Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ade
Ade
Maret 10, 2022 7:23 am

Halo, saya mau bertanya mengenai pertauran BC 4.0 yang baru. Untuk Pajak Keluaran menu Dokumen pendukung harus diisi nomor dokument tersebut ya ? dan siapakah yang membuka dokumen tersebut ? apakah pkp yang mengeluarkan faktur pajak? atau perusahaan yang tidak di kenakan pajak tersebut? yang berada di batam ?

Mohon bantuannya ya..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ade
Maret 10, 2022 11:59 am

ya harus mengisi nomor dokumen, mekanismenya silahkan pelajari pada link https://pajakmania.com/sosialisasi-perpajakan/ mengenai IMPLEMENTASI NASIONAL INTEGRATED DOCUMENT PEMASUKAN BKP (BC 4.0) DENGAN
FAKTUR PAJAK 07 PADA KAWASAN BERIKAT

Ave
Ave
Maret 10, 2022 7:20 am

untuk pelaporan pph 21 apakah di djp online hanya csv saja atau perlu melampirkan PDF SPT PPh 21 yang sudah di tanda tangani?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ave
Maret 10, 2022 11:36 am

CSV dan BPN

Erik
Erik
Maret 10, 2022 7:11 am

Siang Om,

Jika PKP kirim barang tanggal 25 Maret,
bolehkah Faktur pajak dibuat sebelum pengiriman?
atau secara aturan harus tanggal 25 Maret?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erik
Maret 10, 2022 11:36 am

bisa

Dan
Dan
Maret 10, 2022 4:49 am

Halo Om Pimpa, saya melakukan kesalahan input data sehingga SPT tahun tahun sebelumnya (2018 ke atas) stok dagang usaha tidak dimasukkan, untuk tahun 2017 ada. Kondisi nilai stok menurun tiap tahun. Sebaiknya apa yang harus dilakukan? Apa masih bisa perbaikan SPT?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dan
Maret 10, 2022 11:36 am

dapat melakukan pembetulan SPT

rere
rere
Maret 10, 2022 2:50 am

Selamat pagi, om. Mau tanya apabila mau melakukan pengadaan pakaian/seragam menggunakan jasa jahit penyedia dan bahan/kainnya juga disediakan oleh penyedia, apakah termasuk pengadaan barang atau pengadaan jasa lainnya? Lalu dikenakan Pajak PPh 22 atau PPh 23? Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  rere
Maret 10, 2022 11:12 am

WP badan atau orang pribadi?
atas jasa jahit, bisa dipotong PPh 23 untuk Badan Usaha ataupun PPh 21 untuk orang pribadi

Herman
Herman
Maret 10, 2022 2:32 am

Selamat Pagi Om, Saya Ingin Bertanya sedikit terkait Pembulatan Pada Faktur Pajak yang mana BKP belum diserahkan tetapi uang muka termasuk Pajak ( 50 % ) dan pelunasan termasuk Pajak (50 % ) telah dibayarkan. Ilustrasi nya : Uang Muka Tgl 1.2.22 : 4.225.500.000 = Dpp 3.841.363.637 + Ppn 384.136.363 Pelunasan Tgl 5.2.22 : 4.225.500.000 = Dpp 3.841.363.637 + Ppn 384.136.363 Bolehkah kami menerbitkan Nota Penagihan Invoice seperti ini mengingat terdapat selisih antara DPP faktur pajak yang diterbitkan sesuai uang terima dan PPN ketika BKP yang diserahkan 100 % Invoice Tgl 26.2.22 : DPP      7.682.727.273 PPN 10 %    … Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Maret 10, 2022 10:53 am

bisaa

Herman
Herman
Reply to  Om Pimpa
Maret 11, 2022 1:46 am

Apakah tidak dipermasalahkan pada saat pemeriksaan oleh fiskus om, berhubung restitusi kami di tiap masa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Maret 11, 2022 10:19 am

tergantung banyak hal, tp kl cm masalah pembulatan umumnya ga ada problem

Cinta
Cinta
Maret 10, 2022 2:17 am

Halo om, mau tanya ni. kalau PT. kita sudah PKP sebagai supplier dan PT. lain PO ke kita dengan nilai pekerjaan 150 juta. Perhitungan PPh dan PPN nya bagaimana yaa om untuk kedua belah pihak?

Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cinta
Maret 10, 2022 10:49 am

PPh atas apa? PPN 10%

Trirahmadi Minsyahnaz
Trirahmadi Minsyahnaz
Maret 9, 2022 3:42 pm

budiyanto (k/2) akan tetapi putri kedua lahir bulan juli 2021. pada tahun 2022 bekerja di pt aman bahagia dengan gaji sebulan rp 8.000.000,00; selain gaji juga menerima tunjangan uang makan sebesar rp 1.000.000 serta tunjangan voucher bensin senilai rp 500.000 dan membayar bpjs ketenagakerjaan sesuai peraturan. budiyanto resign pada bulan februari 2022. berapa pph pasal 21 yang di potong saat resign? Cara menghitungnya bagaimana ya? Mohon bantuannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Trirahmadi Minsyahnaz
Maret 10, 2022 10:48 am

semangat mengerjakannya

Hendra
Hendra
Maret 9, 2022 10:16 am

Saya bekerja sebagai konsultan di lembaga internasional non profit dan lembaga ini berdasarkan peraturan menteri keuangan bukan objek pajak penghasilan sehingga penghasilan saya sebagai konsultan dari lembaga tersebut tidak dipotong pajak. Penghasilan yang saya terima murni untuk renumerasi tidak ada tunjangan lain. Bagaimana pelaporan SPT tahunannya ya? Mohon pencerahannnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hendra
Maret 10, 2022 10:45 am

memperhitungkan penghasilan tersebut dan jika diatas PTKP melakukan penyetoran pajak sendiri

Erik
Erik
Maret 9, 2022 9:15 am

Sore kak,

kalau orang pribadi pakai PP 23 dari 2018, berarti tahun 2025 memakai pembukuan ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erik
Maret 9, 2022 9:29 am

pakai pencatatan juga bisa, namun tdk bsa pakai perhitungan PP 23 karena jangka waktu untuk OP hanya 7 thn

Erik
Erik
Reply to  Om Pimpa
Maret 10, 2022 2:17 am

kalau untuk PT yang sudah tidak pakai PP 23, dilampiran I Espt 1771 Penghasilan Netto Fiskal sudah tidak bisa dibuat 0 ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erik
Maret 10, 2022 10:59 am

tergantung kondisinya tp memang ga akan 0 jg kl ada transaksi

Theo
Theo
Maret 9, 2022 9:13 am

Halo,
1) mau tanya dasar hukum kalau pemeriksaan tuh dasarnya pakai SPT Pembetulan bukan normal apa yah?
2) apa dasar hukumnya kalau PPh pasal 25 yang dapat dikreditkan yaitu PPh Pasal 25 Masa Jan – Des, bukan berdasarkan PPh Pasal 25 yang dibayarkan selama tahun pajak yang bersangkutan (sehingga masa desember tahun sebelumnya juga ikut dikreditkan)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Theo
Maret 9, 2022 9:29 am

1. SPT yg terakhir disampaikan sebelum SP2 diterima WP
2. Sangat jelas di tahun pajaknya

inna
inna
Maret 9, 2022 8:27 am

Halo,
Saya Mau nanya, cara menghilangkan Bacaan ” Dokumen Refrensi” Pada Faktur Pajak gimana ya? Apakah bisa?

WhatsApp Image 2022-03-05 at 11.08.38.jpeg
Om Pimpa
Editor
Reply to  inna
Maret 9, 2022 8:51 am

minta skrinsut di halaman yg isi data faktur, dia ngisinya gmn, ya bs aja itu diubah2

aul
aul
Maret 9, 2022 7:26 am

mau tanya untuk permohoan insentif pajak lapor pajak pp 23 umkm 2021 fianl dtp bagaimana ya prosedur nya? saya di tahun 2020 sudah ada 4 bulan yg sudah di laporkan , sisa nya saya belum laporkan. agar saya bisa laporkan dan manfaatkan insentif pajak nya bagaimana ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  aul
Maret 9, 2022 9:12 am

jawabnya saat ini insentif itu udah ga ada dan ga bs mengajukan untuk masa yg telah lalu

aul
aul
Reply to  Om Pimpa
Maret 9, 2022 9:18 am

jadi sudah tidak bisa digunakan lagi insentif itu? sekarng pakai yang mana ya om? , saya hampir setiap bulan sudah melaporkan realisasi nya di tahun 2020

Om Pimpa
Editor
Reply to  aul
Maret 10, 2022 11:44 am

melakukan setor atas pph terutang

eva
eva
Maret 9, 2022 5:13 am

om mau tanya apakah kotak stempel bag bawah yg menerangkan PPN tidak di pungut berdasarkan PP th 2012 sudah berubah menjadi PP th 2021??? saya punya sudah update versi 3.1 tp stamp masih PP 2012 munculnya…pihak batam biilang nanti tdk bisa di endors…bgmn ini…apakah ada yg mengalamin nya jg ? tolong pencerahannya. terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  eva
Maret 9, 2022 9:13 am

tergantung saat pilih keterangan yg muncul di kode faktur 07 pilihnya yg apa, ada banyak variasi

Sonia
Sonia
Maret 9, 2022 4:13 am

Selamat Siang Om
mau tanya saya mau menerbitkan faktur februari ,tapi saya salah upload ke masa Januari
untuk penyelesaiannya gimana Om.
Apakah harus di batalkan dan pembetulan yang Januari tersebut?
Sama itu apakah faktur pengganti yang belum approved bisa di hapus Om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sonia
Maret 9, 2022 9:13 am

dibatalkan saja, faktur yg belum approved bsa dihapus

dedi
dedi
Maret 9, 2022 3:40 am

siang om, pajak sederhana itu yg bisa terbitkan siapa aja?
saya masih kurang jelas antara faktur pajak sederhana atau faktur pajak yang e faktur,

Om Pimpa
Editor
Reply to  dedi
Maret 9, 2022 8:47 am

udh ga berlaku, istilah itu udah ga ada..yg bener itu digunggung

Arm
Arm
Maret 9, 2022 3:04 am

Cara mengatasi no SPPB sudah pernah digunakan gimana yaa om? Coba dokumen pengganti juga tetep enggk bisa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arm
Maret 9, 2022 8:47 am

hubungi bea cukai dan kpp terdaftar

Rida
Rida
Maret 9, 2022 2:19 am

Pagi om, mau tanya apa mekanisme pelaporan pajak omset dibawah 500jt free pajak apakah sudah ada?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rida
Maret 9, 2022 8:46 am

belum, ditunggu saja rilisnya

Ana
Ana
Maret 8, 2022 10:15 am

Selamat pagi Om Pimpa yang baik, mau tanya terkait claim BPJamsostek JHT. Jadi ceritanya saya baru di PHK dan claim JHT saya (sudah diatas 50 juta), nah pertanyaan saya :
1. Apakah claim yg di transfer ke peserta itu sudah dipotong pajak?
2. Jika iya, dimanakah saya bisa mendapatkan bukti potong pajak tersebut?
3. Jika jawaban nomer 1 belum dipotong pajak, apa yang harus saya lakukan untuk melaksanakan kewajiban pajak saya?

trims

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ana
Maret 8, 2022 4:39 pm

1. Harusnya udah dipotong
2. Ke pihak yg membayarkan

eka
eka
Maret 8, 2022 9:56 am

Om mohon bantuanya untuk menjelaskan apa itu aset pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan

Om Pimpa
Editor
Reply to  eka
Maret 8, 2022 4:39 pm

Bisa digoogling aja kl ini bos

dedi
dedi
Maret 8, 2022 9:30 am

om, mau tanya saya kerja di kantor yg sudah PKP, nah ada custsmer yg mau belanja nah saya kan minta NPWP/KTP untuk penerbitan Faktur pajak , tapi cust nya ngak mau diminta data pribadi tersebut, bagaimana saya menerbitkan fakturnya ya gan,

Om Pimpa
Editor
Reply to  dedi
Maret 8, 2022 4:38 pm

pakai npwp nol atau pakai yg digunggung, sepanjang syarat trpenuhi buat gunggung

dedi
dedi
Reply to  Om Pimpa
Maret 9, 2022 3:41 am

boleh ya om NPWP di Nol kan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dedi
Maret 9, 2022 8:49 am

bisa

Erni
Erni
Reply to  Om Pimpa
Maret 17, 2022 10:56 am

Digunggung itu pengertiannya apa ya?pernah denger tau ga paham artinya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erni
Maret 18, 2022 9:54 am

untuk PKP penjualan eceran/retail tanpa ada identitas pembeli 

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om Pimpa
Maret 18, 2022 10:00 am

beirkut penjelasannya

WhatsApp Image 2022-03-18 at 16.54.20.jpeg
elsa
elsa
Maret 8, 2022 9:14 am

APAKAH KANTOR PEMERINTAH DAN RUMAH DINAS NEGARA KENA PAJAK PBB???

Om Pimpa
Editor
Reply to  elsa
Maret 8, 2022 4:38 pm

Silahkan tanyakan pd daerah terkait, karna pajak daerah tdk dibahas disini

Adi
Adi
Maret 8, 2022 8:43 am

Slmt sore oom, NPWP saya statusnya NE tetapi bln Juli 2021 sy aktifkan kembali, nah rencananya saya akan lapor SPT Pribadi tahunan 2021, pertanyaan saya..apakah saya harus ikut PPS? sedangkan sy baru aktif Juli 2021
Mohon pencerahannya…trm ksh

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adi
Maret 8, 2022 4:37 pm

Kondisi ini tdk trkait dengan PPS

Cicilia
Cicilia
Maret 8, 2022 8:03 am

Om pimpa, kalau setahun 2 perusahaan kan jd 2 bukti potong dan kurang bayar. Tetapi selama kerja di perusahaan sebelumnya kan tiap bulan dipotong pph. Itu gmn ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cicilia
Maret 8, 2022 4:37 pm

kurang bayar adalah hal yg wajar, silahkan setor kekurangannya tersebut
tiap kantor hanya memotong atas gaji yg ada di kantor trsebut, sdangkan di SPT semua digabung, tarif pajak pasal 17 itu progresif, jd ya hasilnya ada Kurang Bayar

Cicilia Emi
Cicilia Emi
Reply to  Om Pimpa
Maret 9, 2022 1:26 am

Tp nilai kurang bayar nya ttp full 5% dari PKP saya. Apa yang selama ini dipotong oleh perusahaan tidak terhitung om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cicilia Emi
Maret 9, 2022 9:14 am

tiap kantor hanya memotong atas gaji yg ada di kantor trsebut, sdangkan di SPT semua digabung, tarif pajak pasal 17 itu progresif, jd ya hasilnya ada Kurang Bayar..tergantung jg ini ngisi SPT nya udah bener blm

ntie
ntie
Maret 8, 2022 6:26 am

om mau tanya

selama ini admin kami salah memasukan ” KAWASAN BEBAS atau ” TEMPAT PENIMBUNAN BERIKAT ” karena diapproval dan pihak pembeli tidak ada komplain jadi faktur tersebut tidak kami betulkan. apakah ada sanksi untuk kedepannya karena salah membuat faktur pajak yang 070.

Om Pimpa
Editor
Reply to  ntie
Maret 8, 2022 4:37 pm

Sanksi denda pasal 14 ayat 4 KUP

Leo
Leo
Maret 8, 2022 5:24 am

Mau tanya Om, perusahaan saya awalnya menyewa ruangan di salah satu gedung, dan alamat pajak tercatat di situ. Kemudian kami pindah ke alamat lain. Apakah perlu mengurus pindah alamat (pindahnya masih satu KPP). Kalo perlu bagaimana caranya. Kalo tidak perlu, apa langsung aja alamat diubah ke yang baru.
Terima kasih sebelunya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Leo
Maret 8, 2022 4:36 pm

Ajukan perubahan data ke KPP

Leo
Leo
Reply to  Om Pimpa
Maret 9, 2022 5:35 am

Terima kasih informasinya Om

chrestyan
chrestyan
Maret 8, 2022 2:31 am

om, mau tanya.. kan perusahaan saya umkm terdaftar sebagai WP 15 november 2018 dan november 2021 kemarin dapat suket katanya tahun pajak 2021 ga bisa make pp23 lagi dan harus pp25. nah yg mau saya tanyakan apakah mulai november 2021 saya harus lapor pph 25? karna saya baca beberapa berita bilang WP UMKM yang baru memakai tarif umum tidak perlu lapor spt pph masa tahun pertama. kira kira saya harus gmna ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  chrestyan
Maret 8, 2022 4:36 pm

nnti setor PPh 29 untuk thn 2021, darimana sumber berita tersebut? acuannya mengikut peraturan, bukan berita

david
david
Reply to  Om Pimpa
Maret 9, 2022 3:38 am

jadi kalo berdasarkan kasus saya, pada bulan november 2021 saya harusnya udah harus setor pph 25 masa ya om?

Last edited 5 months ago by david
Om Pimpa
Editor
Reply to  david
Maret 9, 2022 9:14 am

mulai pph 25 nya itu di awal tahun pajak yg baru setelah tidak dapat menggunakan pp 23

david
david
Reply to  Om Pimpa
Maret 11, 2022 2:32 am

jadi kalo untuk spt tahun 2021 nya gmna ya om ? untuk peredaran bruto nya saya cukup isi januari sampe september saja om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  david
Maret 11, 2022 1:52 pm

dari januari – desember 2021, menggunakan perhitungan normal

Vini
Vini
Maret 7, 2022 10:39 pm

Trimakasih

Last edited 5 months ago by Vini
Om Pimpa
Editor
Reply to  Vini
Maret 8, 2022 11:34 am

samasama

Pebrianto
Pebrianto
Maret 7, 2022 2:46 pm

Om Tanya , Jika status = “Proses Pengiriman ke DJP” , apakah kita bisa langsung proses Upload E-Faktur atau Tunggu sampai Status “Penerimaan Data di DJP”
saat input di PPBJ

Last edited 5 months ago by Pebrianto
Om Pimpa
Editor
Reply to  Pebrianto
Maret 9, 2022 8:46 am

ini status apa ya?

Pebrianto
Pebrianto
Reply to  Om Pimpa
Maret 15, 2022 6:18 am

status PPBJ

Om Pimpa
Editor
Reply to  Pebrianto
Maret 15, 2022 11:25 am

sampe menerima data

Vini
Vini
Maret 7, 2022 12:35 pm

Malam om, ijin bertanya, saya mau lapor spt, tapi setelah di cek bukti bayar pajak bulanan saya ada yg salah masa pajak nya. Gimana cara mengatasi nya om? Sedangkan batas wktu lapor spt sudah smpe 30 maret ini.. trimakasih sebelumnya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vini
Maret 9, 2022 8:46 am

melakukan setor kembali dan yg salah bayar bisa di PBK untuk thn depan

chrestyan
chrestyan
Maret 7, 2022 8:45 am

om nanya dong, sebelumnya PT saya sejak 2019 UMKM, lalu setelah januari 2022 sudah menjadi PKP, pada saat pelaporan spt tahun 2021 nanti apakah masih memakai Pph final 0,5% ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  chrestyan
Maret 7, 2022 6:25 pm

2021 bisa menggunakan tarif UMKM, tidak ada hubungan antara PKP dan penggunaan tarif final PP 23

jamil
jamil
Maret 7, 2022 8:06 am

sore om pajak..
saya ada pembaharuan ppn, namun point C. Pajak Masukan yang dapat diperhitungkan bernilai 0 ya, padahal pada masa pajak yang akan diperbaharui trsb ada pajak masukan.

Om Pimpa
Editor
Reply to  jamil
Maret 7, 2022 6:24 pm

ini sudah di tampilan efaktur web blm? PM dengan masa pajak yg dimaksud sudah approval sukses semua blm?

jamil
jamil
Reply to  Om Pimpa
Maret 8, 2022 5:05 am

untuk efactur web blm, sya kemarin coba lapor diawal bulan sebelum ada transaksi untuk antisivasi denda telat lapor.
untuk approval telah sukses semua om

Om Pimpa
Editor
Reply to  jamil
Maret 8, 2022 4:39 pm

Silahkan cek efaktur web based terlebih dahulu

Budy saputra
Budy saputra
Maret 7, 2022 7:36 am

Halo om pajak mau bertanya
saya PNS sudah punya bukti potong pajak untuk penghasilan dari PNS saya dengan data pertanggungan di K/2 sesuai sistem gaji PNS saya.

Saya kepala keluarga dengan 3 anak, dalam pelaporan SPT OP tahunan, dan saya ingin menambahkan pendapatan saya dari investasi online/P2P, untuk pertanggungan apakah saya memasukkan tetap K/2 sesuai bukti potong atau K/3 mengikuti jumlah anak yang saya miliki karena mempengaruhi di hasil PTKP dan jumlah pajak dari investasi saya.

Sekian pertanyaan dan terimakasih atas jawaban Om Pajak.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Budy saputra
Maret 7, 2022 6:24 pm

mengikuti pertanggungan kondisi sebenarnya per tgl 1 januari thn pelaporan
hasil akhir di SPT dapat saja akan berstatus Kurang Bayar

Budy saputra
Budy saputra
Reply to  Om Pimpa
Maret 8, 2022 1:47 am

terimakasih Om Pajak, hasilnya maka menjadi lebih bayar, baiknya gimana ya om kalau lebih bayar? itu ada beberapa pilihan kan ya agak masih belum paham juga maksud pilihan kalau lebih bayar mau diapakan

,,,,, tapi kalau saya mencermati beberapa jawaban om pajak terkait lebih bayar, itu bisa ke tambahkan income lainnya ya om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Budy saputra
Maret 9, 2022 9:20 am

ya bisanya tambahkan income

Budy saputra
Budy saputra
Reply to  Om Pimpa
Maret 10, 2022 2:46 am

Siap, terimakasih om Pimpa. sudah OKE,,,,,jempoolll banget deh Om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Budy saputra
Maret 10, 2022 11:42 am

sama-sama

upik
upik
Maret 7, 2022 7:06 am

Selamat Siang, klu misal ikut TA, apakah harus ikut spt juga?

Om Pimpa
Editor
Reply to  upik
Maret 7, 2022 6:23 pm

ikut SPT? pelaporan SPT atau PPS yg dimaksud?

mita
mita
Maret 7, 2022 6:43 am

Siang pak mau nanya, jika ada pembetulan PPH 21 pas lapor pertama status nya kurang bayar, terus saya ingin melakukan pembetulan saya ingin lapor pembetulan tersebut kenapa status nya nihil kenapa tidak kurang bayar apakah jika melakukan pembetulan status nya akan berubah menjadi nihil ? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  mita
Maret 7, 2022 6:23 pm

Iya bs aja nihil

Putri
Putri
Maret 7, 2022 6:26 am

om mau tnya, kalau bikin faktur pajak untuk 070 tp salah nama penerima kena pajak nya, itu harus bagaimana yahh?
sedangkan dokumen BC nya untuk nama perusahaan lain.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Maret 7, 2022 6:23 pm

dapat dibatalkan

Putri
Putri
Reply to  Om Pimpa
Maret 7, 2022 11:12 pm

Kalau di batalkan tetap dokumen BC nya tidak bisa terpakai lg,
Apa harus ganti dokumen BC?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Maret 9, 2022 9:21 am

konsultasikan ke KPP..
yg jelas kl faktur pajak salah di isian penerima memang bisanya cm batal dan bikin baru

Verus
Verus
Maret 7, 2022 5:42 am

halo om pajak mau tanya,

kalau pelaporan spt pph op di kolom harta, kita menggunakan nilai harga perolehan atau perlu ada penyusutan apabila assetnya kita peroleh di spt tahun lalu

Om Pimpa
Editor
Reply to  Verus
Maret 9, 2022 9:25 am

terkait aset tetap untuk SPT OP melaporkan harga perolehan tanpa penyusutan

kasnur
kasnur
Maret 7, 2022 2:58 am

Harta tahun 2020 (tanah) yang sudah dilaporkan, tahun 2021 jumlahnya tidak berubah, apakah dilaporkanlagi tahun 2021 ? terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  kasnur
Maret 7, 2022 7:59 am

jika harta tersebut masih anda miliki, maka harus dilaporkan

imas
imas
Maret 7, 2022 2:16 am

Ijin bertanya.. ceritanya saya di kabarkan dapat undian berupa hp, nah yang berhak mengurus pajak undiannya itu itu siapa? soalnya tiba tiba saya di hubungi mengatasnamakan JNE katanya barang di tahan karena belum bayar pajak dan pihak tersebut meminta untuk mentransfer uang pajaknya ke nomor rekening pribadi. lalu mengancam harus sampai jam 10 pagi ditransfernya katanya akan di serahkan ke perpajakan dengan pasal berlapis emang aturan nya begitu ya? terus olshop penyelenggara undiannya juga sudah minta foto ktp dan uang biaya asuransi..terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  imas
Maret 7, 2022 7:58 am

Cek kembali pihak yg menyelenggarakan apakah dapat dipercaya atau hanya penipuan?

imas
imas
Reply to  Om Pimpa
Maret 9, 2022 12:24 am

sudah pak setelah dicek lagi hanya di read saja gak d bales bales lagi.. mungkin itu adalah penipuan

Om Pimpa
Editor
Reply to  imas
Maret 9, 2022 9:25 am

ya memang penipuan

Yuliana
Yuliana
Maret 7, 2022 1:15 am

Halo Om Pimpa,
ijin bertanya jika saya ingin input bukti potong di ESPT untuk bukan pegawai yang berkesinambungan, saya harus input yang di poin mana yaa? jika perhitungan saya menggunakan metode gross up

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuliana
Maret 7, 2022 7:58 am

daftar bukti potong tidak final 1721-II

Christine
Christine
Maret 7, 2022 1:14 am

Selamat pagi, saya mau bertanya untuk pajak hibah. Saya mau menghibahkan rumah saya kepada keponakan saya. Tapi keponakan saya belum memiliki NPWP. Apakah keponakan saya dikenai pajak BPHTB? Sedangkan untuk BPHTB dibawah 2M dibebaskan. Tarif berapakah yang dikenakan kepada saya jika saya menghibahkan rumah kepada keponakan saya?
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Christine
Maret 7, 2022 7:57 am

BPHTB termasuk pajak daerah dan tidak dibahas disini

Lis
Lis
Maret 6, 2022 6:19 pm

Tolong tanya Om, jika tabungan yang tercantum di SPT 2020 nilainya belum dirubah (sama selama 3th, di kolom keterangan ditulis bahwa nilai “tabungan s/d 2017”). Apakah bisa langsung saya update jumlah tabungannya di tahun SPT 2021? Apakah update tersebut akan berpengaruh jika saya berencana ikut PPS? Mohon pencerahan.. TERIMA KASIH OM.. 🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lis
Maret 7, 2022 7:56 am

memang seharusnya diupdate sesuai dengan kondisi akhr tahun..
PPS hanya untuk penmabhan harta sampai dengan 2020, maka harta pd SPT Tahun 2021 sesuai dengan pelaporan PPS ditambah dengan harta yg diperoleh selama thn 2021

Ikbal
Ikbal
Maret 6, 2022 11:43 am

Kalau pengadaan laptop PPh berapa yang kena

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ikbal
Maret 7, 2022 7:55 am

bagaimana detail transaksi yg ditanyakan?

Aji Kurniawan
Aji Kurniawan
Maret 5, 2022 3:24 pm

Malam min, saya mau bertanya

jika dalam satu masa pajak perusahaan pkp melakukan transaksi penjualan jasa ke bendaharawan, kemudian menerbitkan faktur pajak dengan kode faktur 02. pada saat pelaporan SPT masa, apa benar jika statusnya menjadi nihil? dan bukan kurang bayar, dimana pemungutnya bendahara

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aji Kurniawan
Maret 7, 2022 7:53 am

ya benar

Kris
Kris
Maret 5, 2022 11:54 am

Malam om, semoga om sekeluarga dan tim dalam keadaan sehat.

Saya mau menanyakan apabila saya menggunakan pph final umkm 0.5%, lalu laba saya sekitar 45% dari omset, apakah penambahan harta saya juga sebesar laba tersebut? Atau saya harus mengikuti % norma berdasarkan bidang usaha saya?

Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kris
Maret 7, 2022 7:52 am

amin..
tidak juga, tergantung kondisi realnya saja, tpi asumsinya tdk mungkin penambahan harta melebihi keuntungan bersih

Last edited 5 months ago by Om Pimpa
Kris
Kris
Reply to  Om Pimpa
Maret 8, 2022 1:27 am

Terima kasih om atas jawabannya. Berarti keuntungan bersih harus ditulis juga di lampiran pencatatan bulanan omset ya om.

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kris
Maret 8, 2022 4:40 pm

Tidak harus

Kris
Kris
Reply to  Om Pimpa
Maret 9, 2022 3:07 pm

Baik makasi banyak om. Semoga sehat selalu.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kris
Maret 10, 2022 10:41 am

baik, sehat-sehat

Erik
Erik
Maret 5, 2022 1:21 am

Halo Om,

Kalau masa Januari 2022 setor PPh 21 Rp 3.500.000 pada tanggal 20 Februari 2022.

Setelah perhitungan ulang PPh 21 Januari Rp 3.100.000.

Jika saya dikenakan sanksi admin/denda karena terlambat setor, yang jadi perhitungan sanksi Rp 3.500.000 atau 3.100.000?

Terima kasih..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erik
Maret 5, 2022 11:36 am

Sesuai PPh terutang yg dilaporkan

Erik
Erik
Reply to  Om Pimpa
Maret 6, 2022 9:12 am

berarti sanksi dihitung dari 3.100.000 ya sesuai laporan Spt 21 pembetulan 1??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erik
Maret 7, 2022 7:53 am

ya

Christine
Christine
Maret 4, 2022 10:20 am

Maaf saya mau nanya . Ini saya salah ketik harga pd saat saya buat faktur keluaran . Ini harus dibatalkan ya fakturnya? Trus saya juga ada salah ketik nama di bagian pembeli brg kena pajak ini apa jg hrs dibatalkan ? Dan ada salah ketik di bagian nama barang kena pajak dan berpengaruh pd harga jualnya. Klau yg salah ketik itu fakturnya sdh di lporkan dlm spt ppn bulanan ,ini bagaimana ya solusinya. Trima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Christine
Maret 5, 2022 11:34 am

bisa dibatalkan/membuat faktur pengganti dan melakukan pembetulan SPT Masa PPN nya

Christine
Christine
Reply to  Om Pimpa
Maret 5, 2022 2:56 pm

oke, trima kasih

Thaliza
Thaliza
Maret 4, 2022 2:38 am

Gagal submit eform di windows 11 tapi langsung berhasil ketika pakai laptop lain windows 10, masalahnya dimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Thaliza
Maret 4, 2022 6:30 am

waktu gagal keterangannya apa?

Thaliza
Thaliza
Reply to  Om Pimpa
Maret 4, 2022 12:25 pm

an error occurred during the submit process. The server has an invalid SSL certificate

padahal udah setting internet options dan centang semua SSL & TLS sesuai instruksi http://www.pajak.go.id

Om Pimpa
Editor
Reply to  Thaliza
Maret 5, 2022 11:35 am

Udah benar ikuti ptunjuk itu

Tina
Tina
Maret 3, 2022 10:31 pm

Om, mau tanya kalau asuransi kesehatan atau penyakit kritis (non unit link) apa dimasukkan dalam harta di SPT? Itu kan ada nilai pertanggungan, semisal nilainya 1.5M, terus nantinya diterima ahli waris, ada dampak apa untuk perpajakannya bagi ahli waris?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tina
Maret 4, 2022 6:29 am

Ini maksudnya saat terima klaim asuransi apa saat kpn?

Tina
Tina
Reply to  Om Pimpa
Maret 4, 2022 11:03 am

Saat nanti ketika masa asuransi nya habis, atau saat terganggung meninggal.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tina
Maret 5, 2022 11:35 am

pd saat claim, uangnya dimasukkan kedalam harta dan masuk ke non objek pajak atas klaim asuransi kesehatan

Lily
Lily
Maret 3, 2022 3:24 pm

Hi om mau tanya : Jika ada supplier yang mengadakan jasa pelatihan namun badan usaha nya itu belum memiliki npwp. Lalu kami minta ktp dan npwp pemilik nya (org pribadi). Untuk itu atas jasa nya apakah kami harus memotong PPh 23 atas jasa pelatihan atau PPh 21? Jika perusahaan mengadakan Medical Check Up untuk karyawan, dan atas biaya nya ditanggung dan ditagihkan ke perusahaan. Apakah tempat klinik untuk MCU tsb dipotong PPh 23 atas jasa? Jika perusahaan melakukan pencetakan brosur, apakah atas badan usaha percetakannya dipotong PPh 23 jasa? Karna dari sisi invoice tidak dipisah detail antara jasa design dengan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lily
Maret 4, 2022 8:18 am

1. jika org pribadi maka pph 21
2. bisa
3. bisa

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x