Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
ayu
ayu
September 21, 2021 9:43 am

Bagaimana jika PBK PPN ternyata nilainya lebih besar dari jumlah PPn yang akan dibayar?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ayu
September 21, 2021 2:20 pm

Ya tidak masalah

niken
niken
September 21, 2021 8:46 am

selamat sore, saya mau bertanya apa itu aturan insentif pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  niken
September 21, 2021 2:21 pm

Dalam bahasa simplenya itu adalah aturan tentang keringanan pajak

Fitria
Fitria
September 21, 2021 8:36 am

Selamat sore om, maaf mau tnya. Perihal pph atas dividen yg sebelum ada UU Ciptaker kan tarifnya 10% dan sekarang tarif menjadi 0% alias dibebaskan. Apakah kita sebagai PT yg membagikan dividen kepada pemegang saham tersebut masih harus membuat bukti potongnya? Atau bagaimana ya om? Sebab pada app e-SPT pph pasal 4 ayat 2 tarif tidak boleh kosong. Mohon jawabannya om, terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fitria
September 21, 2021 2:21 pm

Tidak perlu melakukan pemotongan

rizki
rizki
September 21, 2021 6:28 am

om mau nanya, ketika om punya perusahaan lebih bayar PPn sebesar 112jt pada bulan agustus 2021, apa yg om lakuin ??

Om Pimpa
Editor
Reply to  rizki
September 21, 2021 2:09 pm

yg om lakukan ya banyak, misalnya merenung lalu melakukan kewajiban pajak dengan benar, yes yes

Amel
Amel
September 21, 2021 2:49 am

Selamat pagi, saya mau tanya misalnya Roberto Manulang adalah seorang pengacara ternama di kota JKT dan memiliki penghasilan netto fiskal dalam tahun 2020 sebesar Rp. 675.900.000,-. Roberto menikah dengan Warikem seorang notaris (NPWP digabung dengan suami ) dan memiliki 3 orang anak yaitu Regina Maryani (21 November 2010), Renata Astuti (10 Agustus 2012) dan Melani Friskanita (25 Desember 2020). Selama tahun 2020 Roberto membayar pajaknya sendiri setiap bulan sebesarRp. 15.000.000-., sedangkan PPh yang dipotong oleh pihak lain sebesar Rp. 20.000.000,- Istri Roberto memiliki penghasilan bruto sebesar Rp. 750.000.000 pada tahun yang sama (norma penghitungan 50%). Menurut anda apakah perhitungan PPh… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amel
September 21, 2021 2:09 pm

penghasilan dapat digabung, nah untuk pertanyaan selanjutnya silahkan dicek kembali di materi belajarnya, jadi yg kita bahas disini yg terait kejadian nyata ya, bukan soal latihan atau ujian

yuni
yuni
September 20, 2021 10:28 pm

om mau tanya. jika saya menerima hibah saham dari perusahaan. sebesar 1% jika dirupiahkan sebesar 200jt. apakah kena pajak? kena pph pasal berapa ya om? dan berapa persen. trimakasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  yuni
September 21, 2021 2:10 pm

hibah yg menjadi bukan objek PPh hanya yg terkait hubungan darah satu derajat ke atas atau ke bawah, selain itu akan masuk ke PPh tarif umum pasal 17, simple nya begitu

Arwan
Arwan
September 20, 2021 10:46 am

om pimpa mau tanya tarif umkm pasal 17 tarifnya berapa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
September 20, 2021 11:51 am

Ini untuk badan atau individu ya?

Arwan
Arwan
Reply to  Om Pimpa
September 27, 2021 9:06 am

untuk badan om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
September 27, 2021 2:20 pm

Kl pasal 17 untuk badan di angka 22%, tp hati2 penerapannya ya, salah penyebutan istilah bisa fatal dan berbeda dengan yg dimaksud

Arwan
Arwan
Reply to  Om Pimpa
Oktober 5, 2021 8:40 am

baik om..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
Oktober 5, 2021 8:47 am

okee

Sri Hastuti
Sri Hastuti
September 20, 2021 10:30 am

“Maju” pada bulan Maret 2011 mengimpor barang dari Singapura
dengan harga US $ 800.000 biaya angkut US $ 8.000 dan biaya assuransi
US$ 2.000 yang dibayar di luar negeri Selain itu juga dikeluarkan bea
masuk Rp 5.000.000, angkut di pelabuhan Rp 2.000.000 serta pungutan
lain (tidak resmi) Rp 4.000.000

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sri Hastuti
September 20, 2021 11:51 am

Copy paste apaan nih, wowowow

Haku
Haku
September 20, 2021 7:34 am

hello, Om Pimpa, aku mau tanya di laporan BPE jumlah nominalnya beda dengan laporan SPT yang dibayarkan, itu kenapa ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Haku
September 20, 2021 11:51 am

Dicek kembali di bagian SPT Induknya, brapa angka Kurang Bayarnya, bs jadi ada yg dr awal keliru kurang teliti

Ari
Ari
September 20, 2021 6:56 am

Selamat siang om, tanya..untuk PT yg tidak bisa menggunakan PP23 karena sdh lewat 3th, pph 25 nihil,sama seperti perusahaan baru. tetapi akan tetap kena pph 29 ya yg hrs dibayar sebelum laporan spt tahunan 2021.Jika demikian pembayaran pph25 di tahun 2021 akan lebih meringankan ya.
Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ari
September 20, 2021 11:51 am

Yes betul, memang seperti itu jadinya

yudith
yudith
September 19, 2021 7:58 am

mau nanya om. Temen saya memiliki usaha ternak ayam boiler (mitra). temen saya bingung, bagaimana menghitung pph nya terutama peredaran bruto. apakah dari penjualan atau selisih setelah dikurangi semua. karena katanya dia terima bersih saja, untuk penjualan dan pembelian semuanya, itu mitra yang tanggungjawab, dia hanya menerima hasil. terimakasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  yudith
September 20, 2021 3:46 am

Ini perlu diperjelas dari sisi apakah dia hanya jasa penggemukan ayam saja atau gmn, misal itu benar maka skema adalah dari awal ayam kecil yg dititip ke dia adalah bukan milik dia, sehingga saat sudah besar harus dikembalikan ke si pemilik, skema ini harus jelas dulu

Robby
Robby
September 18, 2021 2:18 pm

mau nanya om..saya ada transaksi jual beli tanah yang belum selesai dan awalnya sebulan lalu saya diberitahukan harus membayar pph sebesar 2,5% dari nilai transaksi jual beli..
namun sekarang tiba2 pihak notaris bilang kalau tarif pph jadi 2,5% dari NJOP bukan dari harga deal jual beli..
sedangkan NJOPnya saja hampir 70% lebih mahal daripada nilai jual beli yang disepakati..
yang saya ingin tanyakan apa benar ada peraturan baru yang mengharuskan pph dihitung 2,5% dari NJOP?

makasih om..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Robby
September 19, 2021 6:51 am

Benar, namun ini bukan peraturan baru, dari dulu memang dasar hitungannya adalah angka yg lebih tinggi antara harga riil dan NJOP, jadi jika NJOP lebih tinggi maka akan memakai angka itu

Anthony
Anthony
September 18, 2021 1:09 pm

Saya berstatus sebagai pembeli , dan Penjual membuka faktur pajak akan tetapi salah seharusnya terjadi di dua bulan ( bulan Juli dan Agustus ) tetapi di buka oleh pihak penjual full di bulan Agustus , dan saya mengetahui nya dan meng info kan di bulan September .
Pertanyaan :
1. Apakah akan di kenakan denda telat lapor ?
2. Apakah ada keringanan ke mereka yg telat melapor ? Karena diliat dari nilai nya lumayan besar
3. Apa konsekuensi nya ke pihak kami sebagai pembeli apabila pihak penjual masih bersikeras tidak mau memperbaikinya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anthony
September 19, 2021 6:51 am

1. Denda di pihak siapa mksudnya?
2. Blm bs dijawab karena blm jelas arti “mereka” itu siapa
3. Tidak ada masalah bagi pembeli

rimaVT
rimaVT
September 18, 2021 2:46 am

mo nanya laagi om..
tahun 2020 bos saya sudah di hapuskan npwpnya krna sdah mninggal tepatnya bulan juni.. dan sdah pbk ke npwp anknya pph dan ppn yg sudah di bayar dari januari sampe juni,,
nah pada tahun ini 2021, dpat STP yg mana bos saya yg sdah minningal tdk lapor spt tahunan..
1.apakah harus tetap lapor spt tahunan walau sdah di hapuskan pajak npwpnya ?
2.apa yg hrus di lakukan dgn stp tersebut ?
trimakasih om
GBU

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
September 18, 2021 4:22 am

Silahkan hubungi KPP dan sampaikan aja kondisi bahwa sudah hapus NPWP

rimaVT
rimaVT
Reply to  Om Pimpa
September 20, 2021 9:04 am

om kalo ke kpp, bgian apa ya yg harus saya temui ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
September 20, 2021 11:52 am

Loket TPT, semua layanan dilakukan disana

rimaVT
rimaVT
Reply to  Om Pimpa
September 21, 2021 2:03 am

makasih infonya om.GBU

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
September 21, 2021 8:13 am

sama-sama.. GBU too

Dharma Setiawan
Dharma Setiawan
September 18, 2021 2:22 am

Selamat pagi salam sejahtera dan sehat selalu, bagaimana perhitungan pajak dalam pembelian aset dari hasil utang lewat orang pribadi atau perusahaan? Aset bisa kendaraan atau tanah bangunan…terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dharma Setiawan
September 18, 2021 4:21 am

Perhitungan pajak apa? Kl di transaksi pmbelian ya ga ada urusan belinya dari utang ataupun bukan, pembelian adalah transaksi tersendiri dan sumber uang untuk membeli adalah hal yg berbeda lagi

rimaVT
rimaVT
September 18, 2021 2:16 am

selamat pagi om pimpa, sehat sllu ya om

om mo nanya dong…
saya kan buat perusahaan baru,bntuk cv
trus sudah buat npwp.. saya mau ajukan pkp om, apakah boleh walau masih baru?
thankyou om

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
September 18, 2021 4:23 am

Semoga sehat2 selalu juga

Boleh2 saja kalo mau PKP

rimaVT
rimaVT
Reply to  Om Pimpa
September 20, 2021 9:05 am

ohh makasi om, infonya

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
September 20, 2021 11:52 am

siappppp

Glenn
Glenn
September 17, 2021 11:17 am

Halo Om saya mau tanya, saya masih seorang mahasiswa semester 3, waktu umur saya 18 tahun saya pernah bikin NPWP di kantor pajak karena niatnya mau mengajukan pinjaman ke bank membantu orangtua (butuh NPWP), namun tidak jadi, saat mendaftar saya blgnya punya bisnis online kecil2an (sebenrnya gaada). Apakah saya wajib melapor pajak ke kantor pajak? Soalnya dari 2020 hingga skrg saya blom pernah lapor apa2. Apakah saya bakal kena denda Om, saya belom berpenghasilan sama sekali :(. Mohon bantuan jawabannya om terimakasihh.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Glenn
September 18, 2021 4:00 am

Kewajiban pelaporan SPT Tahunan PPh hanya untuk yg memperoleh penghasilan melebihi PTKP

Suci
Suci
September 17, 2021 6:06 am

pajak apa yang potongannya 2%

Om Pimpa
Editor
Reply to  Suci
September 18, 2021 3:59 am

Umumnya PPh 23, tp variasi lain ya banyak

David
David
September 17, 2021 4:14 am

om mau tanya kalau saya beli unit apartemen dan sudah dicicil 8 bulan dan kemudian saya beli unit apartemen baru dan uang yang sudah dibayarkan dari unit apartemen yang lama dipindahkan ke unit apartemen yang baru, apakah PPN dari unit apartemen yang lama bisa dialihkan ke unit apartemen yang baru?

Om Pimpa
Editor
Reply to  David
September 18, 2021 4:01 am

Tergantung perjanjiannya yaa

Kusbani
Kusbani
September 17, 2021 3:37 am

Selamat Siang Om. Saya Bani. Misal ada PT dengan Omset setahun baru 553 juta, tapi PT tersebut tidak melakukan Pengajuan Penggunaan PP 23 tahun 2018 yang 0.5 %. Bagaimana perhitungan tarif pajak untuk pelaporan SPT tahun 2020 nya ?apakah pakai tarif biasa yang 22%. dan PT Tersebut juga belum PKP. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kusbani
September 17, 2021 3:44 am

Kapan PT berNPWP nya? Ini harus cek jg dengan durasi diperbolehkannya menggunakan PP23

Kusbani
Kusbani
Reply to  Om Pimpa
September 17, 2021 3:51 am

terdaftar NPWP nya 30 Juli 2018. tapi sampai 2019 kita sudah lapor SPT tahunan tapi dilampir kan surat belum ada kegiatan usaha. mulai ditahun 2020 baru ada transaksi. tapi PT tersebut tidak melakukan Pengjauan penggunaan PP 23. terima kasih ya om.. semoga sehat selalu .

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kusbani
September 18, 2021 4:00 am

Tahun pajak 2020 tetap msh dapat menggunakan PP23, di sisi lain kl pengajuan surat keterangan PP23 itu diperlukan hanya saat berhubungan dengan pihak pemotong, jadi tidak mengajukan pun tetap bs menggunakan PP23

CHOLISTA DAVID PRASETYO
CHOLISTA DAVID PRASETYO
September 17, 2021 1:39 am

Assalamualaikum wr wb
Pak apakah kalo kita keluar dari kerjaan (resign) kita tetap dikenai pajak bulanan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  CHOLISTA DAVID PRASETYO
September 17, 2021 3:41 am

Ini pajak bulanan yg pasal brapa maksudnya? Pajak secara umum akan tetap ada selama menerima penghasilan, tinggal masalah jenisnya saja yg akan bervariasi

Nael
Nael
September 16, 2021 1:08 pm

Halo.. perkenalkan saya natanael clinton, ingin bertanya tentang fasilitas pph 21 DTP .. case nya : WP tersebut tidak lapor atas pemanfaatan fasilitas pph 21 dtp pada KSWP. Dalam PMK tersebut maka WP harus bayar atau bisa dikatakan bahwa WP tersebut tidak bisa memanfaatkan fasilitas pph 21 DTP.
Pertanyaan nya :
Apakah WP tersebut bisa menolak bayar dengan alasan ketidaktahuan atau kekhilafan kepada kpp ?

Terima kasih.
Salam sehat

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nael
September 17, 2021 3:41 am

Secara umum dalam aturan apapun tidak ada alasan ketidaktahuan, atau simplenya saat aturan telah dirilis maka dianggap sudah mengetahui

Asen
Asen
September 16, 2021 10:20 am

Selamat sore om Selama ini setiap bulan saya ada bayar pajak Pph final. Tapi saya bayar sekedarnya az, karena saya usaha toko ponsel masih secara tradisional. Kemarin saya ada dapat surat dari Dirjen Pajak, untuk membayar kekurangan pembayaran selama ini. Dan sekarang saya sudah selesai membayar kekurangannya. Selanjutnya saya di suruh buat SPT, karena selama ini saya tidak pernah melapor SPT (tidak tahu caranya). Pertanyaan saya : Jika sekarang saya ada lapor punya aset rumah dan mobil, selain di kenakan denda 100rb pertahun (karena tidak lapor SPT), apakah saya akan di kenakan denda lain yang besar? Atau denda apa yang… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Asen
September 17, 2021 3:40 am

Halo..Pengakuan harta yg diisikan dalam SPT harus lengkap dan juga sesuai dengan pengahasilan yg diperoleh. Jumlah utang jg harus dituliskan karena akan berpengaruh juga. Misal penghasilan 10 tetapi bisa beli harta nilainya 50 tanpa utang, maka penghasilan 10 menjadi tidak masuk akal.

Asen
Asen
Reply to  Om Pimpa
September 17, 2021 5:08 am

Ada di kenakan denda ga ,om? Karena selama ini tidak pernah lapor SPT.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Asen
September 18, 2021 4:01 am

Denda terlambat lapor SPT tahunan individi sebesar 100rb

Asen
Asen
Reply to  Om Pimpa
September 18, 2021 7:30 am

Saya ada dapat info yg katanya bisa kena denda 12%an gitu dari aset, apakah betul?
Terima kasih atas jawabannya ya om 🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Asen
September 19, 2021 6:45 am

Tergantung detail case nya dl seperti apa, di pajak variasi case itu sangat beragam dan gak bs dipukul rata misal semua yg tidak lapor SPT akan terkena denda 12%

Susi
Susi
September 16, 2021 10:00 am

Om…. Mau tanya lagi, misalnya gini ada perusahaan sudah pkp 3tahun tapi kantornya masih sewa kepada komisarisnya, apakah uang sewa yg kita bayarkan ke pemilik (komisaris) kita kenakan pajak 10% dan apakah perlu laporan pph 4 pasal 2 om? Lalu apakah komisarisnya juga perlu laporan pajak atas uang sewa yg dia Terima…. Terima kasih sebelumnya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Susi
September 17, 2021 3:38 am

Yup, ada pemotongan PPh atas sewa dan juga penerima uang melaporkannya dalam SPT Tahunan dia

Lorensia
Lorensia
September 16, 2021 5:13 am

Selamat siang om, mau tanya. Saya ingin bikin bukti potong PPh 21 tenaga ahli untuk notaris, misal nama notarisnya Ibu Maria, akan tetapi notaris tersebut NPWP nya gabung dengan suami, identitas dalam bukti potong pph 21 tsb saya isi nama suami atau istri (notaris) ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lorensia
September 16, 2021 8:44 am

Nama diisi dengan nama yg bersangkutan dan NPWP diisi dengan NPWP suami

erliana
erliana
September 16, 2021 3:26 am

Om mau tanya: Kasus PBK dan PPN Lebih bayar pada masa yang sama. Contoh kasus 1. Bulan Juli Perusahaan memiliki PPN Lebih bayar -+10jt, lalu dilimpahkan lebih bayar ke masa berikutnya yang otomatis bulan Agustus. (Karena Mencekilist Masa Selanjutnya di Efaktur dan Webfaktur) 2. Bulan Agustus, menerima 6 Surat persetujuan PBK Pajak Final yg diajaukan untuk PPN masa 8 atau bulan Agustus Totalnya -+13jt 3, Bulan Agustus ini PPN Kurang bayar -+40jt dan PPN Lebih bayar kami -+20jt 4. Dari perhitungan diatas maka dapat disimpulkan untuk masa 8 atau bulan Agustus ini, akan Lebih bayar kembali -+3jt Pertanyaannya: 1. Bagaimana… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  erliana
September 16, 2021 8:45 am

1. di isian SSP pilih PBK dan masukan nomor PBK, bukan yg NTPN
2. Menerapkan gmn maksudnya? Jika pada bulan sebelumnya sudah pernah ada SPT LB kan artinya sudah pernah mempraktekan ada LB, masalahnya dmn?
3. Pertanyaan belum jelas, tidak dapat dijawab

David
David
September 15, 2021 1:20 pm

mau tanya om. saya kan beli apartemen di des 2020 dan cicilan sudah berjalan sekitar 8 bulan. unit apartemen belum jadi, apakah bisa bebas PPN? krn saya baca di PERMENKEU No.21/PMK.10/2021 pasal 13 ayat c disebutkan kalau unit hunian rumah susun yang belum diserahkan namun telah dilakukan pembayaran sebelum berlakunya PERMENKEU ini maka PPN ditanggung pemerintah. mohonn penjelasannya om. terima kasih sebelumnya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  David
September 15, 2021 2:01 pm

Silahkan cek jg di pasal yg menyebutkan tentang serah terima bangunannya, jadi intinya ada beberapa poin persyaratan yg perlu dilengkapi agar fasilitas PPN dpt digunakan

Susi
Susi
September 15, 2021 10:53 am

Hai om pimpa… Saya mau tanya om mengenai prive. Begini om misalnya Komisaris atau direktur kan gajinya 5juta tapi ada 5bulan berturut-turut mengambil prive tiap bulannya sebesar 5juta, pertanyaan saya adalah apakah prive yg diambil harus dilaporkan ke spt 21 mengenai gajinya maksudnya jadi gajinya jadi 10juta..karena kan tiap laporan spt21 itu mengenai pemotongan gaji dan penghasilan apakah prive termasuk penghasilan om. Terima kasih om, mau bayar konsultan pajak blm mampu om jadi dikerjakan sendiri

Om Pimpa
Editor
Reply to  Susi
September 15, 2021 2:00 pm

Prive bukan objek Pemotongan PPh sepanjang tidak melebihi atas jumlah yg telah disetorkan

Mega
Mega
September 15, 2021 6:23 am

Mau nanya pak, sebelumnya perusahaan saya baru PKP bulan September,Ada satu transaksi di bulan Agustus tapi pembayaran bulan September, apakah itu dibuatkan efaktur atau tidak? Dan ada transaksi yang sudah dibuatkan biling oleh lawan transaksi dan sudah saya bayarkan, bagaimana cara buat efakturnya itu ya? Apakah dibuat seperti biasa? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mega
September 15, 2021 1:57 pm

Penyerahan sebelum PKP tidak terutang PPN, maksud dari buat fakturnya seperti biasa ini gmn ya?

Hendra
Hendra
September 15, 2021 5:27 am

Selamat siang om.
mau tanya kl perusahaan bergerak di bidang jasa periklanan. dan ada perusahaan sigapore mau buat iklan ke perusaan saya. dan mereka beli putus satu konten iklan. jd saat mereka menerima iklan yg sudah siap tayang di sigapore. mereka membayar jasa kami.

yg saya ingin tanyakan pajaknya bagaimana ya? krn pajak pph26 hanya mencakup indonesia yg membayar ke sigapore. bukan sigapore yg membayar ke indonesia.

apakah kami tetap terbitkan faktur dan kenakan ppn 10%? krn mereka tidak ada NPWP.

atau mereka hanya membayar tanpa pajak?

mohon penjelasannya ya om. terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hendra
September 15, 2021 1:55 pm

Aspek PPN atas penyerahan jasa ini tetap ada, faktur dapat dibuat dengan npwp 000, di sisi lain ada kemungkinan mereka akan memotong PPh yg bagi perusahaan indonesia akan jadi kredit pph 24

kiky
kiky
September 15, 2021 4:48 am

siang kak mau tanya,
saya ada tagihan atas transaksi pelatihan sebesar 10 juta sudah include tax sales. itu dikenakan pajak apa ya? vendor tersebut atas PT kak, BADAN.
Mohon bantuan nya terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  kiky
September 15, 2021 1:55 pm

Ada pemotongan pph 23 atas jasa ya

Handoko
Handoko
September 15, 2021 3:41 am

Pagi om, mau tanya dong :
1. Kalau perusahaan baru berdiri (berdiri tahun 2019) dan belum ada penghasilan atau kegiatan operasional apakah tetap perlu melaporkan pajak?
2. Perusahaan tersebut adalah perusahaan jasa konsultan, laporan pajak apa saja yang harus dibuat?
3. Kalau sampai sekarang belum melaporkan pajak sama sekali apa ada konsekuensinya

Terima kasih sebelumnya…
Semoga sehat selalu

Om Pimpa
Editor
Reply to  Handoko
September 15, 2021 3:50 am

1. ada beberapa jenis kewajiban pajak yg tetap harus dilakukan walaupun blm ada operasional
2. SPT Tahunan PPh dan SPT Masa PPh 21 Desember
3. konsekuensi sanksi denda

semoga sehat selalu

fira
fira
September 15, 2021 3:26 am

halo pak, sy mau tanya kalau kita sebagai wp badan pemotong pph 21, langkah yg hrs dilakukan setelah melakukan perhitungan itu adalah membuat idbilling di ebilling,stor, baru input spt/ hrs input spt dulu baru ke pembuatan idbilling ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  fira
September 15, 2021 3:37 am

prinsipnya billing dilunasi sebelum submit SPT

titin
titin
September 15, 2021 1:30 am

pagi, om.. saya mau tanya
yang pertama : jika CV baru berdiri dan masih berstatus non PKP apakah pada saat laporan SPT tahunan tetap melampirkan laporan keuangan?
yang kedua : bila ada penghasilan lebih apakah dikenakan pajak tambahan selain PPh final?
yang ketiga : apabila pemilik CV tersebut membagikan Prive apakah pemilik tersebut wajib pembayar PPH 21 atas pembagian prive tersebut?

Om Pimpa
Editor
Reply to  titin
September 15, 2021 3:37 am

1. tetap melampirkan laporan keuangan
2. penghasilan lebih ini maksudnya seperti apa?
3. prive bukan objek PPh 21

Ano
Ano
September 15, 2021 1:12 am

Anak sudah tinggal di luar negri 10 tahun, tidak melapor pajak di Indonesia karena tidak ada pendapatan di Indonesia.
Orang tua akan memberikan uang kas, anak akan membeli tanah/rumah di Indonesia.
1. Apakah pemberian uang kas ortu ke anak kena pajak?
2. Pajak apa saja yang harus dibayar anak (terkait hibah uang dan pembelian tanah/rumah)?
3. Terkait anak tidak melapor pajak lebih dari 10 tahun, hal apa yang harus di lakukan?
4. Adakah hal lain yg perlu diperhatikan?

Terima kasih banyak.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ano
September 15, 2021 3:45 am

1. jenis transaksi hibah seperti itu bukan masuk objek PPh dan penerima jg bukan subjek pajak indonesia
2. lebih akan terkait ke transaksi saat membeli tanah/bangunan, ada pajak2 daerah seperti BPHTB yg akan terkait
3. sepanjang tidak tinggal di indonesia maka bukan subjek pajak indonesia dan tidak tunduk pada peraturan pajak indonesia
4. hal lain ini sifatnya bisa luas, jadi silahkan disampaikan aja poin mana yg akan ditanyakan

fira
fira
September 14, 2021 3:28 pm

halo pak, saya mau nanya kalau misalnya saya adlh seorang WPbadan yg memotong pph 21 karyawannya, setelah saya melakukan perhitungan dlm 1 bulan, langkah selanjutnya yg saya ambil itu cetak kode billing utk melakukan pembayaran, atau mengisi e-spt dulu ya? terimakasihh

Om Pimpa
Editor
Reply to  fira
September 15, 2021 3:46 am

prinsipnya billing dilunasi sebelum submit SPT

Ela
Ela
September 14, 2021 12:51 pm

Gini bapa saya penghasilan kurang dari 4 jt gimana cara hapus npwp kan tidak memenuhi sarat wajib pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ela
September 15, 2021 3:46 am

silahkan mengajukan permohonan Non Efektif ke KPP

Herlani
Herlani
September 14, 2021 5:15 am

Siang pak, mau tanya dong. Maksud sptservice-00021 SPT Kurang Bayar Ppn apa ya? Dan solusinya gimna. Padahal saya sudah melakukan pelunasan. Terimakasih pak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herlani
September 14, 2021 9:31 am

Apakah data pembayaran sudah diinput ke SPT? Status SPT Kurang Bayar harus ada input NTPN

Haura
Haura
Reply to  Om Pimpa
Januari 29, 2022 11:45 pm

Ya om mau nanya saya juga begitu.

Apa karena pbk saya belum jadi. ??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Haura
Januari 30, 2022 12:05 pm

Ini knpa jd ceritanya ada pbk? Awalnya ga ada

Nasron Hasibuan
Nasron Hasibuan
Reply to  Om Pimpa
April 22, 2022 4:37 pm

Saya sdah input data pembayaran ke SPT dan NTPN nya juga. Tapi stelah Submit, muncul juga SPTSERVICE-00021:SPT Kurang Bayar PPN.
Apakah itu bisa juga karena lawan transaksi belum bayar pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nasron Hasibuan
April 23, 2022 1:59 pm

tdk ada hubungannya..
cek kembali masa pajak dan jumlah yg dibayarkan

della
della
September 14, 2021 4:44 am

siang pak , mau tanya , apa saja macam-macam tarif pajak yang ada di pph ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  della
September 14, 2021 9:31 am

Banyak banget kalo tanyanya ga spesifik gini, misal yg di pasal 23 aja ada 2 tarif utama, belum lg pasal2 yg lain, jd sebutkan dl aja pasalnya

Regina
Regina
September 13, 2021 9:53 am

sore pak, mau tanya dong..
kalo kita mau buat tagihan, akan tetapi penerbitan faktur pajak nya setelah pembayaran diterima itu bagiamana ya pak?
contoh kondisi : saya dari PT. A mengeluarkan tagihan untuk PT. B, saat ini kami belum bisa mengeluarkan faktur pajak (belum laporan SPT pajak, sehingga tidak bisa request enofa) kami informasikan untuk faktur pajak baru bisa kami buatkan setelah pembayaran tagihan kami terima.
bisakah seperti itu? karena setau saya dan biasanya faktur pajak dikeluarkan bersamaan dengan invoice tagihan.

Regina
Regina
Reply to  Om Pimpa
September 14, 2021 2:28 am

berarti, boleh ya pak ketika pembayaran diterima faktur pajak di buat

Om Pimpa
Editor
Reply to  Regina
September 14, 2021 9:33 am

Acuan yg td dijawab bukan masalah boleh dan tidaknya, tp mana yg lebih dulu terjadi maka itulah yg jd acuan, jd kl sebelum pembayaran sudah ada penyerahan maka harus mengikuti waktu penyerahan

Siska
Siska
September 13, 2021 8:19 am

Hi om, hanya mau menyapa.. 🙂

Ririd
Ririd
September 13, 2021 6:15 am

Selamat siang pak,
Mau tanya, apakah ada batasan berapa kali kita boleh melakukan pembetulan dlm pelaporan SPT masa.
Terima kasih

sandra
sandra
September 13, 2021 2:14 am

selamat pagi, saya mau bertanya kalau ada wp baru yg ingin membetulkan spt tahunan di karena kan sebelumnya gedung termasuk di asset tapi sekarang mau dibetulkan dgn sewa terhadap perorangan. bagaimana perlakuan pajak atas sewa gedung tersebut?

Junita pajriani sinaga
Junita pajriani sinaga
September 12, 2021 4:33 pm

Om mau nanya dong, apakah pajak bisa digunakan untuk membayar hutang negara?

Masykurah
Masykurah
September 12, 2021 2:48 pm

PT XYZ memasukkan SPT tahunan 2019 pada tanggal 3 Juni 2020 dengan jumlah Rp 200 juta yang telah di setorkan pada tanggal 25 april 2020
pada tanggal 10 agustus 2020 PT XYZ menemukan adanya penghasilan yang belum dilaporkan dalam SPT tahunan 2019 dan memutuskan untuk melakukan pembetulan SPT tahunan
jumlah pajak kurang dibayar dalam SPT pembetulan menjadi 400 juta. kekurangan pembayaran dilunasi di perusahaan pada tanggal 25 agustus 2020.
Pertanyaannya berapa jumlah sanksi administrasi yang dikenakan atas transaksi di atas???

Annnn
Annnn
September 12, 2021 10:07 am

Halo om Pimpa,

Mau tanya untuk perdagangan saham amerika keuntungan atau kerugian nya bagaimana hitung nya di pph pribadi?

Terima kasih.

Annnn
Annnn
Reply to  Om Pimpa
September 14, 2021 2:07 am

Subjek nya WNI perorangan. Transaksi detail nya, hanya beli, dan di jual beberapa hari, bulan atau tahun kemudian. Transaksi di lakukan di indonesia melalui broker amerika (di access dari indonesia)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Annnn
September 14, 2021 9:33 am

Subjek pajak di negara mana? Broker amerika maksudnya gmn?

Annnn
Annnn
Reply to  Om Pimpa
September 14, 2021 10:49 am

Subjek pajak di Indonesia. Broker maksudnya sekuritas. Thanks

Om Pimpa
Editor
Reply to  Annnn
September 15, 2021 3:36 am

masuk tarif PPh Pasal 17 bagi subjek pajak indonesia penerima penghasilan dari luar negeri

Annnn
Annnn
Reply to  Om Pimpa
September 16, 2021 12:22 pm

Makasih om atas jawaban nya. Jika saya beli dan jual saham amerika nya melalui:
– aplikasi gotrade? Gotrade adalah aplikasi asal singapura yg bekerja sama dengan perusahaan sekuritas Alpaca Securities, LLC asal amerika, yg akan menjalankan semua transaksi jual beli saham amerika.
– aplikasi pluang? Pluang adalah aplikasi asal indonesia, yang menawarkan index saham S&P 500 (index yang terdiri dari 500 perusahaan terbesar di amerika)

Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Annnn
September 17, 2021 3:40 am

Perlakuan pajaknya tidak berbeda dengan yg ada di jawaban sebelumnya

Sadiah
Sadiah
September 11, 2021 10:31 am

Sore Om..
Izin bertanya kalau pekerjaan jasa Eddy current test masuknya ke pph 23 code jenis setoran berapa..? Terima kasih

Meliaa
Meliaa
September 11, 2021 9:37 am

Halo om,
Mau tanya seputar SSP dan SSE nih..
Ketika SSP ini masih berlaku, otomatis Kantor Pajak tau dong berapa jumlah SSP yang ada karena terdapat dokumen fisiknya dan bisa dihitung. Tetapi saat ini, ketika SSP itu tidak berlaku lagi dan semuanya diarahkan ke SSE, apakah Kantor Pajak itu tahu berapa jumlah Wajib Pajak yang menggunakan SSE om? terima kasih sebelumnya om

Burhan
Burhan
September 10, 2021 10:48 pm

Pagi om..
Saya selama ini melaporkan spt pajak harta nihil tiba dpt surat sp2dk utk thn 2019 didptkn harta sebesar 4M. Bagaimana triknya om biar pembetulan spt tak terlalu besar bayarnya.
Mohon pencerahannya.

Jessica
Jessica
September 10, 2021 4:28 pm

Halo om, mau nanya utk UU No 16 tahun 2009 tentang KUP, UU Nomor 42 tahun tentang PPN, dan UU No 36 Tahun 2008 masih berlaku tidak ya? Atau sudah diubah dengan UU Nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja? Soalnya saya ragu karena saya liat di pajak.go.id status regulasinya masih berlaku sedangkan ada juga dikabarkan tentang diubah dengan UU Nomor 11 Tahun 2008

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x