Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tina
Tina
Maret 3, 2022 1:08 pm

Malam Om, mau tanya kalau asuransi kesehatan atau penyakit kritis itu apa perly dilaporkan di SPT ? Kalau tidak termasuk harta, misalkan nilai pertanggunngan nya 1 M , kemudian nanti diterima ahli waris apa tidak ada masalah ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tina
Maret 4, 2022 6:29 am

Ini maksudnya saat terima klaim asuransi apa saat kpn?

agus
agus
Maret 3, 2022 9:46 am

ETAX-WEB-50008: SPTSERVICE-00053: Tidak Dapat Melakukan Lapor untuk Masa Pajak Sebelum PKP dengan Status Nihil atau Lebih Bayar. Maksudnya apa yah

Om Pimpa
Editor
Reply to  agus
Maret 3, 2022 12:13 pm

keterangannya sudh jelas, jd lapor pajak masa PPN nya setelah PKP

dayat
dayat
Reply to  Om Pimpa
Juni 28, 2022 8:52 am

Maksudnya gimana om? bukannya kalau belum PKP ga dapat mengggunakan aplikasi e-faktur

Om Pimpa
Editor
Reply to  dayat
Juni 29, 2022 5:42 am

pelaporan PPN dilakukan sejak PKP saja, jika sebelum PKP maka tdk perlu dilaporkan

Erik
Erik
Maret 3, 2022 9:27 am

Halo Kak,

kalau PKP jualan di tokopedia / Shopee,

mekanisme pungut PPN dan buat faktur pajak bagaimana?

Terima kasih kak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erik
Maret 3, 2022 12:09 pm

PPN include ke harga jual dan fakturnya digunggung

sari
sari
Maret 3, 2022 8:33 am

Selamat sore om, saya pengen tanya tentang insentif PPh 21 ditanggung pemerintah. Seandainya ditahun 2021 perusahaan memanfaatkan insentif PPh 21 DTP tersebut, tetapi pada saat penghitungan di akhir tahun terjadi kurang bayar. Penyelesaiannya gimana ya om? Apakah harus membayarnya? Atau dapat minta insentif ke pemerintah atas kurang bayar tersebut? Tolong jelaskan dengan prosedur penyelesaian dan dasar hukumnya juga om, thank you…

Om Pimpa
Editor
Reply to  sari
Maret 3, 2022 12:06 pm

Posisi kurang bayar yg dimaksud disini itu apanya? Ini bs jg krna salah itung

sari
sari
Reply to  Om Pimpa
Maret 4, 2022 2:44 am

Iya, karena salah hitung

Om Pimpa
Editor
Reply to  sari
Maret 4, 2022 8:18 am

kl gitu ya dilakukan penyetoran

sari
sari
Reply to  Om Pimpa
Maret 5, 2022 3:11 am

Berarti harus bayar sendiri ya om? Apa tidak bisa minta insentif atas kurang bayar tersebut agar kita perlu bayar?

Om Pimpa
Editor
Reply to  sari
Maret 5, 2022 11:36 am

Kan awalnya karena ada salah hitung, lalu DTP jg ada syarat cara menggunakan dan batas waktunya

Adit
Adit
Maret 2, 2022 12:24 pm

sy resign sejak Juli 2020. Sy coba lapor pajak thn pjk 2021 dg e-filling, Pd pertanyaan penghasil dibawah 60jt, sy jawab Ya. Jadi pake formulir 1770SS. Di bagian A pajak penghasilan, pd penghasilan tidak kena pajak, diisi TK0, yg lainnya diisi nol semua. Selanjutnya di bagian B no. 8 Dasar Pengenaan Pajak/Penghasilan Bruto Pajak Penghasilan Final, sy isi 70 jt, ini jumlah bunga yg sy terima atas obligasi sukuk, yg pajaknya final. Keluar pesan dr aplikasinya : =Jumlah Penghasilan Bruto Anda (Penjumlahan angka 1, 8 dan 10) lebih dari Rp. 60.000.000, Anda harus menggunakan formulir 1770 S= Tetapi kalo sy… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adit
Maret 3, 2022 4:10 am

Intinya jika dr awal ga ada dokumen bupot 1721 A1 maka hanya bs pake form 1770

Erik
Erik
Maret 2, 2022 11:24 am

Malam kak,
mau tanya untuk buat penomoran bukti potong espt 1721-vi

kalau saya buat di bulan
Januari 2021 001 s.d 060
Februari 2021 061 s.d 080
Maret 2021 080 s.d 100
dst
s.d Desember 2021 s.d 210

kalau ternyata ada data di bulan maret yang belum terinput, apa saya harus revisi semua bukti potong dari maret s.d desember?

Apa boleh tiap awal bulan dimulai dari 001?

terima kasih atas perhatian kakak.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erik
Maret 3, 2022 4:09 am

Mestinya ini tiap bulan dimulai lg dr nomer 1, soalnya ada digit bulan jg di deretan angka bupotnya

Erik
Erik
Reply to  Om Pimpa
Maret 3, 2022 4:34 am

terima kasih Om atas jawabanny 😀

Hikmah
Hikmah
Maret 2, 2022 7:41 am

Selamat siang om, ijin bertanya
jika WP bekerja di dua perusahaan tetapi total penghasilan bruto masih kurang dari 60 juta dan juga tidak ada penghasilan lain, apakah masih menggunakan formulir 1770SS ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hikmah
Maret 3, 2022 4:09 am

bekerja didua perusahaan sebagai apa? jika punya bukpot A1 bisa, namun jika freelancer/karyawan tdk tetap tidak bisa menggunakan 1770SS

Yuliana
Yuliana
Maret 2, 2022 6:52 am

Halo om, ijin bertanya
Saya telah membayar pajak, namun saat proses melapor hasil perhitungannya berbeda. Apakah bisa dilakukan revisi jika sudah melakukan pembayaran?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuliana
Maret 3, 2022 4:08 am

ya bisa pembetulan

Yuliana
Yuliana
Reply to  Om Pimpa
Maret 4, 2022 5:10 am

Jadi saya memakai perhitungan grossup, dimana karyawan masuk pada bulan juli dengan gaji prorate. Dan gaji full baru di terima bulan agustus.Perhitungan yang benar seperti apa yaa om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuliana
Maret 4, 2022 8:19 am

mengikuti kondisi real gajinya, silahkan cek per 16 tahun 2016

Lia
Lia
Maret 2, 2022 6:34 am

Siang om, mau tanya apabila PT A menerima pelunasan dari customer atas tagihan bulan Desember 2020 pada bulan Januari 2021, apakah termasuk sebagai penghasilan bruto pada Januari 2021?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lia
Maret 3, 2022 4:08 am

sebagai pelunasan piutang harusnya, karena penghasilannya diakui pd des 2020

Chel
Chel
Maret 2, 2022 4:42 am

Om saya pengusaha truk, saya membeli truk dari beberapa PT untuk operasional.. apakah truk tersebut dapat dilaporkan dalam SPT tahunan? (kondisi belum dibalik nama)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chel
Maret 3, 2022 4:03 am

jika harta tersebut milik anda, maka harus dilaporkan sebagai harta

Chel
Chel
Maret 2, 2022 4:29 am

Saya usaha trucking om, membeli truk dari PT” dan ga pernah balik nama truknya. Apakah bisa truk tersebut dilaporkan di SPT tahunan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chel
Maret 3, 2022 4:03 am

jika harta tersebut milik anda, maka harus dilaporkan sebagai harta

Ave
Ave
Maret 2, 2022 3:55 am

saya mendapatkan diskon atas suatu transaksi jasa, apakah DPP PPh 23 atas jasa tersebut setelah diskon atau sebelum diskon ya. Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ave
Maret 3, 2022 4:05 am

setelah diskon

anisa melani
anisa melani
Maret 2, 2022 1:11 am

selamat pagi om mau tanya kenapa ya pas mau lapor ppn tapi muncul notif SPTSERVICE-00021: SPT Kurang Bayar PPN, ppn nya sudah dibayar, NTPN nya sudah diisi tapi tetap seperti itu kenapa ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  anisa melani
Maret 3, 2022 4:04 am

cek kembali pajak PPN yg dibayarkan, apakah masa yg disetor dan dilapor sudah sesuai? apakah nominalnya udah beneran pas atau blm?

Tata
Tata
Maret 1, 2022 5:49 pm

Malam om izin nanya , Tn. Abdi seorang arsitek di tunjuk sebagai tenaga ahli dalam perancangan gedung di Qatar, Tn.
Abdi memperoleh penghasilan USD $ 1.000,- per jam. Tn. Abdi juga memperoleh penghasilan dari dalam negeri sebagai tenaga pengajar di ITB Bandung. Jelaskan objek pajak penghasilan dari Qatar? jelaskan bagaimana penghasilan dari Qatar tersebut di laporkan di Indonesia?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tata
Maret 3, 2022 4:03 am

penghasilan dari Qatar juga terutang pajak dan dilaporkan pd SPT Tahunan, semangat ngerjain soalnya

dedi dhamhudi
dedi dhamhudi
Maret 1, 2022 12:31 pm

Jumlah Peredaran suatu badan usaha dengan keterangan penghasilan final sebesar 2.000.000.000 yang ditanyakan apakah nilai tersebut bisa dijadikan patokan untuk pemotongan pajak daerah ( restoran ) 10 % demikian terima kasih mohon penjelasannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  dedi dhamhudi
Maret 3, 2022 4:20 am

trkait pajak daerah tidak kita bahas disini, silahkan tanyakan daerah terkait

Hana
Hana
Maret 1, 2022 9:50 am

Sore om, saya awam mengenai pajak. saya mau tanya mengenai Faktur Pajak dan Bukti Potong.
Jadi saya bekerja di bidang media promosi. kantor saya bekerjasama dengan sebut saja PT. A. tugas kantor saya sebagai perantara antara PT. A dengan client2nya. seperti biasa untuk claim pekerjaan selalu ada faktur pajak untuk PT.A. Nah saya dapat faktur pajak dari salah satu client PT.A, dan client tsb meminta bukti potong. Apakah faktur pajak tersebut menjadi pajak masukan untuk saya, dan apa saya harus membuat bukti potong pajaknya? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hana
Maret 1, 2022 1:34 pm

Pajak Masukan mengacu pada identitas NPWP pd faktur pajak dan wajib melakukan pemotongan pajak PPh 23 atas jasa perantara

Sari
Sari
Maret 1, 2022 9:35 am

Hai Om Pimpa,

Mohon penjelasan ….

Saya seorang wanita ,status menikah . Suami bekerja dan saya bekerja dikantor yang berbeda.

Waktu lapor pajak tahun-tahun sebelumnya ketika masih offline, ketika saya saya lapor pajak berkas dari kantor pajak dikembalikan karena status saya seorang istri.

Sempat pula tahun berikutnya saya datang langsung ke kantor pajak , dibimbing oleh orang pajak langsung menggunakan EFin suami.

Mohon informasinya yang sebetulnya saya harus daftar pajak tidak ? kalau harus daftar pajak apakah saya harus punya Efin sendiri .?Karena saya belum punya Efin.

Atau cukup suami yang daftar pajaknya ?

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sari
Maret 1, 2022 1:34 pm

istri dapat memilih untuk menggabungkan kewajiban pajaknya ke suami ataupun menjalankan kewajiban pajaknya sendiri, saat ini NPWP nya masih hanya suami saja bukan?

Sari
Sari
Reply to  Om Pimpa
Maret 1, 2022 4:51 pm

Saya dan suami masing2 punya npwp

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sari
Maret 3, 2022 4:06 am

istri dapat memilih untuk menggabungkan kewajiban pajaknya ke suami ataupun menjalankan kewajiban pajaknya sendiri..
jika masing-masing mempunyai NPWP dan pekerja, maka melaporkan SPT dengan status MT

rimaVT
rimaVT
Maret 1, 2022 8:25 am

halo om salam sehat,, om kalo jual tanah dan bangunan atas orang pribadi, trus beli kapal atas perusahaan,, itu dikenakan pajak apa saja ya om. terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
Maret 1, 2022 1:34 pm

Jual tanah ada PPh final atas penyerahan harta tanah dan untuk pembelian kapal bisa kena PPh dan PPN

rimaVT
rimaVT
Reply to  Om Pimpa
Maret 5, 2022 2:04 am

pph atas jual tanah sudah di bayar om… bgitu juga pph dan ppn atas bli kapal.

selanjutnya, apa kapal tersebut harus kena pajak tiap bulannya ? apa masuk ppnbm ? terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
Maret 5, 2022 11:36 am

Ppnbm itu adanya di awal saat bl ke pabrikan, harta tidak dipajaki dengan konsep bgitu

Affan Siregar
Affan Siregar
Maret 1, 2022 7:25 am

Selamat sore om,

Ingin bertanya sbb:

Hotel kami menggunakan jasa designer untuk membuat seragam karyawan. 
Designer juga yang mencarikan bahannya, dan menjahitnya.

1. Apakah ada Pajak atas jasanya, pasal berapa, berapa tarifnya dan bagaimana DPP nya
2. Apakah ada PPN nya? Pengusaha merupakan orang pribadi.

Terimakasih banyak om.
Affan

Om Pimpa
Editor
Reply to  Affan Siregar
Maret 1, 2022 1:33 pm

poin 1 bs masuk ke PPh 21 krna penjahitnya OP, nilai DPP tergantung tagihannya dipisah ga antara material dan jasa
poin 2 jika lawan transaksinya adalah PKP maka ada PPN

Muh.Syabir.Z
Muh.Syabir.Z
Maret 1, 2022 4:18 am

Om, izin bertanya kalau surat SKET untuk PPh Final 4 (2) 0,5%, Surat SKB Pajak Untuk Bebas PPh 22, Surat SKB Pajak Untuk Bebas PPh 23 dan SKB Pajak Untuk Bebas PPh 4(2) itu ambil dimana dan bgaimana cara pengurusannya

Last edited 5 months ago by Muh.Syabir.Z
Om Pimpa
Editor
Reply to  Muh.Syabir.Z
Maret 1, 2022 4:55 am

beberapa dapat melakukan permohonan pada menu layanan KSWP pada web DJP Online dan ada beberapa yg urusnya ajuin manual ke kpp, jd trgantung jenis spesifiknya

ayu weda
ayu weda
Maret 1, 2022 4:14 am

perkenalkan nama saya ayu
izin bertanya om : saya bekerja di PT Bahagia. perusahaan yang bergerak dibidang dropship. PT bahagia ini bekerja sama dengan PT AURA yang bertempat di USA.
pada saat pembayaran DHL utk shipping cost . PT AURA meminjam bank account PT bahagia utk melakukan transfer pembayaran. utk invoicenya atas nama PT bahagia bukan PT AURA. karena kami kurangnya informasi dari konsultan kami … jadi kami tidak memotong PPH 23 ke DHL.
apakah PT bahagia dikenakan pajak PPH 23 .
mohon koreksi om
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  ayu weda
Maret 1, 2022 4:55 am

PT Bahagian memotong PPh 23 kepada DHL seharusnya..krna dokumennya kan nama pt bahagia

ayu weda
ayu weda
Reply to  Om Pimpa
Maret 1, 2022 5:04 am

Kalau dhl menolak utk dipotong pph utk invoice yangsudah berjalan. Apakah itu menjadi kewajiban pt bahagia

Om Pimpa
Editor
Reply to  ayu weda
Maret 1, 2022 1:35 pm

iya

Denny
Denny
Februari 28, 2022 1:37 pm

Malem om, mau tanya, soal Program pengungkapan sukarela. Kalo harta di bawah tahun 2015 dan belum pernah ikut tax amnesty, boleh ikut nggak ? Terima kasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Denny
Maret 1, 2022 4:42 am

lakukan pembetulan SPT pada tahun 2016 dan setelahnya, itu opsinya, bukan dengan PPS

Om Pimpa
Editor
Reply to  Denny
Maret 1, 2022 1:36 pm

PPS untuk WP OP yang belum mengikuti tax amnesty sblumnya, dapat mengikuti kebijakan 2 dengan ketentuan harta tahun 2016-2020
artikel itu bukan aturan jadi kl mau dapat info yg lebih valid maka langsung cek ke aturannya

pram
pram
Februari 28, 2022 9:53 am

sore om, numpang nanya…..orang tua saya berdagang emas selama sehat. namun dalam 2 tahun terakhir dia tutup karena terkena stroke sehingga pengmasukannya hanya dari pensiun sebesar 3jtan dan sewa kios setahun 13jt. apakah ada keringanan dalam pelaporan misal dr 1770 menjadi s 1770 atau mungkin kkeringan yg lain

Om Pimpa
Editor
Reply to  pram
Maret 1, 2022 4:42 am

1770 S untuk orang yg mempunyai penghasilan selain menjalankan Usaha atau Pekerjaan bebas.. jika penghasilan selama setahun dibawah PTKP tidak wajib melaporkan SPT Tahunan
memilih jenis form SPT itu tdk berhubungan dengan masalah keringanan pajak

Esar
Esar
Februari 28, 2022 8:08 am

Om izin bertanya, maksud dari pelembagaan transaksi pajak piutang

Om Pimpa
Editor
Reply to  Esar
Maret 1, 2022 4:42 am

konteks pertanyaannya ini apa ya? kl misal menemukan istilah itu dari sumber lain ya silahkan konfirmasinya ke sumber yg memberikan istilah itu

Nani Suryani
Nani Suryani
Februari 28, 2022 1:15 am

Om, izin kembali bertanya… Sy sbg pembeli sdh upload efaktur (PM) tp sd saat ini blm lapor SPT PPN..tp, kemarin sore dpt kbr dari Lawan Transaksi (LT) PK yg mrk keluarkan mau dibuatkn menjadi kode 011 (awalnya 010) dg alasan tgl upload tdk sesuai dg tgl faktur penjualan mrk (asumsi: faktur penjualan tgl 10 tp mrk apload tgl FK tgl 20, dan di sy/ sbg pembeli pembyrn ke LT tgl 25; smua tgl tsb dilakukan di bln yg sama yaitu bln Jan thn ini) Om mhn koreksi terkait dg pernyataan sy ini: Jk LT merubah PK dari 010 ke 011,… Read more »

Last edited 5 months ago by Nani Suryani
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Maret 1, 2022 4:41 am

jika kita di sisi pembeli maka simple aja pertimbangannya, mau ada pengganti ya bisa atau mau dibatalkan dan ada faktur baru ya bisa, intinya dari 2 pilihan itu pembeli harus tau aja dl mana yg akan dijalankan, nanti pembeli cukup melakukan penyesuaian sendiri, misalnya dengan upload ulang data dan seterusnya
jika alasan membuat pengganti itu karena mau merevisi tanggal faktur (jadi lebih awal) maka hal ini tidak bs dilakukan dengan penerbitan faktur pengganti, tp kl sebagai pembeli saja ya tdk akan terkait dengan sanksi jika penjual ada keliru penerbitan faktur

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  Om Pimpa
Maret 1, 2022 5:32 am

Om mhn maaf ada yg msh blm jls…
jd utk merevisi tgl faktur pajak mjadi tgl mundur tdk bisa Om dg fpajak 011 (mksd sy merevisi ke tgl yg lbh kecil dari tgl sblmnya ..?), dg kata lain, LT sy lbh baik batal faktur dn bwt fpajak dg NSFP yg baru tapi juga tentunya dg detail transaksi yg sama..?.Dmkian Om..??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Maret 1, 2022 1:35 pm

iya betul seperti itu, tp itu ya urusannya si penjual

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  Om Pimpa
Maret 2, 2022 1:12 am

Baik, sngt tercerahkan. Haturnuhun Om…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Maret 2, 2022 3:03 pm

sami – sami

Rudi
Rudi
Februari 27, 2022 4:05 pm

Berapakah pajak untuk usaha digital ?seperti jual beli cryptocurrency

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rudi
Maret 1, 2022 4:40 am

silahkan ceritakan detailnya, siapa subjeknya, bagaimana cara transaksinya, ada keuntungan atau tidak, semakin detail informasi akan lebih mungkin untuk dapat dijawab, dan jika informasinya cuma umum maka ga akan bisa dijawab, sama seperti periksa ke dokter, apakah pasien cukup dengan bilang “saya demam”? tentunya harus mendetail dulu

Tibor
Tibor
Februari 27, 2022 2:44 pm

Assalamu’alaikum om..
Saya mau tanya tentang pengusaha kena pajak (PKP)

Pertanyaan 1:
Misal ada usaha umkm yg tdk terdafatar pt. Cv. Atau apapun.. dan tdk terdaftar izin apapun juga..
Apa kalau omset mencapai 4.8m pertahun termasuk pkp juga?
Dan kalau ya dan ternyata usaha tersebut tdk mempunyai pembukuan yg layak gmn cara kenain pajaknya?

Pertanyaan 2:
Kalau ada 1 orang.. punya 3 usaha berbeda.. kalau semua omset digabungkan baru mencapai 4.8m pertahun.. apa termasuk pkp juga?

Ini cuma nanya saja om.. omset saya sekarang masih sangat kecil.. terima kasih jawabanya..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tibor
Maret 1, 2022 4:40 am

1. jika sudah masuk kriteria wajib PKP namun blm mendaftarkan diri, maka ada resiko akan ditagih, jika pembukuan blm dilakukan ya silahkan dilakukan dulu dengan cek2 semua transaksi
2. tergantung jg dari usahanya apa, ada yg objek PPN dan ada jg yg bukan objek PPN, jika memenuhi yg objek PPN maka sesuai poin 1

sintia
sintia
Februari 27, 2022 1:35 pm

Halo pak, izin bertanya Bila subjek pajak tidak memenuhi ketentuan dalam membayar pajak atas objek pajaknya yang tertera didalam tarif pajaknya, apakah hal tersebut bisa diketahui atau ada pemeriksaan SPT Tahunannya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  sintia
Maret 1, 2022 4:40 am

“bisa diketahui atau ada pemeriksaan SPT Tahunannya” ini apa ya maksudnya?

sintia
sintia
Februari 27, 2022 10:49 am

Halo om, saya mau tanya jika seseorang menjual kendaraan pribadi seperti Mobil Dan pemilik baru Dari Mobil tersebut sudah melakukan mutasi, bagaimana jika pemilik lama Dari Mobil tersebut tidak lapor blokir Mobil lama apakah si pemilik lama Mobil tersebut dikenakan pajak progresif?🙏🏼

Om Pimpa
Editor
Reply to  sintia
Maret 1, 2022 4:40 am

wah kalo itu terkait pajak daerah, tidak om bahas disini, silahkan tanyakan daerah terkait

Novi
Novi
Februari 27, 2022 3:44 am

Halo om, maaf izin bertanya. saya mendapat tugas dan diberi pertanyaan sebagai berikut :PT. ABC bergerak dibidang manufaktur. Pada tahun 2021 membuat pabrik di Malaysia dengan nama MIM Bdn. Corp. Bagaimana dengan status subjek pajak PT. ABC dan MIM Bdn. Corp? apa dasar hukumnya? terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Novi
Februari 27, 2022 10:23 am

PT ABC sebagai subjek pajak dalam negeri dan MIM Bdn, Corp sebagai SPLN
dasar hukum silahkan buka UU KUP dan PPh

Last edited 5 months ago by Om Pimpa
Novi
Novi
Reply to  Om Pimpa
Februari 27, 2022 10:34 am

terima kasih banyak atas jawabannya om. jika berkenan, izin bertanya lagi om withholding dan self assessment, diketahui profil PT. XYZ
– bergerak dalam bidang jual AC perkantoran dan juga menawarkan pemeliharaan AC juga.
– Memiliki karyawan sebanyak 25 karyawan.
– PT. XYZ sudah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak sejak Januari 2022.
– PT. XYZ mengimpor spart part AC dari Daikin Japan.
– PT. XYZ berdiri sejak Maret 2019.
Anda diminta oleh pimpinan PT. XYZ menginventalisir kewajiban pajak yang termasuk kewajiban Withholding dan Self Assessment? Jelaskan alasan anda? terima kasih om sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Novi
Maret 1, 2022 4:43 am

pimpinan PT XYZ siapa ini? ya silahkan dibaca lg UU KUP dan PPh beserta peraturan pelaksananya

Novi
Novi
Reply to  Om Pimpa
Maret 3, 2022 10:29 am

Di soalnya hanya di jelaskan bahwa jika saya diterima di PT. Xyz sebagai bagian pajak, lalu pimpinan meminta saya untuk meng inventalisir hal hal di atas Yang termasuk withHil dong dan Self assesment pak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Novi
Maret 3, 2022 12:09 pm

silahkan dibaca lg UU KUP dan PPh beserta peraturan pelaksananya

via
via
Februari 26, 2022 7:34 am

maaf mau tanya, ini kn saya mau lapor SPT OP tahunan, saya marketing dan tiap ada komisi selalu dipotong pph21 tanpa melihat PTKP, dan saya punya bukti potongnya, sehingga saat saya melaporkan SPT tahunan jadi ada lebih bayar, jadi harusnya bagaimana ya ? supaya tidak ada lebih bayar, mohon pencerahannya, trima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  via
Februari 26, 2022 10:26 am

menambah penghasilan lainnya agar NIHIL, atau melakukan restitusi karena lebih bayar..

Rifqi
Rifqi
Februari 26, 2022 6:12 am

pak perusahaan saya menggunakan vendor untuk menyediakan dana talang untuk karyawan dan biaya admin atas setiap penarikan di tanggung perusahaan. apakah biaya admin tersebut terkena pajak 23 ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rifqi
Februari 26, 2022 10:26 am

Ini biaya admin itu semacam jasa manajemen atau apa?

inna
inna
Februari 26, 2022 5:15 am

Om izin bertanya..
Mohon pencerahannya, pada saat saya membuat Faktur Pajak DTP PMK 6 Setelah saya Approve tetapi “reject” dengan keterangan “ETAX-API-10031: Nomor Dokumen PPBJ Tidak Boleh Kosong” itu bagaimana ya?

WhatsApp Image 2022-02-26 at 12.14.20.jpeg
Om Pimpa
Editor
Reply to  inna
Februari 26, 2022 10:27 am

melakukan update efaktur terbaru dan menginput nomor dokumen PPBJ terkait

chrestyan
chrestyan
Februari 26, 2022 1:28 am

Halo om, mau nanya om.
sebelumnya usahanya masih bentuk umkm, dan pada januari 2022 sudah dikukuhkan jadi PKP dan sudah ada FPM nya. saya mau tanya om apakah saya harus bikin laporan SPT tahunan 2021?

Om Pimpa
Editor
Reply to  chrestyan
Februari 26, 2022 10:26 am

Laporan SPT Tahunan dr awal ya tetap ada, ga ada hubungan dengan status PKP

inna
inna
Reply to  Om Pimpa
Maret 9, 2022 2:12 am

kalau menghilangkan “Dokumen Refrensi gimana ya Om?

WhatsApp Image 2022-03-05 at 11.08.38.jpeg
Dwe
Dwe
Februari 25, 2022 12:54 pm

Selalu Reject saat upload pajak 070 dengan kode cap “PP 41 th 2021″ tapi saat upload dgn kode cap ” PP 40 th 2021″ baru berhasil, sedangkan customer saya maunya pake pp 41, tapi knp ga bisa,, mohon pencerahannya……

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dwe
Februari 26, 2022 10:27 am

kode faktur 070 transaksi jenis apa? jika tentang Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) berdasarkan PP 41..
silahkan hubungi KPP terdaftar atau simak mengenai PP tersebut pd link https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/

muyo
muyo
Februari 25, 2022 9:06 am

halo om, tahun 2021 perusahaan kami melakukan pembelian mobil xpander,pertanyaannya untuk pajak masukan pembelian mobil operasional apa bisa dikreditkan ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  muyo
Februari 25, 2022 9:55 am

bisa

Muyo
Muyo
Reply to  Om Pimpa
Maret 2, 2022 3:01 am

Om saya mau tanya lagi

1. Untuk peraturan nya bisa liat dimana ya om?
2. Bulan sept 2021 kemarin customer kami meminta credit note karna ada barang yang rusak tetapi barang tersebut tidak dikembalikan jadi kami hanya menanggung biaya perawatan nya saja, untuk ini kami buat credit note nya tanpa ppn om, seharusnya credit note itu pakai pon atau tidak ya om?

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Muyo
Maret 3, 2022 4:07 am

1. Pasal 9 uu ppn
2. Kl sifatnya mengurangi nilai yg ditransaksikan maka ada itungan PPN jg

Muyo
Muyo
Reply to  Om Pimpa
Maret 4, 2022 8:44 am

Betul om, untuk pembayaran kami melakukan sistem mengurangi dari nilai invoice,untuk perhitungan nya bagaimana ya om,?karena transaksi nya juga sudah dilakukan disep kemarin

Om Pimpa
Editor
Reply to  Muyo
Maret 5, 2022 11:35 am

nilai barang yg diretur customer+PPN 10%

Verus
Verus
Februari 25, 2022 8:43 am

Perusahaan saya menggunakan insentif pph final PP 23 Tahun2 2018, kemudian dalam laporan keuangan saya ada biaya promosi. Apakah wajib saya membuat daftar nominatif dikarenakan saya menggunakan tarif final?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Verus
Februari 25, 2022 9:55 am

jika menggunakan tarif final, smua bebannya akan dikoreksi, jd ga perlu buat daftar nominatif

Verus
Verus
Reply to  Om Pimpa
Februari 25, 2022 10:01 am

Beban nya dikoreksi positif?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Verus
Februari 25, 2022 11:48 am

semua biaya terkait penghasilan yg final akan ikut dikoreksi

Koperasi wenang manado
Koperasi wenang manado
Februari 25, 2022 7:51 am

Mau nanya om ..
Begini om saya mau melaporkan spt pajak badan bulan, cuman di masa januari 2022 ada 2 faktur, tp yg baru ada pencairan baru 1 faktur yg satu belum jd bagimana cara melaporkannya,

Om Pimpa
Editor
Reply to  Koperasi wenang manado
Februari 25, 2022 9:54 am

belum pencairan, bagaimana maksdny?

Kiki Widjaja
Kiki Widjaja
Februari 25, 2022 6:22 am

Siang Om, Saya Kiki, mau tanya: PT resminya berdiri Sep 2021 dan belum beroperasi secara komersial sd sekarang. Pertanyaan nya bagaimana pembebanan biaya2 sebelum tanggal pendirian dan juga setelah itu sebelum beroperasi secara komersial. Apakah ke satu akun misalnya biaya pendirian atau ke akun sesuai dengan sifat pengeluaran tadi Kalau misalnya ke akun biaya pendirian, apakah dibebankan di tahun 2021, atau di amortisasi. Pengeluaran2 mis untuk biaya perjalanan, biaya notaris, biaya pembuatan akte dll Sebelum pendirian semua pengeluaran dilakukan mel rekening pribadi, dimana ini kemudian di reimbursed ke rekening perusahaan. Pada saat pembayaran mis notaris mel rekening pribadi tdk dipotong… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kiki Widjaja
Februari 25, 2022 9:54 am

1. Ada aturan tentang biaya pra operasi, ada yg bisa diakui dan ada yg ga bs
2. Jika memenuhi kriteria biaya pra operasi maka akan ada amortisasi
3. Jika memang mau ada reimburse maka pastikan di dokumen2 itu jelas pihak2 mana yg bertransaksi

Veni
Veni
Februari 25, 2022 5:46 am

Om mau tanya customer saya salah input penyerahan : lainnya di BC. 4.0 saat saya masukan no SPPB eror 10030 bukan barang atau jasa penyerahan. Nah customer sudah dpt persetujuan bea cukai klo peyerahannya sudah diganti. Tp saya masih ga bs approve faktur pajaknya dan keterangan masih sama eror 10030.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Veni
Februari 25, 2022 10:04 am

silahkan hubungi KPP terdaftar atau dapat cek link mengenai sosialisasi kawasan berikat, pd youtube https://www.youtube.com/watch?v=5k_zrm5eprE

Veni
Veni
Reply to  Om Pimpa
Februari 25, 2022 10:53 am

Sudah saya hubungi Kring kring pajak 1500200 om katanya harus buat surat penegasan masalah kasus ini ke bagian DJP Perpajakan 1 (Pusat)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Veni
Februari 26, 2022 10:30 am

Nah kalo itu saat ini om jg blm bs bantu opsi lain

Veni
Veni
Reply to  Om Pimpa
Februari 27, 2022 12:14 pm

Oke om gpp karna kasusnya baru jadi blm ada penyelesaiannya (Solusi) dri pusat jadi semakin banyak yg kirim surat penegasan smkin cepat direspon krna banyak jg yg kena kendala ini.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Veni
Maret 1, 2022 4:39 am

betul bos

shin
shin
Februari 25, 2022 3:23 am

om saya mau tanya jika wkt upload faktur tapi reject lalu ada keterangan etax-api-10031: nomor dokumen PPBJ tidak boleh kosong, itu bagaimana cara menanganinya? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  shin
Februari 25, 2022 10:04 am

melakukan update keversi terbaru dan menginput nomor pendukung terkait terlebih dahulu

Sisilia
Sisilia
Februari 25, 2022 2:01 am

Om, mau tanya

dalam penginputan faktur pajak 070 atas kawasan bebas batam, apa saja yg perlu diperhatikan agar faktur pajak tidak reject ?
karna saya sudah input dengan benar tapi nomor ppbj tidak ditemukan
sedangkan saya sudah cek di insw bahwa nomor ppbj sudah benar. tapi di efaktur tidak ditemukan,

setelah saya input kembali dengan nomor seri faktur pajak berbeda, keterangan reject berubah menjadi nilai dpp tidak sesuai. padahal nilai dpp sudah sesuai dengan nilai yg terdapat di ppbj

mohon solusinya

terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sisilia
Februari 25, 2022 10:03 am

silahkan hubungi KPP terdaftar atau dapat cek link mengenai sosialisasi kawasan berikat, PPBJ pd youtube https://www.youtube.com/watch?v=5k_zrm5eprE

Radiastra
Radiastra
Februari 24, 2022 1:31 pm

Salam kenal saya radi dari rs balimed denpasar, pak mau bertanya jika 1770 spt org pribadi utk pekerjaan bebas tidak ingin menggunakan failitas kredit pajak utk tahun berikutya apakha boleh ??? infonya jika tidak menggunakan kredit pajak kemungkinan besar akan disorot dan diperiksa, mohon arahannya. makasi

Om Pimpa
Editor
Reply to  Radiastra
Februari 25, 2022 9:51 am

fasilitas kredit pajak apa yg dimaksud?

Radi
Radi
Reply to  Om Pimpa
Februari 25, 2022 9:54 am

Kredit pajak PPh 25 utk tahun berikutnya pak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Radi
Februari 25, 2022 11:49 am

tergantung detail kondisi pada SPT Tahunan sebelumnya

Radi
Radi
Reply to  Om Pimpa
Februari 25, 2022 12:06 pm

Gmn pak? Kok gak jelas jwbany

Om Pimpa
Editor
Reply to  Radi
Februari 26, 2022 10:25 am

Jadi gini ya, ga semua jawaban itu bs bener2 dijelaskan lengkap disini, bahasan td kl beneran mau jelas itu bs jd bahan seminar 2 jam bos, ga bs ditulis di text gini

Jes
Jes
Februari 24, 2022 12:13 pm

Om, mau tanya apakah spt tahunan wajib pajak pribadi bisa dilapor oleh perusahaan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jes
Februari 25, 2022 11:47 am

bisa-bisa aja kalo perusahaannya mau laporin

vita
vita
Februari 24, 2022 11:09 am

permisi mau tanya kalau kita salah input nomer spbb itu gmna ya batal terus biat baru gitu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  vita
Februari 25, 2022 11:47 am

iyaa

david
david
Februari 24, 2022 6:33 am

om saya mau tanya. jadi perusahaannya itu baru terdaftar jadi PKP 20 Januari 2022 kemarin, tapi di prepupolated data sudah ada faktur masukkan dari bulan maret 2021. untuk pajak keluaran sama sekali belum ada. kira kira saya harus apa ya om untuk pajak masukan tersbut? faktur masukkan nya statusnya masih belum upload.

Om Pimpa
Editor
Reply to  david
Februari 24, 2022 10:25 am

FPM nya yg diakui setelah PKP aja

david
david
Reply to  Om Pimpa
Februari 24, 2022 5:26 pm

terus fpm sebelum PKP yg muncul di prepopulated data di apain om? saya upload aja semua om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  david
Februari 25, 2022 9:51 am

ga perlu di apa”in..
kan yg diakui FPM setelah tgl PKP

david
david
Reply to  Om Pimpa
Februari 26, 2022 1:32 am

oh gitu, kalo spt tahunan untuk 2021 saya harus lapor apa engga om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  david
Februari 26, 2022 10:26 am

ga ada hubungannya dengan pertanyaan yg awal, SPT Tahunan tetap harus dilaporkan terkait penghasilan selama thn 2021

Anis
Anis
Februari 24, 2022 4:50 am

Siang Omm Pimpaa, mau tanyaa. untuk prive direktur nanti pada saat laporan SPT Tahunan Badan CV privenya nanti masuk di bagian atau lampiran mananya yaa?? apakah di lamp. 8A-2 bisaaa?? jika iya dibagian mananya elemen neraca??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anis
Februari 24, 2022 1:10 pm

prive akan mempengaruhi modal sehingga akan muncul di neraca bagian modal, di SPT akan ada di lampiran transkrip kutipan laporan keuangan

Anis
Anis
Reply to  Om Pimpa
Februari 25, 2022 1:10 am

Terima kasih Omm jawabannya

itu nanti diisi langsung mengurangi dimodalnya atau ada akun sendiri omm buat privenyaa?? soalnya di transkip laporan keuangan ndak ada akun privenyaa??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anis
Februari 25, 2022 9:55 am

Di halaman transkrip bs aja langsung mengurangi tp di laporan keungan yg dilampirkan sebaiknya tetap dimunculkan akun trsendiri

Ocky
Ocky
Februari 24, 2022 3:57 am

Om,mau nnya
Saya kan habis mnta NSFP ditgl 22 februari 2022,namun transaksi saya di bulan januari, pas saya mau isi no pajak, keterangannya reject, terus harus sesuai dengan tanggal saat saya mnt nsfp,tp transaksi saya masa januari, kalau saya isi sesuai tgl nsfp, otomatis transaksi saya jadi masa februari,mohon solusinya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ocky
Februari 24, 2022 10:25 am

penjualannya hanya bisa diakui pd masa feb karena permintaan NSFP ditgl 22 Feb

Yulin
Yulin
Februari 24, 2022 2:54 am

selamat pagi admin, mau tanya setelah update efaktur 3.1 saya mengalami eror 30005 error objek mapping kode dokumen pendukung salah nilai 0. mohon solusinya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yulin
Februari 24, 2022 10:25 am

silahkan menginput nomor dokumen pendukung terkait

Yulin
Yulin
Februari 24, 2022 2:54 am

selamat pagi admin, mau tanya setelah update efaktur 3.0 saya mengalami eror 30005 error objek mapping kode dokumen pendukung salah nilai 0. mohon solusinya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yulin
Februari 24, 2022 10:24 am

silahkan update ke versi terbaru dan menginput nomor dokumen pendukung

Lailia
Lailia
Reply to  Om Pimpa
April 25, 2022 2:45 am

Nomer dokumen pendukung itu di bagian mana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lailia
April 25, 2022 11:43 am

silahkan cek link https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/ mengenai PPBJ, dokumen pendukung BC 4.0 dan lainnya

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x