Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
affogato
affogato
April 25, 2022 6:51 am

Apakah istri yang memiliki npwp terpisah boleh meng’klaim PTKP status menikah dengan nilai 4.500.000 ? Jelaskan. Serta PTKP mana saja yang bisa di klaim oleh istri yang memiliki NPWP terpisah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  affogato
April 25, 2022 11:46 am

Sudah jelas jika membaca uu pph, udah dibaca blm?

angel
angel
April 25, 2022 6:34 am

siang om, mau tanya om
cara batalin nota retur faktur pajak keluaran double input & sudah terupload itu bagaimana ya? gabisa dibatalin karna dri pihak cust tidak bs batal lagi.
boleh minta solusi nya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  angel
April 25, 2022 11:45 am

Batalkan oleh pihak yg menerbitkan retur

tin tin
tin tin
April 25, 2022 5:07 am

mau ty om,mohon petunjuk
perusahaan sudah tdk operasiobal sejak thn 2021 alias tutup total tapi npwp masih aktif karna ada pembayaran cicilan spt 25 dari mulai mei 2021 s/d april 2022 utk spt 2019 karna di periksa pajak.
pertanyaan:
apakah di SPT 2022 sy perlu mencantumkan pembayaran pph 25 di laporan keuangan karna pembayaran tdk melalui rek perusahaan karna sudah tutup total.
apa sy gak usah catat lagi, diabaikan saja .
kalau masih perlu di catat bagaimana jurnalnya.
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  tin tin
April 25, 2022 11:45 am

ga ditulis di spt gpp

Alam
Alam
April 25, 2022 3:30 am

Selamat siang,
Jadi saya menyewakan ruangan untuk kantor kepada sebuah perusahaan dengan nama sebuah brand, namun saya belum memiliki badan usaha dan secara otomatis tidak terdaftar di kantor pajak atas nama brand tersebut.

Apakah pada saat dilakukan pembayaran dari penyewa kepada saya perlu dibebankan PPN? apabila iya kemana dan atas nama siapa PPN ini nanti dilaporkan?

atau pembayaran pajaknya nanti akan berstatus Pajak Penghasilan yang dibebankan kepada pemilik seperti layaknya penyedia sewa kos / kontrakan pada umum nya?

Mohon dibantu mencarikan solusi terbaik terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Alam
April 25, 2022 11:44 am

jika perorangan non PKP, tdk memunggut PPN, di sisi yg menyewakan akan diakui sebagai penghasilan bersifat final dan dipotong pajak final oleh Badan yg menyewa

Rindy
Rindy
April 25, 2022 2:26 am

Om ijin tanya om. Cara mengatasi ETAX-30005: Error objek mappingKODE_DOKUMEN_PENDUKUNG salah, nilai:”1″ di EtaxInvoice 3.2 bagaimana ya ?
Soalnya dulu waktu EtaxInvoice 3.1 juga pakai format itu, tapi kok di 3.2 tidak bisa ya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindy
April 25, 2022 11:43 am

cek kembali dokumen yg diimport dan lakukan import ulang

Tata
Tata
April 24, 2022 5:11 pm

Malem om inin nanya kalau nilai perusahaan , laba , dana pajaknya tinggi itu bagaimana yah ke perencanaan pajaknya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tata
April 25, 2022 11:43 am

tergantung detailnya sperti apa, penjelasannya panjang dan gbsa dibahas disini

Susi
Susi
April 24, 2022 2:31 pm

Malam om… Mau tanya om, misalnya perusahaañ baru berdiri 2019 lalu baru Ada gajian diatas ptkp tahun 2021 bulan September lalu perusahaan membayar pph 21 nya tapi pada saat pegawai melapor pph 21 nya Ada lebih bayar Dan langsung diintrogasi pihak pajak. Lalu bagaimana perusahaan memperbaiki pph 21 yang telah di bayar tersebut apakah perlu melakukan pembetulan pada bulan September 2021 tersebut agar tidak Ada lebih bayar di perusahaan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Susi
April 25, 2022 11:41 am

melakukan pembetulan dan dikompensasikan ke Masa lain

Tatavi
Tatavi
April 24, 2022 1:42 pm

Sore omm mau nanya. kalo nilai perusahaan tinggi , pajak tinggi , laba tinggi bagaimana perencanaan pajaknya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tatavi
April 25, 2022 11:40 am

tergantung detailnya sperti apa, penjelasannya panjang dan gbsa dibahas disini

Hasan
Hasan
April 24, 2022 1:03 pm

Halo om, mau nanya
kalau soal pph 21, dosen tetap yang menerima gaji pokok, sertifikasi dosen, tunjangan berupa uang, dan honor karena mnegajar dikampus cabang, itu perhitungannya bagaimana om ? Apakah tetap menggunakan perhitungan PPh 21 pegawai tetap atau antara gaji pokok dan honor dipisah ? Terimakasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hasan
April 25, 2022 11:40 am

Silahkan cek PER 16 PJ 2016

Hasan
Hasan
April 24, 2022 12:58 pm

Halo om, mau nanya.
Kalo dosen tetap yang menerima gaji pokok, sertifikasi dosen, tunjangan berupa uang, dan honor karena mengajar di kampus cabang, perhitungan pph 21 nya gimana om ? apakah seperti menghitung pph 21 pegawai tetap biasa ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hasan
April 25, 2022 11:40 am

ya bsa saja, cek PER 16 PJ 2016

Hasan
Hasan
Reply to  Om Pimpa
April 29, 2022 3:21 am

Jadi honor masuk perhitungan dengan gaji ya om ? Tidak dihitung Pph 21 sendiri ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hasan
April 30, 2022 9:08 am

Iya silahkan dibuka contoh hitungannya di per 16

Hasan
Hasan
Reply to  Om Pimpa
April 30, 2022 9:27 am

Soal yg sama persis di per 16 tentang dokter om, tapi beliau ada jasa medis dan dihitung sebagai pph 21 bukan pegawai. Jadi WP memiliki 2 objek pajak, pegawai tetap dan bukan pegawai. Bolehkah 1 WP dihitunf 2 objek pajak om?
Honor bagi dosen tetap dihitung tunjangan tidak teratur atau honor biasa om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hasan
Mei 5, 2022 8:58 am

Semakin banyak jenis penghasilan ya akan semakin banyak dikenakan pajaknya, masing2 jenis akan ada cara hitungannya masing2

Hasan
Hasan
Reply to  Om Pimpa
Mei 12, 2022 11:56 am

Baik om, jadi ini dihitungnya PPh 21 atas Gaji pokok, dan PPh 21 atas honor ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hasan
Mei 13, 2022 12:20 pm

betul

Mulyadi
Mulyadi
April 24, 2022 5:48 am

Siang Om, mau nanya tentang PPh 21, jika penghasilan bersih sebesar Rp1.000 setelah dikurangi PTKP, apakah PPh 21 nya disetorkan juga?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mulyadi
April 24, 2022 12:21 pm

Cek per 16 tahun 2016

Mona
Mona
April 24, 2022 1:35 am

– Pagi om, saya bingung terkait pemotongan jasa konstruksi PPh 23 dan PPh Final. Kemarin sempat baca kalau perusahaan yang belum mempunyai SBU/SIUJK kena PPh 23, sedangkan yg sudah punya maka kena PPh Final.

– kalau perusahaan konstruksi ad IUJK dari OSS dengan status Lampiran Ijin Usaha yang Belum Memenuhi Komitmen/Tidak Efektif, tidak punga SBU, itu dikenakan PPh 4 (2) atau PPh 23 ya om? Terimakasih Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mona
April 24, 2022 12:24 pm

Masih tergantung lagi dari apa yg dikerjakan

Mona
Mona
Reply to  Om Pimpa
April 24, 2022 1:07 pm

Pekerjaanya memang di bagian konstruksi om, seperti renovasi bangunan dan membangun bangunan dari 0…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mona
April 25, 2022 11:40 am

iya kena final konstruksi

Rsadtyaulia
Rsadtyaulia
April 24, 2022 1:17 am

Om mau nanya dong, kalo soal seperti dibawah ini bagaimana cara mengerjakannya yaa?
PT Maju terus memberikan pekerjaan dekorasi gedung secaraborongan kepada Ali dengan upah Rp12.000.000,00 Ali mempergunakan 3 orang tenaga buruh dengan mendapat upah harian untuk 3 orang buruh tersebut, selama melakukan pekerjaan Ali mengeluarkan upah untuk kelima orang upah harian tersebut sebesar Rp5.000.000,00
Berapa PPh Pasal 21
1. Atas upah yang diperoleh saudara Ali, dan
2. Hitunglah PPh Pasal 21 yang ditanggung Pemerimtah atas 3 orang buruh tersebut.
3. Upah yang diperoleh ke 3 orang buruh tersebut ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rsadtyaulia
April 24, 2022 12:24 pm

Cek per 16 tahun 2016, terdapat contoh perhitungan PPh 21

Agumon
Agumon
April 23, 2022 11:54 pm

Pagi om pimpa..izin bertanya
Kalau terjadi transaksi jual beli tanah thn 2018, blm bayar pph bphtb, tp ajb terbit, setelah naik sertipikat ada cap pph bphtb terutang..
Brp pph yg harus d bayar pembeli bilamana penjual sudah tdk bs d hubungi? Apa ada rumusnya? Kondisi saat jual beli 2018 masih tanah kosong, kemudian d bangun oleh pembeli. Terima kasih om

Last edited 3 months ago by Agumon
Om Pimpa
Editor
Reply to  Agumon
April 24, 2022 12:21 pm

PPh final 2.5%

Rara
Rara
April 23, 2022 6:13 pm

hallo om, saya mau tanya kalo wajib pajak badan nya mengalami kerugian tetapi perusahaannya masih baru berdiri 2 tahun apakah saya melaporkan pajaknya nihil atau harus membuatkan kerugian fiksal nya ? kalo mislkan saya bikin nihil tpi penghasilan neto fiksal nya minus apakah boleh ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rara
April 24, 2022 12:16 pm

membuat laporan sesuai kondisi realnya, cek kembali tarif pajak yg yg digunakan (normal/final)

Rara
Rara
Reply to  Om Pimpa
April 24, 2022 2:10 pm

tarif pajaknya normal om, tadi saya lapor saja dengan kedaan nihil namun neto fiksalnya minus dan data sesuai dengan laporan keuangan, apakah boleh ? mohon penjelasannya om jikalau tidak saya akan mengajukan pembetulan

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rara
April 25, 2022 11:40 am

ya bole saja minus dan dapat dikompesasikan kerugiannya

rimaVT
rimaVT
April 23, 2022 9:04 am

halo om, salam sehat.. om mau nanya dong
perusahaan 2019 ada kerjaan, 2020 nihil, 2021 nihil..
yg saya mau tanya,

  1. apakah laporan neraca tahun 2020 dan 2021 sama ?
  2. apakah jual uang di neraca harus ikut pps ? terima kasih
Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
April 24, 2022 12:13 pm

1. iya bsa aja sama kalo memang tdk pergerakan laba/rugi
2. jual uang maksdnya?

rimaVT
rimaVT
Reply to  Om Pimpa
April 25, 2022 3:18 am
  1. mksud saya jumlah uang di kas dan bank neraca, apa harus ikut pps ?

mkasi om

Om Pimpa
Editor
Reply to  rimaVT
April 25, 2022 11:43 am

jika sudh dilaporkan pada SPT Tahunan, maka tdk pelu ikut PPS lagi

Bryan
Bryan
April 23, 2022 6:47 am

Nanya Om, Status istri dan suami berkerja. Tahun lalu istri mendapatkan beasiswa ke hongkong melanjutkan studi, disana istri selain mendapatkan beasiswa penuh juga memiliki penghasilan tambahan dari mengajar. Tahun ini suami akan mengajukan resign dari pekerjaan dan mengadu nasib di hongkong. (Keterangan : NPWP suami dan Istri di gabung, Pendapatan hanya dari gaji) Pertanyaan: Apabila suami sampai di hongkong di bulan Juli dan berkerja menetap di hongkong, apakah dia perlu melaporkan SPT di 2023? apabila iya, apakah perlu memasukkan pendapatannya di hongkong? atau hanya pendapatan Selama di Indonesia, sebelum keberangkatan? Apabila suami istri tersebut menetap lebih dari 6 bulan di… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bryan
April 24, 2022 12:14 pm

1. menyelesaikan perpajakan thn 2022 atas penghasilan dari Indonesia dan melaporkan SPT 2022 pd thn 2023
2. ya, mengajukan non efektif

Leo
Leo
April 23, 2022 4:16 am

Om saya mau tanya, saya pernah bekerja diluar negri selama 12 tahun, saat itu saya sempat membeli rumah ( KPR ) atas nama kakak saya ( karena saya tidak bisa balik ), kalau saya mau menganti nama rumah saya, apakah saya akan dikenakan pajak ataupun SPT ? Sepulang dari sana saya sempat nganggur 4 tahun.. mohon pencerahannya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Leo
April 23, 2022 2:01 pm

jika saat ini berdomisili di Indonesia dan penghasilan tdk melebihi PTKP tdk wajib menyampaikan SPT Tahunan.
di sisi lain jika ada pengalihan tanah bangunan akan ada pph finalnya

Leo
Leo
Reply to  Om Pimpa
April 23, 2022 2:57 pm

Wakut saya nganggur saya tidak buat NPWP, sekarang saya baru buat NPWP karena sudah bekerja.
Kalau masalah aset berupa rumah yang sudah dibeli, saya mau ganti nama saya, bakal kena pph final, maksudnya gimana ya om? Pph final itu dihitung darimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Leo
April 24, 2022 12:16 pm

pph final atas pengalihan tanah dan bangunan (2,5%)

NovitaCh
NovitaCh
April 23, 2022 3:36 am

Om, ijin minta pencerahan.
Tarif pajak apa yg akan dikenakan atas transaksi:
1. Jika perusahaan memberikan komisi kepada perorangan bukan karyawan?
2. Jika perusahaan menggunakan jasa profesional konsultan?
3. Sewa gedung kantor?
Saya bingung antara pph 21 dan pph 23 soalnya om. Terima kasih sebelumnya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  NovitaCh
April 23, 2022 2:00 pm

1. PPh 21
2. jika jasa konsultannya perorangan pph 21, jika berbentuk badan maka pph 23
3. PPh 4(2) atas sewa

ali
ali
April 22, 2022 1:25 pm

bagaimana perlakuan DP maret dan faktur pajak pelunasan di april, jika dibuat DPP dan ppn nya 11 % otomatis selisih di piutang nya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ali
April 23, 2022 1:59 pm

Bisa disesuaikan sendiri saat entry datanya

ali
ali
Reply to  Om Pimpa
April 24, 2022 2:00 am

muncul di faktur pajak selisih ppn dari 10% jumlah nya, jika DPP pelunasan di kali 11% tidak sama PPn nya, itu tidak apa apa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ali
April 24, 2022 12:24 pm

ya memang PPN nya tdk sama

Nai
Nai
April 22, 2022 10:24 am

Om tanya dong, sy bekerja di perusahaan yg bekerja sm dengan lembaga sekolah smk/sma negeri dan otomatis karena negeri sekolah tsb dibwh naungan dinas pemerintah provinsi.. ketika sekolah A melakukan kerjasama dengan perusahaan sy yaitu menggaji karyawan outsourcing di sekolah tsb.. maka dilakukan penyetoran pph pasal 23 dengan penyetor dan pemungut yaitu dinas pendidikan provinsi.. Nah disini apakah saya selaku rekanan wajib meminta bukti potong dan melaporkannya? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nai
April 23, 2022 5:14 am

jika dipotong, bisa minta bukti potong dan dapat dilaporkan sebagai kredit pajak di SPT Tahunan

Lia
Lia
April 22, 2022 7:57 am

Tanya om
Jadi gini saya habis bikin faktur keluaran kawasan berikat udah saya posting dan ternnyata ada perubahan harga. Apakah bisa bikin faktur pengganti om? Meinggat doumen bc 4.0 nya juga udah ngga bisa direvisi. Dan kalau bisa jumlah di fk sama di dokumen bc nya berbeda apa ngga masalah om?🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lia
April 23, 2022 5:14 am

membuat faktur pengganti, jika dokumen pendukung tdk bsa digunakan maka dapat menghubungi KPP terdaftar

ali
ali
April 22, 2022 4:20 am

saya mau bertanya dimana ada downpayment di bulan maret dengan ppn 10%
DPP DP 9.090.909
PPN DP 909.091

pada saat april ppn sudah jadi 11% dimana invoice jadi
DPP 17.117.117
PPN 1.882.883

pada saat pembuatan faktur pajak pelunasan
DPP 17.117.117 – 9.090.909
DPP 8.026.208
PPN 882.882

dimana ini ada selisih piutang karena ppn nya selisih 90.910?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ali
April 23, 2022 5:14 am

Bisa disesuaikan sendiri saat entry datanya

Lina
Lina
April 22, 2022 3:57 am

Edit

Last edited 3 months ago by Lina
Om Pimpa
Editor
Reply to  Lina
April 23, 2022 5:16 am

ya?

Justina
Justina
April 22, 2022 2:28 am

Om bantu jawab ya. Teman saya ada kerja di 2 tempat. di PT A dia menerima gaji dan PPh nya jg di potong, dan dia menerima bukti Potong Pph 21. Di PT B krn ada case besar yang belum bisa dia selesaikan jadi gajinya di tahan oleh Perusahaan, namun PPhnya ttp di potong dan PT B jg ada kasi bukti Potong PPh 21, Pada saat pelaporan tahunan pajak orang pribadi, dia hanya lapor atas penghasilan dari PT A, sedangkan yg dari PT B tidak krn gaji dari PT B mmng dia tdk ada diterima. apakah dia hrs pemebetulan lapor SPT… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Justina
April 23, 2022 5:14 am

melaporkan semua gaji yg diterima, jika thn yg akan datang baru diterima maka dapat melakukan pembetulan dan membayar kurang bayarnya

Misba
Misba
April 22, 2022 1:50 am

Klo salah buat kode saat pembuatan faktur keluaran yg harusnya 02 tebuat 01 pdhal ppn sdh d setor bln april baru tau klo salah kode aku buat faktur pengganti ternyata salah lg lalu aku buat faktur batal, jd bagaimana ya dgn faktur pajak saya yg bln maret itu krn klo saya input ulang d bln april ppn nya kena 11% sedangkan faktur itu d bln maret yg ppn nya msh 10% dan sdh saya setorkan

Om Pimpa
Editor
Reply to  Misba
April 23, 2022 5:12 am

melakukan pembetulan dan membuat faktur di masa Maret

Ave
Ave
April 21, 2022 1:35 pm

Apakah perusahaan perseroan yang menggunakan insentif pp23 tahun 2018 wajib membuat jurnal deferred tax?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ave
April 23, 2022 2:00 pm

tidak wajib

jemi
jemi
April 21, 2022 10:15 am

Mau tanya Om, sehubungan PER 03/2022, perusahaan kami terdaftar di Bea cukai menggunakan NPWP Pusat. Jika kami melakukan transaksi dengan perusahaan penumpukan petikemas, perusahaan depo lift off container impor, sedangkan barang dikirim oleh perusahaan angkutan ke NPWP cabang, bagaimana perlakuannya. Sebab perusahaan penumpukan petikemas dan perusahaan depo lift off container impor tidak berhubungan/terkait dengan proses pengimana BKP/JKP. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  jemi
April 21, 2022 12:32 pm

Msh sedang om pelajari lg aturan terbarunya

Artika
Artika
April 21, 2022 9:43 am

om ada contoh laporan laba rugi – neraca nihil kah untuk pelaporan pajak? perusahaannya berdiri tahun lalu tapi belum beroperasional sampai saat ini

Om Pimpa
Editor
Reply to  Artika
April 21, 2022 12:32 pm

Googling aja bos

Lina
Lina
April 21, 2022 8:08 am

halo om, mau tanya. saya selaku karyawan perusahaan jasa, lupa memotong pajak supplier yg menawarkan jasa jg (jasa internet). supplier tersebut juga tidak ada komplain mengenai hal tsb. krn sebelomnya mreka memberikan surat bebas pajak, tapi saya lupa mengecek tahunnya. harusnya habis per 2020. jadi selama 10 bulan 2021 sy tidak potong pajaknya. itu bagaimana solusi nya ya om? terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lina
April 21, 2022 12:32 pm

memotong pajak atas jasa tersebut

Lina
Lina
Reply to  Om Pimpa
April 22, 2022 4:00 am

Apakah akan kena denda om? Jadi potong pajak selama 10 bulan yg blm terpotong gt ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lina
April 23, 2022 5:13 am

melakukan pembetulan dan membuat faktur di masa Maret

candri
candri
April 21, 2022 7:31 am

OM, saya mau tanya faktur pajak penganti kode 070. kok tidak bisa di uplaod ? keterangannya no sppb bc sudah digunakan. contoh masalah. saya buka FP Duit muka (DP) 50jt tgl 1 april. lalu ada pemberitahuan alamat baru tgl 16 april, saya buka FP pelunasan 50jt , menjelang saya mencari cara pengantian alamat faktur pajak yg tgl 1. pas sudah ketemu caranya untuk revisi FP DP , pas mau diuplaod gagal rejeck alasan no sppb sudah pernah digunakan. tax100027 saya coba revisi pengantian pelunasan tapi gak di uplaod agar DP bisa diuplaod, hasilnya sama gagal pak. lalu saya coba mengabungkan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  candri
April 21, 2022 12:33 pm

silahkan hubungi KPP terdaftar mengenail hal tersebut

Janna
Janna
April 21, 2022 7:28 am

Halo om mau nanya, kalo bayar setoran pajak di kantor pos trs ada tanda terimanya nah itu bisa masuk ke pajak masukan yang dapat dikreditkan ga om di formulir ppn 1111 B2?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Janna
April 21, 2022 12:32 pm

Atas transaksi apa?

Janna
Janna
Reply to  Om Pimpa
April 21, 2022 1:01 pm

Penyetoran ppn dalam negeri om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Janna
April 23, 2022 5:11 am

Transaksi apa?

wibowo
wibowo
April 21, 2022 7:03 am

Mohon info kalau biaya komunikasi yg diberikan berupa uang apakah dikenakan pph 21

Om Pimpa
Editor
Reply to  wibowo
April 21, 2022 12:31 pm

Tunjangan berbentuk uang masuk objek pph 21

David Sitanggang
David Sitanggang
April 21, 2022 4:41 am

hallo om mau tanya, saya baca pengumuman bahwa skrg faktur di upload paling lama tgl 15 di masa pajak berikutnya, jika lewat dari tgl tersebut tidak akan diakui oleh dirjen pajak. yg mau saya tanyai om jika ingin menerbitkan faktur pengganti melebihi tgl 15 tersebut apa bisa di upload om?

Sulthon
Sulthon
Reply to  David Sitanggang
April 21, 2022 4:52 am

kalau membuat faktur pengganti kan berarti batas uploadnya jadi tgl 15 masa pajak berikutnya setelah faktur pengganti dibuat. senangkep saya begitu, mohon koreksinya

david
david
Reply to  Sulthon
April 21, 2022 5:05 am

faktur pajak penggantinya tetep pakai tgl transaksi nota om, jadi saya bingung bakal bisa di approve apa kaga

Om Pimpa
Editor
Reply to  david
April 21, 2022 12:30 pm

Dicoba saja dl

Sulthon
Sulthon
Reply to  david
April 27, 2022 5:26 am

kalau di kalimatnya sih “…diunggah (di-upload) dalam jangka waktu paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya setelah tanggal pembuatan e-Faktur” dikatakan setelah tanggal pembuatan efaktur, bukan setelah tanggal fakturnya, tapi gatau ya, coba dulu aja CMIIW

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulthon
April 28, 2022 1:21 am

iya dan berlaku mulai april

priver
priver
April 21, 2022 3:09 am

mau tanya untuk jasa pengurusan transportasi sebelumnya detail transaksi nya 040 lalu apakah pada bulan april 2022 berubah menjadi 050?

Om Pimpa
Editor
Reply to  priver
April 21, 2022 12:31 pm

040

priver
priver
Reply to  Om Pimpa
April 22, 2022 1:30 am

jadi tidak berubah ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  priver
April 23, 2022 5:10 am

tidak

Om icron
Om icron
April 21, 2022 12:37 am

Om, kalau pkp jual emas misal 5.000.000

yang ditagih ke pembeli 5.000.000 + ppn 2,2%
atau 5.000.000 saja?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
April 21, 2022 12:29 pm

nilai jual plus PPN

Jesson
Jesson
April 20, 2022 9:13 pm

Om mau tanya
Saya sebagai penjual menjual ke kawasan berikat
Dmn Fp 070 hrus meng link kan dengan nomor sppb
Fp normal sudah saya batalkan dikarenakan ada kesalahan . Untuk nomor sppb dari pembeli tidak bisa diterbitkan lagi karena tidak bisa backdate dan sesuai barang yg masuk .

Pertanyaan saya :
1. apakah ada solusi untuk pembukaan Fp saya ? Secara no sppb sudah di link di Fp normal yg telah batal . Apakah pihak kpp bisa meng unlink an Fp batal tsb dari no sppb nya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jesson
April 21, 2022 12:26 pm

Silahkan hubungi KPP terdaftar mengenai hal tersebut

Jesson
Jesson
April 20, 2022 3:18 pm

Om saya mau tanya

Saya sebagai penjual menjualkan ke kawasan berikat
Fp yg dibuka 070 dimana harus meng link kan Nomor Sppb
Jd Fp nya sudah saya batalkan karena ada kesalahan

Apakah ada solusi ? Apakah dari pihak kpp bisa meng-unlink kan Fp yg batal tsb dengan no sppb td ?
Krna sppb dibuka apa bila ada penerimaan barang dan waktu itu pun juga sudah lewat (tidak bisa backdate )

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jesson
April 21, 2022 12:23 pm

silahkan hubungi KPP terdaftar mengenai hal tersebut

Melda
Melda
April 20, 2022 2:23 pm

Om mau tanya, saya mau input FP masa bulan 3 ternyata NSFP nya tidak bisa digunakan karna setelah update ke versi 3.2 FP saya hilang yg thn 2021 2022, jadi harus minta NSFP lagi, tapi minta NSFP nya itu tgl 20 april, otomatis baru bisa digunakan setelah tgl permintaan NSFP nya, apakah saya masih bisa input FP yg bulan 3 agar tidak terkena tarif 11% ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Melda
April 21, 2022 12:21 pm

bisa meminta database kepada KPP jika hilang, NSFP sudh tdk terpakai mksdnya? sudh diupload sukses?

Melda
Melda
April 20, 2022 2:03 pm

Om mau tanya, saya kan sudah berhasil update efaktur 3.2, ternyata setelah dibuka, pajak keluaran dan pajak masukan saya yg thn 2021 dan 2022 hilang. Padahal saya harus input FP bulan 3 dan ternyata NSFP nya sudah tidak bisa terpakai, apakah saya akan kena tarif 11% ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Melda
April 21, 2022 12:21 pm

bisa meminta database kepada KPP jika hilang, NSFP sudh tdk terpakai mksdnya? sudh diupload sukses?

Reno
Reno
April 20, 2022 7:20 am

Bagaimana atasi salah masa pajaknya, tapi sudah terbayar pajaknya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Reno
April 20, 2022 1:42 pm

melakukan pemindahbukuan

Reno
Reno
Reply to  Om Pimpa
April 21, 2022 10:59 am

Terima kasih,,,pencerahannya ya Om🙏🙏🙏

nur
nur
April 20, 2022 7:05 am

siang om, mau tanya

Uang muka DP bulan februari dgn ppn 10% nah pelunasan april ini , setalah input dgn total sma namun ppn 11% ketika di preview uang muka DP Berubah, apakah tidak masalah? atau gimana caranya agar uang muka awal sama dengan di fp pelunasan.?

Om Pimpa
Editor
Reply to  nur
April 20, 2022 9:55 pm

Bisa disesuaikan sendiri saat entry datanya

mala
mala
April 20, 2022 6:53 am

om mau tanya dung..menghitung pajak 21 atas THR gimana..apabila penghasilan bruto nya setiap bulan berbeda2..apakah tetap dikali 12 . dan apabila ada kenaikan gaji ditengah2 bulan juga spt. apa.mohon infonya dung om. mksh

Om Pimpa
Editor
Reply to  mala
April 20, 2022 9:57 pm

silahkan cek lampiran per 16 2016 aja, ada contoh detail hitungannya yg bs diambil

mala
mala
Reply to  Om Pimpa
April 25, 2022 7:46 am

om ada link nya gak supaya saya bisa liat lampiran tesebut. mksh.

Om Pimpa
Editor
Reply to  mala
April 25, 2022 11:46 am

search/Googling saja PER 16 PJ 2016

Alana
Alana
April 20, 2022 3:43 am

Selamat pagi, saya mau nanya untuk perusahaan yang omsetnya kurang dari 4,8 milyar untuk perhitungan PPH badan 3 tahun terakhir kan menggunakan PPH Final
Pertanyaan saya untuk tahun ini tetap memakai PPH final atau PPH ps 25 ya?
Lalu kalau omset belum termasuk pengurangan PPN perhitungan PPH ps 25 perlu di kurangi pemotongan pembayaran PPN tidak ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Alana
April 20, 2022 1:37 pm

menggunakan tarif normal, tarif umum pengenaan pajaknya berdasarkan neto fiskal

rahmawati
rahmawati
April 20, 2022 2:46 am

Hallo om, mau tanya mengenai E-Meterai,

pertama: untuk penggunaan e-meterai itu sama seperti meterai tempel, kaya misalnya beli di kantor pos gitu, lalu di tempel ke dokumen,

  • atau nantinya saat pembelian e-meterai ada pajaknya?
  • saya agak bingung maksud dari Bea Meterai itu apa? pajak nya atau meterai yang kita beli, ditakutkan saat penggunaan e-meterai ada biaya pajak yang lain.

kedua :
yang saya tau untuk e-meterai itu hanya untuk dokumen elektronik, jika dokumen tersebut di print apakah nilai kehukumannya masih ada atau seperti apa om?

terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
April 20, 2022 1:37 pm

sama halnya seperti materai tempel, namun e-materai untuk dokumen elektronik, jika diprint bersamaan dengan dokumen terkait untuk filing secara fisik ya bsa aja..penggunaannya akan perlu diintegrasikan dengan aplikasi yg disediakan oleh kpp

Sulthon
Sulthon
April 20, 2022 1:32 am

Halo Om
om mau tanya, baru baru ini kan keluar PER 03 PJ 2022 tentang Faktur Pajak yg salah satu poinnya adalah untuk PKP cabang yang dilakukan Pemusatan PPN, alamat di FP masukannya harus dipisahkan berdasarkan transaksi dengan pusat atau cabang. nah, misal dari pihak supplier keberatan untuk mengganti FP nya, apakah hal tersebut akan berimbas menjadi koreksi fiskal saat pengajuan restitusi? terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulthon
April 20, 2022 1:36 pm

Bisa jadi akan ada resiko masalah, jd baiknya tetap minta dibetulkan dl

jemi
jemi
Reply to  Om Pimpa
April 21, 2022 10:12 am

Mau tanya Om, misalkan transaksi dilakukan dengan perusahaan penumpukan petikemas, yang tidak berhubungan dengan pengiriman BKP/JKP, apakah tetap harus menggunakan NPWP cabang, sedangkan data di Bea Cukai dan perusahaan penumpukan petikemas menggunakan NPWP Pusat. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  jemi
April 21, 2022 12:32 pm

Msh sedang om pelajari lg aturan terbarunya

Lysa
Lysa
April 19, 2022 11:39 pm

Selamat pagi Om, mau bertanya. bagaimana jika ada kesalahan pada alamat pada faktur pajak yang sudah diupload?apa bisa dirubah dan apakah ketika dirubah tanggal pembuatan fakturnya berubah juga?dikarenakan salah satu syarat transaksi adalah tgl faktur harus sama dgn surat jalan. terimakasih banyak.

Last edited 3 months ago by Lysa
Lysa
Lysa
Reply to  Lysa
April 20, 2022 12:16 am

sebelumnya sdh sering melakukan transaksi dgn pihak tsb sehingga data langsung muncul, yang salah ada perubahan dari kode pos pihak pembeli yang sblmnya 15220 sekarang menjadi 15224

Last edited 3 months ago by Lysa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Lysa
April 20, 2022 1:25 pm

bisa membuat faktur pengganti dengan tanggal yg sama

Lysa
Lysa
Reply to  Om Pimpa
April 20, 2022 2:01 pm

trimakasih Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lysa
April 20, 2022 1:25 pm

bisa membuat faktur pengganti dengan tanggal yg sama

sabila
sabila
April 19, 2022 4:57 pm

HALO OM MAU TANYA , APA YANG DILAKUKAKN KP PBB ATAS PERBEDAAN NPOP DAN NJOP?

TERIMAKASIH

Om Pimpa
Editor
Reply to  sabila
April 20, 2022 1:21 pm

silahkan tanyakan kepada yg bersangkutan, karena mengenai hal tersebut tdk dibahas disini

wanda
wanda
April 19, 2022 1:38 pm

Pada bulan Maret 2020, PT Langkah Maju melakukan pembayaran sebesar Rp 75.000.000,- kepada Ir. Affandi, seorang arsitek yang melakukan pekerjaan dan tidak berkesinambungan. Pada bulan Juni 2020, PT Langkah Maju membayar sisa fee kepada Ir. Affandi sebesar Rp 60.000.000,-. Status Ir. Affandi adalah menikah dengan satu orang anak dan memiliki NPWP. Hitunglah PPh pasal 21 dari Ir. Affandi!

Om Pimpa
Editor
Reply to  wanda
April 20, 2022 1:19 pm

semangat yak ngerjain soalnya

wanda
wanda
April 19, 2022 1:38 pm

Prianto Rusyamsi (pegawai tetap) dengan NPWP 06.733.890.1-035.000 berstatus menikah dengan 1 orang anak bekerja di PT Langkah Maju. Setiap bulan, Prianto menerima gaji pokok sebesar Rp 5.500.000,- dan tunjangan sebesar Rp 1.200.000,-. Prianto membayar iuran pension sendiri sebesar Rp 100.000,- per bulan, sedangkan PT Langkah Maju membayar asuransi kecelakaan kerja ke Jamsostek sebesar 1% dan asuransi kematian sebesar 0,3% dari gaji pokok. Hitunglah PPh pasal 21 milik Prianto yang dipotong tiap bulan! 

Om Pimpa
Editor
Reply to  wanda
April 20, 2022 1:19 pm

semangat yak ngerjain soalnya

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x