Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
sukardi
sukardi
Juli 25, 2021 3:03 am

om…mau tanya
kalau mau menertibkan faktur pajak tanpa sertifikat elektronik bisa gak

Clara
Clara
Juli 24, 2021 9:51 am

selamat sore om, mau bertanya. sy dri instansi pemerintah. sy membeli ATK dgn nota pembelian sebesar 4 juta di toko (tidak termasuk PPN). pertanyaannya: apakah sy bisa membayar pajak menggunakan npwp kantor? jika bisa, apakah besarannya PPN 10% dan pph 1,5%? terima kasih

Amar
Amar
Juli 24, 2021 8:03 am

Siang om, izin bertanya. jika PT sudah dipotong pph final 0.5% dari omzet, kemudian menyewa sebuah gedung selama 1 tahun. apakah atas sewa tsb dikenakan pph pasal 4 ayat 2? jika iya, dasar pengenaannya bgmn om? terima kasih.

Eva manullang
Eva manullang
Juli 24, 2021 8:00 am

Siang om pajak,
Saya tidak memahami mengenai pajak keluaran digunggung. Tolong berikan saya pencerahan agar saya dapat mengerti apa itu pajak digunggung. Terimkasih

Gracie
Gracie
Juli 24, 2021 4:36 am

Selamat siang om, izin beratanya jika pajak deposito tidak di potong pph pasal 4 ayat 2 apa yang menjadi dasar hukum atas ketentuan tersebut.

Aulia
Aulia
Juli 24, 2021 3:10 am

selamat pagi mau menanyakan maksut dari ini apa ya ? ETAX-WEB-50008: SPTSERVICE-00053: Tidak Dapat Melakukan Lapor untuk Masa Pajak Sebelum PKP dengan Status Nihil atau Lebih Bayar, padahal sudah PKP dan bulan sebelumnya juga masih bisa lapor masa PPN, mohon bantuannya, terimakasih

Aulia
Aulia
Reply to  admin
Juli 27, 2021 9:08 am

PKP masih aktif dan tidak dicabut, sudah 4 hari di log in log out oun ttp masih tdk bisa, bagaimana ya?

clara
clara
Juli 24, 2021 2:42 am

selamat siang pak. saya dri instansi pemerintahan. sy mau bertanya. di kantor ada kegiatan yg mengharuskan kita membeli nasi kotak sebesar 3 juta di warung. pertanyaanya: bolehkan membayar pajak menggunakan npwp kantor? terima kasih pak

agus handoko
agus handoko
Juli 24, 2021 2:08 am

selamat pagi master saya punya PT sebagai agen gas elpiji 3 kg bersubsidi ( nggak jualan yang lain ) dan sudah PKP sejak mulai berdiri sekitar 7 tahun lalu . pada tahun 2018 ditagih PPN atas selisih harga eceran agen dengan HET dari surat gubernur ( tarif 10 % ). Dasar penagihan memakai aturan mana ya ? Kalo ditanyakan AR , jawabnya muter muter nggak jelas . ditakut takuti akan diperiksa kalo nggak mo bayar . akhirnya bayar sampai ratusan juta rupiah belum termasuk denda yang ditagih kemudian ( tagihan mulai tahun 2016 sd 2019 ).Ternyata pada akhir Desember 2019… Read more »

agus handoko
agus handoko
Reply to  admin
Juli 26, 2021 1:13 pm

pada saat pembayaran tarif 10 % , tidak ada aturan yang jelas , cuma katanya AR karena ada perintah , arahan dari Kanwil , jadi nggak ada aturan yang jelas , dan di Propinsi lain bahkan tidak ada penagihan untuk agen LPG 3 Kg subsidi ….ini sudah pernah telepon AR , katanya boleh diminta tapi diperiksa dulu….terus apa salah kami master

Gracie
Gracie
Juli 23, 2021 1:05 pm

Pak saya mau tanya, jika bunga deposito tidak di potong pph pasal 4 ayat 2 apa yang menjadi dasar hukum atas ketentuan tersebut.

Dede Mamay
Dede Mamay
Juli 23, 2021 4:52 am

Selamat pagi min, izin bertanya saya ingin melakukan pelaporan spt ppn bulanan di web e-faktur akan tetapi setelah saya ngeklik “lapor” muncul kalimt seperti ini ” ETAX-WEB-50008: Internal Server Error “. Itu maksudnya apa ya min? Terima kasih.

Randy
Randy
Juli 23, 2021 4:07 am

Siang Om Pimpa,
Mau tanya, saya sales mobil
Kemarin ada penjualan 2 unit
1 unit an Perusahaan (PT A)
1 unit an pribadi

Ada masalah di penjualan nama pribadi tdk sengaja masuk npwp perusahaan

sehingga di laporan pajak nya masuk ke PT tersebut,
Dan pihak PT menanyakan faktur pajak tersebut

apakah ada cara untuk membatalkan faktur pajak yg salah tersebut agar hilang dri laporan PT tersebut ?

Dan apakah ada kerugian dari pihak PT tersebut ?

Randy
Randy
Reply to  admin
Juli 26, 2021 4:29 am

Makasih Om Pimpa atas informasinya

rimaVT
rimaVT
Juli 23, 2021 4:00 am

halo, selamat siang om. salam sehat
om mo nanya, kan perusahaan kami sudah pindah lokasi, terus alamat di kartu npwp atau di kantor pajak masih alamat yg sebelumnya. gimna ya om agar alamat di npwp nya bisa diubah ke alamat yg baru / terima kasih

rimaVT
rimaVT
Reply to  admin
Juli 24, 2021 2:17 am

terima kasih om pimpa . gbu

yani
yani
Juli 23, 2021 3:17 am

selamat siang oom, toko kita sudah pkp, trus ceritanya kita pasang pintu harmonika, jasa petukang/bengkel las total nilai seluruhnya 5.000.000 udah plus pemasangan. saya buat pph 21 atau pph 23? trus berapa nilai yang saya cantumkan di bupotnya, mengingat saya bayarnya 5juta pas.
tukang jasa/bengkel non pkp tdk punya npwp

terimakasih

Fanny
Fanny
Juli 22, 2021 11:51 pm

Pagi om, mau tanya nih .
Soal pajak masukan, salah masa nya.
Pajak masukan bulan Juni tapi masuknya di masa bulan Juli, sudah terupload sukses .
Kira2 itu solusi nya gimana ya om?
Gara2 itu pajak masukan dibulan Juli jadi banyak banget
Apa bisa dibatal om pajak masukan bulan Juni yg ada di masa Juli?
Tolong dibantu ya om
Terima kasih .

zain
zain
Juli 22, 2021 1:09 pm

om, saya punya CV yg udah jalan sekitr 4 tahun tapi nda pernh urus pajak.. ingin lapor pajak dan dapat spt tahun lalu kira2 masih bisa?

Nelly Mulyani
Nelly Mulyani
Juli 22, 2021 6:48 am

Assalamualaikum om…
Izin bertanya om…kantor saya instansi pemerintah ada membuat sumur bor…pajak apa yg harus dibayar?
Terima kasih

Lolidya
Lolidya
Juli 22, 2021 3:35 am

Pak maaf mau bertanya kalau misalkan penerimaan penghasilan obligasi dari bank Indonesia itu bakalan dikenakan PPh pasal berapa ya? Terimakasih

nanda
nanda
Juli 21, 2021 9:24 am

Halo Om selamat sore,
om saya ingin bertanya,PT tempat saya bekerja saat ini di bidang jasa dan statusnya sudah PKP, karena terimbas covid19 kegiatan pt sudah tidak lancar lagi, dan untuk itukegiatan pt sedang dalam proses cut off,
apakah pt boleh mengajukan permohonan non pkp ke kpp om?
dan apakah ada syarat2 tertentu untuk pengajuan dari pkp menjadi non pkp ?
mohon informasinya om, terimakasih.

Bambang. M
Bambang. M
Juli 21, 2021 7:46 am

Selamat siang Om, berapa persen pajak yg hrs dibayar dari pesangon pensiun yg dibayarkan sekaligus oleh dapen, misal dengan mominal 450jt.

Via
Via
Juli 21, 2021 2:48 am

Hello om, mau nanya mengenai pembuatan bukti lapor returan. Apabila terdapat data yang tidak sesuai dengan nota retur sedangkan bukti lapor sudah terlanjur dibuat, apakah masih bisa direvisi? Jika bisa, bagaimana proses revisinya? Apakah prosesnya rumit? Terimakasih 🙏

vani
vani
Juli 20, 2021 4:42 pm

Halo om, mau tanya mengenai perhitungan pajak jika mendanai P2P lending.
Misalnya pendapatan saya hanya dari pendanaan P2P lending, dengan bunga yg didapat dalam 1 tahun < 10juta.
Apakah 10juta tersebut juga tetap terkena pajak nantinya ketika lapor pajak SPT?

Karena setau saya jika status pajaknya TK, PTKP-nya kan 54juta. Apakah itu berarti jika pendapatan saya dalam 1 tahun tidak lebih dari 54juta, tidak kena pajak om?

Makasih ya om

Reza vendra
Reza vendra
Juli 20, 2021 1:34 pm

Malam om
Mau tanya ,SKB pph 22 terkait penanganan covid 19 terbit setelah transaksi berjalan. Itu gimana peelakuannya om? Pph 22 tetap dibebaskan atau gmn ya?

Reza vendra
Reza vendra
Reply to  admin
Juli 21, 2021 4:40 pm

Artinya SKB PPh 22 tetap berlaku walau terbit setelah transaksi berjalan om?

Reza vendra
Reza vendra
Reply to  admin
Juli 23, 2021 3:12 am

Baiklah pak ,jadi suket PP23 tidak berlaku untuk transaksi dengan instansi pemerintah desa pak? Fungsi suket PP 23 utk apa pak?

Reza vendra
Reza vendra
Reply to  admin
Juli 24, 2021 8:52 am

Kami melakukan penjualan alkes covid 19 ke instansi desa om ,status Cv kami non pkp dan punya suket pp 23 pph final 0,5%. Apakah berlaku utk transaksi ke desa. Karna kami telat nerbitkan SKB pph 22

Theddy
Theddy
Juli 19, 2021 8:25 am

Halo om selamat sore, saya mau bertanya : ada kasus dimana perusahan kami melakukan pencairan dana proyek dan untuk pembayaran PPN & PPh di potongan dan disetor oleh bendahara proyek, kemudian kami diinfokan oleh AR bahwa ada keterlambatan setor oleh bendahara maka terjadi denda keterlambatan bayar. yang jadi pertanyaan kami apakah siapakah yang bertanggung jawab atas denda keterlambatan?

Jessika Azhari
Jessika Azhari
Juli 19, 2021 4:05 am

Halo om, selamat pagi.
saya mau tanya terkait pendahuluan pengembalian pajak. Kita dapat informasi fiskus untuk pengembalian restitusi ada selisih dikarenakan salah satu PT Supplier kita belum membayarkan pajak masa mei 2021.
Nah, kita kan sudah melaporkan PPN masa Mei 2021, apakah bisa kita melakukan pembetulan untuk SPT masa mei dan lebih bayarnya dikompensasikan langsung ke masa Juni? (dengan kondisi uang restitusi belum kita terima, baru terima fiskus perhitungannya saja?

Devi
Devi
Juli 18, 2021 1:32 pm

Halo om, mau tanya semisalnya kita sudah melaporkan pph 21 namun baru sadar kalau tanggal ssp yang dimasukan di espt nya salah, apakah boleh langsung diubah saja di aplikasi esptnya? apakah nanti ada pengaruh ke csv yang sudah dilaporkan dan apa resikonya? Terima kasih.

Devi
Devi
Reply to  admin
Juli 20, 2021 2:52 pm

terima kasih om

Halwaniar Bintany
Halwaniar Bintany
Juli 18, 2021 5:58 am

Assalamualaikum om.. aku mau nanya kalau misalnya SPT PPN Masa ada transaksi penjualan, kan kalau yg 10% itu sudah di bayar pemda. nah aku kan isi spt online, setelah aku lapor kan nanti muncul BPE nya, di BPE itu apakah status SPT nya akan NIHIL meskipun ada transaksi?
Terima kasih om 🙂

gusti edwin hoedioro
gusti edwin hoedioro
Juli 18, 2021 4:20 am

apakah PPN kode 010 dan PPN kode 030 dibuat secara bersama atau terpisah di dalam SPT masa nya

Rio
Rio
Juli 18, 2021 2:36 am

Halo Om, paman saya punya usaha toko tetapi tidak punya NPWP.
Suatu hari ada bendahara instansi belanja barang total dibawah 2 juta.
Apakah paman saya kena pajak?
Jika kena pajak, pajak apa saja?
Dan bagaimana cara paman saya membayarnya?

Irma
Irma
Juli 17, 2021 11:08 am

Selamat sore om, saya mau tanya soal SPT tahunan,, saya pernah buat npwp online dn terverifikasi sejak tahun 2017,, karena saya pengangguran sejak akhir thun 2017 sampai 2021 skrg, dn udh menjadi ibu rumah tangga,, dan tiba2 saya menerima surat peringatan karena telat melaporkan spt tahunan pasal 25/29,, sedangkan dari 2017-saat ini saya blum pernah lapor spt, jika spt dilaporkan per tahun, knp bru di tahun 2021 ini saya dpt teguran ya?? Mana posisi saya juga pengangguran lama, ga pernah dpt surat teguran ditahun2 sblumnya, bru ini saya dapatkn,,

Irma
Irma
Reply to  admin
Juli 21, 2021 2:39 am

Isi suratnya menyatakan kalau saya belum menyampaikan spt tahunan yang dibatasi tgl 31/03/2021, dan diberi waktu 30 hari untuk memberikan surat pemberitahuan dan untuk menghindari kena sanksi berupa kenaikan pajak yang memberatkan saya,, selanjutnya saya hrus bagaimana ya om? Masa udh pengangguran dikenakan pajak juga.

Pingki
Pingki
Juli 17, 2021 6:14 am

pak mau nanya, klo mau hapus npwp bisa gk ya? soalnya bapak saya usahanya udah berenti…takutnya malah masih kena pajak

Leo
Leo
Juli 17, 2021 3:28 am

selamat pagi Om,
Mau tanya nih, saya udah lapor PPN Kurang Bayar dengan nominal contoh : 450.000
Tetapi di kertas SSP aslinya 460.000, pada saat ingin melakukan pembetulan, lalu mengisi NTPN yang sama, keterangannya NTPN sudah digunakan. Gimana ya om?

Leo
Leo
Reply to  admin
Juli 20, 2021 3:42 am

Selamat Pagi Om Pimpa, Jadi untuk hasil dari Pembetulan SPT PPN masih selisih KB 10.000.
Karena pada saat pengerjaan SPT PPN Normal terlapor 450.000, sementara PPN kurang bayar sebenarnya itu sebesar 460.000
Jadi gimana om pimpa? Apakah harus melakukan PBK?

Leo
Leo
Reply to  admin
Juli 22, 2021 6:54 am

Lapornya pakai web efaktur om.

Leo
Leo
Reply to  admin
Juli 24, 2021 2:28 am

Oke, terima kasih Om pimpa

Waode karni
Waode karni
Juli 16, 2021 3:21 pm

Halo om, sy baru daftar npwp online nih, cuman pada saat pengisian identits yang terakhir yg ditanyakan pengisian kolom Fax,, sy tdk ngerti, mau di isi apa ya? Mohon petunjuk

Cindy
Cindy
Juli 16, 2021 7:58 am

Halo om selamat sore, saya mau menanyakan terkait tentang faktur pajak atas DP / Uang punya berupa BKP
Apakah bisa dalam faktur pajak uang muka BKP kita detailkan jenis barangnya secara detail? jika tidak bisa apakah ada referensi peraturannya?

Nasya Nafiilah
Nasya Nafiilah
Juli 16, 2021 5:57 am

Asalammualaikum! apakah sewa tenda (Kanopi) kena PPN? sedangkan yg bersangkutan termasuk NONPKP hanya saja pihak SKPD menyarankan untuk byar PPN.
1. sewa tenda Rp. 1jt utk ukuran 6x12meter

Saskia Assahra Azis
Saskia Assahra Azis
Juli 16, 2021 5:48 am

Ada yang bisa jawab PPh Pasal 21 Hana pada tahun 2020 bekerja di PT Pertamini, TBK dengan gaji sebulan Rp 19.850.000,00 dan membayar iuran pensiun sebesar Rp 750.000,00. PT Pertamini, TBK menanggung pembayaran Jaminan Kematian sebesar 0.5% gaji dan Jaminan Kecelakaan Kerja sebesar 0.3% gaji. Hana menikah tetapi belum mempunyai anak, suami Hana yang bernama Aldebaran bekerja di PT Rajawali Citra Televisi, Hana memilih menggunakan NPWP terpisah untuk menjalankan kewajiban perpajakannya sendiri. Pada bulan Juli 2020 menerima kenaikan gaji, menjadi Rp 22.500.000,00 sebulan dan berlaku surut sejak 1 Januari 2020. Dengan adanya kenaikan gaji yang berlaku surut tersebut, Hana menerima… Read more »

Sondi
Sondi
Juli 16, 2021 1:21 am

meucul etax-web-50008: sptservice-00053 tidak dapat melakukan lapor untuk masa pajak sebelum PKP dengan status nihil atau lebih bayar

Danang
Danang
Juli 15, 2021 9:23 am

Om mau tanya apabila kwitansi pembyrn tgl 7 maret (instansi pemerintah)sp2d sdh keluar, kita terbitkan faktur pajak telat dibuat tgl 13 maret apa konsekuensinya.? Trims

diah
diah
Juli 15, 2021 7:31 am

om saya mau tanya, sebelum perusahaan saya bekerja punya benderanya sendiri, dulu bos saya pinjam nama cv ke temennya, dan cv temannya adalah pkp, nah pada saat itu bos saya ada proyek dan harga proyek diluar pajak, nah customer bos saya hanya membayar pph final yaitu sebesar 2% dari dpp, dan bos saya pada saat itu tidak menerbitkan faktur utk pemotongan PPN. nah sekarang pajak terutang itu muncul om, bagaimana ya solusinya? itu proyek pada waktu 2016 om. siapa yg akan membayar ppn itu? bos saya atau client? mohon pencerahannya

Diah
Diah
Reply to  diah
Juli 15, 2021 10:45 am

Jadi gini om, bos saya itu arsitek. Jadi dia dpt proyek tahun 2016 karna belum punya badan usaha jadi dia pinjam CV punya tmnnya, lalu karna bos saya awam dengan perpajakan, dia buat lah perjanjian harga kontraknya diluar pajak, nah jadi si client hanya potong pph final 2% saja, sedangkan CV temannya bos saya itu pkp, jadinya kan harus pungut PPN juga. Nah sekarang baru lah bos saya dapat pemberitahuan dari pajak bahwa ada ppn yg terutang. Berati udh sekitar 6 tahun yg lalu pajaknya terutang om. Jadi bagaimana penyelesaiannya om

Rahayu
Rahayu
Juli 15, 2021 2:46 am

siang om, mau tanya apakah PPN dan PPH yang dipotong oleh Dinas dapat dicairkan kembali oleh perusahaan yang melakukan penjualan barang ke Dinas tersebut ya om ? mohon infonya, terimkasih

Suyati
Suyati
Juli 15, 2021 1:31 am

Om mau tanya, kita dpt surat pemberitahuan bahwasannya pbb tahun 1998,2000,2007 blm dibayar dan dikrm surat dan denda yg harus dilunasi.. Itu udah 20tahunan..bgmn cara menykapinya? Sedangkan pada tahun2 tersebut saya belum tinggal disini

mahardika
mahardika
Juli 14, 2021 5:22 am

siang om , mau tanya, lawan transaksi saya memotong ppn dan pph22 saya dengan Npwp mereka sendiri (salah npwp harusnya npwp perusahaan saya yg mengeluarkan faktur) . lawan transaski saya kementerian pemerintahan dengan kode faktur 020. bagaimana langkah yang harus di ambil baik dari pihak mereka atau pun pihak saya ,mohon jelaskan tehnisnya. terimakasih banyak

Surya
Surya
Reply to  admin
Juli 14, 2021 12:05 pm

Jadi yg harus bertanggung jawab melakukan Pbk saya yg menerbitkan faktur. Atau bendaharawan pemerintah yg melakukan salah setor. ? Terimakasih om . Mohon di beri masukan . Sangat membantu

A Fir
A Fir
Juli 13, 2021 5:46 pm

OM Saya ada Situasi.. saya bertransaksi dgn PMA , dan mengeluarkan Faktur Pajak di bulan september 2020 senilai 100 juta, tetapi karena ada kendala.. pelunasan dr PMA tersebut baru selesai di bulan Mei 2021.. sampai saat ini saya belum lapor pajak september 2020 dan belum bisa bayarkan pajak tersebut karena uangnya terpakai untuk kebutuhan lain.. walaupun perusahaan saya sudah lapor SPT badan tahun bulan april tahun 2021.. 1. pertanyaan saya apakah situasi ini akan ketahuan sama si PMA tersebut, dan kalau ketahuan ketika apa? 2. Resiko Apa yg saya akan hadapi krn sampai sekarang belum ada surat teguran dari pihak… Read more »

A Fir
A Fir
Reply to  admin
Juli 14, 2021 4:15 pm

Terimakasih Om Penjelasannya, Lanjut minta saran nya.. Perusahaan kami pasti akan menyelesaikan masalah pajak ini karena kebanyakan transaksi kita dengan pemerintah.. namun memang dengan kondisi sekarang ini cashflow lagi berat dan uang yang ada lebih di prioritaskan untuk kepentingan yg lain “contoh gaji ” apakah lebih baik kami laporkan SPT nya dulu lalu minta keringanan untuk pembayaran secara bertahap, atau kita harus siapkan dulu uang nya baru kita lapor ?

Trims

A Fir
A Fir
Reply to  admin
Juli 15, 2021 11:49 am

Untuk kalimat ” pembayaran bisa dilakukan bertahap” itu bagaimana penjelasannya Om

Bade Jua
Bade Jua
Juli 13, 2021 8:58 am

om, mau tanya soal tanggal faktur dan inv…

kan ceritanya pd tgl 16 juni kita ngeluarin inv tagihan, setelah inv dterima..pihak konsumen melakukan pembayaran pada tgl 10 juli (1 bulan stlh inv penagihan)..otomatis kan kita ngeluarin faktur…

apakah tanggal faktur nya dikasih tgl 10 juli…atau di samakan dg inv tgl 16 juni???apakah ga jadi faktur cacat nantinya???

note : kebetulan kita baru dpt NSFP pada tgl 9 juli

mohon pencerahannya om..saya masih newbie soal pajak

Anggun Pertiwi
Anggun Pertiwi
Juli 10, 2021 8:14 am

Om saya mau tanya, saat ini saya sedang kebingungan.Mau tanya perihal PPh 21.
1. untuk pph 21 atas komisi saya buat di kode jenis pajaknya 21-100-09. Nah pada saya buat SSEnya untuk jenis setoranya apakah tetap 100 ?
2. apakah boleh, bila saya sudah terlanjur buat SSE PPH 21 jenis setoran 100 dan sudah dibayarkan, lalu saya buat lagi SSE PPH 21 atas komisi tsb dengan jenis setoran yg sama yaitu 100, apakah boleh?

Anggun
Anggun
Reply to  admin
Juli 13, 2021 1:56 am

Terima kasih om

Nata
Nata
Juli 10, 2021 4:25 am

Haloo Om Pimpa..
Apa kabar..? Sehat selalu Om 🙏🏻..

Begini Om,

Di bulan juni kemaren, saya ada transaksi 2 penjulan yang menggunakan NPWP CV.
Dan yang lain’nya penjualan langsung tanpa NPWP CV, seperti penjualan di marketplace atau yang langsung ke saya..

Yang mau saya tanyakan adalah..

Untuk membayar bulanan pph final UMKM dibawah 4,8M itu 0,5%..

Apa saya hanya membayar omzet penjualan CV saja atau Omzet semua’nya.?

Terima kasih,, mohon bimbingan’nya Om..

rimaVT
rimaVT
Juli 10, 2021 1:55 am

Pagi OM Pimpasalam sehat,
mau nanya lagi dong.
gimna ya buat permohonan ke bendaharawan pemerintah untuk PBK ? soalnya PPN perusahan kami di setor bendaharan pake npwpnya bendaahara bukan perusahaan. trima kasih

rimaVT
rimaVT
Reply to  admin
Juli 14, 2021 5:34 am

Ohhh .. gitu yaa
trima kasih om Pimpaaa

Flo Grazia
Flo Grazia
Juli 9, 2021 3:41 pm

Malam Om..kalau form 1721-VI yang tanda tangan harus direktur? apa boleh diwakili akunting pajak? atau boleh hanya stempel basah saja? soalnya pak bos sering tidak ditempat jadi lama pak dan jumlah form banyak, kadang juga buru-buru akan diberikan kepada peserta kegiatan.. makasih Om

Flo Grazia
Flo Grazia
Reply to  admin
Juli 12, 2021 4:14 pm

ttd diwakili saja deh om, stempel basah maksudnya stempel perusahaan bukan stempel ttd bos.. makasih banyak ya om 🙂 salam sehat

Deni
Deni
Juli 8, 2021 9:28 am

Sore, mau tanya apakah ebiling pajak ppn bisa dibatalkan, sebab ada perhitungan ppn yg salah

amelia
amelia
Juli 8, 2021 4:09 am

Selamat siang, perusahaan kami bergerak di bidang ekspor pinang, untuk pengiriman kami menggunakan container yang disewa dari perusahaan pelayaran yang berada di singapore(kantor perwakilan ada diindonesia) bagaimana pehitungan pajak tas sewa container nya. terimakasih

Dwi
Dwi
Juli 8, 2021 1:48 am

Halo om pimpa, mau tanya nih
Jadi gini, kapan saat dikeluarkan bukti potong untuk pph 21 23 dan 4(2)?
Contoh pph 21 ada invoice jasa design 25 juni 2020, jatuh tempo 2 July, dan dibayar 2 Agustus karena ada masalah teknis disana atau revisi,
Contoh pph 4(2) pembayaran termin
Invoice tanggal 20 Desember 2019,
Jatuh tempo 3 January, dibayar 15 january 2020
Faktur pajak 30 maret 2020
Dari contoh diatas periode pemotongan untuk Spt nya kapan ya?

Makasih

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x