Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ujang
Ujang
Oktober 7, 2021 1:05 am

Om mau tanya
Saudara sy dulu usaha th2019 beli cash mobil baru beberapa bln kemudian usahnya mulai sepi,dan sekarang sama sekali gak ada usaha apalagi sejak corona.
Baru baru ini ada surat dari kntr pajak permintaan penjelasan dalam rangka ekstensifikasi , dgn lampiran data pembelian mobil yg dulu th 2019.
Yg sy tanyakan apa yg mesti dijelaskan..?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ujang
Oktober 7, 2021 6:31 am

Ya cerita tadi dijelaskan aja ke KPP

Rindiani
Rindiani
Oktober 6, 2021 4:01 pm

Jokode memiliki usaha percetakan, warung makan, jual beli property, sewa rumah dan rumah kost. Peredaran usaha perusahaan di atas 50 miliar setahun dari semua usaha yang dimiliki. Jokode mendanai kegiatan usahanya dengan modal sendiri sehingga Jokode tidak merasa perlu untuk membuat pencatatan keuangan dan pembukuan. Pada tahun 2012, Pemda Tangerang Selatan menetapkan Jokode sebagai wajib pajak daerah. Karena tidak dapat menghindar dari kewajiban membayar pajak daerah dan kewajiban memiliki NPWP, mulai tahun 2012 Jokode memiliki NPWP dan mulai memenuhi kewajiban pajaknya. Untuk memenuhi kewajiban pajak daerah, Jokode menyerahkan kepada konsultan pajak yang berafiliasi dengan petugas pajak Dispenda dan juga KPP.… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindiani
Oktober 7, 2021 6:33 am

Selamat mengerjakan soalnya ya, om doakan semoga sukses

Rindiani
Rindiani
Reply to  Om Pimpa
Oktober 7, 2021 6:48 am

Itu jawaban nya gimana om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindiani
Oktober 7, 2021 2:18 pm

Kita hanya membahas riil kasus, bukan jadi juru jawab soal

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindiani
Oktober 7, 2021 2:19 pm

Kita hanya membahas riil kasus, bukan jadi juru jawab soal ya

Rindiani
Rindiani
Oktober 6, 2021 3:55 pm

PT. Meyda belum menyelesaikan laporan keuangan perusahaan tahun 2015 sampai dengan bulan April 2016, karena perubahan sistem akuntansi di Perusahaan. Direncanakan sampai akhir April laporan keuangan tidak dapat diselesaikan. Jelaskan apa yang harus dilakukan perusahaan dan konsekuensi atas langkah yang dilakukan perusahaan tersebut.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindiani
Oktober 7, 2021 6:32 am

Yg harus dilakukan ya memenuhi kewajiban dengan baik secepatnya

Rindiani
Rindiani
Reply to  Om Pimpa
Oktober 7, 2021 6:50 am

Kewajiban nya tu seperti apa ya om

Rindiani
Rindiani
Reply to  Om Pimpa
Oktober 7, 2021 6:52 am

Kewajiban nya tu apa apa aja tu om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindiani
Oktober 7, 2021 2:18 pm

Kita hanya membahas riil kasus, bukan jadi juru jawab soal

Cahaya
Cahaya
Oktober 6, 2021 12:54 pm

Mohon penceraharan, apabila saya pengusaha perseorangan non pkp kemudian membeli barang dari pengusaha pkp senilai 300 jt dan saya jual lagi senilai 302 jt, pajak apa saja yang harus saya bayar ? Dalam hal transaksi tersebut membutuhkan faktur pajak ppn, apakah solusinya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cahaya
Oktober 6, 2021 1:04 pm

Saat jual lagi ada aspek PPh, transaksi yg membutuhkan faktur ini yg saat beli atau jual? Faktur pajak hanya dapat diterbitkan oleh PKP

Cahaya
Cahaya
Reply to  Om Pimpa
Oktober 6, 2021 1:10 pm

Karena barang yg saya jual dibeli oleh pemerintah untuk hibah, jadi saya dalam menjualnya harus mengeluarkan faktur pajak ppn, adakah solusinya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cahaya
Oktober 7, 2021 6:28 am

Kl gitu maka seharusnya pemerintah beli ke pihak yg PKP, ada batasan sprti itu krna harus ada PPN

syarifjiwa@gmail.com
syarifjiwa@gmail.com
Oktober 6, 2021 11:30 am

Pak, saya usaha menjahit dirumah dan hari ini salah satu kantor pemerintah pesan jahitan sejumlah 5 juta
apakah saat Pembayaran Saya dikenakan ppn dan pph juga

Om Pimpa
Editor
Reply to  syarifjiwa@gmail.com
Oktober 6, 2021 12:58 pm

Jika PPh iya, namun jika PPN dikenakan ke yg statusnya PKP

ariana
ariana
Oktober 6, 2021 11:27 am

Om mau nanya, kalau misal kita mengadakan program top spender dengan memberikan reward barang apakah kena pajak hadiah? kemudian kalau berupa cashback poin (bukan uang) apakah kena pajak juga?

Context: program top spender adalah program dimana perusahaan memberikah reward kepada nasabah yang memuliki transaksi akumulatif tertinggi selama periode program berlangsung (bukan diundi)

Om Pimpa
Editor
Reply to  ariana
Oktober 6, 2021 12:59 pm

Jika tidak ada syarat dalam memberikan hadiah (semua nasabah mendapatkan) maka tidak masuk kategori hadiah yg dipotong pajak

M. Aziz
M. Aziz
Oktober 6, 2021 9:36 am

selamat siang om, mau nanya.
kalau kita mengirim tagihan ke luar negeri atas jasa yang mereka gunakan diindonesia.
apakah membutuhkan Pajak.

jadi PT. Luar negeri menggunkan jasa PT. A indonesia.
jadi kita akan menagih jasa tersebut.
apakah akan dikenakan PPN 10% dengan NPWP 000000000

mohon jawabannya.
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  M. Aziz
Oktober 6, 2021 12:59 pm

Ya akan ada PPN

M.Azis
M.Azis
Reply to  Om Pimpa
Oktober 6, 2021 2:35 pm

Mohon bantuannya om. Peraturan nomor berapa ya om atas PPN keluar negerinya.
Terima ksih

Om Pimpa
Editor
Reply to  M.Azis
Oktober 7, 2021 6:31 am

Buaaanyaaak aturan tentang ini, mau yg spesifiknya gmn?

M.Azis
M.Azis
Reply to  Om Pimpa
Oktober 7, 2021 11:02 am

Boleh om. Bisa diabntu ya om.
Buat saya jelaskan ke customer luar negerinya. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  M.Azis
Oktober 7, 2021 2:19 pm

Justru karena buaaaanyaaak ga bs dijekaskan disini

M.Azis
M.Azis
Reply to  Om Pimpa
Oktober 7, 2021 6:47 pm

Salah satu om yg bisa merujuk ke kasus ini

Om Pimpa
Editor
Reply to  M.Azis
Oktober 8, 2021 6:44 am

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.010/2019

Dame
Dame
Oktober 6, 2021 6:20 am

siang Om Pimpa, mau tanya om..
Kantor tempat saya bekerja menerima tagihan sewa peralatan. Vendornya tidak mau dipotong pph 23, dan tidak mau merubah nilai tagihan (untuk metode gross up). Misal tagihannya 1jt, Untuk pencatatan pph 23 nya seperti apa ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dame
Oktober 6, 2021 8:37 am

Gross up bisa saja tidak perlu dengan mengubah nilai tagihan

Dicky
Dicky
Oktober 6, 2021 5:47 am

Om mau tanya, kalau saya menyediakan jasa teknik, dengan kontrak pembayaran disetujui belum termasuk pajak PPN 10%, apakah untuk PPh 23 akan dibebankan ke uang yang saya terima dari nilai kontrak awal, atau dibebankan ke klien saya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dicky
Oktober 6, 2021 8:37 am

Pemotongan pph pada umumnya dibebankan ke pihak yg menerima pembayaran

ika
ika
Oktober 6, 2021 5:27 am

om saya mau tanya saya salah memasukan jumlah di pajak masukan PIB, setelah saya cek lagi ternyata riwayat pajak masukan di pib efaktur progam hilang, gimana solusinya ya om, sedang kan sudah terupload

Om Pimpa
Editor
Reply to  ika
Oktober 6, 2021 8:38 am

Entry dan upload ulang

Dew
Dew
Oktober 6, 2021 4:13 am

Apakah wajib pajak OP dapat memanfatkan insentif pajak angsuran PPh 25 50% juga?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dew
Oktober 6, 2021 8:38 am

Dapat, sepanjang memenuhi ketentuan

Afrida
Afrida
Oktober 6, 2021 3:26 am

Selamat pagi Om Pimpa,
Ijin bertanya untuk cara input pajak pph 21 di Espt untuk pajak honor narasumber dan Biaya akses informasi masuk di pajak final atau tidak final ya om ?? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Afrida
Oktober 6, 2021 8:38 am

Tergantung ini ada hubungan dengan pembayaran apbn/apbd kepada pns atau bukan

Afrida
Afrida
Reply to  Om Pimpa
Oktober 7, 2021 4:13 am

ada hubungannya dengan pembayaran apbn/apbd kepada pns om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Afrida
Oktober 7, 2021 6:28 am

Ya betul masuknya ke pph 21 final

Lili
Lili
Oktober 6, 2021 2:22 am

Pagi,Om,saya mau tanya, saya pegawai swasta, belum punya npwp karena gajinya di bawah ptkp,Sedangkan kalau dihitung gaji + THR, jadi ada bayar beberapa puluh ribu saja. Apakah saya wajib punya npwp? Terima kasih, Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lili
Oktober 6, 2021 8:39 am

Jika berpenghasilan melebihi ptkp maka wajib berNPWP

Gracia
Gracia
Oktober 5, 2021 10:50 am

malam pak, mengapa globalisasi menjadi salah satu pemicu adanya pajak ganda?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Gracia
Oktober 6, 2021 8:41 am

Kl cm pemicu ya semua hal bisa aja jadi pemicu bosqueee

ameliana suci
ameliana suci
Oktober 5, 2021 7:34 am

Om mau tanya,
Perusahaan jasa konstruksi. Punya sertifikasi dari LPJK yaitu jasa konstruksi.
Tp di lapangan perusahaan kegiatannya lebih ke desain interior dan menjual barang utk isi proyek tsb. Apakah kegiatan tsb tetep disebut jasa konstruksi dan dikenakan pph final?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ameliana suci
Oktober 5, 2021 9:11 am

Tetap konstruksi dengan pph final

Amel
Amel
Reply to  ameliana suci
Oktober 6, 2021 1:22 am

Masuk ke pelaksanaan atau ke perencanaan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amel
Oktober 6, 2021 8:36 am

Kl itu bukan pajak yg atur, silahkan cocokan dl dengan definisi yg ada di LPJK, pajak ga menggolongkan tp stelah golongannya jelas baru disediakan tarifnya

Dedy
Dedy
Oktober 5, 2021 7:17 am

Siang Om..mau tanya dong om..begini om saya baru buka badan usaha bentuk CV..terdaftar di kantor pajak bulan Desember 2020 (Non PKP) belum ada aktifitas pemasukan, baru pada bulan April 2021 ada aktifitas, yang saya mau tanya 1. Bagaimana laporan SPT nya dan laporan per bulannya untuk tahun 2020, karna belum ada aktifitas. 2. Bagaimana laporan SPT nya dan laporan perbulannya untuk tahun 2021 ? Sebagai data om, usaha bergerak di jasa angkutan, dan untuk aktifitas tagihan ke costumer nilai invoice di potong pajak PPH 2%. Demikian om, mohon pencerahannya. Tks

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dedy
Oktober 5, 2021 9:11 am

1. SPT tahunan diisi dengan menyusun lebih dulu Laporan Keuangan, untuk SPT bulanan hanya jenis PPh 21 dan wajibnya di desember
2. SPT tahunan sama dengan poin 1, SPT bulanan akan sesuai jenis transaksi yg dilakukan.

Jika belum banyak mengenal aturan perpajakan baiknya konsultasi dl ke KPP secara umum dimulai dari dasarnya dulu, atau dpt jg menghubungi konsultan pajak

novianti
novianti
Oktober 5, 2021 5:47 am

kemana saya harus minta karena saya tidak bisa mengluarkan faktur pajak ke castomer saya dan mereka minta keterangan surat NON PKP

Om Pimpa
Editor
Reply to  novianti
Oktober 5, 2021 9:09 am

Dapat menunjukan surat keterangan terdaftar, ini logikanya terbalik, justru jika subjek adalah PKP maka harus dapat menunjukan surat PKP, jika non PKP maka cukup dengan surat keterangan terdaftar

novianti
novianti
Oktober 5, 2021 5:45 am

selamat siang ..mau tanya .bagaimana cara dapat surat keterangan surat pengusaha tidak kena pajak.karena usaha saya belum masuk omset pertahun 4.800.000.000.

Om Pimpa
Editor
Reply to  novianti
Oktober 5, 2021 9:09 am

Cb cek lg surat apa yg dimaksud, apakah maksudnya surat nonPKP? Jenis nama surat yg disebutkan td itu tidak ada

rima tololiu
rima tololiu
Oktober 5, 2021 2:12 am

pagi om, salam sehat
om ppn katanya udah 11% ya ? berlaku kapan ya om ? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rima tololiu
Oktober 5, 2021 9:13 am

Belum ada rilis aturan, acuannya itu dari rilisnya aturan, saat ini baru adanya dari berita di media yg blm dpt dijadikan acuan

rima tololiu
rima tololiu
Reply to  Om Pimpa
Oktober 6, 2021 3:40 am

ohh gitu ya om kirain udah ada acuannya soal poin2 krusial dalam reformasi perpajakn terbaru, makasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  rima tololiu
Oktober 6, 2021 6:53 am

okee dehhh

joe
joe
Oktober 4, 2021 8:14 am

pak kode pajak untuk tarik termin 30% disatu kegiatan kontruksi apa ya pak

Om Pimpa
Editor
Reply to  joe
Oktober 4, 2021 3:01 pm

kode pajak apa? untuk ngisi kode billing atau untuk apa? ga ada hubungan dengan termin brapa persen juga sih

azhabul
azhabul
Oktober 4, 2021 6:12 am

assalamualaikum, mau tanya dong om pimpa, apa saja sih aturan aturan atau undang undang yang mengatur PPN dan PPNBM ?
buat tugas kuliah om !!

Om Pimpa
Editor
Reply to  azhabul
Oktober 4, 2021 3:01 pm

ini aturan dibawahnya UU atau apa? buaaaaanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak

Azhabul
Azhabul
Reply to  Om Pimpa
Oktober 5, 2021 1:11 am

Iya om. Dengan kata lain, dasar hukum pemungutan PPN dan PPNBM

Om Pimpa
Editor
Reply to  Azhabul
Oktober 5, 2021 9:13 am

Iya buaaaaaanyaaaaaaaaaak, setebel buku yg bs jadi bantal tidur

Dian Ismawati
Dian Ismawati
Oktober 4, 2021 3:51 am

Siang, mau tanya om, dulu saya buat NPWP untuk pengurusan beli tanah, setelah bayar BPHTB dan PBB saya ga lapor spt dari tahun 2011 sampai 2020, tiba2 keluar faktur bembelian barang yg mengharuskan lapor spt, dan pas lapor saya masukan tanah yg dulu pernah saya beli karena tidak merasa ada pajak yg terhutang, kok sekarang malah diminta urus pas final untuk tanah yg tidak dilaporkan senilai 30% dari nilai beli. Apa memang begitu pak. Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian Ismawati
Oktober 4, 2021 4:23 am

Bisa jadi memang akan masuk pas final, tp jika cerita detailnya blm ada maka blm bs dipastikan, misal bagaimana isian SPT, bagaimana analisis penghasilannya, dan hal lain, baru ujungnya bs disimpulkan resikonya akan sprti apa

Dian Ismawati
Dian Ismawati
Oktober 4, 2021 3:28 am

Pagi, mau tanya pak, saya punya sebidang tanah dibeli di tahun 2012. Sudah bayar BPHTB dan PBB juga, tapi saya ga ngerti ternyata harus dilaporkan di spt, karena buta pajak jadi ga pernah lapor SPT, tiba2 saya dapat faktur pembelian barang, dan diharuskan lapor spt. Ketika lapor saya memasukan tanah yg dulu dibeli, karena merasa tidak ada kewajiban yg terhutang. sekarang saya malah kena pas final. Apa benar saya harus membayar 30% dari harga pembelian tanah tersebut. Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian Ismawati
Oktober 4, 2021 3:56 am

Bisa jadi memang akan masuk pas final, tp jika cerita detailnya blm ada maka blm bs dipastikan, misal bagaimana isian SPT, bagaimana analisis penghasilannya, dan hal lain, baru ujungnya bs disimpulkan resikonya akan sprti apa

Dian Ismawati
Dian Ismawati
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2021 4:09 am

Apa saya bisa dimasukan ke wp tertentu yg hanya kena 12.5%. Agak shock juga ngebayangin tiba2 punya hutang puluhan juta, bingung mau bayarnya gimana

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian Ismawati
Oktober 4, 2021 4:26 am

Mungkin bisa, kl sudah jelas detail kasusnya gmn, bisa jd penjelasan ga bs kl dari komunikasi chat begini, silahkan dpt jg dengan opsi berkomunikasi ke konsultan

Dian Ismawati
Dian Ismawati
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2021 4:29 am

Komunikasi kekonsultan caranya bagaimana pak…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian Ismawati
Oktober 4, 2021 3:02 pm

ya cari aja konsultan pajaknya dulu bos….

Sani Yugiswara
Sani Yugiswara
Oktober 3, 2021 8:38 pm

Assalamualaikum ..saya mau tanya ..saya beli kendaraan roda empat ..kalau saya minta faktur pajak pembelian ke dealer nya perhitungan nya seperti apa ya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sani Yugiswara
Oktober 4, 2021 3:58 am

Perhitungan apanya? Silahkan cek di dokumen2 pembelian

vrisicilia
vrisicilia
Oktober 3, 2021 3:05 pm

Selamat malam, izin bertanya Pak untuk keperluan penelitian, jika saya ingin mengetahui apakah perusahaan memiliki/menggunakan kompensasi kerugian fiskal pada awal tahun itu bisa dilihat pada laporan keuangan/laporan tahunan bagian mana ya? Terimakasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  vrisicilia
Oktober 4, 2021 3:42 am

Di pengisian SPT Tahunannya

vrisicilia
vrisicilia
Oktober 3, 2021 11:43 am

Selamat malam, saya izin bertanya. Jika kita ingin mengetahui apakah perusahaan memiliki/menggunakan kompensasi kerugian fiskal, itu bisa dilihat di laporan keuangan/laporan tahunan bagian mana ya? Terimakasih 🙏🏻

Om Pimpa
Editor
Reply to  vrisicilia
Oktober 4, 2021 3:42 am

Di pengisian SPT Tahunannya

vrisicilia
vrisicilia
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2021 11:53 am

Saya memperoleh informasi bahwa untuk SPT Tahunan diakses pada situs https://djponline.pajak.go.id/account/login

Sedangkan saya belum memiliki NPWP dan tidak bisa login. Ini solusinya sebaiknya bagaimana ya? Soalnya juga diperlukan untuk penelitian. Terimakasih 🙏🏻

Om Pimpa
Editor
Reply to  vrisicilia
Oktober 4, 2021 3:28 pm

SPT Tahunan adalah kewajiban yg melekat kepada WP, tentunya situs tadi hanya dapat diakses oleh subjek yg telah ber-NPWP dan mengurus data elektronik ke KPP

Dani
Dani
Oktober 3, 2021 7:56 am

Maaf mau tanya , misalkan sudah punya npwp dan belum jadi dipakai apakah harus membayar pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dani
Oktober 4, 2021 3:42 am

Tergantung apakah memperoleh penghasilan atau tidak

Ari budhiyanto
Ari budhiyanto
Oktober 3, 2021 4:52 am

Saya perusahaan PKP ,saat saya membeli barang tentunya saya mendapatkan faktur masukan, namun situasi pandemi penjualan sangat merosot , jadi dalam laporan bulanan selaku ada kelebihan bayar , setelah saya ada penjualan yang sudah berlangsung beberapa bulan lewat dari jenjang faktur masukan, apakah faktur masukan saya masih berlaku , dan apakah ada masa kadaluarsa utk faktur masukan .

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ari budhiyanto
Oktober 4, 2021 3:57 am

Sisi berlaku tetap akan berlaku, silahkan kreditkan di masa pajak yg sesuai dan nilai LB dapat dikompensasikan ke masa berikutnya

Ari budhiyanto
Ari budhiyanto
Oktober 3, 2021 4:48 am

Selamat siang , untuk konsultasi pajak apakah ada nomor telp yang bisa dihubungi, karena masa pandemi kantor pajak tidak buka

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ari budhiyanto
Oktober 4, 2021 3:55 am

Silahkan kunjungi flazztax.com

saleh
saleh
Oktober 3, 2021 3:21 am

salam pa
sy dn temen sy orng asing mendirikan pt pma prtayaan ay apa brpa pjk pph dn pphtb klo bli tanah atas nama pt itu .trus klo kami jaual lagi dn dapat untung praba pjk penghasilan yg kami bayar trmk banyak

Om Pimpa
Editor
Reply to  saleh
Oktober 4, 2021 3:56 am

Jika yg ditanya hanya seputar PPh atas pengalihan tanah maka tarifnya 2.5%, tp itu br dr jenis PPh, untuk jenis pajak lain tergantung detail transaksinya

Riska
Riska
Oktober 2, 2021 11:38 pm

Om, saya guru honor. Katanya tidak perlu melampirkan SPT PPh. Kok saya dikasih surat teguran??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Riska
Oktober 4, 2021 3:56 am

Katanya ini kata siapa? Om sih ga pernah bilang gitu dan om jg bukan yg kirim surat teguran. Pada substansinya kewajiban pelaporan SPT tahunan hanya untuk yg berpenghasilan melebihi PTKP, bukan dari acuan pekerjaannya itu apa

Harrono
Harrono
Oktober 2, 2021 8:55 am

Ijin tanya Pak, kalau Youtuber bayar pajaknya mengikuti peraturan yang mana ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Harrono
Oktober 2, 2021 11:49 am

Ga bisa cm merujuk ke 1 aturan karena jenis penghasilan ini sifatnya tidak dikhususkan, jadi perlakuannya umum saja misalnya harus cek detail subjek dan objeknya, dari dalam atau luar negeri, dan banyak poin lainnya

aldy
aldy
Oktober 2, 2021 4:57 am

om pimpa saya mau tanya, jika kita dikasih bonus sperti tidak libur selama 3 bulan atau kita merekomendasikan orang ke perusahaan tsb dan dijanjikan dapat bonus, apa bonusan juga harus dihitung pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  aldy
Oktober 2, 2021 11:49 am

Semua yg jadi ada pembayaran uang tetap ada aspek pajaknya

Irena Tantiana
Irena Tantiana
Oktober 2, 2021 3:55 am

siang om, ijin tanya 1. Di suatu perusahaan ini rental motor karyawan nya sendiri dan di bayar 1 bulan Rp 500.000,- . Bagaimana sistem pajak nya ?? Apakah ini bisa dimasukan ke dalam gaji karyawan sebagai tunjangan transport atau tetap mau di potong PPh 23 sebesar 4% (karena karyawan tersebut tidak memiliki NPWP). 2. Dan perusahaan ada sewakan rumah untuk karyawan lapangan 1 bulan di bayar Rp 1.000.000,- tapi tidak ada PPN nya & tidak mau ada pemotongan atas sewa rumah, bagaimana sistem pajak nya yaa ?? apakah tetap harus di potong PPh 4 ayat 2 tapi yang menanggung perusahaan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Irena Tantiana
Oktober 2, 2021 11:49 am

1. Lebih simple dijadikan 1 aja perlakuannya ke gaji dengan aspek pph 21
2. PPN itu tergantung dari pihak yg menyewakan PKP atau tidak, sedangkan pemotongan pph final sewa memang akan dilakukan oleh si penyewa dan tidak berhubungan dengan PPN

Irena Tantiana
Irena Tantiana
Reply to  Om Pimpa
Oktober 3, 2021 6:45 am

Jika si penyewa tidak mau ada pemotongan pph final itu gmn yaa?? Apakah perusahaan yg membayar pemotongan ke negara?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Irena Tantiana
Oktober 4, 2021 3:41 am

Kewajiban dan tanggung jawab pemotongan ada di sisi pihak yg melakukan pembayaran

Irena Tantiana
Irena Tantiana
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2021 4:05 am

Okee thanks om, sdh paham saya..
Tp ada yg mau saya tanyakan, jika karyawan lapangan service kendaraan di bengkel tepi jalan. Apakah harus di potong pph 23?? Kalau di potong pph 23 sebesar 4% (jika tidak ada npwp) pasti mereka akan keberatan om. Jadi solusi nya bagaimana yaa om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Irena Tantiana
Oktober 4, 2021 4:23 am

Mungkin2 saja dibiayakan ke beban lain2

Irena Tantiana
Irena Tantiana
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2021 6:28 am

Thanks om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Irena Tantiana
Oktober 4, 2021 1:29 pm

samasaamaa

Irena Tantiana
Irena Tantiana
Oktober 2, 2021 3:17 am

Selamat siang.
Ijin tanya om,
– jika di suatu perusahaan ada transaksi biaya rental motor 1 karyawan Rp 500.000. Apakah itu bisa di masukan ke gaji-nya sebagai tunjangan transport atau harus dikenai PPh 23 ? Jika tidak ada NPWP bagaimana ??

– Dan untuk sewa rumah untuk karyawan lapangan tapi tidak ada PPN nya. Bagaimana sistem pajaknya ??

Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Irena Tantiana
Oktober 2, 2021 11:50 am

1. Lebih simple dijadikan 1 aja perlakuannya ke gaji dengan aspek pph 21
2. PPN itu tergantung dari pihak yg menyewakan PKP atau tidak, sedangkan pemotongan pph final sewa memang akan dilakukan oleh si penyewa dan tidak berhubungan dengan PPN

Shandi Renaldi f
Shandi Renaldi f
Oktober 1, 2021 2:15 pm

Konsep adil yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya, sedangkan keadilan adalah sifat (perbuatan atau perlakuan) yang adil.jadi keadilan pajak adalah sifat ( perbuatan atau perlakuan) Yang tidak sewenang wenang atau tidak berat sebelah atas sistem perpajakan yang berlaku. Ketika seseorang tidak membayar pajak padahal menikmati fasilitas umum yang dananya dari pajak, jadi bagaimana dengan keadilan membayar pajak ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Shandi Renaldi f
Oktober 2, 2021 11:50 am

Ya tidak bagaimana2, om pimpa ya tetap santai aja

ameliana suci
ameliana suci
Oktober 1, 2021 9:37 am

Ijin tanya om,
1. PT A terdaftar atas PP23 sejak april 2018 karna omzet dibawah 4,8M.Utk PT itu kan batasnya sampai 3 thn, berarti berakhir april 2021. setelah bulan april itu berarti saya tidak melakukan pembayaran utk pp23 lagi melainkan bayar 11% dari laba bersih selama setahun ya?
2. Dan jika PT. A melakukan pembayaran atas PP23 di bulan april, mei, juni 2021 apakah bisa pbk menjadi penguran dari bayar 11% dari laba bersih selama setahun itu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ameliana suci
Oktober 1, 2021 3:05 pm

1. Berakhir pp 23 di tahun pajak 2020, dalam keseluruhan 2021 sudah ke tarif umum
2. Prinsipnya semua pembayaran yg keliru dapat dipindahkan kemana saja

dwi
dwi
Oktober 1, 2021 4:16 am

berapa denda saat membuat spt pembetulan ppn ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dwi
Oktober 1, 2021 8:42 am

Jika yg ditanya adalah jenis denda (bukan bunga) maka tidak ada denda yg melekat pada penyampaian SPT Pembetulan

rima tololiu
rima tololiu
Oktober 1, 2021 2:24 am

Selamat pagi om pimpa, salam sehat
om mau nanya : tahun lalu saya suda lapor spt tahunan, laporan pendapatannya sudah saya isi.
nahh, pas saya cek lagi ternyata ppn masa bulan desember ada ketambahan nilai setelah dibuat pembetulan. dan nilai tersebut tidak masuk di laopran spt tahunannya.
apakah saya segera bikin pembetulan spt tahunan, atau menunggu surat dari kpp ?
terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  rima tololiu
Oktober 1, 2021 8:40 am

Akan lebih baik jika melakukan pembetulan dengan segera

rima tololiu
rima tololiu
Reply to  Om Pimpa
Oktober 2, 2021 3:20 am

Baik om. terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rima tololiu
Oktober 2, 2021 11:36 am

samasama

Ari
Ari
Oktober 1, 2021 12:02 am

Pagi om, saya seorang programmer. Saya dapat pemasukan dari menjual software jadi (buatan sendiri tapi untuk user umum bukan berasal dari pesanan). Untuk penjualannya ada yang sekali bayar ada juga yang bayarnya tiap tahun. Kemudian saya juga melayani pembuatan software pesanan untuk toko/kafe. Untuk software pesanan saya pernah baca di internet kalau yang motong pajaknya itu yang beli, kita tinggal terima bukti potongnya. Tapi pada implementasinya kadang ada pembeli cuma bayar aja nggak ngasih bukti potong. Pertanyaan saya, bagaimana ya cara menghitung pajaknya? apakah yang penjualan software jadi bisa ikut pph final? Mohon pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ari
Oktober 1, 2021 8:40 am

Tetap bisa masuk ke PPh final juga, jika tdk ada pemotongan artinya PPh dibayar sendiri

Ari
Ari
Reply to  Om Pimpa
Oktober 1, 2021 9:41 am

Untuk yang software pesanan pajaknya berapa persen om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ari
Oktober 1, 2021 3:05 pm

Jika sudah masuk ke pp23 maka semua penghasilan akan masuk jadi satu kesatuan di pp23 saja, tarif 0.5%

Ari
Ari
Reply to  Om Pimpa
Oktober 1, 2021 3:10 pm

Berarti, biarpun software pesanan/custom tetap bisa masuk pph final ya? Soalnya saya baca-baca diinternet infonya simpang siur ada yang bilang masuk pph jasa tenaga ahli ada juga yang 2,5% dsb, jadi saya malah tambah bingung

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ari
Oktober 2, 2021 11:51 am

Konteks penerapan dari suatu aturan harus dicek dulu, hal ini krna intinya beda konteks maka beda penerapan, luasnya konteks ini jg kadang tidak dapat langsung ditarik kesimpulan dengan mudah, jadi tetap perlu diskusi dengan yg berpengalaman, tidak akan selesai hanya dengan membaca artikel saja

Ari
Ari
Reply to  Om Pimpa
Oktober 2, 2021 12:26 pm

Baik om, terima kasih banyak penjelasannya. Kadang orang awam masalah perpajakan seperti saya memang terkendala di informasi, kadang kita nggak tahu tanya ke siapa. Kalau cari2 di internet malah tambah bingung. Kadang kawatir juga kalau nanti ujung2nya tiba-tiba ada masalah dan nanti harus bayar lebih atau malah sampai pidana

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ari
Oktober 4, 2021 3:41 am

Betul, harus lebih “niat” mencari dan mengumpulkan referensi

Bayu Sixlerawan
Bayu Sixlerawan
September 30, 2021 5:48 pm

Om izin bertanya ada se terkait server e faktur download sehingga untuk pelaporan SPT Masa PPN Agustus 2021 tidak bisa submit di tgl. 30 September 2021

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bayu Sixlerawan
Oktober 1, 2021 8:41 am

Sampai saat ini sih belum ada pengumuman terkait itu bos

Melinda
Melinda
September 30, 2021 1:55 pm

Malam. Saya mau lapor spt ppn, namun server sibuk terus. Bagaimana yaaa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Melinda
Oktober 1, 2021 8:52 am

jika kendala mengenai error pelaporan / website djp/ server pajak bukan disini, salah alamat ya

Rini permata
Rini permata
September 30, 2021 1:13 pm

Saya pantengin terus ini laptop ttp server dari pusat y wahai pemerintah bagiamna sya mau taat pajak orang maunlpor ajh sistem y error

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rini permata
Oktober 1, 2021 8:50 am

salah alamat lhoo kl komplain disini

Rini permata
Rini permata
September 30, 2021 1:11 pm

Telat gak y ini hari terakhir tgl 30 bukan saya d pepetkan tpi memang baru d bayar mnta kerja sma nya dong buat sistem pelaporan ppn y kty suruh taat pajak tp server y gini gmna atuh

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rini permata
Oktober 1, 2021 8:51 am

saya bukan instansi pemerintah mba 🙁
salah alamat kalo komplain disini

Rini Permatasari
Rini Permatasari
September 30, 2021 12:23 pm

Say gak bisa lpor

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rini Permatasari
September 30, 2021 1:09 pm

waduh 🙁
dicoba lagi ya

Rini Permatasari
Rini Permatasari
September 30, 2021 12:11 pm

om sya gmna ni y mau lapor pajak server y gak bisa web y

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rini Permatasari
September 30, 2021 1:08 pm

solusinya ya dicoba lagi saja

Rini Permatasari
Rini Permatasari
September 30, 2021 12:10 pm

Saya mau laporr ppn ini terakhir gmna y server y gak bisa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rini Permatasari
September 30, 2021 1:08 pm

betul, memang sedang error, ditunggu saja

Rizka
Rizka
September 30, 2021 9:48 am

Hallo saya kan habis buat faktur pajak trus gak sengaja kepencet dibatalkan , gimana cara buat balikin faktur pajaknya ..
Saya buat ulang kok direject
Tolong , bantu

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rizka
September 30, 2021 1:07 pm

Ini tergantung dari keterangan rejectnya apa, variasinya banyak

Rizka
Rizka
Reply to  Om Pimpa
September 30, 2021 1:09 pm

Apakah bisa diapproved ulang?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rizka
Oktober 1, 2021 8:39 am

Tergantung keterangan rejectnya

Fedul
Fedul
September 29, 2021 3:08 pm

Apakah dengan adanya sistem e-registration dalam melakukan pendaftaran online telah membantu masyarakat dalam melakukan pendaftaran NPWP ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fedul
September 29, 2021 3:23 pm

Betul

Danny
Danny
September 29, 2021 12:07 pm

Perusahaan saya bergerak di bidang MLM dan membayar bonus ke member dan kita potong pph21,…apakah member diperbolehkan rubah dari nama pribadi menjadi nama PT/CV di tengah tahun fiskal? Bila boleh, bagaimana perlakuan perpajakan yg harus diterapkan?

Trims

Om Pimpa
Editor
Reply to  Danny
September 29, 2021 3:23 pm

Di sisi pemotongannya jadi dianggap beda pihak atau saling tidak berhubungan antara subjek yg awalnya individu lalu ada subjek yg badan, dari sisi pemotong dilihat seperti itu

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x