Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
imelda
imelda
Juni 28, 2021 5:28 am

selamat siang saya mau tanya ka pajak yang kena untuk usaha restoran dan catering untuk wilayah kpp cibitung apa ya?

kutukupret
kutukupret
Reply to  admin
November 22, 2021 2:30 am

ngeles aja kayak bajaj

Om Pimpa
Editor
Reply to  kutukupret
November 22, 2021 9:36 am

iya dong…

Putri
Putri
Juni 28, 2021 4:21 am

pak mohon bantuannya, saya bekerja di bidang properti, mengenai PMK 21/PMK.010/2021, apakah PPN DTP yang dilaporkan masih bisa dibetulkan, misal pada bulan April 2021 kami sudah lapor SPT PPN, lalu sekarang kami ingin membuat faktur pajak baru di bulan april (dgn fasilitas DTP)itu artinya kami akan melakukan pembetulan SPT PPN April. Apakah masih berlaku fasilitas DTP untuk bulan April tersebut ?
Terimakasih

amie
amie
Juni 28, 2021 4:10 am

siang mau tanya, jasa konstruksi kerjasama dengan orang pribadi non NPWP dan Non kualifikasi kira” perusahaan bayar pajaknya apa ya pph 21, 23 atau pph 4(2) ?

salma
salma
Juni 28, 2021 3:51 am

om untuk insentif pph 21 itu sampai pembayaran bulan mei atau bulan juni ya om? apakah pph 21 bulan juni masih mendapatkan insentif?

Arwan
Arwan
Juni 28, 2021 2:21 am

selamat Pagi mau Bertanya seputar ebupot 23.. di masa januari 2020 ternyata ada yang belum di potong karna tadinya ada SKB ternyata sudah habis batas waktunya..cara pembetulanya bagaimana?? apakah tinggal input bukti potongnya trus bayar kekuranganya?

Arwan
Arwan
Reply to  admin
Juli 6, 2021 6:32 am

baik terimakasih … jika ada pt yang belum pkp untuk pelaporan pph 23 nya apakah bisa seperti dulu dengan csv dan dikirim ke kpp..?

Arwan
Arwan
Reply to  admin
Juli 12, 2021 6:14 am

kan ebupot menggunakan sertifikat elektronik …bagaimana caranya?

Astri
Astri
Juni 27, 2021 3:08 pm

Hallo kak,

Saya mau sedikit bertanya. Bulan ini saya ada kesalahan kode pajak yg harus pph ini ppn dalam billing. Dan sudah dibayarkan. Saya akan melakukan pbk akan tetapi untuk saat ini kantor saya bekerja sudah berpindah alamatnya tidak sesuai dengan di npwp. Apakah bisa alamat direktur yg bertanda tangan tidak sesuai dengan alamat yang tertera?

Terimakasih kak

Astri
Astri
Reply to  admin
Juni 28, 2021 12:27 pm

Baik kak, makasih untuk infonya

Nana
Nana
Juni 26, 2021 10:18 am

Sore om, mau tanya mengenai insentif ppn dari pemerintah saya membeli perumahan didaerah tangerang, dp pertama dibayar pada bulan februari 2021, dan akad kredit bank sudah di lakukan pada bulan juni 2021, serah terima rumah pada bulan agustus 2021, untuk case diatas apakah saya masih dapat insentif ppn dari pemerintah atau tidak ya?

Nana
Nana
Reply to  admin
Juni 28, 2021 3:12 pm

Untuk pembayaran dp sudah lunas pada saat akad kredit om, angsuran kprnya sudah mulai berjalan bulan juli 2021

Nana
Nana
Reply to  admin
Juli 3, 2021 4:40 am

Yng dimaksud Total pelunasan itu net kpr yng byar bank ke developer bukan om?

victoria angelika
victoria angelika
Juni 26, 2021 4:36 am

om mau tanya, cara melaporkan PPN DTP yang terlambat lapor bagaimana ya?

Julio Pangaribuan
Julio Pangaribuan
Juni 26, 2021 3:48 am

om mau nanya cara pph pasal 23 gimana om cara rumus nya?

Lestari
Lestari
Juni 26, 2021 3:01 am

Siang OM
Om mw tanyak, saya salah input NPWP dan saya ingin membatalkannya. Gimana solusinya ya Om? saya batalkan masih nunggu pembatalan dari lawan transaksi.

Christine
Christine
Juni 26, 2021 2:02 am

Dasar hukum pembayaran dan pelaporan pajak ?

Adinda
Adinda
Juni 25, 2021 6:57 am

Siang Mau Tanya, Kalau Memiliki kendaran bermotor dan mobil dengan nama yang sama apakah dikenakan pajak progresif ?

MUHAMMAD MUSTOFA
MUHAMMAD MUSTOFA
Juni 25, 2021 6:08 am

Siang Oom, saya mau tanya kalau pengadaan sembako untuk masyarakat dalam rangka penanganan covid-19, dengan penyedia barangnya adalah Bulog, terhadap transaksi tersebut harus dikenakan pajak apa saja ? Trims Oom.

MUHAMMAD MUSTOFA
MUHAMMAD MUSTOFA
Reply to  admin
Juni 29, 2021 5:30 am

dari sisi yang pembeli Onm. Yang beli pihak pemda dan yang jual pihak Bulog. Trims.

putri
putri
Juni 25, 2021 2:42 am

om mau nanya gimana ya om,merubah masa fp masukkan yang sukses lapor ?soalnya masa fp nya salah

Rosa
Rosa
Juni 24, 2021 3:25 pm

Halo om, saya akan bekerja sebagai pekerja tidak tetap (tenaga ahli) di sebuah perusahaan konsultan hanya untuk 1 tahun karena pekerjaannya project based. Informasi dari perusahaan tersebut adalah bahwa saya akan dipotong pph pasal 23 (2%) dari penghasilan yang akan saya terima.

Pertanyaan saya adalah apakah saya dipotong pph 23 (2%) dan bukan pph 21 karena saya bukan karyawan/pegawai tetap? Lalu, nanti ketika pelaporan SPT Tahunan, formulir yang saya gunakan apakah 1770 juga?

Mohon pencerahannya om, selama ini saya pegawai tetap, baru kali ini saya bekerja sebagai pegawai tidak tetap.

Flo Grazia
Flo Grazia
Juni 24, 2021 3:12 pm

Pak mohon pencerahan, tempat saya bekerja bentuk badan usaha PT memberikan upah/honor kepada 50-60 orang dosen/guru/mahasiswa secara tidak tetap tapi rutin, upah diberikan per bulan (seperti gajian) nominal tergantung jam kerja yang dilakukan atau proyek yang dikerjakan (bisa sebagai pembicara atau membuat media pendidikan) Nominal upah dibawah PTKP jadi selama ini yang kami lakukan tidak ada pph dibayar, contoh ada yang hanya menerima 400.000 dalam sebulan. Pertanyaan: Apakah dosen/guru/mahasiswa ini bisa dianggap sebagai pegawai tetap? Jika sebagai pegawai tidak tetap input di e-spt pph21 susah sekali karena jumlah dosen/guru/mahasiswa nya banyak sekali dimana banyak juga yang tidak punya npwp Dan… Read more »

Flo Grazia
Flo Grazia
Reply to  admin
Juni 26, 2021 5:48 am

terima kasih pencerahannya pak.. mantaapp!!

Alvin
Alvin
Juni 24, 2021 10:33 am

Apakah pembaaran PPh menggunakan e faktur? Dan kegunaan e faktur apa aja siih?

miss kyorin
miss kyorin
Juni 24, 2021 10:13 am

pak..mhn bantuannya..ttg restitusi ppn..perusahaan saya baru PKP oktober 2020…tiap bln selalu ada lebih bayar PPN nya..biasanya sih di kompensasikan ke bln berikutnya..nah musim covid gini usaha lg butuh tambahan modal..makanya rencana mau restitusi 350jt..di peraturan baru skrg klo nilai restitusi di bawah 1M katanya hanya penelitian saja..dan proses cpt 1-3bln..tp tidak menghilangkan proses pemeriksaan..krn pemeriksaan hanya ditunda..nah ini dia yg buat jd ragu..apakah tim pemeriksa akan mengaudit kantor kita? dan biasanya data apa saja yg mrk minta? krn takutnya bkn malah dpt untung tp justru jd buntung..krn perusahaan saya tidak memungut ppn..sebagian besar pembeli adalah eceran yg tdk punya npwp..pakai… Read more »

Roy Hanafi
Roy Hanafi
Juni 24, 2021 8:51 am

mau tanya dong, Bos saya (pribadi) punya NPWP menyewa Ruko ke Pribadi (punya npwp). terus bos saya mau buat Perusaahaan salah satu nya persyaratan ialah status kepemilikan kantor (gedung) ialah dengan melampirkan bukti setor pajak PPh 24 ayat 2. yang mau saya tanyakan disini. 1. Pihak yang menyewakan tidak mau pusing perihal pajak, terpaksa bos saya (penyewa) yang melaporkan kepajak atau setor sendiri (apa boleh) ? 2. form pelaporan PPh 24 ayat 2 (bagian A. identitas Pemotong pajak/wajib pajak (diisi atas nama bos saya atau nama yang menyewakan 3. Bagian D. diisi atas nama siapa? Penyewa / yang menyewakan. 4.… Read more »

Roy Hanafi
Roy Hanafi
Reply to  Roy Hanafi
Juni 25, 2021 7:14 am

terima kasih sebelumnya,

1. Bos saya menyewa atas nama pribadi (karena sedang proses pembuatan Perusahaan saat ini sedang proses NPWP)
2. sedangkan bukti pembayaran PPh 24 ayat 2 ini untuk proses penerbitan PKP nya.
3. otomatis karena npwp perusahaan belum ada transaksi nya OP ke OP untuk sewa menyewa.
4. Pihak yang menyewakan meminta sipenyewa yang memotong dan melaporkan pajak nya

mohon pencerahannya.

terima kasih

sudirman
sudirman
Juni 24, 2021 8:31 am

apakah bendahara organisasi keagamaan atau bendahara rumah ibadah juga bertindak sebagai pemungut pajak baik PPN atau pun PPh mohon penjelasan beserta dasar hukumnya

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Juni 24, 2021 7:57 am

Selamat siang pak, saya mau bertanya.
Misalnya perusahaan PT A akan membagikan deviden kepada pemegang saham (pemegang saham orang pribadi), untuk pembayaran pajaknya 10% itu 1x bayar total atau masing masing pemegang saham dibuatkan pembayaran masing – masing ? Terimakasih.

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Reply to  admin
Juni 25, 2021 1:31 am

Jadi misalnya ada 5 pemegang saham, maka akan dibuatkan 5 id billing ya om ? Terimakasih

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Reply to  admin
Juni 26, 2021 1:55 am

Kalau untuk bupotnya masing masing,
Kalau untuk pembayarannya (perusahaan yg melakukan penyetoran) bisa 1 total atau juga masing masing sesuai pemegang saham kah om Pimpa ?
1 idbilling atau 5 id billing kah om ?
Terimakasih banyak

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Reply to  admin
Juni 30, 2021 4:58 am

Terimakasih banyak om Pim

novi herdiana
novi herdiana
Juni 24, 2021 1:35 am

selamat pagi om,
om saya mau tanya saya kan ada pembuatan faktur di bulan januari sudah lapor spt ppn masa januari juga,dapet info dari customer pas dibulan juni ini minta dirubah qty nya, apakah spt ppn masa januari harus ada pembetulan?

Ningsi
Ningsi
Juni 23, 2021 10:31 pm

Selamat pagi..
Mau tanya jika mau buat npwp tapi belum mempunyai kk itu gimana yah?

Intan
Intan
Juni 23, 2021 6:01 am

Mau tanya, tolong bantu jawab
Mila pada tahun 2019 bekerja sebagai karyawati PT Astra Internasional dengan gaji Rp 15.000.000/bulan dan tunjangan PPh Rp 1.000.000/bulan. Premi jaminan kecelakaan kerja dan premi jaminan kematian dibayar kantor masing-masing 1% dan 0,3% dari gaji/bulan. Selain itu, Mila sendiri membayar jaminan hari tua setiap bulan 2% dari gaji. Berapa PPh Pasal 21 terutang jika Mila pada bulan April menerima bonus Rp 50.000.000

dadang
dadang
Juni 23, 2021 5:56 am

tanya om
dasar hukum pemotongan pajak bantuan hiba untuk masyarakat

contoh bantuan hiba pembangunan vihara padmasari lahat Rp. 72.500.000
di potong pajak
jadi yang di serahkan Rp. 65.250.000
terimakasih om

dadang
dadang
Reply to  admin
Juni 23, 2021 2:17 pm

tahun 2019 pemerintah daerah kab. lahat mengalokasikan dana belanja barang untuk diserahkan kepada masyarakat atau pihak ketiga

vihara padmasari lahat salah satu penerima bantuan pagu Rp. 72.500.000
barang berupa pembangunan atap vihara
yang dikerjakan oleh pihak ke 3.
pagu nilai yang di kerjakan Rp. 65.250.000
setelah di konfirmasi kepada dinas kenapa nilainya tidak cukup Rp. 72.500.00
penjelasan pihak dinas dikenakan potong pajak.

mohon penjelasannya dasar hukum potong pajak untuk bantuan yang diserahkan kepada masyarakat atau pihak ketiga
terimakasih

Moses S Karaeng
Moses S Karaeng
Juni 23, 2021 4:10 am

Selamat pagi Pak/Bu..Mau tanya mengenai form Penghapusan NPWP dari Direktorat Jenderal Pajak sbb:
Paman kami meninggal di bulan Januari 2021 dan meninggalkan beberapa warisan (dan warisan tsb belum dibagi sampai saat ini) dan harta tersebut sudah dilapor dalam SPT Tahunan Pribadi setiap tahun.

Bagaimana cara menghapus NPWP tersebut sedangkan form dari Dirjenpajak hanya tertulis: Wajib Pajak orang pribadi telah meninggal dunia dan tidak meninggalkan warisan. Mohon tanggapannya.

Terima kasih,
Moses

Moses Karaeng
Moses Karaeng
Reply to  admin
Juni 23, 2021 3:09 pm

Thanks om Pimpa…

bechir surya
bechir surya
Juni 23, 2021 2:47 am

Om, mau tanya jika nilai omset perusahaan lebih kecil dari HPP karena ada FP dengan DPP nilai lain (hanya management fee dari total tagihan) itu menghitung penghasilan netto fiskalnya bagaimana?

contoh FP: Tagihan : 100.000.000 MF 10% :10.000.000 jadi DPP 10.000.000 PPN 1.000.000 total 11.000.000;
Sedangkan HPP : 90.000.000

paul sunyoto
paul sunyoto
Juni 23, 2021 2:45 am

selamat pagi
saya WP OP dengan PKP khusus toko eceran perhiasan , kena PPN 2 % dan PPh 0.5 % , kalo saya sambil jual sembako apakah kena PPN juga ? omzet masih di bawah 4.8 M , terima kasih

Emy Winarti
Emy Winarti
Juni 23, 2021 2:12 am

apakah bisa bayar pajak langsung lompat bulan ke April 21, sedang kita masih ada hutang pajak dari feb, maret, April & Mei 21

Emy Winarti
Emy Winarti
Reply to  admin
Juni 24, 2021 6:25 am

apakah bisa lapor juga untuk bulan April 21, sedang kita belum lapor & bayar bulan Feb. Maret 21. Mohon pencerahannya. Terima kasih

Bayu
Bayu
Juni 23, 2021 12:11 am

Selamat pagi om, mau tanya saudara saya baru daftar cv, perusahaan kecil berbasis toko online, dengan keadaan belum punya karyawan dan masih di handle sendiri apakah perlu untuk melapor bulanan atau hanya melapor pajak tahunan saja?

Nata
Nata
Juni 22, 2021 2:24 pm

Assalamualaikum.. Om pimpa tanya dong.. Om saya konveksi dibidang jasa / produksi dan jual, baru didaftarkan bulan ini juni 2021 sebagai CV, dan sudah beres.Dan Non PKP.. bulan juni ini saya dapat orderan 1. penjualan ke perusahaan swasta Rp.6.300.000.- dipotong Pph 2% jadi total 6.370.000.- 2. Penjualan ke instansi Rp.8.000.000 + ongkir 400.000 + Ppn 10% 800.000.- dipotong Pph 1,5% Total jadi Rp.9.080.000.- Di penjualan ke 2 dikarenakan saya Non PKP PPN dibayarkan langsung oleh instansi tersebut jadi total kesaya di potong Rp.800.000.- hasil akhir Rp.8.280.000.- yang saya mau tanyakan bagaimana saya lapor dan bayar pajak untuk bulan juni ini?… Read more »

Nata
Nata
Reply to  admin
Juni 23, 2021 10:06 am

Berarti untuk yang perbulan tetap hanya bayar PPh Final 0,5%,,

Sebesar 6.500.000 + 9.200.000 x 0,5%..

Dan untuk laporan itu hanya untuk yang pertahun yaa Om,, terus saya lampirkan bukti2 pemotongan PPN dan PPh ini yang sudah dibayarkan oleh konsumen, ditambah laporan omzet saya pertahun..

Apa begitu Om..🙏🙏

ferry
ferry
Juni 22, 2021 12:03 pm

malam om..
izin bertanya om..

om saya tidak mempunyai NPWP,
ketika saya belanja produk/barang ke pabrik saya diminta NPWP dan KTP..

dikarenakan saya tidak memiliki NPWP maka hanya saya berikan KTP saja..

ketika saya sudah membeli barang tsb, saya diterbitkan FAKTUR PAJAK dan di berikan kepada saya…

yang hendak saya tanyakan adalah apakah yang harus saya lakukan terhadap faktur pajak tsb..

dan apakah akan bermasalah dikarenakan data pembelian dan terbitnya faktur pajak berdasarkan KTP saya..

sedangkan saya tidak mempunyai NPWP???

Ferry sanjaya
Ferry sanjaya
Reply to  admin
Juni 23, 2021 7:45 am

Bisa dijelaskan om aktivitas penjualan kewajiban pajak yang dimaksud??

Disini saya perorangan om..
Blum mempunyai npwp.
Belum mempunyai tempat usaha,
Dan juga belum mempunyai karyawan om..

Bagaimana menyikapi nya om..
Mohon penjelasan nya om..
Terimakasih.

ferry sanjaya
ferry sanjaya
Reply to  admin
Juni 23, 2021 2:55 pm

lalu ketika sudah buat npwp kemudian apalagi om langkah yang harus dilakukan…
pajak perorangan nya masuk ke kategori umkm atau yang atau yang lainnya…

indah
indah
Juni 22, 2021 8:33 am

mau tanya om kalau kode wilayah tidak muncul gimana yah?

Fatmawati
Fatmawati
Juni 22, 2021 6:43 am

Halo om,saya mau tanya apa alasannya sehingga tidak ada PPH 27 ?
Terimakasih🙏

suci
suci
Juni 22, 2021 5:44 am

Saya mau tanya mengenai PPh 23. saya selaku supplier. customer saya BUMN. yg mau saya tanyakan, pada form berita acara pembayaran dari customer tidak dicantumkan PPh 0,5%. prtanyaan saya, apakah nanti yg bayar 0,5% dari pihak saya ? saya punya surat keterangan bebas potongan pajak penghasilan pasal 23. mohon infonya. terimakasih

sera
sera
Juni 22, 2021 3:19 am

Om saya mau tanya lagi, mengenai pph 21 DTP, kasus nya begini.. karyawan mendapat insentif PPh 21 DTP Jan – April 2021 Lalu saat mei karyawan tsb resign.. dan dihitung kembali penghasilan dia selama Jan – April 2021 ternyata Pajak terutang Nol PPh 21 DTP Jan = 200.000 PPh 21 DTP Feb = 200.000 PPh 21 DTP Maret = 200.000 PPh 21 DTP April = 200.000 PPh 21 Potong Kry (Karena THR) = 100.000 Bagaimana perlakuan atas lebih bayar ini diprogram PPh 21 saya om?? yang DTP kan tidak boleh kita minuskan di SPT karena tidak boleh dikompensasikan.. Lalu yang… Read more »

sera
sera
Reply to  admin
Juni 23, 2021 7:04 am

kalau untuk yang kasus dibulan Dimana terdapat separoh potong karyawan dan separoh DTP gimana om?? seperti masa pajak april tsb.. dimana THR kita potong dari karyawan.. berarti untuk yang dipotong dari karyawan bisa kita kompensasikan, Lalu disisi lain waktu april ada pula yang DTP.. apakah saat karyawan resign boleh saya minuskan yang 100.000 itu saja?? untuk yang sisanya saya tidak nolkan lagi???
Terima kasih ya Om sebelumnya

sera
sera
Reply to  admin
Juni 25, 2021 9:37 am

kalau masalah pernjurnalan nya gimana ya om, misalnya bulan januari itu kan di spt saja ada PPh 21 DTP karyawan yang sudah resign itu, tidak saya minuskan dan tidak saya nolkan karena saya hanya minuskan nominal yang dipotong dari karyawan.. nanti saat jurnal masa pajak januari apakah itu tetap saya anggap sbgai pph terutang masa pajak januari?? karena saya kan juga tidak ubah sse DTP nya , terima kasih OM

sera
sera
Reply to  admin
Juni 26, 2021 1:28 am

saat pengakuan hutang pph 21
kita jurnal
piutang pph 21 DTP 520.000
HUtang PPh 21 520.000

karena yang mendapat fasilitas dijanuari ada beberapa orang OM

Lalu saat pelunasan PPh 21 DTP
Hutang PPh 21 520.000
Piutang PPh 21 DTP 520.000

jadi untuk kasus apabila dijanuari tadi ada 1 karyawan resign dengan PPH 21 DTP 200.000, berarti PPh 21 DTP saya kan berkurang 200.000, Namun karena yang sudah saya laporkan saya anggap biarkan saja, maka SSE DTP dan PPh 21 terutang di januari tetap seperti awal tanpa terkurangi yang resign tadi OM

Makasih OM

sera
sera
Reply to  admin
Juni 29, 2021 1:39 am

berarti tidak masalah ya OM, angka PPh 21 DTP yang saya akuin dijurnal berbeda dengan angka DTP di SSE DTP Pelaporan SPT saya OM?? terima kasih OM

sera
sera
Reply to  sera
November 4, 2021 1:21 pm

malam om, mau tny, untk sewa 5 thn, sistem byr DP lalu cicil 24x, waktu agust sept okt dpt tagihan cicil 18-20, apakah itu berhak dapat ppn dtp??soalnya bayar ny per cicilan bukan perbulan

Om Pimpa
Editor
Reply to  sera
November 5, 2021 1:37 pm

dengan kondisi itu tidak bisa masuk DTP PPN, selengkapnya bisa dibaca dalam PMK 103/PMK.010/2021

sera
sera
Reply to  Om Pimpa
Maret 26, 2022 4:33 am

Siang Om, mau tnya boleh tidak penghasilan bruto karyawan di daftar potong masa pajak satu bulan itu nol? kita ada kasus kasus karyawan bekerja jan – feb dan SPT jan – Feb sudah di laporkan, saat maret baru mendapat info bahwa ada 1 karyawan yang bulan maret sudah tidak bekerja lagi dan kita hitung penghasilan jan – feb nya ada lebih bayar 100rban.. boleh tidak kita minuskan lebih bayar di di SPT masa pajak Maret ? dengan mengisi lebih bayar an karyawan ini di daftar potong dengan penghasilan bruto sebesar 0 karena di Maret karyawan sudah resign tidak ada penghasilan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  sera
Maret 26, 2022 11:31 am

Susun SPT sesuai dengan kondisi riilnya di tiap masa pajak

sera
sera
Reply to  Om Pimpa
Mei 6, 2022 4:25 am

Siang Om, mau tnya, apabila ada sistem penjualan buy 1 get 1, atau buy 5 get 2, untuk barang bonusnya apakah termasuk kategori pemberian cuma2 ? mengingat customer harus bayar dl baru bisa dpt gratisan, hmpir sama seperti diskonan hanya strategi pemasarannya saja spy lebih menarik. Terima Kasih om sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  sera
Mei 6, 2022 11:21 am

ya pemberian cuma2

sera
sera
Reply to  Om Pimpa
Mei 18, 2022 7:24 am

Om mau tanya lagi, terkait PER-03/PJ/2022 Pasl 6 ayat 6 mengenail alamat pembeli yang tercantum dalam faktur pajak apabila pembeli terdaftar di KPP di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, KPP di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Khusus, dan KPP Madya. Kebetulan untuk kantor pusat kami terdaftar di KPP Madya. untuk kasus kami , kami memiliki kantor pusat dan kantor cabang Jakarta (memiliki NPWP cabang kantor). lalu selain kantor Jakarta ,di jakarta membuka toko di beberapa mall dengan lokasi yang berbeda2 dengan status sewa. sebagai informasi KPP di lokasi sewa di beberapa mall2 tersebut berbeda dengan KPP NPWP kantor cabang kami.… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  sera
Mei 18, 2022 12:36 pm

Alamat npwp pusat sepanjang tdk ada npwp cabang di lokasi trsebut

sera
sera
Reply to  Om Pimpa
Mei 19, 2022 1:21 am

kalau menggunakan alamat kantor jakarta apakah boleh?

Om Pimpa
Editor
Reply to  sera
Mei 19, 2022 10:01 am

Alamat npwp pusat

Muhammad rakca eka ramadhani
Muhammad rakca eka ramadhani
Juni 21, 2021 6:26 pm

Ompimpa tanya dong…. Usaha cukur rambut kecil2an kena ppn g ya trims

Hari Yanto
Hari Yanto
Reply to  admin
Juni 26, 2021 8:50 pm

Begini om… Kami bekerja di intansi pemerintahan dan ada pelatihan…. Ada Anggaran dr pemerintah untuk cukur rambut sebesar 22 juta. Dlm Pembuatan WABKU apakah d potong pajak om

Hari Yanto
Hari Yanto
Reply to  Hari Yanto
Juni 26, 2021 8:57 pm

Dalam pembuatan wabku nya juga apa harus memakai rekanan/cv apa cukup dengan memakai kuitansi tanda bukti pembayaran terhadap orang yg mencukur atau gmn om…

Hari Yanto
Hari Yanto
Reply to  admin
Juli 1, 2021 4:05 pm

Wabku yg km maksut adalah pertanggungjawaban keuangan… Untuk jasa cukur… Diakun belanja barang dan jasa adalah 521219…belanja barang.. Tp di dlm RAP berbunyi ongkos cukur…. Pertanyaankami… Untuk jasa cukur ini dalam membuat pertanggunjawaban keuanganya/wabku….dikenakan pajak ppn dan pph22 apa pph 23….

Hari Yanto
Hari Yanto
Reply to  Hari Yanto
Juli 1, 2021 4:06 pm

Dalam kegiatan ini kita memakai jasa rekanan…

Henry
Henry
Juni 21, 2021 2:47 pm

Om.. Kami akan jual rumah atas nama bertiga mama, saya, dan adik. Masalahnya mama saya yang sudah ga bekerja lagi npwp-nya sudah ga aktif. Pertanyaannya apa benar npwp mama saya harus di aktifkan lagi untuk proses jual rumah ini?
Terima kasih.

R. Nawang Sari
R. Nawang Sari
Juni 21, 2021 1:15 pm

Oiya om..tambahan dr pertanyaan sy sblmnya
Suami sy saat ini sdh tdk bekerja lg dr thn 2016; sejak itu pny usaha warung yg tdk tentu penghasilannya alias dibawah ptkp, lalu sejak pandemi usaha warung suami msh tutup smp skrg.Tinggal sy yg bekerja.

R. Nawang Sari
R. Nawang Sari
Reply to  admin
Juni 23, 2021 8:05 am

Siap..trm ksh Om..atas penjelasannya…sangat membantu sekali

R. Nawang Sari
R. Nawang Sari
Juni 21, 2021 1:09 pm

Om..suami sy sejak awal pny npwp tp dibawah ptkp, shg tdk pernah lapor SPT. Saat ini sy sbg istri mempunyai npwp yg gabung dng suami. Penghasilan sy kurang lebih 6jt perbulan.Yg sy tau pajak sy sdh dibayarkan oleh perusahaan tiap tahun. Lalu bgmn pelaporannya?apakah suami sy hrs melaporkan SPTnya tiap thn? Jika iya; Form apa yg digunakan?krn jujur sj sy/suami sy blm mengerti cara melaporkan SPTnya. Trm ksh sblmnya atas jawabannya om…

Akbar
Akbar
Juni 21, 2021 12:22 pm

Malam bos Saya akbar, bekasi Sebulan lalu saya dapat order pipa dari kontraktor, lalu terjadilah negosiasi harga hingga terbit PO dari kontraktor ke distributor Pipa ..saya sendiri bertindak sebagai perantara antara kontraktor dengan distributor pipa. Harga yg disepakati telah dibayar kontraktor secara cash ke Rek PT distributor..dan pengiriman selesai. Masalah muncul saat saya menanyakan titipan harga yang telah saya sepakati dengan distributor pipa.. Saya menjual ke kontraktor dengan harga up Rp. 5000/pipa. Artinya dari 3000 batang pipa, saya mendapatkan 5000×3000 = Rp. 15.000.000… Tapi kata pihak distributor, 15 jt saya itu mesti kena potong ppn 10% dan pph, 12,5%…artinya, 22,5%… Read more »

Akbar
Akbar
Reply to  admin
Juni 23, 2021 3:22 pm

Saya perantara perorangan pak.. Harga yang dibayar kontraktor ke distributor sudah merupakan harga yang saya Up ..jadi distributor tau bahwa jumlah yg dibayar kontraktor, disitu ada sejumlah harga yg saya titip

..dari Rp. 250.000.000 total transaksi yang dibayar kontraktor ke distributor, Rp.15.000.000 adalah total titipan harga saya…
Nah seperti yg saya bilang ,saat saya meminta Rp. 15.000.000 itu, pihak distributor bilang bahwa 15 juta itu mesti di potong ppn 10% dan pph, 12,5 %…

Akbar
Akbar
Reply to  admin
Juni 24, 2021 3:39 pm

Artinya , 15 juta saya itu mestinya tidak terkena ppn dan pph yang mereka maksud kan pak, meski masuk ke rekening perusahaan distributor yang merupakan PKP ( karna kontraktor tidak mau bayar ke rekning pribadi)

paul sunyoto
paul sunyoto
Juni 21, 2021 11:47 am

mo nanya
kalo PKP khusus sebagai pedagang eceran perhiasan ( sudah 10 tahun lebih ) , seiring berjalannya waktu buka toko sembako ( omzet pedagang eceran perhiasan ditambah sembako masih dibawah 4.8 M ) , Apakah sembako ( warung kecil kecilan ) juga harus bayar PPN ? selama ini cuma bayar 0.5 % dan PPN eceran perhiasan . makasih

paul sunyoto
paul sunyoto
Reply to  admin
Juli 16, 2021 2:47 pm

kebanyakan minyak goreng dan tepung terigu yang dijual secara eceran , pak master..

Farid
Farid
Juni 21, 2021 10:43 am

Mau tanya. Kami dari bendahara Satker. Ada belanja pemeliharaan kendaraan bermotor. Bagaimana mekanisme pemotongan PPN dan PPh 23?
Transaksi di kwitansi dibawah 5 juta apa harus pakai materai juga ?

Jasmine
Jasmine
Juni 21, 2021 8:45 am

Soree om, saya mau nanya.. saya sedang melakukan penelitian nih tentang agresivitas pajak. Saya itu ada konsep di pikiran saya tentang agresivitas pajak, tetapi saya belum yakin apakah benar atau tidak.. Om bisa bantu jelaskan kah apa itu agresivitas pajak? Tolong yaaa om dijawab..

Jasmine
Jasmine
Reply to  admin
Juni 21, 2021 11:08 am

Ooohh hahahaa😂😂.. klo lihat di definisi2 penelitian orang gtu kan dijelasinnya, agresivitas pajak itu tindakan meminimalkan beban pajak baik dgn cara legal maupun ilegal, yakan om.. trus pemahaman saya itu ada 2😂 antara gini.. 1. Oh jadi agresivitas pajak itu penghindaran pajak yang dilakukan scr agresif dgn pakai smakin byk celah kelemahan2 peraturan, tp masih dibawah standar penggelapan pajak, jd kyk diantara penghindaran-> agresivitas->baru penggelapan pajak.. trus pemikiranku yg ke 2 krn dr definisi itu aku jd mikir atau bsa aja legal(penghindaran pajak) yg dilakukan scr agresif dan atau ilegal agresif.. jd kyk bukan diantara nya lagi.. aku jd bingung… Read more »

Jasmine
Jasmine
Reply to  admin
Juni 23, 2021 10:29 am

Oooh paham2 omm.. jd klo misalnya contoh nih kyk kasus transfer pricing perusahaan multinasional yg smpe triliun atau milyar gtu, itu bsa dblg melakukan tindakan agresif gak ya om

dedi darmawan
dedi darmawan
Juni 21, 2021 5:23 am

Om kalau faktur pajak pembelian ada koreksian apa faktur awal harus kita input juga

putri
putri
Juni 21, 2021 4:56 am

Halo OM ganteng..
Mau tanya kalau PT saya (di Indonesia) ada transaksi dengan PT luar negeri, dalam hal PT Luar Negeri meminta membuatkan suatu program, semuanya dilakukan serba virtual, jadi apakah transaksi dari PT saya ini tetap kena PPN?

Isty
Isty
Juni 21, 2021 4:09 am

Mau tanya ….sy sudah melaporkan pph 21 karyawan to bukti bayar Sarah, humana solusinya

gede krisna
gede krisna
Juni 20, 2021 4:31 pm

Om ijin bertanya, perusahaan yg mengadakan program pemasaran mensyaratkan bagi siapapun termasuk karyawannya sendiri yg membantu penjualan barang/jasa diberikan berupa imbalan uang….apakah itu juga kena pajak? Jika kena pajak maka pajak apa namanya dan berapa persen hitungan/potongannya. Terimakasih.

angga
angga
Juni 20, 2021 6:35 am

PT Maju Jaya adalah sebuah perusahaan yang beroperasi dalam persewaan kendaraan dan telah berstatus sebagai PKP, memiliki No API 15265 dan memiliki NPWP 67.700.361.8-625.000. Beralamat di Kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta. Berikut adalah transaksi perusahaan bulan Maret tahun 2018. 1. Melakukan penyerahan kepada Kementerian Keuangan atas penyewaan mobil avanza senilai Rp15.000.000 2. Menerima pembayaran biaya sewa bus untuk antar jemput karyawan senilai Rp25.000.000 dari PT Mobilindo 3. Memberikan penghargaan kepada Tn. Arman sebagai karyawan terbaik tahun 2017 dan mendapatkan hadiah uang tunai Rp2.000.000 4. Melakukan pembayaran sewa ruko untuk satu tahun kedepan senilai Rp18.000.000 (01 Januari-31 Desember 2018) kepada PT… Read more »

Faii
Faii
Juni 20, 2021 6:13 am

Mau tanya, selaku penyewa rumah ketika ada yang mau nyewa dari perusahaan dengan menyewa 2thn sekaligus apakah untuk pph yang dibayarkan bisa langsung 2thn juga?

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x