Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ivan
Ivan
September 10, 2021 4:13 pm

mau tanya om, ini saya baru ngeh bukti potong perusahaan saya niknya salah, tapi no npwp bener, apa tidak masalah?

Hero
Hero
September 10, 2021 12:13 pm

Selamat malam. Mau nanya nih… Gmn caranya utk melihat rincian pembyaran bulanan npwp. Tq

sherly
sherly
September 10, 2021 4:49 am

Halo Om.
Mau bertanya, Apabila seorang bendaharawan menggunakan jasa hotel yang tidak memiliki kewajiban ppn karena kewajibannya pajak daerah, apa bendaharawan tersebut masih perlu menyetorkan pajak daerahnya selain pph 23?

Ahmad azizi
Ahmad azizi
September 10, 2021 2:07 am

Mau tanya pak ,perusahaan china yang menumpang tranfer ke cv.di indonesia apakah nanti ada biaya pajak selayaknya cv.harus mengeluarkan 10 % pajak peghasilan

michael
michael
September 9, 2021 10:04 pm

jika saya mendapat giveaway coklat dari luar negeri dan barangnya dikirim dan dibayar (kurir dll) oleh mereka yang mengadakan giveaway tsb. nah saat barangnya sampai, apakah ada sistem pembayaran yang harus dilakukan oleh penerima? jika ada, barang kiriman jenis makanan apakah memiliki pajak tertentu?

Robby
Robby
September 9, 2021 8:00 pm

Hallo Om,
Saya mau tanya untuk Perusahaan Konstruksi (PPH Final). Bila ada membayar PPh pasal 22, 23 dan 24, apakah bisa dikreditkan di SPT tahunan ? bila dikreditkan akan lebih bayar ? dan Potensi di audit ?

Robby
Robby
Reply to  admin
September 10, 2021 7:18 pm

Maaf saya Perjelas Pertanyaannya OM, Untuk Perusahaan yang semata -mata hanya kegiatan Konstruksi (PPH Final). tapi ada mengimpr alat (PPH 22) dan sewa kan alat (pph 23) serta ada Bukti potong PPh 24. Bila menerima bukti potong PPh pasal 22, 23 dan 24, apakah bisa dikreditkan di SPT tahunan ? bila dikreditkan tentu akan lebih bayar (karna PPh Final pasl 4 ay2) dan Potensi di audit ?
Tks.

Robby
Robby
Reply to  Om Pimpa
September 14, 2021 9:45 am

Makasih banyak atas Jawabannya Om, jadi sekaligus Paham yaitu bisa LB dan Bila ada Penghasilan lain harus dipisahkan di SPT

Om Pimpa
Editor
Reply to  Robby
September 14, 2021 10:09 am

selamat mempraktekan

yuni
yuni
September 9, 2021 2:29 pm

tanya om
saya kerja di grosir sembako
mie minyak tepung dll
nah. pada saat barang datang dokument yg datang hanya surat jalan.
lalu e faktur diemail. nota suplier tidak mau kirim

jika kami diperiksa oleh kantor pajak
apakah dokument bukti transfer, faktur pajak dan surat jalan. sudah cukup ? atau harus ada nota lengkap?🙏
trimakasih atas jawabannya

yuni
yuni
September 9, 2021 2:22 pm

malam om
mau tanya
untuk pembelian barang. dokument pendukung jika hanya faktur pajak saja apa sah diakui jika diperiksa pajak? trimakasih

Darmo
Darmo
September 9, 2021 1:56 pm

bila ada perusahaan dagang yang labanya lebih dari 4,8 M setahun apa harus PKP dan memungut pajak PPN ? apa ada sanksinya jika tidak ngurus PKP ?

yuni
yuni
Reply to  Darmo
September 9, 2021 2:20 pm

4,8m itu omsetnya. bukan berdasarkan labanya
wajib pkp

Nabila
Nabila
September 9, 2021 9:06 am

Halo Om, saya ingin bertanya mengenai PPh Pasal 21 DTP apakah dapat digunakan untuk pegawai tidak tetap?

Miftah Rachma
Miftah Rachma
September 9, 2021 8:27 am

Hallo Om Pim, saya mau bertanya. Apakah penjualan eksport kayu kena PPN (Pajak Keluaran)? Lalu kami membeli bahan baku kayu di dalam negeri apakah juga ada PPN (Pajak Masukan) ?
Terimakasih

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Reply to  admin
September 10, 2021 1:33 am

Terimakasih banyak om, sehat selalu.

enggar
enggar
September 9, 2021 8:01 am

mau tanya untuk batas pengkreditan PPN DN adalah 3 bulan, apakah berlaku sama untuk PPN PMSE?
terimakasih

Ririd
Ririd
September 9, 2021 6:40 am

Selamat Siang,
mau tanya, kalau saat lapor SPT masa tetapi bukti pembayaran (file pdf) tidak terlampir harus bagaimana? Apakah harus melakukan pembetulan ?
Terima kasih

suganang
suganang
September 8, 2021 11:04 pm

Apakah Bunga Deposito Pemda dikenakan pajak ?

budi
budi
September 8, 2021 4:43 pm

om, kalo ganti konsultan pajak apa resikonya? misalnya mau pakai jasa flazztax dari konsultan sebelumnya. dan apa saja yg perlu dipersiapkan/diminta dari konsultan sebelumnya?

budi
budi
Reply to  admin
September 9, 2021 11:21 am

jika sudah diminta semua eFIN dll. Karena SPT sudah dipegang saya semua setiap tahun. Apakah masih perlu lainnya?

adi
adi
September 8, 2021 3:29 pm

saya mengikuti pengadaan barang di instansi pemerintah. dan kebetulan brg tersebut adalah brg elektronik.
pertanyaan nya apakah bisa pada saat membeli saya mengajukan agar brg tersebut tidak dikenakan PPN, dikarenakan brg tersebut sdh otomatis dipotong PPN oleh pihak instansi pemerintah!
apabila tdk bisa tanpa PPN berarti saya membayar PPN dua kali untuk barang yg sama.
mohon pencerahannya…

Mamah
Mamah
September 8, 2021 9:24 am

Nanang Hermawan (K/3) pada bulan Maret 2019 bekerja sebagai Tenaga Kerja Lepas pada
perusahaan PT Tani Jaya. Pada minggu pertama, ia menerima upah sebesar Rp4.500.000,00
(1 minggu = 5 hari kerja).
Pertanyaan:
a. Hitung PPh Pasal 21 atas penghasilan Nanang Hermawan pada minggu pertama
Maret 2019 tersebut!
b. Berapakan upah yang diterima oleh Nanang Hermawan setelah dipotong PPh Pasal
21?
c. Bagaimanakah jurnal pencatatan yang dilakukan oleh PT Tani Jaya untuk transaksi
pembayaran upah Nanang Hermawan?

Cara perhitungan pajaknya gimana ya

ZULKARNAIN
ZULKARNAIN
September 8, 2021 8:40 am

Perihal PPH Penjual dalam jual beli tanah & bangunan : saat transaksi jual beli tanah, pihak penjual dan pembeli tidak mengetahui perhitungan pajak BPHTB & Pajak Penjual sehingga saat proses pembuatan AJB (oleh pihak Pembeli) untuk kewajiban PPh & BPHTB tidak di bayarkan sampai AJB tersebut jadi yang saya ingin tanyakan : setelah proses AJB sudah jadi dan berencana menaikan Ke SHM 1. apakah kewajiban PPh (Penjual) yang belum di bayar, akan menjadi kewajiban pembeli? 2. apakah disaat pembeli memproses pph penjual bisa di nihil (dikarenakan pembeli dan penjual tidak mengetahui terkait kewajiban pajak tersebut? 3. kalau pun tidak bisa… Read more »

Zulkarnain
Zulkarnain
Reply to  admin
September 9, 2021 9:40 am

Apakah ada prosedur/aturan perpajakan yang dapat meringankan beban pembeli krna menanggung kewajiban PPh penjual?
(Pada prakteknya)

Arisyadi
Arisyadi
September 8, 2021 7:40 am

Met siang om. Sy mau nanya mengenai pengenaan pajak utk lisensi Zoom meeting. Apakah dikenakan ppn dan pph. Jika iya. Di kenakan brp persen ? Terimakasih.

Novitasari
Novitasari
September 8, 2021 7:22 am

om aku mau nanya kalo kita mau revisi kode faktur pajak dari 020 jd 010 sedangkan kita sudah lapor spt, itu faktur pajaknya bisa direivisi aja apa harus pembatalan?

Mia
Mia
September 8, 2021 7:10 am

Apakah biaya PBB dan biaya asuransi gedung sehubungan dengan sewa bangunan dapat dibebankan? Mohon infonya juga tekait dasar hukum koreksi pendapatan sewa & biaya sewa. Terimakasih

ARIE SUSANTI
ARIE SUSANTI
September 8, 2021 4:31 am

MAU TANYA, SY UDH LAPOR PPH 23 TERNYATA ADA SALAH INPUT EBUPOT, TRS SY MAU REVISI ATAU HAPUS BUKPOT NYA TP TERNYATA TIDAK BISA DI HAPUS TIMBUL BACAAN :eRROR , MELALUI PEMBATALAN, TRS SY INPU BUKPOT YNG BARU STLH DI POSTING JD TIMBUL LEBIH BAYAR,,, JADI LANGKAH YG SEHRSNYA SY LAKUKAN BGM, MENGINGT MAU LAKUKAN REVISI OR HAPUS DI EBUPOT TIDAK BISA

Trie
Trie
September 8, 2021 3:23 am

Pagi Om, mau tanya nih
PT.A merupakan developer, yang ingin saya tanyakan :
1.Apakah Pada Saat Booking Fee sudah terutang PPN dan PPh yg 2,5%
2.Apakah Pada Saat DP/Angsuran Konsumen sudah terutang PPN dan PPh yg 2,5%
3.Bagaimana solusi jika PPN dan PPh yg 2,5% sudah dibayar dan dilaporkan, akan tetapi nanti ada kasus konsumennya gagal KPR atau gagal bayar

terima kasih.

Trie
Trie
Reply to  admin
September 9, 2021 5:57 am

Untuk No.3 secara perpajakan, apakah faktur yg sudah dibuat harus Dibetulkan/diRetur/Dibatalkan, dan untuk PPh 2,5% apa yg harus dilakukan apakah dibatalkan jg krn hal ini terkait Nama dan NPWP konsumen sudah dilaporkan.mks

Siswanto
Siswanto
September 7, 2021 4:23 pm

Maaf min mau tanya, jika saya freelancer, apakah betul bisa menghemat pajak jika mendirikan CV ? dibandingkan tetap sebagain freelancer ?

kurnia
kurnia
September 7, 2021 6:26 am

mohon info. jika Mr X adalah direktur di PT A, dan preskom di PT B. jika ada penjualan dari PT B ke PT A, apakah termasuk kategori hubungan istimewa?

Ayu
Ayu
September 7, 2021 1:40 am

Selamat pagi om, mau tanya tentang peraturan ppn 1% berdasarkan PMK 89 om, kode faktur yg digunain 03 atau 04 ya om? Ayah saya sudah PKP pengumpul TBS ( sawit ) jual ke PKS om tapi bukan BUMN, AR arahin ke kode 04 om, sementara PKS 03, saya bingung om harus terbitkan kode faktur yg mana,

Ardi
Ardi
September 6, 2021 5:40 pm

Permisi om sy mau nanya karena saya betul2 awam. Saya membeli apartemen dr developer dan status masih PPJB lunas.
Pajak2 apa saja kah yg harus di bayar perbulan/tahun untuk unit tsb selama belum AJB terimakasih.

Eva
Eva
September 6, 2021 2:14 pm

malam om, kami ada kurang input pph 23 di sistem DJP Online sementara untuk billing sebelumnya itu sudah terlanjur kami setor dan sudah kami input disistem input setor bayar nya. disini kami mencoba untuk input baru data bukti potong yang belum kami input tersebut. disaat kami mencoba untuk posting data yang baru tadi malah muncul spt pembetulan om dan kami juga dapat billing yang baru dimana jumlah yang mau dibayar itu termasuk dengan jumlah yang sudah kami bayarkan tadi om. apakah bila nanti kami bayar ke bank dengan kode billing tersebut pihak bank hanya menagih sisa setoran ataukah total yang… Read more »

Nanang
Nanang
September 6, 2021 10:44 am

Spt tahunan nihil selama 1 thn selanjutnya gk pernah lapor 5 thn lebih

Manggo
Manggo
September 6, 2021 8:03 am

Bisakah kita menerbitkan faktur pajak lagi, dimana faktur pajak 2 bukan sebelumnya belum terbayar dan sudah lewat alias kenan denda

Siera
Siera
September 6, 2021 7:53 am

Selamat sore om, saya mau bertanya apabila ada kerjasama dengan KOL (key opinion leader) apakah ada pajaknya? Terima kasih

Siera
Siera
Reply to  admin
September 6, 2021 10:16 am

Bentuk kerjasamanya sebagai content creator yg nantinya mempromosikan produk melalui media sosial

Elvi
Elvi
September 6, 2021 7:24 am

Siang pak/bu
Mohon bantuan penjelasannya, perusahaan tpt sy kerja lapor SPT normal ppn masa maret 2020 dgn status LB 2.728.895.385. Krn ada faktur masukan yg dibatalkan, kami buat SPT pembetulan 1 yg dilapor bln mei 2020 status jd KB 93.818.186( dan sdh distorkan). Jumat lalu tgl 3sep 2021 kami dpt surat tagihan pajak psl 8(2a) sebesar 12.074.400 utk bunga masa pajak Maret 2020.kami bingung dr mana ya hitungan jumlah denda tsb? Mohon penjelesan nya seandai nya bpk/ibu ada yang faham. Terimakasih.

pipi
pipi
September 6, 2021 2:57 am

siang om, mau tanya kalau kita mau ambil hasil pbk di kpp tapi resi pengiriman posnya fotocopy boleh gak ya thanks

Faridatul Mustopia
Faridatul Mustopia
September 6, 2021 1:52 am

Om izin bertanya, bila seseorang hanya seorang pekerja service di pom PT indostation mobil namun sudah memiliki kartu npwp, lalu apakah itu diwajibkan untuk membayar pajak? Terimakasih

oka
oka
September 5, 2021 9:23 am

min saya mau nanya kalau spt tadinya kurang bayar kemudian saya pembetulan menjadi lebih bayar terus di kompensasikan ke bulan berikutnya, dan di bulan berikutnya menjadi nihil apakah akan menjadi masih?

Desy Rajagukguk
Desy Rajagukguk
September 5, 2021 3:34 am

Selamat siang Om
saya ada beberapa pertanyaan, mohon infonya 🙏☺️
1. Jika perusahaan baru berdiri dan memiliki 4 karyawan (status TK/0) yang baru saja masuk di bulan Agustus masing-masing menerima upah 8Juta, berarti per tahun 2021 masing-masing karyawan mendapatkan penghasilan 40Juta sedangkan PTKP 54Juta. Apakah benar karyawan ini masuk ke karyawan yang menerima upah di bawah PTKP?
2. Jika mereka masuk ke karyawan yang menerima upah di bawah PTKP berarti perusahaan harus lapor PPh 21 masa per bulan atau hanya dilaporkan per Desember saja?

Mohon infonya.. terima kasih sebelumnya 🙏☺️

Desy Rajagukguk
Desy Rajagukguk
Reply to  admin
September 6, 2021 10:12 am

Wuah terima kasih om 🙏

lita
lita
September 5, 2021 1:11 am

Om mau nanya, ayah saya ada menjual emas perhiasan tahun ini kepada temannya secara pribadi. Itu perhitungan pajaknya bagaimana ya? dan pelaporannya pada SPT seperti apa? Thanks.

Lita
Lita
Reply to  admin
September 6, 2021 10:07 am

Selain pajak untuk keuntungan tsb, apakah ada pajak lain pak, seperti PPN misalnya? Karena penjualannya dari pribadi ke pribadi, tidak melalui toko. Terima kasih.

Erwin
Erwin
September 4, 2021 4:14 pm

Saya Erwin, saya wirausaha bergerak di bidang penjualan sparepart, pertanyaan saya
1. Saya membeli sparepart di toko seharga 50.000.000 (tanpa ppn) dan menjual kembali ke customer seharga 52.300.000 + ppn 10% = 57.530.000 cash , brp biaya yg wajib saya bayar kan ke kantor pajak.

2. Membeli parts seharga 50.000.000 + ppn 10% = 55.000
000, lalu saya menjual kembali ke customer seharga 52.300.000 + ppn 10% = 57.530.000 cash, berapa biaya yg musti saya bayarkan ke kantor pajak mengingat awal pembelian saya sudah membayar 10% dan menjual kembali

Terimakasih

Erwin

Erwin
Erwin
Reply to  admin
September 6, 2021 10:00 am

Biaya pajak yg di keluarkan

Rudy
Rudy
September 4, 2021 3:33 am

Selamat siang om. Saya pengusaha kecil sudah punya NPWP mungkin saya akan dapat bantuan hibah dari saudara di luar negeri sebanyak kurang lebih Rp 1.5 m bagaimana menyelesaikan soal perpajakannya terima kasih atas jawabannya

Rudy
Rudy
Reply to  admin
September 7, 2021 2:46 am

Statusnya adalah kakak ipar yang warga negara asing

rimaVT
rimaVT
September 3, 2021 2:16 am

selamat pagi om, mau nanya lagi
pada tahun 2019, perushaan kami kemungkinan tdk menerbitkan faktur,tapi transaksinya dengan bendahara pemerintah.. nahhh atas tdk di terbitkan faktur, maka kena sanksi 2% dari dpp.
pertanyaannya:
– kalau ada bukti ssp dari bendahara, apakah ttap sanksinya harus di bayar ?
trima kasih om

emi
emi
September 2, 2021 11:20 pm

om mau tanya, kalau perusahaan baru (berupa PT) yang belum memiliki omzet tapi setiap bulannya terdapat biaya yang masuk kategori jasa lain dan dikenakan pph 23, apakah wajib untuk dilakukan gross up pph 23? minta dasar hukumnya juga ya om

red
red
September 2, 2021 11:48 am

kalo telat terus kurang bayar 2x kena sanksinya gimana om? (terkait pasal 19 ayat 3)

gak mutu
gak mutu
September 2, 2021 11:38 am

Om mau tanya, jadi awalnya 31 maret perusahaan telah menyampaikan SPT sementara (1771-Y) tuh lebih bayar, terus 1 juli SPT Tahunan PPh Badan 2012 yang menyebutkan pajak menjadi kurang bayar, Kemudian tanggal 10 Desember ada pembetulan SPT yang ternyata kurang bayar juga. itu sanksinya gimana ya?

Aisyah
Aisyah
September 2, 2021 9:30 am

Om mau tanya kan perhitungan pph 21 setiap bulannya tidak bulat angkanya, utk mempermudah perhitungan pajak di bulan desember apa harus dibulatkan angkanya apa data rillnya saja?
Mohpn pencerahaannya om 🙏

tari
tari
September 2, 2021 8:09 am

Om, Apabila saya melaporkan deposito pada daftar harta di SPT tahunan, apakah bunga deposito tsb juga harus dilaporkan pada SPT tahunan OP? Apakah akan ada masalah apabila tidak saya laporkan bunga deposito tsb? Makasih Om.

Kus
Kus
September 2, 2021 7:15 am

Om mo tanya ttg pajak karyawan pph 21…
1.Apakah akan di kembalikan setelah resign ?
2.pph21 dikenakan atas apa, besar gaji atau status karyawan ?
3.gaji harian Rp 150.000/hari bagaimana hitungannya?
4.gaji harian Rp 150.000/hari karna sakit 20 hari maka yg di terima Rp 150.000 x (26-20) = Rp 900.000 berapa potongan pajaknya?
Sekian om, terima kasih banyak

Benny
Benny
September 2, 2021 6:01 am

Siang Om.. Mau nanya kalau misalnya saya melaporkan spt tahunan pribadi saya untuk tahun 2019 dengan penghitungan menggunakan norma sebagai pekerja bebas namun pada tahun tsb saya tidak ada melaporkan terlebih dahulu ke kantor pajak untuk pemakaian norma, apakah akan ada masalah kedepannya Om? Apakah kantor pajak akan memeriksa pelaporan penggunaan norma setiap tahunnya Om? Untuk sekarang, apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.

Rudy
Rudy
September 2, 2021 1:09 am

Tolong tanya om saya pedagang kecil omset dibawah 4.8 m Kini ada pembelian barang dari instansi pemerintah senilai Rp 12 juta kini diminta menandatangani kuitansi yang isinya Rp12 juta + ppn10% sedangkan saya bukan pkp terus bagaimana penyelesaiannya terimakasih

Tommy
Tommy
September 1, 2021 3:04 am

Selamat pagi Om, Saya mau minta pencerahannya mengenai Pemungutan pajak berdasarkan PP 23 tahun 2018; begini ceritanya 1. Tahun 2015 Omset Perusahaan kami sudah melebih 4,8 M setahun 2. Tahun 2016 & 2017, omset perusahaan kami dibawah 4,8 M setahun, dan dalam perhitungan pajak badan, kami neggunakan tarif Umum karena di tahun 2015 omset kami sudah meliebihi batas 4,8 M sesuai dengan PP 46. 3. Tahun 2018, omset kami diatas 4,8 M setahun, dan dalam perhitungan pajak badan, kami tetap menggunakan tarif umum, karena tahun tahun sebelumnya sudah menggunakan tarif umum juga. Menurut AR dari KPP kami, seharusnya di tahun… Read more »

raya
raya
September 1, 2021 2:02 am

Selamat Pagi. Say ingin bertanya. Dalam pembuatan SPT Tahunan Badan apakah peredaran bruto yang dicantumkan dalam SPT harus sama dengan data SLIK OJK? Mohon penjelasannya.
Terima Kasih

raya
raya
Reply to  admin
September 3, 2021 2:10 am

Detailnya pada peredaran bruto usaha di data SLIK OJK. Karena terdapat selisih yang besar antara peredaran bruto yang dilaporkan pada SPT Tahunan Badan dengan data SLIK OJK. Karena perusahaan kami mendapat surat dari KPP bahwa peredaran bruto usaha di SLIK OJK berbeda dengan data SPT Tahunan kami. Setelah kami cek, tidak ada selisih. Mohon pencerahannya. Terima Kasih

raya
raya
Reply to  admin
September 4, 2021 1:33 am

Baik, Terima Kasih

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x