Lompat ke konten

Tanya Om Pimpa

Mau tanya-tanya tentang pajak? Yuk langsung aja ketik dibawah. Yg penting jangan tanya jodoh ya, om juga mau. Kalau mau tanya, tolong yg spesifik ya. Kalau om sudah jawab nanti akan ada email notif ya. Jadi pastikan tidak salah ketik email. Biasanya om akan jawab kurang dari 1 hari, tapi kalau lebih mohon maklum ya, mungkin om sedang bersih-bersih rumah, rumah om besar soalnya. 

Makan rujak, digangguin hantu
Tanya pajak, sini om bantu​

Om Pimpa punya cerita nih, disimak yaaa

Suatu hari ada orang sakit yang mengunjungi dokter, lalu kepada dokter dia hanya bilang “saya sakit, saya mau obat”. Dari perkataan itu tentunya dokter akan balik bertanya dulu tentang detil sakitnya apa sebelum dapat memberikan obat yg cocok. Hal ini tentunya sangat wajar yaaa.

Nah dalam dunia pajak, cerita sejenis itu juga berlaku. Pertanyaan atau informasi yang belum detil tidak akan dapat dijawab bagaimana perlakuan pajaknya. Terima kasih kepada sahabat-sahabat Om Pimpa yang telah bertanya dengan detil, semoga sehat dan lancar yaa cari cuannya, hihihi

Subscribe
Notify of
guest
9.7K Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hendro
Hendro
April 23, 2020 7:50 am

Om sy mau tanya cr hitung harga
jual brg kalo kena ppn supaya profitnya tetap yg kita mau itu gimana caranya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hendro
April 23, 2020 2:04 pm

Kalau mau memasukan nilai PPN maka harga barang langsung tambahkan 10% karena tarif PPN itu 10%

Putra
Putra
April 23, 2020 3:14 am

Om kalau saya dipotong PPh 23, boleh ga itu kalau tidak saya laporkan di spt biar tidak terjadi lebih bayar?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putra
April 23, 2020 5:25 am

Boleh, tidak ada masalah, kredit pajak sifatnya “boleh” atau “dapat” dikreditkan, bukan wajib

NELY
NELY
April 23, 2020 1:06 am

saya (Istri) pekerjaan bebas NPWP sendiri dengan suami karyawan dari satu sumber penghasilan NPWP sendiri dengan bukti potong pph terutang suami dari perusahaannya sudah bersifat final alias niihil nantinya Tahun-tahun sebelumnya kami melakukan laopran SPT TAHUNAN sendiri-sendiri secara manual. saya menggunakan formulir 1770 dan suami formulir 1770 S Saat ini saya mencoba memakai EFORM dimana perhitungan pph terutang gabungan ph/mt suami istri hasilnya pph terutang saya selaku istri STATUSNYA KURANG BAYAR PPH TERUTANG SUAMI KL DI BANDINGKAN DENGAN BUKTI POTONG DARI PERUSAHAAN MENJADI LEBIH BAYAR YANG MENJADI PERTANYAAN SAYA DI SPT TAHUNAN SUAMI 1770 S apakah Statusnya nanti lebih bayar… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  NELY
April 23, 2020 5:25 am

1. Akan ada cara perhitungan yang berbeda antara status PH/MT (dalam hal ini istri bekerja dengan NPWP terpisah) yang dipilih saat membuka eform
2. Acuan kondisi tahun lalu mungkin saja tidak dapat dijadikan rujukan karena mungkin saja ada kekeliruan
3. Yakini dulu bahwa saat pengisan kali ini tidak ada kekeliruan pada entry data
4. Terkait hasil akhir hitungan jika memang pada awalnya ada kekeliruan entry data maka bisa jadi masih keliru
5. Hasil akhir status dengan Lebih Bayar ataupun Kurang Bayar kami tidak dapat memastikan apakah sudah benar ataupun tidak jika belum melihat secara keseluruhan bagaimana pengisian lengkapnya dari awal

arista
arista
April 21, 2020 5:57 am

haruskah lapor pajak setiap bulan walaupun bayar telat?

Om Pimpa
Editor
Reply to  arista
April 21, 2020 1:29 pm

ini bisa disampaikan jenis pajaknya apa ya? bisa jadi lapor bisa juga tidak perlu lapor

Ari
Ari
April 21, 2020 4:43 am

Saya mau ativasi efin

idrus efendy
idrus efendy
April 19, 2020 12:28 pm

lupa efin butuh secara on line

Risa
Risa
April 18, 2020 3:23 am

Saya mau tanya kalau mau lihat pajak sudah dibayar atau blm di lihat di mna y

Om Pimpa
Editor
Reply to  Risa
April 20, 2020 2:52 pm

cek datanya ke KPP, kalau sampai ada pihak lain yg mengatakan tau datanya maka berarti ada yang aneh karena seharusnya data tetap aman hanya di KPP saja yg tau

Bri
Bri
April 17, 2020 8:02 am

Sore, saya mau nanya Perusahaan A merupakan perusahaan baru dalam bidang jasa (non-pkp) menerima penghasilan dalam bentuk AUD, perusahaan A lagi menggunakan pajak final 0,5%. Untuk pengakuan pendapatan/penghasilan mulai dari pembuatan invoice menggunakan kurs BI mid rate, sehingga setiap ada pelunasan dan di akhir periode ada pengakuan laba (rugi) selisih kurs. Jika melihat utk pelaporan SPT tahunan pasti perlu menyertakan laporan laba/rugi, di sini terlihat ada perbedaan penghasilan bruto karena perbedaan kurs yang digunakan. (Setiap bulannya perusahaan A membayar pph final 0,5% dengan menggunakan kurs kmk) Bagaimana pengakuan/pelaporan yang tepat ya biar sesuai antara laporan peredaran bruto di laporan laba/rugi,… Read more »

Om Pimpa
Editor
Reply to  Bri
April 20, 2020 2:51 pm

sebenarnya sangat mungkin2 saja jika jumlah angka2 tersebut saling ada selisih karena metode penggunaan kurs yg berbeda, yang penting dapat dijelaskan dan dapat dirinci dasar perhitungannnya masing-masing, memang lebih baik dari awal menggunakan kurs KMK saja agar semua dapat lebih pas jumlahnya

Ady
Ady
April 17, 2020 6:39 am

Siang om,
Saya mau tanya kalau wiraswasta/toko , laporan spt tahunan ,penghasilan dibawah 1,2 m. Maksudnya omset kotor jualan toko ya om? Atau penghasilan/ untungnya toko?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ady
April 20, 2020 2:51 pm

hiii..
omset kotor, sebelum jadi keuntungan

Faruk
Faruk
April 17, 2020 1:34 am

Faruk
Saya mau tanya cara pelaporn pajak tahunan cara mengisi nya saya tidak paham tolong di bantau

Om Pimpa
Editor
Reply to  Faruk
April 17, 2020 4:15 am

Ini penjelasannya kan panjang, coba tolong dispesifikan lagi kesulitannya di bagian mana ya?
Atau bisa start dari membaca artikel ini

https://pajakstartup.com/2020/03/19/e-form-cara-pelaporan-spt-tahunan-yang-lebih-mudah/

https://pajakstartup.com/2018/02/21/memilih-jenis-formulir-spt-tahunan-pph-perorangan/

syahrul
syahrul
April 16, 2020 8:30 am

siang om,

saya di PHK bulan april tahun lalu, dan sampai saat ini belum bekerja, apakah saya harus lapor spt saya, jika iya, bagaimana langkah pelaporannya, saya ada bukti potong A1 nya dari perusahan sebelumnya.

bagaimana caranya saya lapor pajak di Efilling.

thank you.

Om Pimpa
Editor
Reply to  syahrul
April 16, 2020 9:35 am

bisa dicek dulu apakah ada pajak yg dipotong pada lembar A1 yg diterima? jika pph dipotong nya 0 maka tidak wajib melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh

syahrul
syahrul
Reply to  Om Pimpa
April 17, 2020 2:36 am

pph 0 nya om, jadi kedepannya apakah saya wajib melaporkan jika saya belum mendapatkan pekerjaan?

Om Pimpa
Editor
Reply to  syahrul
April 17, 2020 4:15 am

jika pada tahun tersebut masih seperti itu maka tidak wajib melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh

alexander
alexander
April 16, 2020 6:20 am

hai om, tanya lagi ya hehe. Jadi kita mau mengadakan kerjasama dgn penyedia digital platform (iklan), Bentuk kerjasamanya adalah pihak platform tersebut akan menempatkan info-info produk kami sebagai konten pemeasaran di digital platformnya, lalu kami membayar dengan barang/produk kami (bukan uang). Apakah dalam transaksi ini ada aspek PPh 23 nya ya? perlu memotong atau tidak? makasih ya om <3

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 16, 2020 7:48 am

hai netizen yang budiman….

kondisinya ini sederhananya barter produk ya? jika ini masuk ke aspek PPN maka tetap akan jadi objek penyerahan, namun jika di PPh 23 dapat saja tidak perlu melakukan pemotongan (walopun harus dilihat lagi jurnal transaksinya diakui seperti apa)

Putra
Putra
April 15, 2020 12:09 pm

Selamat siang om, terkait dengan tulisan https://pajakstartup.com/2020/01/09/begini-caranya-agar-jasa-tidak-dipotong-pajak-dengan-tarif-2/…
Maka saya ingin bertanya bagaimana jika telah terjadi seperti kasus diatas? Saya dipotong PPh 23 dan saya juga membayar pajak PP 23 (ini juga yang PP 23 saya kurang bayar karena menghitungnya dari pendapatan setelah dipotong PPh 23). Untuk penulisan jurnal atau pelaporan pajaknya bagaimana Om?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putra
April 16, 2020 5:42 am

pada intinya terhadap pemotongan PPh 23 ini ada 2 pendekatan, opsi pertama apakah mau diperlakukan sebagai kredit pajak di SPT Tahunan sehingga di jurnal akan diakui dalam Neraca sebagai Pajak dibayar dimuka atau opsi kedua tidak diperlakukan sebagai kredit pajak di SPT Tahunan sehingga di jurnal akan diakui dalam Laba Rugi sebagai Beban Pajak

Putra
Putra
Reply to  Om Pimpa
April 16, 2020 6:35 am

Banyak terimakasih om, sebentar saya diskusi dulu dengan rekan. Nanti kalau ada pertanyaan lagi berkaitan dengan ini jangan bosan ya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putra
April 16, 2020 7:39 am

ngga kok..
om hanya bosan menunggu jodoh datang…

Putra
Putra
Reply to  Om Pimpa
April 21, 2020 1:49 pm

Om nyambung lagi ya, kalau saya sudah dipotong PPh 23 tetapi saya non PKP apa bisa nilai yang dipotong tersebut saya akui sebagai pembayaran PP 23? Jadi ada lebih setor ya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putra
April 23, 2020 5:26 am

Tidak ada kaitan antara PKP atau non PKP dengan bukti potong PPh 23. Jika memang ada pemotongan PPh 23 maka tidak bisa juga diakui sebagai pembayaran PP 23, ini 2 jenis pajak yang berbeda.

gugun
gugun
April 14, 2020 2:10 pm

selamat malam pak…. dan mohon maf sebelumnya krn sdh mengganggu wkt istirahatnya… sy minta tolong pak dgt rasa hormat sy… sy butuh file excel untuk pengisian data SSP pajak yg dimana file tersebut berkaitan dgn isian PPN, PPh dan Faktur pajaknya… trmksh sebelumnya… wasalam

Om Pimpa
Editor
Reply to  gugun
April 14, 2020 2:20 pm

Ini keperluannya untuk apa ya? SSP saat ini sudah digantikan dengan penggunaan kode billing pembayaran

alexander
alexander
April 14, 2020 10:34 am

om mau tanya dong, sebenarnya kredit pajak (PPh 22,23,25) itu boleh gak dikreditkan atau tidak ya? atau itu hak WP untuk malkukan pengkreditan? terimakasi om

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 14, 2020 10:45 am

Iya betul, dapat dikreditkan dan dapat juga tidak dikreditkan

alexander
alexander
Reply to  Om Pimpa
April 14, 2020 11:06 am

ada gak sih om peraturan yang menyinggung boleh dikreditkan atau tidak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 14, 2020 11:32 am

Pasti ada, tetapi om musti cari dulu…

alexander
alexander
Reply to  Om Pimpa
April 14, 2020 11:33 am

boleh om cari dulu, nanti kalo sudah ketemu bisa info sy sehubungan SPT 2019 sy ni om hehehe

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 14, 2020 2:18 pm

boleh

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 14, 2020 2:19 pm

dapat

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om Pimpa
April 14, 2020 2:15 pm

1. Pasal 20 ayat 3 dan pejelasannya (UU PPh)
2. Pasal 28 ayat 1 dan pejelasannya (UU PPh)

kata2 yg perlu dicermati adalah “boleh” dan “dapat” bukan jadi harus atau wajib

Om Pimpa
Editor
Reply to  Om Pimpa
April 14, 2020 2:21 pm

Waduh.. ada apa ya dengan om hari ini.. niat bener jawabnya.. baiklah….

alexander
alexander
Reply to  Om Pimpa
April 14, 2020 2:42 pm

gila sih om, auto nambah nge fans sama om pimpa sejak jawab ini

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 16, 2020 7:38 am

siappp kakakkkkk

Putra
Putra
Reply to  Om Pimpa
April 23, 2020 5:18 am

Om saya awam masalah pajak ini, maksud boleh tidak dikreditkan artinya di SPT tidak usah dimasukkan ke formulir 1771-3 kolom 6 ya? Dan tidak dihitung sebagai biaya juga ya? Biar tidak terjadi lebih bayar om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putra
April 23, 2020 5:38 am

Tidak dikreditkan artinya tidak dituliskan dalam SPT sehingga tidak terjadi lebih bayar, ini berbeda lagi dengan istilah tidak dihitung sebagai biaya

Putra
Putra
Reply to  Om Pimpa
April 23, 2020 6:12 am

Om bilangin adminnya bikinin tokoh “Tante” biar ada temennya om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Putra
April 23, 2020 1:52 pm

😀

Ichwan Anwar
Ichwan Anwar
April 13, 2020 11:45 am

Saya thn 2019 punya usaha sebagai penyalur roti salah satu brand berjalan +/- 7 bulan dgn omzet per bulan 40 juta.apakah sayadikenakan pajak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ichwan Anwar
April 14, 2020 4:25 am

Dalam kondisi yg ditanyakan maka pajak yg akan langsung terkait adalah PPh, dalam konteks ini dapat menggunakan PPh Final UMKM 0.5%

Ichwan Anwar
Ichwan Anwar
April 13, 2020 5:42 am

Pph

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ichwan Anwar
April 13, 2020 9:48 am

boleh lebih spesifik pertanyannya?

Wati
Wati
April 13, 2020 5:28 am

Siang om ,tanya jika memiliki 3 sumner penghasilan .1 sebahai pegawai tetap ,2 penghasilan sebagai mitra . Yg pegawai tetap pensiun akhir th 2019 . Apakah perlu melampirkan sk pensiun sehubungan pengasilan 2020 akan turun, tapi ssp 25 th2020 / kredit pajak dihitung pada th 2019 masih aktif sebagai pegawai tetap. Sehingga resiko spt 2020 yg dilaporkan 2021 akan lebih bayar bagaimana solusinya? Kami tidak mau lebih bayar terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  Wati
April 13, 2020 3:15 pm

SK pensiun tidak perlu dilampirkan, jika memang akhirnya akan ada Lebih Bayar maka dapat disiasati dengan hanya mengakui beberapa kredit pajak saja, sehingga tidak akan jadi Lebih Bayar

Jhon
Jhon
April 12, 2020 8:20 am

Om, buat npwp organisasi bagaimana cara dan apa persyaratannya?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jhon
April 13, 2020 3:16 pm

bisa langsung cek ke sumbernya ya di link ini https://www.pajak.go.id/id/formulir-pendaftaran-wajib-pajak-badan

Jhon
Jhon
April 12, 2020 8:14 am

Om, saya mau buat npwp organisasi. Bagaimana cara dan apa persyaratan yg harus dipenuhi?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jhon
April 13, 2020 3:17 pm

organisasi ini sudah ada akta pendiriannya?

Prima
Prima
April 12, 2020 2:35 am

Pak kok no infen sya ga ada ya gimna

Om Pimpa
Editor
Reply to  Prima
April 13, 2020 9:47 am

maksudnya efin?
pertanyaannya bisa di detailkan?

suhardi
suhardi
April 11, 2020 8:04 am

selamat sore
saya belum punya Efin
bagaiman caranya agar saya bisa punya Efin
karena saya mau kekantor Pajak untuk buat EFIN
kondisi saat ini sdh tidak bisa karena ada pembatasan akses ke kantor pajak
terimakasih

Jhon
Jhon
April 10, 2020 7:55 pm

Om, untuk wadah/ organisasi layanan pajak yg bagaimana?
Wadah/ organisasi yg dimaksud selaku penerima dana hibah THN 2020. Sementara, keterangan dari pihak BANK, dana tidak bisa ditarik/ terblok jika wadah/ organisasi tidak memiliki NPWP. Tolong dibantu om…

Om Pimpa
Editor
Reply to  Jhon
April 13, 2020 3:22 pm

ini maksudnya bagaimana ya pertanyaannya? organisasi ini sudah ada akta pendiriannya?

Joko
Joko
April 10, 2020 2:32 pm

Malam pak
Saya mau minta kode efin gimana caranya

Medina hutagaol
Medina hutagaol
April 10, 2020 1:07 pm

Pajak saya tgl4/4/2020..apakah saya kena sangsi denda.?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Medina hutagaol
April 13, 2020 3:18 pm

ini maksudnya pajaknya yg pasal berapa ya? jenis pajak dan tanggal jatuh tempo pembayaran sangat bervariasi

Fakih noor
Fakih noor
April 9, 2020 12:27 pm

Thrkena pajak jugakah

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fakih noor
April 9, 2020 1:07 pm

Om kurang ngerti pertanyaannya, bisa lebih jelas?

Fakih noor
Fakih noor
April 9, 2020 12:26 pm

Penghasilan berapa yg wajib dipotong pph21

Om Pimpa
Editor
Reply to  Fakih noor
April 10, 2020 12:01 pm

PPh 21 itu jenisnya ada banyak dan variasi hitungannya pun berbeda2, ini pph 21 atas transaksi yg seperti apa?

Yoga permana
Yoga permana
April 9, 2020 11:36 am

NPWP saya hilang ,apakah bisa cetak ulang ? Sedangkan saya lagi kerja diluar kota . Saya bisa minta no NPWP nya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yoga permana
April 10, 2020 12:00 pm

Cetak ulang bisa diajukan di kantor pajak manapun

Yoga permana
Yoga permana
Reply to  Om Pimpa
April 10, 2020 2:35 pm

Untuk persyaratan nya apa aja

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yoga permana
April 13, 2020 3:17 pm

cukup fotokopi KTP dan NPWP

Yoga permana
Yoga permana
Reply to  Om Pimpa
April 13, 2020 3:21 pm

Foto copy npwp nya kan gak ada ilang

Om Pimpa
Editor
Reply to  Yoga permana
April 14, 2020 4:26 am

Jika copy NPWP tidak ada maka sebutkan nomor npwpnya saja, dalam beberapa kondisi kehilangan NPWP ini juga perlu dilampiri surat dari kepolisian

alexander
alexander
April 9, 2020 7:39 am

Bunga atas Obligasi merupakan objek PPh Final, namun untuk Capital gain atas penjualan obligasi pemerintah (selisih jual beli), apakah dikenakan pajak? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 10, 2020 12:00 pm

Betul, capital gain akan jadi objek pajak yang dikenakan tarif pasal 17

afrima
afrima
April 9, 2020 4:42 am

selamat siang
mau nanya perusahaan yang mengalami kerugian kena pajak atau gak?

Om Pimpa
Editor
Reply to  afrima
April 10, 2020 12:00 pm

Ini penjelasannya akan panjang, tapi intinya rugi bukan menjadi acuan tentang bagaimana harus bayar ataupun lapor pajaknya, kewajiban pajak itu jenisnya ada banyak

Vania
Vania
April 9, 2020 4:15 am

om tanya om, saya lupa password efaktur deskop & sdh telp djp susah bgt. Cara reset passwod gmn ya om? smpt browsing harus reset apps. tapi kata temen-2 kalo reset data hilang. tolong om

Om Pimpa
Editor
Reply to  Vania
April 9, 2020 1:01 pm

Jadi di tampilan aplikasi desktop kan ada lupa password, lanjutin aja klik disitu dan isi semua data, lalu lanjutkan reset di web, dan register etax lagi. Sepanjang data DB yg digunakan tetap sama maka data ga akan hilang

risyatihandayani
risyatihandayani
April 9, 2020 12:36 am

saya lupa epin saya..
mohon di bantu untuk mendapatkan epin

ISHAK
ISHAK
April 8, 2020 9:47 am

saya sedang mengurus izin usaha lewat oss perizinan, namun ada masalah saat validasi yang mana terdapat error disistem oss..yang menyatakan bahwa NAMA WAJIB PAJAK TIDAK SESUAI, NAMA NPWP = CIPTA PROPERTY ( ISHAK RAHIM.S )

Om Pimpa
Editor
Reply to  ISHAK
April 10, 2020 11:59 am

Jika ini perlu cek dulu datanya ke KPP atau jika pernah punya akun djponline bisa cek dari situ

yudi
yudi
April 8, 2020 12:53 am

selamat pagi om,.mau tanya soal sppt tahunan,apabila sy mau mengajukan keberatan untuk bayar pajak pbb/sppt tahunan langkah apa aja yg hrs sy lakukan? terima ksh

Om Pimpa
Editor
Reply to  yudi
April 9, 2020 1:02 pm

Mohon maaf untuk jenis pajak PBB om belum bisa memberikan info, jadi pajak itu ada yg pajak pusat dan daerah, kl yg pajak pusat seperti PPh PPN akan om jawab, kalo PBB masuk pajak daerah

EGI BISMAR
EGI BISMAR
April 7, 2020 12:24 pm

Selamat malam,
Mau minta nomer efin, no npwp 9055252***91000
Terima kasih

alexander
alexander
April 7, 2020 4:46 am

Terkait Siaran Pers DJP SP-13/2020, bagaimana penghitungan angsuran PPh 25 bagi wajib pajak yang belum melaporkan SPT 2019 untuk masa pajak maret 2020 (menggunakan tarif brapa)? dan apakah untuk SPT 1771-Y sudah bisa menggunakan tarif baru yaitu 22%? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 7, 2020 8:30 am

langkah mudahnya, untuk masa pajak sebelum SPT Tahunan disampaikan masih dengan angka yg sama dengan hitungan PPh 25 desember 2019 yg lalu, kemudian dalam menghitung PPh 25 di SPT Tahunan 2019 yg akan jadi hitungan PPh 25 masa pajak selanjutnya sudah bisa menggunakan tarif 22%, untuk yg 1771 Y tahun pajak 2019 tidak ada hubungan dengan adanya tarif baru

alexander
alexander
Reply to  Om Pimpa
April 7, 2020 9:12 am

jadi untuk penghitungan dalam “SPT 1771 Y huruf E. Nomor 12 sub g PPh pasal 25 : (1/12 x Huruf f)” apakah saya sudah bisa menggunakan tarif 22%? dengan alasan penghit. angsuran 25 tsbt digunakan utk tahun berjalan 2020. CMIIW source: SP 13 Th 2020

Om Pimpa
Editor
Reply to  alexander
April 14, 2020 4:25 am

Maaf ini om kelewat membalas.
Terkait dengan hitungan pph 25 untuk masa pajak dalam tahun 2020 sudah dapat langsung menggunakan fasilitas penurunan tarif

Firmansyah
Firmansyah
April 7, 2020 2:42 am

Om istri sy sdh PKP pajak pribadi sy mau nanya terkait pengembalian dana restetusi? Bagaimana proses dan prosedurnya om ?
Mhn penjelasan

Om Pimpa
Editor
Reply to  Firmansyah
April 7, 2020 8:30 am

untuk restitusi ini penjelasannya lumayan panjang karena terkait banyaknya variasi yg mungkin bisa terjadi, coba kondisinya lebih didetilkan dulu, baru akan bisa terlihat arahnya yg relevan seperti apa

linda
linda
April 7, 2020 12:47 am

mau minta no efin secaraonline bisa gak…?//

adit
adit
April 7, 2020 12:37 am

bagaimana cara nya mendaftarkan efin secara online

adit
adit
April 7, 2020 12:37 am

bagaimana caranya daftar efin online

Loisa Malaikari
Loisa Malaikari
April 6, 2020 12:53 pm

gimana cara isi setoran pajak pada e-billing jika jumlah setorannya Rp. 0 atau nihil..

Om Pimpa
Editor
Reply to  Loisa Malaikari
April 7, 2020 8:30 am

jika pembayaran 0 maka tidak perlu membuat kode billing, ini kondisi yg ditanyakan dalam konteks apa ya?

KB Aditama
KB Aditama
April 6, 2020 7:43 am

Gimana caranya laporkan SPT tahunan untuk paud

Om Pimpa
Editor
Reply to  KB Aditama
April 6, 2020 8:06 am

silahkan bisa diawali dari membuat laporan keuangan dulu, baru nanti disalin ke formulir SPT

sofyan
sofyan
April 6, 2020 6:28 am

om cara mendapat kan efin gimana

bolenk
bolenk
April 6, 2020 5:05 am

bikin npwp di online bisa apa ngga?

Om Pimpa
Editor
Reply to  bolenk
April 6, 2020 8:03 am

bisa silahkan ke djponline.pajak.go.id

abitama
abitama
April 6, 2020 4:50 am

Atas SKP hasil pemeriksaan terkait permohonan pencabutan NPWP apakah kami dapat melakukan keberatan atau lanjut Banding jika tidak setuju dgn hasil skp tersbut? dan apakah jangka waktu 12 bulan sesuai pasal 2 ayat (7) KUP bisa berubah mengingat jangka waktu keberatan dan banding yang lama? terimakasih

Om Pimpa
Editor
Reply to  abitama
April 6, 2020 8:48 am

bisa diajukan keberatan, hasil dari pasal 2 ayat 7 secara teori tidak bisa bertambah lagi namun terkait dengan adanya proses hukum selanjutnya dapat saja diterbitkan dahulu surat yang isinya belum melakuka penghapusan, tentang detil teknis ini sangat kasuistis, jadi sangat mungkin jawaban di atas belum sepenuhnya tepat

Abitama
Abitama
Reply to  Om Pimpa
April 7, 2020 3:52 am

Masih terkait pemeriksaan om, di PER 04 PJ 2020.
Pertanyaan:
1. yang dimaksud pemeriksaan pada Pasal 37 ayat (2) huruf b nomor 1 itu apa ya? Pemeriksaan Tahunan (karena Lebih bayar?, atau Pemeriksaan yang dilakukan karena melakukan permohonan pencabutan NPWP?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Abitama
April 7, 2020 8:29 am

Jika untuk pemeriksaan yg penghapusan NPWP istilahnya Pemeriksaan Tujuan Lain

fauzi s
fauzi s
April 5, 2020 1:54 pm

Terakhir dibayar sesuai penghasilan gaji setiap blannya oleh institusi pemerintah thun 2012,stlah itu tdak prnah byar lgi,gmn kita hitung lnjtkan tp skrag sy sdah tdk punya gaji …penghasilan bulanan saya tdak psti

Om Pimpa
Editor
Reply to  fauzi s
April 6, 2020 8:48 am

ini apakah tujuannya mau lapor SPT Tahunan PPh? silahkan cek dulu jumlah penghasilannya, jika belum melebihi PTKP maka tidak wajib lapor

Ayu
Ayu
April 2, 2020 4:17 pm

jadi perusahaan yang saya jalani beberapa tahun terakhir belum sempat lapor pajak dikarenakan tidak aktif tetapi saya lupa untuk menonaktifkan lapor pajak…dan 4 tahun kemudian ,perusahaan sya mau menjalani usaha kembali dan melapor tahunan, bagaimana ya prosedurnya

Om Pimpa
Editor
Reply to  Ayu
April 3, 2020 3:43 am

Untuk pelaporan tahunan tidak ada hal teknis yg berbeda baik saat sedang operasional ataupun tidak, poin yg membedakan hanya isi angka2nya, namun semua angka di SPT jg dengan dibuat dulu laporan keuangannya

Hery setiawan
Hery setiawan
April 2, 2020 11:56 am

Kalau minta faktur pajak untuk invoice tagihan sementara belum daftar pkp apa bisa ya pak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hery setiawan
April 2, 2020 1:19 pm

ini tidak bisa dilakukan.

Hery setiawan
Hery setiawan
April 2, 2020 11:54 am

Proses nya brp hari ya daftar pkp dan cara nya gimana pak

Om Pimpa
Editor
Reply to  Hery setiawan
April 2, 2020 1:19 pm

jika untuk daftar PKP saja maka umumnya prosesnya 1 sampai 3 hari.
Formulir pengajuan bisa di download di https://flazztax.com/download-formulir-pajak/
pada bagian Formulir Permohonan Pengukuhan PKP (Pengusaha Kena Pajak)

Tetapi setelah itu akan ada proses lanjutan seperti mengurus sertifikat elektronik.

Usman F
Usman F
April 2, 2020 2:55 am

Berapa lama pendaftaran NPWP diproses?

Om Pimpa
Editor
Reply to  Usman F
April 2, 2020 8:33 am

Umumnya 1 hari atau di hari yang sama

9.7K
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x