Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
10.8K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
hazky
hazky
Oktober 6, 2022 9:44 am

Om kasih aku pertanyaan yang sudah dong tentang fungsi pajak sama pengertian nya soalnya temen saya yang ngeselin presentasi hari ini tentang pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  hazky
Oktober 7, 2022 2:18 am

Tinggal tidur aja lah

sanny
sanny
Oktober 6, 2022 7:30 am

saya ada selisih potong pph 23 sebesar 698rupiah.. apakah harus pbk?
atau bisa di klopkan dengan tagihan berikutnya?

Last edited 1 month ago by sanny
Om Pimpa
Editor
Reply to  sanny
Oktober 7, 2022 2:19 am

dapat di PBK, mksdnya diklopkan dengan tagiahn berikutnya? Kelebihan setor PPh 23 tidak dapat dikompensasikan

Vera
Vera
Oktober 6, 2022 2:53 am

Om sy kan baru pertama kali ngurus soal pajak, nah saya lagi buat laporan pajak bulanan utk bulan 10 ini, pas lapor di djp online nya laporan dya ditolak karena (SPT yang anda laporkan melebihi masa/tahunan pajak sehingga tidak dapat diterima) itu gimana yah om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vera
Oktober 7, 2022 2:19 am

masa pajak oktober dapat dilaporkan dibulan berikutnya/ setelah bulan oktober berakhir

Yulia
Yulia
Oktober 6, 2022 2:08 am

Ompa ijin bertanya lagi, klo misalkan kita buat bukti potong pph 22 di ebupot dan angka nya itu beda, misalkan di data kita nominal nya 480.562 , tapi pas kita masukin di ebupot pas masukin dpp nya kan otomatis lgsung nominal nya 480.561, bbrti itu ada rounding 1 , apakah itu bermasalah atau harus kita samakan dengan data kita ompa. Mohon pencerahan nya. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yulia
Oktober 7, 2022 2:19 am

DPP dapat disesuaikan jika selisih rounding 1 rupiah

Aruna Divadlo
Aruna Divadlo
Oktober 5, 2022 4:51 pm

Om, numpang tanya lagi ya.. Kalau tinggal di indonesia, kerja freelance untuk perusahaan di luar negeri dan penghasilan tidak dipotong pajak oleh perusahaan, gimana perhitungan pajak yang harus saya bayar di indonesia? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aruna Divadlo
Oktober 7, 2022 2:19 am

berdasarkan tarif progresif pasal 17 atas penghasilan dari luar negeri

yuli
yuli
Oktober 5, 2022 3:40 pm

om izin tanya..
Bagaimana cara melakukan penggantian fp 070 menjadi 071 ya? apa harus melakukan perubahan ppbj dan dokumen endorsemennya? Boleh tolong dishare terkait aturannya om? karena saya belum nemu yang betul2 menjawab terkait proses ini.. Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  yuli
Oktober 7, 2022 2:20 am

tdk melakukan perubahan PPBJ jika melakukan faktur pengganti

bimo
bimo
Oktober 5, 2022 6:30 am

mau tanya om

1. soal lapor pph 4 ayat 2 , sudah bayar tapi belum lapor
apakah denda hanya sekali bayar yaitu 100 ribu ?

kapan tenggat waktu membayar denda 100rb tersebut ?

2. apakah buat EFIN harus di kantor pajak tempat awal daftar 

3. apakah CV harus lapor pajak bulanan ?
bagaimana kalau belum ada penjualan ?

4. apakah pp 23 2018 masih berlaku bagi CV yang baru berdiri tahun ini 

5. cara memilih bayar pajak pp 23 2018 dan pph 25 
apakah otomatis ke pp 23 2018 bagi CV yg baru berdiri tsb ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  bimo
Oktober 5, 2022 10:44 am

1. Telat lapor PPh Masa denda sebesar Rp 100.000 dan dibayarkan sesuai STP diterbitkan
2. KPP terdaftar
3. tergantung detail transaksinya
4. ya
5. ya

vitta
vitta
Reply to  Om Pimpa
Oktober 10, 2022 7:37 am

poin 1, dibayar 100rb/bln atau 100rb selama nunggu stp tebit om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  vitta
Oktober 11, 2022 10:10 am

denda Rp100.000 per SPT PPh Masa yang belum dilapor dan ditagihkan melalui STP

aca
aca
Oktober 4, 2022 8:01 am

Mau tanya om, komponen JHT dan JP yang dibayarkan perusahaan itu tidak menjadi penambah penghasilan dan yang dibayarkan karyawan itu menjadi pengurang penghasilan ya? (Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16/PMK.03/2010)

Tetapi kalau seluruh komponen JHT dan JP nya dibayarkan perusahan (tidak dibayarkan sama sekali oleh karyawan), apakah berarti sama sekali tidak menjadi komponen perhitungan dalam PPh 21?

Om Pimpa
Editor
Reply to  aca
Oktober 4, 2022 10:54 am

JHT dan JP yang dibayarkan oleh pemberi kerja tidak dapat menjadi pengurang dalam perhitungan PPh 21

fitri
fitri
Oktober 4, 2022 7:38 am

ompa ijin bertanya, misalkan ada transaksi dengan salah satu vendor, lalu ada kelebihan potong pph 23 di bulan agustus, nah lalu pihak AP di adjus untuk kelebihan potong tersebut di bulan september, apakah bisa dilakukan pengurangan atau dikurangi potong pph 23 nya atas transaksi vendor tersebut di bulan september ini? atau apakah tetap melakukan pembetulan di bulan agustus? mohon pencerahan nya, terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  fitri
Oktober 4, 2022 10:54 am

atas kelebihan potong tersebut dapat dilakukan pembetulan SPT Unifikasi masa Agustus dan atas kelebihan setor dapat dilakukan pemindahbukuan

Irawan
Irawan
Oktober 4, 2022 7:24 am

Mau tanya, untuk pembuatan faktur pajak 07 yang membuat itu dari pihak penjual atau pembeli barang? Karena saya menjual barang ke perusahaan yang notabene masuk kawasan berikat.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Irawan
Oktober 4, 2022 10:54 am

Faktur Pajak Keluaran diterbitkan oleh pihak penjual

MiftahRachma
MiftahRachma
Oktober 4, 2022 6:31 am

Selamat siang, Om mau bertanya untuk Soil Investigasi uji CBR (Uji CBR adalah uji ketahanan tanah) ini kena pph 23 atas jasa teknik atau pph 42 atas konstruksi Om ?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  MiftahRachma
Oktober 4, 2022 10:53 am

PPh pasal 23

Lisa
Lisa
Oktober 4, 2022 3:21 am

Halo Om,mau tanyaa kalo sertifikat elektronik bisa diminta secara online atau harus datang ke kantor pajak yaa?terimakasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lisa
Oktober 4, 2022 10:49 am

bisa online, bisa juga datang langsung ke KPP

Lisa
Lisa
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2022 10:56 am

Terimakasih Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lisa
Oktober 5, 2022 9:40 am

sama-sama

nur
nur
Oktober 4, 2022 2:45 am

pagi om…. sesuai PMK 58/2022 berlaku per juli 2022, CV saya (PKP) penyedia jasa di siplah bekerjasama dg bendaharawan. krn PMK baru trsbut jd sekolah sdh tdk perlu membuat billing/ memungut ppn dan pph 22, krn telah dilakukan pihak siplah. pertanyaan saya CV saya tetap wajib buka faktur sesuai inv yg diterbitkan siplah ya om? efaktur yg saya buka kode fakur 02 untuk bendaharawan ya om? jika pertanyaan no 1 cv saya wajib buka faktur. Bagaimana saya melakukan buka faktur sementara saya sdh telat buka faktur yg bln juli. krn skrg sdh bln sept? apakah boleh saya input di bln… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  nur
Oktober 4, 2022 10:49 am

1. ya, seharusnya CV menerbitkan faktur pajak atas transaksi tersebut
2. ya, benar
3. masa faktur pajak sebaiknya disesuaikan dengan masa yang tertera pada invoice

Prada
Prada
Oktober 3, 2022 6:49 am

Selamat Sore om, maaf mau tanya saya masih awam.
Selama ini kita ada melakukan penggunaan jasa seperti service komputer dan service mesin . Kita memakai Jasa dari orang pribadi untuk kebutuhan perusahaan,

kita selalu potong pph 23 unifikasi atas jasanya 2% dan memakai NPWP pribadi milik beliau. Apakah itu sudah benar om dan tidak ada masalah ?

Last edited 2 months ago by Prada
Om Pimpa
Editor
Reply to  Prada
Oktober 4, 2022 1:19 am

atas pembayaran jasa kepada Orang Pribadi terutang PPh 21, bukan PPh 23

Prada
Prada
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2022 1:30 am

Jika sudah terlanjur dibuat dibayar dan dilaporkan apakah harus di pbk pak ? atau bagaimana pak kira kira ?

Prada
Prada
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2022 2:05 am

begini pak, orang orang pribadi yang dipotong pph 23 atas jasa yang telah kami potong ini, tidak mau di potong sebenarnya ,oleh karena mereka tidak mau dipotong jadinya kami perusahaan yang membayarkan sebagai kewajiban.

posisi nya juga jadinya bukti potong yg kami bayarkan ini tidak kami berikan kepada mereka karena mereka sendiri tidak mau menerima.

kira kira apakah yang sudah terlanjur dibayar dan dilaporkan tersebut apakah harus wajib direvisi pak di PBK ke PPh 21 ? karena tahun nya jg sudah ada yg lama pak.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prada
Oktober 4, 2022 10:49 am

bisa dilakukan opsi pemindahbukuan

Srie
Srie
Oktober 3, 2022 3:25 am

Pagi,
Mu tanya Om
Saya salah input tahun pada Dokumen Lain Pajak Keluaran. Solusinya gimana ya Om
Saya sudah meng klik ubah tp tahun tidak bisa berubah(tdk bisa disimpan).
Saya ubah lagi menjadi transaksi Rp.0 kemudian simpan. Pas saya input dokumen dengan data sebenarnya., notif nya “data sudah pernah di input’.
Mohon pencerahannya Om, saya bingung.
Trims

Om Pimpa
Editor
Reply to  Srie
Oktober 4, 2022 1:20 am

pada dokumen lain yang data nya keliru, klik ubah, nilai transaksi, DPP dan PPN ubah menjadi 0 (nol), lalu klik simpan. Setelah itu, silakan input dokumen lain yang baru (yang benar)

Fajar
Fajar
Reply to  Om Pimpa
Oktober 7, 2022 3:20 am

maaf om sebelumnya saya juga mengalami hal tersebut ,, kendala saya dalaha tertukar no PIB dengan no sptnpnya karena pihak vendor membuat NTPN berbeda antara PIB dan sptnp, sedangkan saya sudah sukses upload dan lapor, jadi sharusnya saya memasukkan no spntp dengan dpp dan ppn nya tapi saya malah masukin no pib dengan dpp dan ppn punya spntp , mungkin om punya solusinya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fajar
Oktober 8, 2022 2:13 am

silahkan cek prepopulated dokumen masukkan lainnya dan melakukan pembetulan SPT PPN tersebut

Om icron
Om icron
Oktober 3, 2022 2:58 am

Pagi om,
Kalau punya usaha toko kue, omsetnya kena pajak daerah atau pusat ya?
Tarifnya berapa?

Kalau omset sudah lebih 4,8 M, apa toko kue wajib PKP dan pungut PPN?

Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Oktober 4, 2022 1:22 am

Pajak pusat, atas omset yang diterima dapat menggunakan tarif final UMKM (PP 23) sebesar 0,5%. Jika omset melebihi 4,8M maka wajib melakukan pengukuhan PKP dan melakukan pemungutan PPN dan wajib melakukan pembukuan

Om icron
Om icron
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2022 6:00 am

Kue termasuk BKP yang harus dipungut PPN om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
Oktober 4, 2022 10:51 am

jika anda merupakan PKP, maka sebagai PKP akan memungut PPN kepada pembeli

Herman
Herman
Oktober 3, 2022 2:23 am

Pagi Om,

Izin Bertanya , Bagaiman Aspek perpajakan Jika Karyawan Membeli barang ke E-Commerce ( Sh*p*e/t*k*p*dia) untuk WP badan ( PKP ) menggunakan uang pribadi kemudian di klaim dan dibayarkan Perusahaan ke Rek pribadi karyawan tsb.

Terima kasih om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Oktober 4, 2022 1:21 am

hal ini merupakan transaksi antara perusahaan dengan karyawan saja (perusahaan reimburse ke karyawan) tidak ada hubungan antara perusahaan dengan pihak e-commerce

Herman
Herman
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2022 3:36 am

Jadi sistem seperti ini di perbolehkan ya dalam perpajakan, Apakah uang yang diremburst tidak dipermasalahkan sebagai income ke kawrayan ( PPH 21 ) ketika di audit Pajak .

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Oktober 4, 2022 10:52 am

atas reimburse tersebut bukan termasuk penghasilan kepada karyawan, jika didukung dengan dokumen yang benar

Rodriguez
Rodriguez
Oktober 3, 2022 1:27 am

Selamat pagi om mau tanya, kita ada ingin melakukan pembetulan SPT PPn bulan Juli 2022, Status sebelumnya Kurang bayar 30 juta telah dilakukan pembayaran. Hari ini kita ada pemberitahuan bahwa costumer kami ingin kami melakukan revisi alamat di Faktur pajak kami. setelah saya revisi alamatnya di Faktur pajak , saya melakukan pembetulan di SPT masa Juli. ketika saya melakukan pembetulan dibagian II H nya, pada poin (E) nya saya kosongkan dan pada Poin (B) PPn disetor dimuka dalam masa pajak yang sama saya isikan 30 juta kurang bayar sebelumnya, apakah cara ini benar Om ? tapi ketika saya save di… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rodriguez
Oktober 4, 2022 1:20 am

pembetulan SPT PPN karena adanya revisi Faktur Pajak tidak perlu melakukan pengisian pada PPN yang disetor dimuka, jika tidak ada Kurang Bayar atas pembetulan SPT PPN, maka status SPT PPN akan Nihil

Chandra
Chandra
Oktober 1, 2022 4:32 am

Hallo om Pimpa, ijin bertanya.

Apakah secara perpajakan dibolehkan? Kegiatan usaha industri tapi juga melakukan perdagangan barang non hasil industri. Misal industri pintu, tp melakukan trading paku.

NB : di akta kbli tercantum industri dan perdagangan, KLU di perpajakan tercantum KLU Industri.

Makasih sebelumnya ya Om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Chandra
Oktober 1, 2022 2:21 pm

ya bole saja

Jay
Jay
September 30, 2022 6:28 am

Siang om izin tanya… Lagi galau ni om… murni karna ketidaktahuan Wp op Punya 2 usaha toko pakaian dalam dan pakaian dewasa omset nya beda jauh yg hitung pph nya hanya pakaian dalam yg omset nya lebih kecil…dan ssetelah 3 kali lapor spt… baru bulan kemarin ada teman bilang pph itu dari aemua penghaailan… Saya harus gimana ya om.. apa saya bisa membayar pph 3 tahun yg belum saya bayar dan membetul kan spt dan apa resiko nya atau gimana ya… Mohon solusi terbaik nya om Barang kali teman2 disini ada yg punya pengalaman seperti ini mohon sharing pengalaman nya… Read more »

Last edited 2 months ago by Jay
Om Pimpa
Editor
Reply to  Jay
Oktober 1, 2022 2:21 pm

dapat melakukan pembetulan SPT dan membayar pajak terutang tersebut, konsekuensinya adalah denda telat setor atas pph terutang yang belum dibayarkan tersebut

Jay
Jay
Reply to  Om Pimpa
Oktober 2, 2022 1:52 am

Penghitungan dendavkira2 berapa persen om…
Apakah nanti pasti terbit surat pemeriksaan om..
Mohon Pencerahan nya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jay
Oktober 2, 2022 10:19 am

atas sanksi denda akan dikenakan tarif bunga kumulatif dan tagihan dalam bentuk STP (Surat Tagihan Pajak)

Jay
Jay
Reply to  Om Pimpa
Oktober 4, 2022 5:53 am

Kira kira pasal yg mana om.. pasal 8 ayat 2 atau ayat 2a atau kena 2 pasal itu
Makasih banyak om jawaban nya sangat membantu

Jay
Jay
Reply to  Jay
Oktober 4, 2022 6:06 am

Bisa gak saya kena beberapa pasal atau lebih dari 2 pasal
Mohon pencrahan nya om agar bisa menyisih kan dana buat dendanya….. Karna sekarang usaha dagang pakaian lagi sepi pembeli.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jay
Oktober 4, 2022 10:53 am

atas telat setor PPh akan dikenakan sanksi bunga pasal 9(2a) dan akan ditagihkan melalui STP

Zakaria
Zakaria
September 30, 2022 3:17 am

Misal ada client yang membeli service kami senilai Rp 225.000.000 sebagai DPP + Rp 24.750.000 sebagai PPN 11%, namun pada akhirnya yang dibayarkan client kepada kami adalah sebesar Rp 245.250.000 dimana Client melampirkan bukti potong PPh sebesar Rp 4.500.000. Selanjutnya, kami juga membayarkan PPN 11% senilai Rp 24.750.000. Pertanyaan kami apakah skemanya memang seperti itu? dimana pembayaran service kepada kami dipotong PPh oleh client dan kami juga harus membayarkan PPN. Artinya, pendapatan kami terpotong PPN 11% (sudah seharusnya) dan juga pendapatan kami terpotong PPh oleh client.

Terima kasih, mohon pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Zakaria
Oktober 1, 2022 2:20 pm

silahkan cek link berikut untuk penjelasan lebih detail https://youtu.be/QT-XdzRKOg8

Devi
Devi
September 29, 2022 12:55 pm

Om mau tanya dong, kalo faktur pajak revisi nama dan no npwp tapi sudah lewat tanggal 15 bulan berikutnya gimana ya om masih bisa apa engga ya? Mohon pencerahannya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Devi
September 30, 2022 11:20 am

tidak bisa, jika beda nomor NPWP dan harus membuat faktur pajak normal.

y2s
y2s
September 29, 2022 7:10 am

PT ALPHA memiliki kontrak dengan PT BRAVO untuk pengangkutan barang sebanyak 10 kontainer dengan biaya Rp 10.000.000 per kontainer. Namun karena keterbatasan kendaraan, PT ALPHA sanggup mengangkut 6 kontainer. Sisanya, PT ALPHA menggunakan jasa angkutan PT CHARLIE untuk mengangkut 4 kontainer dengan biaya Rp 9.000.000 per kontainer. Pada saat pembayaran dari PT. BRAVO ke PT ALPHA dengan tagihan (10 x Rp10.000.000)=Rp100.000.000, dikenakan potongan PPH pasal 23 sebanyak 2% yaitu (2% x Rp100.000.000)= Rp2.000.000.

Yang menjadi pertanyaan, apakah PT ALPHA wajib melakukan pemotongan PPH23 terhadap PT CHARLIE untuk biaya jasa angkutan 4 kontainer? Bagaimana proses pemotongan nya?

Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  y2s
September 29, 2022 11:59 am

Semangat mengerjakan soal

hae
hae
Reply to  Om Pimpa
Oktober 21, 2022 7:24 am

om saya iseng pgn jawab ini, tapi jawabannya harus memotong juga dgn cara yg sama sperti kpd pt alpha ya om? pada saat pembayaran kpd pt charlie
9.000.000 x 4 = 36.000.000
2% x 36.000.000 = 720.000
yg dibayar kpd pt charlie Rp35.280.000

Om Pimpa
Editor
Reply to  hae
Oktober 21, 2022 10:51 am

ya

Elly
Elly
September 28, 2022 11:32 pm

Halo om klo sy mw update efaktur versi 3.2 apa hrs dtng ke kantor kpp asal, bisa kah di kpp lain ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Elly
September 29, 2022 11:59 am

bisa datang ke KPP terdaftar atau download sendiri versi terbarunya

fatimah
fatimah
September 28, 2022 10:21 am

Halo om, saya mau lapor PPN masa agustus. Sementara di masa Agustus ada PPN yang di pungut wapu. Untuk melaporkan nya apakah harus menunggu SSP dari wapu atau boleh di laporkan dulu?

Om Pimpa
Editor
Reply to  fatimah
September 28, 2022 1:47 pm

bisa dilaporkan dahulu

fatimah
fatimah
Reply to  Om Pimpa
September 29, 2022 4:53 am

nanti pelaporan SSP nya gimana om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  fatimah
September 29, 2022 12:02 pm

dapat diminta ke WAPU tersebut. Pelaporan Masa PPN bisa tetap dilaporkan

fatimah
fatimah
Reply to  Om Pimpa
September 30, 2022 2:25 am

saat lapor PPN apakah boleh dilampirkan SSP dari wapu?

fatimah
fatimah
Reply to  Om Pimpa
September 30, 2022 2:43 am

saat pelaporan PPN, apakah harus melampirkan SSP dari wapu pada SPT?

Om Pimpa
Editor
Reply to  fatimah
Oktober 1, 2022 2:17 pm

tidak harus

Ais
Ais
September 28, 2022 8:27 am

Sore Om.. Izin Tanya om
jika ada kasus WNA mempunyai villa yang di sewakan di Indonesia melalui market place misal Airbnb, maka WNA tersebut berkewajiban membayar PPH 26 atau ada yang lain?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ais
September 28, 2022 1:48 pm

WNA tersebut berdomisili dimana?

Ais
Ais
Reply to  Om Pimpa
September 29, 2022 1:34 am

Di luar negeri omm
dan untuk pembayaran dan pelaporan pajaknya bagaimana ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ais
September 29, 2022 12:02 pm

Jika subjek2 yg sedang melakukan transaksi tidak ada di indonesia maka tdk ada kewajiban pajak yg ada di indonesia

Jhon
Jhon
September 28, 2022 8:07 am

Sore om… Izin tanya om
Ipar saya bikin NPWP op tahun 2019 tapi punya usaha umkm sejak tahun 2017 spt sudah lapor sampai 2021 sekaligus kemarin dia inget ada tabungan 2020 hasil tahun 2017 sampai 2019 belum sampai sekarang masih ada dananya.. Itu baik nya gimana ya om… Kalo pembetulan spt wal hasil tidak sesuai dengan omset pembayaran pph..
Mohon pendapat dan solusinya om
Makasih.. 🙏🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jhon
September 28, 2022 1:58 pm

dapat melakukan pembetulan SPT dengan harta sesuai tahun perolehannya

lisa
lisa
September 28, 2022 6:25 am

bagaimana ya kita menjurnal barang bonus yg dibuka faktur pajak 040

Om Pimpa
Editor
Reply to  lisa
September 28, 2022 1:58 pm

Ini bagi yg menerima atau yg memberikan?

Jhon
Jhon
September 28, 2022 5:55 am

Sing om…. Izin tanya om ipar saya usaha sejak 2017 tapi dia belum punya NPWP… Tahun 2020 di buat lah NPWP..
Lapo semua harta bayar pph kurang2 dikit dari sebenarnya… Ketika ingat sampai sekarang ada tabungan yg di dapat dari usaha tahun 2017-2019 belum di laporkan
Itu bagaimana solusinya ya om..
Apa bisa setor pph sebelum punya NPWP
Minta pendapat dong om..
Sebelum nya terimakaaih om🙏

Last edited 2 months ago by Jhon
Om Pimpa
Editor
Reply to  Jhon
September 28, 2022 1:58 pm

bisa melakukan penyetoran PPh terutang dari NPWP didaftarkan

Jhon
Jhon
Reply to  Om Pimpa
September 29, 2022 12:43 am

Oh.. Bisa ya om..setlah pelaporan 2019-2021 Berarti lapor SPT nya tahun ini ya…

Jhon
Jhon
Reply to  Jhon
September 29, 2022 12:44 am

Maksudnya ipar saya kan udah lapor spt tahun 2019-sampai 2021.. Jika lapor spt tahun 2017 sampai 2018 nya sekarang bisa om mohon pencerahan om
Makasih sebelum nya om

Last edited 2 months ago by Jhon
Om Pimpa
Editor
Reply to  Jhon
September 29, 2022 12:03 pm

melaporkan pajak pada saat memiliki NPWP sampai saat ini saja (2019-2021) 

Prmta
Prmta
September 28, 2022 5:54 am

Halo om, saya mau tanya. Jika kita menggunakan jasa internet, seperti langganan internet dari suatu perusahaan, misal T*****, apakah kita perlu memotong PPH 23? Atau cukup PPN saja? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prmta
September 28, 2022 2:00 pm

memotong PPh 23

vitta
vitta
September 28, 2022 3:18 am

halo om, mau tanya. pembelian mobil perusahaan apakah ppn nya bisa di kreditkan?

vitta
vitta
Reply to  vitta
September 28, 2022 3:21 am

untuk jenis mobilnya Luxio, om

Om Pimpa
Editor
Reply to  vitta
September 28, 2022 2:00 pm

tergantung digunakan untuk apa

vitta
vitta
Reply to  Om Pimpa
September 29, 2022 3:22 am

klo digunakan utk keperluan prusahaan misalkan pengiriman barang ke customer gitu om apakah bs di kreditkan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  vitta
September 29, 2022 12:03 pm

iya

Aldo
Aldo
September 27, 2022 10:42 pm

Halo om , Mau tanya om
Kalau 2016 saya beli emas 1kg 400 juta lah misalnya , terus tahun 2021 saya jual kembali emasnya seharga 800 juta , kan kena pph 22, cara hitungnya itu gimana om? Apakah dengan 1.5% x (800-400) jt ya om?
Terima Kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aldo
September 28, 2022 1:59 pm

PPh 22 atas pembelian emas, jika melakukan penjualan aset dan mendapatkan keuntungan maka dapat melaporkan sebagai keuntungan pengalihan harta (Selain tanah dan bangunan) pada SPT Tahunan dan akan dikenakan tarif progresif

Ummi
Ummi
September 27, 2022 10:07 am

Sore om, mau nanya, kami dapat bantuan dana yg sumbernya dari pinjaman luar negeri, kan katanya ada aturannya bahwa pajak penggunaan dana itu ditanggung pemerintah, jadi bukti pertanggungjawaban pajaknya itu gimana ya om?. Makasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ummi
September 28, 2022 3:55 am

Ceritakan detilnya bantuan apa, dari siapa, yg menerima siapa, untuk tujuan apa

Clara
Clara
September 27, 2022 9:30 am

Om mau tanya, saya janda (suami meninggal dunia), tanggungan dua anak, status pajak di kantor tetap K0, sebenarnya status saya apa bagaimana cara merubah ke K2, terima kasih

Last edited 2 months ago by Clara
Om Pimpa
Editor
Reply to  Clara
September 28, 2022 3:55 am

merubah status PTKP menjadi TK/2, status PTKP berubah per 1 januari pada tahun pajak tersebut. silakan disampaikan ke tempat anda bekerja

clara
clara
Reply to  Om Pimpa
September 28, 2022 3:31 pm

Kantor tidak ada petugas yang mengurusnya, kalau saya urus sendiri bagaimana caranya ? Terima kasih Om Pimpa 🙏🙏🙏

Om Pimpa
Editor
Reply to  clara
September 29, 2022 12:03 pm

Ptkp ini hubungannya sm pemotongan pph atas gaji yg diberikan oleh kantor

aisyah
aisyah
September 27, 2022 8:06 am

sore om, saya sudah upload faktur pajak masukan masa agustus, ternyata barang tsb di retur, tpi masa september (sesuai tgl penerbitan nota retur). apakah nantinya saya harus melakukan pembetulan masa agustus?

Om Pimpa
Editor
Reply to  aisyah
September 28, 2022 3:55 am

tidak perlu pembetulan

AGUS
AGUS
September 26, 2022 9:10 am

Om Pimpa, saat saya lapor spt, ada kekurangan bayar, lalu saya bayar dan saya masukkan nomor NTPN,pada Lap SPT, namun setelah SPT terkirim, statusnya masih kurang bayar, bukan NIHIL. Mohon penjelasan. Mengapa terjadi demikian?

Om Pimpa
Editor
Reply to  AGUS
September 28, 2022 3:54 am

Kurang Bayar hanya sebagai status SPT saja, status nihil jika pada SPT yang dilaporkan tidak ada PPh terutang. penjelasan detail dapat disimak pada video berikut https://youtu.be/hWqAUaB2ED0

Jonathan Sastrodihardjo
Jonathan Sastrodihardjo
September 26, 2022 6:25 am

Double post, maap

Last edited 2 months ago by Jonathan Sastrodihardjo
Om Pimpa
Editor
Reply to  Jonathan Sastrodihardjo
September 28, 2022 1:59 pm

siap

Jonathan Sastrodihardjo
Jonathan Sastrodihardjo
September 26, 2022 6:22 am

Halo, mau tanya dong om..

Kalo perusahaan di Indo dapet dana masuk dari perusahaan lain dari luar negeri (misalnya suntikan dana buat marketing ya, vendor ke reseller contohnya), apakah ada pajak yang dikenakan disitu?

Thanks in advance!

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jonathan Sastrodihardjo
September 26, 2022 3:31 pm

Ini maksudnya mau dianggap sbgai modal atau apa? Sisi legal dan akuntansinya dl yg jelas, br nanti pajaknya bs diliat lg.

Atif
Atif
September 25, 2022 3:55 pm

Malam om
Ijin bertanya perusahaan kami ditagih pengembalian uang atas pph yg 3 tahun lalu (2019) tidk dipotong pph final sewa ruang dikarenakan mitra kami diperiksa pajak dan harus bayar pph final yg dulu mitra tidk potong. Perusahaan kami untuk tahun 2019 pun sudah diperiksa. Pertanyaannya apakah kami wajib mengembalikan uang senilai nilai pph tsbt atau kami menolak permintaannya karena pph badan kamipun sudah diperiksa.
Terima kasih ditunggu sarannya om segera

Last edited 2 months ago by Atif
Om Pimpa
Editor
Reply to  Atif
September 26, 2022 3:32 pm

Kewajiban pemotongan pph dilakukan oleh pihak yg membayar, jumlah yg dipotong dpt saja include atau exclude dr nominal transaksinya, silahkan cek lg dl MoU nya sprti apa

Evi Nuryanni
Evi Nuryanni
September 24, 2022 10:41 am

Selamat Sore Om Mau tanya,
contoh Kasus : PT A melakukan pekerjaan konstruksi ke PT B, dengan kontrak yang menyebutkan ada PPh Jasa Konstruksi 2,65% atas pekerjaan tsb.
ketika PT A menagih ternyata PT A belum mempunyai dokumen SBUJK untuk melihat kualifikasi sbg. dasar tarif PPh.
Pertanyaannya apakah PT B salah apabila tetap memotong 2,65% ?
Apa konsekuensi yang di terima PT A dan PT B atas hal tsb?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Evi Nuryanni
September 25, 2022 10:45 am

ya, seharusnya melihat dokumen SBUJK terlebih dahulu agar memotong PPh jasa konstruksi sesuai klasifikasinya.

Evi Nuryanni
Evi Nuryanni
Reply to  Om Pimpa
September 26, 2022 2:49 am

terimakasih om Pimpa

MiftahRachma
MiftahRachma
Reply to  Evi Nuryanni
September 25, 2022 11:50 am

Maaf ikut membalas karena pernah di situasi yang sama. Sebaiknya tetap berdasarkan SBU, dulu kami tidak punya SBU tetapi memakai tarif 2% dimana yang seharusnya 4%. Pada saat mengalami pemeriksaan SP2DK kami harus melunasi atas pokok kurang bayar dan dendanya yang lumayan.

Evi Nuryanni
Evi Nuryanni
Reply to  MiftahRachma
September 26, 2022 2:50 am

Waah, trus bagi pemungut PPh juga dpt denda tdk ya mba?

MiftahRachma
MiftahRachma
Reply to  Evi Nuryanni
September 26, 2022 3:10 am

pemungut sepertinya akan kena denda juga mba, karena yang bertanggung jawab sepertinya malah pihak pemungutnya

Evi Nuryanni
Evi Nuryanni
Reply to  MiftahRachma
September 26, 2022 4:58 am

ooh bgtu ya, siap.
Terimakasih banyak ya mba informasinya. Sukses Selalu ya

yunita
yunita
September 24, 2022 4:22 am

Selamat siang om, mau bertanya terkait pajak keluaran. Apakah pajak keluaran itu bisa digunggung? Jika Bisa apakah idealnya dimasukin bulanan atau tahunan

Om Pimpa
Editor
Reply to  yunita
September 24, 2022 5:02 pm

bisa, tergantung detail dan jenis transaksinya dan dilaporkan setiap bulan pada SPT Masa PPN

Rachma
Rachma
September 23, 2022 11:54 pm

Selamat pagi Om mau bertanya. Kami perusahaan konstruksi dulu ada proyek pengerjaan dengan PT X tahun 2020 dan 2021. Pada waktu itu PT X tidak berkenan memotong PPh 4 ayat 2, sehingga kami setor sendiri. Saat ini PT X sedang dalam pemeriksaan pajak, mereka meminta pihak kami untuk melakukan PBK atas pph 4 ayat 2 yg kami setor sendiri.
1. Apakah kami perlu melakukan PBK?
2. Apakah PBK bisa dilakukan atas pajak yg sudah dilaporkan ?

Terimakasih

Rachma
Rachma
Reply to  Rachma
September 24, 2022 7:12 am

Maaf Om informasi tambahan. Dulu awalnya kami setor sendiri 2%. Kemudian pada akhir tahun 2021 kami dapat SP2DK dari KPP dimana terdapat kesalahan tarif dimana yang seharusnya 4%. Kami sudah melunasi kurang bayar pokok pajak sampai denda sanksinya Om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rachma
September 24, 2022 5:03 pm

jika sudah dilunasi dan dibayar dendanya maka tidak perlu PBK

MiftahRachma
MiftahRachma
Reply to  Om Pimpa
September 25, 2022 11:51 am

Terimakasih banyak Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  MiftahRachma
September 28, 2022 11:17 am

sama-sama

Syahrida
Syahrida
September 23, 2022 12:34 pm

Apakah fatal jika kita salah input ntpn tidak sesuai nama WP??

Om Pimpa
Editor
Reply to  Syahrida
September 24, 2022 5:01 pm

apakah mksdnya bayar billing tidak sesuai NPWP atau gimana?

selvi
selvi
September 23, 2022 8:51 am

Halo Om, mau tanya
Apakah wajib nomor seri FP yang tidak terpakai dikembalikan ke KPP? Karena saya hanya hapus saja range nomor faktur yang terdapat diefaktur tanpa mengembalikannya ke KPP.

Om Pimpa
Editor
Reply to  selvi
September 23, 2022 1:04 pm

tidak berkewajiban mengembalikan NSFP

selvi
selvi
September 23, 2022 8:46 am

Halo Om, mau tanya.
Apakah wajib Nomor Seri FP yang tidak terpakai dikembalikan ke KPP? karena saya hanya hapus saja range nomor faktur yang tidak terpakai tanpa mengembalikannya di efaktur.

Om Pimpa
Editor
Reply to  selvi
September 23, 2022 1:04 pm

tidak berkewajiban mengembalikan NSFP

Om icron
Om icron
September 23, 2022 8:42 am

Halo Om,

Kalau arsip pajak boleh dibuang setelah 5 tahun ga? soalnya banyak file di gudang

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
September 23, 2022 1:03 pm

Arsip pajak disimpan selama 10 tahun

Om icron
Om icron
Reply to  Om Pimpa
September 26, 2022 1:15 am

yang disimpan berarti arsip 2013 ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om icron
September 26, 2022 3:32 pm

iya benar

Prmta
Prmta
September 23, 2022 4:12 am

Siang om, saya mau tanya. Jika kita menggunakan jasa instalasi oleh orang pribadi, dikenakan PPH 21 atau PPH apa? Jika PPH 21, berapa tarifnya dan masuk ke kode obyek pajak apa ya? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prmta
September 23, 2022 1:03 pm

PPh 21, tarif detailnya silahkan cek pada PER 16 PJ 2016

Piccolo
Piccolo
September 22, 2022 11:24 am

Om, saya sudah dari tahun 2014 kerja di luar negri dan status npwp saya non-efektif. Tahun ini mulai melakukan trading saham di Indonesia secara online. Apakah saya harus membuat laporan pajak tahun ini?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Piccolo
September 23, 2022 1:03 pm

tidak berkewajiban melaporan SPT Tahunan karena berdomisi di luar negeri

wiw
wiw
September 22, 2022 8:42 am

om kalau PPN Masukan batas lapornya apa benar bulan kedua setelah terbit? contoh : FP agustus maka batas lapornya oktober

Om Pimpa
Editor
Reply to  wiw
September 22, 2022 10:52 am

maksudnya pengkreditan faktur pajak masukkan? paling lama 3 masa pajak setelah berakhirnya masa pajak saat faktur pajak dibuat

vitta
vitta
September 22, 2022 6:47 am

siangg om, mau tanya jika ada pembelian mobil baru menggunakan npwp pribadi itu cukup di laporin di spt sbgai harta saja kan ya? atau gimana ya> awam banget saya tuh wkwk makasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  vitta
September 22, 2022 10:52 am

iya dan laporkan juga utangnya jika mobil tersebut dibeli dengan cara berutang

10.8K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x