Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
paulina
paulina
Agustus 18, 2021 6:32 am

Saya mau konsultasi apakah pembelian BBM (Bahan Bakar Minyak) harus menggunakan PPN?
Jika tidak ada PPnnya bagaimana y?

Vonny
Vonny
Agustus 18, 2021 5:15 am

Selamat siang, pak mau tanya, saya menjual rumah di tahun 2018 dengan hrga 150jt (overkredit) dan di tahun 2021 pembelinya melunasi, oleh sebab itu sy dan pembeli hrus mengurus pph21 dan bpthb dll. Tetapi dispenda memberi harga 317jt utk rmh saya.

Saya merasa keberatan karena pph21 yg harus sy byr terlampau tinggi, dan menurut sy keluar dr makan pph 21/pajak penghasilan, saya harus mengakui transaksi yg saya tdk terima sebesar itu uangnya.

Apakah saya bs melaporkan ke dirjen pajak trkait pph 21 yg salah kaprah tersebut?

Bilqis
Bilqis
Agustus 18, 2021 5:02 am

Saya mau bertanya misalnya ada suatu perusahaan retail yang mendapatkan kredit pajak PPh 23 atas penghargaan (karena membeli barang ke principal lewat dari target) besar sehingga biasanya kredit pajak tersebut lebih besar dari PPh terutang tahunan. Untuk mensiasati agar tidak lebih bayar biasanya perusahaan akan memilah mana yang akan digunakan dan mana yang tidak. Sekarang perusahaan ingin mengurangi angsuran PPh 25 bagaimana mensiasatinya ya?

Rizky
Rizky
Agustus 18, 2021 4:22 am

Halo Om, saya mau bertanya, perusahaan saya sudah ketika melaporkan SPT Y pada April kemarin, sudah membayar kurang bayar PPh 29 dengan contoh berikut: Kurang Bayar berdasarkan perhitungan PPh Badan sebesar 250 juta, dikurangi Kredit PPh 23 sebesar 30 juta, lalu jumlah KB yang saya bayarkan adalah 220 juta. Namun setelah dirilis nya Laporan Keuangan di audit, diketahui bahwa PPh 29 saya hanya sebesar 230 juta (sebelum kredit PPh 23). Maka ada kelebihan pembayaran sebesar 20 juta pada saat pelaporan SPT-Y kemarin. Yang ingin saya tanyakan, apakah atas kelebihan tersebut bisa saya lakukan PBK ke PPh Badan Tahun Mendatang? Karena… Read more »

Basuni
Basuni
Agustus 18, 2021 1:26 am

Bagaimana cara menghitung pajak karyawan dan bonus ,karena perusahaan menurut saya memotong tdk wajar?

Evan
Evan
Agustus 18, 2021 1:09 am

Pagi Om, mau nanya. Ayah saya selama ini selalu membayar angsuran pph 25 setiap bulannya utk pekerjaan bebas. Namun tahun ini ayah saya sudah tidak ada penghasilan sama sekali tapi beliau masih tetap membayar angsuran pph tersebut. Apakah angsuran tsb memang harus dibayarkan sampai status NPWP di non efektifkan? Lalu bagaimana pelaporan spt tahunannya nanti ya Om? Terima kasih sebelumnya

Lina
Lina
Agustus 17, 2021 12:54 pm

Om kalo mau tau perhitungan pajak saya bener atau egk gimana ya? Soalnya sya ngerasa ko bedanya jauh dari hasil gaji sebelum2nya? Makasih

Sufriyadi
Sufriyadi
Agustus 17, 2021 10:23 am

mau tanya om, saya punya usaha kos-kosan dan tiap bulan saya bayar pajak.. baru yg mau saya tanya ada orang kos ku yang nunggak pembayarannya apakah pajaknya saya harus tetap bayarkan?? kalau tetap harus bayar, jika ada orang kos ku kabur apakah uang pajak yg sdh sy bayarkan bisa diambil?

nia
nia
Agustus 17, 2021 1:44 am

Selamat pagi om izin bertanya, saya mempunyai data rekapan pph pasal 21 tahun 2020. Nah disitu dikasih tau bahwa bulan juni, agustus dan september terjadi lebih bayar. Faktor utama terjadi nya lebih bayar tuh biasanya kenapa ya om?

Eva
Eva
Agustus 16, 2021 11:32 am

malam om, saya mau konsultasi perihal pph pasal 23 pada reporting incentive covid bulan Juli 2021. dimana kami sudah terlanjur membayar pph pasal 23 tersebut dan sudah melaporkan SPT PPH Pasal 23 dengan status kurang bayar. padahal kami sudah membayar ke kas negara sejumlah yang tercantum dalam billing yang kami buat. ada 2 hal yang ingin kami tanyakan: 1. apakah pph pasal 23 yang sudah kami laporkan dan juga kami bayar tersebut bisa kami input kedalam reporting incentive covid masa Juli 2021? 2. mengapa status SPT PPH Pasal 23 Juli 2021 tersebut kurang bayar padahal kami sudah membayar sejumlah nilai… Read more »

Dewi M
Dewi M
Agustus 16, 2021 10:13 am

Selamat sore, saya mau tanya, jika ada tanah dan bangunan yg dialihkan ke perorangan (salah 1 owner) karena pensiun (sebagai salah satu bentuk pembagian saham), perhitungan pajak dan BPHTB nya seperti apa, mohon arahannya, terima kasih.

adin
adin
Agustus 16, 2021 5:31 am

saya mau konsultasi ,misalkan saya ada project kerjaan dengan perusahaan bumn ,dan saya sudah mengeluarkan faktur untuk project tersebut ,tetapi beberapa waktu kemudian saya dapat surat teguran dari pajak bahwa faktur saya kurang bayar ,ternyata waktu diselidiki perusahaan bumn tersebut kurang bayar pajak tersebut dan tidak sesuai dengan nominal yg di efaktur ,apakah yg harus saya lakukan,mohon arahannya ?

Benedict
Benedict
Agustus 15, 2021 12:22 pm

Malam om, mau tanya lagi, apa syarat nya PT yg sdh PKP di ubah menjadi non PKP? Karena PT tsb skrg ini drop sekali usaha nya (hampir tidak ada penjualan). Terima kasij

Monica
Monica
Agustus 14, 2021 2:13 am

Selamat pagi, saya ingin bertanya
Klien Anda memperoleh ijin usaha pertambangan batubara di wilayah Kalimantan Barat seluas 12.000M2 pada tanggal 26 Juli 2021 yang rencananya akan dilakukan operasi produksi di awal tahun 2022. Klien Anda meminta Anda untuk mengurus pendaftaran PBB atas ijin usaha yang telah diperoleh tersebut. Pertanyaanya:
a. Apa yang akan Anda lakukan sebagai seorang konsultan agar tugas yang diberikan tersebut dapat terselesaikan dengan baik!
b. Kelengkapan apa saja yang harus Anda minta kepada klien Anda agar tugas tersebut dapat dilaksanakan!

Galih Refangga
Galih Refangga
Agustus 13, 2021 3:32 pm

Selamat malam om, mau tanya ini kan ada kegiatan pelatihan pendidikan selama -+2bln yang diselenggarakan kampus melalui dana dari pemerintah, setiap peserta mahasiswa akan mendapatkan uang saku 400ribu ketika melaksanakan pelatihan ini dan dibayarkan secara berkala 200rb per bulan, dan ada info uang saku ini dipotong 5% bagi mahasiswa berNPWP dan 6% bagi mahasiswa non NPWP karena dianggap kena pajak pph21/pph26? Mohon penjelasannya om terimakasih

Cristine Prameswari
Cristine Prameswari
Agustus 13, 2021 9:40 am

Selamat Sore..
Om mau tanya, perlakukan pencatatan atad utang PPH 21 di perusahaan NGO itu sama ga om sama perusahaan Profit lainnya?

rimaVT
rimaVT
Agustus 13, 2021 2:08 am

selamat pagi om salam sehat.

paman saya kan di pake jasanya ( kayak pemeliharaan peralatan gitu / tukang service lah freelance ) oleh perusahaan . dan perusahaan mengenakan dan membayar pph pasal 23 nya dan membuat bukti potong . tapi paman saya tidak punya npwp, dana hanya pake data NIK ktp.
apakah paman saya harus membayar pajak juga atas penghasilan yg di dapat dari perusahaan tersebut ?

terima kasih

rimaVT
rimaVT
Reply to  admin
Agustus 18, 2021 3:53 am

kan di pelaporan sp tahunan perusahaan ada biaya operasional nya om. trus dikenakan lagi oleh kantor pajak 2% dari DPP, ada sekitaran 4 jutaan yg sudah di bayar atas jasa pemeliharaan peralatan.. nah pas waktu mo di laporkan di e bupot, harus ada identitas pemotong. makanya bingung mo di kasih npwp/ nik nya paman saya ato bukan. soalnya pake jasa dia . gimna ya om
mkasi

rimaVT
rimaVT
Reply to  admin
Agustus 20, 2021 4:33 am

disini saya yg bekerja di perusahaan, saya yg akan melaporkan di e bupot, karna sudah bayar pph pasal 23 atas biaya operasional pemeliharaan peralatan

rimaVT
rimaVT
Reply to  admin
Agustus 21, 2021 5:03 am

mmmm, oke mkasih om

Alif
Alif
Agustus 12, 2021 1:16 pm

Malam om. Paman saya karena sakit tahun lalu maka anaknya yang membantu pengisian spt tahunannya yg tahun 2020. Namun karena tidak punya data pasti dan ketika itu paman saya belum bisa ditanyai, maka anaknya mengisi sptnya mengikuti spt tahun lalu saja agar tidak terlambat melaporkan. Om saya pekerjaannya perantara dan sebelumnya perhitungan pphnya menggunakan norma. Masalahnya ternyata utk tahun 2020 tsb ternyata om saya belum ada melaporkan penggunaan nppn dan penghasilannya juga jauh lebih kecil dari yg dilaporkan anaknya. Mohon infonya, 1. apakah akan menimbulkan masalah/kecurigaan apabila dilakukan pembetulan spt op dgn data penghasilan yang jauh berubah/lebih kecil dari spt… Read more »

YOGA
YOGA
Agustus 12, 2021 9:14 am

Halo om,om mau tanya ya.Kami ini LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) radio pemerintah daerah. Yang saya tanyakan kalau kami menerima dana hibah operasional dari pemerintah daerah apakah kena pajak juga om ? Terima kasih.

nilna
nilna
Agustus 12, 2021 6:43 am

adakah nomor NTPN pada faktur pajak?

rohma fitri
rohma fitri
Agustus 12, 2021 3:41 am

hallo om, perusahaan saya ini berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang baru beroperasi tahun 2019. kalau menurut aturan kan perusahaan yang berbentuk PT bisa membayarkan PPH Final selama 3 tahun pertama, tapi apa benar per januari 2021 itu perusahaan yang berbentuk PT harus menggunakan aturan PPH 25 Meskipun peredaran bruto belum 4,8M dan belum beroperasi selama 3 tahun?
mohon penjelasannya om, Terima kasih

Christopher
Christopher
Agustus 12, 2021 12:40 am

Halo, saya ingin bertanya..
Berapa tarif pajak yang dikenakan untuk pencairan asuransi pensiun luar negeri dari warga negara Indonesia?

Christopher Tannos Bernhard
Christopher Tannos Bernhard
Reply to  admin
Agustus 12, 2021 1:59 pm

di indonesia omm

Christopher Tannos Bernhard
Christopher Tannos Bernhard
Reply to  admin
Agustus 13, 2021 4:40 pm

okee makasiii omm pajakkk

mipa
mipa
Agustus 11, 2021 7:11 am

Siang Om… Hotel Indah Bener merupakan hotel bintang 4 berlokasi di Jakarta. Hotel ini selain usaha utamanya tempat menginap atau dengan kata lain menyewakan kamar untuk menginap, juga menyediakan beberapa fasilitas diataranya kolam renang, bus dan mobil antar jemput tamu jika ada keperluan lain di luar hotel, menyediakan ruangan luas (Aula) untuk tempat pertemuan/resepsi, ruangan karaoke, mini bar, restoran, sarana olah raga fitness dan lainnya, bahkan spa dan salon kecantikan pun ada. Pada hari minggu tanggal 26 Juli 2020 ada tamu hotel yang chek in sebanyak 4 orang terdiri dari Pria 1 Orang dan Perempuan 3 Orang, dan chek out… Read more »

ivan theo
ivan theo
Agustus 11, 2021 2:46 am

perihal pengenaan pajak DpLK mandiri , apakah pada saat pencairan DPLK mandiri akan dikenakan pajak progesive ?

Arendra
Arendra
Agustus 11, 2021 12:02 am

Mau tanya om, dlm peraturan disampaikan bahwa pembetulan SPT boleh dilakukan sebelum pemeriksaan. Artinya jk kita terima surat pemeriksaan tertanggal 11 Agustus dan diminta datang tgl 14 Agustus utk menyampaikan data, pembetulan maksimal tgl 10 Agt atau 13 Agt? Trm ksh

friska
friska
Agustus 10, 2021 4:44 pm

malam min…
mau tanya, saya mendapat 2 bukti potong spt pph pribadi dan setelah saya hitung statusnya kurang bayar.saya sudah bayar dan melaporkannya.tapi ternyata saya salah input angka.jd pjk kurang byr yg terhutang seharusnya jauh lebih kecil dari pajak yg telah saya setor. apakah saya bisa mengajukan permohonan pengembalian pajak yg seharusnya tidak terhutang?saya tidak mau kompensasi ke tahun selanjutnya min, karena pajak yg telah saya bayar akan direimburse ke kantor. mohon sekali pencerahannya ya min 🙏🏻.semoga dibalas cepat. terimakasih 🙏🏻

Andri maulana
Andri maulana
Agustus 10, 2021 1:51 pm

Selamat malam om pajak, Saya ingin menanyakan hal Objek pajak (potongan pajak penghasilan) / dari gaji perbulan saya. Apakah meliputi pajak harta seperti Rumah KPR yang saya laporkan. Dan berapa persen besarnya potongan pajak penghasilan perbulan Dari rumah KPR rumah yang saya laporkan , terimakasih

mou
mou
Agustus 10, 2021 1:34 pm

Halo om, saya mau tanya. Sebelumnya yayasan pendidikan tempat saya bekerja belum pernah melaporkan pajak. Lalu pajak apa saja yang perlu dilaporkan untuk yayasan pendidikan saya? Apa benar pajak tiap bulan yang harus dilaporkan ada pph 21 dan pph pasal 4 ayat 2? Selain itu apakah ada?

Leecen
Leecen
Agustus 10, 2021 7:17 am

Bolehkah saya sebagai perusahaan pkp menerbitkan faktur pajak kode 010 ke bumn jika transaksinya lebih dari 10juta

Hanif
Hanif
Agustus 10, 2021 4:35 am

Halo, saya mau tanya. bagaimana apabila saya bekerja remote dari perusahaan luar negeri yang tidak punya badan hukum di Indonesia, apakah saya wajib bayar pajak? Dan bagaimana itu perhitungannya ya? Apakah akan terhitung sebagai freelancer?

Hanif
Hanif
Reply to  admin
Agustus 10, 2021 4:48 pm

Aturannya seperti apa om kalau penghasilan dari luar negeri? saya bingung ngitungnya. soalnya harus bayar sendiri kan

Mardiana
Mardiana
Agustus 10, 2021 2:19 am

pagi om
mau tanya kalau lapor pph final dtp itu harus ada kode billing nya ?

Lina
Lina
Agustus 10, 2021 1:04 am

selamat pagi, mau tanya om, kalau freight ( eksportproduk kel LN ) freightmya termasuk omzet yang dimasukan kedalam PPH final tidak ? Trimakasih

Ramdania
Ramdania
Agustus 9, 2021 4:56 pm

mau tanya, kalo spt masa ppn pkp harus lapor tidak, kalo pekerjaan pembayarannya, ppn dan pph langsung di potong oleh Pemerintah /Bendahara negara

Harus kah pkp spt nya dilapptkan sesuai ppn dn pph yg dipotog, atau yg laporin nya pihak bendahawan negara itu, jd kita lapornya nihil ?

Benedict
Benedict
Agustus 9, 2021 2:48 pm

malam om, mau tanya perusahaan kami PKP dengan bisnis logistik (transportasi barang), yang ingin kami tanyakan apabila kami ingin menjual ruko atas nama PT logistik tsb kepada pembeli perorangan harus dengan PPN 10%? melihat ini kan aset perusahaan dan bukan merupakan barang dagangan kami. mohon petunjuk nya om, terima kasih banyak

Benedict
Benedict
Reply to  admin
Agustus 11, 2021 6:34 pm

Terima kasih om. Mau tanya lagi, apabila saat pembelian ruko thn 2012 perusahaan kami belum PKP jadi kami beli tanpa PPN (juga dari perorangan). Apakah saat ingin menjual sekarang ini tetap harus dengan PPN? Terima kasih

Sigit dirmantoro
Sigit dirmantoro
Agustus 9, 2021 10:44 am

Om mau nanya,NPWP saya baru jadi sebulan om tapi saya cek status NPWP nya ko NE…kenapa ya om

Mei
Mei
Agustus 9, 2021 10:09 am

Selamat sore om,
Om mau tanya terkait PPN DTP untuk barang/jasa terkait penanganan covid, simulasi perhitungan nya seperti apa yah? Dan untuk pembeli apakah harus membayar nominal DPP saja atau bagaimana?
Terima kasih om

Lulu
Lulu
Agustus 9, 2021 9:53 am

Min mau tanya, kalau saat bayar pph23 didjp online kita klik bayar lalu e-billing bukan dengan cara klik lapor pra pelaporan, e-bupot bagaimana?
masalahnya sudah bayar ke mandiri tapi saat lapor dan perekaman bukti penyetoran tidak bisa input bukti setor, dan di daftar spt masa pph 23, masa pajaknya tidak ada.

apakah ada cara lain untuk lapor pph23nya?
terima kasih

Arwan
Arwan
Agustus 9, 2021 4:14 am

Selamat pagi om pimpa izin bertanya mengenai PPN DTP atas rumah tapak dan rumah susun yang di perpanjang sampai desember 2021 ada point baru rumah yang sudah di serah trimakan harus di laporkan di aplikasi yang di sediakan PUPR.. aplikasi yang dimaksud apa ya om??

Arwan
Arwan
Reply to  admin
Agustus 10, 2021 1:31 am

baik… mohon pencerahanya ya om.

jajang
jajang
Agustus 9, 2021 1:37 am

Selamat pagi, kalau menunda pembayaran pajak pasal 25 konsekwensinya apa ya mas

Tari
Tari
Agustus 7, 2021 9:56 pm

Om, mau nanya lagi. Karena spt tahunan OP tahun 2019 dan 2020 menggunakan penghitungan norma padahal saya tidak ada melaporkan nppn, apakah saya masih bisa melakukan pembetulan pada spt tahunan tsb? Apa syarat melakukan pembetulan spt? Apakah harus melakukan pengajuan perubahan spt dulu ke kpp atau bisa langsung saja melalui djponline? Apakah ada sanksi utk melakukan pembetulan? Hasilnya akan tetap nihil Om walaupun tanpa norma. Terima kasih Om, maaf banyak tanya.

Monas
Monas
Agustus 7, 2021 10:22 am

Tanya Om. Papa mertua meninggal, berarti NPWP bisa dihapus. Istrinya tidak punya NPWP karena memang tidak ada penghasilan. Karena sekarang banyak diminta NPWP maka rencananya akan membuat NPWP baru. Betul begitukah prosedurnya? Apa nantinya daftar harta bisa disalin saja walaupun belum semua dibalik nama ? terima kasih.

Ali
Ali
Agustus 6, 2021 11:17 pm

Om, mau nanya. Saya ada mendapat komisi sebagai makelar rumah (pekerja bebas) namun belum ada melaporkan penggunaan nppn tahun ini. Maka penghasilan saya ini bagaimana penghitungannya? Dan dalam laporan spt tahunan, dimasukkan ke kolom yg mana? Apakah pada kolom pekerjaan bebas dan normanya dikosongkan saja sehingga penghasilan nettonya tetap sama dengan peredaran usaha? Terima kasih Om sebelumnya.

widya
widya
Agustus 6, 2021 9:32 am

Sore Om. Mau nanya, saya skrg bekerja sebagai independent contractor pada sebuah perusahaan/online platform di Luar negeri dan mereka tidak memiliki kantor di Indonesia. Bekerjanya online. Penghasilannya dalam bentuk USD. Perhitungan pajaknya bagaimana ya Om? Apakah dihitung dengan norma sebagai pekerja bebas? Terima kasih.

tari
tari
Agustus 6, 2021 9:07 am

Selamat sore Pak. Mau nanya, sejak tahun 2019 saya melaporkan spt tahunan saya dengan penghitungan menggunakan norma dengan pencatatan dikarenakan saya bekerja sebagai pekerja bebas (penerjemah) dan penghasilan tidak melebihi ptkp. Namun saya baru mengetahui bahwa untuk menggunakan norma, saya harus memberitahukan penggunaan NPPN pada awal tahun. Mohon solusinya, apa yang harus saya lakukan mengenai hal tsb? Terima kasih sebelumnya.

tari
tari
Reply to  admin
Agustus 6, 2021 9:48 am

tapi kan sudah leewat masanya pak. sedangkan yang saya baca, pengajuan norma harus dilakukan 3 bulan pertama pada tahun pajak penggunaan norma tsb pak.

indah kumalasari
indah kumalasari
Agustus 6, 2021 6:19 am

selamat siang, saya mau bertanya masa berlaku pajak kan 3 bln, jika faktur pajak terbit tgl 15 juni, untuk tgl mati faktur pajak nya 15 agustus/ 15 september ya

marina
marina
Agustus 6, 2021 3:43 am

om mau tanya. faktur pajak masukan sudah saya upload dan approv. lalu faktu pajak itu salah. bagimana solusinya om

David
David
Agustus 5, 2021 11:30 pm

Pagi om, pelaporan dtp untuk yg perpanjang juli – des 2021 blom bisa kah?

rimaVT
rimaVT
Agustus 5, 2021 7:25 am

Selamat sore om pimpa. salam sehat
mohon maaf mo nanya lagi
om kalo aplikasi e faktur 3.0 apakah boleh di instal di bberaapa laptop/komp ?
ceritanya kan ada 2 admin ini om. soalnya saat saya mau isi data selalu muncul etax 40005..
apa kode aktivasinya hanya untuk 1 pengguna /laptop ?
mkasi om

rimaVT
rimaVT
Reply to  admin
Agustus 6, 2021 1:48 am

oh begitu ya om. soalnya admin yg pertama udah pindah ke palu (sulteng) dan saya admin baru berada di manado (sulut) dan juga saya di laptop yg baru.

mkasih infonya om. saya coba lagi mengisi db nya

Uchy
Uchy
Agustus 5, 2021 4:05 am

Saya bekrja di satu perusah sebagai pekerja harian. Tapi di gaji perbulan,tidak ada kontak yang saya tanda tangani, krna saya buru lepas. saya di gaji 250 perhari. Untuk hari kerja beba, Tidak istilah off tidak ada lemburan sekalipun masuk d hari tanggal merah. Pertanyaan saya apakah gaji saya perluban bisa d potong peruhasan untuk pajak penghasilan?

Krna saya tidak tahu tentang pajak makanya saya bertanya..

Vonny
Vonny
Agustus 4, 2021 3:34 pm

Om, izin brtanya. Jadi gini, perush selalu tepat waktu melaporkan SPT masanya. Namun karena satu dan lain hal, utk SPT masa April & Mei, ada salah satu pegawai yang tidak sengaja terlewat dan tidak diikutkan ke dalam pelaporan SPT sehingga PPh terutang menjadi lebih kecil dari yg seharusnya. Pertanyaannya, 1. Jika sprti itu apakah bisa melakukan SPT pembetulan untuk masa April & Mei di masa bulan Juli ini? 2. Jika perush akan menyetor dan melapor keterlambatan SPT atas satu org pegawai tsb di bulan Juli, apakah tetap dikenakan denda dan bunga sebesar 2% dr pajak terhutangnya? Mohon solusinya Om, terima… Read more »

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x