Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Tata
Tata
Agustus 31, 2021 8:48 am

Selamat sore, saya tata ingin menanyakan terkait pelaporan pajak yg blm ada transaksinya caranya bagaimana?

Darmo
Darmo
Agustus 31, 2021 3:37 am

jika saat ini baru mau buat spt badan walaupun terlambat, apa tetappakai espt atau langsung datang ke kpp?

rimaVT
rimaVT
Agustus 31, 2021 2:17 am

pagi om, mo nanya lagi pada tahun 2020. toko kami atas nama ibu bos saya, dan sudah pkp jadi tiap blan byr ppn dan pph final, dan ibu bos saya sddah ,meninggal. pada bulan juni npwpnya sdah di hapus dan pindah nama atas bos saya, jadi bos saya tiap bulan bayar ppn dan pph final. ternyata bos saya blum pkp. dan sdah bayar ppn sampai desember baru di kasih tau AR nya yg mna tidak perlu di byr ppn krna blm pkp dan omset di bawah 4,8m.. nah pertanyaannya, apakah ppn bisa di restitusi ke pph final ? atau minta… Read more »

rimaVT
rimaVT
Reply to  admin
September 3, 2021 2:18 am

kalo pembayran ppn di pbk ke pph final, apakah bisa ?

Dini Nurfitriani
Dini Nurfitriani
Agustus 30, 2021 7:14 am

Jika pihak asing melakukan kegiatan jasa di Indonesia melebihi time test atau melebihi 183 hari dalam 1 tahun kalender, apakah secara otomatis ia menjadi BUT meskipun ia tidak mendaftarkan diri sebagai WP (tanpa NPWP)?

Ann
Ann
Agustus 30, 2021 5:19 am

Mau tanya nih Om… Barusan baca… kalau misalnya CV didirikan 2020. Jualan bibit tanaman. Tetapi tidak tau nih ternyata kalau bayar pph final UMKM (pp 23) perlu ajukan dulu ke KPP. Terus sudah setor pajak final dari Jan – Jul 2021.. Kira2 apa yang perlu saya lakukan ya Om?

Lilik Kholikul
Lilik Kholikul
Agustus 30, 2021 2:40 am

Pajak Joint Operation

Selamat pagi om pimpa, saya memiliki pertanyaan ttg pajak JO pada pekerjaan konstruksi, misal ada induk perusahaan melakukan JO dengan anak perusahaannya, niatan dari JO ini adalah induk memberikan “kehidupan” pada anak usahanya, dalam tender JO, tetapi dalam operasinya, sepenuhnya dilakukan oleh Anak Usahanya,dari operasi pelaksanaannya sampai rekening yg dipakai adalah rek anak usahanya, apakah ini menyalahi JO dan apakah dengan seperti ini pajak PPH dikenakan oleh anak usahanya saja (berdasarkan pemakai rekening)?

trimakasih atas jawabannya om pimpah …

Lilik Kholikul
Lilik Kholikul
Reply to  admin
Agustus 31, 2021 6:49 am

awalnya tender dimenangkan, porsinya JO adalah 40:60 (anak usaha ; Induk usaha), tetapi karena niatan Induk usaha mencari “penghidupan” untuk Anak perusahaannya (AP), maka dalam operasinya Induk perusahaan memberikan seluruhnya ke anak perusahaan, full kendali. bahkan dalam trasaksi dengan Proyek owner pun memakai Rekening AP, bagaymanakah tinjauan dari perpajakan dengan kasus seperti ini Pak om …
Kedua, apakah perlu juga menerbitkan NPWP JO untuk PPN dalam operasinya
terimakasih pak om …

Lilik Kholikul
Lilik Kholikul
Reply to  admin
September 2, 2021 2:47 pm

siap om … mantap skali… Tujuan JO biasanya saling mengisi kekurangan di masing2 perusahaan yang melakukan JO untuk tujuan yang sama yaitu menyelsaikan 1 proyek tepat sesuai direncanakan waktunya, Mutunya dan biayanya. Ternyata di perjalanan/perkembangan perJOan, tidak murni berdasarkan itu, seperti yg saya angkat masalahnya, ternyata niatannya bergeser sedikit, yaitu perusahaan A bersepakat dengan perusahaan B, atas dasar : 1. Perusahaan B Mencari pengalaman pada jenis proyek tertentu, atau 2. Perusahaan A memberikan proyek ke perusaan B, alasan ber-JO adalah menutup kekurangan perusahaan B dalam mengerjakannya, kalau berdasarkan syarat Administrasi perusahaan B tidak memenuhi dari pengalaman atau SIUJK/SBU nya. pertanyaan… Read more »

Wilhelmus
Wilhelmus
Agustus 29, 2021 11:43 pm

Mau tanya om, jika sebuah perusahaan (cv yg bergerak di EO) melakukan sebuah kegiatan dgn sumber dana dari organisasi internasional yg tidak termasuk subjek pajak tetap membayar ppn/pph?
Terima kasih

Dewi Anggraini
Dewi Anggraini
Agustus 29, 2021 5:28 am

Saya mau lapor spt ppn masa ini kok loading aja habis itu diem aja ga ada notif apa2 semua pdhl udh sukses submit

renika
renika
Agustus 29, 2021 12:16 am

om mau tanya, CV ini non pkp dan mendapat DTP PPh final badan umkm, kalau nilai penjualan bruto tahun 2020 itu salah harus gimana ya? kan terakhir boleh benerin laporan realisasi itu tuh februari 2021 sementara ini sudah lewat. nah, yang bulan 1-3 tahun kemaren nggak dapat keringanan DTP. harus gimana ya om? butuh pembetulan spt?

Rudi
Rudi
Agustus 28, 2021 10:56 am

Om selama ini sy sudah dipotong pph23 usaha dibidang pengangkutan. Omset dibawah 2,4M. Laporan peredaran bruto di spt tahunan dipotongkan 0,5% ya. Brarti status sy lebih bayar?

Rudi
Rudi
Agustus 28, 2021 9:51 am

Om sy usaha dibidang jasa angkutan pribadi. Sy sama rekanan di potomg pph23 dan ada bupotnya. Bagaimana nbuat laporan spt tahunan pribadi. Soalnya sy omset dibawah 4,8m

Rudi
Rudi
Reply to  admin
Agustus 31, 2021 2:28 pm

Om status npwp sy baru saja dirubah dr karyawan ke usaha pengiriman/kurir. Spt tahunan sudah lengkap. Kenapa masi blm bisa buat suket? Apakah data sy yg status karyawan itu masi blm ke update ke server pusat?

Wilhelmus
Wilhelmus
Agustus 28, 2021 8:22 am

Nanya om, jika sebuah perusahaan (cv yg bergerak di bidang EO) melakukan sebuah kegiatan yang sumber dananya berasal dari sebuah organisasi internasional yang bukan termasuk objek pajak dikenai pph?
Terima kasih

Diana
Diana
Agustus 28, 2021 4:05 am

Om kalau mau pinjam uang ke saudara tujuan untuk beli rumah apakah kena pajak, bagi pihak pemberi pinjaman ataupun yg meminjam. (Tanpa bunga) terimakasih

Juwita
Juwita
Agustus 27, 2021 7:47 pm

Nanya om, Abang saya dikenakan surat paksa dan penyanderaan karena tidak membayar tagihan pajak diatas 100jt. Sedangkan kondisi Abang saya sekarang sudah bangkrut dan tidak memiliki aset untuk disita , serta tidak mampu untuk membayar tagihan pajak tersebut, bagaimana prosedur hukumnya ya pak? Terima kasih

Vica
Vica
Agustus 27, 2021 9:00 am

Nanya om, saya seorang freelancer menerima pekeerjaan jasa pembuatan web, cara pembayaran dan perhitungannya serta pelaporan pajaknya bagaimana ya

Bisa
Bisa
Agustus 27, 2021 6:47 am

Om mau tanya, ada soal kasus misalkan PT Informatika Indonesia bergerak di bidang jasa kursus computer dengan system franchise dengan francisornya adalah Informatic Ltd. USA. Pada Maret 2020, PT Informatika Indonesia membayar franchise fee sebesar Rp. 100.000.000 kepada Informatic Ltd. USA, sebagai kesepakatan kerjasama franchise yang ditandatangani bulan April 2020. Sejak awal tahun 2020, Informatic Ltd USA telah menempatkan tenaga ahlinya selama dua tahun, yaitu Mr. Xander yang ahli di bidang manajemen yang bertugas untuk membantu secara langsung manajemen PT Informatika Indonesia. Sesuai dengan perjanjian, setiap bulan PT Informatika Indonesia membayar royalty sebesar 5 % dari omzet kepada Informatic Ltd… Read more »

Ani
Ani
Agustus 27, 2021 6:37 am

Om mau tanya, kalau gajinya dividen itu kena pajak pph 21 atau dilaporkan juga dalam spt pph 21?

Uti Sinaga
Uti Sinaga
Agustus 26, 2021 2:27 pm

Hallo……Partner/agent kami di luar negeri (Hongkong) memberikan jasa pengantaran barang yang kami kirim dari Indonesia ke Hongkong. Jasa mereka mulai dari pengambilan barang di pelabuhan Hongkong dan mengantarnya ke rumah client kami di Hongkong. Atas jasa tersebut – partner / agent kami tersebut mengeluarkan tagihan ( invoicing ) kepada kami. Pertanyaan saya adalah : Apakah kami harus memotong PPH Psl 26 atas tagihan mereka tersebut ? Atau dengan kata lain apkah tagihan tersebut dikenakan PPH Psl 26. Terimakasih banyak atas penjelasannya. salam

Uti Sinaga
Uti Sinaga
Reply to  admin
Agustus 27, 2021 6:41 am

Terimakasih banyak untuk responsenya. Salam.

Askia
Askia
Agustus 26, 2021 2:20 pm

selamat malam, mau tanya. Sekarang pemerintah menerapkan pajak terhadap e-commerce. Jika suatu pedagang memiliki dua platform penjualan yaitu konvensional dan e-commerce, apakah pedagang wajib membayar pajak kedua-duanya atau hanya satu saja?

EKO SUDARTO
EKO SUDARTO
Agustus 26, 2021 8:34 am

Selamat siang Om…weh dah kangen nih ngga tatap muka…hahahaha…
Mohon maaf dan Terimakasih sebelumnya ya Om…..hehehe
Begini Om, saya sudah membuat SPT dan sudah bayar pajaknya sekian juta…..apakah SPT nya tetap harus diserahkan Om…?
Kemana harus menyerahkan nya…..?
Yang pasti tidak ke kantor POLISI ya OM….hehehe.
Dikit guyon biar tambah imun…

Terimakasih.
ECHOSIAERRA KARAWANG.

Azhar
Azhar
Agustus 26, 2021 5:53 am

Bagaimana penyelesaian kasus jika ada masalah ada selisih ppn dan kwitansi,
Karna dari pihak pembeli meminta koreksi nilai ppn:

Selisih nya 1 rupiah,
Kwitansi/ tagihan:
Sub TotalRp181.761.125
ppn 10% Rp18.176.113
Total Rp199.937.238

Di FP
Sub TotalRp181.761.125
ppn 10% Rp 18.176.112
Total Rp199.937.237
Terimakasih

Sovia
Sovia
Agustus 25, 2021 8:56 am

sore om pimpa…mo nanya lagi perhitungan pph21 .
Iuran JKK penambah penghasilan
Iuran JKM penambah penghasilan
Iuran JHT (ditanggung karyawan) 2%
Iuran JHT (ditanggung perusahaan) 3,7%-tidak menambah penghasilan

BPJS kesehatan
Askes (ditanggung karyawan) 1%
Askes (ditanggung perusahaan) 4% – menambah penghasilan
1. pertanyaan saya apakah Iuran JHT 2% dan Askes 1% yg seharusnya dibayar karywan ditanggung full perusahaan menambah penghasilan bruto karyawan ?
2. apakah Iuran JHT 2% dan Askes 1% yg seharusnya dibayar karywan juga menjadi pengurang penghasilan bruto dalam menghitung PPh21 nya.

Mohon pencerahannya om pimpa…terimakasih.

Sovia
Sovia
Reply to  admin
Agustus 25, 2021 9:43 am

maaf om pimpa…untuk yg no.2 bukannya JHT 2% mengurangi penghasilan bruto ?karena seolah olah itu dibayar karyawan (menjadi tunjangan penghasilan sebelumnya).maaf kl sy salah pengertiannya.trmksh sebelumnya pencerahaanya om pimpa…

Andi wijaya
Andi wijaya
Agustus 25, 2021 5:36 am

Selamat siang om, saya mau tanya jika saya ada 2 sumber penghasilan UMKM, bagaimana perhitungan PPH Final Brutonya? Terima kasih

Ani
Ani
Agustus 25, 2021 2:42 am

Om mau tanya, saya sudah upload PM di e-faktur tetapi setelah direfresh datanya di Daftar Pajak Masukan ,data tersebut tidak muncul. Saya periksa kembali dinprepolated data tidak ada lagi. Saya lihat di web faktur sudah terekam semua. Mohon infonya

Budi
Budi
Agustus 24, 2021 9:40 am

Om mau tanya, pengusaha air isi ulang itu harus bayar pajak atau tidak ya? Lalu bagaimana cara melaporkan pelaku usaha yang tidak membayar pajak?

kadek
kadek
Agustus 24, 2021 8:30 am

Saya ada kasus nota retur pajak masukan di buatkan pengganti pada pajak masukan apakah bisa di apload ulang di e faktur

Nani Suryani
Nani Suryani
Agustus 24, 2021 6:38 am

Om..mhn pencerahannya, supplier sy mrpkn PKP, di bln 4 “lupa” terbitkn faktur pajak pdhal stiap bln sy tagih terus. Alhasil sd saat ini sy blm dptkn fp masukan sy. Kira2 resiko apa yg akn terjadi/ sanksi adm bagi supplier jk menerbitkn fpajak di bln skr dan sy mengkreditkknya di bln ini (asumsi sy fpajak april daluarsa bln juli) Saya hanya mengetahui bahwa utk faktur tdk bisa back date dan jk telat terbit fpajak dikenai denda dpp 2% bagi pembuat faktur pajak. Tmksh..

Fauzan
Fauzan
Agustus 24, 2021 3:50 am

Mau tanya ka cara mengerjakan contoh penerapan dpp dan tarif pph akhir tahun gmnh ya

Faqih
Faqih
Agustus 24, 2021 12:18 am

Apakah bisa membuat NPWP bagi yang belum bekerja untuk melamar pekerjaan

agustinus
agustinus
Agustus 23, 2021 1:19 am

mau tanya : seseorang membeli tanah kosong, kemudian pada tsbt di bangun sebuah bangunan, pertanyaan saya, bea perolehan yang dibayar oleh seseorang tsbt, adalah bea perolehan hak atas tanah kosong tadi(BPHT), atau dengan bangunan yang di bangun olehnya juga dihitung kedalam (BPHTB)??? makasih om Pimpa

Liliana
Liliana
Agustus 22, 2021 3:09 am

Halo, Om, begini, ceritanya saya tertarik mengikuti lomba yang diadakan atas kerja sama oleh seorang seniman dan brand tablet yang berasal dari US. Bilamana saya menang, tertera di sana bahwa saya harus membayar “custom duties”, pertanyaan saya, bagaimana caranya saya mengkalkulasi totalan custom duties (bea cukai, dll) yang harus saya bayar bila pengiriman dari US ke Indonesia, Om? Terima kasih

kirana
kirana
Agustus 21, 2021 9:38 am

sore pak, saya mau tanya… sebenernya bayar pajak itu rutin tiap bulan atau gimana sih? saya tuh kerja di bidang jasa desain (freelance), jadi urusan gaji dan lain2 itu langsung terima sendiri bukan dari kantor kayak orang lain terus gak tetap tiap bulan bakalan dapet.. biasanya bisa cuma 2 bulan atau 3 bulan sekali… nah kalau begitu kasusnya gimana ya? saya baca2 di internet katanya pajak itu dari gaji per bulan hitungannya… tapi kalau saya yang ga tiap bulan dapat, gimana? atau bayarnya pertahun jadi di total gitu gaji per tahun ada berapa? makasih, pak. maaf agak ribet tanyanya…

Theresia
Theresia
Agustus 21, 2021 7:30 am

Om mau tanya tentang pasal 21 klu pelaporan thn 2016 ada yg tdk sma exsel dgn yg dilaporan bulanan dan di akhir tahun jd berbeda,jd berbeda krn tdk kerumus,apakah bisa pembetulan dan klu tidak lapor krn tdk punya efin, apa akibatny ya om admin,apa akan kena pemeriksaan

Arul
Arul
Agustus 21, 2021 6:11 am

Siang Om, mau tanya saya kan baru dapat kartu NPWP, tapi kok alamat di kartunya sama kayak di domisili bukan alamat KTP? apa yang bener alamat domisili? soalnya domisili sama KTP saya alamatnya beda.

Terima Kasih

Riza
Riza
Agustus 21, 2021 2:36 am

Siang kak izin bertanya untuk perbedaan seri faktur 010 dan 030 apa ya ?

Ani
Ani
Agustus 21, 2021 1:45 am

Pagi Om, saya mau tanya. Kalau perusahaan memiliki sepuluh karyawan tapi hanya satu karyawan yang gajinya di atas 4,5 juta. Apakah SPT masa PPh 21/26 harus tetap dilaporkan atau hanya di tahunan saja yang dilaporkan?

Aldi
Aldi
Agustus 20, 2021 5:07 pm

Permisi om, saya mau tanya. Awal Agustus saya menggarap usaha fnb dengan sistem foodcourt dalam satu gedung. Keseluruhan tenant di dalamnya tergolong usaha mikro, apakah setiap pembayaran oleh costumer harus dikenakan Ppn 10%? Dikarenakan seluruh tenant diwadahi oleh satu kasir terpadu.

Sovia
Sovia
Agustus 20, 2021 9:38 am

sore..mau tanya om pajak.apakah laporan realisasi PPh21 masa juni 2021 masih bisa pembetulan di agustus.contoh laporan realisasi normal nya 45rb.setelah dihitung ulang kurang bayar 60rb.ebilling yg kita bikin 15rb.untuk laporan realisasinya dilaporkan seharusnya apakah 60rb atau selisihnya? dan laporan di SPT pembetulannya ebillingnya tetap pakai kode 999999999999999.terimakasih

Sovia
Sovia
Reply to  admin
Agustus 23, 2021 1:25 am

ok.bagaimana dengan Ebillingnya.apakah Ebilling lama atau ebilling selisih (yg terbaru 15rb tsb).

Sovia
Sovia
Reply to  admin
Agustus 23, 2021 10:13 am

jadi sy input adalah ebilling yg baru dengan nilai sebenarnya 60rb.makasih om pimpa

HARNO
HARNO
Agustus 19, 2021 11:19 pm

Maaf mau tanya OM, Kantor sy mengadakan pertunjukan wayang kulit online dengan biaya langsung sy bayarkan ke dalang tanpa melalui EO. Pajak apa saja yg dikenakan atas biaya tersebut? Apakah kantor sy harus membayar PPN ? Terimakasih atas jawabannya.

Harno
Harno
Reply to  admin
Agustus 20, 2021 1:39 pm

oh iya om, Ki Dalang tsb mempunyai Sanggar seni yg berbadan hukum (ada npwp an. sanggar seni).

Trendy
Trendy
Agustus 19, 2021 4:50 pm

Kenapa saat lapor pembetulan 1 ke DJP jadi status nihil?

Cindy
Cindy
Agustus 19, 2021 8:27 am

kalau tanya soal pph 21 bisa gk om?

iqbal
iqbal
Agustus 19, 2021 6:17 am

mohon info nya min, pajak apa saja yang biasanya terdapat pada perusahaan di bidang jual-beli aset

Fatkhussarifin
Fatkhussarifin
Agustus 19, 2021 6:00 am

Tanya Om Pimpa, lembaga saya beli barang dengan anggaran 11.000.000 jt an, untuk keperluan administrasi saya butuh bukti pajak, sedangkan toko yang saya beli tidak memiliki npwp, bagaimana cara saya bayar pajak?

VANIA
VANIA
Agustus 19, 2021 5:28 am

siang, bang… saya seorang freelance artist, baru banget mau daftar npwp tapi kebingungan saat mengisi bagian “Sumber Penghasilan”, saya gak yakin harus isi yang mana. status kerjaan saya itu agak ambigu soalnya… jadi, saya ini sebenernya terikat kontrak dengan studio animasi, tapi kontraknya itu kontrak “freelance” dengan mereka dan mereka potongin pajak dari gaji/bayaran mereka ke saya.. nah tapi kemudian saya juga rencana ke depannya mau buka jasa seni gitu di luar dari studio animasi, yang berarti nerima klien-klien sendiri. Nah, saya gak yakin harus centang “Pekerjaan Dalam Hubungan Kerja” atau “Pekerjaan Bebas” yang mana saya harus isi sendiri kode… Read more »

VANIA
VANIA
Reply to  admin
Agustus 21, 2021 6:41 am

baik, terimakasih banyak bang atas jawabannya

Tami
Tami
Agustus 19, 2021 3:56 am

Hi min mau tanya, kalo untuk mengajukan pembebasan pph 22 impor itu permohonannya ke kpp lamgsung dengan melampirkan surat permohonan SKB, apa di djp online saja dengan menggunakan layanan KSWP? terimakasih

anonymous
anonymous
Agustus 19, 2021 3:13 am

Halo Pak, mau tanya apakah terdapat pengampunan pajak untuk pengiriman barang, spesifiknya untuk perangkat telekomunikasi?

No name
No name
Agustus 18, 2021 11:37 pm

Min mau tanyaa
Alat ukur untuk mengukur apakah restitusi PPN yang baik dan tidak baik itu apa?

fitri
fitri
Agustus 18, 2021 7:03 pm

pagi om…mau tanya saya beberapa bulan terakhir ini lupa upload lampiran bukti setor pajak pph 21 ketika lapor. apakah harus dibuat pembetulan spt atau tidak usah?mengingat saya tetap dapat BPE.mohon pencerahannya 🙏🏻

Popi Arpiroka
Popi Arpiroka
Agustus 18, 2021 4:31 pm

Pak, saya mau tanya saya memiliki npwp. Dan pengahsilan saya di bawah ptkp. Tahun tahun sebelumnya saya selalu lapor spt tahunan. Tapi saya sekarang sudah resign dari pekerjaan saya dan sampai saat ini belum memiliki pekerjaan. Apakah saya harus tetap lapor spt tahunan ? Terimakasih sebelumnya pak

Limbu
Limbu
Agustus 18, 2021 9:19 am

Mohon info nya bgmn cara membuat ebilling untuk pph final di aplikasi djp

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x