Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
17.2K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Dwi
Dwi
Juni 10, 2024 2:14 am

Apakah saat pelaporan pajak keluaran Nama pelanggan harus sama dengan NIK yang tercantum di data pajak. atau bisa berbeda ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dwi
Juni 10, 2024 11:44 am

harus sama

Adeti
Adeti
Juni 9, 2024 2:50 pm

Om saya mau bertanya, kalau faktur pajak pengganti masih ada kesalahan masih bisakah di perbaiki lagi dan apakah ada perbedaan nomor faktur pajak nya lagi setelah di ganti untuk kedua kalinya
Makasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adeti
Juni 10, 2024 11:44 am

Bisa diganti lg dan tdk ada perubahan nomor

Adeti
Adeti
Reply to  Om Pimpa
Juni 10, 2024 2:30 pm

Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adeti
Juni 12, 2024 12:36 am

sama0sama

Edy kurniawan
Edy kurniawan
Juni 9, 2024 9:18 am

Ok apakah membeli batu yg belum dipecah menjadi batu split terkena PPN

Om Pimpa
Editor
Reply to  Edy kurniawan
Juni 10, 2024 11:40 am

bagaimana detail dan pihak” yang bertransaksinya?

Kno Ilebi
Kno Ilebi
Juni 8, 2024 4:00 pm

Om mau tanya, saya punya usaha yang baru jalan 1 bulan. Apakah saya harus langsung bayar pajak saat ini juga? Atau bisa dibayarkan ketika lapor SPT di bulan April nanti?

Ini tiba tiba ada orang Bapenda dateng mau ngomongin pajak, padahal saya ga ngerti apa apa :(((

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kno Ilebi
Juni 10, 2024 11:40 am

bagaimana detail usaha dan transaksinya? Jika yang dimaksud BAPENDA adalah pajak daerah karena usaha restoran/sejenisnya maka merupakan pajak daerah dan tidak dibahas disini.

andin
andin
Juni 8, 2024 2:47 pm

izin om mau tanya,

misal ada seorang staf perusahaan, dia punya usaha ternak ayam, usahanya perseorangan.
apakah orang tsb cuma dikenakan pajak pribadi atau tetap dihitung juga pajak usahanya meskipun itu usaha perseorangan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  andin
Juni 10, 2024 11:39 am

bagaimana detailnya? apakah mksdnya PT perseorangan?

andin
andin
Juni 8, 2024 2:46 pm

izin om mau tanya,

misal ada seorang staf perusahaan, dia punya usaha ternak ayam, usahanya perseorangan.
apakah orang tsb cuma dikenakan pajak pribadi atau tetap dihitung juga pajak usahanya meskipun itu usaha perseorangan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  andin
Juni 10, 2024 11:39 am

bagaimana detailnya? apakah mksdnya PT perseorangan?

Adeti
Adeti
Juni 8, 2024 8:28 am

Sore om, ijin bertanya saya sudah buat faktur pajak tapi karena ada kesalahan di tanggal dan bulan dokumen saya buat faktur pajak pengganti tapi saya lupa mengganti masa pajaknya harusnya 06 tapi di faktur pengganti masih 05 itu gimana ya om harus buat faktur pajak pengganti lagi atau tidak om

Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adeti
Juni 10, 2024 11:35 am

silakan saja dibuatkan kembali faktur pajak pengganti nya

Adeti
Adeti
Reply to  Om Pimpa
Juni 10, 2024 2:29 pm

Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adeti
Juni 12, 2024 12:36 am

sama-sama

Bang Toyib
Bang Toyib
Juni 8, 2024 4:32 am

Siang Om,

Jika ada tagihan dari lawan transaksi kami , pekerjaannya Balancing Mesin namun memiliki SBU yang dipotong PPH 23 Atau 4ayat2, Kami menyarankan memotong pph final42 namun dari pihak lawan tidak mau. apakah bisa om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bang Toyib
Juni 9, 2024 10:51 am

detail pekerjaan yang dilakukan seperti apa? Alasan tidak mau nya gmn?

Bang Toyib
Bang Toyib
Reply to  Om Pimpa
Juni 11, 2024 4:44 am

Pekerjaannya Service mesin Om, Supaya lurus ( Center ), Sebaiknya di kenakan pph apa,

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bang Toyib
Juni 13, 2024 10:25 am

PPh 23 jika terkait jasa service tersebut

Herman
Herman
Juni 8, 2024 4:28 am

Siang Om,

Izin Om, kami mendapatakan SP2DK di 2021 itu bisa 2x dalam 1 Tahun yang sama apakah bisa seperti itu om, dan juga Sudah terbit Surat pemeriksaan tahun 2022 masih terbit SP2DK tahun 2022.

Makasih Om,

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Juni 9, 2024 10:51 am

Bisa bisa saja

Bang Toyib
Bang Toyib
Reply to  Om Pimpa
Juni 11, 2024 4:46 am

Kalo seperti itu, seenakanya mereka dong om,

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bang Toyib
Juni 13, 2024 10:27 am

ya, sp2dk memang surat yg digunakan untuk bertanya atau mengkonfirmasi data, mau brapa kali pun ya bisa saja

ulfa
ulfa
Juni 8, 2024 1:19 am

om mau tanya, kalo seperti ini apa sebab nya apa ya? apa perlu pemadanan npwp/nik dulu ya?

WhatsApp Image 2024-06-08 at 08.16.43_935bca28.jpg
Om Pimpa
Editor
Reply to  ulfa
Juni 8, 2024 10:49 am

silakan cek terlebih dahulu nomor NIK yang diinput, apakah sudah sesuai dengan yang ada di KTP

thecutehijacker
thecutehijacker
Juni 7, 2024 10:16 am

Halo om, mau bertanya.
di 54/PMK.03/2021, bingung masukin saya ke kriterianya.

saya pekerja bebas pendapatan lebih dari 4.8m

Apakah wajib untuk pembukuan atau boleh hanya pencatatan?
Bagaimana tarif pajaknya?

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  thecutehijacker
Juni 8, 2024 10:50 am

jika omset sudah lebih dari 4,8M maka wajib melakukan pembukuan

mryti
mryti
Juni 6, 2024 8:51 am

halo om, ijin bertanya klo fakturnya muncul etax API-10004 gimana ya om cara memperbaikinya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  mryti
Juni 7, 2024 1:01 am

apakah sudah dipastikan nomor fakturnya sesuai dan internetnya lancar?

raaa
raaa
Juni 6, 2024 2:20 am

om mau tanya
kalau memakai nomor pajak tidak berurutan boleh kah om ??
misal nih bulan mei ini saya pakai nomor 25 dan 27
yg nomor 26 itu mau dipakai di bulan juni nnti om
itu bisa begitu om ??

Om Pimpa
Editor
Reply to  raaa
Juni 7, 2024 1:00 am

nomor pajak apa yang dimaksud? nomor bukti potong atau nomor faktur?

raaa
raaa
Reply to  Om Pimpa
Juni 7, 2024 1:53 am

nomor faktur om
karna manual harus di ketik itu om NSFP nya
jdi terlewatkan saya yg NSFP terkahirnya 26 om
apa bisa NSFP nya yg nomor 26 ini utk juni nnti om ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  raaa
Juni 8, 2024 10:52 am

nomor faktur seharusnya tidak diketik secara manual dan sudah otomatis terisi/terupdate setiap pembuatan faktur pajak

raaa
raaa
Reply to  Om Pimpa
Juni 9, 2024 12:30 pm

Harusnya begitu om
Cuman karna masih ada sisa nsfp tahun 2023 yg blom di hapus
Jdi masih tahun 2023 yg muncul om
Nah jdi makenya harus diketik manual om
Itu gimana yah om
Apa bisa yg no. 26 nya di pakai juni nnti ??
Soalnya biasanya pakai faktur tiap bulan hanya 1 faktur atau 2 faktur aja om

Om Pimpa
Editor
Reply to  raaa
Juni 10, 2024 11:42 am

bisa saja namun jadinya tidak berurutan

raaa
raaa
Reply to  Om Pimpa
Juni 19, 2024 8:06 am

Kalau nomornya tidak usah dipakai yg nomor 26 itu bagaimana om ??

Om Pimpa
Editor
Reply to  raaa
Juni 19, 2024 2:11 pm

ya bisa-bisa saja

raaa
raaa
Juni 6, 2024 1:57 am

om mau tanya
kalau memakai nomor pajak tidak berurutan boleh kah om ??
misal nih bulan mei ini saya pakai nomor 25 dan 27
yg nomor 26 itu mau dipakai di bulan juni nnti om
itu bisa begitu om ??

Om Pimpa
Editor
Reply to  raaa
Juni 7, 2024 12:59 am

nomor pajak apa yang dimaksud? nomor bukti potong atau nomor faktur?

raaa
raaa
Reply to  Om Pimpa
Juni 7, 2024 1:54 am

nomor faktur om
karna manual harus di ketik itu om NSFP nya
jdi terlewatkan saya yg NSFP terkahirnya 26 om
apa bisa NSFP nya yg nomor 26 ini utk juni nnti om ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  raaa
Juni 8, 2024 10:51 am

nomor faktur seharusnya tidak diketik secara manual dan sudah otomatis terisi/terupdate setiap pembuatan faktur pajak

raaa
raaa
Reply to  Om Pimpa
Juni 9, 2024 12:28 pm

Harusnya begitu om
Cuman karna masih ada sisa nsfp tahun 2023 yg blom di hapus
Jdi masih tahun 2023 yg muncul om
Nah jdi makenya harus diketik manual om

raaa
raaa
Reply to  raaa
Juni 9, 2024 12:30 pm

Harusnya begitu om
Cuman karna masih ada sisa nsfp tahun 2023 yg blom di hapus
Jdi masih tahun 2023 yg muncul om
Nah jdi makenya harus diketik manual om
Itu gimana yah om
Apa bisa yg no. 26 nya di pakai juni nnti ??
Soalnya biasanya pakai faktur tiap bulan hanya 1 faktur atau 2 faktur aja om

Om Pimpa
Editor
Reply to  raaa
Juni 10, 2024 11:43 am

bisa saja namun jadinya tidak berurutan

raaa
raaa
Reply to  Om Pimpa
Juni 19, 2024 8:05 am

Kalau nomornya tidak usah dipakai yg nomor 26 itu bagaimana om ??

Om Pimpa
Editor
Reply to  raaa
Juni 20, 2024 1:02 am

ya bisa-bisa saja

Hendri
Hendri
Juni 5, 2024 2:55 pm

Om nanya dong kalo saya belnaja di koperasi nasi kotak dan atk misal jumlah belanja dikegiatan 6 juta dalam 1 faktur (3 juta ATK) dan (3 jutanya nasi kotak) kena pajak berapa

Last edited 16 days ago by Hendri
Om Pimpa
Editor
Reply to  Hendri
Juni 7, 2024 12:59 am

pajak apa yang dimaksud? PPh atau PPN?

Putri
Putri
Juni 5, 2024 8:16 am

Selamat sore, ingin bertanya jika lawan transaksi adalah non pkp dan tidak memiliki npwp lalu melakukan retur, returnya kan menjadi tidak sah karena identitas di nota retur tsb tidak lengkap (tidak ada npwp) apakah ada cara mensiasati agar antara laporan penjualan di laba rugi dengan spt PPN tetap sinkron? terimakasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Juni 7, 2024 1:02 am

retur tersebut menyebabkan transaksi batal atau tidak? atau hanya sebagian yang diretur?

Eka
Eka
Juni 5, 2024 6:20 am

Halo om, mau tanya untuk komisi penjualan (dalam bentuk uang) yang kita bayarkan ke orang/badan luar negeri apakah dipotong PPh 26 sebesar 20% atau bisa tidak dikenakan PPh asalkan ada COR/COD? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Eka
Juni 5, 2024 10:53 am

COR/COD hanya salah satu syarat dalam mekanisme p3b, acuannya tdk hanya dari itu saja

Arie
Arie
Juni 5, 2024 6:19 am

Om tanya lagi, kalo suatu biaya jasa kepada badan/CV (misalnya reparasi dsb) sudah dikoreksi fiskal dan tidak digunakan sebagai pengurang penghasilan bruto, apakah tetap berpotensi dikenai pph 23?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Arie
Juni 5, 2024 10:55 am

Iya

dapidst
dapidst
Juni 5, 2024 5:53 am

om mau tanya pph23, untuk yg tidak punya npwp apakah masih berlaku kenaikan tarif 100% ? atau sekarang sudah sama sama jadi 2%untuk yg punya npwp atau pun tidak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dapidst
Juni 5, 2024 10:55 am

Tetap berlaku

Lusi
Lusi
Juni 4, 2024 3:44 pm

Tanya om Kantor saya ada sewa display di sebuah toko yg mengharuskan tokonya mengeluarkan faktur pajak, Untuk faktur pajak keluaran yg diterbitkan oleh lawan pajak pada tgl 12 Januari otomatis kan expirednya bulan april om Nah kemarin karena ada case, akhirnya saya minta ke pembuat pajak keluaran untuk mengeluarkan fp pengganti pada tgl 30 maret dengan asumsi tgl fp akan mengikuti fp pengganti sehingga tidak jadi expired Tetapi ternyata setelah berkas dikirimkan ke pusat, tim pusat yg seharusnya membayarkan ppnnya menyatakan bahwa ppnya tidak bisa di kreditkan karena faktur pajak sudah expired dan mengikuti tgl pertama terbit bukan tgl penggantian… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lusi
Juni 5, 2024 10:51 am

walaupun dibuatkan faktur pajak pengganti tetap masa nya mengikuti masa awal faktu pajak normal, jika dibatalkan maka bisa beresiko di tanya oleh KPP

Daa
Daa
Juni 4, 2024 11:28 am

Halo, mau tanya apabila kita sudah menerbitkan faktur pajak 030 tahun lalu akan tetapi BUMN tersebut sampai sekarang belum menyetor PPN dan kami selaku penjual belum menerima SSP, apakah kedepannya kami akan dikenakan denda/sanksi atau gimana? Mohon bantuannya dong 🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Daa
Juni 5, 2024 10:50 am

Tidak

Nur
Nur
Juni 4, 2024 5:12 am

Om, mohon ijin bertanya, kami perusahaan berbentuk CV. bidang pengadaan barang, perusahaan kami belum mempunyai kendaraan utk. operasional, sehingga kami melaksanakan operasional pengiriman barang menggunakan mobil pribadi , dengan mengklaimkan BBM dan tol ke perusahaan, sehingga pada SPT Tahunan kami muncul biaya transportasi, oleh AR kami biaya transportasi tsb. dikenakan PPh 23 dengan anggapan krn. belum mempunyai aset kendaraan maka biaya BBM dan tol dianggap biaya sewa kendaraan, apakah betul demikian, terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nur
Juni 5, 2024 4:37 am

bisa jika diakui demikian

manusia
manusia
Juni 3, 2024 8:25 am

izin tanya OM

saya kan lapor SPT OP 1770S saya masukkan lampirannya tetapi jika saya klik kembali kolom lampirannya hilang. Apakah ketika saya submit lampiran tsb sudah terkirim juga? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  manusia
Juni 4, 2024 11:19 am

maksudnya efiling 1770S? jika ya, maka dapat masukan lampiran kembali sebelum submit

manusia
manusia
Reply to  Om Pimpa
Juni 5, 2024 4:50 am

tp itu sudah submit OM, setelah submit saya klik kembali, pas saya cek dilampiran akhir kok tidak ada, bgmn OM apakah sudah masuk lampiran tsb?

manusia
manusia
Reply to  manusia
Juni 5, 2024 4:51 am

ini eform 1770S

Om Pimpa
Editor
Reply to  manusia
Juni 5, 2024 10:56 am

Untuk memastikan datanya silahkan hubungi kpp

manusia
manusia
Reply to  Om Pimpa
Juni 6, 2024 6:40 am

OM, jika blm dimasukkan datanya apakah nanti mendapat surat kelengkapan dokumen? kira2 brp lama dari masa submit dapet surat tsb?

Om Pimpa
Editor
Reply to  manusia
Juni 7, 2024 1:00 am

jika kpp menemukan ada yang tidak sesuai ada potensi diberikan surat. Daluwarsa pajak 5 tahun, dapat ditunggu sampai 5 tahun kedepan

Taunisi
Taunisi
Mei 30, 2024 11:54 am

Tanya Om. Pembelian bahan / material yang bersumber dari Dana Desa dan peruntukannya diberikan kepada masyarakat miskin untuk kegiatan Bedah Rumah Sehat keluarga miskin apakah di kenakan Pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Taunisi
Juni 1, 2024 5:42 pm

tergantung detail nya seperti apa, kepada siapa atau pihak manakah transaksi tersebut dilakukan?

ilyasa
ilyasa
Mei 30, 2024 4:11 am

Halo om mau tanya. saya bekerja sampingan sebagai pengisi musik disebuah kafe. saya biasa main satu hari setiap minggunya. selama kurang lebih 5 bulan, sistem pembayaran adalah mengirimkan invoice yang berisi tanggal kami mengisi kafe tersebut. invoice tersebut diberikan kepada manager kafe setiap akhir bulan. lalu pembayaran selalu tepat waktu setelah mengirimkan invoice (kurang lebih 3-5 hari) kemudian, tiba-tiba ada perubahan cara pembayaran yang mengharuskan saya (sebagai pemain musik kafe tersebut) untuk mengirimkan NIK atau foto ktp. alasannya adalah sebagai syarat bukti pemotongan pajak. sebagai tambahan, pekerjaan saya sebagai pengisi musik kafe tersebut tidak dilandaskan Memorandum of Understanding (MoU) tertentu.… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  ilyasa
Juni 1, 2024 5:42 pm

pemilik cafe sedang menjalankan kewajiban perpajakan mereka sebagai pemotong pajak, sehingga jika benar identitas Anda digunakan untuk keperluan perpajakan maka tidak menjadi masalah

Dewi
Dewi
Mei 29, 2024 8:55 am

Tanya om, untuk makan dan minum jika NPWPnya nama pribadi bukan nama kateringnya dikenakan pasal berapakah??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Mei 29, 2024 2:43 pm

apakah yang dimaksud pph nya?

Dewi
Dewi
Reply to  Om Pimpa
Mei 30, 2024 8:25 am

Ya om. Dikenakan pph pasal 23 atau pph pasal 21

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Juni 1, 2024 5:44 pm

PPh 23

Dewi
Dewi
Reply to  Om Pimpa
Juni 3, 2024 1:45 am

Kriteria pajak makan mainum yang dikenakan pph pasal 21 itu yang seperti apa ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Juni 4, 2024 11:19 am

Jika catering kepada orang pribadi dipotong PPh 21

Dewi
Dewi
Reply to  Om Pimpa
Juni 5, 2024 1:26 am

Catering kepada orang pribadi maksudnya om yg memesan 1 orang ya. Bukan karena NPWP yg punya catering pakai NPWP pribadi.

Kemaren sempat diadakan pelatihan di daerah saya dari kantor pajak disini jadi saya sudah memakai PPH 21. Apa saya salah itu om

Dewi
Dewi
Reply to  Dewi
Juni 5, 2024 1:34 am

Pph 21 saya pakai karena yg punya usaha memakai NPWP pribadinya bukan usahanya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Juni 8, 2024 10:53 am

jika demikian maka sudah tepat atas jasa catering Orang Pribadi dikenakan PPh 21

Dewi
Dewi
Mei 29, 2024 8:22 am

Izin tanya om. Untuk makan dan minum jika NPWPnya nama pribadi bukan nama cateringnya dikenakan pasal berapa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Mei 29, 2024 2:41 pm

apakah yang dimaksud pph nya?

Dewi
Dewi
Reply to  Om Pimpa
Juni 1, 2024 12:33 am

Iya. Dikenakan pph pasal berapakah om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dewi
Juni 1, 2024 5:44 pm

PPh 23

Fety
Fety
Mei 29, 2024 3:43 am

Hallo kak saya mau tanya perihal pajak perusahaan outsourcing. Pajak apa aja yang akan dibayarkan perusahaan outsourcing. Apabila sudah bayar pph 23, apa perlu bayar PPh badan juga ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fety
Mei 29, 2024 2:40 pm

jika sudah berbentuk badan maka perlu bayar pph badan dan tergantung jenis transaksi nya apa saja

Rizkia
Rizkia
Mei 29, 2024 2:08 am

Om Pimpa ijin bertanya, jika ada PT yang tidak mampu membayar hutangnya dengan uang,mereka ingin bayar dengan asset( Alat berat ), apakah ketika kita masukan aset kedalam perusahaan yang punya piutang ini disusutkan kembali dari awal, misal masa manfaat 16tahun, maka disusutkan kembali 16 tahun, jadi tidak melanjutkan akumulasi dari PT lawan ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rizkia
Mei 29, 2024 2:44 pm

Dimulai dari awal penyusutannya

Eko
Eko
Mei 28, 2024 2:21 pm

Ijin bertanya apakah pekerja berstatus mitra dengan gaji umr tetap d kenakan pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Eko
Mei 29, 2024 2:38 pm

iya

Beo
Beo
Mei 28, 2024 8:01 am

Izin tanya om, kalau telat lapor pajak masa selama 2 tahun (tapi surat tagihannya belum muncul) karena pas lapor dulu di aplikasi lapornya hanya tercantum 1 pajak masa yg seharusnya 3,itu denda nya kira kira berapa ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Beo
Mei 29, 2024 1:35 am

terkait denda pajak dapat dicek pada Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Herman
Herman
Mei 28, 2024 2:33 am

Pagi Om,

Izin Bertanya, Untuk PPH 21 pegawai tetap di bulan desember 2024 apakah masih menggunakan tarif ter atau langsung menghitung 1721 A1 , Dan tidak membuat bulanan nya lagi, terus Jika LB apakah di kompensasi ke tahun berbeda apakah Boleh

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Mei 29, 2024 1:34 am

langsung menghitung 1721 A1 dan jika LB dapat dikompensasikan ke bulan selanjutnya

Dadang
Dadang
Mei 28, 2024 1:05 am

Selamat pagi
om mau tanya
ini ada transaksi jual beli dilakukan di bulan maret
penjual menerbitkan e faktur 010 bulan maret
karena penagihan di geser ke bulan April
penjual menerbitkan efaktur pengganti bulan April (Apa Boleh faktur pengganti nyebrang bulan)
kemudian untuk dokumen penagihan di buat tetap bulan Maret atau bulan April

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dadang
Mei 29, 2024 1:34 am

Pajak tidak mengatur tentang dokumen penagihan

Yuni
Yuni
Mei 27, 2024 6:01 pm

Mau tanya om, kalau baru bikin NPWP OP umkm(0.5%) di tahun 2022 tapi dapat surat cinta tentang 2019 dan kemudian dibayar juga dengan tarif umkm,, terus masa penggunaan tarif umkmnya itu terhitung dari 2022 atau 2019?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuni
Mei 29, 2024 1:33 am

surat cinta yang dimaksud apakah atas NPWP yang terdaftar di tahun 2022?

Yuni
Yuni
Reply to  Om Pimpa
Juni 4, 2024 8:55 am

Diminta bikin npwp om. Jadi waktu itu dikasi surat cinta diminta bikin npwp mandiri, lalu dikasi surat cinta lagi tentang 2019 om

Last edited 17 days ago by Yuni
Om Pimpa
Editor
Reply to  Yuni
Juni 5, 2024 4:37 am

terkait penggunaan PPh Final UMKM dapat dicek pada menu “Info KSWP”

Cicin
Cicin
Mei 27, 2024 4:37 pm

Hallo om mau tanya ,
Jadi ada si A buka usaha Brilink pribadi,
Ternyata Transaksi brilink dalam satu bulan 800jt
Namun fee / biaya jasa atas transaksi tersebut hanya 5jtan saja

Di A ini kena pajak apa dan hitung pajak nya dari perputaran uang 800jt itu
Atau fee 5jt itu mohon bimbingannya om
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cicin
Mei 29, 2024 1:33 am

terkena pajak penghasilan atas fee sebesar 5jt tersebut

dadang
dadang
Mei 27, 2024 2:09 pm

om mau tanya
klo transaksi dilakukan bulan maret
terus di buat faktur pajak 010 bulan maret
nah kemudian penagihannya dilakukan di bulan april
terus di terbitkan faktur pajak pengganti 011di bulan april apakah boleh
terus dokumen penagihannya pakai bulan maret atau bulan April

Om Pimpa
Editor
Reply to  dadang
Mei 29, 2024 1:32 am

Boleh

Ara
Ara
Mei 27, 2024 8:17 am

Selamat siang om, saya adalah wajib pungut pajak. Kadang bertransaksi dengan warung kecil yang tidak punya npwp badan usaha sehingga tidak ada faktur PPN. Apakah saya tetap harus memungut PPN?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ara
Juni 2, 2024 9:14 am

jika lawan transaksi non PKP maka tdk pungut PPN

tasya
tasya
Mei 27, 2024 8:15 am

izin tanya om apakah nilai peredaran usaha yang terdapat dalam SPT PPN harus sama dengan nominal yang terdapat dalam PEB? apabila nominal omset pada SPT PPN dan SPT Tahunan PPh badan berbeda apa yang harus dilakukan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  tasya
Mei 27, 2024 11:44 am

tdk masalah, selama selisih tersebut dapat dijelaskan dan dibuktikan.

Nani Suryani
Nani Suryani
Mei 27, 2024 8:14 am

Selamat siang om, mhn pncerahannya: Kntr ak PKP sbg pnyedian js angkutan (kewajiban: record PK kode 08). Lawan ak (PT.B) mrpkn PKP (hak kntr ak: minta ebukpot dg tarif 2% dari DPP). Katakanlah dari transaksi ini rp. 9.625.000 (Tarif: 2% dg KOP:24-104-56…192.500). Sdh ada pembryrn sbsar 9.625.000 sesuai dg invoice dan PK. Kasusnya om: Biasanya dg PKP lawan yg berbeda (asumsi: nilai transaski sama)…Katakanlah PT.C byr rp. 9.432.500 + ebukpot rp. 192.500…=9.625.000 Tapi dg PT. B ini, mrk byr sesuai dg faktur-PK yaitu 9.625.000, saat di konfirm mrk bilang nanti utk ebupot PPh ps 23 mrk yg gross up… Pertanyaannya… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nani Suryani
Mei 29, 2024 2:37 pm

jika gross up maka DPP nya bukan 9.625.500

dgs
dgs
Mei 27, 2024 8:00 am

hallo, selamat siang, saya mau tanya untuk pkp menerbitkan faktur pajak dgn ktp orang pribadi. Apakah orang pribadi tsb harus bayar pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dgs
Mei 27, 2024 11:45 am

ya, membayar tagihan dengan pungutan PPN tersebut

Andreas
Andreas
Mei 27, 2024 4:25 am

izin tanya om.. jika ada surat jalan tanggal 22 Mei. Lha terus baru diketahui di tanggal 25 Mei untuk surat jalan tanggal 22 Mei Nomer Seri Faktur Pajak sudah habis. Jadi terpaksa kami melakukan permintaan Nomer Seri Faktur Pajak di tanggal 25 Mei dan membuat Faktur Pajak tersebut di tanggal 25 Mei. Dan ternyata itu kawasan berikat yang No. SPPB nya tanggal 22 Mei. Apakah Faktur Pajak tersebut bisa diapprove karena kami terpaksa membuat Faktur Pajak di tanggal 25 Mei.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Andreas
Mei 27, 2024 11:44 am

ya, namun ada potensi ditagih atas keterlambatan pembuatan faktur pajak

Ericha
Ericha
Mei 27, 2024 3:29 am

Permisi mau tanya, jika kita menggunakan efaktur dipc lantas cpu tiba tiba rusak, otomatis database faktur tidak bisa diambil. lalu saya berpindah menggunakan laptop karena laptop tersebut ada apk efaktur hanya saja tidak saya gunakan karna saya menggunakan pc. setelah saya buka ternyata ada 10 pajak keluaran bulan 5 yg tidak muncul dilaptop. bagaimana cara mengatasinya agar semua faktur yg saya buat bisa muncul kembali.cpu masih dalam perbaikan jd saya sedang mencari cara agar nanti database bisa digabung. Mohon bantuannya dong om pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ericha
Mei 29, 2024 2:46 pm

bisa melakukan permintaan data ke kpp

hidayat
hidayat
Mei 27, 2024 3:25 am

Mau tanya om… bila direktur tidak dibuatkan bukti potong apa akan ada masalah

Om Pimpa
Editor
Reply to  hidayat
Mei 27, 2024 11:44 am

bagaimana detail transaksinya?

tasya
tasya
Mei 26, 2024 5:29 am

om pimpa izin tanya, jika atas ekualisasi peredaran usaha di SPT PPN dengan SPT Tahunan Badan terdapat selisih yang disebabkan oleh tanggal pendaftaran PEB Desember 2021 tetapi barang keluar Januari 2022, nilai peredaran usaha di SPT PPN lebih besar daripada nilai di SPT Tahunan, apakah perlu melakukan pembetulan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  tasya
Mei 27, 2024 10:55 am

tidak perlu pembetulan SPT selama selisih tersebut dapat dijelaskan dan dibuktikan.

Hakim
Hakim
Mei 25, 2024 9:58 am

Permisi Om mau tanya kalo npwp saya masih non efektif karena belum mendapat pekerjaan dan penghasilan, saya baru mendapat pekerjaan dengan posisi pkwt selama 6 bulan, untuk npwp apakah harus diaktifkan sebelum hari h bekerja ? atau dapat dilaporkan pada spt setelah 6 bulan bekerja?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hakim
Mei 26, 2024 10:03 am

NPWP non efektif akan otomatis berubah status nya menjadi aktif ketika melakukan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi, Anda dapat melakukan pelaporan SPT Tahunan di tahun depan untuk tahun pajak 2024

adi
adi
Mei 25, 2024 4:03 am
  1. jika pendirian cv tidak mencantumkan modal usaha, di neraca nanti apa boleh mengisi nominal modal awal dan masuk ke kas?
  2. jika npwp cv sudah jadi di akhir mei dan baru berdiri (belum ada gaji di bulan mei), apa sebelum tgl 20 juni harus lapor pph21 badan? jika lapor, bagaimana input bukpot karena tidak ada transaksi gaji di bulan mei?
Om Pimpa
Editor
Reply to  adi
Mei 26, 2024 10:20 am

1. jika modal belum disetorkan, maka dapat diakui sbg piutang pengurus 
2. jika tidak ada transaksi yang berkaitan dgn objek pph 21, maka tidak perlu melakukan pelaporan SPT PPh 21*

adi
adi
Reply to  Om Pimpa
Mei 27, 2024 4:06 am

jadi tidak perlu lapor nihil pph21 nya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  adi
Mei 27, 2024 11:44 am

tidak wajib lapor untuk bulan Mei

risa
risa
Mei 24, 2024 9:51 am

sore om, mau tanya, saya upload faktur kawasan berikat, tapi reject terus keterangan dokumen SPPB tidak ditemukan, padahal no SPPB BC4.0 dan tgl faktur udah sama, itu kenapa ya om?
terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  risa
Mei 25, 2024 10:32 am

jika seluruh informasi yang diinput sudah sesuai, maka silakan menghubungi pihak bea cukai terkait ya

adi
adi
Mei 24, 2024 9:04 am

Ketika mendirikan cv, lalu ada modal awal, tapi masuk ke dalam kas perusahaan bukan ke rekening perusahaan. Apa boleh?

Modal awal di neraca apa termasuk bangunan?

Last edited 28 days ago by adi
Om Pimpa
Editor
Reply to  adi
Mei 25, 2024 10:31 am

boleh-boleh saja, jika perusahaan memberikan modal dalam bentuk bangunan juga bisa bisa saja

Anto
Anto
Mei 24, 2024 5:56 am

Siang Om..

Mo tanya lagi donk…

Kalo maksud Saham Yang tidak terbagi-bagi utk usaha berbentuk CV. Maksudnya gimana ya Om ?

Kami ada CV, modal saham di SK kemenkumham terbagi menjadi 2 orang pemodal,

Gaji utk salah satu pengurus yg aktif apakah tetap bisa utk tidak dipotong PPH 21 ?

Berkaitan dg UU HPP nomor 7 tahun 2021 Pasal 4 ayat 3 huruf i (belum faham)

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anto
Mei 25, 2024 10:30 am

saham tidak terbagi-bagi ini konteksnya seperti apa? pemberian gaji tetap merupakan objek pajak pph 21

Agnes
Agnes
Mei 23, 2024 4:34 pm

Halo om, izin bertanya
Jika PT A (PKP) menjual sepeda listrik, berapa persen PPN yang harus dipungut oleh PT A atas penjualan sepeda listrik tersebut? dan apakah sepeda listrik ini dikenakan PPh Pasal 22 atas penjualan kendaraan (0,45%) juga om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Agnes
Mei 25, 2024 10:29 am

diperlukan informasi tambahan terkait detail2 komponen yang digunakan pada kendaraan listrik tersebut, PPN atas penyerahan kendaraan listrik dapat dicek di PMK no 8 tahun 2024

Agnes
Agnes
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2024 5:46 pm

namun pada PMK no. 8 Tahun 2024 hanya memuat peraturan terkait kendaraan listrik beroda empat
apakah ada peraturan terkait sepeda listrik ataupun kendaraan listrik beroda dua?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Agnes
Mei 27, 2024 10:55 am

diperlukan informasi tambahan terkait detail2 komponen yang digunakan pada kendaraan listrik tersebut. Bagaimana detail transaksinya?

17.2K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x