Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
17.4K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Diana
Diana
Juni 28, 2024 4:31 am

om mau tanya

  • kalau laba di tahan apakah perlu masuk ke komponen neraca?
  • jika penyusutan aktiva tetap (kendaraan/inventaris) sudah habis, maka nilai aktiva tetap (kendaraan/inventaris) pada tahun berikutnya apakah 0 atau sesuai harga aktiva tetap awal (tanpa penyusutan)?

mohon petunjuknya om, terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Diana
Juni 30, 2024 7:18 am

1. ya
2. harga perolehan tetap sama, akumulasi penyusutan nilai nya sama dengan harga perolehan, karena harta sudah habis disusutkan

Ull
Ull
Juni 28, 2024 2:49 am

jika penjual melakukan pembatalan faktur karena salah memasukkan nama konsumen atau salah npwp yg dilakukan penjual hanya pembatalan faktur dan membuat faktur baru lagi atau ada syarat yg lain ( maksudnya mungkin melampirkan alasan pemabatal)

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Ull
Juni 30, 2024 7:19 am

silakan lakukan pembatalan faktur pajak saja

Ull
Ull
Juni 28, 2024 2:46 am

Izin bertanya..

Jika melakukan pembatalan faktur tetapi pihak penjual dan pembeli belum melakukan pelaporan spt masa apa ada konsekuensinya bagi pihak penjual dan pembeli?

Last edited 16 days ago by Ull
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Ull
Juni 30, 2024 7:19 am

ya tidak ada, silakan lakukan pembatalan faktur pajak nya saja dari sisi penjual

Nopi
Nopi
Juni 27, 2024 12:38 pm

PT ABC menerima surat SP2DK dari KPP dimana dalam surat tersebut diminta untuk mmemberikan penjelasan atas data dan/atau keterangan atas aktivitas transaksi yaitu: Berdasarkan penelitian terhadap data dan/atau keterangan yang kami miliki dan/atau kami peroleh tahun pajak 2020, diketahui hal-hal sebagai berikut: Nilai Penyerahan SPT Masa PPN Januari sampai Desember Rp 27,530,145,477 Peredaran Usaha dilaporkan pada SPT Tahunan 2020 Rp 27,166,982,537 Selisih Rp 363,162,940 Diminta: 1. Jika wajib pajak tidak bisa memberikan penjelasan atas data diatas berapa yang harus dibayar oleh PT ABC ? 2. Jika anda sebagai Tax Management dan diminta untuk membantu menyelesaikan selisih diatas ! apa yang… Read more »

Last edited 16 days ago by Nopi
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nopi
Juni 30, 2024 7:17 am

selamat mengerjakan soal

Jessica
Jessica
Juni 27, 2024 6:35 am

Om mau nanya misal nih yaa bulan juni ini kontrak karyawan habis dan sdh ada pengembalian pph 21 di bulan ini jg.. tp karyawan kontraknya lanjut 2 bln kemudian di perusahaan sama ga resign… maka itu A1 baiknya dibuat juni atau des ya?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Jessica
Juni 28, 2024 9:06 am

jika karyawan tersebut tidak resign, maka tidak perlu dibuatkan A1 pada bulan Juni, dapat dibuatkan di desember saja

Budi
Budi
Juni 27, 2024 3:05 am

baru saja saya iseng cek npwp pribadi saya via https://ereg.pajak.go.id/ceknpwp
setelah saya masukkan nik dan no KK hasilnya NPWP tidak di temukan kira kira kenapa ya?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Budi
Juni 28, 2024 9:06 am

untuk data – data yang diisikan apakah semua nya sudah tepat?

Billy Kid
Billy Kid
Juni 26, 2024 8:13 pm

Om, kalau saya WNI sudah tinggal dan kerja di luar negeri lebih dari 5 tahun tapi ingin berinvestasi di Indonesia kan saya harus buat NPWP yah, nanti saya harus melaporkan penghasilan saya yang di LN juga atau cukup laporkan jumlah aset plus penghasilan (dlm hal ini keuntungan dari investasi dan bukan penghasilan dari melakukan pekerjaan) yang saya dapat di Indonesia saja?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Billy Kid
Juni 28, 2024 9:06 am

jika Anda merupakan seorang Subjek Pajak Luar Negeri, maka tidak memiliki kewajiban untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan di Indonesia

rara
rara
Juni 26, 2024 5:36 pm

selamat om, saya mau tanya. kalau orang tua sudah lama memiliki npwp NE karena tidak lagi berpenghasilan, lalu tahun ini saya hadiahkan uang dan akan beliau depositokan, apakah harus mengganti status npwp menjadi aktif lagi? kalau harus diaktifkan lagi kan nanti laporan bunga depositonya dilaporkan di bagian pph final, bagian pph biasa diisi 0 saja atau bagaimana om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  rara
Juni 28, 2024 9:06 am

deposito dilaporkan pada bagian harta di SPT Tahunan, dengan melaporkan kembali SPT Tahunan, maka NPWP akan otomatis aktif kembali. PPh Final atas bunga deposito silakan disesuaikan dengan nilai PPh yang dipotong oleh pihak bank

SPN
SPN
Juni 26, 2024 12:09 pm

Hi Om Pimpa,

Saya mau tanya apabila transaksi atau pembayaran saya di hold oleh sebuah perusahaan karena tunggakan pajak ppn yang tidak disetorkan yang dilakukan oleh perusahaan saya sebelumnya, dimana saya tidak bertanggung jawab terhadap aspek finansial, apakah ini dibolehkan. Saat ini saya sales dari perusahaan baru yang pusing karena tindakan customer yang saat ini menghold pembayaran untuk pekerjaan yang kami lakukan.
Mohon pencerahannya

Last edited 17 days ago by SPN
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  SPN
Juni 28, 2024 9:05 am

silakan terkait masalah tersebut dapat dikomunikasikan kembali dengan lawan transaksi

prass
prass
Juni 26, 2024 11:25 am

boleh minta pencerahan tentang aktivasi pajak secara online untuk pengisian no.3 itu seperti kode klau, itu bagaimana ya? jadi saya ingin masuk kerja dan ada perlengkapan berkas NPWP karena saya belum buat jadi berdasarkan media saja untuk informasinya saya kebingugan pengisian di bagian ini, sebab saya anak baru terbit pajak om hehe mohon pencerahannya🙏🏻

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  prass
Juni 28, 2024 9:05 am

kode KLU untuk Orang Pribadi atau Perusahaan? jika untuk orang pribadi, maka kode KLU sesuai dengan jenis pekerjaan Anda, jika perusahaan, maka silakan isi KLU sesuai dengan kegiatan usaha perusahaan

muhyi
muhyi
Juni 26, 2024 8:14 am

om mau nanya perlukah ada tanda tangan dan cap perusahaan di 1721-A1 yang tahun sekarang (e-bupot pph 21)?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  muhyi
Juni 27, 2024 8:25 am

tidak

jas
jas
Juni 26, 2024 7:54 am

jika di invoice terdapat pembelian barang dan ada juga jasanya, untuk PPh ny dipotong dari total nominal keseluruhan invoice atau dari nominal jasa ny saja ya om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  jas
Juni 27, 2024 8:24 am

nominal jasa saja

dee
dee
Juni 26, 2024 6:42 am

izin tanya, kalo membuat faktur pajak pengganti namun dalam masa yang sama, apakah tanggal faktur pajak mengikuti invoice atau sesuai dengan tanggal penggantian faktur pajak?

AbbD
AbbD
Reply to  dee
Juni 26, 2024 7:12 am

tanggal pengganti, bisa juga opsi dibatalkan, buat baru

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  AbbD
Juni 27, 2024 8:25 am

sesuai dengan tanggal penggantian faktur pajak

sydney
sydney
Juni 26, 2024 4:06 am

om mau tanya dong, bedanya potong pajak 11 % dan 2,5 % itu apa ya ? dan untuk cv pake ppn yg 11 % ya jika omset 1 thn nya 4.8 m?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  sydney
Juni 27, 2024 8:22 am

pajak apa yang dimaksud? Dan untuk tarif ppn semua sama di 11%

Aniyah
Aniyah
Juni 25, 2024 10:56 am

izin tanya om
jika hasil laba rugi mines laporan spt nya nihil apakah itu salah pengisian spt nya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Aniyah
Juni 25, 2024 12:21 pm

Banyak penyebabnya, bs aja salah isi atau jg salah lihat

aldo
aldo
Juni 25, 2024 9:28 am

apakah invoice dengan faktur pajak bulan yang diganti dengan bulan yang berbeda mengikuti faktur pajak pengganti atau harus sesuai dengan tanggal faktur pajak awal.
contoh faktur pajak awal tgl 01 feb 2024 namun ada fp pengganti 15 maret 2024, seharusnya invoice yang dikeluarkan adalah inv dengan tanggal? 01 feb atau 15 Maret?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  aldo
Juni 25, 2024 12:20 pm

1 feb

aldo
aldo
Reply to  Om Pimpa
Juni 26, 2024 6:02 am

jika dibulan yang sama contoh inv awal 01 feb dgn fp 01 feb, fp pengganti tgl 15 feb apakah inv nya mengikuti tgl fp pengganti? atau tetap tgl 01 feb?

AbbD
AbbD
Reply to  aldo
Juni 26, 2024 7:13 am

FP pengganti dibuat sesuai tgl penggantian bukan mengacu pada invoice, FP tidak selalu harus sama dengan invoice

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  aldo
Juni 27, 2024 8:26 am

tetap tanggal 01 feb

Wahyuni
Wahyuni
Juni 25, 2024 9:27 am

Sore Om. Om, mau tanya klo HS CODE untuk Uang Muka berapa ya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Wahyuni
Juni 25, 2024 12:20 pm

apakah yg dimaksud adalah kegiatan expor-impor?

Cky
Cky
Juni 25, 2024 4:32 am

Apakah ada peraturan trntang pembebasan pph, dan ppn, casenya seperti berikut, perusahaan saya bekerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengiriman sample darah hiv, dan infonya adalah dana yg digunakan untuk kegiatan ini adalah dana luar negeri. Apakah kegiatan ini dikenakan pajak atau tidak ya? Mohon pencerahan

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Cky
Juni 25, 2024 12:20 pm

apakah maksudnya dana bersumber dari luar negeri?

Isti
Isti
Juni 25, 2024 3:46 am

Hi Om, minta pencerahan om.. pajak atas facebook ads yang bersifat iklan itu merupakan obyek pajak? tarifnya betul 10% dan dapat dikreditkan om? untuk dasar aturannya apakah bisa diinfokan?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Isti
Juni 25, 2024 12:19 pm

bagaimana detail dan dengan siapa transaksi tsb dilakukan?

Andi karmila
Andi karmila
Juni 25, 2024 3:20 am

Om, pendaftaran NPWP Online lagi bermasalah ya? daritadi coba error mulu

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Andi karmila
Juni 25, 2024 12:18 pm

silakan dicoba secara berkala atau menghubungi KPP terdekat

karsten
karsten
Juni 25, 2024 3:12 am

Pagi om, ijin tanya ya, tahun 2013 beli rumah dengan kpr bank 150 juta atas nama istri, dan rumah belum masuk spt sampai sekarang, bila tahun depan dimasukan spt saya maka utang nya ikut 150 juta atau sisa kpr sebesar 20 jutaan, dan hartanya ikut harga rumah 2013 atau tahun 2024? Apakah ada denda karena alpa melaporkan ini? tahun 2021 istri mendapat rumah dan mobil dari mertua hasil penjualan tanah, apakah ada pajak yang saya bayarkan? apakah mertua dikenai pph sementara saat penjualan tanah dikenai pajak penjualan? tahun 2021 tanah milik mertua dihibahkan ke istri, apakah ada pajak yang dikenakan… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  karsten
Juni 25, 2024 12:18 pm

bagaimana status NPWP nya? apakah Pisah Harta (PH)?

karsten
karsten
Reply to  Om Pimpa
Juni 25, 2024 1:24 pm

Istri ada npwp, tapi krn sdh tdk bekerja tiap laporan saya gabung harta.

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  karsten
Juni 27, 2024 8:27 am

jika dilapor pada SPT suami, maka semua kewajiban perpajakan ada di suami

Mell5
Mell5
Juni 24, 2024 9:43 am

Hai om mau tnya soal dampak jika suami istri menggunakan NPWP yang sama

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Mell5
Juni 24, 2024 7:18 pm

dapat melaporkan SPT gabungan atas harta, utang dan penghasilan suami istri

Alan
Alan
Juni 23, 2024 3:01 am

Mau tanya om
Kalo PT melapor spt pph pasal 21 nihil yang massa pajaknya Mei 2022 pada tanggal 29 Juni 2022.. Itu sanksi nya berapa ya om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Alan
Juni 24, 2024 9:33 am

jika nihil, maka denda telat lapor 100.000

Aniyah
Aniyah
Juni 22, 2024 3:00 am

izin tanya om
apakah aktiva tetap harus dicantumkan dalam neraca dan apabila ada kesalahan hitung apakah harus diganti atau di betulkan jika sudah lapor SPT

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Aniyah
Juni 23, 2024 9:54 am

ya, dapat melakukan pembetulan SPT

Aniyah
Aniyah
Reply to  Om Pimpa
Juni 24, 2024 4:14 am

untuk cara menghitung penyusutan aktiva tetap dihitung dari pemakaian bulan apa atau tahun berapa misalnya di pakai bulan April 2021 apakah itu menjadi tahun pertama penyusutan

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Aniyah
Juni 24, 2024 7:17 pm

bulan pembelian, jika dibeli dan dipakai bulan Apr 2021 maka penyusutan mulai bulan apr 2021.

Agung
Agung
Juni 21, 2024 10:55 pm

Halo om izin bertanya, kalau saya mau over kontrak tanah, untuk pajak sewa pph 4 ayat 2 yang dipotong 10% itu yang bayar saya sebagai penyewa sebelumnya atau penyewa selanjutnya ya? Mohon pencerahannya segera🙏🏻

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Agung
Juni 23, 2024 9:55 am

bagaimana detail transaksi over nya? contoh jika dari pihak penyewa sebelumnya menyewakan ke pihak lain maka memotong PPh 4(2) lagi.

sulthon
sulthon
Juni 21, 2024 7:06 am

Halo Om
Maaf mau nanya, soal pph 21

  1. untuk karyawan yang resign di pertengahan tahun, itu bukti potong A1 nya dibuat setahun atau disetahunkan ya?
  2. apabila nanti karyawan yg out tersebut masuk lagi, berarti nanti dapat bukti potong A1 lagi kalau resign lagi/pas akhir tahun pajak? atau bisa jadi 1 saja?
  3. kalau ada karyawan out yg pada saat bulan keluarnya itu belum dibuatkan A1, dan mau dibuatkan A1 di 2 / 3 bulan setelahnya, dan statusnya lebih bayar, apakah harus melakukan pembetulan SPT masa pada saat karyawan tersebut keluar?

Terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  sulthon
Juni 22, 2024 2:12 am

1. bukti potong A1 dibuat setahun
2. karyawan tersebut masuk lagi di perusahaan yang sama atau perusahaan cabang?
3. bukti potong A1 dibuat saat karyawan tersebut keluar sehingga perlu pembetulan SPT Masa

sulthon
sulthon
Reply to  Om Pimpa
Juni 27, 2024 2:02 am

ada 2 kasus om
yang satu masuk ke perusahaan yang sama
yang satu masuk ke perusahaan cabang

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  sulthon
Juni 28, 2024 9:06 am

jika masuk lagi ke perusahaan yang sama, maka tidak perlu buat A1, jika masuk nya ke perusahaan cabang maka untuk karyawan tersebut dibuatkan A1

sulthon
sulthon
Reply to  Om Pimpa
Juli 1, 2024 12:09 am

tapi kan waktu pertama kali karyawan tsb resign kita blm tau om apakah akan masuk perusahaan yang sama atau tidak.
lalu untuk masa kerjanya dibuat seperti apa misal dia keluar masuk begitu?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  sulthon
Juli 3, 2024 5:58 am

Jika belum tau balik lagi atau tidak maka dianggap resign sehingga dibuatkan A1. Jika resign lalu masuk lagi maka A1nya nanti sesuai periode pertama kerja dan terakhir bekerja.

Bagus
Bagus
Juni 21, 2024 4:35 am

Om mau tnya untuk Penjualan Pulsa dan paket data selain di kenakan Ppn, apakah di Potong pph 23 juga?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Bagus
Juni 22, 2024 2:14 am

lawan transaksi/pembelinya siapa saja?

meyta
meyta
Juni 21, 2024 2:49 am

om mau tanya untuk pencabutan PKP laporan keuangan yang dibutuhkan itu laporan laba rugi saja atau dengan neraca?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  meyta
Juni 22, 2024 2:14 am

laba rugi dan neraca

Nandi
Nandi
Juni 20, 2024 7:38 pm

Om saya punya badan usaha (PT) yg baru berdiri oktober 2023 kemarin, nah kan saya masih non pkp dan omsetnya masih sangat kecil dan tidak punya karyawan sama sekali apakah PT saya masih harus lapor pajak bulanan? Kalo ada itu pph berapa om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nandi
Juni 22, 2024 2:14 am

1. apakah ada transaksi lain misalnya biaya sewa, pembayaran ke orang pribadi atau biaya lain?
2. jenis PPh apa yang ditanya? karena PPh banyak jenisnya

Nandi
Nandi
Reply to  Om Pimpa
Juni 23, 2024 9:10 pm

Engga ada om, paling beli2 bahan baku untuk produksi aja. Nah itu PT saya masih harus lapor pajak apa engga ya om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Nandi
Juni 24, 2024 7:18 pm

tergantung dengan transaksinya. Contoh jika tidak ada pembayaran gaji/ jasa kepada individu maka tidak wajib lapor SPT Masa PPh 21. Jika ada omset dan masih menggunakan skema PP 55 maka dapat menyetorkan setiap bulannya.

Arie
Arie
Juni 20, 2024 8:01 am

Om, mau tanya lagi soal pencantuman harta warisan berupa tanah/bangunan. Misal saya mau mencantumkan nilai tanah warisan di SPT OP thn 2022, dimana perolehan tanah tsb terjadi di thn 1981, apakah nilai tanah yg dicantumkan sesuai harga perolehan awal yaitu harga di tahun 1981? Atau dinilai berdasar NJOP tahun 2022?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Arie
Juni 20, 2024 11:56 am

Harga perolehan mengikuti NJOP saat warisan diterima. Warisan tersebut diterima tahun kapan?

Arie
Arie
Reply to  Om Pimpa
Juni 20, 2024 2:37 pm

Diterima di tahun 2022

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Arie
Juni 22, 2024 2:12 am

Harga perolehan mengikuti NJOP 2022 karena warisan diterima di 2022

eka
eka
Juni 20, 2024 7:55 am

Sebelum H-1 akad kredit jual beli rumah, pihak bank menyuruh pembeli dan penjual membayar pajak jual beli (ppn bagi penjual) dan BPHTB bagi pembeli, saat hari H akad pihak bank menyatakan tidak bisa melanjutkan akad krn ada ttd ahli waris yg tidak lengkap. Pertanyaan apakah pajak yang sudah di bayar bisa di refund PPN dan BPHTB karena rumahnya tidak jadi di beli ? mohon bantuannya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  eka
Juni 20, 2024 11:57 am

bisa bisa saja tetapi perlu kordinasi dengan pihak yang bertransaksi

Hana
Hana
Juni 20, 2024 7:45 am

Halo om, kalo perusahaan udah PKP tgl 14 tapi dia melakukan surat keterangan non-PKP pada tgl 19 dengan alasan belum bisa melakukan penerbitan efaktur, apakah ada sanksinya? Trimakasi

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Hana
Juni 20, 2024 11:58 am

ada

steffy
steffy
Juni 20, 2024 6:22 am

selamat siang. saya ingin bertanya, bagaimana sistem pembagian perpajakan apabila kerjasama dengan cobroker? apakah ada ketentuan dari UU? Berapa persen untuk pembagian pajaknya? terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  steffy
Juni 20, 2024 11:58 am

perpajakan apa yang ditanya? dengan siapa saja pihak yang bertransaksi?

Dyan
Dyan
Juni 19, 2024 3:07 am

Selamat pagi
Mau tanya..
Jika perusahaan saya ada mendaftarkan beberaoa karyawannya untuk medical chek up di rumah sakit, apakah atas invoice pmbyarannya dipotong PPh 23 ?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Dyan
Juni 19, 2024 2:08 pm

tergantung apa yang tercatat pada invoice

mulky
mulky
Juni 18, 2024 4:44 am

selamat siang om, mau tanya, klo ada PKP kirim barang ke perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat,posisnya untuk pembayaran atas barang tersebut menggunakan DP atau termin payment,saya mau tanya ketika PKP terbitkan invoice DP pertama 30% dari nilai PO(pada saat PO di terima oleh PKP) itu PKP membuat faktur pajak atau tidak, klo membuat kode faktur pajak yang di gunakan 01 atau 07? nah DP ke dua 30% dari nilai PO (pada saat barang di kirim) , nah pada DP ke 2 baru terbit SPPB atas BC 40, itu di invoice DP ke 2 nilai invoice itu apakah nilai DP 30%… Read more »

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  mulky
Juni 19, 2024 6:12 am

iya membuat faktur pajak 07 dgn dokumen pendukung

elokhariyanto
elokhariyanto
Juni 16, 2024 9:26 am

Halo Pak, Ijin bertanya untuk BPHTB misal harga beli 7 sd 10 juta berapa harus bayar BPHTB nya Pak. Wilayah Desa Pampang, kodya Samarinda. Terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  elokhariyanto
Juni 19, 2024 6:11 am

bphtb merupakan pajak daerah ya, sehingga tidak dibahas disini

dee
dee
Juni 14, 2024 7:37 am

halo, mau bertanya mengenai aturan apa yang mengatur PPN KMS bahwa pajak masukan atas pembelian bahan material tidak bisa dikreditkan? terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  dee
Juni 15, 2024 9:01 am

Ya tidak bisa

dee
dee
Reply to  Om Pimpa
Juni 18, 2024 10:19 am

maaf om, apa ada aturan yg mengatur hal tsb?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  dee
Juni 19, 2024 6:12 am

silakan di cek pada PMK 61/PMK.03/2022 serta UU PPN

ngesti
ngesti
Juni 14, 2024 3:27 am

hallo om, mau tanya ,direktur kan punya PT yg kena pajak daerah,pertanyaan nya kewajiban direktur untuk bayar pajak PPH nya gimana ya?? kan PT nya juga sudah bayar PPH final 0,5% ,kalau direktur nya dikenakan pajak juga brarti dobel dobel kena pajak PPH nya

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  ngesti
Juni 15, 2024 9:01 am

pajak daerah dan pajak pusat merupakan 2 jenis pajak yang berbeda dan memiliki regulasi tersendiri

Muhammad Qomarudin
Muhammad Qomarudin
Juni 14, 2024 1:55 am

hallo om…ijin bertanya, untuk bupot pph 22 apakah bisa kita kreditkan beda tahun…? misal bupot pph 22 thun 2023 , kita kreditkan pada spt tahunan 2024…? apakah bisa…terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Muhammad Qomarudin
Juni 15, 2024 9:01 am

tidak

Adhan
Adhan
Juni 13, 2024 1:53 pm

Tanya dong om, kami ada CV dg omzet di bawah 1M/thn, cv kami ini sudah PKP karena customer kami adalah bendaharawan. Saat cv kami memberikan tagihan pada customer bendaharawan, kami di potong PPN dan PPH 22 dari tagihan yg kami berikan. Pertanyaannya,
1. apakah CV harus mengeluarkan bukti fisik PPN sesuai dg nilai yg dipotong bendaharawan ?
2. Untuk pajak final 0,5% nya apakah harus CV yang bayar dan lapor nya ?

Terima kasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Adhan
Juni 15, 2024 9:01 am

1. jika perusahaan sudah PKP, maka wajib menerbitkan faktur pajak dengan kode 02 jika bertransaksi dengan bendaharawan pemerintah
2. jika perusahaan masih dapat menggunakan tarif final UMKM 0,5%, silakan lampirkan SUKET penggunaan PP 55 kepada lawan transaksi, agar lawan transaksi memotong 0,5% dari transaksi

Rahmania
Rahmania
Juni 13, 2024 8:42 am

Selamat sore Pak.
Mau bertanya,

Jika sebuah perusahaan yang beromset dibawah 4,8 M bergerak di bidang jasa outsourcing (menyediakan tenaga kerja dan membayar upah tenaga kerja) yang merupakan objek PPN. apakh boleh tetap menjadi non PKP?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rahmania
Juni 14, 2024 4:12 am

boleh tetap non PKP jika belum mencapai 4.8M

Lia
Lia
Juni 13, 2024 4:08 am

Siang, om..
mau tanya om, PPN Masukan bisa di kreditkan apabila masa faktur pajak tersebut pihak pembeli blm terdaftar pkp? misal : Pembelian barang dan terbit faktur pajak pd bulan april akan tetapi pembeli terdaftar pkp di bulan Mei, apakah faktur pajak tsb bs d kreditkan?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Lia
Juni 14, 2024 4:12 am

tidak

Mutiara
Mutiara
Juni 12, 2024 4:23 am

halo om pimpa, saya mau bertanya mengenai mekanisme penerbitan faktur pajak atas biaya yg ditagihkan atas reimbursement dan re-invoicing? apakah bisa dibantu untuk diidentifikasi perbedaan perlakuan PPN dan PPh atas keduanya? Terimakasih

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Mutiara
Juni 13, 2024 8:42 am

Dasar acuannya adalah siapa pihak-pihak yg tertulis di dokumen transaksi, pihak tersebutlah yg akan punya kewajiban pph dan ppn

Mutiara
Mutiara
Reply to  Om Pimpa
Juni 26, 2024 4:59 am

misal PT A mendapat tagihan bandwidth 500jt dari PT XYZ, FP yg diterbitkan PT XYZ atas nama PT A, bandwidth tsb sharing bersama 3 company related party PT A yaitu PT C, D dan E, kemudian PT A menagih porsi pemakaian ke 3 company related party PT C, D dan E, apakah PT A harus menerbitkan PPN untuk tagihan tsb ke PT C, D dan E? dan apakah PT C, D dan E hrs memotong pph 23 atas tagihan yg ditagihkan oleh PT A? terimakasih om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Mutiara
Juli 13, 2024 7:08 am

betul

ruls
ruls
Juni 12, 2024 4:06 am

mau tanya om, kalau saya pinjam ruko untuk PT, yang bayar pajaknya siapa ya?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  ruls
Juni 13, 2024 8:40 am

pajak apa yang dimaksud?

rs.feb
rs.feb
Juni 12, 2024 1:48 am

pagi om, mau tanya, suami saya dapat bupot th 2023 dari perusahaan ny bekerja, tapi ptkp yang dicantumkan tidak sesuai, seharusnya K/2 tapi di bupot masih K/1. apakah nanti akan jadi masalah om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  rs.feb
Juni 13, 2024 7:12 am

pada saat di kreditkan jika ingin menggunakan status K/2 maka bisa jadi kurang bayar

rs.feb
rs.feb
Reply to  Om Pimpa
Juni 13, 2024 7:20 am

tapi ini nihil om,
masalah / tidak ya om?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  rs.feb
Juni 14, 2024 4:12 am

tambahan tanggungan lahir di awal tahun (1 januari 2023) atau kapan?

rs.feb
rs.feb
Reply to  Om Pimpa
Juni 15, 2024 1:23 am

tambahan tanggungan lahir di akhir tahun 2022 om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  rs.feb
Juni 16, 2024 11:08 am

saat pelaporan di SPT Tahunan dapat menggunakan status ptkp yang sebenarnya, namun jadi ada potensi statusnya menjadi lebih bayar karena nilai ptkp yang di SPT lebih besar daripada nilai ptkp di bukti potong

Daa
Daa
Juni 11, 2024 5:31 am

Halo om, mau tanya gimana yah statusnya jika kita selaku penjual sudah menerbitkan faktur pajak 030 tapi lawan transaksi kami belum menyetorkan PPN tersebut apakah kami selaku penjual akan dikenakan sanksi?. Mohon penjelasannya om

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Daa
Juni 13, 2024 8:44 am

Faktur kode 03 kewajiban penyetoran PPN ada di pembeli

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Daa
Juni 13, 2024 10:26 am

tidak, jika lawan transaksinya memang kepada WAPU selain bendaharawan

sri susanti
sri susanti
Juni 11, 2024 1:58 am

hallo om mau tanya, lawan transaksi memiliki SKB berlaku tgl 30 Mei, namun tagihan atas periode mei di buat di bulan Juni (tanggal invoice bulan Juni atas tagihan bulan mei). kapan SKB berlaku? apakah tagihan periode Mei yg di buat di bulan Juni sudah bebas pph 23 atau tidak? atau berlakunya start pada tagihan periode Juni yg di buat di bulan Juli baru bebas pph 23?

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  sri susanti
Juni 13, 2024 10:28 am

silakan cek sampai kapan berlakunya tanggal SKB, contohnya jika mulai 30 mei – 31 Des, maka pembayaran juni – des bebas PPh 23.

Airi
Airi
Juni 11, 2024 12:57 am

selamat pagi mau tanya bang, saya telah membuat dan mengirim laporan keuangan untuk pertama kali ke AR. setelah diperiksa AR ternyata persediaan saya dianggap kurang masuk akal dan saya disuruh menaikkan nilai persediaan cukup banyak. mau tanya bang jika nilai persediaan meningkat tajam apakah ada pajaknya? dan apakah tidak bermasalah jika nilai persediaan naik tajam dibandingkan dengan laporan spt tahun lalu? mohon penjelasannya bang. usaha yg dijalani usaha toko emas

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Airi
Juni 13, 2024 10:24 am

tidak masalah jika sesuai dengan kondisi persediaan yang sebenarnya. pertanyaannya adalah apakah pencatatan persediaan sudah dilakukan dengan benar dan sesuai kondisi riil?

muhyi
muhyi
Juni 10, 2024 10:00 am

om saya mau nanya, untuk spt tahunan orang pribadi kan tampilan nya berbeda dengan yang sebelumnya. untuk itu masih perlu tanda tangan dan cap perusahaan untuk spt nya?

Last edited 1 month ago by muhyi
Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  muhyi
Juni 10, 2024 11:45 am

tampilan apa yg dimaksud?

muhyi
muhyi
Reply to  Om Pimpa
Juni 11, 2024 4:01 am

SPT 1721-A1 orang pribadi om, kalau di e-spt kan masih ada tanda tangan dan cap perusahaan. nah kalau e-bupot itu di bagian bawah nya ada barcode gt om, masih perlukah tanda tangan dan cap perusahaan untuk 1721-A1

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  muhyi
Juni 13, 2024 10:25 am

tidak perlu

Husni
Husni
Juni 10, 2024 7:42 am

min, saya mau lapor PPN utk perusahaan, jadi saya udh masukin nomor NTPN nya tapi dan saya pastikan sudah benar, tapi ketika saya submit keluar kode SPTSERVICE-00021- SPT KURANG BAYAR PPN ..
mohon pencerahannya min

Om Pimpa
Om Pimpa
Editor
Reply to  Husni
Juni 10, 2024 11:44 am

apakah nominal pembayaran sudah sesuai dgn yg seharusnya dibayarkan? pastikan kembali nominal kurang bayarnya

17.4K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x