Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Felma
Felma
November 14, 2021 8:39 am

Selamat siang om,
Mohon pencerahannya.
Sy pegawai swasta yg tiap tahun membuat laporan spt dgn form 1770S.
Thn 2021 ini sy mempunyai penghasilan dr forex. Utk pembayaran pajak forexnya apakah sy lakukan di thn 2022 sblm bln maret 2022 atau hrs di akhir thn 2021?
Dan pelaporan penghasilan di spt 1770s apakah hrs digabung dgn penghslan saya sbg pegawai yg pajaknya sdh dipotong dan dibyr oleh perusahaan? Bukti potong saya terima dari perusahaan di bln feb thn 2022
Terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Felma
November 14, 2021 9:22 am

detail penghasilan dari Forex seperti apa?
ya digabung dengan penghasilan dari perusahaannya

Felma
Felma
Reply to  Om Pimpa
November 14, 2021 9:44 am

Penghasilan berupa profit dari hsl trading forex, modal trading saya ada di broker luar negeri.
Untuk pembayaran pajak atas profit ini apakah saya lakukan di thn 2022?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Felma
November 15, 2021 1:57 pm

pembayaran pajak dilakukan jika penghasilan melebihi PTKP, pajak atas penghasilan selama tahun 2021 dibayarkan dan dilaporkan pada SPT Tahunan 2021 paling lama akhir bulan maret 2022

Felma
Felma
Reply to  Om Pimpa
November 16, 2021 3:20 am

Terima kasih om utk penjelasannya, saya mohon pencerahan cara pengisian di surat setoran elektronik (sse). Utk pembyran pajak forex ini masuknya ke kategori jenis pajak apa, dan jenis setoran apa.
Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Felma
November 16, 2021 10:06 am

bukan pajak atas forex, ini kan akan bergabung dengan semua penghasilan pada tahun tersebut, jadi masuknya ke pasal 29 dengan kode 411125 – 200

Felma
Felma
Reply to  Om Pimpa
November 16, 2021 3:13 pm

Baik om, mohon pencerahan cara pengisiannya di form 1770s. Apakah pendptan forex diisi di bagian Induk SPT point no.2 Penghasilan netto dalam negeri lainnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Felma
November 17, 2021 2:05 pm

Pake form 1770, isi mulai di lampiran I halaman 2 penghasilan lainnya

Felma
Felma
Reply to  Om Pimpa
November 18, 2021 12:42 am

Baik om, thn lalu saya pake form 1770S krn penghsln hnya dari perusahaan, berarti thn ini harus ganti pake form 1770 ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Felma
November 20, 2021 2:10 am

ya karena WP Orang Pribadi yang merupakan pegawai dengan penghasilan lain, maka mengisi SPT menggunakan form 1770

Felma
Felma
Reply to  Om Pimpa
November 20, 2021 6:48 am

Baik Om, terima kasih pencerahannya. Kalau diform 1770S lampiran I bagian A.6 Penghasilan lain, itu contohnya seperti apa ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Felma
November 20, 2021 12:27 pm

penghasilan neto dalam negeri lainnya yang tidak termasuk penghasilan final contohnya keuntungan karena pembebasan utang, keuntungan karena selisih kurs mata uang asing dll (Intinya di tempat lain blm ada maka akan ditempatkan disitu)

Felma
Felma
Reply to  Om Pimpa
November 20, 2021 2:11 pm

Baik Om, kalau keuntungan karena selisih kurs mata uang asing ini saya isi dengan angka profit forex saya apakah bisa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Felma
November 22, 2021 7:36 am

yup bisa

Felma
Felma
Reply to  Om Pimpa
November 24, 2021 7:39 am

Terima kasih om, apakah ada referensi link untuk download form 1770 excel dgn rumus (digital) yang bisa langsung otomatis keluar angkanya? Krn saya isi dan lapor SPT sendiri kuatir salah khususnya form 1770 baru pertama kali nanti mau buat.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Felma
November 25, 2021 1:57 am

langsung isi saja pada form 1770, nanti akan terhitung otomatis

Hikmah
Hikmah
November 14, 2021 12:19 am

Pagi Om..
Terimakasih telah menjawab pertanyaan-pertanyaan saya sebelumnya.
Ijin bertanya lagi Om..
Saya ingin bertanya apakah Per 199/PJ/2000 masih berlaku? Jika tidak berlaku lagi dimana saya bisa melihat pengumuman tentang pencabutan Per tersebut?

Terimakasih Om..

Hikmah
Hikmah
Reply to  Hikmah
November 14, 2021 1:33 am

maaf om koreksi dikit, lebih tepatnya KEP-199/PJ/2000 tanggal 21 juli 2000

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hikmah
November 14, 2021 9:19 am

sudah tidak berlaku dan diganti dengan 141/PMK.010/2021

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hikmah
November 14, 2021 9:16 am

ini aturan tentang apa ya?

Hikmah
Hikmah
Reply to  Om Pimpa
November 16, 2021 3:39 am

salah satu isinya yaitu Pasal 1 : Setiap Pengusaha Kena Pajak dalam rantai distribusi kendaraan bermotor, yaitu Importir, ATPM, Industri Perakitan, Distributor, Dealer, Sub-Dealer dan Showroom, wajib membuat perincian data atas penyerahan kendaraan bermotor dengan menggunakan Daftar Rincian Kendaraan Bermotor terlampir dalam keputusan ini, dan melampirkan daftar tersebut pada SPT Masa untuk Masa Pajak yang sama dengan Masa Pajak diterbitkannya Faktur Pajak yang menjadi dasar pengisian SPT Masa PPN tersebut. Kemudian terbit juga SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR SE-31/PJ/2013 yang menegaskan kembali kewajiban membuat perincian data atas penyerahan kendaraan bermotor dengan menggunakan Daftar Rincian Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hikmah
November 16, 2021 10:08 am

waaah kok AR nya jg blm kasih petunjuk? ok nanti om bersemedi dulu ya, biar bisa dapet hal yg mencerahkan

Hikmah
Hikmah
Reply to  Om Pimpa
November 26, 2021 8:25 am

Semedinya udah Om..?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hikmah
November 26, 2021 2:36 pm

ini msh lg semedi tp blm jg dapet wangsit

Rizky
Rizky
November 13, 2021 1:31 pm

Om izin mau nanya nih tentang non pkp, bolehkah memungut pph21/23? Dan kalau boleh benarkah untuk pph 21: ((bruto x 50%) x 5%) dan pph 23: 5% x bruto?
Makasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rizky
November 14, 2021 9:09 am

PKP atau Non PKP bukan acuan untuk melakukan pemotongan PPh atau tidak

Aqila
Aqila
November 13, 2021 8:00 am

Maaf Om ijin tanya, jika seseorang diketahui bekerja sebagai pegawai tetap di sebuah Universitas, kemudian ia digaji sebesar Rp 6.000.000 perbulannya. Jadi orang tersebut akan dikenakan pajak pasal berapa ya? Dan alasannya bagaimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aqila
November 14, 2021 9:08 am

pemotongan pajak atas gaji atau jenis pajak yang mana?

Aqila
Aqila
Reply to  Om Pimpa
November 14, 2021 9:14 am

Jenis pajak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aqila
November 18, 2021 1:10 pm

iya jika penghasilan melebihi PKTP maka akan dipotong PPh pasal 21 oleh universitas tersebut

Rara
Rara
November 13, 2021 7:09 am

pada tahun 2019 kelebihan membayar PPh sebesar Rp4.000.000,00, sedangkan untuk jenis PPN terdapat kekurangan pajak sebesar Rp5.000.000,00.
Berdasarkan adanya kelebihan dan kekurangan pembayaran pajak bagaimana?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Rara
November 14, 2021 9:07 am

yang dimaksud kelebihan pembayaran PPh apakah SPT nya lebih bayar?

teffri
teffri
November 12, 2021 4:26 pm

Om pimpa numpang tanya ya soal e bupot pph23
1. om fungsi penjual jasa mendapatkan bupot pph23 itu untuk apa ya ???
2. apakah bupot pph23 yang di dapatkan dari pembeli jasa harus di laporkan di djp online??
3. bila harus di laporkan boleh dong sekalian kasih tau cara/langkah melaporkanya bupot pph23 tersebut

Om Pimpa
Editor
Reply to  teffri
November 14, 2021 9:06 am

1. untuk kredit pajak di akhir tahun (jika tidak menggunakan PPh Final)
2. dilaporkan di SPT Tahunan oleh penerima pemotongan
3. bole dong

Adi
Adi
November 12, 2021 12:26 pm

PT. Merapi Mountain membeli 2.000 Pcs pakaian hangat dengan harga Rp.150.000/- (Harga sudah termasuk PPN) secara tunai. PT. Merapi Mountain telah terdaftar sebagai PKP. Bagaimanakah jurnalnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Adi
November 12, 2021 12:35 pm

Jurnalnya bs ditanyakan ke bagian accounting PT Merapi

ilham jusuf
ilham jusuf
November 12, 2021 10:48 am

Tanya om…pt A PKP..menyewakan gudang dr 2020 sd 2021…biaya sewax diterima dibelakang …pertanyaan kapan kewajiban bayar ppn….di 2020 atau 2021 ?
Trima kasih sebelumx om

Om Pimpa
Editor
Reply to  ilham jusuf
November 12, 2021 12:26 pm

kapan PKP mengakui penghasilan sewa? blm disebut tuh, bisa kapan aja

ilham jusuf
ilham jusuf
Reply to  Om Pimpa
November 12, 2021 12:56 pm

PKP mengakui sbg pendtan sewa pd saat uang diterima yaitu thn 2021

Om Pimpa
Editor
Reply to  ilham jusuf
November 14, 2021 9:04 am

PPN terutang masuk dimasa/tahun 2021

Oktaviani
Oktaviani
November 12, 2021 9:22 am

PT ABC adalah sebuah perusahaan keluarga yang dimiliki 8 pribadi. Mengiingat jumlah keluarga yang semakin banyak, maka seluruh delapan keluarga akan membuat 8 PT holding dengan pemegang saham masing-masing PT adalah keluarga para pribadi pemegang saham. Selanjutnya, 8 PT holding tersebut akan menjadi pemegang saham PT ABC. Tindakan selanjutnya adalah membagi PT ABC menjadi 3 perusahaan yaitu PT ABC 1, PT ABC 2 dan PT ABC 3. Untuk itu, PT ABC 2 dan PT ABC 3 akan membeli asset PT ABC 1. Tujuan pemecahan ini adalah untuk menurunkan skala usaha PT ABC 1 mengingat PT ABC 1 sudah cukup besar… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Oktaviani
November 12, 2021 12:25 pm

krna yg ditanya tanggapan maka tanggapan om: wah keluarga siapa ini ya? semoga ga saling rebutan hrta yaa

marni
marni
November 12, 2021 8:42 am

OM …pimpa, mau tanya untuk pajak sewa atas bangunan kija uang pajak sewanya sdh di grossup di pembayaran sewanya itu pembuatan bukti potongnya yg sebagai pemotong pajaknya siapa ya? pemilik atau penyewa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  marni
November 12, 2021 12:25 pm

yg namanya pemotongan pajak maka pihak yg akan memotong adalah yg membayar, kl tidak ada pemotongan maka yg menerima uang akan menyetor sendiri pajaknya

Amanda
Amanda
November 12, 2021 8:32 am

Halo om Pimpa. saya mau tanya. Jika ada case dimana suatu perusahaan tahun lalu lapor SPT laporan menggunakan pajak final 0,5% (ini kalo saya liat, karena omset thn lalu < 4,8 miliar). Apakah penggunaan SPT laporan menggunakan pajak final 0,5%, membuat perusahaan tsb harus mengkoreksi fiskal seluruh beban yang terjadi di tahun ini? jika iya, beradasarkan peraturan apa?

makasi om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amanda
November 12, 2021 12:25 pm

ini tergantung tahun ini masih pake final lagi atau tidak

amanda
amanda
Reply to  Om Pimpa
November 12, 2021 12:53 pm

tahun ini tidak pake final lagi om, krn omzetnya udh diatas > 4,8 M. kalo seperti itu gimana om? hehe

Om Pimpa
Editor
Reply to  amanda
November 14, 2021 9:03 am

kalo sudah tidak final lagi, maka akan menggunakan tarif umum atau masuk penghasilan 4 ayat 1, sehingga koreksi fiskal merujuk pada UU PPh pasal 6 dan Pasal 9 (jadi tidak semua dikoreksi)

Julia
Julia
November 12, 2021 7:11 am

Halo Om Pimpa, mau bertanya nih beberapa pertanyaan 1. Perusahaan A ada di kota FTZ dan ingin ekspansi usaha ke kota lain yang bukan FTZ, jadi apakah NPWP cabang tersebut bisa dikukuhkan sebagai PKP padahal NPWP Pusat nya Non PKP? 2. Jika NPWP cabang nya bisa dikukuhkan sbgai PKP, berarti pelaporan dan penyetoran SPT Masa PPN nya dilakukan oleh cabang itu sendiri? 3. Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan di kota A, apakah bisa buka cabang di kota lain dengan bidang usaha yang berbeda? misalnya konstruksi atau yang lainnya. 4. Perusahaan membuka cabang di kota lain dengan bidang usaha yang… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Julia
November 12, 2021 12:24 pm

1. PKP dapat dikukuhkan di cabang
2. betul
3. bisa
4. suka2

Suyatmi
Suyatmi
November 12, 2021 4:09 am

Om pimpa tanya sewa alat kesehatan seperti sewa alat ELISA READER di kenakan PPh 23 berapa %? dan apakah pembelian hewan seperti tikus juga kena pajak/PPh 22 atau 23 dan berapa % ? untuk kegiatan penelitian.
Batasan nilai berapa yang dikenakan pajak untuk yg ke sewa dan hewan tsb. Terimakasih atas jawabannya.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Suyatmi
November 12, 2021 12:23 pm

sewa selain tanah bangunan masuk objek pemotongan PPh 23, jika terkait pembelian yg bukan jasa maka sebagian besar tidak menjadi objek PPh

mei
mei
November 12, 2021 3:57 am

om mau nanya, kalau memakai ppn 1% untuk pertanian, kan gak bisa kreditkan pajak masukkan,
nah misalnya PT. A mau bayar ppn pnya si PT. B pakai yang ppn 1% dan bayar ppn untuk PT. C ppn 10% dan kreditkan pajak masukkan bisa gak ?

atau si PT. A ini harus milih salah satu mau pilih PPN 1% atau PPN 10% ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  mei
November 12, 2021 12:23 pm

bntar deh, ini apa urusannya PT A kok bayarin PPN nya milik 2 pihak gini? cb jelaskannya dengan ini PK milik siapa dan PM milik siapa

rahmawati
rahmawati
November 12, 2021 2:40 am

om pimpa mau tanya, misalnya status perusahaan belum PKP, perusahaan melakukan pembelian ke perusahaan lain di kenakan PPN di akuntansi pembelian itu di akui sebagai hutang, baik nominal dan PPN nya, saat pelunasan otomatis penjurnalan di akuntansi nya, hutang debit kas/bank kredit, untuk ppn nya Hutang PPN debit kas/bank di kredit. nah karna belum PKP apakah ada penjurnalan lagi om? untuk mengetahui PPN yang tidak bisa di setorkan ke negara akibat belum PKP.

Om Pimpa
Editor
Reply to  rahmawati
November 12, 2021 12:08 pm

oh ga begitu, jika belum PKP maka saat melakukan pembelian yg dikenakan PPN tidak akan dijurnal secara terpisah, melainkan nilai PPN nya langsung dijadikan 1 dalam harga barang atau jasa yg dibeli

dira
dira
November 12, 2021 2:37 am

selamat pagi om pimpa, mau tanya
apabila PT A terdaftar sebagai wp badan pada april 2020 dan memilih menggunakan tarif pph final 0,5%, serta didalam SUKET PP23 masa berlaku sampai desember 2021, apakah pada tahun 2022 PT A sudah tidak dapat menggunakan tarif pph final 0,5% tersebut ?

Om Pimpa
Editor
Reply to  dira
November 12, 2021 11:36 am

ini yakin kasus riil? coba cermati dan baca lagi isi SUKETnya, ga yakin sih kl kasus riil itu akan seperti ini

YOGI
YOGI
November 11, 2021 5:51 pm

SAYA GURU HONOR OM UNTUK DAFTAR PAJAK PENGHASILAN NYA KODE KLU DI PILIH APA OM

Om Pimpa
Editor
Reply to  YOGI
November 12, 2021 11:35 am

bisa search aja dengan ketik “pengajar”

Amul
Amul
November 11, 2021 12:40 pm

Halo om,
Mau tanya nih,apakah benar pmbeli barang yg nilai hrga brgnya sudah trmsuk pjak 10%,akan terkena pjak lg oleh pmrintah?,hnya krna trnsaksi jual belinya via trnsfer bank.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amul
November 12, 2021 11:35 am

silahkan ceritakan lebih detailnya transaksinya apa, yg jelas kl cm krna transaksi via transfer bukan menjadi acuan tentang pajaknya, secara umum banyak info2 pajak yg bisa aja hoax

Amul
Amul
Reply to  Om Pimpa
November 12, 2021 11:59 am

Ceritanya bgini,saya rutin blnja brang dan byrnya via trnsfr,hrga brg trsebut 30rb/kg,d tmbah pjak 10% jd 33rb/kg. Tp saya tdk d beri nota resmi,cuma d beri surat jln.trnsfer bank tjuannya pun hrs gnti² bank,kdang ke bca,kdang bang JAGO,tp ats nma perorangan. Saya tnyakan ke bos PT trsbut,itu sngaja d bikin sprti itu krna kasihan sma saya biar tdk d kjar pjk lgi. Nah saya ragu dgn alasan trsebut,krn saya beli brg trsebut udah hrga yg +pjk 10%, shrga 33rb/kg,bukan 30rb/kg. Yg mau saya tnyakan sma om,apkah bnar saya akan terkena pjak lagi sma pmrntah dari jual beli trsbut itu? Pdhal… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amul
November 12, 2021 12:34 pm

oh ini bukan masalah kena pajak lagi atau tidaknya, tp simplenya gini: ada jenis pajak yg memang melekatnya ke per tiap transaksi (misal PPN 10% saat beli ke penjual yg PKP), dan ada juga jenis pajak yg melekatnya itu ke akumulasi profit dalam satu tahun (misal PPh dalam SPT Tahunan), jadi poinnya adalah pajak itu jenisnya banyak dan perlakuannya beda2 jadi jika transaksi secara umum udah makin banyak ya harus mulai dipikirkan apakah selama ini udah bener urus pajaknya atau belum, kl belum tau apapun ya jadi resiko akhirnya

alul
alul
November 11, 2021 12:36 pm

om, mau tanya
saya jualan online dan offline. untuk pajak saya ikut pribadi atau bagaimana.
dan apa usaha saya perlu dibuatkan NPWP jugakah

Om Pimpa
Editor
Reply to  alul
November 12, 2021 9:59 am

jika usahanya tidak membuat badan usaha maka semua itu akan bermuara di kewajiban individu dengan npwp individu

Erik Iskandar
Erik Iskandar
November 11, 2021 11:03 am

Om, gmana klo NPWP tidak sesuai alamat ktp apakah harus bikin baru lagi ,apakah harus d ubah dan d ubah nya harus ke kantor nya langsung apa gmana ,terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Erik Iskandar
November 12, 2021 9:59 am

silahkan membetulkan data ke KPP tempat terdaftar

Aku
Aku
November 11, 2021 10:39 am

Maaf izin tanya Om, dasar hukum dari PPh Orang Pribadi itu apa ya?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Aku
November 12, 2021 9:53 am

Undang-Undang Nomor 36 tahun 2008

DENY UTOMO
DENY UTOMO
November 11, 2021 8:41 am

halo om, saya mau tanya PPH 21 untuk tenaga ahli yang sebulan gajinya 4 juta dan masa kontrak 10 bulan. Apa dikenakan pajak penghasilan? terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  DENY UTOMO
November 12, 2021 9:52 am

ya betul

adni
adni
November 11, 2021 4:00 am

om pimpa,,mau nyanya kalau pajak untuk pajak pemenang perlombaan yang diadaka instansi pemerintah brp % ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  adni
November 11, 2021 8:03 am

Pph 21, pake tarif pasal 17

Amanda
Amanda
November 11, 2021 3:34 am

Om, mau tanya: status saya sekarang adalah wajib pajak non efektif karena saya sempat bekerja di luar negeri. Sekarang saya sudah kembali ke indonesia, namun belum berencana untuk bekerja kembali. Pertanyaan saya:

• Apakah saya harus mengubah status non efektif menjadi efektif kembali jika saya ingin melaporkan aset meskipun sekarang saya tidak punya pendapatan?

Makasih Om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Amanda
November 11, 2021 8:01 am

Pelaporan SPT hanya wajib untuk yg memperoleh penghasilan melebihi PTKP

Miftah Rachma
Miftah Rachma
November 11, 2021 3:13 am

Selamat pagi Om Pimpa, saya mau bertanya.
Untuk perusahaan yang baru beridiri dan bulan november ini sudah ada penjualan barang (omzet kurang dari 4,8 M) dikenai PPh final 0,5% atau PPh Badan 25 kah ?

terimakasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Miftah Rachma
November 11, 2021 8:00 am

PPh Final

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Reply to  Om Pimpa
November 12, 2021 4:18 am

Untuk tahun pertama ke PPh 25 Nihil atau langsung bisa ke Pph final Om ?
Semisal langsung ke pph final, berarti PT boleh menggunakan PPh final selama 3 tahun terhitung sejak november 2021 ?
Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Miftah Rachma
November 12, 2021 12:24 pm

PPh final dapat digunakan dari sejan tahun pertama, PT brarti ya bener 3 tahun dari mulai 2021

Miftah Rachma
Miftah Rachma
Reply to  Om Pimpa
November 13, 2021 1:45 am

Terimakasih banyak Om, sehat selalu.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Miftah Rachma
November 14, 2021 9:06 am

amin

Anastasya
Anastasya
November 11, 2021 3:03 am

Halo om izin bertanya,
Perusahaan kami bergerak dibidang media kreatif dan pendidikan.
Barang dan jasa yang dihasilkan berupa kursus online,ebook,kaos dan buku buku perkuliahan. Untuk perpajakannya jika belum PKP yang harus dilaporkan apa saja ya om ?
Dan jika sudah PKP wajib lapor pajak apa saja ?
Terima kasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anastasya
November 11, 2021 8:00 am

Jika blm PKP ya kewajibannya PPh saja, jika sudah PKP akan PPh dan PPN

Febri Mardia
Febri Mardia
November 11, 2021 2:11 am

Om mau tanya kalo mau cetak kartu NPWP bisa dikantornya mana aja kah?, soalnya kemarin saya minta buat kan kakak saya di medan terus saya mau cetak nya di pematang Siantar itu bisa tidak ya om?
Terimakasih om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Febri Mardia
November 11, 2021 8:00 am

Bisa cetak di KPP mana aja

Vinsensius
Vinsensius
November 10, 2021 10:51 am

Selamat sore Om Pimpa yang sukses, beruntung, sehat. Izin bertanya. Tolong dijelaskan secara detail ya Om Pimpa 🙏🙏
Berikut pertanyaannya:
Pak Ali memperoleh gaji pokok Rp 9.000.000 dan tunjangan transport Rp 500.000 per bulan. Premi Askes dibayar sendiri Rp 150.000 dan dibayar kantor Rp 250.000. Iuran pensiun dibayar sendiri 2% dari gaji pokok dan dibayar kantor 3% dari gaji pokok. Berapa PPh 21 terhutang jika ia kawin memiliki 1 anak dengan sepupu menjadi tanggungan.

Vinsensius
Vinsensius
Reply to  Vinsensius
November 10, 2021 3:17 pm

Pertanyaan ini bagaimana Om Pimpa?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vinsensius
November 11, 2021 7:59 am

ya dihitung saja total penghasilan setahunnya, dikurangi premi yang dibayar sendiri, penghasilan netonya dikurangi ptkp lalu dikalikan tarif pasal 17 dan sepupu tidak bisa menjadi tanggungan. referensi hitungannya ada di PER 16 tahun 2016

Indry
Indry
November 10, 2021 8:10 am

jika ada biaya yang tidak bisa bebankan ke perusahaan, tapi atas Pajak Masukannya terlanjur di kreditkan dan tidak dilakukan pembetulan, apakah atas pengakuan biaya tersebut bisa di koreksi fiskal positif pd saat SPT Tahunan, lalu bagaimana dengan PPN nya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Indry
November 11, 2021 7:58 am

Tidak bisa dibebankan ini karena apa? Ada banyak variasinya. Pengkreditan PM jg punya syarat sendiri. Perlakuan PPN dan PPh berjalan sendiri, bs aja tidak saling berhubungan atau tidak sengaja akan berhubungan, tergantung kondisinya

Margaretha
Margaretha
November 10, 2021 6:58 am

Om alamat npwp elekronik yg baru beda dg npwp lama (yg baru tidak ada nomor dan Rt/Rw) apakah di efaktur alamatnya perlu diubah sesuai npwp elektronik ? Mohon pencerahannya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Margaretha
November 11, 2021 7:57 am

Yg pnting digit nomer npwp itu tetap benar

Cahyani Umi Imaroh
Cahyani Umi Imaroh
November 10, 2021 6:41 am

Jurnal dari ini a. Melakukan impor 200 set komputer dengan harga (cost) termasuk Freight & Insurance sebesar US$1,300 per-set. Bea Masuk yang ditetapkan adalah 20% dan pungutan pabean lainnya sebesar Rp 20 000.000,- . Kurs Menkeu Rp, 9.500/US$ dan Kurs BI sebesar Rp. 10.100/US$.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Cahyani Umi Imaroh
November 11, 2021 7:56 am

Ini cm info kan ya? Ga ada pertanyaannya

Dina
Dina
November 10, 2021 2:31 am

Om izin bertanya, kenapa ya kok di aplikasi e-spt PPh 4 (2) versi terbaru 2.1.0, tidak bisa membuat bukti potong atas sewa dan bangunan. ada pilihannya tapi tidak bisa diklik. sudah install ulang utk patch dan e-spt nya tapi tetap tidak bisa diklik pilihan bukti potong sewanya.

kemudian sudah setor dan rekam SSP, namun saat cetak induk SPT nilai objeknya kosong. itu gimana ya Om?
Mohon solusinya.. thanks

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dina
November 10, 2021 4:19 am

om sih bisa.. coba dicek-cek lagi pengisian dan tab pada fitur terbaru

wasatul qamar
wasatul qamar
November 10, 2021 12:49 am

Mohon info nya apa yg dimaksud penghasilan bruto sampai dengan dengan penghasilan bruto itu sendiri.karena sy bingung dalam perhitungan pesangon yg terkena pajak” penghasilan bruto sampai 150.000.000 juta tarifnya 0% sedangkan penghasilan bruto 50.000.000 – 100.000.000 tarifnya 5 %

Om Pimpa
Editor
Reply to  wasatul qamar
November 10, 2021 4:19 am

Jumlah total pesangon tanpa ada potongan

Jefri
Jefri
November 9, 2021 2:37 pm

PT. Merapi Mountain membeli 2.000 Pcs pakaian hangat dengan harga Rp.150.000/-
(Harga sudah termasuk PPN) secara tunai. PT. Merapi Mountain telah terdaftar sebagai PKP.
Bagaimanakah jurnalnya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jefri
November 10, 2021 4:11 am

Jurnalnya bs ditanyakan ke bagian accounting PT Merapi

Nurul
Nurul
November 9, 2021 7:14 am

Sore Om, om saya mau tanya jika perusahaan kami membuat faktur pajak dengan kode 020 dan sudah melakukan pelaporan PPN nya, tetapi ternyata pembayaran yang masuk ke perusahaan kami dipotong lagi dengan PPN nya, mohon penjelasannya om untuk kode transaksi 020 pelaporannya harusnya seperti apa ya om? Terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nurul
November 9, 2021 9:11 am

pembayaran ini udah yakin dipotongnya PPN? selain PPN ada pph 22 jg, cb cek lagi detailnya

Dini Surgayanti
Dini Surgayanti
November 9, 2021 6:00 am

Sy kementrian lembaga yg sedang mengadakan pelatihan utk pengelola program, yg mau ditanyakan apakah honor pengajarnya dipotong PPh 21? Sesuai SBM honor pengajar besarannya 300.000 per JPL

Om Pimpa
Editor
Reply to  Dini Surgayanti
November 9, 2021 9:11 am

ya dipotong pph 21

agung K
agung K
November 9, 2021 3:09 am

mau tanya pak, untuk jasa konstruksi kalau dikerjakan oleh mandor orang pribadi apakah tetap bisa dilapor pph final 4% dengan kualifikasi tidak memiliki usaha?atau tetap di lapor ke pph 21

Om Pimpa
Editor
Reply to  agung K
November 9, 2021 9:36 am

ya masuk ke konstruksi

Ananda
Ananda
November 8, 2021 2:30 pm

Didalam laporan keuangan PT. ABC tahun pajak 2020 terdapat biaya Corporate Social
Responsibility (CSR) sebesar Rp. 2.000.000.000.- Laba Fiskal Neto tahun 2019 adalah sebesar Rp.
15.000.000.000.- Sedangkan tahun pajak 2020 sendiri laporan keuangan menunjukkan Rugi Fiskal
sebesar Rp. 1.500.000.000.- Bagaimanakah perlakuan perpajakan tersebut

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ananda
November 9, 2021 9:20 am

baiknya tanya langsung ke si PT ABC nya ya, hihihi selamat mengerjakan soal

ave
ave
November 8, 2021 10:27 am

perusahaan saya bertransaksi dengan Facebook dimana saya menggunakan jasa mereka terkait dengan iklan digital (digital Ads) apakah wajib saya potong pph 26?

Om Pimpa
Editor
Reply to  ave
November 9, 2021 9:17 am

ya potong PPh 26

ave
ave
November 8, 2021 10:25 am

pak perusahaan saya mendapatkan suket PP 23 bulan september 2021, sedangkan perusahaan saya berdiri di bulan januari 2021 berdasarkan akta notaris, apakah bisa saya menyetorkan pajak sebesar 0,5% final umkm dari bulan januari 2021 walaupun suketnya bulan september 2021

Om Pimpa
Editor
Reply to  ave
November 9, 2021 9:13 am

acuan untuk menggunakan PPh Final PP 23 itu bukan dari kapan mendapatkan SUKET, jadi ya bisa aja. SUKET hanya kaitannya dengan pemotongan yg akan dilakukan oleh lawan transaksi

warda
warda
November 8, 2021 9:15 am

hallo om, mau tanya kalo kita bayar asuransi prudential itu masuk ke harta kita atau ga ya? terima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  warda
November 9, 2021 9:13 am

ini jenis asuransi aja atau asuransi unit link yg ada investasinya? beda2 perlakuannya

warda
warda
Reply to  Om Pimpa
November 9, 2021 9:38 am

kayanya ini asuransi nya aja om

Om Pimpa
Editor
Reply to  warda
November 10, 2021 4:11 am

Kl murni asuransi ga ditulis di SPT

Ika
Ika
November 8, 2021 8:16 am

Hallo om..mau tanya untuk faktur keluaran ada 2 faktur, tetapi yang muncul di SPT PPN masa hanya 1 faktur. itu gimana caranya ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ika
November 9, 2021 9:12 am

apakah pajak keluaran tersebut sudah sukses approval?

Nia
Nia
November 8, 2021 3:17 am

Mohon bantuannya. Saya mau tanya karna saya tidak mengerti pajak sama sekali. Perusahaan A merupakan perusahaan Developer memberikan pekerjaan kepada Bpk B senilai 100juta sudah termasuk tarif 4% PPh Final Pasal 4 Ayat 2 jasa konstruksi (tanpa dikenakan PPN), dan pembayarannya dilakukan bertahap. Bpk. B memberikan NPWP pribadinya. DP 5juta Termin 1 10 juta Termin 2 10 juta dst. Perhitungan tarifnya apakah betul seperti ini. perhitungannya saat pembayaran DP ke Bp. B dan langsung dilakukan pemotongan PPh Final apa benar seperti ini DP : 5.000.000 PPh Final 4% Pasal 4 Ayat 2 : 4% x 5.000.000 = 200.000 yg dibayarkan… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Nia
November 9, 2021 9:18 am

ya betul

Hendrick
Hendrick
November 8, 2021 2:50 am

Hallo Om.. mau nanya jika kelupaan memasukkan deposito thn 2018 dan asal dana deposito dr gaji yg sdh dilaporkan dan potong pajak penghasilan di SPT thn 2018.. gaji spt > jlh deposito.. apakah akan kena denda? Dan bgm cara pengajuan pembetulannya?
Trima kasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hendrick
November 8, 2021 7:18 am

lakukan pembetulan harta tahun 2018

Anggi
Anggi
November 8, 2021 2:10 am

Email kalau yang membayar pemungut berarti yang dicatat dalam spt email siapa

Om Pimpa
Editor
Reply to  Anggi
November 8, 2021 7:17 am

Email apa ya maksudnya?

Lala
Lala
November 8, 2021 1:25 am

Tanya om, kalo menang lotre luar negeri sebesar 2miliar rupiah harus lapor pajak? Berapa?
Kalo sodara luar negeri kasih secara cuma-cuma 2miliar rupiah kena pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lala
November 8, 2021 7:17 am

Ini yg terima subjeknya siapa? Kl sbjek nya adalah subjek pajak indonesia ya kena

Lala
Lala
Reply to  Om Pimpa
November 8, 2021 8:06 am

Yg terima WNI. Kalo menang lotre kena berapa persen?
Kalo dikirim sodara secara cuma-cuma?
Trims om.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Lala
November 9, 2021 9:12 am

WNI itu belum tentu subjek pajak indonesia, tp ya sudahlah anggap itu subjek pajak indonesia, maka dikenakan PPh pasal 17 dengan cara apapun dia mendapatkannya

Mail
Mail
November 8, 2021 12:09 am

Halo om saya mau bertanya, jika Seorang Wajib Pajak meninggal dunia dengan meninggalkan warisan namun belum dibagi diantara ahli warisnya dan harta warisan tersebut masih memiliki nilai ekonomis?, Apakah kondisi tersebut termasuk ke dalam penghapusan NPWP dalam keadaan khusus?, apakah bisa dijelaskan om terima kasih.

Om Pimpa
Editor
Reply to  Mail
November 8, 2021 7:17 am

Dalam keadaan khusus apa maksudnya?

evelin
evelin
November 7, 2021 6:55 am

Pada pengurangan dan pengembalian PPh Pasal 24 tertera bahwa atas permohonan wajib pajak, kepala KPP dapat memperpanjang jangka waktu penyampaian lampiran karna alasan alasan di luar kekuasaan wajib pajak. Lalu, berapa lama perpanjangan jangka waktu penyampaian tersebut dan apa contoh alasan alasan di luar kekuasaan wajib pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  evelin
November 7, 2021 12:11 pm

contohnya bisa aja bencana alam dan perang, silahkan infokan kondisi riilnya aja dulu ya, kita cm bahas atas kejadian yg benar2 riil sedang dialami

Vonny
Vonny
November 7, 2021 6:46 am

Halo Om, mau tanya. Saya perusahaan dengan omzet dibawah 4,8 M/ thn. membayar PPh pasal 4 ayat 2 atas pajak sewa bangunan pertahunnya 10% dari nilai transaksi. Apakah perlu pelaporan PPh Pasal 4 Ayat 2 setiap bulannya? Atau cukup setor saja tiap bulan dan nanti lapor dengan SPT Tahunan? Thanks om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vonny
November 7, 2021 12:13 pm

pelaporan dilakukan pada masa dilakukannya pemunggutan pajak PPh 4(2)

Fahmi
Fahmi
November 7, 2021 4:38 am

maaf mau bertanya kalo kita lebih bayar pph 4jt,lalu kurang bayar ppn 5jt,apakah bisa dikompensasikan dari pph ke ppn?atau ada cara lain om?terimakasih sebelumnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fahmi
November 7, 2021 12:11 pm

bisa iya bisa tidak, PPh itu kan banyak jenisnya, ini pasal brapa konteksnya?

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x