dengan Fp 070 (stample kawasan bebas) tetapi di reject dengan alasan nomor dokumen PPBJ tidak ditemukan.

sintha
sintha
Reply to  Om Pimpa
Februari 8, 2022 3:47 am

Apakah ini sudah ada solusinya? saya juga dapet kasus yang sama

yadi
yadi
Reply to  Om Pimpa
Februari 9, 2022 8:46 am

sy dapat kasus yg sama 10031

Nia
Nia
Reply to  Om Pimpa
Februari 9, 2022 9:20 am

Saya juga mengalami kasus yang sama
Mohon rekan yang sudah mendapat solusi bisa dibahas disini.

Terima kasih

rsp
rsp
Reply to  Tian
Februari 7, 2022 8:34 am

selamat sore, saya juga mengalami permasalahan yang sama, upload di reject dengan keterangan etax api 10031. coba lihat PMK 173 Th.2021. Diberlakukan akhir november 2021 tp berlaku mulai februari 2022.

besok ke KPP, semoga dapat pencerahan.

Tian
Tian
Reply to  rsp
Februari 8, 2022 10:51 am

Rsp, kak tolong bantu diupdate ya solusinya disini jika sudah dapat info dari KPP. Terimakasih🙏🏼

izah
izah
Reply to  Tian
Februari 9, 2022 3:43 am

ka bisa share nomor kak saya mau ada yg ditanyakan terkait masalah e-faktur

rsp
rsp
Reply to  Tian
Februari 9, 2022 9:08 am

Saya pengen share file sehub.dgn ini tp caranya gimana ya?

Tian
Tian
Reply to  rsp
Februari 9, 2022 10:49 am

Rsp, bisa bantu dikirim by line aja gak kak? Soalnya saya gatau cara kirim file di sini😂🙏🏻

Dian
Dian
Reply to  Tian
Februari 8, 2022 7:48 am

saya juga punya kasus yg sama om dari kemaren reject untuk FP 070

rnf
rnf
Reply to  Tian
Februari 10, 2022 7:40 am

bantu jawab, bantu jawab, saya dapat email dari kring pajak :

Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”.

setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.
semoga bermanfaat :))

Tian
Tian
Reply to  rnf
Februari 10, 2022 7:50 am

Kak, bisa bantu di share email dari kring pajaknya? Untuk rekapan sekiranya terjadi kendala perihal tersebut

Last edited 6 months ago by Tian
rnf
rnf
Reply to  Tian
Februari 10, 2022 7:56 am

apakah ada email? biar saya forward ke email saudara.

Tian
Tian
Reply to  rnf
Februari 10, 2022 8:24 am
rnf
rnf
Reply to  Tian
Februari 10, 2022 8:31 am

Baik, sudah saya forward ya

Tian
Tian
Reply to  rnf
Februari 10, 2022 8:36 am

Terima kasih ka 🙂

Rani
Rani
Reply to  Tian
Februari 11, 2022 2:24 am

Siang Kak. boleh dibantu shre ke saya jg kah ?? nuraninarwastuty@gmail.com

rnf
rnf
Reply to  Rani
Februari 14, 2022 12:41 am

sudah, bisa di cek, semoga membantu

Christie
Christie
Reply to  rnf
Februari 11, 2022 3:10 am

Hai kak boleh minta forward email kantor pajaknya juga? ke christiedesy@gmail.com

rnf
rnf
Reply to  Christie
Februari 14, 2022 12:42 am

sudah, bisa di cek, semoga membantu

rsp
rsp
Reply to  rnf
Februari 10, 2022 11:03 am

nomor dokumen SPPBnya diisikan di kolom mana?

Nessa
Nessa
Reply to  rsp
Februari 11, 2022 9:26 am

bantu jawab di kolom no dokumen pendukung

Rani
Rani
Reply to  rnf
Februari 11, 2022 2:23 am

Siang Kak. Bisa dibantu infonya : saya sdh ganti Tempat Penimbunan Berikat tetapi masih reject (keterangannya SPPB tdk boleh kosong). Cara input no SPPB atau PPBJ nya bagaimana yaa ?

rnf
rnf
Reply to  Rani
Februari 14, 2022 12:28 am

bantu jawab, coba untuk mengupgrade aplikasi e-fakturnya menjadi 3.1, sebab di versi yang lama itu tidak ada kolom untuk memasukkan nomor dokumen pendukung untuk faktur pajak 07

Andrey
Andrey
Reply to  Om Pimpa
Februari 7, 2022 6:23 am

Saya juga mengalami kasus yg sama

finance
finance
Reply to  Andrey
Februari 9, 2022 8:07 am

udah pada ketemu solusinya belum? saya juga mengalami kasus yang sama

Om Pimpa
Editor
Reply to  finance
Februari 9, 2022 5:22 pm

nanti akan om carikan beberapa referensi dulu yaa

finance
finance
Reply to  Om Pimpa
Februari 10, 2022 1:19 am

Baik om, Terimakasih

Nessa
Nessa
Reply to  finance
Februari 11, 2022 9:25 am

bantu jawab, bantu jawab, saya dapat email dari kring pajak :
Jika dokumen yang Saudara/i pegang adalah SPPB, seharusnya memilih “Tempat Penimbunan Berikat” pada keterangan tambahan, bukan “Kawasan Bebas”.
setelah saya coba, ternyata faktur pajak saya sudah bisa diupload, dan sudah tidak reject lagi.
semoga bermanfaat :))

finance
finance
Reply to  Nessa
Februari 15, 2022 6:56 am

iya kemarin sudah dicoba dan bisa, terimakasih kak

Dessssssi
Dessssssi
Februari 5, 2022 3:01 am

Hallo om,,,mau tanya kalau faktur pajak isi dengan no BC yang salah apabila kita batalkan faktur tersebut no BC bisa kembali digunakan tidak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dessssssi
Februari 5, 2022 6:28 am

Nomor BC di dokumen apa?

Dessssssi
Dessssssi
Reply to  Om Pimpa
Februari 6, 2022 6:05 am

Nomor BC di dokumen penjualan PKO sementara nomor BC dirujuk untuk penjualan CPO om,,,jd kalau dibatalkan faktur penjualan PKO nya nomor BC nya masih bisa dipakai untuk faktur penjualan CPO gak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dessssssi
Februari 7, 2022 6:42 am

nah kl ini baiknya dikonsultasikan langsung ke kpp ada teknis yg bs jadi lain, kl teorinya aja sih bisa

Dewi
Dewi
Februari 5, 2022 12:55 am

Mohon tanya om, apabila transaksi PPN dengan bendaharawan, Faktur pajak keluaran telah diterbitkan oleh rekanan untuk bendaharawan, bagaimana dengan SSPnya? Bendaharawan meminta kepada rekanan. Apakah yang menerbitkan rekanan atau bendaharawan? Karena pada saat pembuatan id billing tidak ada option 910 920 930 hanya ada 900 non bendaharawan. Apakah menerbitkan id billing PPN normal dengan info data nama dan NPWP rekanan seperti biasa, kemudian diserahkan saja kepada bendaharawan untuk disetorkan dan dilaporkan oleh pihak mereka? Apabila memang seperti itu, apakah kita wajib meminta bukti pembayaran dari bendaharawan sebagai arsip?

Last edited 6 months ago by Dewi
Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Februari 5, 2022 6:31 am

Yg membuat id billing bs siapa aja ga dibatasi yg pnting kodenya benar, lalu yg setor ppn ke bank adalah bendahara, arsip bukti setor diberikan jg ke rekanan

Dewi
Dewi
Reply to  Om Pimpa
Februari 10, 2022 5:07 pm

Terimakasih om

Cinta
Cinta
Februari 4, 2022 2:39 pm

permisi om saya ijin bertanya, saya baru membuat npwp bulan november 2021. Lalu selanjutnya apa yg harus saya lakukan? Apakah pajak harus dibayar setiap bulan? Dari mana kita tau nominal pajak yg harus dibayar apakah saya harus menghitung sendiri ataukah sudah otomatis terhitung di sistem? Saya berjualan online sebagai dropshiper. Saya betul2 tidak tau apa yang harus saya lakukan stelah membuat npwp mohon bantuannya

Last edited 6 months ago by Cinta
Om Pimpa
Editor
Reply to  Cinta
Februari 5, 2022 4:56 pm

Ini bs jd panjang penjelasan lengkapnya, jenis kewajiban pajak utamanya daftar-hitung-setor-lapor. Nah variasinya ada beberapa macam, tp kl dr cerita di atas maka ada pembayaran pajak bulanan dengan rujukan PP 23/2018 tarif 0.5% dari bruto

Sakura
Sakura
Februari 4, 2022 8:16 am

Mohon pencerahan Om Pimpa, Tante aku sudah 2 tahun ini tidak bekerja dan tidak berpenghasilan, hanya dapat uang bulanan dari 6 anak. Karena pandemik, tidak kemana2 dan tidak beli2an sehingga tabungan di bank jadi malah bertambah walau tidak bekerja. Nah, lapor SPT nya gimana tuh om, jadi masalah ngak?
Makasih banyakkkk Om…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sakura
Februari 4, 2022 10:02 am

tdk ada kewajiban pelaloran SPT Tahunan

Sakura
Sakura
Reply to  Om Pimpa
Februari 4, 2022 10:04 am

meski lebih dari 54 juta per 31 des?

Sakura
Sakura
Reply to  Sakura
Februari 5, 2022 6:44 am

maksud saya saldo di bank nya jadi bertambah banyak drpd tahun lalu

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sakura
Februari 5, 2022 4:56 pm

Jika tetap lapor SPT pun tdk masalah, tp tidak ada urgensi

ricky
ricky
Februari 4, 2022 7:08 am

Selamat sore om, mohon penjelasannya

Jika ada pemberian barang donasi ke “A” tetapi dicatat sebagai penjualan ke “B” namun tidak diterbitkan faktur pajaknya.

Atas kondisi tersebut apa dampak sanksi dan denda pajaknya.

Serta bagaimana potensi sanksi dan dendanya, jika:

  1. Nilai penjualan tsb diperhitungkan sebagai BKP dalam pembuatan SPT
  2. Nilai penjualannya tidak diperhitungkan sebagai BKP dalam pembuatan SPT

Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  ricky
Februari 4, 2022 10:01 am

yg jelas kondisi itu salah ya, sanksi dan denda yg paling tinggi bisa jadi pidana pajak, karena tidak menyampaikan informasi di SPT dengan lengkap, benar, dan jelas. untuk kemungkinan variasi sanksi yg lain ya masih ada, tergantung dari bagaimana pengakuan dan perhitungannya dalam SPT dan jenis SPT mana yg dimaksud

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x