Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Elin Herlina
Elin Herlina
Mei 31, 2021 1:44 pm

Selamat Malam Saya ingin tanya terkait Lebih Bayar karyawan resign yang mendapatkan fasilitas pph 21 dtp dan perhitungan pph 21nya di gross up. Setelah di hitung ulang ternyata pph 21 atas penghasilan teraturnya (dtp) nihil namun pph 21 atas penghasilan tidak teratur yaitu thr dan bonus ada sebesar 200k Yg ingin saya tanyakan adalah 1. Jika total pph 21 atas penghasilan tertur Jan – Apr sebesar 2jt dan pakai fasilitas DTP sedang pph 21 atas Thrnya sebesar 1jt namun setelah dihitung ulang hanya 200k . Untuk LB yg dapat di kompensasikan di spt pph 21 nya apakah benar hanya yg… Read more »

Hanna
Hanna
Mei 31, 2021 11:59 am

Selamat malam Oom.
Mau bertanya untuk kuitansi tanda terima uang dan menggunakan Bea Materai Lunas dengan nomor komputerisasi. Apakah untuk kuitansi ini wajib diberi tanda tangan? Atau bisa dengan penulisan nama yg berwenang saja? Terima kasih

Lucy
Lucy
Mei 31, 2021 6:36 am

Halo Om Pimpa…
Saya ibu Lusy, ijin mau bertanya terkait dgn perhitungan pembayaran pajak unk kegiatan paket meeting fullboard dan fullday yg dilaksanakan di hotel.
Itu perhitungannya bgm ya pak?
Terima kasih🙏🏻

S.T Agung Nugroho
S.T Agung Nugroho
Mei 31, 2021 2:28 am

Mau tanya untuk pembelian semen apakah dikenakan PPN ? batas tidak di kenakqn PPN nilainya berapa ?
Mksh Om Pajak

Nur sodik
Nur sodik
Mei 30, 2021 2:36 pm

Om saya kan karyawan yang setiap gajiannya ada potongan pph, dan sebelumnya tidak punya npwp, karena saya pengen punya kartu kredit akhirnya saya buat npwp, pertanyaan saya, setelah saya punya npwp apakah saya harus bayar pajak? Dan kapan saya harus membayarnya?

rimavt
rimavt
Mei 29, 2021 5:54 am

gaji kan rp.4juta. thrnya dapat gaji 2 bulan atau 8jt. itu masuk pph 21 om thrnya ?
TRIMA KASIH

dwiputra
dwiputra
Mei 29, 2021 2:31 am

Om mau tanya tentang pajak Badan hukum atau CV, Cv baru berdiri bulan November 2020, pada bulan Januari 2021 Direktur meninggal dunia, untuk ketentuan pajaknya bagaimana karena selama ini yang mengurus adalah direktur yang meninggal itu, dan komisarisnya baru tahu bulan mei 2021 ini?

ade sri
ade sri
Mei 28, 2021 7:36 am

Maaf mau tanya, bagaimana perlakuan pajak PPN dan PPh jika perusahaan sy (PMDN dan PKP) mendapatkan kontrak kerja untuk jasa instalasi mesin dari Perusahaan asing yang ada/berdomisili di negara lain misalnya Korea. Pekerjaannya/proyeknya di Indonesia.

ebac
ebac
Mei 28, 2021 6:43 am

Om Pimpa mau tanya. Misal ada Perusahaan mau endorse influencer harganya 100jt trus NPWP influencer tsb pakai nama PT bukan pribadi. Itu masuknya PPH 21 / PPH 23 ya? Trus perhitungan gross upnya seperti apa?

PITANA SUDJANA
PITANA SUDJANA
Mei 27, 2021 11:23 pm

Bagaimana jika saya punya investasi saham tetapi tidak pernah lapor sama sekali sejak tiga tahun yang lalu dan apakah efeknya dimasa depan?

Christina
Christina
Mei 27, 2021 12:17 pm

Mau tanya Pak. Pada SPT tahunan orang pribadi bila memiliki harta berupa mata uang asing. Bagaimana pelaporan kurs terhadap mata uang asing ini untuk setiap tahunnya berubah ikut kurs menkeukah?. Sebagao catatan : nilai uang tidak bergerak sama sekali.

Christina
Christina
Reply to  admin
Mei 31, 2021 10:28 am

Apakah nilai kurs harus selalu diganti setiap tahun? Walaupun perolehan valuta asingnya sudah lama dan saldo tidak bergerak?. Bila berubah setiap tahun bukankah akan berpengaruh pada nilai harta setiap tahunnya?

rimavt
rimavt
Mei 27, 2021 9:32 am

om kalo gaji dibawah 4,5 jt.kan gak kena pph 21. kalo thr nya di atas 4,5 jt tapi gajinya di bawah. itu kena pph 21 gak om ?

rimavt
rimavt
Reply to  admin
Mei 28, 2021 3:26 am

gajinya kan rp.4juta. thrnya dapat gaji 2 bulan atau 8jt. itu masuk pph 21 om thrnya ?

rimavt
rimavt
Reply to  admin
Juni 3, 2021 8:55 am

Ummmmm . oke trima kasih om

Ghani
Ghani
Mei 27, 2021 7:36 am

Om, izin tanya. saya mau lapor SPT masa PPh 21 bulan Mei 2021 di e-filling, tapi kenapa tidak bisa lapor, padahal: 1. file csv di e-spt sudah benar, yaitu utk masa bulan Mei 2021. 2. lampiran file pdf sudah benar. saat klik start upload, muncul notif “Maaf, upload tidak dapat dilanjutkan. SPT yang anda laporkan melebihi masa/ bulan saat ini sehingga tidak dapat di terima” Pertanyaan: Kenapa bisa gitu ya om? apakah sistemnya tidak bisa menerima SPT masa yg dilaporkan di bulan berjalan? atau mungkin karena ini masih belum masuk masa Mei, sehingga 1 Juni besok baru bisa dilaporkan? mohon… Read more »

rimavt
rimavt
Reply to  Ghani
Mei 28, 2021 3:25 am

maaf bantu jawab..

spt masa bulan mei di laporkan pada bulan berikutnya atau bulan juni

rimavt
rimavt
Mei 27, 2021 7:23 am

halo om . mo tanya lagi dong
. kan perusahan kami ada pembelian pembelian bahan baku pada HPP. trus dapat surat dari kantor pajak yang mana terdapat selisih antara jumlah pembelian spt dan perolehan spt masa ppn. tru ada indikasi buat bayar 25%.

itu gimna ya om buat blas surat itu ? kami sudah bayar ppn

rimavt
rimavt
Reply to  admin
Mei 28, 2021 3:23 am

itu gimana ya om sampai ada indikasi kurang bayar sebanyak 25% dari jumlah pembelian di spt? apakah itu denda ?

putri
putri
Mei 27, 2021 7:10 am

om mau tanya, kala klien mau bayat pajaknya sendiri kode seri nya berapa ya

moch zainuddin
moch zainuddin
Mei 27, 2021 6:01 am

adakah dasar pasal tentang pemotongan upah kerja ( PPh ) 6 %

roland makmur
roland makmur
Mei 26, 2021 4:42 pm

Numpang nanya om , gak banyak cuma beberapa ko hehehhe 1. Bila kita buat perusahaan luar negeri namun beroperasi di indonesia (kantor,karyawan) namun kegiatan usahanya di luar negeri dikenakan pajak apa? contoh : saya buat LLC di amerika , seluruh konsumen dari amerika, namun kantor nya di indo seluruh kegiatan manajemen,karyawan dll di indo .. itu masuk ke tax mana? supaya tidak double tax .. 2. Bila saya mempunyai akun youtube dan berpenghasilan yang saya googling kita dikenakan pajak penghasilan seperti biasa , tidak dapat Tarif PPh Final UMKM 0,5% .. lalu kalau saya bikin badan usaha misalnya PT bisa… Read more »

roland makmur
roland makmur
Reply to  admin
Mei 28, 2021 9:20 am

PT perseorangan hasil dari UU baru cipta kerja kalo gak salah diatur PP no 8 / 2021 .. pengurus nya cuma 1 orang , didirikan 1 orang .. tapi belum jelas kalau pembagian deviden gmn cara kerja nya , kan biasa melalui RUPS dulu , nah ini RUPS 1 orang gmn pelaksanaan nya , apa di lewat saja rups nya tapi di maksukan ke laporan keuangan .. atau gmn .. belum banyak yang bahas dengan detail PT Perseorangan ini ..

Putri
Putri
Mei 26, 2021 12:06 pm

Apakah seseorang yang telah memiliki penghasilan (objek) wajib melaporkan SPT dan menjadi wajib pajak, walaupun penghasilannya Kurang dari 2jt? Mohon penjelasannya om 🙏

Evi
Evi
Mei 26, 2021 8:49 am

Saya mau tnya om,
Jika suatu perusahaan meminjam uang ke bank jangka waktu 3 tahun dgn nominal 1,5M untuk tambahan modal.
Pinjaman trsebut tidak di ambil sekaligus,smisal tahun ini ambil 500 juta lalu tahun berikutnya 300 juta. Maka pinjaman uang trsebut di akhir tahun dalam pelaporan spt tahunan, harus di laporkan sebagai aset atau hutang ?
Bgaimana cara pelaporan pajakx ?
Terimakasih🙏

Hendri
Hendri
Mei 26, 2021 4:25 am

Hallo Om, saya pernah mendirikan sebuah perush di thn 2015 dan bangkrut karena penipuan dan tagihan tak terbayar. Sy selaku direktur utama dan perush ini sudah tak aktif sekitar 2 thn. Tiba2 org pajak dtg ke rumah dan kasih surat pajak untuk melakukan pemeriksaan pajak. Pembukuuan sudah tidak ada lagi dan sy sudah bangkrut dan tak mgkn bayar tagihan pajak tsb. Gimana sarannya om?

lis
lis
Mei 26, 2021 3:42 am

halo om, Raul Novel menanggung
ibunya yang sudah pensiun (pensiunan PNS) dan seorang adik yang masih sekolah di SMK. apakah ibunya masuk dalam ptkp ?

Dodi
Dodi
Mei 26, 2021 1:39 am

Saya punya usaha pribadi di kabupaten yang berbeda, apakah NPWP pribadi harus punya di masing masing kabupaten, karena domisili saya di Sumedang dan sudah punya NPWP pribadi ,lalu di kab Bandung ada usaha pribadi katanya harus buat NPWP lagi di kab Bandung!! Apakah begitu ???

Udin
Udin
Mei 26, 2021 1:00 am

Om saya punya toko sembako.ada pembeli mnta no npwp saya. itu buat apa y tkx

Lenny
Lenny
Mei 25, 2021 8:08 am

Hallo om, apakah kita masuk asuransi, harus kita lapor ke SPT tahunan?saya dgr dari bbrp sumber asuransi itu bukan merupakan objek pajak?

Harris
Harris
Mei 25, 2021 3:55 am

Halo om… saya mau bertanya apakah sewa tanah dan bangunan untuk perkantoran atau ATM di universitas negeri dikenakan pajak PPN dan PPH pasal 4 ayat 2?

ali said
ali said
Reply to  admin
Mei 26, 2021 11:06 pm

kalau konteksnya PNBP bagaimana Om, Perguruan Tinggi menyewakan tempat untuk ATM, apakah dikenakan PPn dan PPh juga?

Fatimah
Fatimah
Mei 24, 2021 2:26 pm

Transfer royalti Rp. 50.000.000 kepada perusahaan textil pemilik merek dagang di Arab Saud. Berapa PPN nya

Fatimah
Fatimah
Mei 24, 2021 2:17 pm

Dian mengelola sebuah perusahaan textil “Wadimor” dan sudah dikukuhkan sebagai PKP sejak tanggal 10 Juni 2000. Ia menggunakan merek dagang “Antum” milik perusahaan textil di Arab Saudi. Hasil produksinya kebanyakan diekspor ke negara-negara timur tengah, dan sebagiannya lagi dijual didalam daerah pabean. Dalam bulan Juni 2017 dapat dicatat beberapa kegiatan sebagai berikut : Transfer royalti Rp. 50.000.000 kepada perusahaan textil pemilik merek dagang di Arab Saudi Salah satu unit gedung tempat kegiatan usaha yang dibangun sendiri dijual dengan harga Rp. 7.000.000.000 gedung tersebut dibangun di tahun 2001 seluas 360 m2 dengan biaya Rp. 2.000.000.000 termasuk PPN atas pembelian material Rp.… Read more »

AGY
AGY
Reply to  admin
Juni 8, 2022 12:55 pm

bkn ini pertanyaan diskusi cuma bingung gmn cara perhitungannya bisa dibantu om pipa

Om Pimpa
Editor
Reply to  AGY
Juni 9, 2022 5:30 pm

om hanya bisa menyemangati

vina
vina
Mei 24, 2021 11:02 am

“Transfer royalti Rp. 50.000.000 kepada perusahaan textil pemilik merek dagang di Arab Saudi”, PPN yang terutang dan wajib disetor atas setiap transaksi tersebut gimana ya pak?

Antika
Antika
Mei 24, 2021 2:47 am

Halo.. Saya kesulitan untuk login enofa. Padahal username dan password serta sertifikat digital sudah sesuai. Apakah bis bantu sarannya kawan?

Mahrez
Mahrez
Mei 24, 2021 2:17 am

Pagi om,
jika membeli mebeler misalnya meja siswa sebanyak 20 buah @Rp.350.000 = Rp. 7.000.000 kena pajak tidak om? jika kena berapa %?
terima kasih om

Mahrez
Mahrez
Reply to  admin
Juli 10, 2021 4:54 am

Jenis pajak PPN om, penjualnya dari SIPlah dan pembelinya lembaga (sekolah)

Moses
Moses
Mei 24, 2021 2:01 am

Pagi, saya mau tanya tentang PPN untuk klien luar negeri, saya sebagai konsultan & desainer grafis apakah harus mengenakan PPN kepada klien luar negeri? Terima kasih.

Moses
Moses
Reply to  admin
September 27, 2021 12:32 am

Belum PKP

Om Pimpa
Editor
Reply to  Moses
September 27, 2021 7:50 am

tidak terutang PPN

Moses
Moses
Reply to  Om Pimpa
September 27, 2021 9:39 am

Baik, terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Moses
September 27, 2021 2:12 pm

okay, samasamaaa

Aaaa
Aaaa
Mei 23, 2021 5:08 pm

Halo om mau tanya, misal thn 2018 lapor pajak dgn 1770s, karena 2019 hanya kerja setengah tahun jd penghasilannya jd 60jt (bkn perusahaan di bursa efek & tidak mendapat untung)
Kalau di thn 2019 pakai 1770s, saham akan di hapus di list harta di SPT & mnjd penambahan harta ke kas/bank.
Tetapi mengingat di th 2019 penghasilannya <60jt (dimana hrs pakai 1770ss) di form tersebut hanya ada kolom “jumlah harta” bukan “list harta” jadi tidak bisa mendeclare penjualan saham tsb.
Kalau spt itu bagimana ya om? Baiknya apakah tetap memakai 1770s atau 1770ss?
Terimakasih

Aaa
Aaa
Reply to  admin
Mei 24, 2021 8:24 am

Jadi walaupun pendapatannya(sesuai bukti potong) <60juta, isi spt nya di form 1770s boleh om?

Lulu
Lulu
Mei 23, 2021 7:55 am

Siang om mau tanya, jadi ini saya itu dapat STP dari ppn masa Des 2019 dengan stp bunga 3.183.380 (pembayaran dilakukan pada Maret 2021sebesar 21.200.000)
Nah gimana cara hitungnya ya soalnya bukan 2% lagi, sudah lihat referensi dari 0.99, 0.94 sampai 0.93% tapi tidak pas, jadi kena berapa persen ya ini bunga nya?
Makasih om mohon bantuannya

NA 24
NA 24
Mei 23, 2021 6:47 am

1. Sebuah gedung yang harga perolehannya Rp.500.000.000,00 dan masa manfaatnya 20 tahun. Hitunglah besarnya biaya penyusutan setiap tahunnya jika menggunakan metode: a. Garis lurus b. Saldo menurun 2. Dian mengelola sebuah perusahaan textil “Wadimor” dan sudah dikukuhkan sebagai PKP sejak tanggal 10 Juni 2000. Ia menggunakan merek dagang “Antum” milik perusahaan textil di Arab Saudi. Hasil produksinya kebanyakan diekspor ke negara-negara timur tengah, dan sebagiannya lagi dijual didalam daerah pabean. Dalam bulan Juni 2017 dapat dicatat beberapa kegiatan sebagai berikut : Transfer royalti Rp. 50.000.000 kepada perusahaan textil pemilik merek dagang di Arab Saudi Salah satu unit gedung tempat kegiatan… Read more »

qq2211
qq2211
Mei 23, 2021 2:01 am

saya sudah punya npwp tapi tidak pernah lapor spt tahunan lagi sejak 10 tahun yg lalu karena tidak ada pekerjaan tetap selama itu.. bulan kemarin ibu saya (usia sudah 76 tahun) membelikan rumah atas nama saya dari uang tabungan nya… kalau misalkan nanti rumah tersebut mau dijual kembali,kata notaris, saya harus beresin dulu npwp saya.. apa yang harus saya lakukan skrg ? bisa dibantu prosesnya ?

Bayu
Bayu
Mei 22, 2021 1:55 pm

Costumer saya menghendaki PPn atas barang yg dibeli dari CV saya.. Tapi CV saya belum PKP.. Karena belum memenuhi persyaratan dlam hal minimal omzet..
Langkah selanjutnya bagaimana

Bayu
Bayu
Reply to  admin
Mei 25, 2021 5:54 am

Syarat dokumen jd PKP apa ya

Addin
Addin
Mei 22, 2021 8:09 am

selamat sore, mau bertanya
saya masih bingung dengan tata cara pelaporan PPh OP pengusaha yang omzetnya kurang dari Rp4,8 Milyar. untuk yang memilih dikenakan PP 23 tahun 2018 sudah tertera diperaturan tersebut, namun untuk yang memilih dikenakan tarif sesuai pasal 17 saya masih bingung bagaimana tata cara penyetorannya. saya coba cari tentang tata cara penyetoran PPh tarif pasal 17 hanya diperuntukkan untuk WP-OPPT dan WP-OPSPT. yang mau saya tanyakan bagaimana tata cara penyetoran PPh OP pengusaha ddg omzet kurang dr Rp4,8 M jika memilih dikenakan tarif pasal 17?

Alfred
Alfred
Mei 22, 2021 3:11 am

Saya mau tanya, ibu kandung saya sudah tinggal di Amerika dan berganti warna negara sejak 20 tahun lalu. Saat ini mamah saya masih hidup namun ingin membagi warisan kepada saya dan kakak saya yang memiliki warga negara Indonesia. Setau saya kalau warisan dari orangtua kandung ke anak yang sama-sama WNI kan dibebaskan pajak bila memang orangtua saya tidak memiliki hutang pajak kepemerintah. Pertanyaan saya, apakah hibah atau warisan dari mamah saya akan dikenakan pajak oleh pemerintah Indonesia karena status mamah saya yang berwarga negara Amerika saat ini? Bila kena, pajak apa yang dikenakan pemerintah Indonesia & berapa besar pajak yang… Read more »

Alfred
Alfred
Reply to  admin
Mei 24, 2021 8:16 am

Bukan tanah atau bangunan tapi dalam bentuk uang tunai. Sedangkan penerima warisan atau hibah itu saya dan kakak saya (dua anak kandung dari mamah saya).

Jadi rencana uang tunai tersebut akan di transfer mamah saya dari rekening bank nya di Amerika ke rekening Bank saya & kakak saya di Indonesia nanti. Terima kasih

Alfred
Alfred
Reply to  admin
Mei 25, 2021 10:16 am

Benar, Indonesia

Alfred
Alfred
Reply to  admin
Mei 27, 2021 5:15 am

Baik, terima kasih

Moses
Moses
Mei 21, 2021 2:56 pm

Malam, saya mau tanya aturan PPN untuk klien luar negeri bagaimana ya? Saya sebagai konsultan & desainer grafis yang tinggal di Indonesia apakah harus mengenakan PPN untuk klien tersebut?

Muhamad isran
Muhamad isran
Mei 21, 2021 9:20 am

ketika lapor PPh 23 pada ebupot, sampai pada menu kirim hanya loading terus / tidak terkirim

Kha Kha
Kha Kha
Mei 21, 2021 2:15 am

Selamat pagi om,,,

mau bertanya

perusahaan kami bekerjasama dengan perusahaan jasa pengelola perpakiran untuk mengelola parkir kendaraan di perusahaan kami dengan sistem bagi hasil dan ada guaranted fee batas minimum pendapatan,,, pendapatan parkir dikelola oleh jasa pengelola perpakiran tsb dan kami menerima laporan setiap bulannya,, bagaimana ppn / pph yang berlaku dalam kondisi tersebut om..terima kasih

Kha Kha
Kha Kha
Reply to  admin
Mei 24, 2021 9:21 am

ruang lingkup perjanjiannya pihak jasa pengelola bertanggung jawab atas seluruh pembiayaaan investasi diantaranya menyiapkan pengadaan fasilitas, menyiapkan komputerisasi parkir, pemeliharaan, perbaikan dan
penggantian

Kha Kha
Kha Kha
Reply to  Kha Kha
Mei 24, 2021 9:22 am

jasa pengelola perpakirannya

jenny
jenny
Mei 20, 2021 9:39 am

Mohon tanya PT kami kan berdiri Nov 2019, tahun 2020 menerapkan pph final omset atas dasar PP 23 (perusahaan kami sudah ajukan surat keterangan di KWSP di DJP Online dan berakhir di DES 2021), omset pada tahun 2020 tercatat belum melebihi 4,8M. jadi di tahun 2021 apakah kami tetap memakai dasar aturan PP 23 ya walaupun omset tahun 2021 sudah melebihi dari omset 4,8M krn mengingat berdasarkan PP 23 apabila tahun sebelum nya blm melebihi 4,8 M, walaupun tahun 2021 sudah melebihi 4,8 M apakah tetap di buat perhitungan berdasarkan PP 23 yaitu 0,5% dari penghasilan bruto ?

Dewi
Dewi
Mei 20, 2021 9:26 am

izin bertanya, kantor saya status bangunan sewa, kami melakukan renovasi agar bangunan layak digunakan. renovasi dilakukan oleh tukang sendiri. Untuk biaya renovasi tersebut dikenakan pajak apa saja ya? apakah PPN Kegiatan Membangun Sendiri, atau PPh 23?

Dewi
Dewi
Reply to  admin
Mei 20, 2021 10:37 am

Luas bangunan lebih dari 200m.

Siti Hawa D
Siti Hawa D
Mei 20, 2021 5:28 am

hi om, izin bertanya. untuk perhitungan pph pasal 4 ayat 2 jasa konstruksi itu, utk biaya jabatan itu 6% dari bruto dan maksimal 500ribu/bulan betul ya om?
dan apabila hasisl PKP itu 102juta, maka Pajak terhutangnya itu 5% x 50juta + 15% x sisanya.
soalnya partner saya bilang pajak terhutangnya hanya 5% x PKP.
Mohon penjelasannya om, terimakasih.

Nurfaizah
Nurfaizah
Mei 20, 2021 3:15 am

izin bertanya om, saya lagi entry PPh 23 di e bupot pas lagi input bukti setor dan masukin NTPN seharusnya masa pajaknya bulan 4 tetapi palah saya salah entry di bulan 3. terus di bulan 3 sudah saya hapus terus saya entry lagi di bulan 4, tapi kok tetep tidak mau muncul di bulan 4 ya? munculnya masih di bulan 3 terus. mohon solusinya om terima kasih

Nurfaizah
Nurfaizah
Reply to  admin
Mei 20, 2021 5:58 am

masa pajak di bulan 4

Nurfaizah
Nurfaizah
Reply to  admin
Mei 20, 2021 6:06 am

sudah berhasil direkam NTPNnya, tetapi masuknya di masa pajak 3 sedangkan saya entrynya di masa pajak 4

Dwi fitria
Dwi fitria
Mei 20, 2021 3:09 am

Om kalau pph pasal 4 ayat 2 sewa, terus yg menyewakannya gak punya NPWP tetep potong 10% apa 20%? aku disini posisinya penyewa berbentuk badan ya om

Dwi fitria
Dwi fitria
Reply to  admin
Mei 20, 2021 5:23 am

Ok siap
Eh om, pengisian npwp di lampiran bukit pemotongannya berarti isi 00000 ajah ya om?

Dwi fitria
Dwi fitria
Reply to  admin
Mei 20, 2021 10:25 am

Ok siap
Terima kasih ya om 🤗

Anggun
Anggun
Mei 20, 2021 3:06 am

Om mau nanya. Sebelumnya saya dapat fasilitas pengurangan angsuran pph 25.
tetapi saat pelaporan SPT Tahunan 2021 saya melakukan perpanjangan dengan form 1771Y, apakah fasilitas angsuran pph 25 saya masih berlaku atau gimana om?

Dee
Dee
Mei 19, 2021 1:00 pm

Om, kalau kerja di NGO internasional yg pendanaan operasionalnya bukan dari Pemerintah Indonesia, tidak ada slip pajak dari kantor, ini wajib membayar pajak atau tidak ya?

Hayati
Hayati
Mei 19, 2021 12:42 pm

Min, kalo kita ASN terus masukin data logam mulia under 5gr terus hasilnya itu kurang bayar atau lebih bayar? Terus itu gimana nanti? Perlu dimasukan atau ga perlu?

ridho febriadi
ridho febriadi
Mei 19, 2021 11:08 am

Selamat sore om,, saya mau tanyakan sesuatu.mertua saya sudah sering di tagih PPh, padahal beliau tidak bekerja.usahapun hanya sebagai tukang ojek pangkalan dan kadang tukang urut yg pendapatan perbulannya kurang dari Rp 1 juta.saya sudah berusaha ke kantor pajak cabang di kota Cilegon (saya dan mertua tinggal di Cilegon), dan malah dapat penolakan.mohon pencerahan om karna bulan ini mertua saya mendapat surat teguran lagi
Terima kasih sebelumnya

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x