Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kenken
Kenken
Juni 19, 2021 11:45 am

Om. Mama saya punya npwp

tapi sudah 5 tahun nggak punya penghasilan. Selama ini saya yang nanggung semua kebutuhan rumah tangga..

nah. Kalau mama saya ( sekarang kerja sebagai mediator ekspor ) tiba2 proyek nya deal.. sekali cair kan pasti milyaran..

nah itu lapor pajak langsung..

atau gimana?

Kenken
Kenken
Reply to  Kenken
Juni 19, 2021 11:46 am

Soalnya rencananya beliau. Setelah deal. Mau beli rumah yang lebih layak.

lalu kita beli rumah dlu baru lapor pajak.. atau gimana ?

Terima kasih

hadi
hadi
Juni 19, 2021 6:51 am

Halo Om Pimpa. Saya freelance software developer tinggal di bekasi. Untuk perhitungan pajak menggunakan NPPN saya bisa menggunakan yang berapa persen ya?

Saya baca ada syarat lapor di bulan ketiga (berarti bulan maret ya) tapi saya baru mulai jadi freelance di bulan Juni ini. Apakah ada saran?

Terima kasih banyak dan sukses terus Om Pimpa & flazztax.com

hadi
hadi
Reply to  admin
Juni 21, 2021 12:33 pm

Terima kasih replynya om pimpa!

Sesuai saya bilang di awal, profesi saya software developer dan saya tinggal di Bekasi. saya freelance, bekerja secara remote, dan dapat project dari kenalan2. Informasi detail apa lagi ya yang dibutuhkan?

Saya kelihatannya bisa menerima yang angka 50%, tapi saya kebingungan karena harus melapor ke kantor pajak di 3 bulan pertama untuk NPPN padahal saya baru mulai di bulan Juni. Mohon pencerahannya

Terima kasih

Lisa
Lisa
Juni 19, 2021 5:02 am

Siang Kak

Saya punya pertanyaan terkait Faktur Pajak Masukan.
Setelah ‘ngintip’ di Prepopulated Data, saya mengupload semua Faktur pajak yang ada karena sudah sesuai (Nama, Nominal dan semua detail yang lain).
Namun setelah itu saya check di Faktur Pajak Masukan, namanya sama semua.
Walaupun detail yang lain benar: NPWP, nominal dkk – nama penerbit fakturnya jadinya hanya satu nama dan sama semua. Itu bagaimana ya?

Lisa
Lisa
Reply to  admin
Juni 22, 2021 8:30 am

Udah Om, Terimakasih.

IYa saya yg terlalu panik sepertinya. Seharian mungkin jaringan saya error. Saya ditiriskan, eh diamkan sehari, besoknya sudah sembuh Om. Terimakasih

Exa
Exa
Juni 19, 2021 4:35 am

Sy punya toko material order semen dgn merek sama tetapi ambil di 2 distributor untuk byr pajaknya sprt apa ya pak?

Hazel
Hazel
Juni 19, 2021 4:09 am

selamat pagi saya mau tanya mengenai NE (Non Efektif).
1. Jika suatu badan ingin me-non efektifkan usahanya. apa kelebihan dan kekurangannya?
2. Berkas apa saja yang diperlukan saat ingin mengajukan NE ke KPP?
3. Jika Udaha tersebut sudah berstatus NE berarti harus me-non aktifkan NPWP yang dimiliki oleh WP tersebut ya?

riri
riri
Juni 18, 2021 5:49 pm

Om minta tolong untuk analisis dong :’) semoga om berkenan yaa 🙂 Yasmin Rahmadhani dan Ghazi Bagaskara dua orang pengusaha yang ingin bersama-sama mendirikan usaha di bidang Industri alat-alat rumah tangga, dengan investasi kurang lebih Rp 40 Milyar yang akan digunakan untuk membeli tanah, membangun gedung pabrik dan kantornya kurang lebih Rp 15 M yang akan dimulai bulan Juni Tahun 2017 dan akan diperkirakan selesai bulan November 2017. Di bulan November dia merencanakan membeli barang-barang modal seperti mesin-mesin industri senilai Rp 15M serta bahan baku dan bahan pembantu. Diperkirakan usaha bisa operasional Bulan Januari 2018. Dari operasional usahanya ini diperkirakan… Read more »

puspa
puspa
Juni 18, 2021 9:27 am

sore min, numpang tanya
Saya bekerja disebuah perusahaan dan selama ini pajak penghasilan ditanggung oleh perusahaan,
kemudian saya mendapatkan penghasilan lain dari project yang dikerjakan diluar perusahaan dan sudah dipotong pajak oleh perusahaan pemberi kerja.
jika terjadi kurang bayar akibat penggabungan penghasilan, apakah kurang bayar tsb dapat di bebankan pada perusahaan tempat saya bekerja ?
terima kasih sebelumnya

erliana
erliana
Juni 18, 2021 7:30 am

Siang om, Saya mau tanya. Kalo saya sudah membayarkan PPn bulan sebelumnya dan ternyata ada pajak masukan bulan sebelumnya yang belum terPosting itu solusinya gimana ya ? apa bisa diabayarkan pada bulan selanjutnya memngikutin pembayaran bulan ini atau harus apa? terima kasih.

tiwi
tiwi
Juni 18, 2021 6:03 am

om , kalau pembeli ada nota yang tidak mau di terbitkan fp tetapi penjual sdh menerbitkan fp itu gmn ya? apakah pembeli bisa menerbitkan faktur retur untuk nota tersebut ?

Silmi nur azizah
Silmi nur azizah
Juni 18, 2021 4:59 am

Om mau tanya, kalau status laporan keuangan kita rugi, dan di laporkan di SPT rugi, apakah kita akan di periksa ?

Mulyana
Mulyana
Juni 18, 2021 3:52 am

Siang Om, Om kalau saya trading forex dan memiliki penghasilan dari forex tersebut, berapa persen pajak yang harus dibayar dan apakah dihitung dari total yang dihasilkan atau dari yang sudah diambil saja selama setahun

Terima Kasih

Faisal Gassing
Faisal Gassing
Juni 18, 2021 2:38 am

Selamat pagi om ijin mau bertanya perusahan kantor kami PKP apakah jika bendahara sekolah belanja d toko kami pembelanjaan di bawah 1 juta kami tetap membuka kan faktur pajak dengan kode 01 contoh bendahara sekolah memakai dana bos belanja senilai 300 ribu sudah inc ppn apakah harus di buatkan faktur pajaknya dengan memakai kode 01??

Faisal Gassing
Faisal Gassing
Reply to  admin
Juni 18, 2021 10:59 pm

Terima kasih pencerahannya

Muhamad Suandi
Muhamad Suandi
Juni 18, 2021 1:44 am

mau tanya dong om, kalo misalnya perusahaan saya domisili di batam, dan dia beli barang atau jasaa di luar batam, anggaplah beli barang di jakarta dan vendor / supplier dijakarta mengeluarkan faktur pajak dengan kode 010 apakah vendor/supplier tersebut harus mengganti kode faktur pajaknya menjadi 070 atau tidak?

Dini
Dini
Juni 18, 2021 12:42 am

Om mau nanya .. saya owner konveksi penjual online … Produk saya banyak dibeli sama orang2 dari kementerian.. nah pas mereka pesan seragam .. ada salah satu customer minta no NPWP saya … Katanya buat laporan kepemerintah mereka bilang klo ada NPWP nya mereka bayar pajak cuma 11% .. klo g ada NPWP nya bayar ajak 15%..
Nah kedepannya klo ada customer yg minta NPWP .. saya kasih atau jangan ya ?

Karna saya awam … Saya takut dibodohi customer yg licik, takut nanti ada tagihan pajak ke saya .. atau takut data disalah gunakan oleh pembeli …

Mohammad Ramdani
Mohammad Ramdani
Juni 17, 2021 10:42 am

Selamat sore om, izin bertanya om.
Misalnya PT Indoraya membayarkan jasa konsultan dari PT Nuansaraya sebesar Rp120.000.000 anggap saja nilai tsb sdh dibayar pph 23 sebesar 2%, nah apakah sisa penghasilan yg sdh dipotong pph 23 akan dikenakan pph 17/badan

Rosa
Rosa
Juni 17, 2021 10:36 am

halo om, perusahaan kami adalah perusahaan baru bergerak dibidang konsultan dg status non-PKP. Kami akan memberikan jasa kami ke perusahaan negara (bendahara pemerintah).

Menurut info, bendahara negara wajib memotong ppn 10% dan pph 23 (2%) dari pembayaran ke perusahaan kami.

Pertanyaannya adalah, karena perusahaan kami sudah dipotong pph 23 oleh bendahara negara, apakah kami tetap harus memotong pph 23 dari pembayaran ke masing2 personil konsultan tenaga ahli perusahaan kami?

Devina
Devina
Juni 17, 2021 10:33 am

Halo selamat sore , saya ingin menanyakan tentang ppn kms apakah ppn kms itu ketika lebih bayar bs direstitusikan ?

Devina
Devina
Reply to  admin
Juni 20, 2021 1:45 pm

Itu harus melalui pemeriksaan dulu?

Devina
Devina
Reply to  admin
Juni 22, 2021 2:23 pm

oh baik. Apa misalkan LB atas ppn kms ini dikompensasi di masa selanjutnya apa bisa ?soalnya saya pernah baca bahwa ppn kms ini PM nya tidak bs dikreditkan

Devina
Devina
Reply to  Devina
Juni 23, 2021 10:48 am

oh baik pak , apa saya boleh tau UU yang mengatur tentang penelitian ini ?

Rosa
Rosa
Juni 17, 2021 9:19 am

Halo om, perusahaan kami non-PKP, apakah kami bisa memotong PPh 23?

Nada
Nada
Juni 17, 2021 7:21 am

Om ijin tanya, jika perusahaan ada penjualan 6 pcs keyboard bonus 1 pc keyboard. Di invoice penjualan mereka dibuatkan dalam satu faktur, untuk faktur pajak bonusnya ini bagaimana ya om?

Eko
Eko
Juni 17, 2021 6:23 am

mau tanya om, contoh kasus : (PT A) jual jasa ke (PT B), nah si (PT B) pembayarannya di potong PPH 23 sebesar 2%, apakah si (PT A) perlu bayar PPH Final sebesar 0,5% di akhir bulan nanti ?
jadi intinya apakah tiap bulan kita sebagai wajib pajak Badan Usaha, dikenakan pajak PPH23 2% & PPH Final 0,5% ? total 2,5% yg harus di bayarkan ?

Kandi Pustoko
Kandi Pustoko
Juni 16, 2021 4:25 pm

Om bisa tolong jelasin pajak trader minimal melakukan pajak berapa? Dan apakah pajak pribadi dilakuan satu tahun sekali?

Kandi Pustoko
Kandi Pustoko
Reply to  admin
Juni 17, 2021 1:28 pm

Trader forex, crypto dan saham. Jenis pajak penghasilan pribadi.

ajenx
ajenx
Juni 16, 2021 12:54 pm

malam om mau nanya kalo moo isi ebupot pph 23 laporannya pakai nik tpi tidak terbaca semua nik nya apakah sedang error sistemnya ato hrus manual? mohon pencerahan

dims
dims
Juni 16, 2021 12:29 pm

om mau tanya.. kalau tahun ini saya sudah tidak bekerja di perusahaan dan membuka usaha.. apabila ingin mengajukan SK PP 23 bagaimana caranya ya? Terima kasih

Hendy
Hendy
Juni 16, 2021 11:51 am

Om,
(1)untuk penyelenggara marketplace (serupa marketplace terkemuka namun versi kecil-kecilan) bagaimana menghitung pajaknya sementara produk adalah milik penjual, dan pihak marketplace hanya menyediakan wadah tanpa mengambil komisi.
(2) bagaimana perhitungan pajaknya jika pihak marketplace mengambil komisi utk setiap produk yang berhasil terjual, katakanlah komisi 10 dari harga produk yang dijual.
Mohon pencerahannya. Terimakasih.

Hendy
Hendy
Reply to  admin
Juni 26, 2021 4:35 am

MOhon detilnya jika yg saya tanyakan utk nomor 1)PPN dan 2) apakah ada pajak atas komisi yg saya dapatkan sbg penyelenggara? dan pajak apa?

Muhammad Syarifuddin
Muhammad Syarifuddin
Juni 16, 2021 6:42 am

selamat siang om, ijin bertanya.
Apakah benar penerbitan Bukti Potong PPh 23 adalah harus sesuai NPWP penerbit Faktur pajak?

Nelli agata Halawa
Nelli agata Halawa
Juni 16, 2021 4:54 am

jelaskan Hubungan prinsip terhadap pajak daerah yang ditetapkan oleh suatu wilayah
mohon responnya

rIM
rIM
Juni 16, 2021 2:15 am

PAGI OM PIMPA. OM KALO MENGECEK TRANSAKSI FAKTUR BISA GAK CUMA MODAL NOMOR FAKTUR AJA ? SOALNYA DATA KEHAPUS.CUMA TAU NOMOR FAKTURNYA AJA . TRIMA KASIH

rani
rani
Juni 16, 2021 12:53 am

apakah bukti pembayaran PBB terutang bea meterai?

Elsi
Elsi
Juni 15, 2021 12:29 pm

Ka mau bertanya kalau beasiswa dengan ikatan itu masuk koreksi fiskal positif tidak ya ? tks

Diana Satriani
Diana Satriani
Juni 15, 2021 10:01 am

BayarPPh 23 malam hari apa bisa

lea
lea
Juni 14, 2021 6:57 pm

Malam om, saya mau tanya saya sedang membuat skripsi judulnya kontribusi pajak hotel terhadap pad. nah pertanyaan saya, apple to apple ngga om kalau pajak hotel dengan pad? katanya sih kalau pajak hotel dengan pajak daerah baru baru masuk akal. saya bingung om, mana ini udah mau sidang

Hani
Hani
Juni 14, 2021 2:49 pm

Malam om,saya hari ini ada permasalahan kesalah masa pajak ppn. Jadi faktur pajak itu terbit bulan mei. Tapi waktu e billing saya buatnya juni dan sudah di bayarkan ppn keluar nya. Nah solusi selain pbk apa om ? Apakah bisa bulan mei saya laporan saja tanpa memasukan ntpn. Dan nanti ketika laporan bulan juni apakah akan muncul tagihan bulan mei?

Hani
Hani
Reply to  admin
Juni 15, 2021 1:46 pm

Kb itu apa om? Tapi apakah spt mei ppn nya bisa di laporkan terlebih dahulu om?

Dita
Dita
Reply to  Hani
Juni 16, 2021 8:17 am

Izin menjawab
KB (Kurang Bayar)
Nggak bisa dilaporkan, karena harus menginput kode NTPN nya dulu

Hani
Hani
Reply to  admin
Juni 16, 2021 1:46 pm

Baik om dan kak dita makasih penjelasannya.

Faktur pajak terbit bulan mei
Di billing ketika pembayaran juni

Untuk pengisian pbk sendiri berarti gini ya om :
Pernyataan yg salah tetap juni
Pernyataan yg benar nya tetap bisa di tulis mei yah? Tanpa harus di pbk ke masa berikutnya. Biar yg ppn meinga bayar lagi

Hani
Hani
Reply to  admin
Juni 17, 2021 3:19 pm

Om ada pernyataan bahwa surat setoran pajak yang diajukan Pbk tidak digunakan atau dilaporkan pada surat pemberitahuan (SPT). Untuk itu, silakan Anda melakukan pembetulan SPT dahulu sebelum melakukan Pbk atas surat setoran pajak tersebut. Maksudnya gimana ya om?

Hani
Hani
Reply to  admin
Juni 19, 2021 7:20 pm

Bagian sptnya itu om, maksudnya spt jenis apa ya? Pph atau ppn? Kalo ppn kan, tanpa ada ntpn ga bisa lapor dan spt ga bisa muncul juga

Hani
Hani
Reply to  admin
Juni 22, 2021 1:57 pm

Belum di lapor om spt masa ppn nya

Hani
Hani
Reply to  admin
Juni 25, 2021 11:08 am

Baik om sudah paham hehehe, oh iyah om ini kalo saya kirimkan berkas dari bandung ke kpp nya itu kan beda provinsi ga sesuai dengan alamat yg ada di npwp jadi masalah ga yah? Sama nanti berkas yg di setujuinya itu oleh pihak kpp akan dikirimkan kemana yah email atau alamat sesuai dengan yg npwp nya

Hani
Hani
Reply to  admin
Juni 28, 2021 12:23 pm

Baik om. Makasih banyak 🙏🙏

Putra
Putra
Juni 14, 2021 7:13 am

om kalo aku ada mobil nih misalnya fortuner, pajaknya kan 8 jutaan, tp kalo kena pajak progresif kepemilikan ke 2 kan jadinya 10 jutaan, kalo aku ada mobil brio sbg kepemilikan pertama ( ga kena pajak progresif ) bisa ga di switch biar brionya jadi kepemilikan ke 2 trus fortunernya jadi kepemilikan pertama biar pajak fortunernya lebih murah, hehe

Oka
Oka
Juni 14, 2021 2:22 am

Dr tgl 11 juni kmren,saya tidak bsa upload faktur pajak smpai pgi ini. Dia hanya muter sedang memproses.

Oka
Oka
Reply to  admin
Juni 14, 2021 11:04 am

Belum min. Bagaimana cara cek di e faktur desktop?

MAFTUKHA NURHASANAH
MAFTUKHA NURHASANAH
Juni 13, 2021 9:32 am

Suami wp op menjalankan usaha dengan omset pph final (dibawah 4,8 m).
Kemudian tiba-tiba muncul data,istri punya data pembelian di atas 4,8 m (belum punya npwp).
Kemudian istri bikin npwp dengan memilih menjalankan perpajakan terpisah dari suami dengan tarif pembukuan,dengan ptkp tk/0
Yang ditanyakan:
-Bolehkah/benarkah langkah istri mengambil pilihannya tsb.
-Bagaimana langkah yg seharusnya dilakukan suami istri tsb.

MAFTUKHA NURHASANAH
MAFTUKHA NURHASANAH
Reply to  MAFTUKHA NURHASANAH
Juni 13, 2021 9:42 am

Adis

uhuy
uhuy
Juni 13, 2021 8:33 am

halo om, om jadi aku baru bentuk PT, blm ada transaksi maupun penanaman modal, apakah tiap bulan wajib lapor spt masa nya? sedangkan belum ada karyawan, belum ada transaksi

Desta
Desta
Juni 13, 2021 3:43 am

Om mau tanya kalau ada tulisan begini “ETAX-WEB-50008: SPTSERVICE-00007: Internal Service Error, Coba Beberapa Saat Lagi -> SERVICE BPS SEDANG SIBUK, COBA BEBERAPA SAAT LAGI” kenapa ya ?

tyasa
tyasa
Juni 12, 2021 4:49 pm

Ingin bertanya.. Bagaimana penyelesaian penghitunga PPh pasal 25 dengan norma penghitungan jika PTKP lebih besar daripada neto setahun? (Neto setahun = 14.400.000, PTKP 72 juta)

efril
efril
Juni 12, 2021 3:01 pm

Tanya: Saya baru dpt SPT PBB rumah lokasi kabupaten tangerang n baru tau cara hitung PBB. Yaitu 20% x NJOP dan spt.pbb sebesar 0.5 % dari jumlah itu (sesuai UU yg ada)
Apakah bisa pengenaan spt pbb langsung hitung 0.150 % X (NJOP – NJOPTKP). Ini yg saya dapatkan dari spt pbb rumah tangerang 0.150% x 394.640.000 = 591.960
Terima kasih
Mohon bantuan infonya.

Hari
Hari
Juni 12, 2021 12:28 pm

Pekerja PNS dengan istri yang baru bekerja pd perusahaan swasta, pada bukti potong pajak tertera PTKP K/2. Saat pelaporan pajak dgn memasukkan pendapatan istri (dan ubah PTKP K/I/2 maka timbul ‘lebih bayar’, apakah benar yg sudah dilakukan? apakah pemberlakuan PTKP K/I/2 itu jika suami & istri kerja pada perusahaan yang sama (misal kedua nya PNS)?
Terima kasih

Lel
Lel
Juni 12, 2021 10:15 am

Mau tanya, untuk soal ini untuk mencari pajak masukan dan keluaran apakah dikali 10% dari penjualan. Masa pajak Januari 2019 PT Erlangga PKP membukukan penjualan sebesar 250 juta sedangkan pembelian sebesar 300 juta atas kelebihan PPN PT Erlangga memilih untuk dikompensasi ke masa pajak Februari 2019 pada 15 April 2019 diketahui bahwa penjualan seharusnya 350 juta sedangkan nilai pajak pembelian tidak berubah.

hidaly
hidaly
Juni 11, 2021 5:24 pm

kode faktur pajak memberi sumbangan kepada panti sosial, yang nomor berapa ya? terimakasih

ulan hidaya
ulan hidaya
Juni 11, 2021 5:54 am

PT “Maju” pada bulan Maret 2011 mengimpor barang dari Singapura dengan harga
US $ 800.000 biaya angkut US $ 8.000 dan biaya assuransi US$ 2.000 yang dibayar
di luar negeri Selain itu juga dikeluarkan bea masuk Rp 5.000.000, angkut di
pelabuhan Rp 2.000.000 serta pungutan lain (tidak resmi) Rp 4.000.000.
Kurs umum pada saat itu US$ 1 = Rp 9.900
Kurs menurut SK MenKeu US$ 1 = Rp 9 .000
Hitung PPh 22 jika PT Maju a.memiliki API
b. Tidak memiliki API

suhendra
suhendra
Juni 11, 2021 3:41 am

mau tanya cara menghitung pajak PPN , dan besaran berapa kena pajak, dan PPh untuk besaran berapa kena PPh

Fadli
Fadli
Juni 11, 2021 3:35 am

saya nikah tanggal 10 maret 2020 dan istri saya bekerja, nah perlakuan penghasilan istri saya gimana ya selama bulan lalu? apakah disatuin di spt masa pph saya atau engga? istri saya sudah menghapus NPWP nya dan digabung dengan saya di bulan Mei. mohon pejelasannya om

Fadli
Fadli
Juni 11, 2021 3:16 am

mau nanya tentang PPh, kalo ada seorang laki2 nikah di tahun berjalan misal bulan 10 maret 2020 dan istrinya itu bekerja, dan istrinya hapus npwp buat digabungin sama suaminya bulan agustus 2020, nah pemberlakuan penghasilan istri digabungin suami atau nanti nunggu tahun depan baru bisa digabungin? dasarnya apa? kalo ptkp setau saya nanti tahun depan baru pake K/0. makasih om

Kay
Kay
Juni 11, 2021 1:54 am

Om Pimpa saya izin bertanya.
UKM saya dikampus ingin mengadakan lomba senasional dengan total hadiah 2.850.000. Untuk pajak hadiah perlombaannya bagaimana ya?

Feli
Feli
Juni 11, 2021 1:12 am

Om kalo papan badan usaha yang dipasang di depan kantor kena pajak reklame atau pajak yang lain ga ?

Ikhsan
Ikhsan
Juni 11, 2021 12:02 am

Halo om, disini aku mau tanya tentang SPT Tahunan Badan.
Dalam Laporan Laba Rugi SPT Tahunan ada 1 transaksi PIB yg terlewat tidak di masukan sebagai pembelian dan untuk persediaan ahir transaksi tersebut sudah termasuk dalam stok di pembukuan.

Yang menimbulkan ada perbedaan HPP di pembukuan internal Perusahaan dan di laporan laba rugi yg sudah terlapor di pajak SPT Tahunan Badan.

Dan dalam laporan PPn transaksi PIB tersebut sudah di kreditkan sbg Faktur masukan.

Apa ini fatal ya om? Apa harus melakukan pembetulan? Terima kasih.

Ikhsan
Ikhsan
Reply to  admin
Juni 13, 2021 7:32 am

Jika pembetulan di spt tersebut akan jd lebih bayar, mohon sarannya apa yg harus saya perbuat di spt pembetulan biar kurang bayar?

Ruben sianturi
Ruben sianturi
Juni 10, 2021 10:45 am

Om mau nanya, saya mempunyai kebun sawit, buahnya saya antar ke pks memakai sp saya seniri dikenakan potong pajak 0,5%. Kalaulah saya antar kpks lain dgn memakai sp orang lain berapa saya harus membayar potong pajak,apakah saya tetap melaporkan pajaknya walaupun memakai sp orang lain?? Seandainya saya membayar pajak berapa saya akan membayar potongan pajaknya???

Ruben sianturi
Ruben sianturi
Reply to  admin
Juni 13, 2021 6:48 am

Sp (surat pengantar)

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x