Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Feilin
Feilin
Oktober 16, 2021 3:28 am

Pagi om saya mau bertanya, jika bapak A berhutang kepada investor (Bapak B) dan bekerja sama dengan bapak B untuk membeli tanah atas nama bersama namun bukti kepemilikan tanah tetap di bapak A, selanjutnya tanah dan bangunan yang sudah terjual dijual atas nama bapak A. Bagaimana perlakukan pajaknya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Feilin
Oktober 17, 2021 8:46 am

Hubungan A dan B soal hutang harus dipisahkan dengan melakukan pembelian tanah, di pembelian tanah lalu dijual lagi semua PPh atas hal ini akan melekat ke A

Feilin
Feilin
Reply to  Om Pimpa
Oktober 17, 2021 8:58 am

Saya mau tanya lagi om, kalau misalnya bapak A membeli tanah dari bapak C, tetapi kepemilikan tanah masih di bapak C. Bapak A ingin menghindari pembayaran BPHTB dan PPh final atas nama dirinya, bagaimana perlakukan pajaknya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Feilin
Oktober 18, 2021 4:48 am

Niatnya sudah tidak ideal, jd tergantung kondisinya setelah beli mau diapain lagi

Susi
Susi
Oktober 15, 2021 11:31 pm

Pagi om mau tanya, perusahaan kan ada pemberian komisi kepada perorangan karena dia sudah membantu menjual barang/jasa lalu apakah beban komisi tersebut kena pph pasal 4 ayat (2), lalu om mau tanya juga untuk pph 25 bolehkah jika perusahaan tidak pake pph 25? Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Susi
Oktober 16, 2021 3:59 am

PPh 4 ayat 2 atas komisi ini yg mana yg dimaksud? Jenis 4 ayat 2 ada banyak. Perusahaan tidak pake PPh 25 ya bisa2 saja sepanjang kondisinya sesuai dengan aturan yg berlaku (bisa sangat luas)

Lia
Lia
Oktober 15, 2021 2:04 pm

Malam saya mau bertanya saya lambat laporan SPT PPH 21 DTP yang ditanggung pemerintah saya lambat lapor pada bulan misalnya Februari 2020 dan saya lapor pada Maret boleh kah DTP nya dan saya lapor bulan februari dan maret saya gabung 2 bul@n ini saya lapor di bulan Maret 2020 bisa kah

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lia
Oktober 16, 2021 3:59 am

Jika begitu maka tidak sesuai aturan dan beresiko tdk dpt memperoleh fasilitas DTP

Hikmah
Hikmah
Oktober 15, 2021 3:14 am

Pagi Om, ijin bertanya. Jika Perusahaan saya tahun 2021 mengalami kerugian karena dampak pandemi, dan tentunya terjadi lebih bayar PPh 25, apakah jika direstitusi otomatis dilakukan pemeriksaan pajak? Apakah boleh jika dikompensasi saja ke tahun berikutnya?
Makasih Om..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hikmah
Oktober 16, 2021 1:47 am

LB pada SPT Tahunan tidak ada opsi untuk dikompensasi, jadinya ya memang akan diperiksa untuk proses restitusinya

Eka mayang
Eka mayang
Oktober 14, 2021 12:55 pm

Om bantuin dong..
PT “Maju” pada bulan Maret 2011 mengimpor barang
dari Singapura dengan harga US $ 800.000 biaya
angkut US $ 8.000 dan biaya assuransi US$ 2.000
yang dibayar di luar negeri Selain itu juga dikeluarkan
bea masuk Rp 5.000.000, angkut di pelabuhan
Rp 2.000.000
serta pungutan lain (tidak resmi) Rp 4.000.000.
Kurs umum pada saat itu US$ 1 = Rp 9.900
Kurs menurut SK MenKeu US$ 1 = Rp 9 .000
Hitung PPh 22 jika PT Maju a.memiliki API
b. Tidak memiliki API

Om Pimpa
Editor
Reply to  Eka mayang
Oktober 14, 2021 2:07 pm

Selamat mengerjakan soal ya, ini lg dibantu doa kok

olenn
olenn
Oktober 14, 2021 6:59 am

pagi, jadi saya ada salah dalam lebih bayar dibulan berikut nya tidak mengisi pada 1111 AB, bagaimana solusinya? posisi sudah lapor spt bulanan

Om Pimpa
Editor
Reply to  olenn
Oktober 14, 2021 7:10 am

lakukan pembetulan SPT

olenn
olenn
Reply to  Om Pimpa
Oktober 14, 2021 7:12 am

jika nanti ada perubahan banyak di lebih bayar apakah uangnya bisa dikembalikan? atau di kompensasi kan ke masa berikutnya? karena ini mulai dari awal januari sampai september 2021

Om Pimpa
Editor
Reply to  olenn
Oktober 14, 2021 2:08 pm

LB dapat dikompensasikan

MARIAM
MARIAM
Oktober 14, 2021 4:32 am

om mau nanya
aku tiap bulan laporkan pph 21 ,terus status di djp wkt laporan tertulis kurang bayar senilai ***** terus aku melakukan pembetulan 1 berubah lah status jdi nihil,,, apakah ini akan jadi masalah om

Om Pimpa
Editor
Reply to  MARIAM
Oktober 14, 2021 7:09 am

tergantung isian yg dilaporkan seperti apa dan definisi “masalah” itu apa

MARIAM
MARIAM
Reply to  Om Pimpa
Oktober 14, 2021 12:15 pm

masalah waktu pelaporan spt tahunan pribadi ka,,karena sebelumnya kurang bayar ku lakukan pembetulan jadi status nihil

Om Pimpa
Editor
Reply to  MARIAM
Oktober 14, 2021 2:07 pm

Pembetulan mau berubahnya menjadi apapun dapat saja dilakukan, hanya saja pastikan segala isian2 datanya jg sudah betul

Mariam
Mariam
Reply to  Om Pimpa
Oktober 14, 2021 2:46 pm

Mkshh om baik banget😍selalu dijawab

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mariam
Oktober 16, 2021 1:47 am

Yoyoyoyooooooo

Rosita
Rosita
Oktober 14, 2021 4:28 am

Selamat siang

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rosita
Oktober 14, 2021 7:08 am

siang

Rosita
Rosita
Oktober 14, 2021 4:27 am

Per tanggal 15 September 2021 untuk faktur pajak kawasan berikat ( 0%) di faktur pajaknya ppn nya tidak muncul (yg muncul hanya DPP saja).kenapa ya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rosita
Oktober 14, 2021 7:08 am

1. kawasan berikat bukan PPN nya 0, melainkan tidak dipungut
2. semua data yg ada di efaktur berawal dari entry data oleh user

silahkan teliti kembnali

Sebastian
Sebastian
Oktober 14, 2021 1:58 am

Pagi, Oom mau tanya kalau utk PPH 23 jasa yang dipotong dan dibayarkan oleh customer, kemudian kita diberikan bukti potongnya, apakah semua pph 23 tsb dapat saya gunakan untuk kompensasi pph 25 saya ? bila iya, bagaimana sistem pemotongan nya ? terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sebastian
Oktober 14, 2021 7:07 am

PPh 23 adalah kredit pajak, sama kedudukannya dengan PPh 25, dari kredit pajak ini digunakan untuk pengurang PPh 29

Arwan
Arwan
Oktober 14, 2021 1:22 am

Selamat Pagi OM Pimpa. izin Bertanya .. Jika ada penjualan barang mewah perlakuan pajaknya bagaimana ya? apakah dikenakan pph 22 dan ppnbm atau bagaimanakah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
Oktober 14, 2021 7:07 am

barang mewahnya apa?

Arwan
Arwan
Reply to  Om Pimpa
Oktober 15, 2021 9:56 am

Rumah Mewah om…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
Oktober 16, 2021 3:59 am

Detilnya gmn, luasnya brapa, harganya brapa, banyak batasan tentang definisi “mewah” dalam aturannya

Arwan
Arwan
Reply to  Om Pimpa
Oktober 18, 2021 3:14 am

luasnya 800 lebih. harganya sekitar 16M om.. itu tergolong barang mewah bukan om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
Oktober 18, 2021 4:49 am

Ada objek pph 22 barang sangat mewah untuk kondisi itu, silahkan cek

Arwan
Arwan
Reply to  Om Pimpa
Oktober 18, 2021 6:04 am

kalau PPnBM nya gimana om…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
Oktober 19, 2021 8:02 am

Tidak masuk kriteria

Arwan
Arwan
Reply to  Om Pimpa
Oktober 21, 2021 9:02 am

makasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arwan
Oktober 21, 2021 11:22 am

samasamaa

reo
reo
Oktober 14, 2021 12:27 am

selamat pagi, saya mau tanya : apabila tidak pernah laporan spt pajak selama 5 tahun apakah kena denda? dan dendanya berapa? sedangkan penghasilan saya dari perusahaan cuma 3jt

Om Pimpa
Editor
Reply to  reo
Oktober 14, 2021 7:07 am

yg dimaksud untuk acuan penghasilan adalah dari semua sumber, jika total penghasilan masih belum melebihi PTKP maka belum wajib menyampaikan SPT Tahunan PPh

i nyoman trimerta
i nyoman trimerta
Oktober 13, 2021 7:26 am

slmt sore om…sy mau tanya pajak apa saja yang dikenakan untuk sewa ruang pertemuen oleh bendaharawan pemerintah tarifnya berapa om ( apakah kena ppn dan pasal 23 apa pasal 4 ayat(2 )makasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  i nyoman trimerta
Oktober 13, 2021 1:02 pm

jika penyedia ruangan adalah PKP maka akan ada PPN, selain itu ada PPh Final 4 ayat 2 atas sewa ruangan

ameliana suci
ameliana suci
Oktober 13, 2021 6:50 am

Siang om izin tanya,
PT A PKP di bulan November 2019.
Ada penjualan di bulan februari 2019 (blm pkp)
Saat ada pembayaran atas penjualan tsb salah masukin akun. harusnya PENDAPATAN tp PENDAPATAN DITERIMA DIMUKA.
Di 2020 saya di adjusment PENDAPATAN DI TERIMA DIMUKA (Debit) pada PENDAPATAN (Kredit).
Apakah itu berpengaruh ke pajak PPN nya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ameliana suci
Oktober 13, 2021 1:01 pm

Tidak pengaruh ke PPN

ameliana suci
ameliana suci
Reply to  ameliana suci
Oktober 14, 2021 2:05 am

Ditakutkan sama pihak pajak di 2020 ada pendapatan tp ko ga bayar utk PPN nya?
Tp emg itu kan hanya penyesuaian dari thn 2019 karena salah masukkin akun, dan transaksi tsb emg saat perusahaan belum PKP. Tp bener ya om itu tidak akan jadi masalah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ameliana suci
Oktober 14, 2021 7:10 am

silahkan ceritakan saja persoalan detailnya seperti apa disertai pembuktian yg kuat, jika tidak ada pembuktian maka artinya cm klaim saja, bisa benar bisa jg keliru jadinya

Prasda
Prasda
Oktober 13, 2021 4:24 am

Om tampan, izin bertanya
saya baru masuk ke perusahaan starup yg belum PKP, lalu menerima surat cinta dari KPP bahwa perusahaan belum melaporkan pajak nya, lalu apa saja yang harus saya lakukan untuk mengurus hal seperti ini selain laporan keuangan?

note : perusahaan ini berdiri tahun 2019,untuk pelaporan tahun 2019 sudah dilakukan oleh konsultan

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prasda
Oktober 13, 2021 1:01 pm

Silahkan cek lebih detail dl poin apa saja yg ditanyakan dalam surat, misal jenis pelaporan kan ada banyak, cocokan dengan riwayat pelaporannya

noer
noer
Oktober 13, 2021 1:51 am

Permisi pak, mau tanya soal pajak hadiah berupa tabungan,yang diberikan ke siswa SMA yang belum menjadi wajib pajak, apakah pengenaan pajaknya sama jumlah/nilainya dengan wajib pajak lain?

Om Pimpa
Editor
Reply to  noer
Oktober 13, 2021 1:00 pm

Yup sama

Gugun
Gugun
Oktober 12, 2021 5:36 pm

mau tanya om saya baru bkin cv maret tahun ini, dan baru beroperasi alias menghasilkan omzet dan pembukuan baru oktober ini, apakah tdk masalah nnti lapor di spt nya total dari mulai aktif aja ya dari oktober? lalu utk omzet msh tergolong kecil, utk pph badan pembayaran nya apakah tiap bulan jg menggunakan tarif umum 22% atau 0,5%? dan katanya utk tarif 0,5% harus mendaftar djp dulu ya? terus nih kalau tiap bulan yg bulan sebelum nya berarti tdk ada yg sblm oktober?? atau kah bisa bayar per tahun saja karna omzet jg blm bsa diperkiraan dan tdk stabil sekalian… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Gugun
Oktober 13, 2021 12:59 pm

pengakuan pendapatan dari sejak terdaftar NPWP, untuk perlakuan pengenaan PPh dapat menggunakan tarif 0,5% dari omset yang dibayarkan pada tiap bulan mengikuti perolehan omsetnya

Joko
Joko
Oktober 12, 2021 12:42 pm

Pak mau tanya.awal buka distributor pembelian menggunakan npwp pribadi..sekarang mau ganti dengan npwp badan/baru.. apakah pajak masukan di npwp lama bisa dilimpahkan ke npwp baru?karena pajak keluarannya sdh pakai npwp baru terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Joko
Oktober 13, 2021 12:56 pm

beda npwp maka beda subjek dan tidak dapat saling dicampur, pembelian yg berasal dari subjek yg berbeda tidak dapat dijual oleh subjek yg berbeda juga

Yuliana
Yuliana
Oktober 12, 2021 10:18 am

Halo om pimpa, aku mau menanyakan perihal pph 23 (yang potongan 2%).
Apa bisa lapor dan bayar setelah lewat masanya?
Jika bisa apakah kena denda? jika iya, berapa denda yang dikenakan?
Untuk yang lapor pihak penerima jasa atau pemberi jasa?
Thanks before-

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuliana
Oktober 13, 2021 12:55 pm

bisa lapor saat telah melewati jatuh tempo, ada sanksi denda untuk terlambat pelaporan dan sanksi bunga untuk terlambat pembayaran, pelaporan dilakukan oleh pihak pemotong

Yuliana
Yuliana
Reply to  Om Pimpa
Oktober 14, 2021 6:31 am

Untuk sanksi denda dan bunganya berapa besar ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuliana
Oktober 14, 2021 7:10 am

tergantung detail kondisinya

Yuliana
Yuliana
Reply to  Om Pimpa
Oktober 18, 2021 9:48 am

ini maksudnya kondisi yang seperti apa yaa om?
boleh dicontohkan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuliana
Oktober 19, 2021 8:03 am

Jumlah pokok pajak terutangnya brapa dan banyaknya bulan terlambat seberapa lama

Yuliana
Yuliana
Oktober 12, 2021 9:51 am

Halo om, mau tanya-tanya nih perihal pph 23.
Apa bisa lapor pph 23 jika sudah lewat masa pelaporannya?
Yang seharusnya melapor pihak penerima jasa atau pemberi jasa?
Apakah kena denda jika sudah lewat? Jika iya berapa denda yang harus dibayarkan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuliana
Oktober 13, 2021 12:55 pm

bisa lapor saat telah melewati jatuh tempo, ada sanksi denda untuk terlambat pelaporan dan sanksi bunga untuk terlambat pembayaran, pelaporan dilakukan oleh pihak pemotong

Tri
Tri
Oktober 12, 2021 6:54 am

Permisi pak saya mau tanya kalau PT belom laporan pajak sama sekali, untuk ke bank.. bisa nggk dbuat bayar 1 jutaan ke bawah, terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tri
Oktober 12, 2021 8:34 am

Bayar apa? dengan bank ini mau urus apa?

Reza
Reza
Oktober 11, 2021 4:20 pm

Om mau tanya om, kamu tim menjual jasa pembuatan website, beberapa invoice sblmnya yg sudah kami kirim tanpa tertera keterangan jumlah pajak pph23 maupun ppn, karna kami cv yg blm PKP, nah pembayaran yg kami terima ada client yg rutin potong untuk pph23 dan kami dapat bukti potongnya, tetapi nilai transfer yg kami terima dikurangi potongan pph23 tsb..

Pertanyaan saya, apakah di invoice yg kami kirim kan bisa mencantumkan pph23 stlh subtotal? Atau nilai di satuan barang sudah ditambahkan pph23+harga jual tanpa keterangan pph23 stlh subtotal?

Terima kasih om..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Reza
Oktober 12, 2021 8:34 am

Pemotongan pph 23 memang akan mengurangi jumlah pembayarannya. Bahwa kesepakatan awal mau dinaikan dl harga sebelum dipotong itu bebas saja

Pungki
Pungki
Oktober 11, 2021 9:39 am

Wajib Pajak melaporkan penjualan dan pajak masukan palsu bagaimana pembetulan SPTnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Pungki
Oktober 11, 2021 1:41 pm

Apanya yg bagaimana? Ya silahkan isi dengan benar pembetulannya

Pungki
Pungki
Oktober 11, 2021 8:31 am

Seandainya ada WP yang penjualannya yang kurang di laporkan dalam pelaporan itu bagaimana ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Pungki
Oktober 11, 2021 9:17 am

Buat pembetulan

Bri
Bri
Oktober 10, 2021 12:07 pm

Malam Om, Saya mau bertanya untuk WP Badan PT yang mulai 2018 menggunakan perhitungan pajak final UMKM 0,5% pada tahun 2020 masa penggunaan pajak final ini telah selesai, dan di 2021 WP Badan harus melakukan pembukuan & perhitungan Pasal 31E (penghasilan <4,8 M) untuk SPT Tahunannya. Untuk Tahun berjalan 2021: 1. Apa WP Badan diwajibkan untuk melakukan PPh ps. 25 terkait angsuran bulanan? Bagaimana perhitungannya (melihat dulunya hanya pakai 0,5% dari peredaran bruto)? 2. Jika tidak diwajibkan/ada kelonggaran untuk tahun pertama peralihan dari UMKM, apakah untuk tahun ke-4 boleh tidak membayar PPH ps. 25? Sampai berapa lama jika tidak wajib… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bri
Oktober 11, 2021 9:17 am

Silahkan cek ini ya https://youtu.be/VixnmVKF6_0

Bri
Bri
Reply to  Om Pimpa
Oktober 11, 2021 1:17 pm

Malam Om, setelah saya cek saya tidak mendapatkan penjelasan terkait 4 bulan pertama pada tahun kedua (Jan-Apr 22).
Apakah masih dapat kelonggaran atau sudah mulai terutang dalam kondisi WP Badan baru melaporkan SPT Tahunan 2021 pada 30 April 2022? Jika tidak ada kelonggaran, bagaimana cara menghitung PPh 25 nya untuk Jan-April 22 tersebut?

Terima kasih 🙂

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bri
Oktober 12, 2021 8:34 am

Sudah terjawab secara eksplisit di video tersebut

Putri
Putri
Oktober 10, 2021 1:27 am

Om bagian rugi entitas asosiasi bisa sebagai pengurang sebelum PKP? Mohon penjelasannya kenapa dimasukan sebagai pengurang laba sebelum pkp

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Oktober 11, 2021 9:17 am

Silahkan dibuka buku petunjuk pengisan SPT Tahunan 1771

mundir
mundir
Oktober 9, 2021 10:20 am

mengenai pembuatan NPWP BumDes. dokumen apa saja yang diperlukan?

Sugiyono
Sugiyono
Oktober 9, 2021 9:21 am

Sore Pak/Ibu

Saya Mau tanya untuk SPT Tahunan Badan Tahun 2019, saya akan melakukan pembetulan 1, tapi setelah di buka Espt Tahunan Badan ternyata pajak yang telah kami bayarkan Nominal nya berubah, tidak sesuai yang telah kami setorkan, itu kenapa ya?? mohon solusinya terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sugiyono
Oktober 11, 2021 9:16 am

Yg berubah ini di SPT normalnya atau di SPT pembetulannya?

Budi
Budi
Oktober 9, 2021 8:24 am

Sore om, permisi tanya nih soal penerimaan hibah. Saya menerima hibah rumah tapi bukan bersifat garis lurus dari kerabat keluarga, untuk transaksi hibah sendiri sudah dibayarkan pajak pemberi hibah dan saya sebagai penerima hibah sudah memperoleh BPHTB free. Dengar-dengar kalau penerimaan hibah seperti ini mewajibkan saya membayar pajak saat pelaporan SPT, apakah benar demikian adanya?

N.B: Saya nga laporan pajak selama ini karena sempat tidak bekerja sekian lama dan penghasilan tahunan di kantor baru juga masih dibawah 100 jt

Om Pimpa
Editor
Reply to  Budi
Oktober 11, 2021 9:16 am

Saat pelaporan SPT Tahunan harus diinformasikan, ini bukan tentang bayarnya

Budi
Budi
Reply to  Om Pimpa
Oktober 14, 2021 7:59 am

Sore om, thank you sudah dibalas…

Saya mau tanya lanjutannya, apakah rumah ini menjadi penambah besaran kewajiban bayar pajak saya? Kalau dalam SPT tahunan saya sertakan informasinya, akankah PKP saya bertambah?

Misalnya penghasilan tahunan saya 90 juta dan saya laporkan harta yaitu rumah ini dengan NJOP 700 juta, apakah PKP saya tetap 90 juta atau jadi 790 juta?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Budi
Oktober 14, 2021 2:07 pm

Rumah yg dimaksud apakah didapatkan/dibeli secara tunai? Jika ada hutang maka harus dituliskan juga

Budi
Budi
Reply to  Om Pimpa
Oktober 18, 2021 4:12 am

Siang om, rumah ini didapatkan secara hibah tetapi bukan garis lurus

Om Pimpa
Editor
Reply to  Budi
Oktober 18, 2021 4:51 am

Atas penerimaan hibah yg seperti ini jadi masuk penghasilan objek pph

Budi
Budi
Reply to  Om Pimpa
Oktober 18, 2021 7:35 am

Jadi terhitung progresif sesuai pasal 17 ya om?
Apakah tidak bisa dibuat pengecualian?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Budi
Oktober 19, 2021 8:02 am

Saat ini aturan yg ada begitu, bisa sj akan ada pengecualian kl memang udah ada aturan khusus nantinya

Fadlan
Fadlan
Oktober 9, 2021 8:10 am

Om mau tanya peraturan PTKP yang dibawah 500jt apakah berlaku juga untuk PT yang berijin Mikro?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fadlan
Oktober 11, 2021 9:15 am

Aturan baru yg mana yg dimaksud? Jika referensi aturan hanya dari berita di media maka blm bs jadi dasar rujukan

Fadlan
Fadlan
Oktober 9, 2021 8:07 am

Om mau tanya peraturan pengusaha tidak kena pajak penghasilan dibawah 500jt per tahun apakah berlaku juga untuk PT yang ijin nya mikro (UMKM)?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fadlan
Oktober 11, 2021 9:15 am

Aturan baru yg mana yg dimaksud? Jika referensi aturan hanya dari berita di media maka blm bs jadi dasar rujukan

Fadlan
Fadlan
Oktober 9, 2021 8:00 am

Om mau tanya, kan saya baru buat PT (perseroan terbatas) diijinnya masuk modal mikro, hanya 12.5jt modalnya usaha warung alat kesehatan kecil2lan, nanti bulan april 2022 kan penghasilan saya belum setahun dan penghasilan Broto saya kemungkinan tidak sampai 500jt, pertanyaan saya apakah pakai UMKM peraturan yang baru karena omset dibawah 500jt yaitu bebas pajak atau pakai pajak pph badan om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fadlan
Oktober 11, 2021 9:15 am

Aturan baru yg mana yg dimaksud? Jika referensi aturan hanya dari berita di media maka blm bs jadi dasar rujukan

Ferlando
Ferlando
Oktober 9, 2021 3:40 am

Saya mau bertanya apabila dalam suatu pembelian barang didalam nota tidak tertera Ppn apakah pembeli mendapat PPN atas pembelian tersebut? Kemudian jika suatu perusahaan memberikan struk PPN pada akhir periode apakah pajak dari perusahaan yg menjual barang tersebut wajib dibayarkan sedangkan didalam nota pembelian tidak ada tertera ppn dan didalam perjanjian tidak ada ppn yg menyangkut pembelian tersebut?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ferlando
Oktober 9, 2021 4:38 am

Apakah penjual itu PKP?

Ferlando
Ferlando
Reply to  Om Pimpa
Oktober 9, 2021 4:40 am

Ngga tau

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ferlando
Oktober 11, 2021 9:14 am

Ga bs dijawab kalo infonya aja gak tau

Shinta
Shinta
Oktober 9, 2021 2:09 am

Pagi om, mau tanya nih (maaf jika penjelasan sy agak pjg 🙂 ) Pd bln april 2020 sy mengajukan Relaksasi pengurangan PPH pasal 25 sebesar 30% & sdh di setujui, sedangkan u/ laporan covid nya sy sampaikan di tgl 14 juli 2020 (sekaligus 3 bln april, mei & juni). Pd tgl 28 april sy menerima STP 3bln pajak yaitu April mei & juni (yg mnrt KPP sy blm mengajukan relaksasi jd blm bisa memanfaatkan program tsb), pdhal kurang byr PPH tsb sdh di perhitungkan di SPT tahunan badan, sy mengajukan permohonan pembatalan STP tp di tolak dan pd akhirnya sy… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Shinta
Oktober 9, 2021 4:37 am

Timbul lebih bayarnya di sebelah mana ya maksudnya? Pada pengakuan kredit pajak di spt tahunan jika angka trsebut jadi berubah maka perlu pembetulan

Dian
Dian
Oktober 9, 2021 1:55 am

Om Pajak,saya diharuskan membuat NPWP untuk persyaratan ASN, saya wanita sudah menikah..apakah saya bisa membuat NPWP pribadi tanpa menyertakan NPWP suami? Soalnya suami tidak punya,dan beliau berada di luar kota.
Terus,syaratnya apa aja ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian
Oktober 9, 2021 4:36 am

Wanita menikah dapat saja terdaftar npwp sendiri andaikan ada surat perjanjian pemisahan harta

Dian
Dian
Reply to  Om Pimpa
Oktober 9, 2021 4:41 am

Syaratnya apa nih om yang bisa dibawa ke kantor perpajakan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian
Oktober 11, 2021 9:14 am

Surat perjanjian pisah harta, KTP, KK

Dian
Dian
Reply to  Om Pimpa
Oktober 11, 2021 9:18 am

Kalao nanti KPPnya meminta npwp suami gimana pak? Sedangkan sudah beberapa bulan suami saya pergi entah kemana..dan belum tentu beliau mau mengurus pembuatan npwpnya dia

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian
Oktober 11, 2021 1:40 pm

Coba saja disampaikan dulu ceritanya

Nabila Sintya
Nabila Sintya
Oktober 8, 2021 11:20 am

Kenapa denda Pajak bisa besar ya om hehe

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nabila Sintya
Oktober 9, 2021 4:36 am

Sanksi perpajakan itu ada dasar referensi aturannya, jd om ga akan berkomentar ini besar atau kecil, itu relatif

Putri
Putri
Oktober 8, 2021 8:35 am

Pendapatan pemulihan cadangan penurunan nilai piutang pengenaan pajak nya pasal berapa om? Dan biasanya karena apa bisa di koreksi fiskal

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Oktober 9, 2021 4:34 am

Masuk dengan tarif umum, dikoreksi krna sifatnya yg tidak riil

Putri
Putri
Reply to  Om Pimpa
Oktober 10, 2021 1:23 am

Untuk tepatnya pasal berapa ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Oktober 11, 2021 9:16 am

Pasal apa ya maskudnya?

Putri
Putri
Reply to  Om Pimpa
Oktober 11, 2021 9:22 am

Pasal UU Pajak yang mengatur bahwa pendapatan cadangan penurunan nilai piutang tidak dapat dijadikan sebagai pendapatan atau dikoreksi fiskal. Atau peraturan lain yang mengatur pendapatan tersebut ada gak om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Oktober 11, 2021 1:40 pm

Pasal 6 dan pasal 9 rujukan utamanya, yg jelas ga semua hal itu diatur secara eksplisit ya, harus dirangkai jg pemahamannya

Amir
Amir
Oktober 8, 2021 7:41 am

Om, Bagaimana ya cara menghapus registrasi online pembuatan NPWP soalnya baru Lulus sekolah dan belum ada pekerjaan sama sekali

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amir
Oktober 9, 2021 4:33 am

Ini prosesnya udah dapat NPWP blm?

Lusi
Lusi
Oktober 8, 2021 3:16 am

Om pajak itu termasuk kredit apa debet? Alasannya kenapa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lusi
Oktober 8, 2021 6:51 am

Tergantung kondisinya, ini sama aja dengan tanya kalo malam2 ada bulan ga? Ya kadang ada, kadang jg ga, kl mau jelas jawabannya maka pertanyaan harus jelas dulu dan spesifik

Lusi
Lusi
Reply to  Lusi
Oktober 8, 2021 7:21 am

Sebelumnya terimakasih om 🙂 Kemaren diperkuliahan manajemen keuangan bahasnya tentang arus kas kemudian diberi pertanyaan seperti itu oleh dosen om😁 (pajak itu termasuk kredit apa debet? sertakan Alasannya)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lusi
Oktober 9, 2021 4:40 am

Ya konteksnya dulu gmn, misal apakah di tanggal awal kalender bulan itu akan terlihat bulan yg berbentuk sabit? Nah itu baru detail pertanyaannya dan jd bs dijawab

Tuti
Tuti
Oktober 8, 2021 1:51 am

Contoh soal yang membuat saya bingung…
harun (k/1) non npwp, pesangon seorang manajer sebesar 80jt?
Apakah hanya menghitung pajak pesangon saja? Apa harus dengan pengurangan biaya jabatan dan tarif pph serta denda tidak memiliki npwp? Mohon bantuannya 🙏🏻

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tuti
Oktober 8, 2021 6:51 am

Pemotongan PPh 21 atas apapun akan ada pengaruh krna tidak adanya NPWP, biaya jabatan hanya relevan pada penghasilan untuk pegawai tetap.

Tuti
Tuti
Reply to  Om Pimpa
Oktober 8, 2021 7:19 am

Terimakasih om 🙏🏻🙏🏻😊

Om Pimpa
Editor
Reply to  Tuti
Oktober 9, 2021 4:31 am

oke samasama

mita
mita
Oktober 8, 2021 12:06 am

pagi om, mau tanya mengenai pph 26 atas sewa rak yg berlokasi di data center Singapura dan jasa internet yg di sambungkan pada perangkat yg di rak tersebut (invoice terpisah). apakah tarif pph 26 nya 0% sesuai P3b karna kegiatannya di Singapura. dan apakah harus setor ppn atas sewa dan jasa itu meskipun kegiatannya di luar pabean? terima kasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  mita
Oktober 8, 2021 6:46 am

Tarif pph 26 yg 0% bisa aja sepanjang semua klausul aturan terpenuhi, tidak sesimple itu untuk menyimpulkan pengenaan 0%. PPN dapat saja terutang jika atas pemanfaatannya dilakukan di indonesia, lagi2 ini akan harus cek detail skema transaksi yg dilakukan dulu.

tiffani
tiffani
Oktober 7, 2021 11:31 pm

om mau nnya bagaimana pertimbangan WP dalam mengajukan banding jika dikaitkan dengan denda yang harus dibayar jika dalam banding tersebut kalah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  tiffani
Oktober 8, 2021 6:45 am

Ya pertimbangkan dengan teliti aja, ini jawabannya akan kasuistis, ga bs dijawab sblm ada riil kasusnya

Vonny
Vonny
Oktober 7, 2021 10:19 pm

Mau tanya Om, jika Februari kami sewa kantor. lalu bulan Juli kami pindah dan sewa kantor baru, dimana NPWP badan baru terbit akhir Maret. lalu pajak sewa pph 4(2) yg harus dibayarkan dari kapan Om?
dari periode Februari atay periode Juli saat sudah pindah kantor baru? Tks Om,

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vonny
Oktober 8, 2021 6:45 am

Bukan terkait periode sewanya yg jd acuan melainkan kapan pembayaran dilakukan

siska
siska
Oktober 7, 2021 7:30 pm

om mau nanya
apa streamer live show harus bayar pajak yg penghasilannya dpt gift dari viewer…

Om Pimpa
Editor
Reply to  siska
Oktober 8, 2021 6:45 am

Bisa iya bisa tidak, detailkan dulu lg kondisinya gmn

Chintya Aprily
Chintya Aprily
Oktober 7, 2021 1:11 pm

Mau tanya, kalau kita sudah melaporkan spt tahun 2019 dan 2020 1 tahun pajak jan desember tetapi sebenarnya tahun buku ny adalah maret april. Apa yang harus dilakukan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chintya Aprily
Oktober 7, 2021 2:48 pm

cek dulu di data perpajakan di KPP apakah tahun bukunya sudah tertulis maret april atau bukan

Chintya Aprily
Chintya Aprily
Reply to  Om Pimpa
Oktober 7, 2021 2:55 pm

Kalau misalnya belum bagaimana ya? Apa yang harus dilakukan? Apakah tetap mengajukan permohonan perubahan dikpp? berarti bila diakta perusahaan terdaftar April-maret tahun brkutnya. Belum tentu data dikpp jga trdaftar demikian?
Tapi kalau misalnya dikpp datanya trdftr april maret. Apakah harus dilakukan pmbtulan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chintya Aprily
Oktober 8, 2021 6:44 am

Saat melakukan pendaftaran NPWP itu ada isian tahun buku yg dipilih, jd bs aja disitu keliru isi jadi ga sama, dengan kondisi ini yg diakui untuk tahun buku adalah sesuai dengan tahun yg ada di data perpajakannya, jika blm sesuai maka lakukan pembetulan

Rindiani
Rindiani
Oktober 7, 2021 11:04 am

Om mau tanya ni kenapa masih ada PBB yang di kelola oleh pusat? Kenapa gak di kasih ke daerah aja om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rindiani
Oktober 7, 2021 2:20 pm

Dari aturannya PBB sektor Pedesaan dan Perkotaan dikelola Pemda, sisanya ya betul dikelolanya di Pusat, kalo yg ditanya kenapa ya bukan om yg jawab, disini yg dibahas itu penerapannya bukan latar belakangnya

Riska
Riska
Oktober 7, 2021 8:15 am

Om, kalau mau buat laporan SPT OP secra manual, gpp bawa npwp dan faktur gaji?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Riska
Oktober 7, 2021 2:20 pm

Ya bisa dengan itu, walopun tiap kasus bisa aja beda2 perlakuannya

Nani Suryani
Nani Suryani
Oktober 7, 2021 7:42 am

Om mhn pencerahannya, sy ditugaskan utk membuat bukti potong 21.100-09. Transaksi terjadi antara WP Badan vs WP OP (keduanya ber NPWP).Ceritanya lancar sdh eksekusi bukpot di ttd atasan, bukpot sdh diberikan kpd WP OP, kntr sdh lakukan pembetulan SPT PPh ps 21..Masalah muncul baru diketahhui saat perapihan dokumentasi utk pengarsifan yaitu di nama perusahaan. Semisal nama kntr sy PT. SEJATI saat di bukpot tercetak PT. SEJARI. Perlu diketahui: 1. di profil eSPT PPh ps 21 sdh sy cek…alhasil nama WP Badan: PT. SEJATI 2. di profil eSPT PPh ps 21 sdh sy cek…alhasil nama WP Badan= NPWP nya sdh tervalidasi… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Oktober 7, 2021 2:49 pm

tidak urgent untuk melakukan pembetulan, sepanjang identitas nomor di NPWP tidak ada kekeliruan

anonym
anonym
Oktober 7, 2021 6:47 am

Om mau tanya, saya ada revisi spt masa ppn lebih bayar karna kompensasi nya kelebihan. harusnya 200 juta menjadi 2 m. untuk revisi nya gimana ya om? mohon pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  anonym
Oktober 7, 2021 2:49 pm

tidak ada hal khusus dalam membuat pembetulan, isi dengan benar saja data2nya

Ujang
Ujang
Oktober 7, 2021 2:12 am

Om mo tanya lagi, temen sy punya cv sdh pkp, kalau ada pek sdh dipot ppn & pph badan nya. Dia juga punya npwp pribadi. Apakah npwp pribadi dipotong juga pph nya..?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ujang
Oktober 7, 2021 6:29 am

Subjek badan dan pribadinya ini beda, kl pekerjaan atas nama badan maka pajaknya di badan, kl individu jg dpt penghasilan dari badan maka disini baru akan ada lg aspek pph nya

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x