Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Wina
Wina
Juni 10, 2021 6:23 am

Om, mau tanya..saya kan ada pembetulan ke 1 dan ke 2 di aplikasi e-faktur,tapi pas mau buat BEP di web faktur kenapa pembetulan 1 tapi isiannya yang utk pembetulan 2 ya? dan solusinya gimana ya om?

Puja laras
Puja laras
Juni 10, 2021 2:44 am

Om pipa aku baru saja buat NPWP secara online tapi saya belum bekerja tapi di formulirnya saya isi pekerja swasta dengan penghasilan dibawah 4,5jt. Saya liat di google begitu cara nya buat NPWP kalo yg belum bekerja. Nah pertanyaan saya apakah setelah itu saya akan dikenakan pajak penghasilan perbulannya??
Terimakasih

Agatha
Agatha
Juni 9, 2021 9:59 pm

Bagaimana cara mengetahui bahwa pada saat pembuatan e-faktur terdapat kesalahan?

artin
artin
Juni 9, 2021 3:45 pm

halo selamat malam pak mau nanya , saya ini suda punya usaha sendiri sudah 5 tahun, saya selalu melapor pph tiap bulan selama 5 tahun, tetapi saya tidak melapor ppn karena saya kurang ngerti bagaimana cara membayar ppn dan nominal ppn itu dari mana

lokantara
lokantara
Juni 9, 2021 3:01 pm

tanya om,,,,kalo pkp sudah melaporkan spt masa ppn apakah bendaharawan pemungut perlu lapor juga?

Prati
Prati
Juni 9, 2021 9:57 am

Penghasilan saya dibawah ptkp, tapi sama perusahaan tetap terkena pajak dan ada bukti potong. Saat lapor di efilling, hasil akhir jadi lebih pajak, bagaimana solusinya ya

Nuraeni
Nuraeni
Juni 9, 2021 7:07 am

Om kalo faktur pajak nya reject dihapus boleh tidak om

arum
arum
Juni 9, 2021 4:33 am

Om Pimpa mau tanya dong,,,seandainya perusahaan sudah membayarkan pph masa dibulan itu,,,lalu ternyata ada salah satu karyawan blm masuk apakah bisa membayar kembali dibulan yg sama hanya kekurangannya 1 orang saja atau bagaimana ya om Pimpa?

lia
lia
Juni 9, 2021 3:35 am

Pak, saya mau tanya ya mengenai pembelian rumah … Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 21/PMK.010/2021 tentang Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Rumah Tapak dan Unit Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah (DTP) tahun anggaran 2021. Sebelumnya saya melakukan angsuran tiap bulan untuk pembayaran DP atas sebuah rumah (program angsuran 28 kali). Tapi belum melakukan kontrak jual beli yang sah atas unit tersebut, dalam arti bisa saja putus atau membatalkan pembelian rumah tersebut di tengah jalan. Penyerahan dan sistem KPR rumah baru akan terjadi dan dilakukan di bulan Juni ini. Apakah saya bisa memperoleh insentif atas PPN di tanggung Pemerintah tersebut Pak… Read more »

Winda
Winda
Juni 9, 2021 3:21 am

Selamat Pagi Om Pajak, Saya ingin bertanya.
Bagaimana untuk mengecek bukti potong pph 23 yang sudah dipotong / belum dipotong oleh vendor? Terimakasih

zahrah
zahrah
Juni 8, 2021 11:02 pm

Dalam satu tahun pajak berjalan perusahaan tempat saya bekerja telah memotong pajak saya, namun di akhir tahun pajak saya masih memiliki kewajiban membayar kekurangan pajak. Nah itu gimana ya?

Syamsul
Syamsul
Juni 8, 2021 3:58 pm

Om mau tanya. Perusahaan saya sudah lama tidak melaporkan SPT tahunan badan dan SPT masa lain lainnya. Dari 2018-2020 tidak melapor lagi karena tahun2 sebelumnya nihil terus. Kira2 berapa denda yg dikenakan nanti ya om? Karena saya sudah mengurus pembubaran perusahaan CV saya, dan sudah disetujui. Oleh karena itu, saya juga ingin mentiadakan npwp perusahaan saya.

Mardy
Mardy
Juni 8, 2021 1:48 pm

Pak saya mau tanya tentang insentif PPN dtp, saya di tahun 2019 sudah pernah membeli rumah second dan saya mau memebeli rumah baru yang ready stock, apakah saya masih bisa mendapatkan insentif PPN dtp? Trimakasih.. 🙏

SERIN
SERIN
Juni 8, 2021 1:40 pm

malam om, mau nanya klo BPHTB hibah wasiat ke panti asuhan itu tarifnya dan cara perhitungannya samakah dengan BPHTB lainnya? apakah perlu dikali 50% atau hanya 5% saja? lalu NPOPTKPnya 60 juta atau yang 300 juta ya? terima kasih

Eka
Eka
Juni 8, 2021 9:13 am

slmt sore admin…mau tanya berapa persenkah pajak yang harus dibayarkan apabila kita menang dalam persidangan dan mendapat ganti rugi?

Faisal Kurnia Harahap
Faisal Kurnia Harahap
Juni 8, 2021 7:29 am

Izin mau tanya Om, untuk pembelian benih tanaman (sayur, buah, dll) dan bibit tanaman, apakah dikenakan pajak? terimakasih Om

alia
alia
Juni 8, 2021 3:49 am

Om mau nanya dong. Kalo objek pajak yang tidak dikenakan PBB selain dibawah sini, kecuali apa ya
a.) objek pajak dibidang Ibadah, sosial, kesehatan
b.) digunakan sbg hutan lindung, suaka alam, dsj
c.) objek pajak spt pemakaman umum, peninggalan purbakala
d.semuanya benar

Faisal Kurnia Harahap
Faisal Kurnia Harahap
Juni 8, 2021 3:14 am

Izin bertanya Om Pimpa…

Saya staf di bendahara suatu instansi, kami masih awan terkait pajak dan kurang memahami ketika membaca peraturan. Yang ingin saya tanyakan Om, kalau pembelian benih (biji) tanaman (sayur, buah, dll) dan bibit tanaman, apakah dikenakan pajak PPh pasal 22 sebesar 1.5% dan PPN 10%,? kalau dikenakan, berapa besaran belanja baru dikenakan PPh dan PPN, Terimakasih Om

Faisal Kurnia Harahap
Faisal Kurnia Harahap
Reply to  admin
Juni 9, 2021 3:15 am

Terimakasih OM…

Mita
Mita
Juni 7, 2021 11:26 pm

Pak mau nanya, saya kan kerja diperusahaan dagang, dan ada ketentuan pajak untuk omset lebih dari 4.8 M, maka perhitungan pph terutangnya dikenakan pasal 17. Maksud omset lebih dari 4.8 m itu penghasilan dari penjualan saja ya pak? Sebelum dikurangi hpp?

ayu azizah
ayu azizah
Juni 7, 2021 11:02 am

malam om, saya mau tanya. saya dapat STP masa PPN. di dalam STP nya ada bunganya, pasal 9(2a) kup. untuk pembuatan id billingnya saya buat dulu kode billing denda, lalu bru kode billing bunganya, atau kode billingnya bisa digabung aja dengan totalan yg ada di STP nya?
kalau dipisah, kode akun pajak untuk denda dan bunganya apa ya om? atau mungkin kalo digabung, kode akun pajaknya apa? terimakasih

Vara
Vara
Juni 7, 2021 8:54 am

Tanya pajak dong Om,
Jika FP Keluaran Bulan 4 senilai 592.615 sudah kita lapor dalam SPT Masa bulan 4.
dan dari si pembeli menyatakan bahwa kita lebih tagih di FP Keluarannya, nilai PPN seharunsya 529.615.
jika terjadi salah penginputan nilai transaksi.
Kalau kita lakukan pengganti, bagaimana dengan nilai lebih dari yang sudah kita laporkan tersebut om ?

rimavt
rimavt
Juni 7, 2021 3:38 am

selamat siang om. saya kan mau melakukan pencabutan pengukuhan PKP .dokumen apa saaya yg harus saya sediakan ? terim kasih

APRIONO
APRIONO
Juni 6, 2021 12:47 pm

Penyebab permohonan gagal dibagian sisi server

sera
sera
Juni 6, 2021 8:31 am

om mau tanya, kita ada memakai jasa ekspedisi jnt, seharusnya kita harus potong pph 23 kan? namun pemilik usaha memberikan sket pp23,namun mereka juga mengatakan bahwa mereka hanya sebagai agen, dan hanya menerima komisi dari jnt pusat, sehingga tidak mau dipotong lagi pph nya, pertnyaan bgaimana seharusnya prosedur potongan pph apabila kita hanya bertransaksi dengan agen ekspedisinya? apakah apabila mereka memberikan bukti potong pph atas komisi mereka, itu sudah bisa kita anggp sudah disetorkan pajaknya?

Mierdha
Mierdha
Juni 6, 2021 5:49 am

Halo om pimpa, terkait update terbaru untuk pajak. Apakah benar untuk distributor makanan minuman selain ppn dan pph 23 (khusus toko pkp) ada lagi tambahan pajak yg dikenakan ke toko 30% untuk non pkp dan 15% untuk pkp apabila toko tersebut menerima pot harga atau free goods ?

Budi
Budi
Juni 5, 2021 2:43 pm

Nanya om PT Surya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi (memiliki
SIUJK) dan telah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP). Pada bulan Januari
2018 memberikan jasa perbaikan kepada PT Matahari dengan nilai kontrak
Rp100.000.000,-. Atas transaksi ini PT Surya memungut PPN 10% dan PT Matahari
memotong PPh Pasal 4 ayat (2) atas pelaksana konstruksi dengan kualifikasi usaha kecil
sebesar 2%. Hitunglah pajak yang terutang atas transaksi tersebut! Kapan Batas waktu pelaporannya?

Sobar
Sobar
Juni 5, 2021 9:45 am

Salam
Saya Bendahara BOS,melakukan pembelian BKP kepada perusahaan Non PKP, apa PPN harus tetap disetor ke kas Negara?

Elisa
Elisa
Juni 5, 2021 8:14 am

Sy wni yg tinggal di luar negeri sejak 2020. Sy masih punya toko di indonesia. Sy bermaksud membeli rumah di luar negeri. Bagaimana urusan pajaknya?

Asker
Asker
Juni 5, 2021 3:40 am

om mau tanya, penjelasan singkat maksud dari kawasan berikat dan bebas itu gmn ya? makasih

Rosa
Rosa
Juni 4, 2021 4:31 pm

Halo om, perusahaan saya baru berdiri November 2020 lalu dan status non-PKP. Kami akan membuat invoice atas pekerjaan jasa konsultan yg sudah diselesaikan. Omzet perusahaan tahun ini tidak akan sampai 4,8M.

Pertanyaan saya, karena perusahaan kami non-PKP dan mengikuti pph final UKM 0,5% sebagai kewajiban pajaknya, apakah di invoice kami harus menuliskan pph final tersebut? Atau nanti pph final kami langsung setorkan saja?

Terimakasih

Syahrul
Syahrul
Juni 4, 2021 1:39 pm

Malam om mau tanya, ceritanya gini, kemarin sy dpt proyek pengadaan bansos oleh Dinas sosial dengan nilai proyek 5.6 miliar tahun 2020. Akhirnya sy dpt surat untuk di kukuhkan menjadi pkp. Di tahun 2021 ini sy mau melaporkan spt tahunannya, oleh dari AR Kpp pratamnya mengatakan bahwa di kenai pph final tarif 0.5% dari total nilai pengadaan. Tetpi sy punya bukti potong pph 22 yg di keluarkan oleh bendaharawan dinas sosial. Katanya sy harus membayar dlu 0.5 persennya dan nnti ajukan untuk pengembalian pendahuluan, karena kami ada bupot pph 22. Apakah harus kami bayar atau ada cara alternatif lain,? Mohon… Read more »

darren
darren
Juni 4, 2021 9:30 am

om tanya om,, saya mw mengajukan permohonan wp non efektif pada npwp badan,, tp saya ada pelaporan ppn di tahun 2020,, sedangkan saya sudah tidak lapor SPT dari tahun 2017,, itu bagaimana yah om

V_N
V_N
Juni 4, 2021 9:23 am

Om mau tanya dong, ada OP dia bisa nerbitin Faktur Pajak. ini memang bisa ya om? terus kalo bisa dia harus bikin 1770 saja atau harus bikin 1771?

MUHAMMAD MUSTOFA
MUHAMMAD MUSTOFA
Juni 4, 2021 4:41 am

siang Om, apakah honor penceramah dan honor tukang bangunan harus dikenakan pajak ? yang bersangkutan bukan pegawai atau PNS. Trims

Chris_tn
Chris_tn
Juni 4, 2021 3:54 am

Mohon pencerahan, tahun 2020 lalu Wajib Pajak Pribadi meminjamkan uang kepada CV sebesar Rp. 200 juta, dimana posisi WP ini dalam CV adalah sekutu pasif yang setor modal di tahun 2018. Yang menjadi pertanyaan dari sisi WP, Rp 200 juta itu masuk ke piutang di spt 2020? Apabila tidak, masuk pencatatan di daftar harta dimana? apabila iya, masuk piutang apa? sebelumnya terimakasih.

Chris_tn
Chris_tn
Reply to  admin
Juni 4, 2021 2:44 pm

Maaf maksudnya saya bertanya dari segi wajib pajak orang pribadi yg adalah sekutu pasif di CV tersebut. Pinjaman 200 juta dicatat di spt CV adalah hutang lain lain. Nah dari segi wajib pajak orang pribadi yg meminjamkan uang tersebut kepada CV, menempatkan pinjaman 200 juta tersebut sebagai piutang?
Terimakasih tanggapannya.

junita
junita
Juni 4, 2021 1:07 am

pagi pak, saya mau nanya kalau perusahaan masih orang pribadi tapi omset sudah lebih dari 4.8 miliar, perhitungan pajaknya menggunakan pasal 17 ya? Tapi tarifnya tetap menggunakan yg orang pribadi ya? Bukan yang badan yang ada pkp nya?

rimavt
rimavt
Juni 3, 2021 9:01 am

sore om, maaf bertanya lagi untuk kesekian kian kian kalinyaaa. jangan bosen ya om..heheeh

kronologi
BOS saya kan punya toko dan tiap bulan bayar pph finalkan.. nah trus pada saat pembelian barang kena pajak dari 2017-2019,Bos saya memakai NPWP anaknya.
anaknya seorang direktur perusahaan. maka pada tahun 2020 dapat surat yang mana anaknya harus bayar pph final juga dar 2017-2019. sedangkan Bos saya sudah bayar pph finalnya sesuai pembelian yang ada. jadi kedouble … itu gimana ya om. apa akan ada restitusi? trus kalo misalnya ada restitusi apa yang harus di lakukan ? trima kasih om

rimavt
rimavt
Reply to  admin
Juni 4, 2021 2:31 am

Ohhh begitu ya om. makasih infonya… jadi bos saya rugi karna kelalaiannya sendiri .sampe bayar 2x… hemmmmm sayang banget ya

MUHAMMAD MUSTOFA
MUHAMMAD MUSTOFA
Juni 2, 2021 1:23 pm

Malam Om, saya ingin bertanya kalau kantor saya pasang iklan / berita kegiatan kantor di salah satu media cetak dengan biaya sebesar 5 juta. Terhadap transaksi tersebut apakah harus dikenakan pajak ) jika harus, pajak apa saja yang dipenuhi. Trims.

sirajuddin
sirajuddin
Juni 2, 2021 8:07 am

Tanya donk om,
Saya baru join dengan perusahaan baru saya, setelah saya kroscek dokumen ternyata di tahun sebelumnya ada beberapa invoice dari vendor saya yang tidak dilampirkan Faktur Pajaknya, dan telah lewat 3 bulan yang mengakibatkan perusahaan saya tersebut tidak dapat mengkreditkan pajaknya. Pertanyaan saya,
1. Apakah yang harus saya lakukan?
a. Apakah saya harus meminta dikirimkan Faktur Pajaknya (ternyata oleh perusahaan vendor saya memang belum diterbitkan FP nya)
b. Saya biarkan saja.
2. Bagaimana pencatatannya di tahun ini jika FP tersebut dibuat dan diterbitkan di tahun ini?
3. Apakah sanksinya?

Mohon jawaban dan bimbingannya.

Terima kasih,
Sirajuddin

Jerry
Jerry
Juni 2, 2021 7:38 am

Hi, saya WNI tinggal di Indonesia, saya lupa lapor SPT, dan lupa deaktivasi NPWP saya, kalau saya mau meluruskan masalah NPWP/SPT saya gimana ya?

ila
ila
Juni 2, 2021 1:21 am

pagi om, mau tanya apa sudah bisa tatap muka untuk pembuatan npwp di kantor pajak

Vinnidishki Siwih
Vinnidishki Siwih
Juni 2, 2021 12:35 am

mau bertanya om, bagaimana dengan olshop yang mengekspor barang. apakah kena PPN?
jika jawabannya iya, bagaimana perhitungannya?

Hans
Hans
Juni 1, 2021 10:29 pm

Selamat pagi om. saya mau tanya. saya bekerja sama dengan Perusahaan Singapore untuk sebuah kegiatan pembagunan di daerah Indonesia. Apa kewajiban perpajakan dari saya dan perusahaan dri Singapore tuntaskan ya om ? meningat adanya tax treaty indo-SG.

lia
lia
Juni 1, 2021 5:56 pm

om saya mau bertanya jika terdapat selisih antara pegawai yg memiliki NPWP dan Non NPWP kesimpulan nya bagai mana ya om
contoh nya seperti ini
PKP = Rp. 180.706.511
Pegawai Memiliki NPWP
50.000.000 x 5% = 2.500.000
130.706.511 x 15% = 19.605.976
PPh Pasal 21 Setahun = 22.105.976

Non NPWP
120% x 5% x 50.000.000 = 3.000.000
120% x 5% x 130.706.511= 28.232.606
PPH Pasal 21 Setahun = 31.232.606

Selisih
31.232.606-22.105.976 = (9.126.630)

Nicky
Nicky
Juni 1, 2021 10:50 am

Maf sebelum nya mw tanya,, knapa ya total tax bulan ini lebih besar di banding total tax bulan kemaren,, mohon infonya di karna kan saya tidak faham terimakasih,, nicky

Firdha
Firdha
Juni 1, 2021 9:09 am

Hallo Om Pimpa saya mau tanya,Semisal ada seorang konsultan pajak yang menjadi kuasa pajak seorang WP. Apabila konsultan pajak tersebut sakit parah sehingga tidak bisa melakukan kewajibannya sebagai kuasa pajak dan ada konsultan pajak lain yang ingin menggantikannya. Apakah hal tersebut etis dari kacamata etika profesi konsultan pajak? Apakah ada aturan pada etika profesi yang mengaturnya? Menurut anda apakah yang seharusnya dilakukan oleh konsultan pajak kedua?.Terimakasih

Kristanto
Kristanto
Juni 1, 2021 7:15 am

Halo om, karena untuk syarat pengbilan KPR, istri juga harus bikin NPWP, padahal istri tidak bekerja. Pertanyaannya apakah jika istri bikin NPWP (MT), itu akan berpengaruh PTKP dari penghasilan suami..? Mohon penjelasannya. Thks

Amar
Amar
Juni 1, 2021 4:49 am

Om, saya mau tanya. Kenapa status SPT PPh 21 badan bisa kurang bayar? Padahal data yg diinput sudah benar dan nominal SSP yang disetor sesuai dengan PPh terutang. Saat upload csv dan pdf pun sudah sesuai dengan masa pajak yang akan dilaporkan.
Apakah wajar jika status SPT PPh 21 badan kurang bayar? Apakah perlu melakukan pembetulan SPT atau dibiarkan saja? Mohon pencerahannya om, thanks.

Amar
Amar
Reply to  admin
Juni 2, 2021 2:30 pm

Berarti tiap lapor, status SPT akan selalu kurang bayar ya? lalu cukup diabaikan saja dan tdk perlu bikin SPT pembetulan ya Om? mohon koreksinya.

Nday
Nday
Juni 1, 2021 4:01 am

Oom mau tanya apakah THR dan Bonus karyawan dikenakan pajak, besarannya berapa persen…

Drajat
Drajat
Juni 1, 2021 12:07 am

Pinjam uang dibank dibawah 50jt kenapajak tahunan ?

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x