Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rivan
Rivan
Mei 29, 2022 2:56 am

Omm mau tanya ini 30/04/2022 Melakukan pembayaran kepada CV Pohon Beringin sebesar Rp.15.260.000 (serta menyerahkan bukti potong PPh Pasal 23)

Last edited 2 months ago by Rivan
Om Pimpa
Editor
Reply to  Rivan
Mei 29, 2022 11:30 am

selamat mengerjakan soal dan semanagat, semoga sukses

roby
roby
Mei 29, 2022 2:35 am

skrg status NPWP NE non efektif . apakah bisa mengikuti Tax Amnesty Jilid ke-2 yg berakhir tgl 30 juni 2022 ? bila bisa syaratnya bagaimana ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  roby
Mei 29, 2022 11:30 am

bole aja.. syaratnya memiliki akses DJP online, EFIN dan kelengkapan mengenai harta dan utang yg ingin dilaporkan

Idrus
Idrus
Mei 28, 2022 10:34 pm

Mau tanya mas mbak om. Usia saya 60 contoh ; bila saya ada usaha tdk ttp. Saat ada kerjaan saya pinjam bendera atau PT rekan saya spt biasa memberikan fee pinjam pt 2.5 % dr nilai inv sebelum ppn. Setrlah kerjaan selesai hasil usaha saya dikembalilan ke saya. Peetanyaannya pada laporan spt apakah saya msh bayar pajak lagi dan berapa besaeannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Idrus
Mei 29, 2022 11:30 am

jika diatas PTKP maka ada pajak terutang atau jika termasuk penghasilan final PP 23 umkm jga ada tarif pajak yg harus dibayarkan, karena jenis pajak dan pelaporan PT rekan dan pelaporan SPT pribadi berbeda

ulfatun nadia
ulfatun nadia
Mei 28, 2022 12:30 pm

Boeken BV adalah perusahaan yang didirikan dan berbasis di Belanda, bergerak dalam bisnis penjualan buku bekas. Mengingat memperluas koleksi buku sejarahnya, boeken BV telah menyewa dan ruang kantor di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan di gedung ini terbatas pada penyimpanan dan pengiriman buku.
Apakah Boeken BV membentuk pendirian permanen berdasarkan perjanjian pajak antara Indonesia dan Belanda?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ulfatun nadia
Mei 29, 2022 11:29 am

selamat mengerjakan soal

ulfatun nadia
ulfatun nadia
Mei 28, 2022 12:29 pm

PT INDONESIA FIBER OPTIC (PTIFO) memiliki leased line Serat optik DS3 dan STMI. Rute yang dimiliki PTIFO adalah Dari Jakarta ke perbatasan antara Batam dan Singapore (borderline) PTIFO mendirikan anak perusahaan di Singapura yaitu Indonesia fiber optic pte Ltd (IFOPL). IFOPL menyewa beberapa jalur serat optik dari sebuah perusahaan di singapura untuk rute dari perbatasan ke Singapura ini menghubungkan serat optik yang dimiliki oleh PTIFO dari Jakarta ke Singapura. Pada juni 2010 PT TELKOM engegad PTIFO untuk menyediakan koneksi serat optik STMI dari Jakarta ke Singapura selama kontrak 12 bulan untuk tujuan ini, PTIFO membayar USD 10.000 (Gross) per bulan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  ulfatun nadia
Mei 29, 2022 11:29 am

selamat mengerjakan soal

ulfatun nadia
ulfatun nadia
Mei 28, 2022 12:27 pm

Malam om, izin bertanya
PT ABC adalah perseroan terbatas yang berbadan hukum dan berbasis di Indonesia .PT ABC adalah anak perusahaan dari net B.V, sebuah perusahaan yang didirikan dan berbasis di Belanda.lebih lanjut, PTABC telah membuat perjanjian pinjaman dengan net b.v dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
a.    Pinjaman diberikan jangka waktu pembayaran yang tidak terbatas
b.   Pembayaran bunga tersebut merupakan 15% dari laba PT ABC
Pasal mana dari perjanjian pajak, jika ada, yang akan berlaku untuk pembayaran bunga?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ulfatun nadia
Mei 29, 2022 11:29 am

selamat mengerjakan soal

Puasa Dinia Mita
Puasa Dinia Mita
Mei 27, 2022 3:28 pm

Om mau nanya,saya lagi ke bingung tentang laporan saya. Judul saya menajemen suatu perusahaan ,ada PPh 21,PPh 23 dan PPN . nah saya mencoba Untuk PPh 23 dan memakai botput , nah untuk di bab pembahasan nya itu gimn,apa aja isi untuk dalam bab pembahasan botput nya?
Mohon di jawab terimakasih banyak.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Puasa Dinia Mita
Mei 28, 2022 2:40 pm

Botput itu apa mksudnya? Yg ada itu bupot, ya bs dijelaskan tentang bupot, dari dasar hukum sampai penggunaan

Kayla
Kayla
Mei 27, 2022 12:04 pm

Om mau nanya. Kalau saya salah setor oajak yg harusnya PPh psl 4 dan PPN dengan biling beda tp saya setor pakai biling PPh namun jumlah setorannya sejumlah PPh dan ppnnya sehingga saya kelihatan belum bayar PPN padahal kan sudah include disetor pajak PPh tdi.karna tdk mungkin sya pindah buku skrng waktu SPJ mepet. Apa sayanharus bayar ppnnya lagi ya pakai e-biling PPN kemudian lebih bayar di PPh tadi saya biarkan saya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Kayla
Mei 27, 2022 1:36 pm

untuk PPN masa sekarang bisa membuat e-billing PPN baru, dan atas kelebihan PPh dapat dipindahkubukan ke masa selanjutnya

Rudy
Rudy
Mei 27, 2022 9:28 am

Mau tanya om..saya masih bingung dengan penerbitan faktur pajak kode 04 dan 05. Tolong dijelaskan ya om. Dan apakah 04 masih berlaku? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rudy
Mei 27, 2022 1:35 pm

untuk faktur pajak kode 04 digunakan untuk penyerahan BKP/JKP yang menggunakan DPP nilai lain, yang PPN nya dipungut oleh PKP penjual, kode 05 digunakan untuk penyerahan BKP/JKP yang PPN nya dipungut dengan besaran tertentu

Rudy
Rudy
Reply to  Om Pimpa
Mei 28, 2022 3:45 am

Maaf boleh diperjelas dan diberi contohnya bila berkenan. Saya belum paham antara dpp nilai lain dan ppn dipungut dg besaran tertentu. Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rudy
Mei 28, 2022 2:38 pm

silahkan cek peraturan mengenai 050 Pasal 9A Undang Undang PPN dan PER 03 Tahun 2022

Jea
Jea
Mei 27, 2022 8:53 am

Perusahaan tempat saya bekerja menyewa kantor pada masa Desember 2021 ke Direksi tapi pada Mei 2022 baru di bayarkan. Untuk tanggal bukti potong menggunakan tanggal Desember 2021 atau Mei 2022?
Dan apakah ada pengaruh di SPT OP Direksi 2021?
Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jea
Mei 27, 2022 1:35 pm

tanggal bukti potong mengikuti tanggal pembayaran, jika penghasilan sewa baru diterima di tahun 2022 seharusnya tidak berpengaruh di SPT OP 2021

Jea
Jea
Reply to  Om Pimpa
Mei 29, 2022 5:21 pm

Jadi untuk spt masa tetap masuk spt Desember 2021 sesuai tanggal sewa tapi bukti potong 2022 yah?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jea
Mei 30, 2022 11:22 am

untuk SPT Masa seharusnya tahun 2022 yaa

novike
novike
Mei 27, 2022 6:56 am

om pimpa izin bertanya ,,, adakah batas omset untuk sebuah toko retail ? kalau ada berapa kah?? Trims

Om Pimpa
Editor
Reply to  novike
Mei 27, 2022 1:34 pm

Batas omset dalam konteks apa?

r_adawiyah
r_adawiyah
Mei 27, 2022 4:42 am

Berkaitan dengan pembuatan NPWP, dari artikel dibawah ini buat npwp sudah tidak perlu karena nik sudah dpt berfungsi sebagai npwp.
NIK Jadi NPWP Mulai Tahun Depan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui (kompas.com)

lalu, bagaimana dengan orang yang sudah buat npwp sekarang ? apakah nomor npwp itu tetap berlaku atau akan hangus dan diganti dengan NIK nya saja.
terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  r_adawiyah
Mei 27, 2022 1:33 pm

tidak semua artikel itu valid isinya, yang pasti saat ini belum ada aturan teknis tentang itu, memang benar bahwa nantinya NPWP itu adalah NIK, tp baru sebatas itu, belum ada hal teknis lainnya yg resmi diumumkan dalam aturan, jadi jangan mengacu pada artikel

rahmawati
rahmawati
Mei 27, 2022 3:50 am

hallo om mau tanya, di UU HPP mengenai PPN, jasa pelayanan medis walaupun nihil tapi wajib lapor PPN, apakah itu sudah berjalan untuk Pelaporannya? dan mengenai cara di aplikasi e-spt ppn seperti apa ya pak caranya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
Mei 27, 2022 1:33 pm

pelaporan PPN tidak menggunakan e-SPT namun menggunakan e-faktur, jika perusahaan sudah PKP maka wajib melaporkan PPN setiap bulan

rahmawati
rahmawati
Reply to  Om Pimpa
Mei 30, 2022 8:16 am

yang pelaporannya nihil ya om, tapi kami saat melalukan pembelian barang pasti kena atau di pungut oleh pihak lain PPN nya, tapi saya bingung secara teknisnya bagaimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
Mei 30, 2022 11:44 am

PPN Pajak Masukan dapat dikreditkan

rahmawati
rahmawati
Reply to  Om Pimpa
Mei 31, 2022 1:34 am

dikreditkan pada saat pelaporan tahunan badan? atau saat apa om? terus teknisi pelaporan nihilnya seperti apa ya? karna saya bingung data faktur pajak yang harus di lampirkan seperti faktur pajaknya

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
Juni 1, 2022 5:58 am

dikreditkan pada SPT Masa PPN, pelaporan SPT Masa PPN melalui efaktur web based
ini udah berstatus PKP blm?

rahmawati
rahmawati
Reply to  Om Pimpa
Juni 2, 2022 1:51 am

sudah pkp, apakah hasilnya nanti tidak selalu lebih bayar om? soalnya posisinya hanya melayani bagian laboratorium, dimana jasa laboratorium masuk kedalam jasa yang diberikan fasilitas bebas PPN

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
Juni 2, 2022 10:21 am

LB PPN dapat dilakukan kompensasi ataupun restitusi

Ryan
Ryan
Mei 27, 2022 2:56 am

Om pipa nanya dong.
Saya kerja freelancer luar negeri dan saya dengar kalo freelancer luar negeri lebih baik dan gampang ngatur pajak kalo buka PT disini terus penghasilan freelance dikasih ke PT nanti gajinya dari PT ke saya.
Saya sudah terlanjur buka PT dan ada yg bilang tidak ada bedanya pajaknya malahan jadi harus bayar pph PT.
Itu gimana ya om?
* maaf masih baru di freelance

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ryan
Mei 27, 2022 1:32 pm

ini pembahasannya akan cukup panjang dan terkait tax planning, ga bisa dijelaskan disini

chrestyan
chrestyan
Mei 27, 2022 1:32 am

Om pipa nanya dong
jika saya menerima pembayaran uang muka di bulan april sebesar 30% tetapi pengiriman barang nya di bulan mei, untuk faktur pajak nya apakah harus mengikuti tanggal penerimaan uang muka atau tanggal pengiriman barang om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  chrestyan
Mei 27, 2022 1:38 pm

penerbitan faktur pajak dapat dilakukan saat tanggal penerimaan uang (DP) dan saat barang tersebut dikirimkan (pelunasan)

david
david
Reply to  Om Pimpa
Mei 28, 2022 12:01 pm

kalo tanggal penerimaan dp dengan pengiriman barang berbeda, boleh pilih salah satu om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  david
Mei 28, 2022 2:39 pm

maksudnya brg yg berbeda?, kalo ini barang yg sama maka atas 1 transaksi ini akan dibuatkan 2 faktur pajak, yaitu yg prtama untuk DP dan selanjutnya untuk pelunasan

Rachmad Kurniawan
Rachmad Kurniawan
Mei 26, 2022 5:44 pm

Om mau nanya dong ada soal sebuah perusahaan misal punya omzet 150jt nah pengenaan pajaknya tuh pakai norma pendapatan netto sedangkan ada tambahan buat beli barang atau modalnya itu sebesar 50jt di minta untuk cari PPNnya?, Cara cari pendapatan netto itu omzet dikurang modal buat beli barang atau pakai tarif 25% ya?, Mohon pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rachmad Kurniawan
Mei 27, 2022 1:32 pm

selamat mengerjakan soal, kl di kondisi riilnya info segitu belum cukup jelas untuk jadi acuan perlakuan perpajakannya

Martinus sutomo
Martinus sutomo
Mei 26, 2022 9:37 am

Selamat sore,untuk bertanya soal program PPS pajak bisa disini?soal saya dapat surat cinta perihal PPS pajak ini..
Saya dikatakan ada harta yang belum dilaporkan pada tahun pajak 2020 berdasarkan agunan (Slik)
Memangnya bi checking kita bisa diartikan itu sebagai harta??
Soalnya slik itu kan data kita berhutang di lembaga pembiayaan.Kok hutang dianggap sebagai harta yah?
Sedangkan pembelian apartemen dan sebidang tanah pada tahun 2019 sudah saya masukkan ke dalam SPT 2019 (dilaporkan pada bulan april 2020)
Selama tahun 2020 saya tidak ada pembelian aset apa-apa baik cash maupun melalui lembaga pembiayaan..
Terima kasih atas pencerahannya..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Martinus sutomo
Mei 27, 2022 1:31 pm

bukan utang yang diartikan sebagai harta, namun ada potensi bahwa utang tersebut digunakan untuk membeli harta. silahkan dapat langsung konsultasi ke KPP tentang detil2nya dulu untuk mencocokan

lala
lala
Mei 26, 2022 2:54 am

Izin bertanya pak, jika untuk membangun bentuk usaha yang lebih kecil pembayaran pajak yang dikeluarkan pt/cv/koperasi/yayasan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  lala
Mei 27, 2022 1:30 pm

perhitungan pajak tergantung banyak hal bukan cm skedar bentuk badan usaha

Yanti
Yanti
Mei 25, 2022 4:13 am

mau tanya,utk pajak masukan masa bln april thn 2020 knp tdk bisa di upload ya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yanti
Mei 25, 2022 10:14 am

tidak bisa upload gmn maksudnya? ada banyak variasi gagal upload

Retno
Retno
Mei 25, 2022 12:28 am

Om PimPa , saya mau tanya dong… Perusahaan Tempat saya bekerja menjadi PKP di Juli 2021 nahh selama bulan juli 2021 – Mei 2022 saya membayar pajak menggunakan PP23( total omset*0,5% ) , selama perusahaan berjalan tsb saya dapat pajak masukan tapi belum pernah sekalipun membuat pajak keluaran ( karena yg beli produk saya secara retail ( org pribadi ) itu gimana yah om? Apakah bermasalah kedepannya ?? Atau apa yg harus saya lakukan untuk memperbaikinya? Perusahaan saya bergerak dibidang penjualan sparepart secara retail

Last edited 2 months ago by Retno
Om Pimpa
Editor
Reply to  Retno
Mei 25, 2022 10:20 am

atas penjualan retail dapat diakui sebagai penyerahan dengan faktur pajak digunggung
faktur pajak digunggung itu tetap dilakukan pemungutan PPN, ini dilakukan sejak jadi PKP

Retno
Retno
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 10:22 am

Brarti saat input fakturna npwp di 0 kan yah karena kita ga punya data npwp dan ktpnya…apakah laporan spt 2021 bisa dibetulkan saat ini?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Retno
Mei 25, 2022 10:29 am

faktur pajak digunggung itu bukan dibuat dengan cara seperti itu

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 10:33 am

silahkan cek di PP-9/2021 dan PMK-18/2021

Om Pimpa
Editor
Reply to  Retno
Mei 25, 2022 10:33 am

silahkan cek di PP-9/2021 dan PMK-18/2021

GINA
GINA
Mei 24, 2022 2:41 pm

PT. Meyda belum menyelesaikan laporan keuangan perusahaan tahun 2015 sampai dengan bulan April 2016, karena perubahan sistem akuntansi di Perusahaan. Direncanakan sampai akhir April laporan keuangan tidak dapat diselesaikan. Jelaskan apa yang harus dilakukan perusahaan dan konsekuensi atas langkah yang dilakukan perusahaan tersebut.

Om Pimpa
Editor
Reply to  GINA
Mei 25, 2022 10:18 am

semangat mengerjakan soalnya

Ulz
Ulz
Mei 24, 2022 10:18 am

Fungsi dan tujuan diterapkannya pph pasal 26 ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ulz
Mei 25, 2022 10:16 am

wew, kan om bukan yg bikin aturan itu, om cm membahas pelaksanaannya, apa2 yg mendasari suatu aturan ya bukan dibahas disini

avon
avon
Mei 24, 2022 9:16 am

om boleh tanya?

jika kita buat fp keluaran dibulan A tgl 1 dan kemudian dikreditkan pihak lawan dibulan A. Lalu bulan C kita buat fp pengganti dan kemudian kita batalkan. Lalu kita terbitkan faktur baru sebagai pengganti di bulan C.

Pihak lawan minta fp bulan C dibatalkan, karena dia sudah mengkreditkan fp dibulan A. Apa yg harus kita lakukan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  avon
Mei 24, 2022 4:11 pm

Sebentar ini istilah yg dipake prlu dicek lg nih biar ga miskom, misal faktur yg udah dibatalkan itu ga bs dibuat pengganti, yg ada ya buat faktur baru (faktur normal lg), lalu pembatalan jg akan gagal saat pembeli sudah lebih dl mengkreditkan kecuali pembeli jg setuju lalu klik batal jg di efaktur dia

avon
avon
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 1:40 am

bulan januari saya buat fp no 010.123 tgl 10 dan dikreditkan pihak A dibulan januari.
bulan maret saya buat fp pengganti jadi 011.123 ditgl 20 maret karena fp pengganti di tgl januari sudah tidak bisa berdasarkan peraturan, tp lalu saya batalkan dan saya terbitkan fp normal no 010.456 di tgl 20 maret.

pihak lawan minta fp no 010.456 dibatalkan dengan alasan dia sudah mengkreditkan faktur no 010.123. apa yg harus saya lakukan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  avon
Mei 25, 2022 10:24 am

pembatalan akan gagal saat pembeli sudah lebih dl mengkreditkan kecuali pembeli jg setuju lalu klik batal jg di efaktur dia

olivia
olivia
Mei 24, 2022 9:10 am

om tanya dong, kalau di formulir 1111 AB Bagian I nilai B dan C beda ini kenapa ya om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  olivia
Mei 24, 2022 4:11 pm

Yg bagian B point 2, bedanya di penyerahan digunggung

allin
allin
Mei 24, 2022 9:07 am

saya di bidang real estate , saya lapor dan setor PPN di KPP Madya (Pemusatan) saya memiliki proyek di wilayah kerja KPP Pratama wilayah majalaya (Proyek A status cabang dan terdaftar, proyek B tidak ada npwp cabang dan proyek C tidak ada npwp cabang) ke 3 proyek tersebut masih 1 wilayah , terkat per 3 , bagaimana saya mencantum kan alamat jika saya mengirimkan barang ke proyek C?. apakah yang saya cantumkan alamat proyek A karena yang terdaftar cabang hanya proyek A atau mencantumkan alamat yang sebenarnya di proyek C?

Om Pimpa
Editor
Reply to  allin
Mei 24, 2022 4:10 pm

Alamat dan NPWP KPP pusat
krna ga ada npwp cabang

allin
allin
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 1:19 am

satu lagi om , jika ada cabang yang memiliki alamat yang sama dengan alamat pusat namun pengiriman barang ke Proyek D (alamat berbeda dengan alamat cabang tersebut) alamat apa yang harus saya cantumkan ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  allin
Mei 25, 2022 10:23 am

alamat cabang

tata
tata
Mei 24, 2022 9:05 am

ijin tanya om, untuk pemotongan pph 23 atas sewa kendaraan dengan NIK, kode objek pajak nya yg mana ya? lalu untuk NIK saya input valid, tetapi saat mau simpan terdapat tulisan data NIK tidak ditemukan. solusinya seperti apa ya om pimpa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  tata
Mei 24, 2022 4:10 pm

sewa kendaraan 24-100-02 dengan tarif lebih besar yakni 4%, silahkan cek kembali NIK lawan transaksi tersebut

avon
avon
Mei 24, 2022 9:04 am

om boleh tanya?
jika awalnya kita buat fp di tgl 1 bulan A, dan kemudian pihak lawan sudah mengkreditkan. Lalu kita buat fp pengganti di bulan B tgl 20 dan kemudian kita batalkan dan kita terbitkan fp di bulan C sebagai penggantinya.

Pihak lawan minta fp yg dibulan C dibatalkan, karena dia sudah merasa mengkreditkan fp itu dibulan A. apa yang harus kita lakukan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  avon
Mei 24, 2022 4:10 pm

Sebentar ini istilah yg dipake prlu dicek lg nih biar ga miskom, misal faktur yg udah dibatalkan itu ga bs dibuat pengganti, yg ada ya buat faktur baru (faktur normal lg), lalu pembatalan jg akan gagal saat pembeli sudah lebih dl mengkreditkan kecuali pembeli jg setuju lalu klik batal jg di efaktur dia

Hilman
Hilman
Mei 24, 2022 8:57 am

Om mau tanya,

Contoh kasusnya seperti ini :
Teman saya berniat jual lahan pertambangan dengan harga 100 Miliar. Dia meminta saya untuk mencari buyer. Dari kesepakatan dengan teman, selisih harga jual boleh saya ambil sebagai fee tapi pajaknya diurus sendiri. Saat bertemu buyer dan negosiasi ahirnya lahan ini terjual 130 Miliar, sehingga selisih 30 Miliar menjadi hak saya.

Pertanyaannya jenis pajak apa saja yang dikenakan terhadap selisih 30 Miliar tadi ? Berapa besaran pajak nya ? dan bagaimana untuk pembayaran pajaknya ? mengingat saya bertindak sebagai perseorangan, bukan sebagai perusahaan

Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hilman
Mei 24, 2022 4:09 pm

tarif normal pasal 17 progresif dan melakukan pembukuan

Satria
Satria
Mei 24, 2022 6:25 am

Hallo om
Om mau tanyak dong
Pembelian hewan ternak ( Itik petelur ) kemudian hewan nya di bagikan ke masyarakat untuk di ternak, yg saya tanya kenak pajak gak om untuk pengadaan nya
Soal nya saya baca di pmk menkeu kata nya engga kenak pajak
Mohon pencerahan nya om ya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Satria
Mei 24, 2022 4:09 pm

Pajak apa?

Acong
Acong
Mei 24, 2022 12:52 am

Om mau tanya.saya pengusaha di bidang transportasi umum.lalu saya dapat tender kerjasama dengan pt B.sedangkan Pt B kerjasama dgn pt a.
Sistem pembayaran pt a membayar ke pt b.lalu pt b membayar ke pt saya.
Apakah pt saya kena wajib pajak 11% per bulan dari nilai transaksi?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Acong
Mei 24, 2022 4:08 pm

pajak apa yg dimaksud?

Frits Tobias Umbu Amah
Frits Tobias Umbu Amah
Mei 23, 2022 11:44 am

Selamat malam, Om. Untuk pembayaran gaji seorang guru honorer sekolah sebesar 900.000/bulan dari Dana BOS, itu kena pajak atau tidak? Jika kena Pajak, itu berapa persen potongannya, Om? Terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Frits Tobias Umbu Amah
Mei 24, 2022 4:08 pm

jika dibawah PKTP maka tdk ada PPh terutang

Nia
Nia
Mei 23, 2022 7:36 am

Om boleh tanya
Untuk pelaporan PPh 22, apakah sebagai pembeli / importir wajib melaporkan spt masa PPh 22 atas sse yang didapat setelah disetor ke Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai pada saat setiap impor?.

Thanks Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nia
Mei 23, 2022 10:51 am

dapat dilaporkan di SPT Tahunan sebagai kredit pajak

Nia
Nia
Reply to  Om Pimpa
Mei 24, 2022 2:40 am

Terima kasih Om, apakah pembeli harus laporkan sebagai spt masa PPh 22 juga di Unifikasi Ebupot?. atau hanya di SPT Tahunan saja?.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nia
Mei 24, 2022 4:09 pm

Tidak, lihat jawaban sebelumnya ya

Putri
Putri
Mei 23, 2022 4:53 am

Om mau tanya,

Kalau kita memberikan jasa ke perusahaan luar negeri dan akan menagihkan dalam USD, apakah di invoice akan kena PPN ? Kalau iya, bagaimana dengan faktur pajaknya ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putri
Mei 23, 2022 10:46 am

jika perusahaan PKP maka membuat faktur pajak, faktur pajak biasa dengan mata uang idr dan NPWP ditulis nol 000

taem
taem
Mei 23, 2022 2:04 am

halo om pimpa saya mau tanya . jika PT A pada bulan maret terjadi lebih bayar sebesar 10.5 juta . dan di bulan april PT. A tidak ada transaksi . apakah Lapor SPT pada bulan april terjadi lebih bayar dengan nominal 10.5 juta? atau menjadi nihil? saya masih kurang paham mengenai pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  taem
Mei 23, 2022 10:46 am

ini SPT apa yg ditanyakan?

Herman
Herman
Mei 23, 2022 1:10 am

Om Mau Tanya,

Terkait unifikasi Ebupot, Kenapa ya saat download bupot selalu lampiran Zip/Rar padahal saya lapor terdapat ratusan Ebupot , Udah di coba berhari-hari masih aja Kosong , Untuk BPS dan Spt Induk bisa di download. Ini Program Maksa Banget,

Thanks Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Mei 23, 2022 10:50 am

Downloadnya dr menu bupot bukan yg di spt

Herman
Herman
Reply to  Om Pimpa
Mei 24, 2022 1:51 am

Apakah Harus satu persatu om, bukannya dapat dilakukan sekalgus seperti ebupot 23/26 sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Mei 24, 2022 4:08 pm

Kl yg skaligus download jd resiko error/trouble

Herman
Herman
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 1:15 am

Waduh Om, Saya memiliki ratusan bukpot , makin di update makin nyusahin WP aj ni sekarang, Bukannya mempermudah WP.
Makasih om penjelasannya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Herman
Mei 25, 2022 10:20 am

dapat download sekaligus, nnti akan berbentuk zip.. silahkan dicoba dlu dan dicek kembali jika ada masalah

herman
herman
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 11:42 am

lampiran tetep ga ada,terpaksa satu persatu

Om Pimpa
Editor
Reply to  herman
Mei 27, 2022 1:29 pm

di menu dashboard, klik ajukan pengunduhan bukti potong, setelah itu, semua bukpot akan terdownload dengan format zip

Nadya Elvina Syahar
Nadya Elvina Syahar
Mei 22, 2022 1:38 pm

Om, untuk pengadaan atau pembelian Kolam Bioflok, maka dikenakan jenis pajak apa saja ya? Dan berapa persen besaran kenaan pajaknya? Terima kasih ~

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nadya Elvina Syahar
Mei 23, 2022 10:51 am

tergantung detail transaksinya, misal itu subjeknya siapa yg brtransaksi

Nia
Nia
Mei 21, 2022 7:24 am

Om boleh tanya
Untuk Nomor Dokumen Pendukung di efaktur untuk kode 080 apa boleh dikosongkan (tidak diisi)?. jika harus di isi, maka diisi apa ya?.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nia
Mei 22, 2022 9:31 am

tidak harus selalu diisi, tergantung detil transaksinya

Anggi Meilinda
Anggi Meilinda
Mei 21, 2022 3:59 am

hallo om saya mau tanya pajak dlm bidang usaha jasa konstruksi.
misal A pihak perorangan yg bekerja sbg kontraktor kemudian bekerja sama dengan PT.B sbg badan jasa konstruksi . kemudian PT. B meminta pihak A untuk mengerjakan satu proyek dg nilai kontrak 10 jt belum termasuk PPN dalam jangka waktu pengerjaan selama 1 bulan . lalu PPH pasal brp yang akan dipungut oleh PT. ke pihak A & berapa persen yang akan dipungut oleh PT. B terhadap pihak A ?
mohon bantuannya om .
terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anggi Meilinda
Mei 22, 2022 9:31 am

tergantung perjanjiannya si PT dengan individu A gmn, misalnya kl dijadikan pegawai ya akan jadi beda perlakuannya, tp kl secara umum akan dipotong pph konstruksi juga

Anggi Meilinda
Anggi Meilinda
Reply to  Om Pimpa
Mei 24, 2022 3:34 am

kesepakatan perusahaan dg individu itu bukan dijadikan pegawai melainkan dengan individu yg bekerjasama . apakah kalo seperti itu dipungut pajak pph pasal 4 ayat 2 om?
mohon penjelasannya kembali om terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anggi Meilinda
Mei 24, 2022 4:09 pm

iya PT bsa memotong PPh 4(2) kontruksi kepada individu tersebut dengan tarif sesuai kualifikasi usahanya

Anggi Meilinda
Anggi Meilinda
Reply to  Om Pimpa
Mei 25, 2022 4:22 am

baik terimakasih banyak atas responnya om pimpa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anggi Meilinda
Mei 25, 2022 10:30 am

samasma

Ria
Ria
Mei 20, 2022 2:43 pm

Malam pak, saya mau tanya. Jika saya melakukan pelaporan PPh 23 tapi saya mau betulkan nomer atau tanggal di bukti potongnya saja, tapi karena pembetulannya sudah lewat dari masa lapor apakah kena denda juga padahal tidak terjadi kurang bayar hanya melakukan pembetulan di tanggal bukpot saja?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ria
Mei 22, 2022 9:32 am

ini SPT Normalnya jadinya sudah lapor blm? jika sudah maka selanjutnya akan melakukan pelaporan SPT Pembetulan dan atas pembetulannya tidak ada sanksi

Sutri
Sutri
Mei 20, 2022 3:06 am

Om izin tanya, customer kami perusahan berikat dan upload faktur 070 tanpa sppb itu bakal ngaruh kedepannya engga ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sutri
Mei 21, 2022 3:05 am

Isian faktur kl gitu jadinya tidak lengkap

GRACE
GRACE
Mei 20, 2022 2:00 am

Om saya mau tanya Saat mau upload faktur pajak tgl 22 april tapi di riject , ket Karena melebihi batas waktu Sebagaimana di atur dalam PER-03/PJ/2022

Om Pimpa
Editor
Reply to  GRACE
Mei 21, 2022 3:04 am

yaa pertanyaannya apa?

lina
lina
Mei 20, 2022 1:29 am

ijin tanya om,, terkait pelaporan pph 4 ayat 2 unifikasi jika tidak ada npwp dan ktp bagaimana cara lapornya,, krn saya saya di koperasi dan banyak anggota yang tidak memiliki npwp dan kebetulan memang tidak ada data ktpnya ,, terimksih

Om Pimpa
Editor
Reply to  lina
Mei 21, 2022 3:04 am

terkait pelaporan SPT Unifikasi, wajib memiliki identitas minimal NIK

Riana
Riana
Mei 19, 2022 6:42 pm

Ijin tanya om..
PT. A kirim barang tgl 9 Mei 2022 dan sampai di PT. B tgl 10 Mei 2022.. untuk tgl faktur pajaknya apakah boleh ditulis tgl 10 Mei 2022, karena permintaan PT. B sesuai penerimaannya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Riana
Mei 21, 2022 3:04 am

Bisa, sepanjang sebelumnya tdk trdapat pembayaran sebelum barang dikirim

Vero
Vero
Mei 19, 2022 11:23 am

Halo min, mau tnya. Jika pph 21 bulan januari sdh bayar dan sudah lapor, kemudian di awal mei diketahui ada kesalahan dan ternyata lebuh bayar ke negara. Apakah masih bsa di jadikan kompensasi? Atau lebih bayar tsb menjadi hangus?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vero
Mei 21, 2022 3:03 am

untuk SPT pph 21 apakah sudah dilakukan pembetulan?

monika
monika
Mei 19, 2022 10:54 am

halo om pimpa saya mau bertanya PT Sritek mempunyai pph terutang tahun 2016 sebanyak Rp.24.000.000. sedangkan pajak yang sudah terbayarkan(pph pasal 21 Rp.3.000.000 pph pasal 22 rp. 2.000.000 pph pasal 23 rp.2.500.000 pph pasal 24 1.500.000). pph 25 perbulan untuk tahun pajak 2017 berapa ya??

Om Pimpa
Editor
Reply to  monika
Mei 21, 2022 3:03 am

Selamat mengerjakan soal yaaa

Nata
Nata
Mei 19, 2022 10:47 am

Om mau tnya saya salah input sppb ke efaktur pas saya buat fp pengganti sudah tidak dapat diubah apakah ada solusi?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nata
Mei 20, 2022 10:58 am

batalkan fakturnya dan buat faktur baru yg isiannya benar

purba
purba
Mei 19, 2022 9:09 am

halo om Pimpa, saya mau bertanya tentang pengisian tanggal di bukti potong PPH 23.
Cth kasus : Jika kita memberikan insentif penjualan atas masa Desember, dan bukti potong PPh 23 baru dibuat di Mei, karena pembayarannya baru dilakukan di bulan Mei. Apakah tanggal bukti potong bisa dibuat di bulan Mei sesuai dengan tanggal pembayaran?
Mohon tanggapannya Om,trims 🙂

Om Pimpa
Editor
Reply to  purba
Mei 19, 2022 10:02 am

Sesuai tanggal pmbayaran

purba
purba
Reply to  Om Pimpa
Juni 7, 2022 4:17 am

maaf om, saya mau bertanya lagi terkait pertanyaan saya di atas. Bukti potong yang akan kita bayarkan berarti untuk masa pajak Desember ya? Berarti kita dikenakan denda ya om karena terlambat setor dan lapor pph 23?

Om Pimpa
Editor
Reply to  purba
Juni 7, 2022 11:42 am

pembayaran dilakukan di bulan mei, jadi bukti potong PPh 23 yang dibuat untuk masa mei

purba
purba
Reply to  Om Pimpa
Juni 9, 2022 4:52 am

walaupun penghasilan/Insentif sudah diakui dan diterima di Desember, tetapi masa pajak di Bupot PPH 23 tetap berdasarkan pada saat penyetoran pajaknya ya? Begitu kah Om?

Last edited 2 months ago by purba
Om Pimpa
Editor
Reply to  purba
Juni 9, 2022 5:34 pm

bukannya pembayaran dimasa mei? Sebenarnya detail transaksi desember itu apa dan mei itu atas apa ya?

purba
purba
Reply to  Om Pimpa
Juni 10, 2022 2:01 am

detailnya begini, di bulan des 2021 itu saat diberikannya insentif dan sudah diakui sebagai penghasilan di 2021, sedangkan pph 23 nya baru disetorkan di Mei 2022. Jadi pembayaran di bulan Mei adalah pembayaran pph 23 atas insentif desember 2021 Om.

Last edited 2 months ago by purba
Om Pimpa
Editor
Reply to  purba
Juni 11, 2022 2:59 am

Berarti masanya adalah masa pajak Desember dan penyetorannya saja yg telat di mei

Sucipto
Sucipto
Mei 19, 2022 8:41 am

Izin bertanya om, saya ada KPR 15 tahun dari September 2020, apakah wajib PPS?atau pembetulan saja? suratnya masih PPJB, belum AJB, dan masih sertifikat induk

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sucipto
Mei 19, 2022 10:01 am

bisa pilih salah satu dari kedua opsi tersebut

Sucipto
Sucipto
Mei 19, 2022 8:29 am

Mau tanya jika saya ada KPR 15 THN dari sept 20, status masih PPJB , sertifikat belum di pecah developer apakah harus ikut PPS atau pbetulan saja

Om Pimpa
Editor
Reply to  Sucipto
Mei 19, 2022 10:01 am

bisa pilih salah satu dari kedua opsi tersebut

caca
caca
Mei 19, 2022 2:13 am

halo selamat siang. saya mau nanya mengenai bupot unifikasi. Kalo misalkan bupot tidak ada npwp dan tidak memberikan ktp bagaimana ya? kan kalo dulu masih bisa ya diakalin gitu niknya. nah skrg direct ke dukcapil gitu. jadinya akalu gini kan misal yang harusnya dilapor 100 jadi cuma 90 karna gaada npwp dan nik tersebut, apakah ada cara lain? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  caca
Mei 19, 2022 10:01 am

harus ada identitas lawan transaksi

lina
lina
Reply to  Om Pimpa
Mei 20, 2022 1:30 am

berarti yang di laporkan jadi ndak sama dengan yang telah di setor om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  lina
Mei 21, 2022 3:06 am

Tetap harus melengkapi data identitas semua

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x