Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Haris
Haris
November 6, 2021 11:36 pm

Hallo Om..saya mau tanya mengurus pajak rumah BTN yg masih HGB .sementara alamat tinggal dan rumah BTN berbeda daerah. Terima kasih..🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Haris
November 7, 2021 12:10 pm

kalo gini, om sih ga ngurusin pajak daerah

Dian Suciati
Dian Suciati
November 6, 2021 11:40 am

Maaf izin bertanya om kenapa wajib pajak hanya di berikan 1 NPWP

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian Suciati
November 6, 2021 12:28 pm

Kata siapa diberikan cm 1? Bisa aja banyak lhooo

Dian suciati
Dian suciati
Reply to  Om Pimpa
November 6, 2021 12:46 pm

Kok bisa, gimana caranya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian suciati
November 7, 2021 12:10 pm

saat ada entitas cabang akan ada NPWP Pusat dan Cabang, pajak itu areanya luas lho yaa, jd kl mau ada yg ditanyakan maka biar pas silahkan ceritakan detailnya dulu, sama kaya orang yg lg sakit demam, ya banyak banget jenis demamnya, dokter ga akan bisa kasih diagnosis kl pasien cm bilang sepotong2 aja kondisinya

daniel
daniel
November 6, 2021 11:18 am

Om utk wp op umkm dgn tarif pph final 1% (yg kmudian kmudian brubah jd 0.5%), menurut aturan ktny berlaku utk 7 tahun sj. Sy mau tny utk 7 tahun tsb dihitung dari mulai aturan tarif 1% atau dimulai stlh diubah ke 0.5%? Dan sy jg sdh lupa mulai berlaku pph finalny msg2 dari thn brp ya. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  daniel
November 6, 2021 12:37 pm

Untuk npwp yg terdaftar dari 2018 dan sebelumnya, maka tahun pertamanya adalah 2018

Jimmy Eris
Jimmy Eris
November 6, 2021 10:51 am

Selamat sore Bapak/Ibu,

Saya mau menanyakan terkait pajak penghasilan yg dipotongkan pada koperasi simpan pinjam sebesar 11% dr laba kotor koperasi. Sementara penghasilan tahunan koperasi saja tiap tahun tidak sampai 4,8 M. Bukannya seharusnya dibebankan sebesar 1% saja ya? Atau apakah ada peraturan yang menjadi dasarnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jimmy Eris
November 6, 2021 12:37 pm

Dipotong pph 11% dari mana sumber infonya?

Jimmy Eris
Jimmy Eris
Reply to  Om Pimpa
November 7, 2021 2:36 pm

AR pajaknya yg infoin ke pengurus om. Pdhl sebelumnya dipotong 1%. Apa langkah yg hrs kami lakukan ya?

Dian Suciati
Dian Suciati
November 6, 2021 7:52 am

Om apa saja bentuk jasa yg dikenakan pajak dan bentuk jasa yg tidak di kenakan pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian Suciati
November 6, 2021 12:27 pm

Jenis pajak apa nih? Pajak di Yunani apa di kutub utara?

Dian suciati
Dian suciati
Reply to  Om Pimpa
November 6, 2021 12:45 pm

Pajak penghasilan om

Dian suciati
Dian suciati
Reply to  Dian suciati
November 7, 2021 10:36 am

Pertambahan nilai*

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dian suciati
November 7, 2021 12:09 pm

banyak.. contohnya PPN atas jasa pengiriman dan lainnya..
klo yang tidak dikenai pajak contohnya jasa pelayanan kesehatan, layanan sosial dll (4A ayat 3 UU No. 8 tahun 1983)

Achmad
Achmad
November 6, 2021 2:02 am

Halo Om, Ijin bertanya.. Untuk masa Oktober terbit fasilitas PPh 25 Badan dari PMK baru PMK.149/PMK.03/2021. Jika saya menyetorkan PPh 25 Badan setelah saya kurangi dengan Fisilitas pengurang Angsuran Pmk 149/2021 tapi saya masih belum melakukan Pengajuan Fasilitas PPh 25 karena masih belum muncul di KSWP DJP, menurut Om apakah boleh menyetorkan PPh 25 badan pakai Fasilitas Pengurang Angsuran sebelum pengajuan penggunaan PMK? -Trims-

Om Pimpa
Editor
Reply to  Achmad
November 6, 2021 12:27 pm

fasilitas DTP hanya dapat digunakan jika pengajuan fasilitas sudah diajukan dan memenuhi syarat

arif
arif
November 5, 2021 11:59 am

mau tanya,
usaha saya sudah omzet diatas 4.8m sudah dilaporkan dan disarankan daftar PKP, tetapi belum sempat daftar ternyata kondisi perusahaan turun hingga tidak ada pemasukan sama sekali, apa perlu tetap mendaftar PKP? karena dari kantor pajak sendiri memaksa perusahaan untuk PKP dengan alasan keuangan thun sebelumnya yng baik.

Om Pimpa
Editor
Reply to  arif
November 6, 2021 12:26 pm

Coba uraikan dl detilnya omset dari tahun ke tahun ada brapa aja

arif
arif
Reply to  Om Pimpa
November 6, 2021 1:16 pm

Tahun 2017 ada < 1 m
Tahun 2019 ada 5 m
Tahun 2020 ada 8 m

Om Pimpa
Editor
Reply to  arif
November 7, 2021 12:10 pm

ya sudah jelas wajib PKP dari awal 2020 klo sprti ini

Harry
Harry
November 5, 2021 4:54 am

Selamat siang. Apakah penerimaan PNBP Badan Layanan Umum atas penyewaan ruangan kepada pihak swasta dipotong pph pasal 4 ayat 2 sebesar 10%?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Harry
November 5, 2021 12:39 pm

ya potong

rahmawati
rahmawati
November 5, 2021 3:39 am

Misal saya memotong PT lain PPh 23, tapi bulan pelayanannya Agustus, di inv tertera bulan September, dan saya baru menerima inv nya bulan November, dikarenakan pembyarannya tempo akan dibayarkan di bulan Desember, untuk saya melakukan pemby dan pelaporan PPh 23 bulan nya, yang mana ya rekan?

Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
November 5, 2021 12:39 pm

pada saat pembayaran

rahmawati
rahmawati
Reply to  Om Pimpa
November 10, 2021 4:22 am

berarti di bukti potong pph 23 nya atas bulan desember ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
November 11, 2021 7:55 am

ya benar

rahmawati
rahmawati
Reply to  Om Pimpa
November 12, 2021 2:42 am

tapi harus match juga tidak om dengan perusahaan yang dipotong PPh 23 nya?
apakah menjadi masalah, jika saya menyetorkan pph 23 dengan bulan di bukpot nya sesuai bulan pembyaran (desember). tapi perusahaan/vendor yang dipotong pph 23 nya mengakui dibulan pembuatan invoice?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
November 12, 2021 12:09 pm

basis pengakuannya ada di sisi penerbit bupotnya, ga ada urusan dengan sisi penerima bupot

rahmawati
rahmawati
Reply to  Om Pimpa
November 15, 2021 1:40 am

om seandainya ternyata di bulan pembyaran (Desember), ada 2 invoice yang dibayarkan, lalu bukpot pph 23 nya bulan nya bagaimana om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
November 15, 2021 1:59 pm

ya bulan pada bulan Desember, tidak masalah berapapun invoicenya

Ella Aquin Darma Mei Yanti
Ella Aquin Darma Mei Yanti
November 5, 2021 3:32 am

mohon arahannya apabila ada perusahaan A menyewakan harta bergeraknya kepada PT B. Atas transaksi tersebut PT akan memotong PPh pasal 23 sementara Perusahaan A ternyata tidak memiliki NPWP. Akan tetapi Tuan A selaku pemilik perusahaan A memiliki NPWP. Maka saya selaku PT B akan mengenakan PPh Ps 23 kepada Perusahaan A seperti apa? 1. Mengenakan PPh Ps 23 ke Perusahan A dengan tarif 2% dan dalam bukti potong mengacu kepada NPWP pribadi Tuan A. 2. Mengenakan PPh Ps23 ke perusahaan A dengan tarif 4% karena asumsi Perusahaan A tidak memiliki NPWP. 3. Saya kenakan PPh Ps 21 sebesar 5% dengan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ella Aquin Darma Mei Yanti
November 5, 2021 12:39 pm

point 2, tarif 4% karna tidak memiliki NPWP

Mulyo
Mulyo
November 5, 2021 3:20 am

Tanya om
Saya ada case sebagai berikut

PT A sebagai perusahaan developer akan membangun cluster didaerah Jakarta Selatan , seluas 1500m atau 14 unit rumah.
Lahan tersebut milik PT B namun masih berstatus SHM an salah satu direksi .
Kedua belah pihak sepakat untuk bekerjasaman memanfaat lahan tersebut untuk dijadikan perumahan. PT A sebagai bertindak sebagai developer dan pemasaran dan PT B sebagai pihak yang memiliki aset.
bagaimana perhitungan pajak bagi kedua belah pihak atas penerimaan dari penjualan rumah tetsebut?
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mulyo
November 5, 2021 12:38 pm

Tergantung detail pembagian antara kedua belah pihak

Harry
Harry
November 4, 2021 3:29 pm

Misi om, mau tanya..
Apakah transaksi sewa yg menjadi penerimaan PNBP dipotong pph pasal 4 ayat (2)? Kalau tidak dipotong atau dipotong apa dasar hukumnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Harry
November 5, 2021 12:37 pm

Tetap dipotong

tina
tina
November 4, 2021 3:59 am

mau tanya kalo udah buat bukti potong pph pasal 4 ayat 2 dan udah bayar bukti potong terus laporan selanjutnya apa lagi ya pak ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  tina
November 4, 2021 3:55 pm

melaporkan SPT PPh 4(2)

wira
wira
November 4, 2021 1:40 am

Selamat pagi pak, ingin bertanya saya bekerja di perusahaan A dan B mereka, mereka membayarkan pajak pekerjaan saya, apakah saya harus membayar pajak sendiri karena bekerja di 2 perusahaan tersebut ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  wira
November 4, 2021 3:55 pm

bayar/tidaknya tergantung pada pelaporan SPT Tahunan pribadi jika melebihi PKTP

Dias Ayu
Dias Ayu
November 3, 2021 3:49 am

Selamat Pagi Pak Pimpa,, ingin bertanya Withholding tax apakah betul nggak perlu PPN ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dias Ayu
November 3, 2021 2:53 pm

withholding tax ini kan istilah, umumnya mengacu ke PPh potput, nah yg ditanya hubungan dengan PPN maksudnya apa?

Arga Wirawan
Arga Wirawan
November 3, 2021 3:38 am

Selamat pagi om pimpa, om saya mau tanya jadi saya bekerja di 2 perusahaan yang berbeda, saya mendaftarkan npwp di dua perusahaan tersebut, apakah itu boleh-boleh saja ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arga Wirawan
November 3, 2021 2:53 pm

yah tidak masalah

rima tololiu
rima tololiu
November 3, 2021 1:57 am

selamat pagi om pimpa,,, salam sehat
om mau nanya dong kan toko atas nama pribadi sdah pkp… trus saat beli barang kena ppn ,dpat faktur penjualan…

pertanyaannya . apakah fakturnya harus dilaporkan ? atau hanya dilaporkan ppn di spt tahunan saja ? terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  rima tololiu
November 3, 2021 2:54 pm

ya, harus dilaporkan pada SPT Masa PPN

rima tololiu
rima tololiu
Reply to  Om Pimpa
November 5, 2021 3:22 am

Gimna ya om cara lapor spt masa ppn orang pribadi ? apakah sama dgn lapor spt ppn badan ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rima tololiu
November 5, 2021 12:38 pm

tidak ada beda

rima tololiu
rima tololiu
Reply to  Om Pimpa
November 6, 2021 2:11 am

kalo ppnnya toko bangunan, lapornya gimna om ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rima tololiu
November 6, 2021 12:27 pm

Kalo yg ditanya itu lapornya maka semua PKP ya laporan PPN nya sama

Hery
Hery
November 2, 2021 3:39 am

Mohon maaf sebelumnya saya mau tanya .. bagaimana cara lapor pajak apabila npwp kita ikut suami dan suami sudah tidak bekerja dan usaha juga terdampak pandemi.. sedangkan biasanya pada saat kita lapor pajak (istri tidak tertulis) hanya sebagai lampiran. terima kasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hery
November 2, 2021 4:29 am

ya laporkan saja penghasilan seadanya

Rita
Rita
November 2, 2021 3:06 am

Selamat pagi om pajak, mau nanya, jika mobil saya hilang dibawa kabur saudara dan belum saya laporkan ke polisi, terus tiba tiba saya ditagih pajak mobilnya , beriut dendanya , apa yang harus saya lakukan om sementara saya tidak ada dana buat bayar pajak itu terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rita
November 2, 2021 4:25 am

turut berduka cita, pajak kendaraan bermotor masuk kedalam pajak daerah, mungkin bisa didiskusikan dengan daerah setempat

Yandi
Yandi
November 2, 2021 2:44 am

Selamat pagi , saya dapat surat tagihan PPN karena melakukan pembetulan SPT PPN sehingga mengakibatkan kekurangan bayar sebagai berikut :
SPT PPN Desember 2017 diadakan pembetulan 1 sehingga mengakibatkan kekurangan bayar Rp 69.300.593, Jatuh Tempo bayar seharusnya di tgl 30 Januari 2018, tetapi baru dibayar di tgl 27 Mei 2021 , selang waktu nya berarti 40 bulan, jadi kalo hitung bunga nya itu 2% x Rp 69.300.593 x 40 = Rp 55.440.474

Tetapi KPP nya menagih kita hanya Rp 16.465.820 , bisa tolong dibantu hitungan nya bagaimana jika pakai hitungan UU Ciptaker ?
Terima kasih bantuannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yandi
November 2, 2021 4:23 am

ada sanksi administratif dan denda bunga 2% paling banyak 24 bulan, hitungan detail baiknya langsung dikonfirmasi ke KPP aja sbgai pihak yg menerbitkan, baru jika ada yg ragu baru kita bahas

phang djin thiam (jasa teknisi )
phang djin thiam (jasa teknisi )
November 1, 2021 10:41 am

setiap sy buat jasa dibayar pt selalu ada pph npwp pribadi dan mengapa ada pt yg kasih final dan non final dan bila kedua2nya capai 500jt lebih dalam setahun eh sata masih kurang bayar dan harus bayar lagi ada apa ya

Om Pimpa
Editor
Reply to  phang djin thiam (jasa teknisi )
November 2, 2021 4:23 am

final dan non final tergantung pada jenis jasa yang dilakukan, SPT Tahunan Pribadi kurang bayar terjadi karena penghasilan melebihi PTKP. jika mau dibahas ya ceritakan dl detail transaksinya

Surya
Surya
November 1, 2021 5:04 am

Siang om. Mau tanya.
Saya selaku pihak swasta melakukan transaksi dengan bendahara pemerintah. Yg saya mau tanya bukankah seharusnya PPN dan PPH22 dipungut bendaharawan atas nama rekanan dan di tdd bendaharawan. Tapi kenapa PPN dan PPh22 saya dibayarkan atas nama deputi bendaharawan. Dan mereka yakin atas keputusan itu. Saya memamg otodidak belajar pajak jadi saya bingung . Tolong berikan penjelasan mengenai PPN/PPh22 dipotong bendaharawan atas nama bendaharawan bukan rekanan. Terimakasih sehat selalu om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Surya
November 1, 2021 5:42 am

Seharusnya yg benar memang PPh 22 dan PPN atas nama rekanan di pengisian kode billingnya, jd justru silahkan ditanyakan kesana apa dasarnya penulisannya nama bendahara

Dhimas
Dhimas
Oktober 31, 2021 1:49 pm

Permisi Om, mau tanya nih. Misal ada soal, Victor adalah seorang pengacara ternama di Kota JKT dan memiliki penghasilan netto fiskal dalam tahun 2019 Rp 675.000.000,- Victor menikah dengan Widyaningsih seorang notaris (NPWP digabung dengan suami) dan memiliki 3 orang anak yaitu Regina Maryani (21 N0v 2010), Renata Austin (10 Agust 2012), dan Melani Friskanita (25 Desemb 2019). Selama tahun 2019 Victor membayar pajaknya sendiri setiap bulan sebesar Rp 15.000.000,-, sedangkan PPh yang dipotong oleh pihak lainsebesar Rp 20.000.000,-. Istrinya memiliki penghasilan bruto sebesar Rp 750.000.000,- pada tahun yang sama (norma penghitungan 50%). Menurut Om apakah perhitungan PPh terutang untuk… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dhimas
Oktober 31, 2021 2:01 pm

Kan tadi di awal disebut “misal ada soal” ya anggap aja skrang misalnya soalnya ga ada, jd selesai deh masalahnya

Intan
Intan
Oktober 31, 2021 1:43 pm

Mau tanya, penagihan pajak hingga penyitaan, pelelangan, penyanderaan, bahkan tindak pidana itu bisa terjadi jika nominalnya berapa minimal? Apakah pajak yang nominal nya sedikit juga bisa sampai dipidana atau disandera? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Intan
Oktober 31, 2021 1:59 pm

sedikitnya segimana nih? sebelum sampai tahap itu ada tahap2 sebelumnya, jika tahap sebelumnya tidak dipenuhi oleh WP maka jadilah penagihan dijalankan, jd acuan bukan pada nominal

Dimas
Dimas
Oktober 31, 2021 10:00 am

Assalamualaikum om. Izin bertanya. Sebagaimana kita ketahui bahwa uu ppn pertama adalah uu no 8 tahun 1983, dan dalam pasal 20 uu tersebut menyebutkan bahwa uu ini merupakan uu ppn 1984. Bahkan uu kup menyebutkan uu ppn 1984. Yang mau saya tanyakan Mengapa nama UU tersebut menjadi PPN tahun 1984 ? Apakah ada arti tersendiri mengenai angka 1984 ini. Soalnya kan uu ini tahunnya 1983. Apakah ada alasan” tertentu sehingga namanya ppn 1984. Mohon pencerahannya om 🙏. Terimakasi

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dimas
Oktober 31, 2021 1:54 pm

Pasal 20 UU apa yg dimaksud? Jika pasal 20 UU PPN maka silahkan cek isi pasal 21 nya

Dimas
Dimas
Reply to  Om Pimpa
Oktober 31, 2021 2:10 pm

Okee om paham”. Walaupun uu tersebut akhirnya berlaku 1 april 1985. Namun dalam pasal 21 “uu diberlakukan 1 juli 1984” berarti pengambilan namanya berrdasarkan tahun berlakunya yg terdapat dalam uu tersebut. Terimakasih om🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dimas
November 1, 2021 5:40 am

Sama2

mulyarjo
mulyarjo
Oktober 31, 2021 3:51 am

kalau anak dibelikan mobil oleh ortunya apa harus
bayar pajak penghasilan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  mulyarjo
Oktober 31, 2021 1:49 pm

tidak, jika mobil tersebut atas nama anak maka harus dilaporkan kedalam harta dalam SPT anak tersebut, dan harga mobil trsebut akan masuk ke hibah (non objek pajak

Trie
Trie
Oktober 31, 2021 12:32 am

Mau tanya Om, bukpot PPh final 4/2 versi terbaru knp nama pemotongnya nama dan npwp direksi yaabukan nama perusahaan…apakah ada cara utk merubahnya atau apakah memang benar bgtu.mks

Om Pimpa
Editor
Reply to  Trie
Oktober 31, 2021 1:49 pm

Cek2 lg isian di profil

trie
trie
Reply to  Om Pimpa
November 1, 2021 5:22 am

dalam profil eSPT 4/2 terbaru ada pengisian untuk (1) Penandatangan SPT yang harus diisi dengan nama dan NPWP direktur (2) Penandatangan Bukti Potong yang harus diisi Nama,NPWP,Jabatan…kalau pada bukti potong PPh 4(2) yang lama baris bawah tertera pemotong pajak sedangkan yang terbaru tertera pemotong pajak/pimpinan…jika poin 1 dan 2 diisi npwp direktur maka pada bukpot pemotong pajaknya direktur sedangkan jika poin 2 diisi npwp perusahaan maka pada saat print bukpot memang terisi pemotong pajak npwp perusahaan tapi nama dan jabatan direksi blank (tidak ada).mks

Om Pimpa
Editor
Reply to  trie
November 1, 2021 5:43 am

Oiya memang yg versi baru ada kondisi sprti itu, jd diisi nama perusahaan aja

trie
trie
Reply to  Om Pimpa
November 1, 2021 2:10 pm

sudah saya rubah menjadi nama PT tp timbul masalah baru nama PT yang seharusnya “Mandiri” menjadi “Mandnrin” padahal profilenya sdh benar, apakah ada solusinya Om.Mks

Om Pimpa
Editor
Reply to  trie
November 2, 2021 4:26 am

Ini coba dibawa langsung ke KPP aja baiknya

Hadiniyah Putra Kusuma
Hadiniyah Putra Kusuma
Oktober 30, 2021 10:19 pm

Selamat Pagi.

Saya ingin menanyakan, jika ada orang lain yg menitipkan uangnya dan masuk ke rekening kita sebesar 10 Miliar walaupun itu hanya 1 hari berada di rekening kita apakah kita harus bayar pajak penghasilan sebesar 35% ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hadiniyah Putra Kusuma
Oktober 31, 2021 1:49 pm

duh banyak bgt ya 10M.. pajak penghasilan ya dari penghasilan anda saja

Sulis
Sulis
Oktober 30, 2021 1:29 pm

Terima kasih Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulis
Oktober 31, 2021 1:35 pm

samasama

Andy
Andy
Oktober 30, 2021 11:39 am

Hi om, saya memiliki rumah dari perolehan sebelum tahun 2000 dan tidak pernah dilaporkan ke SPT dan bukti potong saya memakai NPWP 000. Jika saya membuat NPWP dan melaporkan rumah tersebut sebagai harta apakah saya dikenakan denda?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Andy
Oktober 31, 2021 1:48 pm

Pelaporan SPT terhitung pada saat NPWP sudah terdaftar, misal NPWP terdaftar 2020, maka melaporkan SPT sejak tahun 2020 lalu pada SPT 2020 tersebut isi saja harta anda berupa rumah dengan tahun perolehan 2000

Andy
Andy
Reply to  Om Pimpa
Oktober 31, 2021 1:52 pm

Apa saya perlu ikut tax amnesty terkait pelaporan harta? Jika iya apakah saya bisa memakai harga perolehan untuk menentukan nilai wajar rumah tersebut?

Agus Agnes
Agus Agnes
Oktober 30, 2021 10:16 am

Selamat sore… Mau nanya status NPWP saya adalah NE/ non efektif. Apakah dengan status itu NPWP saya bisa di gunakan lagi karena di kerjaan saya yg baru harus menyertakan NPWP

Om Pimpa
Editor
Reply to  Agus Agnes
Oktober 31, 2021 1:48 pm

harus mengaktifkan NPWP NE terlebih dahulu

desi
desi
Oktober 30, 2021 8:47 am

selamat sore, jika surat ket pp 23 perseroan sudah habis masa nya seletah 3 tahun, apakah pph ps 23 akan dipotong lagi? lalu kewajiban perpajakan apa saja yg harus di jalankan oleh perusahaan dengan omset dibawah 4,8M? Mohon jawabannya, terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  desi
Oktober 31, 2021 1:48 pm

iya betul, udah tdk bs pake pp 23 final lagi dan kewajiban perpajakan tergantung pada kondisi transaksi yang dilakukan

Desi
Desi
Reply to  Om Pimpa
November 1, 2021 3:00 am

Jadi pph pasal 23 akan d ptong oleh lawan transaksi sebesar 2%? Dan prusahaan jga menjalankan pajak yg lain seperti pph ps 25?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Desi
November 1, 2021 5:46 am

iya, PPh 23 dapat menjadi kredit pajak

ari
ari
Oktober 29, 2021 6:45 am

Selamat siang om…saya masih awam soal pajak….ingin bertanya, apakah nilai / bukti pembayaran potongan pajak PPh 21 atas insentif kegiatan peserta itu boleh di masukan/ di tambahkan ke dalam laporan pertanggung jawaban keuangan, kasus nya seperti ini:

Suatu divisi mengajukan Dana Untuk kegiatan Sosialisasi Sebesar 10jt, dalam kegiatan tersebut ada narasumber(Orang dalam Perusahaan) lalu diberikan HR senilai 1jt, sewaktu membuat laporan keuangan, Pihak keuangan mengenakan PPh 21 sebesar 5% kepada narasumber, sehingga panitia memberikan 950rb kepada pembicara, yang mau saya tanyakan apakah nilai potongan sebesar 50rb itu boleh dimasukan kedalam rekap / rincian Pengeluaran pada laporan Keuangan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ari
Oktober 30, 2021 11:29 am

Ya boleh saja, ini terkait laporan pertanggungjawaban apa ya?

iis
iis
Oktober 29, 2021 5:15 am

omm pipa, perusahan di tepat kerja saya bergerak di bidang koperasi produsen bergerk di bidang cattering jasa boga,
pajak apa saja yg harus di bayarkan om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  iis
Oktober 30, 2021 11:30 am

tergantung jenis transaksinya

Fransiskus
Fransiskus
Oktober 29, 2021 3:09 am

Selamat pagi, mau tanya tentang DTP PPh 21. Bulan 1 – 3 cuma gaji saja, trus bulan 4 ada gaji + THR ( Pajak atas THR dibayar full), trus utk bulan 5 – 12, kita melaporkannya gimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fransiskus
Oktober 30, 2021 11:30 am

ya atas gaji saja (karyawan tetap)

Merlin Melti
Merlin Melti
Oktober 28, 2021 8:12 am

Apabila permohonan banding ditolak, WP dikenai sanksi administrasi berupa denda sebesar 100% jumlah pajak berdasarkan Putusan Banding dikurangi dengan pembayaran pajak yang telah dibayar sebelum mengajukan keberatan. Bagaimana jika WP tidak berkenan untuk membayar denda tersebut?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Merlin Melti
Oktober 29, 2021 2:32 pm

tidak berkenan terhadap hasil putusan bandingnya atau dendanya? yg jelas sih krna ada aturan seperti itu maka sebelum mengajukan banding ya diperhitungkan dulu resikonya jika ternyata hasilnya ditolak

Lili
Lili
Oktober 28, 2021 5:05 am

Oom, mau tanya, Boleh ngga tanggal faktur pajak dibuat lebih awal drpd tgl surat jalan? Karena sebagian surat jalan msh ada di pembeli, terima kasih.

Boim
Boim
Reply to  Lili
Oktober 29, 2021 9:41 pm

Acuan nya tgl invoice

Om Pimpa
Editor
Reply to  Boim
Oktober 30, 2021 11:33 am

iya bisa

Lili
Lili
Reply to  Boim
Oktober 30, 2021 4:01 pm

Tq, pak Boim, Tgl invoice sudah sama dengan tgl faktur pajak. Dikarenakan pengiriman barangnya secara partial, ketika faktur pajak & invoice dibuat, misal tgl 10,sedangkan surat jalan yg terakhir masuh dlm perjalanan/di tangan pembeli yg mana tanggalnya lebih belakangan, misal tgl 12.
Bs kan ya seperti itu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lili
Oktober 31, 2021 1:36 pm

bisa saja.. om sih sering liat yang tanggal invoice sama dengan tgl faktur pajak

Lili
Lili
Reply to  Om Pimpa
November 1, 2021 12:45 am

Makasih banyak, oom

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lili
November 1, 2021 5:43 am

samasama

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lili
Oktober 30, 2021 1:10 am

bole, Pada prinsipnya, faktur pajak harus dibuat saat terutangnya PPN

Ben
Ben
Oktober 28, 2021 4:11 am

Om mau tanya kalau seorang wp berada di satu kpp kemudian tiba2 dipindahkan ke kpp lain secara tiba2, kemudian kpp terdahulu masih mengirimkan surat pemberitahuan hasil pemeriksaan yang telah diterbitkan sebelum tanggal dipindahkan ke kpp lain. Apakah itu ada undang2nya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ben
Oktober 30, 2021 11:33 am

undang-undang apa ya maksudnya?

muyo
muyo
Oktober 28, 2021 3:33 am

om mau tanya, jika seharusnya pph 23 bulan oktober tetapi sudah di laporkan di bulan september apa yang harus dilakukan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  muyo
Oktober 30, 2021 1:08 am

lakukan Pembetulan

Sulran
Sulran
Oktober 28, 2021 2:00 am

Untuk nomor faktur pajak standar itu yg keluarkan pendor atau kantor pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulran
Oktober 30, 2021 1:08 am

faktur pajak dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan NSFP diberikan oleh DJP

Rani dewita
Rani dewita
Oktober 27, 2021 3:21 pm

Romeo eko golf india adalah wajib pajak dalam negeri memiliki satu orang istri (tikak bekerja)dan 4 orang anak yang masih sekolah.pada tahun 2020, dia memiliki penghasilan netto Rp 1.200.000.000.hitunglah berapa pajak pengahasilan yang harus di bayar tahun pajak 2020?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rani dewita
Oktober 29, 2021 2:48 pm

Penghasilan Netto dikurangi PKTP, lalu dikali tarif progresif pasal 17

Indi Kinanti
Indi Kinanti
Oktober 27, 2021 2:52 pm

selamat malam , saya mau tanya , dinas saya mengadakan acara dan ada narasumber dari anggota DPR , untuk pengenaan PPH 21 dikenakan tarif berapa persen ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indi Kinanti
Oktober 28, 2021 5:39 am

Iya pake pasal 17 dan rujukannya per 16 tahun 2016

ave
ave
Oktober 27, 2021 11:01 am

Perusahaan saya bergerak dibidang jasa pelatihan dan pendidikan online, ada salah satu penghasilan menggunakan jasa pihak ketiga yaitu badan untuk memberikan pelatihan, kami mendapatkan profit atas pelatihan itu dari selisih tagihan invoice pihak ketiga dan harga jual kami ke costumer. apakah saya wajib potong pph 23 atas jasa kepada pihak ketiga badan perusahaan tersebut? dan apakah bisa biaya pihak ketiga tersebut dianggap sebagai biaya perusahaan secara pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ave
Oktober 28, 2021 5:38 am

iya bisa

Sulis
Sulis
Oktober 27, 2021 9:11 am

Om mau tanya karena faktur pajak tidak muncul di get data pm prepolated akhirnya kemarin faktur pajak masukan saya entri sendiri trus waktu saya cetak lampiran b2 kok nama pkp lawan transaksi kita tidak lengkap tidak sesuai entrian di administrasi pajak masukan gimana ya om mohon pencerahanya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulis
Oktober 27, 2021 3:25 pm

Status faktur pajak sudah aproval sukses blm?

Sulis
Sulis
Reply to  Sulis
Oktober 27, 2021 11:02 pm

Sudah sukses approval om, tapi yang saya heran kenapa waktu di cetak lampiran B2 namanya pkp tidak selengkap seperti di administrasi pajak masukan, mohon bantuannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sulis
Oktober 30, 2021 11:31 am

sepanjang nomor faktur sudah cocok maka tidak ada masalah PM

Budi
Budi
Oktober 27, 2021 5:10 am

Saya badan cv pkp, bagaimana solusi menjual barang non ppn? sedangkan keuntungan tipis dan customer tidak mau harga jual ditambahkan ppn

Jika harga jual saya tambahkan ppn 10%, barang tersebut pasti tidak laku karena harganya menjadi tidak bersaing, sedangkan keuntungan saya tidak sampai 10%

Kalau saya masukan ke pribadi non PKP, menjadi rancu di Pembukuan nya,kalau kena pemeriksaan nanti malah bermasalah

Om Pimpa
Editor
Reply to  Budi
Oktober 27, 2021 3:25 pm

Silahkan cek lg konsep PPN, ada Pajak Masukan yg bs dikreditkan, jd perspektif yg dilihat ga cm di sisi penjualan aja, jika ini dilakukan maka ga akan jadi berat

Milla
Milla
Oktober 27, 2021 3:37 am

Selamat Siang Om,
Mau Tanya, PROGRAM SPT PPH PSL 4 AYAT 2 VERSI TERBARU, di bukti potong tercetak pemotong atas nama PT.
namun ejaan di bukti potong salah, sedangkan di cek di profil wajib pajak penulisan sudah benar.
bisa di bantu om supaya penulisan nama PT sesuai dengan di profil wajib pajak?

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Milla
Oktober 27, 2021 3:25 pm

Coba cek isian nama penandatangan

Eveline
Eveline
Oktober 27, 2021 3:33 am

Pagi om, saya mau tanya beberapa hal.
1. Kalo tenaga kerja asing bertindak sebagai investor saja dan tidak menerima gaji/upah di Indonesia, dalam hal ini apakah tenaga kerja asing itu tetep bayar pajak juga atau tidak? Kalo wajib bayar pajak, pajak apa yang harus dia bayar dan lapor?

2. Kalo ada suatu perusahaan berdiri, sudah ada NPWP namun belum ada EFIN, belum melakukan aktivitas bisnis sama sekali, apakah wajib melapor pajak? Jika iya, pajak apa saja yang harus dilaporkan?

Mohon bantuannya. Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Eveline
Oktober 27, 2021 3:24 pm

1. Domisili tempat tinggalnya dimana? Acuannya itu dl

2. SPT Tahunan dan SPT PPh 21 Desember

Eveline
Eveline
Reply to  Om Pimpa
Oktober 29, 2021 2:15 am

Domisilinya di Jakarta, Indonesia. Di Indonesia hanya bertindak sebagai investor/shareholder. Lalu bagaimana, om? Mohon penjelasannya.
Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Eveline
Oktober 31, 2021 1:58 pm

Subjek pajak tinggal di indonesia maka semua penghasilan darI manapun akan dipajaki

Nina Dea
Nina Dea
Oktober 27, 2021 12:22 am

Om mau bertanya,
Mutasi cadangan penurunan nilai piutang:
Saldo awal 284.199.867
Penambahan 33.828.090
Pemulihan (85.457.211)
————
Saldo akhir 232.570.746

Menurut komersial pendapatan pemulihan cadangan penurunan nilai piutang tersebut diakui sebesar Rp85.457.211, sedangkan menurut fiskal sebesar Rp33.828.090, dan terjadi koreksi fiskal pada pemulihan penurunan nilai piutang sebesar Rp51.629.121.

Yang ingin saya tanyakan, kenapa bisa terjadi koreksi fiskal dan apa dasar hukum pada pemilihan penurunan nilai piutang tersebut. Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nina Dea
Oktober 27, 2021 9:34 am

Pasal 6 dan Pasal 9 UU PPh

Ayu
Ayu
Oktober 26, 2021 6:04 pm

Halo Om mau tanya
Sayakan daftar npwp setelah lulus kuliah untuk mencari pekerjaan, nah sudah terbit pegawai swasta dengan status non-aktif pajak.
Tetapi akhirnya saya tidak menjadi pegawai swata, namun wirausaha (reseller online) nah untuk npwpnya harus diganti atau gimana om? Penghasilan saya masih di bawah 4.8M pertahun.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ayu
Oktober 27, 2021 9:34 am

tidak perlu diganti

najra
najra
Oktober 26, 2021 12:18 pm

om mau tanya, jika pembelian barang diatas 5jt maka pembelian barang kena pajak gak om ? pajak apa ya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  najra
Oktober 27, 2021 9:34 am

Barangnya apa? Yg jual siapa? Yg beli siapa? Di indonesia atau di luar angkasa? Harus didetailkan dl bos info transaksinya

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x