Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Serly taka
Serly taka
Juli 7, 2021 1:51 pm

Mau tanya om, distributor di tempat saya bekerja lagi ada promo potongan harga di toko supermarket . Apa benar kalo faktur pajak dri toko keterangannya “potongan harga” itu nnti di potong pajak 15% ? Kalo semisal keterangannya di tulis jasa bru di potong 2% ?
Atau boleh ada peraturan sendiri dari distributor mengenai keterangan pajak om ?

Terus om , utk pajak 23 ad yg 15% ad yg 2% , itu maksudnya gmna om ? 🙏

salma
salma
Juli 7, 2021 10:14 am

permisi saya ingin bertanya terkait stp/skp PPN yang ternyata sudah jatuh tempo namun belum dibayarkan. lalu apa yang harus dilakukan ya? terima kasih

Yustina
Yustina
Juli 7, 2021 9:00 am

Mau tanya,,hari saya bayar pajak lewat atm tapi struk nya tidak keluar,,bagaimana kira2 solusinya??

putri
putri
Juli 7, 2021 8:41 am

selamat sore, saya mau tanya perusahaan kami bergerak dibidang shipyard, lalu kami memakai pekerja borongan untuk menuntaskan pekerjaan kami. apakah pekerja borongan tersebut dikenai pajak jasa ? atau apakah perusahaan kami dikenai pajak jasa ?

putrik
putrik
Reply to  admin
Juli 8, 2021 5:16 am

Tapi mereka bukan bagian dari karyawan. Kami hanya memakai jasa mereka.

Junita
Junita
Juli 7, 2021 7:55 am

Sore om mau tanya nih,
Saya kan baru pegang pajak nih dan pegang ppn nah waktu saya lapor ppn di e-faktur saya lupa gak klik submit setelah saya isi pk dan pm nya, alhasil jadinya terlapornya nihil, padahal ada pk dan pmnya, saya harus bagaimana ya om?
Terima kasih

junita
junita
Reply to  admin
Juli 8, 2021 2:06 am

untuk di aplikasi e-fakturnya berarti harus diganti pembetulan 1? tapi fakturnya semuanya sudah benar

Yunia
Yunia
Juli 7, 2021 4:32 am

Siang Om, izin bertanya, jadi perusahaan tpt saya kerja baru PKP di bulan Mei tahun ini,diinvoice bulan mei sudah ditambahkan ppn, akan tetapi baru dapat sertifikat elektronik itu di bulan Juni tahun ini, jadi bagaimana ya om utk faktur pajak dibulan mei? akhirnya saya menertbitkan faktur pajak di bulan juni utk invoice mei, jadi seolah olah terlambat dalam menerbitkan faktur pajak.

apakah ada peraturan tersendiri utk kasus seperti ini, rasanya tidak fair jika tetap dikenakan sanksi

terima kasih

dinda
dinda
Juli 7, 2021 2:16 am

om mau tanya kalo perusahaan kan ada nota nota pembelian barang , tiap tahun kan perusahaan pasti buat laporan keuangan untuk biaya biaya yang di keluarkan , apakah nota2 itu nanti di periksa pajak atau di ambil pajak

Wahyuni
Wahyuni
Juli 6, 2021 11:36 am

Sore Om
Mau Tanya mengenai ppn , PMK 21/ PMK 010/ 2021
kalau pembeli memberi tanda jadi di bulan des , lalu cicilan pertama jan 2021 transaksi lunas dibulan juni 2021 dan ajb di bulan juli, selama pelunasan rumah baru dibangun oleh pengembang ( saat tanda jadi masih berupa tanah ) dalam transaksi ini apakah pembeli dapat dtp ?
Terima kasih.

Wahyuni
Wahyuni
Reply to  admin
Juli 6, 2021 2:13 pm

Kriteria yg mana om yg menyebabkan tidak masuk kualifikasi dtp ?

Ragilita
Ragilita
Juli 6, 2021 10:59 am

Izin bertanya om

saya punya PT dengan pendiri 3 orang, dan saya ingin mengundurkan diri dari PT tersebut dan menjual saham saya ke teman saya, penjualan saham tersebut apakah akan dikenai pajak ?, mohon bantuannya

Ragilita
Ragilita
Reply to  admin
Juli 7, 2021 3:21 am

Mohon izin, berarti seandainya dana modal pendirian perlembar saham 1jt, dan ketika saya mengundurkan diri, saya jual saham ke rekan saya perlembarnya 1jt juga tidak akan dikenai juga ya pak ?..

Nani Suryani
Nani Suryani
Juli 6, 2021 9:27 am

Selamat sore Om
di bln juni ada pegawai tetap kntr sy ber NPWP dg gaji dibawah PTKP resign..tepatnya 30-06-21.
sy bermksd akn bwt kn bukpot. Jk kary tsb tuntas bekerja setahun maka sy buatkn bukpot di masa des’21 mk di eSPT pph psl 21 di klm cetak bukpot akn muncul fomr 1721A1 lalu klik dan tinggal print (dg cttc kary sd setahun masa kerja full)
Masalahnya ini hanya sd masa Juni’21. Sy menemukan kesulitan utk mencetak form 1721A1 nya…
Mhn pencerahannya. Tmksh Om…

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Juli 7, 2021 2:27 am

Oooh jd saya utk kary resign itu di perhitungan gaji bln Juni’21 tetap dihitung biasa spti bln jan sd mei’21. Nanti sbg pembedanya di pembuatan bukpot di masa des’21 dg masa kerja jan sd jun’21 dg mengklik klm keterangan/stts bahwa karywan tsb sdh pindah kerja ke pemberi kerja yg lain.Utk bukpot tsb juga spti biasa diterbitkan paling lambat disatu bulan berikutnya. Apakah spti itu Om…?.Tmksh

Nani Suryani
Nani Suryani
Reply to  admin
Juli 9, 2021 1:44 am

Alhamdulillah baik Om, amat sngt membantu pemcerahanya. Tmksh..tmksh..

cvhanakarya
cvhanakarya
Juli 6, 2021 4:49 am

HALO OM, SYA MAU LAPORAN SPT TP MUNCUL INI ” ETAX-WEB-50008: SPTSERVICE-00008: Gagal Generate BPE -> null ?
SOLUSINYA BAGAIMANA

Erik
Erik
Juli 6, 2021 4:36 am

haloo om saya mau tanya solusi error seperti ETAX-WEB-50008: SPTSERVICE-00008: Gagal Generate BPE -> null dan apa penyebabnya di web-efaktur.pajak

andre
andre
Juli 6, 2021 4:03 am

oM saya masiH bingung dengan pajak… apa iya seseorang yang memiliki kekayaAn di atas 3 milyar bAkal kena audit..

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Juli 6, 2021 4:01 am

Selamat siang om Pim, saya mau bertanya.
Apakah pelaporan PPh 4 ayat 2 tidak bisa lewat DJP Online (untuk online, perusahaan menghendaki hanya lewat DJP) ?
Apa harus datang ke kantor pajak ?
Terimakasih

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Reply to  admin
Juli 8, 2021 2:43 am

Terimakasih Om PIm

Agus
Agus
Juli 6, 2021 3:41 am

Mau tanya, cara membuat efin karena mau cetak NPWP yg hilang, sedangkan syarat membuat efin harus foto selfie sambil pegang kartu NPWP

Raras
Raras
Juli 6, 2021 3:24 am

Cara daftar pajak orang pribadi gimana ya? Kenapa selalu muncul badan terus.. untuk orang pribadi tidak ada

Andri
Andri
Juli 5, 2021 3:12 pm

Malam om, mau tanya mengenai skb PPh Final atas Bunga deposito dan tabungan serta diskonto Sertifikat Bank Indonesia. Skb berlaku dilihat dari jatuh tempo deposito atau tanggal pembuatan deposito ya? Misalkan skb berlaku dari tanggal 1 januari 2015 sampai 31 desember 2015. Namun deposito dibuat tanggal 20 desember 2015 sampai 25 januari 2016. Apakah skb pajak masih berlaku? Artinya pada saat jatuh tempo tahun 2016 tidak akan dipotong pajaknya

herman
herman
Juli 5, 2021 8:31 am

SORE OM, mau nanya saya sudah lama banget ga kerja hampir 7 tahun, sebelumnya pernah kerja di asuransi dan dapat npwp, sekarang cuma dagang serabutan, saat saya iseng cek npwp saya secara online ternyata npwp saya masih aktif, apa yang saya harus lakukan ya… soalnya teman2 juga banyak yang seperti saya juga.. maklum ga ngerti fungsinya.. thx ya om jawabannya

Reza vendra
Reza vendra
Juli 4, 2021 4:16 pm

Om jika instansi desa melakukan pembelian alat covid 19 masker hand sanitizer dan lain lain kepada CV non PKP. Apakah ada kewajiban dari desa utk memungut PPN dan pph

Yuni S.P
Yuni S.P
Reply to  admin
Juli 6, 2021 1:16 am

ijin menambahkan, kecuali CV non PKP tersebut mempunyai SKB PPh 22 atau SKB PPh 23 ya Om, jadinya bebas semua..

Reza vendra
Reza vendra
Reply to  Yuni S.P
Juli 6, 2021 12:26 pm

Di form pengajuan pembebasan PPh 22 itu ,harus ada lawan transaksi. Nah jika kami lawan transaksi nya instansi pemerintah desa. Itu gimana ya?

Reza vendra
Reza vendra
Reply to  admin
Juli 7, 2021 2:33 pm

Terkait status kami sebagai CV non PKP apakah boleh mengajukan pembebasan pph 22 itu om? Sementara di PMK 2020 itu peruntukannya utk wajib pajak

Yuz
Yuz
Juli 4, 2021 4:09 am

Pagi Om,
Mau nanya mengenai PPN DTP.
Jika kita sebagai pembeli, menerima faktur pajak masukan DTP, apakah faktur pajak masukan itu bisa di pakai sebagai kredit pajak?

Lena
Lena
Juli 3, 2021 4:17 pm

Om, mau tanya. Perusahaan yang bergerak dibidang jasa perpanjangan lisensi k3, sudah dikukuhkan sebagai PKP, namun omset masih dibawah 4,8m. Apakah perusahaan tersebut harus memungut PPN atas jasa perpanjangan lisensi?

no name
no name
Juli 3, 2021 11:08 am

Halo om ijin bertanya perihal spt masa ppn. jd pembuatan spt masa ppn untuk saat ini apakah bisa melalui aplikasi efaktur nya saja? Lalu barulah pelaporan nya lewat web based efaktur yg 3.0 nya ? apakah bisa sprti itu untuk saat ini, terhitung 2021 om? mohon dijawab terimakasih🙏

Yuni S.P
Yuni S.P
Juli 3, 2021 9:51 am

Hi Om, apa kabar? salam kenal sebelumnya, perkenalkan saya Yuni yang butuh pencerahan dari Om Pajak.. om, ini pertanyaan saya yah : 1. Untuk ebupot, kita harus memasukkan dasar pemotongan didalamnya, nah dasar pemotongan tersebut banyak dari faktur pajak, invoice, bukti pembayaran, dll.. nah apabila sy ingin membuat Bupot PPh 23 Masa Juni 2021, namun dasar pemotongan adalah Nomor Faktur Pajak bulan April 2021 (baru melakukan penagihan) apakah sy boleh dan bisa pakai dasar pemotongan faktur pajak tersebut? 2. Apabila vendor bertransaksi dengan lawan transaksi BUMN, yaitu pemborongan jasa pekerjaan kebersihan tahun 2021, dengan total kontrak sebesar 60.000.000. Penyerahan jasa… Read more »

yunie
yunie
Reply to  admin
Juli 6, 2021 1:11 am

Masih kakak kakak om, hehehe,, ijin pencerahan lagi yah Om.. 1. Berarti tidak ada masalah yah Om, apabila dasar pemotongan pajaknya yaitu Faktur Pajak memiliki bulan yang berbeda (april) dengan masa ebupot 23 (Juni).. 2. Untuk tanggal pemotongan karena real time untuk masa Mei 2021, idealnya dibuat di akhir pemotongan tgl 31 Mei 2021, namun karena terdapat eror ebupot yg mana validasi NIK gagal terus, ada yang terinput di tanggal 5 juni 2021 sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran, itu tidak masalah kan Om?.. 3. Berkoordinasi kembali dengan BUMN, apabila bumn menyerahkan kepada kami gimana Om? jadi mau 01 ato 03… Read more »

yunie
yunie
Reply to  admin
Juli 7, 2021 4:26 am

ijin menanggapi yah OmPimpa
*alaiyunggambreng…*peace

4. walaupun beda beda yah Om bulannya? engga di 1 bulan yang sama gitu, tetep 03? secara total wapu kan karena setahun kan om..

yunie
yunie
Reply to  admin
Juli 8, 2021 1:37 pm

siaapp Omm, terima kasih atas pencerahannya… mohon maaf ada lagi om, jadi: 1. Atas jasa pemborongan pengamanan, apabila sy bekerja sama dengan pemungut 03 om.. nah di dalam nya terdapat transaksi pembelian seragam untuk para pegawai pengamanan tersebut.. yang mana atas tagihan setiap bulan dapat merinci : a. upah, gaji, tunjangan, bpjs, dll misalnya sebesar 300.000.000 b. biaya pelatihan sebesar 5.000.000 c. seragam/pakaian dinas 50.000.000 (disini juga sudah melampirkan kwitansi pembelian dari pihak ketiga) d. fee 35.000.000 PPN 10 % dari DPP nilai lain yaitu (pelatihan, seragam, dan fee) 9.000.000 di invoice maupun faktur pajak, sudah terperinci, dikalikan dengan DPP… Read more »

yunie
yunie
Reply to  yunie
Juli 16, 2021 7:19 am

om mohon penjelasannya om.. :'(((

yunie
yunie
Reply to  admin
Juli 16, 2021 1:53 pm

iyaa Om Pimpaa gapapa.. 😀 1. Nah, sy udah cek pmk 141 om, dan sudah membandingkan juga dengan se 53 nya, bahwa dengan melampirkan reimbursment, yaitu faktur/ nota/ kwitansi pembelian atas BKP dr pihak lain ke pihak kedua (pemberi jasa), sy bisa di kenakan PPh 23 dari fee aja.. dan PPN bisa dari Nilai Lain, BKP (seragam), JKP (pelatihan/pembinaan), dan fee.. namun karena transaksi dengan BUMN sbg pemungut PPh 22, maka di khawatirkan pembelian seragam itu akan menjadi celah.. maka dari itu dikenakan full PPh 23 dari all seperti tidak dirinci.. 2. Treatment dalam pemborongan jasa Om, kan force majure… Read more »

yunie
yunie
Reply to  admin
Juli 20, 2021 5:56 pm

hi Om,, jangan kebanyakan makan daging yaa..hehe 1. Lhoo.. Maaf Om, pertanyaan nya ketinggalan ya.. Jadi gini Om, apabila didalam penyerahan JKP, terdapat rincian pembelian BKP ke bumn yang nilai nya di atas 10juta, padahal sudah pakai sistem reimbursement, apakah bisa terdapat pemotongan PPh 23 atas JKP dan Pemungutan PPh 22 atas BKP tsb Om? 2. Ohh siapp om, sy dapet ini pointnya.. sebenernya berapapun tidak menjadi masalah ya Om, tinggal atas transaksi yg kita lakukan itu menyalahi di sisi kontrak nya engga gitu yah? disini dibuat BA kesepakatan yang tanggal nya sama dengan BAST 100% maka yang ditagihkan sesuai… Read more »

Putri Aulia K
Putri Aulia K
Juli 3, 2021 7:11 am

Saya membuat npwp taun 2019 kemudian di tahun 2021 mendapat wa untuk melakukan laporan spt tahunan, pertanyaan saya apakah pada saat pelaporan itu untuk pengisian tahunnya saya tulis 2020 atau taun 2021

rIM
rIM
Juli 3, 2021 4:15 am

siang om .mo nanya
mo nanya dong. kan perusahan kami sudah lapor pajak, tapi dapat surat pajak yg mana belum di setor. pdahal tiap kali pencairan sudah di setor oleh bendahara pemerintah, dan bukti setornyya ada. cuman di sistem perusahaan kamu blum setor. itu gimna ya om sampe bisa bgitu ? trima kasih

rIM
rIM
Reply to  admin
Juli 6, 2021 3:53 am

tiap kali pencairan sudah di setor oleh bendahara pemerintah, dan bukti setornyya ada. cuman di sistem pajak.perusahaan kami blum setor. itu gimna ya om sampe bisa bgitu ? trima kasih

Lii
Lii
Juli 2, 2021 10:19 am

Om mau tanya dong, kalau perusahaan menjual produk berupa Learning management system (LMS) untuk sekolah dan status adl usaha menengah non PKP, apakah produknya dikenakan PPN? makasih om

titin
titin
Juli 2, 2021 7:22 am

om mau tanya, kalau misalkan mau mendirikan CV itu nantinya ikut KPP madya apa KPP pratama ya?

Doni
Doni
Juli 2, 2021 6:28 am

Om persyaratan untuk penghapusan npwp apa aja ya?..trus proses nya gmna?..

Andri
Andri
Juli 2, 2021 6:27 am

Om mau nanya saya masih pertama kali bikin npwp dan gk ngerti sama sekali cara laporan spt ataupun bayar nya..
Mau nnya kalo untuk npwp pribadi cara bayar nya gmna ya?..

Alya Rahma
Alya Rahma
Juli 2, 2021 4:53 am

Selamat siang om, saya mau bertanya. Jadi saya kan tadi buat E faktur untuk masa pajak Juni, tiba-tiba dapet telfon dari pembeli dia minta untuk E fakturnya dibuat menjadi hari ini 02 Juli 2020. Nah saya sudah coba mengganti faktur pajaknya tadi, tapi masa pajak nya tetap bulan Juni tidak berubah menjadi bulan Juli. Solusinya bagaimana ya min? Terimakasih

Rikaf
Rikaf
Juli 2, 2021 4:16 am

Om pimpa aku mau nanya, aku ada kasus pt y dan pt z melakukan kerjasama. pt z memberi imbalan bonus atas pencapaian syarat tertentu pada pt y berupa uang tunai, imbalan tsb dipotong 2 tarif pph 23 yaitu 15% atas penghargaan dan 2% atas jasa perantara. Disini pt z dan pt y sudah PKP.
Untuk jasa perantara pt y kan harus menerbitkan faktur pajak karena itu JKP nah bagaimana menghitung dpp ppn nya?? karena pt y hanya punya bupot pph 23

Rikaf
Rikaf
Reply to  admin
Juli 2, 2021 2:19 pm

Mau tanya lagi, kalo udah dipotong pph 23 berarti ini bruto ya om?
Kalau belum dipotong pph 23 brarti netto? Saya agak kurang paham sama ini, soalnya ada web yang meyebutkan jika dpp jasa perantara pph 23 itu bruto karena belum termasuk PPN
Apa bisa dijelaskan om pimpa
Terimakasih

Ibrahim
Ibrahim
Juli 1, 2021 12:54 pm

Selamat malam Om Pimpa

Mau tanya seputar pajak. Saat ini saya ada pekerjaaan di salah satu BUMN kontruksi dengan posisi sebagai mandor borong ( perorangan ) dimana saya di bayar berdasarkkan borongan ( material dan jasa upah ) berdasarkan hasil opname pekerjaan. Terkait dengan pembayaran ini mohon informasi berapa pajak yang dikenakan terhadap saya atas pembayaran tersebut di mana saya sebagai mandor perorangan. Adapun kisaran pekerjaaan adalah maksimal 1 milyar.

Demikian disampaikan. Atas perhatianya kami mengucapkan terima kasih
regards

Ibrahim
di kebumen

Peter Sutikno Tansil
Peter Sutikno Tansil
Juli 1, 2021 9:43 am

Tolong Tanya om, saya punya sebuah Perusahaan Berbadan PT, terdapat laba ditahan sebesar 3 milyar, aturan baru Pebruari 2021 membebaskan pencairan dividen tanpa pajak PPH, syaratnya untuk bebas PPH minimal harus di tabungkan di deposito senilai 30 persen yaitu Rp.900jt dan dipertahankan selama minimal 3 tahun, pertanyaan nya apakah sisa Rp.2.1 milyar bisa digunakan utk keperluan lain, misalnya membeki asset berupa rumah atau mobil selama di dalam negri? tanpa menyalahi atutan pembebasan pajak pph utk dividen, mohon penjelasan nya

rohma fitri
rohma fitri
Juli 1, 2021 8:35 am

selamat siang saya mau bertanya,perusahaan saya kan omsetnya masih dibawah 4,8M dalam satu tahun jadi masih membayarkan pph final atas omset. Lalu ada salah satu custemer yang meminta bukti potong 0,5%, kalau tidak diberikan maka untuk pembayaran piutangnya dipotong 0,5%. Apakah bisa membuat bukti potong? kalau bisa bagaimana caranya?
mohon bantuan, terima kasih

Siti
Siti
Juli 1, 2021 6:43 am

siang om. mau tanya deviden kan dibebaskan pphnya asal diinvestasikan, tapi pengajuannya bagaimana? Biasa kan bayar dan lapor spt pph 4(2) atas deviden . Kalo dibebaskan pph devidennya, apa gak perlu lapor spt pph 4(2) ???

widia
widia
Juli 1, 2021 2:36 am

om saya mau tanya yang melatarbelakangi pph21 itu apa ya
dan berapa sih tarif pajak PPh 21. minta tolong dijelaskan ya saya kurang paham. terimakasih

NOVAL EGY RAMADHAN
NOVAL EGY RAMADHAN
Juni 30, 2021 1:52 pm

selamat malam pak,saya mau tanya,kalau cara registrasi dan instal aplikasi e-faktur atau etaxinvoic kan harus ke kantor pajak,tetapi persyarata yang harus dibawa itu apa aja?

terima kasih

Biah
Biah
Juni 30, 2021 7:46 am

Siang om

Mw tanya donk soal pelaporan faktur pajak yang dibatalkan

Pda tahun 2020 ad beberapa faktur pajak yg dibatalkan
Tetapi alasan pembatalannya it karna slah harga
Harusnya kan hanya buat faktur pajak pengganti tidak dibatalkan.

Nah skrang 2021 sya mw melaporkan faktur pajaak batal tersebut.
Saya harus bagaimana ya
Apakah bisa jika saya masukan alasan karna slaah harga seperti kasusnya?

Biah
Biah
Reply to  admin
Juni 30, 2021 8:59 am

Akan jadi maslah tdk om

Dianggap faktur pajak fiktif atau apa gtu sma kpp?

Irfhan
Irfhan
Juni 30, 2021 6:05 am

Mau tanya perusahaan sy non pkp bisa gak sy buat kode billing untuk bayar pajak ppn? Sebagai penyetor?

Nur Rosyidah
Nur Rosyidah
Juni 30, 2021 5:07 am

Siang, saya mau tanya jika sita dilaksanakan kurang dari 2×24 jam setelah surat paksa, apakah bisa dilakukan upaya hukum? Dan jika bisa apa nama upaya hukum tersebut dan diajukan kemana? Terimakasih

Khoirunnisa
Khoirunnisa
Juni 30, 2021 2:38 am

pagi pak, saya mau menanyakan perihal pajak tahunan badan.. kalo untuk pelaporan pajak tahunan badan selama setahun tidak ada pekerjaan yg kena pajak karena perusahaan penyedia jasa hanya sebagai subkon sedangkan yg kena pajak itu pihak ke-2 itu bagaimana ya? Solusinya bagaimana? Apakah harus dibuat lagi pajak antara pihak ke 2 dan subkon atau bagaimana?

Taxia
Taxia
Juni 29, 2021 11:57 am

Instansi saya membayar di percetakan non PKP untuk biaya cetak naskah ujian dengan nominal di atas 2 juta rupiah menggunakan dana BOS. Pertanyaannya : Bagaimana dengan kewajiban perpajakan dari instansi kami? pajak apa sajakah yang harus dibayar?

Irma
Irma
Juni 29, 2021 8:42 am

Sore Om.
Saya ada kesalahan dalam penghitungan PPh 21 cth di masa jan s.d mei karena ngga ada rumus PPh 21 untuk karyawan yg masuk/ keluar tengah tahun (jd semua disetahukan 12). Menurut om, bisakah saya perbaikinya di SPT Des saja atau harus diperbaiki di setiap bulannya?

Flo Grazia
Flo Grazia
Juni 29, 2021 5:04 am

siang pak, uang transport yang diberikan kepada peserta seminar sudah dipotong pph 21, pajak belum disetor, kejadiannya sudah tahun 2020 kemarin karena admin lama tidak tahu soal pajak. pertanyaan: 1. waktu input di espt saya masukkan kategori bukan pegawai tidak berkesinambungan, apakah harus dirincikan nama penerimanya (tidak ada npwp, tidak ada no ktp dan entah orangnya ada dimana sekarang) atau boleh diglobal saja? misal dengan nama pak budi dkk dan total nominalnya yang diinput, saya coba di aplikasi espt pph21 bisa, tapi takut kalau salah dan jadi masalah kedepannya nanti 2. setelah pembayaran dilakukan apakah perlu lapor espt pph21? selama… Read more »

Flo Grazia
Flo Grazia
Reply to  admin
Juni 30, 2021 3:24 pm

terima kasih om Pimpa.. the best!!

Farid
Farid
Juni 29, 2021 2:36 am

Apakah Jasa dibawah 1 juta dikenai PPN ?

Farid
Farid
Reply to  admin
Juni 29, 2021 8:55 am

Perbaikan mesin fotocopy om. Pemungut Bendahara APBN Nilai transaksi dibawah 1 juta.

ali
ali
Juni 29, 2021 2:28 am

A. PT. Dall Band Jaya yang bergerak di bidang perdagangan barang-barang elektronik dan lainnya melakukan pengadaan barangnya antara lain dengan melakukan impor sendiri. Perusahaan telah memiliki Angka Pengenal Impor (API) dan selama tahun 2010 melakukan transaksi sebagai berikut : a. Melakukan impor 200 set komputer dengan harga (cost) termasuk Freight & Insurance sebesar US$1,300 per-set. Bea Masuk yang ditetapkan adalah 20% dan pungutan pabean lainnya sebesar Rp 20 000.000,- . Kurs Menkeu Rp, 9.500/US$ dan Kurs BI sebesar Rp. 10.100/US$. b. Menjual 15 set televisi kepada Pemda Jakarta senilai Rp.30.000.000,- (belum termasuk PPN). c. Menjual barang elektronik untuk kebutuhan kantor… Read more »

widia
widia
Juni 28, 2021 12:30 pm

mau tanya dong, apa yang melatarbelakangi adanya pajak PPh 21. dan kenapa sih harus ada PPh 21. jelasin ya omm, terimakasih

sinar
sinar
Juni 28, 2021 7:18 am

Hallo om pajak, saya mau tanya om, mengenai spt masa, spt masa bulan mei sya blm lapor , tapi pajak masukannya sdh terlanjut sya upload pada masa bulan juni,padahal faktur pajak masukan tersebut masa bulan mei bukan juni, apakah masih bisa dibatalkan masa faktur pajaknya. mohon penjelasnya om

Terima Kasih

Julianto Cipto
Julianto Cipto
Juni 28, 2021 6:34 am

Om, nanya dong. Jika saya ada salah masa untuk upload PM dan sudah approval sukses. Apa ada cara untuk merubah masa nya nga yah Om, setelah approval sukses. Tolong bantuan nya Om

Nasir
Nasir
Juni 28, 2021 6:10 am

Bagaimana memilih masa pajak yang dipungut bulan Maret tetapi di setor bulan Juni di kode billing?

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x